spot_img
Latest Phone

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...

iPhone Lipat Apple Akan Gunakan Touch ID, Bukan Face ID

Telko.id - Apple dikabarkan akan menggunakan teknologi Touch ID,...

Apple Gagal Wujudkan iPhone Lipat Tanpa Lipatan, Rilis 2026?

Telko.id - Apple dikabarkan gagal mewujudkan iPhone lipat dengan...

Google Pixel Watch 4, Dukung Koneksi Satelit dan Baterai Lebih Besar

Telko.id - Google secara resmi meluncurkan Pixel Watch 4...

Garmin Index Sleep Monitor Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Index Sleep Monitor,...
Beranda blog Halaman 1487

LEN Telekomunikasi Indonesia Tunjuk IIF Untuk Bantu Carikan Pendanaan Palapa Ring Paket Tengah

0

Telko.id – Pemerintah, beberapa waktu lalu sudah menunjuk LEN Telekomunikasi Indonesia untuk membangun proyek Palapa Ring Paket Tengah. Setelah penunjukan tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian dana. Untuk itu, LTI menunjuk Indonesia Infrastruktur Finace untuk menjadi Mandated Lead Arranger. Di mana, tugasnya adalah mengatur, dan mencari pendanaan sindikasi guna membiayai pembangunan broadband tersebut.

IIF sangat yakin akan banyak pemberi kredit yang berminat. Pertama, karena proyek ini dijamin oleh pemerintah. “Walaupun rate nya nanti tidak terlalu besar, tetapi kami yakin proyek ini banyak yang minat,” ujar Arisudono Soerono, President Direktur IIF menjelaskan.

Sebagai tambahan informasi, proyek Palapa Ring Paket Tengah ini juga termasuk proyek pertama yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Publick Private Partnership di mana ada dukungan pemerintah dalam bentuk penjaminan yang dikeluarkan oleh Penjamin Infrastruktur Indonesia (persero).

IIF sendiri berniat untuk menawarkan projek ini pada bank-bank lokal. Baik BUMN maupun swasta. “Untuk bank swasta mungkin hanya satu atau dua bank saja. Akan lebih banyak bank BUMN maupun Bank daerah. Terutama bank daerah di jawa yang relatif memiliki dana yang besar dan membutuhkan penyaluran kredit,” ujar Ari menambahkan.

Rencananya, 80% dari pendanaan Palapa Ring Paket Tengah ini akan diperoleh dari sindikasi yang dibuat oleh IIF ini. Sisanya, dari LTI yang merupakan Badan Usaha Pelaksana dan terdiri dari beberapa pemegang saham. Seperti LEN industri sebesar 51%, Teknologi Riset Globl Investama 39%, Multi Kontrol Nusantara 5% dan Bina Nusantara Perkasa sebesar 5%. Total dana yang akan dicarikan oleh IIF ini sebesar Rp790 miliar dari sekitar Rp.1 Triliun yang dibutuhkan oleh LTI.

Diharapkan, pendanaan dari sindikasi ini sudah mulai dapat mengucurkan dana pada bulan Agustus atau September 2016. Namun, untuk survei sudah mulai dilakukan oleh LTI. “Kami bergerak sebelum pendanaan tersebut turun. Seperti survei, sudah kami jalani,” ujar Raden Wahyu Pantja Gelora, Direktur Utama LEN Telekomunikasi Indonesia.

Palapa Ring Paket Tengah ini mendapat tugas dari pemerintah untuk membangun di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) yang menghubungan 17 kota atau kabupaten dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km. Proyek ini ditargetkan selesai pada triwulan ke II tahun 2018. (Icha)

Pemerintah Indonesia Bakal Punya Satelit Sendiri di 2019

0

Telko.id – Dalam rencana pemerintah untuk membangun jaringan broadband yang menjangkau seluruh Indonesia, salah satu yang akan dilakukan adalah mengorbitkan satelit sendiri yang disebut sebagai Multi Fungsi Satelit. Satelit ini rencananya akan dijadikan backup untuk wilayah yang tidak dapat di cover oleh jaringan broadband milik operator, maupun fiber optik yang dibangun oleh perusahaan pemenang tender Palapa Ring. Pasalnya, proyek Palapa Ring sendiri hanya mencapai kecamatan saja. Padahal, masih ada wilayah yang terpencil yang belum terjangkau. Dan, wilayah seperti ini, jumlah nya sangat banyak.

“Bisa jadi, satelit milik pemerintah itu akan digunakan semuanya untuk kebutuhan pemerintah dalam pengembangan di dalam negeri. Seperti, kelautan, pertanian, pendidikan dan lainnya,” ujar Anang Latif, Kasubdit Pengembangan Infrastruktur Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan usai penunjukan Indonesia Infrastruktur Finace menjadi Mandated Lead Arranger pendanaan proyek Palapa Ring Paket Tengah (24/5).

Proyek Satelit ini, baru pada 20 April lalu memulai diskusinya. Mulai dari spesifikasi satelit yang dibutuhkan, seperti tempat orbit satelit tersebut. “Soalmya, tidak semua orbit satelit bisa digunakan untuk broadband. Padahal yang dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia adalah satelit tersebut bisa memancarkan broadband,” ujar Anang menambahkan. Disampaikan juga bahwa diskusi mengenai satelit ini juga sampai bentuk skema yang akan digunakan untuk pendanaanya.

Rencananya, dalam waktu tiga tahun ke depan yakni di tahun 2019 proyek Satelit Multi Fungsi ini sudah bisa dinikmati oleh penduduk Indonesia yang berada di wilayah terpencil. Bersamaan dengan proyek Palapa Ring. (Icha)

ShopBack Hadirkan ‘Cashback’ Untuk Pengguna Indonesia

0

Telko.id – ShopBack sebagai start-up yang menyediakan solusi belanja online di Indonesia akan meluncurkan Mobile apps yang tersedia di dua platform mobile yakni Android dan iOS.

Indra Yonatan, Co-founder ShopBack mengungkapkan, “Shopback ini berbeda dibandingkan dengan startup maupun e-commerce di Indonesia, karena kami menghadirkan semua situs e-commerce yang biasa dikunjungi di Indonesia,” ujarnya ketika peluncuran aplikasi ShopBack, di Jakarta (24/5).

ShopBack sendiri merupakan sebuah startup yang bekerjasama dengan beberapa e-commerce lokal maupun mancanegara. Melalui kerjasama tersebut, ShopBack sejatinya menghadirkan traffik pengunjung kepada partner mereka tersebut.

Di Indonesia sendiri, Startup ini telah hadir sejak Januari tahun ini dan berhasil menggandeng beberapa pemain e-commerce raksasa di Indonesia seperti Blibli.com, Tiket.com, Lazada, sertamataharimall.com, ShopBack kini telah menggandeng 80 e-commerce di Indonesia yang berasal dari berbagai sektor seperti gadget, fashion, makanan, hingga pemesanan tiket hotel dan pesawat.

Sekadar informasi, pengguna yang berbelanja di beberapa e-commerce tadi melalui ShopBack, akan mendapatkan cashback sebesar 10% dari total transaksi si pengguna.

“Kami sangat senang dapat membantu semua orang yang gemar berbelanja di Indonesia dengan memberikan alternatif berbelanja yang lebih hemat dan cermat. Sekarang belanja apapun bisa dapat
tambahan cashback yang bisa ditunaikan ke rekening bank Anda.” tambah Indra.

Pengguna ShopBack juga bisa berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti smartphone, action camera, hingga hadiah utama motor Honda dengan mengajak
teman untuk daftar (sign-up) di ShopBack.co.id

Bukan hanya itu, Khusus 2 hari pada tanggal 25 – 26 setiap belanja di 1 toko online merchant akan mendapatkan tambahan cashback Rp. 25.000. Dengan maksimum 100.000.

Hingga pertengahan bulan Mei, ShopBack Indonesia telah berhasil membagikan cashback lebih dari
7 miliar rupiah kepada pelanggannya di Indonesia.

Telkomsel Traktir Para Pelanggannya via Telkomsel Poin

Telko.id – Untuk menjaga pelanggan untuk tetap setia membutuhkan upaya tertentu. Salah satunya dengan loyality program. Bagi para pelanggan Telkomsel, pasti memiliki Telkomsel Poin yang biasanya jarang digunakan. Itu sebabnya, Telkomsel dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke 21 dan memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri menggelar program Traktir Nasional dan Traktir Ramdahhan.

Dalam program tersebut, pelanggan Telkomsel berkesempatan mendapatkan berbagai penawaran dan hadiah menarik berupa paket layanan suara, SMS, dan data, konten layanan digital lifestyle, berbagai voucher merchant, hingga paket bundling gadget dengan menukarkan Telkomsel POIN yang dimilikinya. Selanjutnya untuk merayakan periode Ramadhan & Idul Fitri, Telkomsel juga akan menghadirkan program serupa dengan tajuk ‘Traktir Ramadhan’.

Program traktir besar-besaran khusus bagi pelanggan Telkomsel ini akan dibagi menjadi 2 periode, yaitu tanggal 21 – 26 Mei 2016 untuk program ‘Traktir Nasional’, sedangkan program ‘Traktir Ramadhan’ akan menyusul selama periode 27 Mei – 30 Juni 2016. Pada kedua periode tersebut akan ada berbagai penawaran produk dan promosi yang berbeda dengan masa berlakunya masing-masing.

Vice President Postpaid Marketing and Loyalty Management Telkomsel, Derrick Heng mengatakan, “Program loyalti ini merupakan wujud besarnya rasa terimakasih kami kepada para pelanggan setia Telkomsel yang telah memberikan kepercayaannya kepada produk dan layanan kami, sehingga kami berkesempatan melayani masyarakat Indonesia selama 21 tahun kami berdiri melalui layanan seluler kami. Telkomsel juga ingin turut menyemarakkan momen spesial Ramadhan & Idul Fitri bagi para pelanggan melalui program ini.”

“Kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan adalah kunci bagi Telkomsel untuk terus berkembang di masa mendatang sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya”, tambah Derrick.

‘Traktir Nasional’ dan ‘Traktir Ramadhan’ merupakan program penghargaan bagi seluruh pelanggan Telkomsel, baik pelanggan paska bayar (Kartu Halo) maupun pra bayar (simPATI, Kartu As dan Loop), yang bisa didapatkan dengan melakukan penukaran Telkomsel POIN dengan berbagai macam produk seperti layanan suara, SMS, dan data; konten VAS seperti layanan Tausiyah, Halo Dokter, Pop Call, Magic Call, dan T-Loker; layanan digital lifestyle dari Langit Musik, Moovigo dan voucher games, dan penawaran paket bundling Lumia 950 dan Office 365 dengan harga spesial.

Selain itu, hanya dengan menukarkan sebanyak 21 TelkomselPOIN pelanggan bisa mendapatkan voucher diskon hingga 80%, di 21 merchant-merchant online yang akan melengkapi gaya hidup pelanggan baik itu fashion, kuliner, travel, sport dan retail seperti blanja.com, MatahariMall.com, Blibli.com, Lazada.com, Agoda.com, Garuda Indonesia, Bhinneka.com, Berrybenka, Sportdeca.com, dan lain-lain.

Khusus di hari ulang tahun Telkomsel yang jatuh pada tanggal 26 Mei 2016, Telkomsel juga memberikan pesta diskon tambahan bagi pelanggan di berbagai merchant seperti KFC, Chatime, Gramedia, Solaria, Ace Hardware, Garuda Indonesia Miles, dengan menukarkan sebanyak 50 Telkomsel POIN dengan voucher diskon hingga Rp. 100,000.

Tersedia pula berbagai merchandise menarik di GraPARI tertentu yang bisa didapatkan pelanggan dengan menukarkan Telkomsel POIN yang dimilikinya setiap hari Kamis di bulan Juni 2016. Merchandise tersebut dapat diperoleh dengan diskon TelkomselPOIN sebanyak 50%.

Penukaran Telkomsel POIN dapat dilakukan pelanggan melalui menu akses *123# ataupun melalui aplikasi MyTelkomsel yang telah dapat diunduh dari Google Play dan App Store. Informasi lebih lanjut mengenai berbagai penawaran beserta masa berlaku penawaran masing-masing produk bisa didapatkan dengan mengunjungi www.telkomsel.com/21tahun. (Icha)

XL Dukung Industri Musik Indonesia via Yonder

0

Telko.id – Penyuka musik di Indonesia begitu besar. Dibandingkan dunia, memang Indonesia hanya memiliki porsi 0.4% dari peta industri musik dunia. Tapi, dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, angka tersebut sangat menggiurkan bagi Yonder Music. Itu sebabnya, penyedia aplikasi musik yang bermarkas di New York ini pun mengincar pasar Indonesia.

Yonder membawa platform pemutar musik yang revolusioner. “Para pecinta musik tanah air yang akan mendapatkan akses bebas ke puluhan juta koleksi trek musik yang legal dan berkualitas. Yonder juga memberikan kesempatan bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku industri musik sendiri dengan pembagian royalti yang adil dan transparan,” ujar Adam Kidron, CEO Yonder Music menjelaskan.

Sementara itu bagi XL, meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun meningkatkan pula permintaan atas layanan musik yang berkualitas. XL Axiata melihat bahwa ragam keunikan fitur dan terutama nilai yang dimiliki oleh Yonder Music merupakan sebuah solusi. Yonder menghadirkan solusi layanan musik terbaik bagi pelanggan XL dan masyarakat luas yang akan membawa industri musik digital di Indonesia ke sebuah level baru.

Melalui layanan musik ini, XL sekaligus hendak mengimplementasikan komitmen untuk memberikan dukungan pada industri kreatif Indonesia, khususnya musik. Aplikasi musik Yonder memungkinkan para pelaku industri musik Indonesia untuk menemukan sarana digital yang tepat untuk menjangkau pasar secara mudah dan simple, serta terjangkau. Dengan basis pelanggan data XL yang terus meningkat, mereka akan menjangkau pasar yang signifikan serta akan terus tumbuh. Aplikasi ini memang sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk musik nasional secara mudah dan legal. Hal ini pun sangat sesuai dengan upaya komunitas musik Indonesia yang memerangi pembajakan.

Senin malam (23/5), peluncuran layanan musik Yonder ini akan dilangsungkan dengan satu konser musik di area Tenis Indoor, Senayan, Jakarta. Akan tampil dan berkolaborasi 17 artis penyanyi Indonesia papan atas, yaitu Ariel Noah, Afgan, Raisa, Isyana Sarasvati, Rossa, Andien, Judika, Momo Geisha, Rian D’Masiv, Mike Mohede, Cakra Khan, Iwa K, Cita Citata, Lesty, Young Lex, Jaclyn Victor, dan legenda hidup musik Indonesia, Iwan Fals. Persembahan spesial dari Yonder Music dan XL Axiata ini hanya eksklusif untuk para pengguna Yonder Music yang sudah mengunduh aplikasi ini mulai, 19 Mei 2016.

Terkait konser ini, Adam Kidron menyampaikan, “Saya merasa sangat terberkati dengan kesempatan yang sangat berharga untuk bisa menggelar konser spektakuler ini dan berkolaborasi dengan talenta-talenta berkelas dunia yang dimiliki oleh Indonesia seperti Afgan, Rossa, NOAH, Raisa, Isyana, Cita Citata, Lesty hingga legenda-legenda hidup sekelas Iwa K dan Iwan Fals. Namun yang paling membuat saya terkejut adalah bagaimana mereka bukan hanya sekedar menjalankan kewajiban mereka dengan sebaik-baiknya, tetapi mereka juga memahami dan berbagi visi yang sama dengan Yonder Music. Ditambah lagi dengan dukungan dari XL Axiata yang juga memiliki antusiasme yang sama dengan Yonder untuk mengdemokratisasi industri musik di Indonesia, dengan menghadirkan akses ke jutaan ragam musik yang berkualitas dan legal kepada masyarakat luas”.

Dalam konser akbar ini, Yonder Music bersama XL Axiata juga meluncurkan sebuah single khusus dengan judul “Kebebasan”. Single dirilis secara eksklusif melalui platform Yonder Music ini merupakan sebuah karya kolaborasi dari 17 artis yang tampil di konser akbar Yonder Music All-Star Live. Lagu “Kebebasan” ini merupakan adaptasi dari tembang milik musisi legendaris almarhum Prince yang bertajuk, “Free”, dan adaptasi lirik bahasa Indonesia dalam lagu ini adalah buah karya Rian D’Masiv. Lagu ini sendiri dipilih karena baik Yonder Music maupun XL merasa bahwa lagu ini cocok menjadi milestone yang menandakan datangnya sebuah kebebasan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses musik-musik berkualitas secara legal dan gratis. (Icha)

XL Gadeng Yonder Music Untuk Tingkatkan Penetrasi 4G LTE

0

Telko.id – Tidak mudah bagi operator untuk meningkatkan penetrasi 4G LTE nya. Perlu berbagai cara agar pengguna 4G LTE semakin banyak dan tentunya menggunakan akses data sebanyak mungkin. Salah satu yang dilakukan adalah memperbanyak aplikasi yang memenuhi kebutuhan para pelanggannya. XL Axiata menggandeng Yoder Musik, aplikasi musik yang bermarkas di New York.

Langkah ini merupakan komitmen XL untuk terus melengkapi ekosistem layanan 4G LTE. Layanan Yonder Music ini menawarkan layanan hiburan musik untuk pelanggan XL dan AXIS secara eksklusif. Yonder menyediakan akses ke lebih dari 20 juta lagu dari jutaan musisi dari seluruh dunia, termasuk musisi lokal Indonesia. Layanan ini dapat dinikmati mulai 19 Mei 2016, dan diluncurkan secara resmi hari ini bersamaan dengan digelarnya konser Yonder Music All-Star Live yang menampilkan 17 artis ternama di area Tenis Indoor, Senayan.

“Seiring dengan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet cepat 4G LTE,XL kini menghadirkan layanan musik Yonder. Selain video, musik adalah konten yang paling sering dikases pelanggan XL melalui smartphone mereka. Oleh karena itu setelah sebelumnya kami meluncurkan layanan streaming video Tribe, kini kami hadirkan dengan layanan musik streaming Yonder,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL dalam peluncuran kerjasama ini, mengatakan,

Sementara itu, CEO Yonder Music, Adam Kidron mengatakan, “Yonder Music memiliki sebuah visi besar untuk mengdemokratisasi akses kepada materi musik-musik yang berkualitas danXL merupakan mitra yang kami lihat mempercayai nilai-nilai yang serupa. Kami yakin dengan ragam fitur layanan unik yang ditawarkan oleh Yonder Music dan jangkauan jaringan XL yang begitu solid di seluruh penjuru nusantara, bersama, Yonder Music dan XL akan menghadirkan sebuah era baru bagi industri musik digital di Indonesia, era kebebasan yang tidak hanya membawa manfaat positif bagi para pelanggan setia XL dan masyarakat luas, tetapi juga tentunya bagi para pelaku industri musik di Indonesia.”

Pelanggan XL bisa mengakses layanan musik secara mudah, yaitu hanya cukup berlangganan paket data XL HotRod atau Combo Xtra senilai lebih dari Rp 100 ribu, sudah akan bisa menikmati Yonder secara gratis. Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak berlangganan data lebih dari Rp 100 ribu, akan dikenakan biaya berlangganan Rp 35ribu/bulan.

Melalui layanan ini, pelanggan bahkan juga bisa mengunduh lagu, memutarnya secara offline dan membagikannya ke orang lain. Untuk lebih memberikan pengalaman menyenangkan menggunakan Yonder, XL memberikan masa promo selama sebulan gratis akses Yonder untuk semua pelanggan XL. Masa promo mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2016. Untuk menikmati layanan promo ini, pelanggan tidak perlu melakukan registrasi apapun.

Untuk bisa mengakses Yonder, pelanggan cukup mengunduh aplikasi Yonder Music di App Store, bagi pengguna iPhone atau Play Store untuk pengguna Android. Aplikasi Yonder tersedia untuk smartphone atau tablet Android dengan OS versi 4.1x ke atas dan Iphone dengan OS versi 7.1.2 ke atas.

Saat ini, internet cepat 4G LTE dari XL sudah melayani lebih dari 5 juta pelanggan 4G di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL mentargetkan setidaknya 100 kota/area akan terlayani layanan 4G LTE. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis. (Icha)

Ericsson Hadirkan Mobile Payment Untuk Bantuan Sosial

0

Telko.id – Raksasa jaringan asal Swedia, Ericsson, telah mengumumkan pengembangan platform baru yang dirancang khusus untuk memberikan layanan keuangan melalui perangkat mobile ketika krisis kemanusiaan.

Platform yang bernama Ericsson Emergency Wallet ini didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation, platform ini diresmikan pada ajang World Humanitarian Summit dan akan memungkinkan distribusi dan penggunaan dana digital oleh pekerja bantuan dan orang-orang yang terkena dampak dengan harapan akan mampu mengatasi masalah seperti keamanan, beban dan traceability yang berkaitan dengan penanganan uang tunai.

“Mekanisme pembayaran Digital sangat penting untuk memberikan bantuan tunai yang efektif untuk mengatasi kebutuhan kemanusiaan skala besar yang disebabkan oleh krisis, dan IRC menyambut upaya seperti solusi Wallet dari Ericsson ini untuk menutup kesenjangan antara negara yang memiliki digital payment serta negara yang belum memiliki teknologi seperti ini,” ucap David Miliband, CEO dari International Rescue Committee (IRC).

Seperti dilaporkan Telecom(24/5), saat ini hanya 30% dari negara-negara yang pernah menghadapi keadaan darurat kemanusiaan yang parah memiliki infrastruktur pembayaran digital untuk mendukung respon skala yang lebih tinggi.

Sementara itu, Elaine Weidman-Grunewald, selaku VP of Sustainability and Corporate Responsibility Ericsson mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki komitmen jangka panjang untuk respon kemanusiaan, misalnya program sukarelawan karyawan mereka yang dinamakan Ericsson Response yang telah mendukung 40 misi di lebih dari 30 negara selama 15 tahun terakhir.

Grunewald menambahkan, “Dalam kemitraan dengan Bill & Melinda Gates Foundation, kami membantu untuk membangun ekosistem baru dengan menciptakan peluang yang lebih baik untuk inklusi keuangan global. Kombinasi unik dengan mitra kami akan menjadi katalis yang kuat untuk membawa layanan keuangan mobile untuk upaya bantuan kemanusiaan di mana-mana,” tukasnya.

Banyak kemanusiaan populasi proyek keprihatinan yang memiliki akses terbatas ke layanan keuangan di saat terbaik. Di samping itu ketika dana eksternal yang dimaksudkan untuk bantuan, harus melewati banyak tangan sebelum akhirnya jatuh ke masyarakat yang membutuhkan. Hal ini tentu saja sangat dikhawatirkan dana tersebut disalahgunakan atau tidak sesuai dengan nominal yang sebenarnya diberikan. Dengan menggunakan mobile payment, diharapkan akan menjadi cara yang ideal untuk mendapatkan dana kemanusiaan langsung ke tangan orang-orang yang paling membutuhkan.

OTT Lokal Bantu Telkomsel Raih Banyak Pelanggan Baru

Telko.id – Operator BUMN Telkomsel nampaknya memiliki cara yang cukup jitu dalam menjaring pelanggan baru yakni dengan menggaet para OTT lokal yang baru hadir di Indonesia.

Para startup ini bekerjasama dengan Telkomsel untuk penyebaran Usim dan Simcard Telkomsel kepada para karyawan serta para armada dari OTT tersebut.

Baru-baru ini, dua OTT yang telah bekerjasama dengan Telkomsel adalah startup teknologi yang berbasis kepada pelayanan pelanggan. Pertama adalah jasa transportasi berbasis aplikasi dan yang kedua adalah jasa pemanggilan tenaga ahli.

Aplikasi pertama adalah JET, aplikasi yang menawarkan jasa transportasi online dan angkutan barang ini setidaknya memberikan sumbangsih sebesar 1600 user baru untuk kartu Hallo Hybrid milik Telkomsel.

Angka ini tentunya akan terus bertambah, mengingat JET membuka kerjasama dengan beberapa penyedia angkutan taksi di Indonesia yang tentunya akan menggunakan sim card serupa. Telkomsel melalui PT. PINS juga membantu pengadaan perangkat mobile untuk kebutuhan para armada JET.

Kemudian, yang teranyar adalah FindTukang, aplikasi baru yang kini telah ‘mejeng’ di playstore ini juga ikut menyumbang penambahan pengguna baru dari Telkomsel.

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu para masyarakat untuk mencari tenaga ahli ataupun tukang. Resmi meluncur pada hari Senin lalu (23/5), FindTukang setidaknya menghadirkan 6 fitur unggulan seperti pemanggilan teknisi untuk servis AC, Ledeng, Komputer, Peralatan Elektronik, tukang untuk cuci mobil dan juga pangkas rambut.

Sampai dengan saat ini, jumlah tenaga ahli yang dimiliki oleh startup ini telah menyentuh angka 100 tenaga kerja. Mereka juga mengklaim sampai dengan akhir tahun ini akan meningkatkan tenaga ahli mereka menjadi 500 orang, dengan target hingga tahun 2017 mendatang mereka mampu memiliki 5000 tenaga kerja ahli di enam bidang tadi. Kesemua tenaga ahli dari FindTukang akan menggunakan Usim 4G milik Telkomsel.

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, bisa disimpulkan jika sampai dengan saat ini mereka telah berkontribusi bagi Penambahan jumlah pengguna Usim 4G Telkomsel sebesar 100 pengguna. Tentunya angka tersebut akan bertambah jika semua roadmap mereka berjalan dengan lancar.

CEO FindTukang, Nope Lavanda juga mengklaim jika nantinya minimum pulsa Telkomsel yang akan digunakan oleh para tenaga ahli mereka sebesar Rp.50.000,- perbulannya.

Strategi dari Operator BUMN ini sejatinya patut ditiru oleh operator besar lainnya dalam urusan penambahan jumlah pengguna mereka. Apalagi belum lama ini juga Telkomsel telah bekerjasama dengan SpeedUp Technology untuk meluncurkan modem wifi dengan bundling Usim Telkomsel dan menargetkan 100 ribu pengguna hingga akhir tahun ini.

Lebaran, Indosat Prediksi Jumlah Pelanggan Naik 20% di Jawa Timur

0

Telko.id – Dipilihnya rute Surabaya – Malang sebagai jalur uji jaringan Indosat kali ini – dalam rangka menyambut Ramadhan dan Lebaran 2016 – tentunya bukan tanpa sebab. Operator yang identik dengan warna kuning ini percaya bahwa kedua kota ini merupakan salah satu jalur mudik utama di wilayah Jawa Timur.

Indosat memprediksi, rute ini akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil dari para pendatang, entah itu mereka yang ingin mudik ke Surabaya dan Malang maupun mereka yang hanya ingin berwisata ke kedua kota tersebut.

“Berkaca dari tahun sebelumnya, kami memprediksi kenaikan jumlah pelanggan akan terjadi di Jawa Timur menjelang Lebaran. Tapi setelah itu jumlah pelanggan akan kembali normal, karena mereka kembali lagi ke daerah masing-masing,” kata Soejanto Prasetyo, Head of Sales East Java di Malang, Senin (23/5).

Ia menambahkankan, kenaikan jumlah pelanggan Indosat di wilayah tersebut diprediksi akan mencapai 20% hingga 25%, menjadi 12 hingga 12.5 juta dari jumlah sebelumnya 10 juta pelanggan. Dari total pelanggan tersebut, 35% diantaranya merupakan pelanggan 4G.

Saat ini, dari total 52.326 BTS yang dimiliki Indosat (secara nasional), 1.233 diantaranya tersebar di sepanjang jalur Surabaya dan Malang. Indosat mengatakan akan terus menambah jumlah BTS-nya untuk melayani sekitar 69,8 juta pelanggan yang dimiliki.

“Untuk BTS kami akan terus menambahnya hingga akhir tahun,” pungkas Soejanto tanpa bersedia membagi angkanya.

Atas Nama Efisiensi, Tokopedia Gandeng Go-Jek

0

Telko.id – Go-Jek terus melebarkan sayapnya di ranah logistik. Setelah sebelumnya cukup populer dengan layanan antar barangnya, Go-Box, kini perusahaan milik Nadiem Makarim itu menggandeng Tokopedia untuk menghadirkan pengalaman baru bagi konsumen.

Selama beberapa bulan terakhir, Tokopedia Go-jek telah bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan logistik para pengguna situs jual beli online tersebut, hususnya untuk pengiriman barang. Go-jek melalui fitur Go-Kilat kemudian hadir sebagai bentuk inisiatif Go-Jek dalam meningkatkan efekivitas layanan yang juga merupakan pengembangan dari kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Melalui keterangan resminya, Senin (23/5), CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama ini, kini pengguna Tokopedia bisa menerima barang pesanan dalam hitungan jam. “Kerja sama dengan Go-Jek ini merupakan terobosan efektif bagi para penjual online, terutama yang sangat mengutamakan kecepatan pengiriman seperti penjual makanan segar,” katanya.

Tokopedia berharap, kemudahan ini nantinya akan mampu mendorong lebih banyak masyarakat untuk menciptakan peluang melalui bisnis online.

“Kami di Go-Jek terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen sekaligus meningkatkan kesejahteraan mitra driver secara berkesinambungan. Dengan adanya kerja sama dengan Tokopedia ini, diharapkan semua pihak dapat merasakan manfaatnya,” tambah CEO Go-Jek, Nadiem Makarim.

Hingga 31 Mei 2016, pengguna Tokopedia dapat menikmati promo ongkos kirim Rp 10 ribu untuk pengiriman barang pada hari yang sama dengan berat maksimal tujuh kilogram, setelah mendapat konfirmasi pengiriman dari penjual sebelum pukul 18.00 WIB. Promo ini dapat dinikmati oleh pengguna Tokopedia yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya, dengan memilih kurir pengiriman Go-Jek dan paket pengiriman Go-Kilat untuk mengantar barang pesanannya.