spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 140

Traveloka Gandeng Cebu Pacific, Dorong Pariwisata di Filipina

0

Telko.id –  Traveloka gandeng Cebu Pacific (CEB), salah satu maskapai low-cost carrier dari Filipina, untuk mendorong minat wisatawan mancanegara berkunjung ke Filipina.

Langkah ini dilakukan melalui implementasi application programming interface (API) yang memungkinkan wisatawan untuk menjelajahi penerbangan CEB menjadi lebih mudah melalui aplikasi Traveloka.

Sejalan dengan komitmen Traveloka untuk memulihkan industri pariwisata di Asia Tenggara pascapandemi, inisiatif ini diharapkan dapat berkontribusi secara positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata Filipina dengan mempermudah akses wisatawan mancanegara untuk menjelajahi destinasi-destinasi menarik di negara tersebut.

Di sektor pariwisata, Filipina terus menunjukan performa yang baik dari tahun ke tahun. Kementerian Pariwisata Filipina mencatat lebih dari 5,4 juta traveler mancanegara mengunjungi negara tersebut sepanjang tahun 2023, dan menargetkan 7,7 juta kunjungan traveler mancanegara pada 2024.

Baca juga : Traveloka Bermitra dengan Hong Kong Tourism Board

Sementara itu, data Traveloka juga menyebutkan adanya peningkatan pencarian yang signifikan sebesar 2,5 kali lipat ke lima bandara teratas di Filipina pada 2024 dibandingkan dengan tahun lalu. Adapun lima destinasi Filipina terpopuler di platform Traveloka meliputi Manila, Laguindingan, Cebu, Davao, Boracay, dan Palawan.

“Traveloka melihat bagaimana potensi luar biasa Filipina dalam mengembangkan industri pariwisata yang  berkelanjutan. Untuk itu, Traveoka ingin mengajak traveler terutama di Indonesia dan di Asia Tenggara, untuk menjelajahi pengalaman baru di Filipina,” kata Iko Putera, CEO of Transport Traveloka.

Itu sebabnya, Traveloka pun jalin kemitraan dengan salah satu maskapai penerbangan terbaik dan terjangkau untuk Filipina, yakni Cebu Pacific, akan memberikan alternatif bagi traveler dan mendorong pengembangan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, serta mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Filipina dan kawasan sekitarnya.

“Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Traveloka dalam mendukung pemulihan industri pariwisata lokal dan membuat wisata ke Filipina lebih mudah. Filipina merupakan rumah dari pantai terbaik di dunia, alam yang menawan, serta kekayaan warisan budaya,” kata Xander Lao, President and Chief Commercial Officer of Cebu Pacific Air.

Yuk eksplorasi pesona Filipina

Filipina telah menjadi destinasi favorit para wisatawan dengan atraksi dan pengalaman wisata yang beragam, menyediakan pilihan liburan yang dapat disesuaikan bagi turis yang ingin berpetualang maupun mereka yang ingin waktu beristirahat.

Beragam kegiatan wisata dapat dilakukan seperti: diving dan snorkeling sembari menikmati keindahan biota laut di Pulau Coron, Kepulauan Palawan atau menikmati keindahan pasir putih pantai pulau Boracay yang terkenal.

Sementara itu, Kota Vigan dari abad ke-16 akan memanjakan penikmat sejarah dengan deretan arsitektur bangunan menawan hasil perpaduan budaya Filipina dan Spanyol.

Wisatawan juga dapat menikmati kedamaian serta ketenangan dengan pemandangan alam Bohol, mencoba aktivitas yang memacu adrenalin di Davao, atau mencoba kuliner Filipina di Bacolod. Bagi wisatawan yang menyukai karya seni, dapat menikmati kekayaan seni di Museum Nasional Seni Rupa dan Museum Nasional Sejarah Alam di Manila.

 Ingin mengeksplorasi spiritual tourism? Wisatawan juga dapat menikmati kedamaian spiritual di Katedral Manila dan Gereja San Agustin, atau menjelajahi suasana Gereja Quiapo yang menjadi rumah bagi Black Nazarene yang dihormati. Semua informasi mengenai tempat-tempat hidden gem ini juga dapat dengan mudah diakses di Traveloka.

Konsumen Traveloka yang menggunakan Cebu Pacific melalui platform Traveloka di Asia Tenggara menunjukkan peningkatan hingga mencapai lima kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Selain turis domestik, wisatawan dari Indonesia menjadi salah satu dari enam negara asal yang banyak melakukan perjalanan ke Filipina berdasarkan data penerbangan Cebu Pacific; diikuti dengan wisatawan dari Vietnam, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Australia.

Hadirnya kolaborasi antara Traveloka dan Cebu Pacific dapat memberi wisatawan internasional lebih banyak pilihan penerbangan untuk mengunjungi Filipina dan menjelajahi keindahan destinasi-destinasi wisatanya.

Guna semakin memudahkan rencana konsumen untuk menjelajahi Filipina, konsumen dapat memanfaatkan penawaran menarik dari Traveloka. Nantikan informasi lengkapnya melalui aplikasi dan media sosial resmi Traveloka. (Icha)

CDNetworks Bakal Tambah 10 PoP Di Indonesia Hingga Akhir 2024

Telko.id – CDNetworks bekerjasama dengan perusahaan Telko, akan menambah 10 Point of Presence (PoP) di berbagai kota pada seluruh penjuru Nusantara untuk membuat ekosistem ekonomi digital Indonesia tumbuh lebih kuat.

“Dengan penambahan 10 Pop di Indonesia ini, CDNetworks berharap pada 2025 akan menambah pendapatann antara 20 – 25%,” kata Riyan Baharudin, Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia dalam pertemuan dengan media, Selasa 14/05/2024.

Pasalnya, pembangunan 10 PoP ini memang pembangunannya pada 2024 tetapi baru bisa dipasarkan pada 2025 hingga akan memberikan dampak pada pendapatan perusahaan juga baru tahun depan.

Dengan adanya penambahkan 10 PoP ini juga, CDNetworks berharap latency dari para klien nya yang menggunakan jasanya akan semakin baik.

Baca juga : Pengalihan Data center TelinSG ke NeutraDC Singapore, Ini Targetnya!

Tambahan PoP baru milik CDNetworks akan memperluas jaringan global miliknya yang saat ini berjumlah lebih dari 2.800, sehingga dapat memastikan jangkauan jaringan yang komprehensif, mengurangi latensi, dan meningkatkan kinerja situs untuk mendukung transformasi digital pada semua sektor ekonomi di Indonesia.

Inisiatif ini memperkuat fondasi infrastruktur CDNetworks yang sudah terbangun di Indonesia. CDNetworks telah mencapai 100 persen cakupan jaringan lokal melalui kemitraan strategis dengan berbagai penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia, seperti Telin, XL, dan Smartfren.

Melalui penambahan jaringan PoP-nya, CDNetworks memperkuat komitmennya dalam menyediakan jaringan berkualitas terbaik dengan kapasitas terabit-per-detik (Tbps), sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan bandwidth di Indonesia yang terus meningkat.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 akan mencapai 79,5 persen dari total populasi nasional.

Namun demikian, sebagian besar penyebarannya belum merata karena masih berpusat di Pulau Jawa — karena dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia yang beragam di setiap daerah.

Selain itu, tingginya serangan siber juga dapat menghambat transformasi digital, meskipun Indonesia memiliki perkembangan sektor e-commerce yang diproyeksikan memiliki pertumbuhan terbesar di dunia dengan mencapai angka 30,5 persen di 2024. Hal ini semakin menunjukkan urgensi pemerataan jaringan internet yang aman dan stabil.

Sebagai pemain industri teknologi global dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, CDNetworks menyediakan berbagai solusi teknologi terdepan untuk memungkinkan bisnis meningkatkan kinerja dan keterandalan situs dan aplikasi mereka.

Salah satu layanan utama dari perusahaan ini adalah Cloud Security 2.0 yang meliputi Web Application and API Protection (WAAP) — solusi tangguh untuk perlindungan aplikasi, web dan API, mitigasi bot, WAF, perlindungan API, dan perlindungan dari serangan DDoS.

Selain itu, perusahaan ini juga telah mendirikan 20 scrubbing center secara global; salah satunya berada di Indonesia, dengan kapasitas total lebih dari 15 Tbps.

Scrubbing center inilah yang memungkinkan CDNetworks memastikan jaringan tanpa gangguan, melindungi mitranya dari serangan DDoS, serta didukung oleh tim ahli yang tersedia 24 jam untuk memberikan bantuan.

CDNetworks berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jaringan tercepat dan teraman di Asia Tenggara melalui penambahan infrastruktur secara berkala, persiapan talenta lokal, dan inisiatif kerja sama dengan pemerintah dalam memastikan regulasi yang berlaku demi tercapainya proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia hingga 800 persen pada 2030.

“Sebagai negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, Indonesia merupakan pasar penting bagi CDNetworks. Oleh karena itu, kami berharap dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa dengan membantu memperkuat fondasi ekonomi digital secara berkelanjutan,” ujar Riyan Baharudin, Regional Sales Director, CDNetworks Indonesia.

CDNetworks juga dipercaya oleh berbagai perusahaan besar seperti Citilink, MRT Jakarta, Faspay, TVRI, MNC Pictures, Circle-K, Ruangguru, dan lainnya. Kedepannya, CDNetworks juga memiliki misi untuk membantu lebih banyak perusahaan dan mendorong transformasi digital Indonesia. (Icha)

Polrestabes Makassar Bekuk Pencuri Perangkat di Data Center XL Axiata

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengapresiasi keberhasilan Polrestabes Makassar menangkap para terduga pelaku pencurian perangkat di data center milik XL Axiata di Makassar.

Dalam operasi penangkapan yang dilakukan pada 2 April 2024, polisi menangkap dua orang pelaku yang diduga mencuri perangkat serta tiga orang yang diduga sebagai penadah.

Dari tangan pelaku tersebut turut diamankan sejumlah barang bukti berupa perangkat QSFP (Quad Small Form Factor Pluggable) sebanyak 36 Unit, dan total ada lima orang tersangka dalam kasus ini. XL Axiata serius dan tegas memerangi aksi pencurian perangkat telekomunikasi yang bisa mengganggu layanan kepada pelanggan.

“Setelah menerima laporan resmi terkait kasus pencurian perangkat telekomunikasi milik XL Axiata pada pertengahan Maret lalu, kami langsung membentuk tim khusus dan melakukan olah TKP di Data Center XL Axiata yang beralamat di Kawasan Industri Makassar (KIMA), Kota Makasar, dilanjutkan proses pencarian dan pengejaran terhadap pihak yang diduga pelaku dan sampai akhirnya anggota kami dapat menangkap para pelaku pada awal April 2024,” kata Kompol Devi Sujana, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar.

Baca juga :

Baca juga : Polrestabes Makassar Gulung Sindikat Pencurian Perangkat STB XL Satu

Kompol Devi Sujana menambahkan, usai dilakukan penangkapan, anggotanya tengah melakukan proses pemeriksaan secara intensif terhadap para pelaku.

Saat ini, dua pelaku telah ditetapkan menjadi tersangka dan dapat dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara dan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun penjara.

Saat ini polisi masih terus mendalami kasus ini guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap, termasuk mengembangkan apakah pelaku merupakan sindikat dan apakah juga terjadi di daerah lain.

Pada kasus yang terjadi di Makassar tersebut, para pelaku diketahui merupakan karyawan perusahaan mitra yang sedang mengerjakan proyek di Data Center XL Axiata KIMA Makassar, pelaku menyalahgunakan tugas dan wewenangnya sehingga dengan mudah dapat melakukan aksinya tanpa menimbulkan kecurigaan petugas keamanan.

Para pelaku melakukan aksi pencurian perangkat telekomunikasi XL Axiata dalam rentang waktu 15 – 17 Maret dan terakhir pada 1 April 2024.

“Atas nama manajemen PT XL Axiata Tbk menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan dari Polrestabes Makassar akan kesigapan dalam menindaklanjuti laporan atas pencurian perangkat telekomunikasi XL Axiata di Makassar,” kata Group Head Corporate Communications & Sustainability XL Axiata, Reza Mirza.

Reza pun berharap penangkapan ini bisa mengungkap secara tuntas operasi kriminal yang dilakukan para pelaku yang telah menganggu operasional kami dalam menyelenggarakan layanan data center Makassar.”

Reza menegaskan, XL Axiata tetap berkomitmen kuat untuk memastikan kualitas layanan, kemudahan dan pengalaman pelanggan #JadiLebihBaik terus terjaga dari berbagai gangguan yang disebabkan oleh aksi pencurian.

Aksi para pelaku ini jelas merugikan baik bagi XL Axiata dan juga tentunya bagi pelanggan, karena perangkat yang dicuri merupakan salah satu perangkat yang memiliki peranan penting dalam mengatur traffik data internet pelanggan.

Untuk itulah XL Axiata dengan serius terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk menangkap para pelaku dan mengusut tuntas kasus ini. (Icha)

Musim Haji 2024, Telkomsel Pastikan Penuhi Kebutuhan Komunikasi

Telko.id – Sambut musim Haji 2024 yang tahun ini mencapai  241.000 jemaah dan juga merupakan rekor jumlah terbesar dalam sejarah kuota jemaah Indonesia, Telkomsel siapkan ragam produk dan layanan.

Mulai dari Paket RoaMAX Haji, eSIM RoaMAX, mengoperasionalkan kembali layanan GraPARI Makkah, menghadirkan sejumlah Posko Layanan Haji, hingga memperkuat kemitraan dengan operator terbaik di Arab Saudi.

Seluruh inisiatif tersebut akan beroperasi sepanjang musim Haji 2024 untuk memastikan kemudahan dan kenyamanan bagi para jemaah haji dalam menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat di Indonesia, sambil menikmati pengalaman akses komunikasi dan aktivitas digital yang berkualitas di Tanah Suci.

“Telkomsel berkomitmen untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan akses komunikasi dan layanan digital yang berkualitas bagi para jemaah selama berada di Tanah Suci. Melalui Paket RoaMAX Haji, eSIM RoaMAX, pusat layanan GraPARI di Makkah dan Posko Layanan Haji, serta kemitraan dengan operator terbaik di Arab Saudi,” kata Danang Andrianto, Vice President Postpaid Consumer and International Roaming Telkomsel.

Baca juga : Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT Season 8, Ini Target nya!

Ia pun berharap dapat memberikan lebih banyak kemudahan kepada para jemaah, memastikan mereka tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia dengan lancar, sehingga mereka dapat fokus menjalankan ibadah haji dengan khidmat.

Paket RoaMAX Haji dapat dinikmati para jemaah haji menggunakan layanan Telkomsel Prabayar maupun Pascabayar Telkomsel Halo. Pelanggan dapat menikmati paket ini dengan harga terjangkau mulai dari Rp450 ribu, yang sudah dilengkapi dengan kuota internet/data hingga 23 GB, kuota telepon hingga 250 menit, kuota SMS hingga 250 pesan.

Selain itu, paket ini juga menawarkan berbagai pilihan masa aktif, mulai dari 20, 30, hingga 45 hari, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jemaah haji.

Pelanggan dapat melakukan aktivasi Paket RoaMAX Haji di beragam saluran, mulai dari layanan UMB *266*15# langsung dari ponsel, Aplikasi MyTelkomsel, Website www.telkomsel.com, layanan e-commerce, mitra outlet reseller, serta titik layanan GraPARI Telkomsel di seluruh Indonesia.

Banyak keunggulan yang bisa pelanggan dapatkan melalui Paket RoaMAX haji, mulai dari tidak perlu melakukan ganti simcard/ kartu Telkomsel saat ingin mengaktifkan paket, dan kemudahan mengatur (reservasi) tanggal aktivasi paket hingga tiga bulan sebelum keberangkatan.

Selain itu, tentu saja kualitas jaringan unggul yang didukung oleh seluruh operator di Arab Saudi, layanan pelanggan yang maksimal dengan dukungan call center gratis berbahasa Indonesia 24 jam di luar negeri melalui nomor +628110000333.

Selain itu, paket RoaMAX Haji juga menawarkan berbagai jenis paket sesuai dengan kebutuhan, mulai dari paket khusus internet hingga paket yang mencakup layanan telepon dan SMS.

Pelanggan juga bisa melakukan panggilan telepon dan video melalui WhatsApp serta tetap terhubung dengan aplikasi-aplikasi penting seperti media sosial, banking, dan Satu Sehat.

Selain di Tanah Suci, Paket RoaMAX Haji bisa pelanggan gunakan di semua negara transit, mulai dari Qatar, Uni Emirat Arab, Palestina, Turki, Mesir, Yordania, Oman, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Untuk memberikan kemudahan lainnya dalam mengakses layanan komunikasi selama beribadah haji, Telkomsel juga menghadirkan eSIM RoaMAX yang bisa menjadi pilihan para pelanggan.

Dengan Paket RoaMAX (prabayar), pelanggan eSIM Telkomsel dapat tetap terkoneksi layanan roaming internasional dengan harga Rp150ribu, mendapatkan kuota data roaming 10 GB dan masa berlaku 7 hari, serta aktivasi layanan instan yang dapat digunakan di lebih dari 85 negara di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

Pelanggan juga dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#. Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com dan GraPARI.

Guna memastikan kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terpenuhi selama beribadah haji di Tanah Suci, Telkomsel telah mengoperasikan lima titik layanan pelanggan di Arab Saudi yakni di Kota Madinah, layanan ini tersedia di Hotel Tabah Tower dan Hotel Safwat Al Madinah.

Sementara itu, di Kota Makkah, pusat layanan tersebut dapat ditemukan di GraPARI Makkah di Abraj Al Bait Shopping Center Lantai P4, Hotel Al Kiswah Tower, dan Hotel Al Wehdah Al Mutamayiz.

Lima titik layanan pelanggan di Arab Saudi akan melayani beragam kebutuhan pelanggan, mulai dari mengganti kartu, setting roaming, pembelian pulsa, aktivasi paket roaming, penukaran Telkomsel Poin, blokir kartu, hingga melakukan transaksi pembayaran kartu Halo menggunakan metode pembayaran Qris.

Selain itu, Telkomsel juga akan menghadirkan Posko Layanan Haji di 14 titik embarkasi di Indonesia seiring dengan keberangkatan kloter pertama jemaah haji, yang dimulai pada 11 Mei 2024.

Lokasi Posko Layanan Haji di Indonesia meliputi wilayah Banda Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta (Pondok Gede), Bekasi, Kertajati, Solo, Surabaya, Lombok, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

Posko Layanan Haji di Indonesia tersebut akan melayani berbagai kebutuhan informasi, permintaan aktivasi, dan permintaan lain terkait produk serta layanan Telkomsel, sebelum jemaah haji berangkat ke Tanah Suci.

“Kami berharap dukungan ragam produk dan layanan menyeluruh dari Telkomsel dapat memberikan kemudahan akses komunikasi dan digital yang andal bagi para jemaah haji, sehingga dapat membantu meningkatkan fokus jemaah dalam menjalankan ibadah haji dan dapat kembali pulang ke Tanah Air dengan selamat sebagai Haji Mabrur,” tutup Danang. (Icha)

Huawei Watch Fit 3, Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihannya!

Telko.id – Huawei Watch Fit 3, segera hadir di Indonesia, rencananya, pada 21 Mei mendatang. Smartwatch Huawei ini merupakan edisi terbaru dari seri Watch Fit yang telah diluncurkan secara global pada tanggal 7 Mei lalu di Dubai.

Smartwatch Huawei ini mengusung desain yang fashionable, trendy, dan ramping yang telah menjadi prinsip utama desain seri Huawei WATCH FIT sejak awal peluncurannya. Jam tangan ini membawa peningkatan signifikan dengan bentuk persegi yang stylish, kualitas material, dan desain edgy interaktif, sebagai bagian dari konsep “Fashion Squared”.

Smartwatch ini dilengkapi berbagai teknologi mutakhir yang menjadi bukti keseriusan Huawei dalam menghadirkan perangkat yang bergaya namun tetap fungsional bagi masyarakat modern, termasuk kalangan Gen Z yang terus merevolusi tren gaya hidup saat ini untuk tetap Fit in Fashion dengan berbagai fitur kesehatan dan kebugaran canggih serta baterai tahan lama.

Selain menawarkan fitur-fitur kesehatan terbaru, Huawei Watch Fit 3 juga menawarkan pilihan warna menarik yang dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri saat menjalani aktivitas harian.

Baca juga : Huawei Band 9 Bakal Hadirkan Pengalaman Layaknya Smartwatch

“Berpegang teguh pada komitmen teknologi untuk semua kalangan, Huawei konsisten mengembangkan perangkat wearables yang mampu menjadi solusi atas semakin kompleksnya kebutuhan gaya hidup sehat di masyarakat. Tidak terkecuali pada kategori smartwatch, Huawei hadirkan inovasi berkelanjutan yang dapat diandalkan dalam berbagai aktivitas harian,” kata Huiler Fan, Country Head Huawei Device Indonesia.

Kini, komitmen tersebut berlanjut ke peluncuran Huawei Watch Fit 3 sebagai smartwatch berdesain persegi, yang berbalut desain edgy dan didukung fitur-fitur canggih untuk jadikan penggunanya senantiasa tampil stand out saat berolahraga dan beraktivitas sehari-hari. Lalu apa kelebihan dari Huawei Watch Fit 3 ini?

Layar luas dan bobot ringan

Huawei tidak main-main menjadikan Huawei Watch Fit 3 sebagai smartwatch berdesain kotak pertama yang pernah diproduksinya dalam sejarah.

Dengan permukaan jam yang cukup luas dan bobot ringan, perangkat ini telah dilengkapi layar AMOLED 1,82 inci dengan rasio screen-to-body hingga 77,4% yang mampu hadirkan pengalaman visual imersif di mana saja.

Di layarnya juga terdapat opsi kecerahan hingga 1.500 nit, sehingga mampu membuat pengguna leluasa melihat tampilan jam pintarnya dengan nyaman di berbagai kondisi pencahayaan.

Selain itu, HUAWEI WATCH FIT 3 juga memiliki desain yang ringkas dengan ketebalan yang hanya mencapai 9,99mm dan bobot 26 gram, sehingga perangkat wearable ini sangat cocok digunakan untuk pribadi yang dinamis.

Permudah pemantauan kebugaran tubuh

Salah satu keunggulan smartwatch Huawei ini juga adalah tersedianya beragam fitur canggih yang dapat membantu pengguna dalam memantau dan mempertahankan kebugaran tubuhnya.

Terdapat lebih dari 100 mode latihan dengan dukungan aplikasi All New Smart Suggestions, dan pelacakan tanda vital dengan fitur Huawei TruSeen 5.5, yang merupakan versi paling mutakhir.

Contohnya, pengguna dapat mengetahui tanda vital sambil tetap melakukan berbagai aktivitas olahraga serta conditioning saat Car Free Day, sesi gym workout, atau sedang berjalan-jalan di lingkungan sekitar.

Selain itu, pengguna juga dapat memantau aktivitas dan kualitas tidurnya melalui TruSleep™ 4.0, sehingga pola tidur dapat disesuaikan demi mendapatkan kebugaran yang optimal. 

Serunya lagi, pengguna juga bisa memperhatikan total kalori yang telah dikonsumsi lewat aplikasi terbarunya, “New Stay Fit”.

Berkat fitur terbaru ini, pengguna bisa memonitor secara tepat berapa jumlah gula, protein, hingga lemak yang telah masuk ke dalam tubuh. Jadi, bagi penganut ‘diet mulai besok’.

Sekali isi daya, 10 hari pemakaian

Berkat teknologi terdepan Huawei, perangkat ini memiliki daya baterai tahan lama dengan durasi pengisian mengisi daya yang lebih cepat, membuatnya cocok sebagai wearables untuk Gen Z yang menjalani pola hidup serba cepat. T

idak perlu khawatir baterai habis saat travelling, marathonatau bersepeda, karena dengan daya baterai smartwatch dalam kondisi 100%, pengguna bisa bebas charge ulang hingga seminggu ke depan. Ketika baterai full, HUAWEI WATCH FIT 3 bisa bertahan hingga maksimal 10 hari. 

Kerennya lagi, dengan pengisian daya yang sudah mendukung fast charging, cukup dengan 5 menit charge, pengguna sudah bisa menggunakan perangkat jam pintar terbaru Huawei tersebut seharian penuh.

Integrasi ke smartphone semakin mudah

Bagi penganut fast living, seperti Gen Z,fitur integrasi antara smartphone ke smartwatch yang tersedia di HUAWEI WATCH FIT 3 semakin memudahkan pengguna dalam beraktivitas. 

Smartwatch ini menawarkan fitur quick reply untuk menjawab panggilan dan pesan WhatsApp,  hingga fitur NFC yang dapat digunakan untuk pembayaran nirkontak.

Dengan begitu, pengguna sudah tidak perlu lagi mengeluarkan dompet ataupun smartphone ketika mau bertransaksi.

Ditambah dengan tampilan widget service 2.0, pengguna dapat mengakses aplikasi dan layanan yang dibutuhkan secara lebih ringkas dan efisien.

Kompatibel di sistem operasi manapun 

Perangkat ini dilengkapi sistem operasi yang dapat dikoneksikan dengan semua jenis Operating System. Berkat kompatibilitas perangkatnya tersebut, Huawei ingin memastikan hambatan teknis dalam integrasi dengan perangkat penggunanya menjadi seminimal mungkin.

Melihat kombinasi dari teknologi dan fitur-fitur HUAWEI WATCH FIT 3, jangan sampai kamu lewatkan pengalaman menggunakan smartwatch terbaru dari Huawei ini.

Huawei FreeClip & Huawei Watch GT 4

Tak hanya itu, Huawei Device Indonesia juga siap menghadirkan varian baru dari seri Huawei FreeClip varian Beige dan Huawei Watch GT 4 41 mm Green Fluoroelastomer Strap.

Selain akan meluncurkan Huawei Watch FIT 3 yang menjadi varian smartwatch terbarunya, Huawei FreeClip varian Beige juga akan hadir di tanggal yang sama yaitu 21 Mei mendatang. (Icha)

Nubia Neo 2 5G, HP Gaming Yang Mengesankan!

Telko.id – Nubia Neo 2 5G baru saja diluncurkan di Cina, smartphone ini untuk menjawab para gamer yang mendambakan performa yang maksimal. Terutama di sektor gaming, frame rate yang lancar dan stabil menjadi indikator utama.

Neo 2 5G ini menarik perhatian konsumen seluruh dunia, dengan penampilan sci-fi style yang unik dan desain kamera dual octagonal.

Dengan frame rate dan frame stabilization yang disempurnakan dari HP generasi pertama, Neo 2 5G menjadikan pengalaman gaming semakin mengesankan, menggabungkan artificial intelligence (AI) dan teknologi canggih lainnya untuk menghasilkan performa kendali gaming yang tiada duanya.

Performa Chip UNISOC T820 yang Tangguh

HP Nubia NEO 2 5G ini dilengkapi dengan 5G SoC chip T820 dengan system-level security buatan UNISOC untuk menjamin performa terbaik.

Baca juga : ZTE Hadirkan nubia Neo series, Apa Keunggulannya?

T820 memanfaatkan arsitektur advanced 1+3+4 triple-cluster octa-core CPU yang terdiri dari satu 2.7GHz Arm Cortex-A76 core, tiga 2.3GHz Arm Cortex-A76 core, dan empat 2.1GHz Arm Cortex-A55 core, yang memungkinkan kemampuan prosesor dan komputasi yang kuat.

T820 juga mendukung L3 cache hingga 3MB untuk semakin meningkatkan performa. Dalam hal GPU, Arm Mali-G57 MC4 sudah ditambahkan untuk meningkatkan graphics rendering, sehingga menjamin pengalaman gaming dengan high frame rate.

Neo 2 mendapatkan skor total 556,529 pada ANTUTU, 30% lebih tinggi daripada kompetitor utamanya, dan juga mendapatkan skor lebih tinggi di bidang-bidang lain seperti CPU, GPU, MEM dan UX.

Keunggulan Nubia NEO 2 5G adalah pencapaian skor yang 64% lebih tinggi dibandingkan kompetitornya dalam hal memory performance (MEM), sehingga memastikan akan tetap lancar apabila menjalankan aplikasi yang berat atau multitasking.

NEO 2 juga terdepan dalam hal random writes, sequential reads, dan sequential writes (sesuai pengukuran oleh Androbench), yang mengindikasikan efisiensi dalam hal penyimpanan dan transfer file.

Performa Game yang Kian Ditingkatkan

Seperti kita ketahui, high refresh rate akan menghasilkan graphics yang lebih sempurna dan meningkatkan pengalaman gaming pengguna.

Tidak seperti Honor of Kings dan MOBA game lainnya, PUBG merupakan game FPS real-time combat, yang membutuhkan performa tinggi, dimana seluruh pengalaman gaming akan sangat dipengaruhi oleh penggunaan HP dengan indikator performa lemah.

Neo 2 memiliki PUBG 60Hz high refresh rate mode, HDR HD quality ultra-high frame rate dan smooth quality extreme frame rate, sedangkan produk saingannya hanya mampu menawarkan HD quality high frame rate.

Hal ini menjadikan Neo 2 menampilkan gambar yang lebih realistis dan detail, sehingga gamer dapat merasa seakan-akan berada di dalam game tersebut.

Untuk beberapa game populer seperti FreeFire, Mobile Legends dan PUBG, frame rate Neo 2 secara rata-rata dan minimal umumnya lebih tinggi daripada pesaingnya. Misalnya, saat bermain Mobile Legends 90FPS, average frame rate untuk Neo 2 adalah 79.45 fps, ini lebih tinggi sekitar 10 fps dibanding produk saingannya.

Ini berarti bahwa Neo 2 bisa menghasilkan performa frame rate yang lebih lancar dan stabil dalam waktu gaming yang lebih panjang, memberikan pengalaman gaming bagi pengguna yang jauh lebih mengesankan.

Frame Rate yang Stabil

Patut dicatat, untuk Honor of Kings, salah satu mobile game yang populer, average frame rate untuk Neo 2 untuk game ini adalah di 60Hz, baik untuk mode Balanced maupun mode Awakening, yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya (keduanya mencapai average frame rate di 60 fps), dengan low frame rate lebih rendah dan frame rate minimum jauh lebih tinggi.

Terkait game In Wild Rift, real-time frame rate graph memperlihatkan bahwa frame rate jitter dan frame rate variance pada Neo 2 secara umum lebih rendah. Sehingga Neo 2 menawarkan performa lebih unggul dalam hal frame rate stability.

Untuk momen kritis seperti group battles, Neo 2 mampu mempertahankan stabilitas lebih baik, menghindari lag yang disebabkan fluktuasi frame rate dan memastikan gaming environment yang lebih mengesankan bagi pengguna.

Optimalisasi Multimedia

Selain keunggulan dalam hal stabilitas frame rate, Neo 2 5G juga menawarkan berbagai teknologi optimalisasi gaming. Diantaranya adalah teknologi SDR2HDR yang menyempurnakan dynamic range, edge detail dan color performance dalam image game, sehingga gamers akan merasakan sensasi dunia yang lebih realistis pada saat bermain.

Pada saat bersamaan, kehadiran teknologi SR Super Resolution juga memungkinkan resolusi yang lebih tinggi atau battery life yang lebih lama, sehingga para gamers bisa menyesuaikan kualitas gambar dan battery life berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing.

Dalam hal sound, Neo 2 menawarkan teknologi Audio AI Noise Reduction, yang mengurangi interfensi sound yang tidak diinginkan selama gameplay dan memungkinkan pengguna menikmati konten suara yang lebih jelas dan tajam.

Hal ini bukan hanya akan menyempurnakan pengalaman bermain, namun juga meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar gamers, dan memberikan three-dimensional sound yang lebih realistis.

Neo 2 5G juga memaksimalkan network optimization, yakni adanya teknologi optimalisasi selular yang canggih dan kebijakan penjadwalan Wi-Fi, sehingga mendukung kelancaran stream granularity scheduling dan menyempurnakan network rate untuk menjamin stabilitas selama gameplay.

Hal ini mengurangi resiko game lagging atau dropping dikarenakan masalah network, sehingga pengguna mendapatkan pengalaman gaming yang stabil.

Neo 2 5G saat ini merupakan pilihan utama bagi gamer, dikarenakan keunggulannya dalam hal performa hardware yang tangguh, performa frame rate yang mengesankan, dan teknologi game optimization yang canggih.

Produk ini tentunya patut dipertimbangkan apabila gamer ingin mencari pengalaman gaming dengan membutuhkan syarat-syarat teknis yang canggih, kelancaran dan kestabilan. (Icha)

Samsung Beberkan Pentingnya Data Dibalik Kesuksesan Galaxy AI

Telko.id – Samsung mempelopori dalam pengembangan pengalaman premium dengan mobile AI, kami mengunjungi pusat penelitian Samsung di seluruh dunia untuk mempelajari bagaimana Galaxy AI memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Galaxy AI saat ini mendukung 16 bahasa, sehingga lebih banyak orang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa yang dimiliki secara langsung, berkat fitur on-device translation seperti Live Translate, Interpreter, Note Assist, dan Browsing Assist.

Namun, apa saja yang dilibatkan dalam pengembangan bahasa dalam AI? Seri ini akan mengeksplorasi tantangan dalam pengembangan mobile AI dan bagaimana kami mengatasinya. Pertama, kami menuju ke Indonesia untuk mempelajari bagaimana seseorang mengajarkan AI untuk berbicara dalam bahasa baru.

Langkah pertama ialah menetapkan target, menurut tim Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN). AI yang hebat dimulai dari dua hal: data yang berkualitas dan relevan. Setiap bahasa menuntut cara yang berbeda untuk memproses data.

Baca juga : Praktisnya Galaxy AI Bahasa Indonesia Buat Remote Working

“Jadi, kami menggali lebih dalam untuk memahami kebutuhan linguistik dan keunikan dari Bahasa Indonesia” ujar Junaidillah Fadlil, Head of AI di SRIN, yang baru-baru ini timnya telah menambahkan dukungan Bahasa Indonesia di Galaxy AI.

“Pengembangan bahasa lokal harus didasarkan pada pemahaman dan ilmu pengetahuan, sehingga penambahan bahasa ke Samsung Galaxy AI dimulai dengan merencanakan informasi yang dibutuhkan oleh tim kami secara legal dan etis,” ujar Junaidillah menambahkan.

Fitur-fitur Samsung Galaxy AI seperti Live Translate menjalankan tiga proses inti: pengenalan ucapan otomatis (automatic speech recognition/ASR), mesin terjemahan (neural machine translation/NMT), dan teks-ke-suara (text-to-speech/TTS). Masing-masing proses tersebut memerlukan kumpulan informasi yang unik.

Automatic Speech Recognition, misalnya, membutuhkan rekaman suara yang mencakup beragam situasi di berbagai kondisi, setiap rekaman dilengkapi transkripsi teks yang akurat. Tingkat kebisingan rekaman suara yang bervariasi membantu mengakomodasi kondisi lingkungan yang  berbeda.

“Tidak cukup hanya menambahkan suara lalu lintas jalan raya ke rekaman.,” ujar Muchlisin Adi Saputra, pemimpin tim ASR.

Selain data  yang diperoleh secara legal dari  pihak ketiga, Ia juga harus pergi ke kafe atau lingkungan kerja untuk merekam suara nya sendiri.

“Hal ini memungkinkan kami untuk bisa menangkap suara-suara autentik yang unik dari kehidupan sehari-hari, seperti orang yang sedang memanggil atau ketikan keyboard,” sahut Muchlisin menambahkan.

Sifat bahasa yang dinamis dan selalu berubah juga harus dipertimbangkan. Saputra menambahkan, “Kita perlu terus memperbarui bahasa slang terbaru dan cara penggunaannya. Kami banyak temukan dari media sosial!”

Dalam pengembangannya, Neural Machine Training juga membutuhkan data untuk melatih terjemahan. “Menerjemahkan Bahasa Indonesia  penuh dengan tantangan. Penggunaan makna kontekstual dan implisit yang luas bergantung pada petunjuk sosial dan situasional. Data yang digunakan harus berisi banyak teks terjemahan sebagai  referensi bagi AI untuk memahami kata-kata baru, kata-kata asing, kata benda, dan angka.

“Semua informasi dibutuhkan untuk membantu AI memahami konteks dan aturan komunikasi.” ujar Muhammad Faisal, pemimpin Tim NMT.

Sementara itu, Text To Speech (TTS) memerlukan rekaman yang melibatkan berbagai macam suara dan nada, dengan konteks  tambahan tentang bagaimana setiap kata terdengar dalam situasi yang berbeda.

Harits Abdurrohman, pemimpin pengembangan fitur TTS, menambahkan, “Rekaman suara yang baik mempercepat pekerjaan yang dilakukan karena mencakup satuan bunyi terkecil yang diperlukan AI untuk membedakan makna. Setelah mendapat rekaman suara yang baik pada fase awal, kami dapat fokus pada tahap selanjutnya yaitu penyempurnaan model AI agar dapat mengucapkan setiap kata dengan jelas. ”

Lebih Kuat Bersama

Diperlukan sumber daya yang besar untuk bisa merencanakan pengembangan banyak data, SRIN pun bekerja sama dengan para ahli linguistik di Indonesia.

“Tantangan ini membutuhkan kombinasi kreativitas, ketangkasan, dan keahlian dalam Bahasa Indonesia dan machine learning. Filosofi Samsung yang terus membuka ruang kolaborasi memainkan peran penting dalam menyelesaikan pekerjaan ini, bersama dengan skala pekerjaan dan sejarah pengembangan AI yang kami miliki,” tambah Junaidillah Fadlil.

Berkolaborasi dengan sejumlah pusat penelitian Samsung di seluruh dunia membuat tim SRIN mampu dengan cepat mengadopsi praktik terbaik dan mengatasi tantangan kompleks dalam menetapkan target data.

Selain itu, kerja sama ini tidak hanya memajukan teknologi tetapi juga budaya. Misalnya, ketika tim SRIN bergabung dengan rekan-rekan di Bangalore, India, mereka mengamati tradisi lokal dan menjalin ikatan layaknya keluarga, membangun koneksi yang lebih dalam dan mengembangkan pemahaman mereka tentang kebudayaan yang berbeda-beda.

Bagi tim, proyek penambahan Bahasa Indonesia pada Galaxy AI memiliki makna yang baru. “Kami sangat bangga dengan pencapaian kami di sini karena hal ini adalah proyek AI pertama kami. Tentunya, ini bukan yang terakhir karena kami akan terus menyempurnakan dan meningkatkan kualitas model AI kami.  Perluasan ini tidak hanya mencerminkan nilai-nilai kami, tetapi juga menghormati serta mengintegrasikan identitas budaya Indonesia melalui bahasa,” kata Fadlil. (Icha)

Apa Karaktermu! Yuk Sesuaikan Hapenya

Telko.id – Pssstt, tahu nggak, sih, kalau karaktermu sebenarnya punya kesesuaian dengan tipe-tipe hape Poco? Itu nggak lain karena Poco berkomitmen buat selalu memahami pribadi dan kebutuhan anak muda. Coba cek karakter mu, tipe hape Poco yang mana yang sesuai.

Si FOMO

Young at heart dan serba nggak mau ketinggalan soal hal-hal yang lagi hype maupun viral. Mobile gaming lagi booming, ikutan; teman-teman tampil kece mengenakan brand local pride, nggak mau kalah.

Meski istilah FOMO (fear of missing out) terlahir dengan konotasi negatif, berkat suka ikut mencoba ini itu bisa bikin si FOMO lebih peka tren dan up-to-date, asalkan nggak sampai berdampak negatif bagi diri, ya.

Tipe hape Poco: Poco C65 #SiPalingGesit. Hape entry level ini dirilis buat menjawab kebutuhan anak muda yang gesit untuk semakin multitasking dalam kesehariannya, serta gemar main game kasual dan concern kepada desain yang keren biar tampil kece di tongkrongan. Ditambah, harganya sesuai banget dengan kantong anak muda.

Baca juga : Poco M6 Pro, Berikan update OS Android selama 3 tahun

Si kaum mendang-mending

Baginya segala perkara mesti dipertimbangkan matang-matang agar keputusan yang diambil efektif dan efisien. Makanya nggak heran kalau ia gemar menjelajah ke mana saja, termasuk social media, guna menemukan yang paling maksimal buat dirinya.

Mungkin nampak ribet bagi sebagian orang, tapi kalau sudah mengenalnya lebih dalam, sebenarnya ia punya sisi fun yang cukup dominan sehingga terasa menyenangkan berada di dekatnya.

Tipe hape Poco: Poco M6 Pro, yang memungkinkan anak muda bisa terhanyut dalam pengalaman hiburan imersif premium, dengan harga ekstrem, dan menjelajahi media sosial di mana saja. Itu semua berkat kekuatan dan kinerja yang jarang dijumpai di kelasnya.

Pengguna akan menikmati scrolling yang halus, animasi yang lancar, dan pengalaman menyenangkan selama bermain game serta menonton video yang bergerak cepat.

Si paling pasti

Rasional banget, pribadi yang satu ini paling nggak suka sama yang nggak jelas atau hal yang mengawang-awang. Soalnya yang kayak gitu baginya cuma buang-buang waktu dan tenaga, big no.

Prinsip itu ia terapkan supaya kehidupan sehari-harinya efisien dan pecinta teknologi banget. Bagusnya, ia nggak cuma mengharapkan kepastian tersebut dari orang lain, tapi menghadirkannya pula bagi orang lain.

Tipe hape Poco: Poco X6 5G. Hape ini mendefinisikan ulang status mid-range dengan performa level baru yang cepat, kuat, serta diiringi oleh efisiensi daya yang tinggi.

Alhasil, Poco X6 5G sanggup melebihi ekspektasi pengguna di kelasnya. Kinerjanya dibutuhkan anak muda buat memaksimalkan keseharian, termasuk untuk menghadirkan pengalaman  yang luar biasa dalam bermain game.

Si paling ekstrem

Karakter yang kuat dan tanpa kompromi kerap kali membuatnya berhasil melampaui ekspektasi, baik itu ekspektasi diri sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Keberhasilannya tersebut bukan kebetulan atau keberuntungan belaka, lho, melainkan berkat dirinya yang selalu bereaksi cepat membekali diri dengan skil terkini (update kemampuan), membuat mereka jadi orang yang selalu fokus pada performa.

Tipe hape Poco: Poco X6 Pro. Dirancang buat ngasih performa yang menghadirkan pengalaman level flagship tanpa kompromi. Hape ini adalah ‘spesies’ baru, memberikan performa yang paling ekstrem dibandingkan seri X sebelumnya, dengan waktu loading lebih cepat, smooth-as-silk operation, dan reaksi instan yang mengimbangi kecepatan permainan para hardcore gamer. Tipe hape POCO ini cocok kan sama kamu yang punya karakter ekstrem!

Nah, pribadimu paling dekat dengan karakter yang mana? Bakalan lebih klop dan kompak banget, deh, kalau keseharianmu ditemani oleh tipe hape Poco yang sesuai.

Andi Renreng, Associate Director Marketing Poco Indonesia, mengungkapkan, “Poco menghadirkan berbagai tipe hape dengan menyesuaikan pribadi dan memenuhi kebutuhan anak muda. Jadi, di balik performa serta harganya yang extreme, hape-hape Poco bisa jadi partner atau sohib buat kompakan bareng menjalani keseharian.” (Icha)

Oppo A60, Bernilai TKDN 36% Bersertifikasi Standar Militer

Telko.id – Oppo Indonesia mengkonfirmasi bahwa Oppo A60 sudah siap hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini diperkuat dengan kemunculan perangkat tersebut di situs Sistem Informasi Perizinan Sertifikasi Postel (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan perolehan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tercatat melalui situs P3DN milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Berdasarkan informasi yang tertera di situs SDPPI, perangkat ini terdaftar dengan nomor 98088/SDPPI/2024. Perangkat ini didaftarkan oleh PT. Bright Mobile Telecommunication pada tanggal 20 Maret 2024.

Hal ini mengindikasikan bahwa Oppo telah mendapatkan izin untuk memasarkan secara resmi perangkat A60 di Indonesia.

Baca juga : Canalys: Oppo Perkuat Posisinya, Kuasai 21% Pasar Smartphone Q1 2024

Memenuhi TKDN

Selain itu, smartphone ini juga telah mendapatkan sertifikat TKDN dengan nilai 36.65 % yang tercatat melalui situs P3DN Kemenperin. Hal ini berarti bahwa perangkat ini telah memenuhi persyaratan minimum kandungan komponen lokal yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Spesifikasi Masih Belum Clear!

Meskipun informasi mengenai pendaftaran SDPPI dan TKDN telah muncul, spesifikasi lengkap dari OPPO A60 masih belum terungkap. Namun, beberapa rumor menyebutkan bahwa A60 ini diprediksi menjadi yang terkuat di lini seri A.

Keistimewaan utama Oppo A60 terletak pada sertifikasi standar militernya, yang menandakan ketahanan dan ketangguhannya dalam berbagai kondisi ekstrem.

Selain itu, perangkat ini juga dikabarkan akan dilengkapi dengan perlindungan terhadap percikan air dan debu, sehingga pengguna tidak perlu khawatir menggunakannya di berbagai cuaca dan lingkungan.

Dengan munculnya informasi resmi melalui situs SDPPI dan TKDN, diperkirakan perangkat ini akan segera diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat, Oppo memberikan perkiraan pada pekan depan.

Menariknya lagi, smartphone ini diprediksi akan membawa beberapa fitur baru yang belum pernah ada di seri A sebelumnya. Hal ini semakin meningkatkan daya tariknya bagi para pengguna yang menginginkan smartphone tangguh dengan fitur canggih.

Bakal hadir pekan depan!

Para pecinta smartphone Oppo di tanah air patut menantikan pengumuman resmi dari Oppo mengenai detail spesifikasi, fitur baru, dan harga perangkat Oppo A60.

Untuk pengguna yang sedang mencari smartphone baru dengan performa tangguh dan fitur lengkap, Oppo A60 bisa menjadi pilihan yang tepat. Nantikan informasi lebih lanjut mengenai perangkat ini dan bersiaplah untuk upgrade smartphone Anda! (Icha)

Tutup Kampanye “Better life for all”, LG Distribusikan 3,000 Paket Makanan

Telko.id – LG Electronics Indonesia (LG) kembali melakukan aksi sosial. Berupa distribusi 3,000 paket makanan menjangkau anak dan keluarga tak mampu, kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian sekaligus penutup kampanye besar LG di tahun ini “Better life for all”.

“Kegiatan sosial ini kami lakukan sesuai dengan semangat kampanye besar yang juga merepresentasikan janji merek kami. Life’s Good, yang berupa memberikan kehidupan lebih baik melalui kehadiran kami,” ujar Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia.

Menjadi tajuk kampanye besar LG tahun ini, “Better life for all” didesain sebagai wujud nyata inisiatif sosial perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan.

Menyasar khususnya pada generasi muda, kampanye ini sekaligus berupaya membangun kesadaran terkait tingginya food waste dan food insecurity di Indonesia dan juga dunia.

Baca juga : LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Sebagai salah satu rangkaian kampanye ini, bulan lalu, LG mengadakan festival sepanjang dua hari bertajuk “Better Life Festival”.

Dengan dukungan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Universitas Prasetiya Mulya serta FoodCycle Indonesia, program ini mengupayakan keberlanjutan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk pemborosan makanan. Disamping pula menyerukan pengelolaan sisa pangan lebih bijaksana.

Lebih lanjut terkait distribusi makanan yang dilakukan LG, terdiri dari 1,500 paket bagian sembilan bahan pokok (sembako) bagi keluarga yang membutuhkan serta 1,500 makanan sehat bagi anak.

Makanan sehat ini merupakan hasil kreasi Better Life Recipe karya Chef Devina Hermawan yang turut ambil bagian dalam Better Life Festival sebelumnya.

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini LG juga mendistribusikan beberapa makanan kaleng, minyak, biskuit serta beberapa makanan segar yang dikumpulkan sebagai donasi dari pengunjung Better Life Festival.

“Hal inilah yang bagi kami menjadi nilai lebih aksi sosial ini. Menciptakan kesadaran dengan turut mengajak masyarakat untuk terlibat dalam aksi donasi makanan sehat ini,” ujar Lee Taejin lagi.

Seluruh bantuan disalurkan pada tujuh titik di Daerah Khusus Jakarta, Kota Bekasi, dan Kota Tangerang Selatan. Ketujuh titik tersebut adalah Balarenik Bintara Foundation, Al Islah Menteng Foundation, Wonderfood Indonesia Pondok Domba Kalijodo, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Garuda Lions, dan Baitul Amanah Al Qasimiyah

Terlibat dalam acara distribusi makanan ini yaitu mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Prasetiya Mulya. Keseluruhannya bertugas menyiapkan paket makanan, sekaligus menjadi relawan pendistribusian yang turut memastikan pencapaian nol sampah pangan.

Herman Andryanto selaku Co-Founder FoodCycle Indonesia menambahkan, “Berkolaborasi dengan LG sejak awal serta penyelenggaraan kampanye ‘Better life for all’, FoodCycle Indonesia sangat mendukung distribusi paket bantuan makanan berkualitas ini.”

Dikatakannya pula, “selain membantu memutus siklus kelaparan di kalangan masyarakat kurang mampu, kolaborasi ini juga berperan penting dalam memperkuat pembangunan sistem pangan berkelanjutan di tengah masyarakat Indonesia.”

Menyertai kegiatan utamanya berupa distribusi makanan, LG juga mengadakan aktifivitas menarik bagi anak-anak yang menerima makanan sehat yaitu kegiatan mewarnai tas daur ulang untuk dibawa pulang.

Selain menjadi sebuah hal menarik, kegiatan ini juga diharapkan menjadi pengenalan perdana anak pada gaya hidup berkelanjutan melalui penggunaan bahan daur ulang.

Kegiatan distribusi makanan sebenarnya pun bukan kali pertama digelar LG. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya, LG mengadakan aksi peduli serupa di tengah momen Lebaran dibawah salahsatu pilar kepedulian sosial perusahaan yaitu LG Loves and Cares.

Pilar ini merupakan bagian perwujudan corporate social responsibility perusahaan yaitu LG Loves Indonesia. Selain LG Loves and Cares, terdapat tiga pilar lainnya.

Ketiganya yaitu LG Loves Green yang lebih berfokus pada dukungan bagi penciptaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, LG Loves School yang memusatkan aktivitasnya untuk mendukung pendidikan serta LG Loves Children yang dirancang untuk menitikberatkan perhatian pada perkembangan anak-anak Indonesia.

“Keseluruhannya menjadi wujud nyata kontribusi LG sebagai bagian dari komunitas besar Indonesia. Tak hanya bisnis, namun pula mengembangkan kehidupan masyarakat,” pungkas Lee Taejin. (Icha)