spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 138

Pakai AI, Indomilk Steril “Click to get Riil!” Bisa Video Call Dengan Ariel Noah

Telko.id – PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“Indofood CBP”) melalui merek Indomilk Steril menghadirkan teknologi AI pertama di Indonesia yang akan membuat siapapun bisa mendapatkan video call dari Ariel. Dalam panggilan video tersebut, Ariel akan menyebutkan nama yang sedang dihubungi dan memberikan semangat kepadanya.

Inisiasi ini merupakan bagian dari kampanye “Click to get Riil!”, yang membuat Indomilk Steril relevan dengan gaya hidup anak muda yang memiliki sejumlah aktivitas ‘gokil’ dalam kesehariannya agar selalu fit sepanjang hari.

Melalui kemasan berteknologi canggih ini, semua orang tidak hanya bisa mendapatkan nutrisi yang faedahnya benar-benar riil, tetapi juga bisa mendapatkan panggilan video bersama Ariel untuk mendorong semangat agar siap menemani aktivitas ‘gokil’.

“Indomilk Steril menghadirkan kampanye AI pertama di Indonesia, yang diaplikasikan dalam edisi khusus kemasan produk interaktif ‘Click to get Riil!’. Pada kesempatan ini kami mengajak Ariel, Brand Ambassador Indomilk Steril, sebagai sosok yang aktif dan seru dalam kesehariannya,” kata Axton Salim, Direktur Indofood CBP.

Baca juga : Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Axton berhatap melalui interaksi ini, Ariel dapat menginspirasi para anak muda yang juga memiliki segudang aktivitas seru untuk tetap fit dan bersemangat sepanjang hari.

Dukungan ini merupakan bentuk apresiasi Indomilk kepada generasi muda yang memiliki berbagai macam passion sesuai karakternya.

Indomilk Steril dengan kemasan kaleng yang aman, memungkinkan siapapun dapat mengonsumsinya kapanpun dan di manapun.

Dalam kampanye ini ada 12 kemasan interaktif “Click to get Riil!” yang memberikan 12 pengalaman ‘gokil’ sesuai karakter generasi muda Indonesia.

Keduabelas momen tersebut ditampilkan dalam bentuk video yang menggambarkan suasana tertentu dalam kehidupan sehari-hari seperti sedang berolahraga, bermain game, musik, belajar, hang out, lembur, sakit, hujan, panas, macet, dan masih banyak lagi.

“Indomilk Steril menyadari bahwa anak muda dengan rentang usia 25-35 tahun identik sebagai generasi yang sangat produktif dalam melakukan kegiatan mereka sehari-hari. Dengan rutin mengonsumsi susu steril di pagi hari sebelum beraktivitas bermanfaat karena nutrisi yang terkandung dalam susu steril dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” kata Vanda Ratana, General Manager Marketing Indomilk Susu Cair dan Susu Bubuk Dairy Division Indofood CBP.

Vanda berharap, dengan membawa pesan ‘Faedahnya Riil’ ini, bisa menginspirasi active generation untuk tetap semangat menjalani aktivitas ‘gokil’!” kata Ariel, Brand Ambassador Indomilk Steril.

Sekarang siapapun bisa melakukan panggilan video bersama Ariel dengan membeli Indomilk Steril kemudian pindai kode QR pada kemasan dengan gadget pribadi, selanjutnya akan diarahkan untuk mengunjungi website program ini.

Program “Click to get Riil!” berlaku hingga 31 Agustus 2024 dan telah tersedia di toko-toko seperti minimarket, supermarket, e-commerce, dan retail seluruh Indonesia dengan harga terjangkau. (Icha)

Hyundai Gelar Pesta Trade-In, Tukar Tambah Mobil Jadi Makin Mudah

Telko.id – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi mengumumkan penyelenggaraan Pesta Trade-in Hyundai di seluruh jaringan dealer Hyundai secara nasional.

Keberlanjutan Pesta Trade-in Hyundai, yang sebelumnya telah hadir pada Ramadan lalu untuk mendukung kelancaran perjalanan mudik masyarakat, menjadi bentuk inisiatif Hyundai dalam menjawab respons positif konsumen terhadap program tersebut. Program kalai ini hadir di dealer resmi Hyundai di seluruh Indonesia mulai 18-19 Mei 2024. 


Melalui program ini, Hyundai menawarkan solusi One Stop Service yang meliputi layanan test drive, car inspection, hingga pilihan program financing. Jadi, baik pelanggan Hyundai maupun pemilik mobil merek lain bisa lebih mudah tukar tambah kendaraan lamanya dengan mobil baru Hyundai langsung di satu tempat. 


Berkat One Stop Service, konsumen bisa mendapatkan mobil idamannya dengan proses yang cepat tanpa perlu menunggu mobil lama terjual, ketersediaan mobil yang diinginkan, hingga harga yang sesuai.

Baca juga : Hyundai Siap Kembangkan dan Majukan Era Elektrifikasi Tanah Air

Dengan begitu, siapa saja bisa tukar tambah mobil dengan lebih aman, nyaman, dan praktis tanpa perlu survei ke banyak tempat. Adapun Pesta Trade-in Hyundai hadir di seluruh jaringan dealer Hyundai.

Tak ketinggalan, Hyundai juga mempersiapkan berbagai promo dan penawaran terbaik bagi pengunjung, seperti Trade-in benefit senilai 5 juta rupiah, Bunga Paling Ringan 2,4% selama 3 tahun, DP Ringan mulai dari 10% dan Cicilan Ringan mulai dari Rp80 Ribuan/hari selama 3 tahun.

Selain itu, HMID juga menghadirkan EV Free Insurance, yang merupakan program asuransi gratis All Risk hingga 3 tahun khusus untuk EV Hyundai. Untuk IONIQ 5 Free All Risk Insurance selama 2 tahun dan IONIQ 6 Free All Risk Insurance selama 3 tahun.

Menariknya lagi, pengunjung Pesta Trade-in Hyundai turut berkesempatan untuk memenangkan hadiah fantastis berupa Hyundai IONIQ 6. (Icha)

XL Axiata Luncurkan Kartu Perdana Khusus Haji Rp 345 Ribu Kuota 20GB

Telko.id – Musim haji sudah di depan mata. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyediakan paket khusus untuk jamaah haji Indonesia selama berada di Tanah Suci. Paket khusus ini, termasuk kartu perdana, bisa pelanggan dapatkan dengan harga sangat kompetitif.

Pelanggan dapat melakukan komunikasi dengan lancar di Tanah Suci dengan berbagai pilihan kuota dasar dan masa berlaku yang panjang.

Para jamaah haji Indonesia bisa mendapatkan penawaran khusus kartu perdana ”XL Haji” ini di embarkasi haji mulai 10 Mei 2024, dan untuk pelanggan  XL Prabayar, AXIS, dan XL PRIORITAS, bisa mendapatkan paket internet khusus haji melalui aplikasi myXL, dan AXISNET.

 Menurut data Kementerian Agama Republik Indonesia, tahun ini ada sebanyak 241.000 jamaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci. Dengan masa ibadah yang cukup panjang, tentunya komunikasi dengan keluarga di rumah menjadi salah satu bagian terpenting untuk membantu para jamaah selalu bisa terhubung dengan keluarganya di rumah, baik melalui telepon, berkirim foto, maupun video call.

Baca juga : Musim Haji 2024, Telkomsel Pastikan Penuhi Kebutuhan Komunikasi

”Karena itu kami berkomitmen menyediakan paket komplit yang akan menjamin kenyamanan para jamaah dan keluarganya, dari mulai harga yang kompetitif, kuota besar, masa berlaku panjang, hingga jaminan kualitas jaringan yang didukung semua operator di Arab Saudi,” kata Alfons Eric Bosch Sansa, Chief Marketing Officer XL Axiata.

Alfons menambahkan, dari tahun ke tahun XL Axiata secara khusus selalu mempersiapkan layanan komunikasi untuk melayani jamaah haji dengan mempelajari pola kebiasaan para jamaah haji selama berada di Tanah Suci dan kota persinggahan lain di Arab Saudi.

Termasuk juga kebutuhan kuota mereka selama di sana. Jadi, selain tarif yang terjangkau ringan. Dengan begitu ketika berada di Tanah Suci, jamaah bisa menentukan sendiri paket sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk menjamin kualitas layanan bagi para jamaah selama di Arab Saudi, XL Axiata menjalin kerjasama dengan semua operator telekomunikasi yang ada di sana yang memiliki kualitas jaringan yang baik.

Pelanggan bisa memilih operator-operator tersebut untuk mendapatkan layanan roaming. Pelanggan juga tidak perlu mengganti kartunya dengan kartu lokal Arab Saudi.

Kelebihan lain dari Paket Haji dari XL Axiata ini adalah bonus kuota yang didapatkan bisa digunakan juga di Indonesia selama mereka berada di embarkasi haji, maupun ketika mereka sudah pulang kembali ke Indonesia.

Bagi jamaah haji Indonesia yang belum memiliki nomor XL Axiata, mereka dapat membeli kartu perdana XL Haji di embarkasi haji.

Guna mempermudah para jamaah haji Indonesia mendapatkan layanan Paket Haji ini, outlet XL Axiata hadir di 12 embarkasi dan asrama haji mulai tanggal 10 Mei 2024 yaitu di :

  • Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede Jakarta
  • Embarkasi Asrama Haji Bekasi
  • Embarkasi Asrama Haji Donohudan Boyolali – Solo
  • Embarkasi Asrama Haji Kertajati
  • Embarkasi Asrama Haji Medan
  • Embarkasi Asrama Haji Banda Aceh
  • Embarkasi Asrama Haji Padang
  • Embarkasi Asrama Haji Batam
  • Embarkasi Asrama Haji Palembang
  • Embarkasi Asrama Haji Bangka
  • Embarkasi Asrama Haji Jambi
  • Embarkasi Asrama Haji Lampung
  • Embarkasi Asrama Haji Bengkulu
  • Embarkasi Asrama Haji Banjarmasin
  • Embarkasi Asrama Haji Balikpapan

XL Axiata juga menyediakan saluran khusus bagi jamaah dan pelanggan XL Axiata jika membutuhkan komunikasi dengan layanan pelanggan saat sudah berada di Tanah Suci.

Saluran ini selain mudah dihubungi juga ringan secara biaya. Pelanggan bisa menghubungi call center di nomor 817 / +622157959817 (berlaku tarif Rp 5.000/menit), email ke customerservice@xl.co.id, atau via media sosial Twitter @myXLCare untuk pengguna XL Prabayar.

Detail Paket Haji

Berikut ini detail Paket Haji yang dihadirkan untuk pelanggan XL Prabayar:

  • Kartu Perdana 20GB (10GB kuota Arab Saudi + 10GB kuota Indonesia) harga Rp 345.000/45 hari.
  • Paket Internet 6GB (5GB Kuota Arab Saudi + 1GB Kuota di Indonesia) harga Rp 185.000/45 hari.
  • Paket internet haji ini bisa dibeli pelanggan melalui Aplikasi myXL dan UMB *808*747#

Berikut ini detail Paket Haji yang dihadirkan untuk pelanggan AXIS :

  • Kartu perdana AXIS Mabrur 10GB kuota Indonesia + 10GB kuota Arab Saudi harga Rp 345.000/ 45 hari.   
  • Paket internet AXIS Mabrur 1GB + 5 GB harga Rp 185.000/ 45 hari
  • Paket internet haji ini bisa dibeli pelanggan melalui Aplikas AXISNET dan UMB *808*747#

Berikut ini detail Paket Haji yang dihadirkan untuk pelanggan XL PRIORITAS:

  • Paket Internet untuk pelanggan XL PRIORITAS mulai dari Rp 525.000 untuk paket umrah dan haji (15GB+5GB) masa berlaku 45 hari.
  • Selain itu juga ada paket nelpon umrah dan haji untuk 50 menit masa berlaku 60 hari hanya Rp 97.000.
  • Pelanggan bisa mendapatkan paket Umrah dan Haji XL PRIORITAS dengan harga terbaik di aplikasi myXL

(Icha)

Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side Solusi di Musim Panas

Telko.id – Musim panas seperti sekarang ini, sudah pasti membuat ingin makan atau minum yang dingin, Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side ini pun pas jadi solusi.

Dalam cuaca yang panas dan lembab, kulkas side by side menawarkan kapasitas penyimpanan yang luas serta teknologi pendinginan yang efisien, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk rumah-rumah di wilayah tropis seperti di Indonesia.

“Salah satu keunggulan utama dari kulkas side by side Polytron PRS 510X adalah desainnya yang membagi kulkas, chiller dan freezer menjadi dua bagian, atas dan bawah,” kata Albert Fleming, General Manager of Home Appliances Polytron.

Apalagi, Kulkas side by side PRS 510X ini memiliki lebar rak mencapai 80 cm dengan fitur partitionless sehingga sangat mudah untuk mengakses makanan dan minuman menjadi lebih luas dan lebar, tanpa khawatir tidak mencukupi.

Baca juga : Polytron AC Smart Neuva Pro, Solusi Kenyamanan

Bagian freezer dengan ukuran yang juga besar sehingga memaksimalkan penyimpanan makanan beku seperti daging, ikan, ayam hingga frozen food.

Tidak hanya itu, kulkas side by side PRS 510X juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sistem pengatur suhu digital atau fitur Electronic Temperature Touch Control  yang berada di bagian eksterior.

Terbuat dari tempered glass dengan tampilan digital berupa LCD yang modern membuat suhu menjadi mudah di kontrol tanpa harus sering-sering membuka pintu kulkas yang dapat membuat pendinginan tidak optimal.

Selain fitur-fitur pendinginan yang canggih, kulkas side by side juga dilengkapi dengan fitur Deodorizer. Fitur ini dimiliki PRS 510X yang memiliki peran penting dalam menjaga kesegaran dan kualitas makanan di dalam kulkas, sehingga bagian dalam kulkas selalu nampak bersih dan tidak berbau.

Fitur deodorizer pada kulkas PRS 510X bekerja dengan cara menghilangkan bau tidak sedap yang mungkin timbul dari makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya.

Secara teknis, deodorizer akan menyerap partikel-partikel yang menyebabkan aroma tidak sedap, sehingga udara di dalam kulkas tetap segar.

“Walau fitur yang melengkapinya terbilang canggih, namun di dalamnya juga disematkan teknologi hemat energi yang cerdas,” ujar Albert.

Menurut Albert, Kulkas PRS 510X dapat mengoptimalkan penggunaan daya sesuai dengan kebutuhan, tanpa mengorbankan kualitas pendinginan.

“Misal fitur otomatis dalam menyesuaikan konsumsi energi berdasarkan tingkat penggunaan  sehingga dapat mengurangi pemborosan daya hingga 30%.” Kata Albert menambahkan.

Di Indonesia, di mana biaya listrik bisa menjadi faktor pengeluaran signifikan bagi rumah tangga, dengan fitur hemat energi hingga 30% tersebut maka dapat menjadi nilai tambah dan investasi bernilai yang manfaat penghematannya dapat dirasakan dalam jangka panjang #QualityThatMatters.

Dengan demikian kulkas side by side menjadi solusi yang praktis dan efisien untuk mengatasi tantangan penyimpanan makanan dan minuman di musim panas di Indonesia.

Dengan fitur-fitur canggih yang ada didalamnya, kulkas ini tidak hanya menjaga makanan tetap segar lebih lama tetapi juga membantu menghemat energi khususnya untuk rumah-rumah di iklim tropis seperti di Indonesia.

Kulkas side by side PRS 510X dengan masa garansi kompresor 10 tahun adalah solusi penyimpanan hemat namun design dan penampilan berkelas. (Icha)

PDKT Smartfren dan XL Axiata Semakin Serius, Akankah Berakhir Merger?

0

Telko.id – Rumor bahwa Smartfren dan XL Axiata akan merger sudah melanglang buana di dunia telekomunikasi sejak beberapa tahun belakangan.

Akhirnya, 15 Mei 2024, terjadi kesepakatan tidak terikat dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding) untuk menjajaki rencana penggabungan usaha (merger).

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Axiata Group Berhad (Axiata atau the Group) dan PT Wahana Inti Nusantara (WIN), PT Global Nusa Data (GND), dan PT Bali Media Telekomunikasi (BMT), secara kolektif disebut sebagai Sinar Mas (Axiata dan Sinar Mas).

“Hari ini mengumumkan telah memasuki babak baru dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) tidak mengikat untuk menjajaki rencana merger antara XL Axiata dan Smartfren (Rencana Transaksi) dalam rangka menciptakan entitas baru (MergeCo),” tulis manajemen XL Axiata, Rabu (15/5/2024).

Baca juga : Merger XL Axiata dan Smartfren, Diskusi Masih Alot!

Rencana transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo.

MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasional XL Axiata dan Smartfren.

“Indonesia merupakan pasar yang penting sekaligus kunci bagi inisiatif strategis perusahaan. XL Axiata merupakan aset terbesar Axiata Group, dan dari sisi portofolio, Indonesia merupakan penghasil nilai tertinggi, di mana perusahaan menjalankan lima bisnis utama, yaitu XL Axiata, Link Net, EDOTCO, Boost, dan ADA,” demikian keterangan resmi Axiata Group, Rabu, 15 Mei 2024.

President Director Smartfren Merza Fachys mengatakan, pihaknya berharap proses due diligence antara kedua entitas tersebut bisa segera rampung, sembari berharap proses merger kedua perusahaan bisa terjadi.

“Kita harapkan jangan lama-lama juga, udah pengen, iya kan. Kalau saya kan, enggak ikut campur dalam itu. Cuman kita harapkan, yah tentu saja, mereka berdua pemegang saham sudah melihat semua sisi positif yang dilihat sepanjang due diligence itu, atau uji tuntas, yah tentu mudah-mudahan jadi nikah. Cuman MoU ini tidak ada jaminan bahwa pernikahan akan terjadi,” kata Merza di Jakarta, Kamis (16/5/2024), seperti dikutip dari Investor.id.

Menurut Merza, dalam proses penjajakan due diligence tersebut, para shareholders saling menjajaki potensi dan peluang dari masing-masing entitas. Artinya, kedua entitas saling melihat dan membeberkan kelebihan dan kemampuan dari masing-masing entitas.

“Iya, itu untuk menjajaki, kita akan nikah apa enggak? makanya berikutnya due diligence kan. Due diligence adalah untuk saling buka-bukaan. Saling melihat, apa isi perutnya masing-masing. Dari situ nanti baru oh ternyata cantik juga. Ok deh, gitu kan,” ungkap Merza.

Merza juga mengungkapkan, dalam proses tersebut, pihaknya juga sudah menginformasikan kepada regulator di Tanah Air, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Yah ini kan baru penjajakan. Tetapi kita kita informasikan ke Kemenkominfo, bahwa sedang terjadi proses ini. kalau saya sih dengan senang hati (merger secepatnya),” imbuh Merza. (Icha)

Hyundai Siap Kembangkan dan Majukan Era Elektrifikasi Tanah Air

Telko.id – Setelah menerima unit dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Shin Tae- yong, Head Coach of Indonesia National Football Team memberikan sambutan positif terhadap mobil listrik pertama yang ia gunakan.

Pelatih tim sepak bola nasional ini menyampaikan terimakasih karena telah diberikan mobil listrik terbaik dari Hyundai yakni Genesis Electrified G80, dirinya juga menyatakan sudah tidak meragukan kualitas dari mobil Hyundai.

Tak hanya itu Shin Tae-yong juga berharap Hyundai dapat menjalin kerjasama yang lebih baik dalam mendukung industri sepak bola di Indonesia misalnya menjalin kolaborasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menanggapi hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, “Seperti yang kita ketahui, dukungan Hyundai di tingkat global terhadap industri sepakbola sudah dimulai sejak tahun 1999 ditandai dengan kerjasama antara Hyundai dan FIFA”.

Baca juga : Hyundai Apresiasi Pesepakbola Indonesia Dengan Genesis Electrified G80

Salah satu yang dilakukan Hyundai di Indonesia adalah memberikan fasilitas kendaraan terbaik untuk pelatih Timnas Indonesia guna mendukung mobilitas sehari-hari agar tetap nyaman dan aman selama di perjalanan.

“Selain itu pada saat perhelatan U-17 FIFA World Cup di Indonesia silam, kami juga mendukung acara ini dengan memfasilitasi kendaraan listrik IONIQ 5 dan IONIQ 6 sebagai kendaraan operasional untuk VIP,” kata Frans.

“Terkait kerjasama dengan PSSI yang dilontarkan oleh Coach Shin Tae-yong, tidak menutup kemungkinan kami juga akan berkolaborasi dengan PSSI, bahkan kami melihat kesempatan kerjasama yang baik, dalam hal ini mengenai penggunaan mobil listrik Hyundai seperti IONIQ 5, IONIQ 6, bahkan Genesis Electrified G80,” ujar Frans.

Lebih lanjut Frans menuturkan, “Kedepannya, kesempatan kerjasama ini mungkin akan kami kembangkan dengan perusahaan, BUMN, dan Pemerintah Indonesia terkait kendaraan dinas listrik yang diperuntukkan bagi Pejabat Eselon I dan Eselon II, hingga Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mengharuskan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi wajib”.

Tentunya mobil listrik Hyundai dapat menjadi pilihan utama untuk mobilisasi sehar-hari di sana khususnya bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya.

“Kami juga berencana menghadirkan mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau dalam waktu dekat,” ujar Frans.

Frans juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia sempat menginformasikan jika mobil listrik di IKN harus menggunakan mobil listrik yang dirakit di Indonesia.

Di mana Hyundai menyambut baik hal ini karena sejak tahun 2022 tepatnya di bulan Maret Hyundai telah menghadirkan IONIQ 5 yang merupakan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Sebagai informasi, kesiapan produksi mobil listrik Hyundai di Indonesia juga didukung oleh hadirnya pabrik baterai sel PT HLI Green Power (HLI) dan baterai sistem Hyundai Energy Indonesia (HEI).

“Kedepannya baterai sel dan baterai sistem akan resmi buatan dalam negeri. Sebagai pioneer elektrifikasi di Indonesia, sinergi dengan pemerintah Indonesia menjadi suatu keharusan, tentunya kami pun mendukung serta menunggu arahan dari pemerintah dalam memajukan era elektrifikasi di Tanah Air,” tutup Frans. (Icha)

Telin Gandeng BW Digital Percepat Konektivitas Indonesia – Australia

0

Telko.id – Anak perusahaan Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) gandeng BW Digital untuk pengembangan dan pembangunan bersama Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Hawaiki Nui 1.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut ditandatangani di Washington DC saat event International Telecoms Week 2024.

Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari kemitraan antara BW Digital dan Citramas Group pada awal Maret lalu. Kemitraan kedua perusahaan bertujuan untuk membangun ekosistem digital kelas dunia di Nongsa Digital Park di Batam, Indonesia, yang berpusat pada data center 80 MW yang melayani bisnis, pemerintah, dan komunitas di seluruh negara.

Hawaiki Nui 1 merupakan tahap pertama dari program pengembangan SKKL BW Digital. Dengan kapasitas desain lebih dari 240 Tbps, kabel ini akan menghubungkan Australia, Indonesia, dan Singapura, termasuk cabang opsional ke Kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Baca juga : Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Membentang sekitar 10.000 km, Hawaiki Nui 1 akan menjadi rute baru yang lebih efisien di timur laut Australia melalui Selat Torres. Hawaiki Nui 1 akan menyediakan konektivitas, keragaman, dan keamanan yang lebih andal antara Australia-Asia dan Asia Tenggara.

Sistem ini juga akan menyediakan tautan kabel langsung yang pertama antara Sydney dan Darwin, serta dari Darwin ke Singapura, dengan cabang ke Jakarta dan Batam.

Melalui kesepakatan ini, Telin dan BW Digital akan bekerja sama untuk mengembangkan, mengadakan, dan membangun Hawaiki Nui 1, yang diperkirakan akan siap beroperasi (Ready For Services) pada tahun 2027. Telin juga akan bertindak sebagai pihak pendaratan Indonesia untuk kabel tersebut.

Dalam lanskap digital saat ini, kawasan Asia Pasifik muncul sebagai pusat pertumbuhan lalu lintas telekomunikasi data center. Dalam lima tahun ke depan, terdapat pertumbuhan yang sehat dalam Kapasitas data center di Singapura, Australia, Malaysia, dan Indonesia.

“Melalui kemitraan kami dengan BW Digital dan sebagai bagian dari keseluruhan 7 sistem kabel bawah laut ICE kami, kami bertujuan untuk menjembatani kesenjangan konektivitas antar data center di negara- negara ini dan membentuk masa depan Lanskap Bawah Laut Asia Pasifik,” ungkap Budi Satria Dharma Purba, Chief Executive Officer Telin.

Hawaiki Nui 1 akan mendukung pengembangan ekosistem digital di Nongsa Digital Park yang terletak di Batam, Indonesia. Bersama dengan kabel Hawaiki yang sudah ada dan menghubungkan Sydney, Auckland, dan Pantai Barat AS sejak 2018, Hawaiki Nui 1 menawarkan konektivitas terbaik kepada pelanggan yang beroperasi di kawasan Asia-Pasifik.

“BW Digital menyambut baik dapat membentuk aliansi strategis dengan Telin untuk membangun kabel bawah laut Hawaiki Nui 1 dan melayani kebutuhan kapasitas yang terus meningkat antara Australia, Indonesia, dan Singapura,” tutup Chief Executive Officer BW Digital, Ludovic Hutier. (Icha)

Pakai Samsung Galaxy AI Bikin Nulis Tugas Makin Kaya Referensi

Telko.id – Samsung telah menghadirkan Galaxy AI Bahasa Indonesia ke berbagai perangkat flagship-nya, salah satunya Galaxy S23 FE bakal membantu para mahasiswa mengolah informasi jadi lebih mudah.

Sebagai mahasiswa sering kali dihadapkan pada tantangan dalam mencari dan mengolah informasi yang diperlukan untuk tugas mereka.

Misalnya menyusun skripsi, mulai dari mencari sumber berita yang relevan hingga melakukan wawancara dengan narasumber, setiap langkah memerlukan waktu dan usaha yang besar. Tapi sekarang kamu nggak perlu terlalu khawatir, karena Samsung telah menghadirkan Galaxy AI Bahasa Indonesia ke berbagai perangkat flagship-nya, salah satunya Galaxy S23 FE.

Lewat pengembangan fitur tersebut, pengguna bisa menjalani keseharian dengan lebih praktis, termasuk bagi para mahasiswa yang ingin meningkatkan produktivitas. Bahkan, Galaxy AI di Galaxy S23 FE bisa mendukung para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, efisien, dan maksimal.

Baca juga : Samsung Beberkan Pentingnya Data Dibalik Kesuksesan Galaxy AI

“Sejak Galaxy AI hadir di Galaxy S24 Series, Gen Z memberikan animo yang luar biasa. Karenanya, kami bergerak cepat memperluas kehadiran teknologi tersebut ke berbagai perangkat, termasuk Galaxy S23 FE sebagai HP pilihan Gen Z,” kata ” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing, Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Mulai dari Browsing Assist hingga Live Translate, Galaxy S23 FE siap memberikan berbagai inspirasi buat kamu siswa maupun mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dengan lebih mudah.

Ditambah lagi ketersediaan Bahasa Indonesia yang mampu menerjemahkan ke 15 bahasa lain yang memberikan kesempatan menyerap informasi dengan mudah dari berbagai negara.

Buat kamu yang lagi bikin tugas, yuk ikutin tips-tips menarik berikut ini:

Catat ide kapan saja dengan Note Assist

Ada banyak tantangan dalam mengerjakan tugas. Misalnya, saat di tahap awal, kita mungkin kesulitan memilih topik, menentukan judul, dan menyusun outline.

Maka dari itu, berbagai ide yang bisa muncul kapan saja perlu kita catat untuk menjadi bahan pertimbangan. Masalahnya, kita tak selalu membawa buku catatan atau laptop untuk menuangkan ide yang kerap datang tiba-tiba.

Dengan fitur Note Assist, kamu jadi lebih mudah meringkas berbagai catatan ide penelitian kamu, merapikan catatan kamu kedalam bentuk pointers secara otomatis, mengoreksi ejaan catatan kamu dengan praktis, hingga menerjemahkan catatan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia di Samsung Notes. 

Tidak hanya itu, buat kamu yang lebih nyaman menuangkan ide spontan secara lisan, kamu juga bisa pakai fitur bawaan Speech to Text.

Dengan fitur ini, kamu bisa menjelaskan ide-ide yang terlintas sewaktu-waktu di pikiran tanpa harus repot menuliskannya kembali di Samsung Notes dan mempermudah proses diskusi dengan dosen pembimbing.

Rekam ide penelitian kamu dengan sigap pakai fitur Speech To Text di Samsung Notes yang secara otomatis akan memproses dan mencatat rekaman ide kamu

Browsing Assist dan Transcript Assist perkaya referensi

Tantangan berikutnya dalam mengerjakan tugas adalah mendapatkan referensi yang tepat. Pasalnya, kita perlu membaca dan menganalisis jurnal, artikel, atau buku yang kita temukan di internet. Ini dapat memakan waktu yang cukup lama dan bisa menghambat kita untuk mengerjakan tugas penting lainnya.

Nah, kalau kamu lagi struggle mencari referensi, kamu bisa menemukannya dengan lebih mudah berkat Browsing Assist. Dengan fitur ini, kamu bisa merangkum berbagai bahan bacaan yang kamu temukan secara instan.

Bahkan, dengan dukungan Bahasa Indonesia, kamu juga bisa translate referensi berbahasa asing hanya dalam hitungan detik. Jadi, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu saat melakukan riset.

Untuk memaksimalkan fitur Browsing Assist dalam melakukan riset, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser Samsung Internet untuk mencari referensi yang dibutuhkan
  2. Tap ikon  yang berada di bagian bawah layar
  3. Pilih Summarize untuk meringkas referensi yang sedang kamu baca
  4. Jika referensi tersebut menggunakan bahasa asing, pilih Translate untuk mengubahnya ke dalam Bahasa Indonesia saat dibutuhkan.
Temukan dan ringkas referensi tugas kamu dengan efisien berkat fitur Browsing Assist

Selain Browsing Assist, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Transcript Assist untuk mendapatkan sumber informasi yang lebih luas. Ini berlaku buat kamu yang perlu memasukkan konten berbentuk audio seperti podcast sebagai referensi.

Saat kamu menemukan konten yang tepat, kamu bisa pakai Transcript Assist untuk membuat transkripsi hingga rangkuman secara instan tanpa repot mencatatnya.

Untuk memaksimalkan fitur Transcript Assist dalam mendapatkan referensi, ikuti langkah berikut ini:

  1. Rekam konten audio yang kamu inginkan menggunakan Voice Recorder
  2. Setelah rekaman dibuat, masuk ke aplikasi Voice Recorder dan pilih file yang diinginkan
  3. Pilih Transcribe
  4. Pilih opsi Bahasa Indonesia untuk membuat transkripsi
  5. PilihSummarize untuk membuat rangkuman
  6. AI akan menganalisis semua informasi yang ada dan memberi rangkuman secara otomatis
Perkaya materi tugas kamu dengan referensi  dari  podcast yang relevan menggunakan Transcript Assist

Interpreter dan Live Translate Perluas pilihan narasumber

Tantangan lain dalam pendidikan adalah skripsi. Salah satu tantangannya adalah menentukan narasumber yang tepat.

Di era globalisasi seperti sekarang, bukan tak mungkin narasumber yang cocok berasal dari luar negeri. Perbedaan bahasa pun tentunya perlu diatasi demi mendapatkan hasil wawancara yang maksimal.

Nah, buat kamu yang perlu mewawancarai narasumber berkebangsaan asing secara tatap muka, kamu bisa pakai Interpreter.

Fitur tersebut mampu menerjemahkan tiap ucapan kamu ke dalam bahasa yang dikuasai oleh narasumber yang bersangkutan secara real-time. Jadi, kamu bisa mengomunikasikan tiap pertanyaan dengan tepat tanpa terkendala language barrier.

Untuk menggunakan fitur Interpreter, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka panel Quick Settings
  2. Pilih Interpreter
  3. Atur bahasa yang kamu gunakan dan bahasa yang digunakan lawan bicara dengan tap kolom bahasa di samping ikon mikrofon
  4. Tap ikon mikrofon untuk mulai berbicara
  5. Agar hasil terjemahan mudah dipahami, kamu bisa mengatur kecepatan pelafalan kalimat
Fitur Interpreter jadi real-time translator pribadi kamu untuk dukung wawancara narasumber asal luar negeri jadi lebih mulus

Kalau kamu memiliki kendala jarak dengan sang narasumber, kamu bisa mengatasinya dengan fitur Live Translate. Pada dasarnya, fitur ini mirip dengan Interpreter, namun ia berfungsi saat kamu melakukan panggilan telepon.

Jadi, kamu bisa mendapatkan lebih banyak insight saat menyusun tugas dengan lebih praktis, kapan pun dan di mana pun.

Jika kamu punya follow-up questions yang ingin dilontarkan lewat chat atau email setelah wawancara, kamu bisa memanfaatkan fitur Chat Assist. Fitur ini akan memberi rekomendasi gaya penulisan terbaik untuk memastikan pesan sesuai konteks yang diinginkan saat kamu menggunakan bahasa asing.

Produktif dengan pengalaman mobile AI terbarukan

Jangan lewatkan manfaat fitur-fitur AI canggih dari Samsung untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Adapun harga Galaxy S23 FE adalah Rp8.999.000 (8GB/256GB).

Galaxy AI Bahasa Indonesia juga tersedia di Galaxy S24 Series, Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold5, Z Flip5, Galaxy Tab S9 (5G dan Wi-Fi). (Icha)

OLXmobbi Hadirkan Solusi Lengkap Transaksi Mobil Bekas, Apa Saja?

Telko.id – PT Astra Digital Mobil (ADMO) melalui OLXmobbi menghadirkan layanan yang menyeluruh sekaligus terintegrasi guna memberikan kemudahan transaksi dan akses layanan yang lebih luas kepada pelanggan yang ingin membeli, menjual, maupun tukar tambah mobil bekas.

Berfokus pada bisnis layanan online dan offline, jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi serta one stop solution, memberikan pelanggan akses transaksi jual mobil bekas yang lebih mudah melalui kolaborasi solusi ini dengan perusahaan di Grup Astra pada lini bisnis otomotif serta jasa keuangan.

“OLXmobbi memiliki semangat menjalin berbagai kolaborasi dengan lini bisnis Grup Astra lainnya. Untuk proses pembiayaan, saat ini OLXmobbi bekerja sama dengan ACC, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra Buana, dan AstraPay. Sementara itu, untuk trade-in, OLXmobbi sudah resmi menjadi official trade-in partner dari Auto2000 dan Astra Daihatsu,” ujar Naga Sujady, President Director PT Astra Digital Mobil.

“Sesuai dengan komitmen OLXmobbi untuk menghubungkan semua bisnis mobil bekas di dalam Grup Astra, kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan akses layanan yang lebih luas antara OLXmobbi dengan lini bisnis Grup Astra lainnya,” tambah Director & Co-CEO PT Astra Digital Mobil CK Yap.

Baca juga : Hyundai Apresiasi Pesepakbola Indonesia Dengan Genesis Electrified G80

Selain itu, dengan bergabungnya tiga entitas besar yaitu mobil88, mobbi, dan OLX Autos ini, diharapkan dapat menjadi solusi untuk masyarakat saat bertransaksi mobil bekas karena OLXmobbi menyediakan lebih dari 2.000 mobil bekas berkualitas dan juga proses yang aman, nyaman, cepat dan mudah.

Sementara itu, Director PT Tokobagus Agung Iskandar mengatakan bahwa seluruh proses transaksi mobil bekas di solusi ini dilakukan oleh tim ahli yang tersertifikasi dan tepercaya. “Bagi pembeli, OLXmobbi memberikan layanan garansi mesin dan transmisi hingga 1 tahun, jaminan 7 hari uang kembali, gratis biaya jasa perawatan dan juga home test drive”.

Sementara itu, bagi pelanggan yang ingin menjual mobilnya, selain datang langsung ke store, mereka dapat menikmati layanan home inspection untuk diinspeksi secara langsung oleh tim ahli.

”Proses menjual mobil di OLXmobbi sangat cepat hanya sekitar 1 jam, dan uang akan segera ditransfer setelah deal dan dokumen lengkap,” jelas Agung.

Bagi pelanggan yang ingin menjual, membeli atau tukar tambah mobil dapat langsung datang ke store layanan ini atau melalui website olxmobbi.co.id. Layanan ini memiliki lebih dari 30 store yang terletak di 10 wilayah di seluruh Indonesia.

Adapun pada tahun ini, platform ini juga akan berpartisipasi sebagai Official Trade-in Partner dalam event pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada 18 Juli – 28 Juli 2024. Kunjungi OLXmobbi dan dapatkan berbagai penawaran menarik selama event tersebut! (Icha)

Telkomsel Tutup NextDev Dengan NextDev Summit 2024

Telko.id – Telkomsel tutup program Impact Incubator NextDev dengan NextDev Summit 2024 sekaligus panggung bagi nominasi Best of The Best NextDev Startup 2024.

NextDev Summit 2024 kali ini bertemakan ‘Embracing Tech for Sustainable Impacts’ menjadi salah satu upaya Telkomsel melalui impact incubator NextDev untuk memperkuat fundamental dari early-stage startup.

Terinspirasi dari semangat Indonesia untuk terus bergerak maju, Telkomsel terus berupaya menciptakan dampak sosial dengan memberdayakan masyarakat melalui proses bisnis berkelanjutan yang selaras dengan implementasi prinsip ESG.

“NextDev Summit 2024 menjadi bukti nyata dari komitmen dan implementasi prinsip tersebut dengan mendukung pertumbuhan early-stage startup dan ekosistem pendukungnya secara inklusif dan berkelanjutan,” kata Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Baca juga : 9 Startup Resmi Masuk Tahap Inkubasi NextDev Academy

Dengan menampilkan inovasi hasil inkubasi, mengadakan sesi konferensi, serta membuka lebih banyak peluang untuk membangun relasi baru.

“Kami berharap NextDev Summit dapat mendorong kontribusi pemanfaatan teknologi terkini yang berdampak dan bermakna bagi kemajuan negeri,” ujar Saki.

NextDev Summit 2024 menghadirkan berbagai kegiatan serta sejumlah pakar terkemuka dan alumni NextDev untuk berbagi pengalaman mengembangkan potensi bisnis startup.

Termasuk dalam sesi seminar dan diskusi di Inspiring Expert, NextDev Talks, dan NextDev Reunion; acara berjejaring startup dan investor di Business Matching dan Power Lunch; hingga rangkaian Demo Day, Top 4 Pitching NextDev 2024, dan Winner Announcement.

Adapun NextDev Summit 2024 sendiri merupakan titik puncak dari rangkaian program impact startup incubator NextDev, yang meliputi proses pencarian talenta startup (NextDev Talent Scouting), program inkubasi (NextDev Academy), dan Final Pitching di NextDev Summit.

Sebagai panggung nominasi startup terbaik, NextDev Summit menghadirkan 9 startup finalis yang telah mengikuti serangkaian sesi inkubasi NextDev Academy dan terbagi ke dalam 4 kategori, yaitu Digital Lifestyle (SLAB Games, Ikan Asin Production, Dulang), Commerce Enablement (Smartcoop, Carinih), Emerging Technologies (CARDS by Cazh, WATERCOIN), dan Digital Food Ecosystem (Aifarm, AKAR).

Pada akhir tahap Final Pitching di NextDev Summit 2024, startup agritech Aifarm,dengan solusi proses end-to-end untuk meningkatkan pertumbuhan dan efektivitas sektor peternakan kambing perah, dinilai telah mengalami perkembangan dan pencapaian paling signifikan sepanjang periode program dan berhak mendapatkan gelar Best of The Best NextDev Startup 2024.

Startup Smartcoop juga dinobatkan sebagai Runner Up dengan solusi software terlengkap pengelolaan bisnis koperasi profesional, mulai dari pencatatan sampai laporan keuangan.

“Selamat atas terpilihnya Aifarm dan Smartcoop sebagai startup terbaik di NextDev 2024. Semoga inovasi solusi digital yang telah bertumbuh bersama NextDev dan rekan-rekan startup dapat terus serentak berkembang berikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Saki.

Ke depan, Telkomsel melalui NextDev akan terus hadir mendorong perkembangan startup dan konsisten berupaya menghadirkan bantuan dan pendampingan yang sesuai kebutuhan, seperti melalui pendampingan bisnis, peningkatan kapabilitas, serta peluang kolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel.

NextDev sendiri merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para stakeholders yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia. (Icha)