spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 136

Aspire 3 Slim, Laptop Tipis dan Ringan yang Selalu Siap Jadi Andalan

0

Telko.id – Laptop tipis dan ringandengan spesifikasi mumpuni memang sudah banyak beredar di pasar tanah air. Salah satu Laptop tipis dan ringan dengan spesifikasi mumpuni adalah Acer Aspire 3 Slim.

Acer Aspire 3 Slim dirancang khusus untuk mendukung produktivitas dan multitasking harian para penggunanya. Laptop tipis dan ringan Acer ini menawarkan kinerja optimal berkat Prosesor Intel Core generasi ke-12 dan teknologi memori terbaru.

Lalu, seperti apa spesifikasi yang diusung Acer Aspire 3 Slim? Inilah ulasan lengkapnya.

  • Desain Tipis dan Ringan dengan Material Premium

    Acer Aspire 3 Slim mengusung desain yang tipis dan ringan, dengan bobot hanya 1,4 kg dan ketebalan 18,0 mm. Selain itu, Laptop tipis dan ringan ini dibalut material metal pada bagian cover. Cover metal ini memberikan tampilan premium serta durabilitas yang lebih baik dibandingkan Laptop tipis dan ringan sekelasnya.

    Baca juga : Acer Predator Helios 18 Catat Rekor MURI Terbaru, Non-Stop 40 Jam

    Soal warna, Acer Aspire 3 Slim tersedia dalam dua pilihan warna baru yang elegan: Pure Silver dan Steam Blue. Kedua varian warna ini memberikan kesan stylish dan fungsional pada Acer Aspire 3 Slim.

    • Performa Optimal dengan Intel Core Generasi Ke-12

    Acer Aspire 3 Slim ditenagai Prosesor Intel Corei3-N305 generasi ke-12 yang dirancang dengan teknologi fabrikasi 10nm. Prosesor ini memiliki 8 cores dan 8 threads dengan base clock 1,8 GHz dan maksimal boost clock hingga 3,8 GHz.

    Kombinasi ini memastikan performa yang andal untuk menjalankan berbagai tugas harian seperti bekerja dengan aplikasi Office, browsing, dan editing visual ringan. Selain itu, Laptop tipis dan ringan ini juga dilengkapi dengan grafis Intel UHD yang memberikan pengalaman terbaik untuk hiburan dan gaming kasual.

    • Memori LPDDR5 dan Penyimpanan SSD NVMe

    Guna memaksimalkan kinerja Prosesor, Laptop tipis dan ringan ini didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 8 GB. RAM LPDDR5 ini menawarkan performa lebih tinggi dan efisiensi energi lebih baik dibandingkan teknologi memori sebelumnya.

    Acer Aspire 3 Slim juga menggunakan penyimpanan SSD NVMe berkapasitas 512 GB, yang memungkinkan proses booting dan membuka aplikasi menjadi lebih cepat. Sehingga meningkatkan produktivitas kamu secara signifikan. Dengan kombinasi tersebut, kegiatan multitasking di Laptop tipis dan ringan ini menjadi lebih lancar.

    • Daya Tahan Baterai yang Lama

    Salah satu keunggulan utama Acer Aspire 3 Slim (A314-36M) adalah daya tahan baterainya yang mampu bertahan hingga 11 jam (50Wh). Dengan baterai yang tahan lama, Laptop tipis dan ringan ini sangat ideal untuk mendukung mobilitas tinggi tanpa perlu sering mencari sumber daya listrik. Sehingga pengguna bisa bekerja sepanjang hari di berbagai tempat dengan lebih leluasa, baik ke kantor atau cafe terdekat.

    • Webcam HD dengan Acer Temporal Noise Reduction

    Dukungan webcam beresolusi HD pada Acer Aspire 3 Slim menyuguhkan video yang jernih dan terang selama pengguna melakukan meeting online. Ditambah lagi fitur Acer PurifiedVoice™ dengan AI Noise Reduction dan Acer Temporal Noise Reduction (TNR) mampu mengurangi noise latar belakang dan meningkatkan kualitas gambar saat kondisi pencahayaan kurang baik. Sehingga sesi video call atau meeting online lebih jernih dan menyenangkan.

    • Konektivitas Lengkap dengan Port Type-C

    Urusan konektivitas, Acer Aspire 3 Slim dilengkapi port USB Type-C yang multifungsi. Port ini tidak hanya dapat digunakan untuk pengisian daya, tetapi juga untuk transfer data dan koneksi ke layar eksternal. Kecepatan transfernya mencapai 5 Gbps, yang sangat berguna untuk pengguna yang sering memindahkan file besar.

    Selain itu, Laptop tipis dan ringan ini juga dilengkapi dengan berbagai port lainnya seperti HDMI 2.1, dua USB 3.2 Type A Gen 1, jack audio 3,5 mm, dan Kensington Lock, yang mendukung produktivitas penggunanya. Tidak ketinggalan, Wi-Fi 5 dan Bluetooth® 5.0 juga hadir di Laptop tipis dan ringan ini.

    Dengan spesifikasi unggulan tersebut, Laptop tipis dan ringan ini cocok digunakan para profesional muda dan pelajar. Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp5.949.000.

    Acer Aspire 3 Slim (A314-36M) sudah tersedia di Acer Official Store secara online dan offline. Untuk pembelian online, kamu bisa mengunjungi Acer Online Store Indonesia di tautan berikut https://store.acer.com/en-id/aspire-3-slim-a314-36m-nx-kdmsn-005.

    Dalam setiap pembelian Laptop tipis dan ringan ini dilengkapi pula garansi selama 3 tahun untuk servis dan 1 tahun untuk pergantian spare part jika terjadi kerusakan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini dengan mengakses Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/.

    Jangan lewatkan juga untuk mendapatkan serangkaian hadiah menarik pada program Kejutan 25 Tahun Acer. Melalui program ini, setiap pembelian produk Acer apa pun, berkesempatan mendapatkan hadiah fantastis, mulai dari produk Acer hingga motor listrik dan mobil listrik

    Oppo Reno12 Series Lolos TKDN, Bakal jadi Trendsetter Smartphone AI?

    Telko.id – Dua perangkat Oppo Reno12 Series, yaitu Oppo Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G usai sukses diluncurkan di China, kini siap segera meluncur di pasar global, termasuk Indonesia.

    Bahkan kedua dua perangkat Oppo Reno12 Series, yaitu Oppo Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G, telah tercatat di laman resmi sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kominfo dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

    Oppo Reno12 Pro 5G lolos TKDN dengan nomor model CPH2629, sementara perangkat Oppo Reno12 5G terdaftar dengan nomor model CPH2625 di daftar Postel.

    Di situs resmi TKDN, Oppo Reno12 Pro 5G mendapatkan nilai 36,35%, sedangkan untuk perangkat Oppo Reno12 5G memperoleh nilai 36,65%.

    Baca juga : Oppo A3 Pro 5G Bakal Hadirkan Teknologi AI Generatif

    Sejak pertama kali diluncurkan, DNA Reno Series dikenal dengan kemampuan fotografi yang luar biasa, desain inovatif yang stylish, dan performa tinggi yang dapat diandalkan.Oppo A3 Pro 5G Bakal Hadirkan Teknologi AI Generatif

    Oppo Reno12 Series tidak hanya mempertahankan keunggulan tersebut, tetapi juga memperkenalkan teknologi terbaru yang akan membawa pengalaman konsumen ke tingkat yang lebih tinggi.

    Dengan memadukan teknologi AI Generatif terdepan di industri dan performa tingkat tinggi dalam desain yang trendy, Oppo Reno12 Series diharapkan akan menetapkan standar baru untuk smartphone AI di tahun 2024. Berbagai peningkatan dan teknologi AI akan memberikan pengalaman AI terbaik kepada konsumen.

    “Dengan upaya dan komitmen kami yang tiada henti, Oppo bertujuan untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang. Untuk pertama kalinya dalam industri Oppo membawa AI generatif ke semua lini produk. Pada akhir tahun ini, kami berharap dapat membawa fitur AI generatif kepada sekitar 50 juta pengguna.” jelas Billy Zhang, President of Overseas Marketing, Sales, and Service Oppo.

    Melalui Oppo Reno12 Series, Oppo terus menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan teknologi yang tidak hanya sekadar memenuhi, tetapi juga melebihi harapan konsumen.

    Nantikan informasi selanjutnya dan bersiaplah untuk menyambut inovasi terbaru dari Oppo Reno12 Series. (Icha)

    Smartfren Run 2024 Sukses Ajak Ribuan Orang Berlari

    0

    Telko.id – Sinar Mas melalui Smartfren sukses menggelar kompetisi half marathon Smartfren Run 2024 dan mengajak ribuan orang berlari bersama, sekaligus menikmati festival dan berbagai produk UMKM lokal.

    Acara ini diharapkan menjadi sarana untuk mengajak mewujudkan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia serta memupuk semangat sportivitas yang positif.

    “Sebagai penyedia jasa telekomunikasi dan data, kami tidak melupakan pentingnya kebersamaan, interaksi serta gaya hidup sehat dalam keseharian, termasuk dengan mengajak publik untuk sejenak melupakan gadget dengan berlari bersama,” kata Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas sekaligus Wakil Komisaris Utama Smartfren yang membuka Smartfren Run 2024 Kategori 5K.

    Ferry menambahkan bahwa sesuai tema utama tahun ini, Smartfren 100% untuk Indonesia – Menyatukan yang Berbeda, kegiatan hari ini mempertemukan dan mempersatukan kita semua lewat interaksi yang sehat.

    Baca juga : Smartfren Run 2024, Ajak Masyarakat Indonesia Wujudkan Gaya Hidup Sehat

    Kepesertaan yang terbuka, serta kategorisasi kelompok umur kami fasilitasi untuk mewadahi hal ini, sembari mengajak pula para runners dari lingkup keluarga besar Sinar Mas untuk bergabung.

    Merza Fachys, President Director Smartfren menambahkan, “Kami mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Smartfren Run. Sebuah kehormatan bagi kami melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk berlari bersama dalam kompetisi lari perdana kami. Kami berharap tahun depan dapat menyelenggarakan acara ini lagi, tentu dengan mengajak lebih banyak pelari.”

    Kompetisi ini menjadikan Parkir Timur Senayan sebagai titik start dan finish. Para peserta berlari dalam rute yang telah disertifikasi oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI), antara lain melalui Jalan Semanggi, Gatot Subroto, Sudirman, dan M.H. Thamrin.

    Mereka terbagi dalam tiga kategori, yaitu Half Marathon dengan jarak 21.097K sebagai kategori tertinggi, serta kategori 10K dan 5K.

    Smartfren Run kali ini diikuti juga oleh Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin yang ikut berlari pada kategori 10K. Para pelari juga mengikuti kompetisi 100% untuk Indonesia dengan mengenakan kostum atau baju daerah saat berlari.

    Hal menarik lainnya, Smartfren juga mengajak UMKM binaan Smartfren Community untuk menampilkan produk terbaiknya di sini. (Icha(

    Strategi Indosat Ciptakan Digitalisasi di dunia pendidikan

    0

    Telko.id – Indosat melalui Indosat Business melihat begitu besar peluang untuk menciptakan digitalisasi di dunia pendidikan.

    Berdasarkan GSC Online Press, terjadi peningkatan nilai mahasiswa sebesar 16-17% melalui pengajaran di smart classroom. Lalu berdasarkan pengamatan Dubai smart campus taps IoT integration for efficiency, Penghematan biaya operasional dan energi sebesar 5%.

    Di sisi lain, Indonesia sendiri membutuhkan digital talent sekitar 900 ribu hingga 1 juta setiap tahunnya. Sayangnya, perguruan tinggi di Indonesia masih belum bisa memenuhi kebutuhan itu semua.

    Penyerapan kelulusan perguruan tingga hanya 40%. Artinya ada Oportunity besar bagi Indosat untuk elevate.

    Baca juga :

    “Edukasi, pasar yang sangat tinggi pertumbuhannya. Disisi lain, digitalisasi di dunia pendidikan baru dimulai. Jadi perlu beragam solusi digital,” kata Muhammad Buldansyah, Director & Chief Business Officer yang sering juga dipanggil Danny.

    Dengan kampus yang sudah melakukan digitalisasi bahkan sudah menjadi smart campus, maka para dosen maupun mahasiswa nya mulai terbiasa dengan digitalisasi. Hal ini tentu akan memberikan dampak baik bagi mahasiswa nya. “Tentu, harapan kami, kapabilitas mahasiswa itu pun dapat memenuhi kebutuhan industri dan penyerapan kelulusan perguruan tingga pun dapat ditingkatkan”.

    Tapi, digitalisasi itu kan mahal? Menurut Danny, proses belajar mengajar jauh lebih mudah, lebih efektif dan tepat guna.

    Berdasarkan sebuah report, kehadiran sensor dapat mengurangi hingga 50% kebutuhan penerangan di aula dan koridor. Lalu, Alokasi kelas berdasarkan kehadiran siswa dapat menghasilkan potensi penghematan biaya operasional ruangan sebesar 52%. 


    Sedangkan untuk meningkatkan keamanan kampus melalui penggunaan alat yang terhubung ke jaringan seperti smart lock & digital signage. Digitalisasi pun dapat meningkatkan keterlibatan dan retensi mahasiswa. 


    AI jadi inovasi terbaru dalam metode pengajaran

    Ada nya teknologi Artificial Inteligent pun menjadi hawa baru bagi dunia pendidikan karena akan menambah metode pengajaran.

    Berdasarkan sebuah studi, bahwa penggunaan AI dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar hingga 30% karena kemampuan AI untuk menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu (Stanford University, 2023). 


    Lalu, dalam riset dari MIT (2022) terkait Peningkatan Efisiensi Administratif menunjukkan bahwa implementasi AI di bidang administrasi dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas rutin hingga 40%, memungkinkan staf untuk fokus pada tugas yang lebih strategis. 


    Hal yang sama juga terlihat dalam riset yang dilakukan oleh Harvard University (2023), yang menemukan bahwa generative AI mampu mengurangi waktu yang diperlukan untuk analisis data dalam penelitian ilmiah hingga 50%, memungkinkan peneliti untuk lebih cepat mendapatkan hasil dan menyusun publikasi.

    Untuk mencapai itu memang perlu proses. Perlu adanya standari sasi infrastruktur digital yang dimiliki oleh kampus. Di mana, perlu ada Anytime, Anywhere connectivity. Artinya perlu menyediakan internet berkecepatan tinggi yang andal di mana saja di kampus, terlepas apapun perangkatnya.

    Lalu mengakomodir Growing number of devices, ya, jaringan yang ada itu harus mendukung multi-devices (mobile phones, laptops, tablets, AR/VR devices, IoT) di jaringan kampus.

    Jadi, rekomendasi solusi dalam infrastruktur jaringan kampus itu adalah harus menyediakan jaringan Wi-Fi berkecepatan tinggi di seluruh kampus (ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, hostel, dll.). 


    Lalu juga perlu One centralized dashboard untuk memastikan konfigurasi dan monitoring jaringan.

    Selain itu juga bisa menggunakan Private 5G untuk mendukung inisiatif smart campus seperti smart building, smart parking. Terakhir adalah implementasi managed network services untuk mengurangi cost dan kompleksitas.

    Untuk merealisasikan, Indosat Business sudah memiliki beragam solusi untuk menjadikan sebuah perguruan tinggi sebagai smart campus.

    Solusi itu terdiri dari tiga pilar smart campus untuk masa depan berbasis AI.

    #Smart Learning Experience

    Better learning experience, improve learning outcome

    • Integrated Learning Management System. 

    • Student & Teacher Device. 

    • Intelligent Collaborative Screen. 

    • Collaboration Apps and AI assistant. 

    • Gen AI Research & Digital Library. 


    #Smart Environment

    Modernize, secure, and streamline campus operations

    • Digital Advertising. 

    • E-Payment. 

    • Smart Visitor Management. 

    • Energy Management 

    • Chatbot & Omnichannel platform. 

    • AI based Surveillance. 


    #Smart Infrastructure

    Empower, secure, and elevate learning

    • Seamless connectivity. 

    • Seat Management. 

    • Command Center. 

    • Cloud Computing & AI. 

    • AI Cybersecurity 


    Dengan kemampuannya tersebut Indosat pun yakin bahwa dengan pertumbuhan pasar untuk digitalisasi pendidikan di Indonesia ini yang sebesar 20% dan mempengaruhi juga pendapatn Indosat secara keseluruhan. “Khusus untuk pendidikan, kami yakin bisa tumbuh hingga 4-5%,” kata Danny menambahkan.

    Namun, selain kemampuan perusahaan, Indosat juga melakukan berbagai kerjasama dalam hal digitalisasi pendidikan ini.  Misalnya, ada Program IDCamp, SheHack, ESG, maching dengan menjadi Indonesia menjadi satu kesatuan.

    Lalu, kerjasama dengan Mastercard yang bahkan kerjasama nya sampai dengan memberikan kurikulum yang tentu nya ini akan mempengaruhi penyerapan lulusan perguruan tinggi di Indonesia pun akan meningkat.  (Icha)

    XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone

    Telko.id – XL Axiata menawarkan program bundling yang memberikan nilai lebih untuk pelanggan pascabayar dan prabayar XL. Untuk pelanggan XL PRIORITAS, tersedia yaitu myPRIO DEAL iPhone.

    Lewat program ini, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan toko mitra XL PRIORITAS, bisa mendapatkan bonus kuota dua kali lipat lebih besar hingga 240GB. Program bundling myPRIO DEAL iPhone bisa dinikmati pelanggan mulai 7 Juli 2024.

    Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa, mengatakan, “XL Axiata dan Apple memiliki komitmen yang sama, yaitu terus melakukan inovasi produk dengan tetap mengedepankan kualitas. Dengan menghadirkan program bundling myPRIO DEAL iPhone yang menawarkan beragam benefit untuk pelanggan, kami berharap dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi kepada pelanggan #JadiLebihBaik”.

    Paket bundling myPRIO DEAL iPhone ini menawarkan harga yang menarik dengan dua pilihan periode berlangganan, yaitu langganan 12 bulan dan 24 bulan. Berikut detail paket yang dapat dipilih pelanggan sesuai kebutuhan.

    Baca juga : XL Axiata Dorong Digitalisasi di Industri Tambang dan Migas

    Paket Gold

    Mulai dari Rp 70 ribuan/bulan, pelanggan bisa mendapatkan eSIM ataupun kartu perdana gratis serta menikmati kuota 60GB (kuota utama 30GB + bonus double quota 30GB), ditambah gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS, serta bonus 30 menit nelpon dan 30 SMS ke operator lain.

    Paket Platinum

    Mulai dari Rp 100 ribuan/bulan, pelanggan bisa mendapatkan eSIM ataupun kartu perdana gratis serta menikmati kuota 100GB (kuota utama 50GB + bonus double quota 50GB), ditambah gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS, serta bonus 100 menit nelpon dan 100 SMS ke operator lain.

    Paket Diamond

    Mulai dari Rp 130 ribuan/bulan, pelanggan bisa mendapatkan eSIM ataupun kartu perdana gratis serta menikmati kuota 170GB (kuota utama 85GB + bonus double quota 85GB), ditambah gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS, serta bonus 200 menit nelpon dan 200 SMS ke operator lain.

    Paket Ultima

    Mulai dari Rp 160 ribuan/bulan, pelanggan bisa mendapatkan eSIM ataupun kartu perdana gratis serta menikmati kuota 240GB (kuota utama 120GB + bonus double quota 120GB), ditambah gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS, bonus 300 menit nelpon dan 300 SMS ke operator lain.

    Seluruh benefit tersebut bisa dinikmati pelanggan setiap bulan selama periode berlangganan. Pelanggan juga bisa menikmati ekstra kuota dan benefit lainnya dengan mendaftarkan kartu kredit miliknya di aplikasi MyXL.

    Tak hanya memberikan berbagai benefit bagi pelanggan, program ini juga akan memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pelanggan yang membeli paket bundling myPRIO DEAL iPhone mendapatkan gratis merchandise khusus seperti tumbler, pouch, dan Apple AirPods yang tersedia di toko tertentu dengan jumlah yang terbatas.

    Program ini dapat terwujud berkat dukungan para mitra bisnis XL Axiata dan Apple di antaranya, iBox, Erafone, Urban Republic, Hello, blibli OMG, Digimap, dan Digiplus.

    Paket bundling gratis eSIM XL dengan kuota 120GB selama 1 tahun

    Bagi pelanggan XL Prabayar, tersedia penawaran yang sangat menarik, yaitu gratis paket bundling eSIM dengan paket kuota 120GB selama 1 tahun. Paket bundling ini akan didapatkan secara otomatis bagi pelanggan yang membeli iPhone dengan pilihan varian iPhone 15 / Plus / Pro / Pro Max, iPhone 14 / Plus, iPhone 13, iPhone 12 dan iPhone 11.

    Pelanggan secara otomatis akan mendapatkan kuota sebesar 120GB setelah sukses melakukan aktivasi eSIM pada iPhone yang telah dibeli. Kuota sebesar itu akan diberikan sebesar 10GB per bulan dengan rincian 2GB kuota utama dan 8GB kuota bonus yang dapat digunakan ketika pelanggan memiliki paket data XL yang lain.

    Pelanggan juga bisa melakukan pengecekan kuota bulan ke-1 dan seterusnya di aplikasi MyXL. Kuota bulanan ini akan diperbaharui setiap 30 hari secara otomatis, namun sisa kuota tidak terakumulasi setiap bulannya. (Icha)

    Lewat IDL, Indibiz Ajak Guru Se Jawa Barat Akselerasi Digital Pendidikan

    0

    Telko.id – Indibiz, ekosistem solusi digital dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen mendorong digitalisasi pendidikan salah satunya melalui penyelenggaraan Indonesia Digital Learning (IDL).

    Langkah ini diambil karena memasuki Era 5.0, teknologi dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas kehidupan serta membawa dampak positif pada masyarakat. Salah satunya adalah digitalisasi yang saat ini diterapkan pada berbagai aspek termasuk pendidikan.

    Tahun ini, sebanyak 550 guru se Jawa Barat mengikuti program yang digelar oleh Telkom Jawa Barat pada tanggal 4-5 Juli 2024 di di Gedung Achmad Sanusi, Universitas Pendidikan Indonesia.

    IDL merupakan program pelatihan & pengembangan kompetensi digital guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

    Baca juga : Indibiz Energi Bantu Operasional Bisnis PT Tirta Asasta Depok

    Dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran Berkualitas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam pemanfaatan teknologi digital demi menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.

    Penyelenggaraan IDL di tahun ke 11 ini, mendapat antusias yang tinggi dari peserta. Rangkaian pelatihan digital Pedagogik, IoT Prototype Competition, dan Kompetisi Video Digitalisasi Pendidikan mendapat sambutan yang hangat bagi peserta dari siswa/siswi SMA/SMK.

    Puluhan SMA/SMK se Jawa Barat ikut berpartisipasi menampilkan prototype IoT terbaiknya yang memiliki nilai daya guna bagi masyarakat. Kompetisi ini dimenangkan oleh SMK Miftahussalam, SMKN 1 Cisarua Kab. Bandung Barat, dan SMK Medikacom Bandung yang mendapatkan hadiah berupa Laboratorium KiDi (Kelas Industri Digital) IoT.

    Selain itu, dilaksanakan pula kompetisi video digitalisasi pendidikan dengan hadiah 50 Sertifikasi BNSP bidang pendidikan IT dan teknologi digital yang diperlukan dalam lingkup pengembangan digital pedagogik.

    Executive Vice President (EVP) Telkom Jawa Barat, Saiful Hidajat mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bentuk nyata komitmen Indibiz dari Telkom untuk memberikan dukungan kepada digitalisasi dunia pendidikan.

    “Tenaga pendidik dan siswa didik di Jawa Barat ini memiliki potensi yang sangat besar. Kami harap melalui pelatihan digital pedagogik ini akan meningkatkan kapabilitas tenaga pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka dan semakin menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan industri,” jelasnya.

    Tak hanya itu, Saiful mengungkapkan bahwa Telkom berharap program Indonesia Digital Learning ini, mendukung tenaga didik untuk mengedepankan pedagogik dalam implementasi kurikulum merdeka sehingga tercipta generasi penerus yang lebih berdaya saing.

    Sementara itu Eddy Purwanto selaku Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat pada pembukaan acara menyampaikan bahwa teknologi juga dapat menjadi fasilitas untuk menyempurnakan pendidikan saat ini.

    “Saat ini siswa bisa belajar dari mana saja, apalagi dengan adanya kurikulum merdeka mungkin kedepannya bahkan tidak terbatas hanya di ruang-ruang kelas dan semakin luas,” jelas Eddy saat ditemui pada Indonesia Digital Learning.

    Ditemui pada kesempatan yang sama, Senior General Manager Social Responsibility Telkom Indonesia Hery Susanto menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya peningkatan kualitas para pendidik Indonesia sebagai talenta digital di dunia pendidikan pada era digital saat ini.

    “Program ini merupakan langkah strategis Telkom dalam upaya peningkatan kompetensi guru untuk mendukung tujuan pemerintah dalam menyongsong generasi emas 2045 dengan generasi yang unggul dan tangguh,” jelas Hery.

    Diharapkan melalui penyelenggaraan Indonesia Digital Learning ini, Telkom melalui Indibiz dapat senantiasa berkontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia serta mewujudkan salah satu misinya yaitu mengembangkan talenta digital unggulan serta mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa. (Icha)

    Tips Social Selling Untuk Bangun Bisnis

    Telko.id – Pernah dengar istilah social selling? Atau Anda baru pertama kali mendengar istilah yang satu ini? Social selling adalah teknik penjualan yang memanfaatkan media sosial untuk dapat memperluas pasar, menemukan konsumen, membangun kepercayaan, dan pada akhirnya, menjual produk atau jasa.

    Nah, kalau  Anda saat ini sedang berjualan melalui media sosial, selamat, Anda adalah seorang social seller!

    Namun, apakah saat ini Anda merasa bisnis yang dijalani melalui media sosial kurang atau tidak berkembang? Jika ya, maka artikel ini bisa membantu anda mengembangkan bisnis.

    Saat Anda melakukan penjualan produk atau jasa di media sosial atau social selling, sebetulnya  Anda tidak melulu hanya berjualan, tapi sedang membangun koneksi dengan orang lain yang merupakan target market bisnis Anda.

    Baca juga : Wakili Indonesia, Grup GoTo Hadir di Pameran E-Commerce Tiongkok

    Tantangan utama bagi seorang social seller adalah menciptakan interaksi dengan calon konsumen, dan menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen melalui produk atau layanan yang dijual.

    Tips Sukses Melakukan Social Selling?

    Lalu, bagaimana cara melakukan social selling? Setidaknya empat hal berikut ini yang perlu Anda lakukan:

    • Pilih Platform yang Tepat
      Ada banyak sekali platform social media sekarang ini, pilih dengan bijak dan sesuai dengan target market Anda.
    • Pahami Algoritma  setiap platform media sosial
      Setiap media sosial memiliki sistem algoritma yang berbeda.Dengan memahami bagaimana hal tersebut bekerja maka Anda bisa  meningkatkan pangsa pasar dan penjualan . Kunci utama dalam memahami algoritma adalah viralitas.

    Algoritma Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sangat menyukai konten dengan viralitas yang tinggi. Kuncinya, buatlah konten yang relevan dan memicu interaksi dengan audiens. Selain itu faktor lain seperti konsistensi, detail keterangan produk, hashtag, serta ketepatan waktu mengunggah konten juga menjadi hal yang bisa mendukung.

    • Buat Profil yang Profesional dan Menjual
      Sudah menemukan dan menentukan platform yang akan anda gunakan? Jika sudah, buatlah profil  seprofesional mungkin.  Mulai dari keterangan singkat untuk membuat audiens tau kelebihan bisnis Anda, serta konten-konten dengan visual yang kuat.
    • Lupakan Spamming dan Bangun Hubungan yang Kuat
      Hindari spamming dengan terus memposting konten jualan, sekali lagi, konten yang baik adalah konten yang sifatnya solutif. Ketika sudah ada interaksi, Anda harus menjaga hubungan dengan followers.

    Perkuat hubungan dengan cara saling berinteraksi di postingan mereka. Jangan hanya fokus membuat konten dan berharap ada interaksi instant di post tersebut.

    • Tentukan solusi transaksi agar tetap produktif dan terhindar dari penipuan

    Karena Anda bertransaksi menggunakan media sosial, pemilihan metode check out menjadi sangat penting agar Anda bisa tetap produktif dan terhindar dari penipuan.

    Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Midtrans yang memungkinkan Anda bisa menerima lebih dari 20 metode pembayaran mulai dari Debit/ Credit Card, transfer bank, E-wallet dan yang lainnya.

    Tidak perlu repot harus memiliki website untuk menyambungkan API dulu, Midtrans juga menawarkan fitur Payment Link untuk pelaku UMKM. Hanya dengan membuat link yang dapat dibagikan lewat inbox di media sosial atau aplikasi chat, konsumen dapat langsung memproses pembayarannya dengan cepat.

    Selain mempermudah, ini juga dapat menghindari konsumen membatalkan transaksi karena cara membayar yang sulit. Segera daftarkan usaha Anda ke Midtrans dan gunakan  fitur Payment Midtrans.

    Tidak hanya itu, transaksi bisnis Anda juga langsung tercatat secara otomatis, yang tentunya dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara lebih efisien.

    Dengan memahami makna menjadi social seller, tidak hanya sekedar berjualan tetap menciptakan interaksi dengan target konsumen, serta tips dan trik yang bisa dilakukan maka bisnis Anda tentu dapat semakin berkembang. Selamat mencoba!! (Icha)

    realme 13 Pro Series 5G, Perkenalkan Teknologi Ultra Clear Camera with AI

    Telko.id – realme resmi memperkenalkan teknologi “Ultra Clear Camera with AI” melalui smartphone yang akan segera hadir secara global, realme 13 Pro Series 5G.

    Hal ini disampaikan pada acara realme AI Imaging Media Preview yang diadakan di Bangkok, Thailand, kemarin (4/7).

    Bertema “The Future is Here: AI is Revolutionizing Mobile Imaging”, ajang ini mempertemukan para pemimpin dan pakar di industri untuk mengeksplorasi dampak transformatif AI pada teknologi kamera smartphone.

    Acara ini dihadiri oleh Sven-Olaf Steinke – General Manager of Certification TÜV Rheinland Greater China, yang memaparkan wawasan terkini TÜV Rheinland mengenai inovasi mobile photography, dan Toshimitsu Kurosaka – Vice President of Sony Semiconductor Solutions (Shanghai) Limited, yang mengumumkan kolaborasi baru antara Sony dan realme melalui presentasi video.

    Baca juga : realme Bakal Perkenalkan Teknologi AI Imaging Terbaru, Apa Saja?

    Melalui kolaborasi antara realme dan Sony, realme 13 Pro Series 5G nantinya akan melakukan debut sensor Sony LYT-701, menjanjikan kemajuan menarik dalam pengalaman fotografi yang semakin disempurnakan oleh AI Photography Architecture terdepan di industri, HYPERIMAGE+.

    Revolusi Mobile Photography dengan AI

    “Saat ini kita berada di titik puncak revolusi dalam hal mobile photography,” ujar Francis Wong – Head of Product Marketing realme.

    Francis Wong menambahkan bahwa selama bertahun-tahun, para pelaku di industri smartphone bersaing untuk saling mengungguli dalam hal hardware kamera – megapiksel, ukuran sensor, dan teknologi lensa.

    Meskipun smartphone terus memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar terhadap pengambilan gambar kepada pengguna, kemajuan dalam solusi optik kini telah mencapai titik jenuh. Kini, masa depan fotografi bukan hanya tentang hardware saja. AI adalah ranah baru yang akan turut menentukan kualitas mobile photography di masa kini dan mendatang.

    Menandai pencapaian terbaru dalam inovasi AI, realme mengembangkan HYPERIMAGE+, arsitektur fotografi AI pertama di industri yang menghadirkan arsitektur tiga lapis yang meliputi optik kelas flagship, algoritma pemotretan AI pada perangkat, dan pengeditan gambar AI berbasis cloud.

    HYPERIMAGE+ menghadirkan perpaduan optik mutakhir yang terdiri dari sejumlah lensa, lensa periskop, dan sensor besar, menjadi landasan bagi solusi fotografi canggih yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

    Menyempurnakan hal tersebut, algoritma pemrosesan gambar dan pengeditan gambar berbasis AI lebih lanjut memproses data gambar untuk meningkatkan kualitas visual konten foto dan video. Pendekatan komprehensif baru ini membawa mobile photography ke tingkat yang lebih tinggi, memungkinkan pengguna menikmati kamera ultra jernih berbasis AI melalui sebuah smartphone.

    Rekonstruksi Estetika Portrait

    Didukung oleh arsitektur HYPERIMAGE+, realme 13 Pro Series 5G diposisikan sebagai smartphone dengan “Ultra Clear Camera with AI”, menawarkan optik kelas flagship dan kemampuan AI mutakhir yang bersama-sama menjanjikan pengalaman fotografi setara dengan kamera DSLR profesional.

    realme 13 Pro+ 5G dilengkapi sistem kamera utama ganda, kamera utama 50MP OIS dengan Sony LYT-701 pertama di industri, dan kamera telefoto periskop 50MP dengan Sony LYT-600, mendukung 3x zoom optik.

    Sistem canggih ini memungkinkan smartphone memberikan kualitas gambar luar biasa dalam berbagai skenario, mulai dari pencahayaan yang minim hingga foto portrait yang menakjubkan.

    “Kolaborasi ini lebih dari sekadar teknologi, ini tentang memberdayakan semua orang untuk menangkap dan berbagi dunia mereka dengan cara yang belum pernah dibayangkan sebelumnya,” sebut Toshimitsu Kurosaka – Vice President of Sony Semiconductor Solutions (Shanghai) Limited.

    Dengan menghadirkan kemampuan AI pada pemrosesan gambar dalam domain RAW, Algoritma AI HyperRAW realme secara signifikan meningkatkan kejernihan gambar dan rentang dinamis guna menangkap cahaya dan bayangan autentik dengan hasil yang nyata.

    realme 13 Pro Series 5G juga menghadirkan serangkaian fungsi canggih, termasuk AI Pure Bokeh, AI Natural Skin Tone, dan AI Ultra Clarity, yang menjadi tolok ukur baru untuk fotografi portrait.

    Dengan AI Pure Bokeh, kamera mampu mengidentifikasi elemen latar depan, tengah, dan latar belakang secara akurat dalam sebuah adegan, termasuk subjek yang difoto, yang kemudian digunakan untuk melakukan segmentasi objek pada tingkat piksel dan menerapkan optimalisasi algoritmik dan pemrosesan yang ditargetkan hingga menciptakan foto portrait sinematik realistis dalam hitungan detik.

    AI Natural Skin Tone dapat menyempurnakan tampilan alami berbagai warna kulit menggunakan pemrosesan AI pada perangkat, sedangkan fitur pengeditan gambar berbasis cloud, AI Ultra Clarity dapat menyempurnakan foto beresolusi rendah untuk menghasilkan gambar berkualitas menakjubkan secara signifikan, dengan mengatasi kendala-kendala fisik mendasar dari hardware kamera.

    Menjelang peluncuran yang akan datang, realme 13 Pro+ 5G juga telah menerima High Resolution Camera Certification oleh organisasi pengujian, inspeksi, dan sertifikasi pihak ketiga independen internasional, TÜV Rheinland.

    “Tidak masalah bagaimana mobile photography berkembang, kejernihan akan selalu menjadi fondasinya,” ujar Sven-Olaf Steinke – General Manager of Certification TÜV Rheinland Greater China.

    Ia pun menambahkan bahwa dari menangkap cahaya fajar dan lampu jalan, hingga memotret sinar matahari yang intens di alam terbuka, realme 13 Pro+ 5G memastikan kejernihan gambar yang luar biasa di hampir semua lingkungan pencahayaan.

    Menggarisbawahi komitmen realme dalam mempopulerkan AI dan memberdayakan pengguna muda untuk menangkap momen terbaik mereka, realme 13 Pro Series 5G dijadwalkan akan segera diluncurkan di India terlebih dahulu. (Icha)

    Telkomsel Gelar DCE Summit 2024, Perkuat Potensi Ekonomi Digital

    Telko.id – Telkomsel menggelar DCE Summit 2024 dengan tema ‘Accelerating SME Growth Thru Digital Skills’ di Bandung (4/7).

    Sebagai puncak dari Program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ketiga yang digelar sejak Desember 2023, DCE Summit 2024 menghadirkan sejumlah UKM unggulan dari kalangan pelaku usaha dan pemilik jenama lokal se-Indonesia untuk berbagi pengalaman tentang program akselerasi UKM dan pemanfaatan digital bersama alumni, ahli, dan mentor di bidang UKM.

    “DCE Summit 2024 fokus memberikan solusi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas para pelaku usaha serta pemilik jenama lokal se-Indonesia,” kata Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

    Menurut Saki, Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak sosial melalui praktik bisnis berkelanjutan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

    Baca juga : Telkomsel Hadirkan Ted, Enterprise Digital Account Manager Berbasis Gen AI

    Melalui Program DCE Summit secara keseluruhan, Telkomsel berbagi pengetahuan dan keterampilan digital sesuai kebutuhan UKM untuk meningkatkan daya saing dan mengoptimalkan potensi bisnis dengan pemanfaatan teknologi digital

    Adapun sejak Desember 2023 di Program DCE tahun ketiga, total sebanyak 2.102 UKM melakukan pendaftaran, 300 UKM terpilih berpartisipasi dalam sesi Onboarding ke ekosistem pengembangan UKM digital Telkomsel, dan 32 peserta mengikuti sesi Pitching Tracks di sejumlah kategori.

    Selanjutnya, 12 UKM unggulan di kategori F&B (Quinn Kitchenz, Rendang Sulaiman, Oh My Gethuk), Fashion (Doyle, Upject, Indri Boutique), Craft (Rajoet Gawenan, Saadi Ganoor, D’Arum), dan Personal Care (Adeos Odor, Empiris Herbal, Nasho), terpilih untuk mengikuti sesi Academy dan Mentoring secara online sejak bulan Mei 2024.

    Pada 2-3 Juli 2024 di Bandung, keduabelas peserta berkumpul secara offline menjalani agenda Bootcamp bersama para ahli di bidang UKM, Live Shopping untuk memperluas awareness produk dan jenama peserta, dan Final Pitch memperebutkan gelar UKM terbaik DCE 3.0.

    Pada akhir tahap Final Pitch di DCE Summit 2024, UKM dengan produk kuliner tradisional Gethuk yang berbahan dasar singkong dari Malang, Jawa Timur, yakni Oh My Gethuk, dinilai telah mengalami perkembangan dan pencapaian paling signifikan sepanjang periode program.

    Menampilkan presentasi terbaiknya di Final Pitch, Oh My Gethuk yang didirikan oleh Diva Velda berhak mendapatkan gelar Best of The Best of 3rd DCE.

    “Selamat atas terpilihnya Oh My Gethuk sebagai UKM terbaik di DCE tahun ketiga. Semoga jenama dan bisnis digital yang telah bertumbuh bersama DCE dan rekan-rekan peserta lainnya dapat terus serentak berkembang berikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Saki.

    Ia pun menyatakan bahwa, ke depan, Telkomsel melalui program SME impact accelerator DCE akan terus hadir mendorong perkembangan UKM dan konsisten berupaya menghadirkan bantuan dan pendampingan yang sesuai kebutuhan.

    Seperti melalui rangkaian program pelatihan, pendanaan, hingga akses ke pasar, supplier, dan ekosistem digital Telkomsel. (Icha)

    Sharp Indonesia Gandeng IDI Sosialisasi Pentingnya Udara Sehat

    Telko.id – Sharp Indonesia bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mensosialisasikan penting nya udara sehat di dalam ruangan.

    Ini menjadi penting karena permasalahan polusi udara sudah menjadi polemik global yang tak kunjung usai. Tidak hanya terjadi di luar ruang, polusi udara dalam ruang pun merupakan ancaman bagi kesehatan yang perlu di waspadai.

    Melansir informasi yang dikeluarkan oleh United States Enviromental Protection Agency (EPA), jika kadar polutan dalam ruangan memiliki tingkat 2 hingga 5 kali, bahkan hingga sampai 100 kali lebih tinggi daripada kadar polutan di luar ruangan. 

    Namun sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari hal tersebut, mereka masih menganggap bahwa kondisi di dalam ruangan akan lebih aman dari berbagai ancaman polusi yang berbahaya. 

    Baca juga : Sharp Indonesia Ekspansi Ke Pasar Smartphone Bali!

    Nyatanya, kondisi kualitas udara dalam ruang yang buruk, memiliki dampak yang lebih berbahaya dari polusi udara di luar ruangan karena kebanyakan orang menghabiskan sekitar 90 persen waktu mereka di dalam ruangan.

    Banyak penyebab polusi udara dalam ruang terjadi, salah satunya adalah ventilasi udara buruk yang menyebabkan debu, proses pembakaran dalam rumah tangga seperti rokok, memasak, bahan kimia pembersih, bulu binatang, tungau, jamur dan serbuk terjebak dalam ruangan.

    Jadi menyebabkan polusi udara dalam ruangan memiliki dampak yang lebih mematikan, kualitas udara yang buruk dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti  pneumonia, sakit kepala, sakit tenggorokan, sesak nafas, bersin, iritasi pada mata, stroke hingga Jantung.

    Pneumonia merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang menyerang organ paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur yang ada di udara.

    Selama beberapa dekade terakhir terjadi peningkatan kasus ISPA baik secara global dan menjadi penyebab utama kematian pada bayi dan balita. 

    Polusi udara juga memiliki dampak serius pada anak – anak yang dapat menyebabkan gangguan kognitif yang mempengaruhi perkembangan otak anak, seperti sulit berkonsentrasi yang menyebabkan turunnya kemampuan belajar dan daya ingat, pengembangan paru yang tidak optimal hingga gangguan pada pertumbuhan.

    Dilatarbelakangi hal tersebut, Sharp selaku produsen produk penjernih udara yang dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk bersama -sama mensosialisasikan penting-nya menciptakan udara sehat di dalam ruangan di tengah masyarakat.

    Hal ini merupakan salah satu komitmen Sharp untuk berkontribusi dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan konsumen setianya di seluruh dunia melalui produk dan teknologi yang diciptakannya.

    Sharp sendiri sudah lebih dari 20 tahun mengembangkan teknologi Plasmacluster, selama itu pula Sharp terus melakukan penelitian guna meningkatkan fungsi dari produk penjernih udaranya agar dapat memberikan ekstra perlindungan dalam menjaga kesehatan konsumen setianya.

    “Melalui kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia, kami berharap kami dapat berkontribusi lebih banyak dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan udara yang sehat di rumah mereka,” kata Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia.

    “Ciptakan Udara Sehat Untuk Indonesia’ menjadi slogan yang diangkat guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghadirkan kualitas udara yang bersih, sehat dan segar di dalam rumah.

    Pesan ini sangat sesuai dengan fungsi air purifier dan teknologi Plasmacluster milik Sharp. Seluruh produk air purifier Sharp dibenamkan ion generator yang menghasilkan Ion Plasmacluster bermuatan positif (H + (H2O) m) dan ion bermuatan negatif (O2– (H2O) n) yang dilepaskan ke udara secara bersamaan.

    Ion positif dan negatif secara instan mengikat pada permukaan bakteri di udara, jamur, virus, alergen, dan sejenisnya, kemudian mengubahnya menjadi radikal OH (hidroksil) yang memiliki daya oksidasi sangat tinggi.

    TeknoIogi Plasmacluster menjadi teknologi pemurnian udara unik yang bekerja untuk menekan aktivitas bakteri, dll, dengan memecah protein di permukaan tubuh mereka melalui reaksi kimia. Teknologi Plasmacluster mampu menghilangkan bau, melumpuhkan virus, bakteri dan kuman serta mengurangi pertumbuhan jamur dan listrik statis.

    Teknologi ini telah dipatenkan oleh Sharp dan sudah lebih dari 40 lembaga riset di dunia melakukan uji coba kemampuan Plasmacluster dalam melumpuhkan 99.9% beragam virus penyakit pernafasan dan mampu meningkatkan konsentrasi pada pengemudi kendaraan. 

    Saat ini Sharp menjadi satu-satunya brand elektronik yang memiliki jajaran produk air purifier terlengkap di Indonesia yang memiliki beragam fungsi, seperti pengatur kelembaban (humidifier/dehumidifier) pada ruangan, memurnikan ruang  kabin kendaraan, dan personal care.

    “Kami dari Ikatan Dokter Indonesia sangat mengapresiasi Sharp Indonesia yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Dampak polusi udara dalam ruang ini menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan yang utama di Indonesia,” jelas Ulul Albab, Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI).  

    Menuru Ulul, itu semua sesuai dengan program kesehatan pemerintah Republik Indonesia, kami berharap melalui kampanye ini kami dapat meningkatkan kesadaran masyarakat hingga dapat menyukseskan program pemerintah dalam mengurangi kasus angka kematian akibat Pneumonia yang terjadi di Indonesia.

    Dari penelitian yang dilakukan oleh Sharp, sembilan dari sepuluh dokter di lima kota besar Indonesia pengguna produk air purifier Sharp, merekomendasikan produk air purifier dengan teknologi Plasmacluster dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruang. Penelitian ini dilakukan melalui kerjasama antara Sharp dan lembaga survei medis dan farmasi, MIMS.

    Bersamaan dengan acara penandatangan surat kerjasama antara Sharp dan Ikatan Dokter Indonesia, Sharp pun merilis produk air purifier terbarunya yaitu Sharp Purefit mini – series yang melengkapi line-up Air Purifier Purefit sebelumnya yang didisain dengan coverage area terbesar yaitu 84m2, “Sharp Purefit mini – series ini.

    “Kami hadirkan untuk memenuhi permintaan pasar dengan coverage area yang lebih kecil. Permintaan Air Purifier dengan kapasitas kecil cenderung meningkat, dan tren Air Purifier sekarang didisain stylish agar cocok dengan disain kamar anak ataupun ruangan yang kecil. Produk ini masih mengusung tema Pure Air Pure Lifestyle yang memadukan antara inovasi teknologi dengan interior rumah”, ungkap Yudha Eka Putra, PSG Manager for AC dan Air Purifier, PT Sharp Electronics Indonesia.

    Hadir dalam tiga tipe yaitu Sharp Purefit FP-S40Y-T, Sharp Purefit FP-S40Y-W dan Sharp Purefit FP-S42Y-L, Sharp Purefit mini- series dibenamkan beragam fitur yang tak kalah canggihnya guna meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih, sehat dan segar dalam ruangan, diantara nya:

    Plasmacluster HD 7000

    Sharp Purefit mini- series dapat menghasilkan 7000 ion positif dan negatif per 1 centimeter kubik, sehingga dapat menonaktifkan virus, bakteri dan partikel bahaya di udara dengan lebih cepat dan efektif.

    Coverage Area 30 M2

    Walau hadir dengan ukuran produk yang mini namun kemampuannya untuk membersihkan udara tetap optimal hingga ukuran ruangan 30 M2.  

    Garansi Penggunaan filter hingga 2 tahun

    Filter Air Purifier Purefit ini dapat digunakan hingga 2 tahun, sehingga biaya yang ditimbulkan untuk penggantian filter lebih efisien.

    Double Suction Filter

    Kemampuan Double – Suction Filter yang dapat menghisap udara dari dua sisi kanan dan kiri membuat proses penjernihan udara dapat dilakukan jauh lebih cepat dan maksimal.

    CADR (Clean Air Delivery Rate)

    CADR (Clean Air Delivery Rate) adalah ukuran efisiensi alat pembersih udara dalam membersihkan udara di suatu ruangan, dengan memilih pembersih udara dengan peringkat CADR tinggi – berarti alat ini mampu membersihkan udara lebih cepat dan efisien. Sharp Purefit FP-S40Y dan FP-S42Y ini nilai CADR nya 260m³/jam.

    AIOT

    Khusus untuk tipe FP-S42Y, sudah dilengkapi fitur AIOT yang dapat dioperasikan melalui aplikasi Sharp Air.  

    Biomass Material

    Sharp Purefit mini – series tipe FP-S42Y ini terbuat dari bahan biomass material yang ramah lingkungan.

    Ketersedian

    Sharp Purefit mini-series sudah tersedia dipasaran dengan tiga pilihan warna off white, brown dan Gray. Ketiga tipe produk ini dilempar ke pasaran dengan kisaran harga 2 Jutaan dan sudah dapat ditemukan di offline store: Best Electric, Electronic City dan Informa kemudian untuk online store di Blibli.

    “Setiap transaksi pembelian Sharp Purefit mini series tipe apapun selama periode 3 – 5 Juli 2024 akan mendapatkan cashback e wallet sebesar Rp 200.000. Kami optimis bisa memenuhi target penjualan sebesar 2.000 unit”, tutup Yudha. (Icha)