spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1282

Bank Mandiri Tunjuk Telkomsel Untuk Solusi Bisnis Korporasinya

0

Telko-id – Dalam upaya meningkatkan penetrasi layanan berbasis solusi bisnis korporasi (Corporate Business Solution), Telkomsel melaui unit kerja Regional Account Management Area Jabotabek Jabar berhasil menggandeng Bank Mandiri sebagai mitra untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan akses layanan telekomunikasi seluler di lingkungan karyawan dan manajemen Bank Mandiri, khususnya di wilayah operasional Regional Jakarta 3, (19/9).

Kesepakatan kerja sama yang ditanda tangani bersama oleh perwakilan Telkomsel dan Bank Mandiri ini untuk tahap awal akan menyediakan paket khusus layanan pasca bayar KartuHALO Telkomsel berbasis layanan bisnis korporasi untuk sekitar 4100 karyawan Bank Mandiri di wilayah operasional Regional Jakarta 3. Penyediaan paket layanan korporasi yang lengkap dan terjangkau ini juga tidak terbatas antar sesama karyawan, namun juga dapat dimanfaatkan oleh keluarga karyawan Bank Mandiri.

“Mewakili manajemen Telkomsel kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Manajemen Bank Mandiri, terutama dari Regional Jakarta 3, yang telah berkomitmen untuk memanfaatkan layanan komunikasi mobile berbasis solusi bisnis korporasi guna menunjang kemudahan dan kenyamanan koordinasi kerja antar karyawan Bank Mandiri di seluruh Indonesia,” kata Agus Mulyadi, Vice President Sales and Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel saat acara penandatanganan kerja sama sinergis ini.

Sementara itu, Teuku Ali Usman selaku CEO Regional Jakarta 3 Bank Mandiri menambahkan “Pemanfaatan akses komunikasi karyawan Bank Mandiri menggunakan layanan berbasis solusi bisnis korporasi Telkomsel ini juga merupakan wujud komitmen kami dalam melanjutkan sinergi yang kuat antar perusahaan BUMN, dimana Telkomsel juga merupakan bagian Telkom Group. Kami berharap, akses komunikasi dan koordinasi antar karyawan juga akan semakin dimudahkan dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang sudah terjangkau hingga wilayah pelosok di Indonesia.”

Selain itu, sebagai wujud percepatan dalam adopsi layanan berbasis broadband dan gaya hidup digital, Telkomsel juga mendukung program yang dihadirkan Bank Mandiri untuk karyawannya di wilayah operasional Regional Jakarta 3 yang memberikan promo harga khusus karyawan untuk pembelian smartphone 4G LTE terbaru, yang mana nantinya sudah termasuk bundling kartu pasca bayar Telkomsel yang sudah dilengkapi paket layanan berbasis bisnis korporasi Telkomsel dengan harga terjangkau.

Saat ini, untuk wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, Telkomsel telah melayani lebih dari 1 juta pelanggan korporasi dari lebih 8900 perusahaan yang telah menggunakan layanan Corporate Business Solution Telkomsel sebagai penunjang aktifitas koordinasi perusahaan. Dengan dukungan sekitar 28 ribu BTS, yang mana 21 ribu BTS diantaranya sudah berteknologi broadband 3G dan 4G, layanan Telkomsel telah menjangkau lebih dari 90% wilayah populasi di Area Jabotabek Jabar.

“Jangkauan layanan Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah hingga pelosok Indonesia diharapkan juga dapat menjadi pendukung bagi hadirnya layanan telekomunikasi seluler berbasis korporasi untuk dapat menopang aktivitas perusahaan yang memiliki kantor perwakilan hingga tingkat kabupaten di seluruh Indonesia, terutama Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan BUMN yang memiliki penetrasi pasar yang cukup luas dan merata” pungkas Agus.  (Icha)

 

Indosat Ooredo Gencar Kampanye ‘Bijak Bersosmed’ Pada Generasi Muda

0

Telko.id – Masih ada saja para generasi muda Indonesia yang masih belum bijak melakukan kegiatan social media nya. Akibatnya, dapat berdampak buruk pada dirinya sendiri maupun lingkungannya. Itu sebabnyam Indosat Ooredoo begitu gencar mengkampanyekan ‘Bijak Bersosmed’ agar generasi muda juga dapat lebih memanfaatkan social media dengan lebih kreatif.

Dalam rangka kampanye tersebut, Indosat Ooredoo melakukan sosialisasi di SMA YWKA (Yayasan Wanita Kereta Api), Jl. Elang II/3 – Kota Bandung hari ini. Acara yang bertemakan Seminar & Workshop “Bijak Bersosmed” ini juga dihadiri oleh Blogger Senior, Mira Nurfahlia Sahid, Founder KelasKita, Stephen Ng, dan Indonesia Mengajar.

“Kami di Indosat Ooredoo mendukung gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye publik penggunaan sosial media yang bijak. Peluncuran gerakan #BijakBersosmed merupakan awal dari upaya untuk melihat sosial media kita agar menjadi tempat untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, melahirkan inovasi baru, bertukar gagasan, dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun,” kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Media sosial saat ini merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda perkotaan. Lebih dari 132 juta populasi Indonesia, atau sekitar 51% dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat-perangkat digital. Pada sisi lain, dinamika politik, ekonomi, serta sosial di Indonesia yang tinggi, bahkan penuh kompetisi, membuat atmosfer media sosial Indonesia belakangan ini menjadi riuh rendah.

Gerakan #BijakBersosmed sendiri lahir dari keprihatinan para pegiat media sosial yang menyadari betapa media sosial sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Di sisi lain, kekuatan sosial media saat ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian kelompok untuk memproduksi konten-konten yang dapat memecah belah persatuan, ujaran-ujaran yang tak bertanggungjawab, bahkan digunakan sebagai ladang profit bagi para produsen hoaks.

Gerakan #BijakBersosmed lahir dari keprihatinan tersebut dan mendorong masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosialnya agar dapat mengamplifikasi pesan-pesan positif. Gerakan #BijakBersosmed ini sekaligus menandai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72, juga merupakan bagian dari rangkaian program peringatan 50 Tahun Indosat Ooredoo.

Bentuk utama dari gerakan #BijakBersosmed selain penyebaran informasi penggunaan media sosial dengan lebih bijak, didukung oleh video-video informatif dan e-book, juga berupa penyediaan ikrar #BijakBersosmed online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.bijakbersosmed.id

Sementara itu, Indosat Ooredoo sendiri sebagai pendukung utama gerakan #BijakBersosmed ini sendiri sebelumnya sudah memberikan perhatian terhadap berbagai upaya untuk mengedukasi dan mensosialisasikan penggunaan sosial media secara lebih bijak dan positif. Seperti yang dilakukan baru-baru ini melalui volunteer program karyawan perusahaan melakukan kampanye penggunaan sosial media di SMKN 2 Jakarta, dan akan dilanjutkan di sekolah-sekolah menengah di kota lainnya dengan mengajak berbagai pegiat sosial media dalam program ini.

Indosat Ooredoo secara konsisten akan terus mendukung gerakan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam rangka memberikan manfaat positif dari perkembangan dunia digital, termasuk sosial media, kepada masyarakat Indonesia. (Icha)

 

 

Telkomsel Bakal ‘Guyur’ Pelanggannya Dengan Digital Advertising

0

Telko.id – Dengan jumlah pelanggan yang mencapai 178 jutaan, Telkomsel menjadi operator yang harus memberikan layanan yang terbaik dan informasi yang sesuai untuk setiap karakter para pelangganya. Untuk itu, operator ini mengeluarkan aplikasi ROLi untuk android.

Aplikasi digital advertising ini menyediakan berbagai fitur menarik untuk memperoleh informasi berisi promosi serta beragam konten menarik lain ini memberikan kesempatan kepada pelanggan Telkomsel untuk menikmati paket data tambahan tiap bulannya.

Aplikasi ROLi mengimplementasikan konsep Opt-in, yakni mekanisme persetujuan kepada pelanggan untuk meminta izin perihal kesediaannya menerima info, iklan, atau penawaran. Aplikasi ini menyediakan fitur Lock Screen, di mana pada saat smartphone dalam posisi idle atau diam, pelanggan dapat menerima info produk dan layanan yang sesuai dengan kategori minat dan ketertarikannya, yakni kuliner, bisnis, gadget, seni, fashion, olahraga, sepakbola, kesehatan, hiburan, musik, film, otomotif, dan travelling.

Untuk menikmati benefit di ROLi, pelanggan hanya perlu mendaftarkan nomor Telkomsel aktif yang digunakannya dan mengisi data-data pribadi yang diperlukan, seperti nama, alamat e-mail, dan tanggal lahir. Pelanggan yang mengunduh ROLi di Play Store dan mengaktifkan fitur Lock Screen secara terus menerus dapat menikmati paket data tambahan dengan kuota sebesar 300 MB setiap bulannya.

“Sebagai sebuah platform, ROLi memberikan added value dan banyak keuntungan bagi pelanggan dan brands. Dengan menggunakan ROLi, pelanggan Telkomsel bisa memperoleh promosi yang sesuai dengan minatnya dan mendapatkan tambahan paket data, SMS, telepon, serta berbagai benefit lainnya. Sedangkan bagi brands, ROLi dapat menjadi tools dalam menjangkau pasar dan konsumen baru dengan lebih efektif dan efisien,” kata Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising Telkomsel.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan ROLi adalah kustomisasi. Dengan fitur ini, pelanggan diberi kebebasan untuk mengatur konten promosi dan informasi apa saja yang bisa tampil, baik itu pada fitur lock screen maupun pada fitur menu lain yang tersedia di dalam aplikasi ROLi. Di samping itu, pelanggan juga diberikan pilihan untuk bisa menampilkan daily quotes, foto-foto dengan kualitas highdefinition, dan foto-foto milik pelanggan pada fitur lock screen perangkat miliknya.

Keunggulan lainnya adalah fitur Koin, di mana pelanggan dapat mengumpulkan koin dan menukarkannya dengan beragam hadiah menarik yang tersedia di dalam aplikasi ROLi. Koin dapat dikumpulkan pelanggan dengan melakukan beragam aktivitas di dalam aplikasi ROLi melalui fitur-fitur menarik di dalamnya. Pada fase awal ini hadiah yang ditawarkan adalah berupa paket data, SMS, dan telepon. Ke depannya, beragam hadiah yang lebih menarik akan tersedia.

Selain melalui Lock Screen, pelanggan juga bisa memperoleh informasi maupun promosi-promosi lain dari rekanan ROLi lewat fitur Lihat Iklan (Watch Ads). Sementara itu, di samping fitur Kustomisasi dan Koin, masih banyak fitur menarik lainnya yang menjadikan ROLi berbeda dengan aplikasi sejenis di pasaran, seperti fitur Survei, Artikel, ROLi News, Undang Teman, dan lainnya.

ROLi dapat membantu berbagai brands maupun advertisers untuk mendapatkan target segmen yang lebih tepat serta menjangkau pasar dan konsumen baru yang lebih luas melalui sistem dan cara yang lebih efektif dan efisien dengan dukungan jaringan pelanggan Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari 178 juta pelanggan.

Selain menghadirkan keleluasaan bagi pelanggan untuk memilih cara mendapatkan info promo sesuai minat dan dengan cara yang lebih nyaman, kehadiran ROLi juga membuat pelanggan bisa menikmati keuntungan ganda, yakni promosi yang didapat dari aplikasi ROLi dan promosi yang diperoleh dari program pengiklan yang bekerjasama dengan Telkomsel. (Icha)

 

 

 

Pemerintah Targetkan Kelahirkan Satu Unicorn Startup Tiap Tahunnya

0

Telko.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berharap pertemuan antara komunitas e-commerce Indonesia dan Investor Jepang akan mendorong kelahiran unicorn startup baru di Indonesia. “Kali ini yang menjadi showcase Tokopedia dan Gojek. Target kita tiap tahun akan ada unicorn baru,” paparnya dalam acara Indonesia-Japan Digital NexICorn Meet Up.

Rudiantara juga mengatakan bahwa event ini akan menjadi langkah awal pemerintah dalam mengundang investor luar. “Ini langkah awal pemerintah, players dan unicorn untuk membangun ekosistem digital. Kami juga akan datang ke negara-negara yang dinilai memiliki potensi untuk berinvestasi di Indonesia. Kita tidak bisa pasif tapi perlu pro aktif untuk menjual Indonesia secara positif.” jelas Chief RA.

Pertemuan tersebut diharapkan akan dapat menghasilkan kesepakatan kerjasama bisnis. “Kita ingin serius dan terstruktur dalam berinvestasi. Pihak Jetro yang koordinir 50 investor dari Jepang akan berhadapan dengan perusahan startup yang potensial dari Indonesia untuk dilatih agar bisa menjual dan menghasilkan investasi,” harapnya.

Event ini dijelaskan oleh Menkominfo menjadi langkah awal pemerintah dalam mengundang investor luar. “Ini langkah awal pemerintah, players dan unicorn untuk membangun ekosistem digital. Kami juga akan datang ke negara-negara yang dinilai memiliki potensi untuk berinvestasi di Indonesia. Kita tidak bisa pasif tapi perlu pro aktif untuk menjual Indonesia secara positif.” jelas Chief RA.

Saat ini telah terjadi perpindahan dalam pola investasi di Jepang, dimana investasi beralih dari goods ke manufaktur. Untuk itu Menkominfo mengajak para investor Jepang untuk melakukan investasi di Indonesia. “Banyak alasan untuk investasi di Indonesia, selain pemerintah melakukan perbaikan untuk kepentingan bisnis seperti kemudahan dari sisi perizinan. Kita juga lakukan reformasi hukum untuk pengembangan iklim bisnis dan investasi. Indonesia juga meraih peringkat pertama dalam tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.” kata Rudiantara.

Indonesia diyakini Menkominfo juga akan menjadi tempat yang tepat bagi para investor untuk berinvestasi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil 10 tahun belakangan; Indonesia akan menjadi 5 besar Negara dengan ekonomi terbesar pada tahun 2030; bonus demografi berupa 180 juta penduduk usia produktif pada 2030; dan berbagai perubahan cepat pada lingkungan bisnis.

Selain itu pemerintah juga melakukan reformasi kebijakan di sektor TIK dan ekonomi digital, diantaranya melalui kebijakan Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) minimal 40% untuk smartphone 4G yang masuk Indonesia; Penyederhanaan proses sertifikasi untuk mobile phone, computer dan tablet; serta revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Sedangkan reformasi kebijakan ekonomi digital dilakukan dengan dikeluarkannya Daftar Negatif Investasi (DNI) yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016; Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2016 tentang Safe Harbor Policy; dan Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Roadmap E-commerce).

Ditambahkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin beberapa program yang tercakup dalam Roadmap E-commerce 2017-2019 antara lain logistik, Keamanan siber security, Infrastruktur TIK, pendidikan dan sumber daya manusia, funding, dan perlindungan konsumen. (Icha)

 

 

 

Masyarakat Indonesia Masih ‘Malas’ Tinggalkan 2G, Kenapa?

0

Telko.id – Setelah hampir 2 tahun 4G masuk ke Indonesia, ternyata belum banyak diminati oleh masyarakat. Ada sekitar 60 – 70% pengguna telekomunikasi masih enggan pindah dari 2G. Dari diskusi ‘Obrolan Telko’ yang berlangsung di Jakarta, ada beberapa penyebab.

Menurut Nonot Harsono, Dosen PENS dan Pengamat Telekomunikasi, Mastel Institute, penyebab pertama, karena supply layanan 4G penetrasinya masih kecil, baik coveragemaupun kepemilikan handset 4G pada pengguna yang mungkin karena willingness to buy atau daya beli dari mayoritas lapisan masyarakat masih kurang.

Kedua, kebutuhan masyarakat  akan layanan 4G memang belum tumbuh. Menurutnya, penyebab yang kedua masih lebih besar dari yang pertama, yakni kebutuhan masyarakat  akan layanan 4G memang belum tumbuh. Kalau disimak lebih cermat,  sebenarnya bagi pengguna, nilai tambah yang didapat dari 4G dibanding 3G adalah peningkatan kenyamanan dan kepuasan dari user experience (UX), atau biasa diistilahkan dengan “convenience and satisfaction”.

Dikarenakan masih banyak menggunakan layanan 2G, maka permintaan akan device 2G pun masih sangat banyak. “Masih sekitar 70% masyarakat Indonesia membeli device 2G. Yang membeli device 4G masih diperkotaan. Belum sampai ke pinggiran,” ujar Djatmiko Wardoyo, Director of Marketing & Communications Erajaya.

Perangkat 4G dengan harga terjangkau, bisa jadi merupakan solusi agar masyarakat Indonesia mau migrasi ke 4G. Idealnya, range harga ponsel 4G agar bisa diterima pasar menengah bawah berkisar USD 250. Karena daya beli rata-rata pengguna 2G yang kebanyakan dari kelas menengah bawah hanya maksimal mampu membeli handset seharga USD 125.

Ponsel 4G murah di Indonesia bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Karena saat ini, beberapa vendor dan pabrikan ponsel telah mulai memproduksi ponsel 4G murah dengan kisaran harga Rp 500 ribu. Saat ponsel 4G sudah menjadi sangat terjangkau, maka akan bisa mengatasi keengganan pengguna 2G bermigrasi ke 4G karena alasan handset yang mahal.

Itu sebabnya, Smartfren selalu mengeluarkan device 4G yang terjangkau. Namun, sebentar lagi, Smartfren juga akan meluncurkan device 4G yang bukan layar sentuh. “Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, device dengan keypad 3×3 mash diminati. Keengganan untuk belajar lagi ke touch screen menjadi kendala juge bagi masyarakat untuk migrasi. Diharapkan, dengan adanya device 4G dengan keypad ini menjadi solusi untuk meningkatkan penetrasi 4G di Indonesia,” kata Hartadi Novianto, Head of Device Sourcing & Management Smartfren Telecom,

Pengguna ponsel di Indonesia diharapkan dapat segera melakukan migrasi secepatnya ke 4G, sehingga tidak tertinggal jauh dari perkembangan teknologi di era digital saat ini. Namun harus diakui, melakukan perpindahan teknologi dari 2G ke 4G merupakan tantangan terbesar yang dihadapi oleh Indonesia untuk bisa melangkah ke tahapan teknologi berikutnya.

Besarnya jumlah pengguna teknologi 2G juga merupakan salah satu penyebab terhambatnya Indonesia dalam hal tren teknologi. Padahal Indonesia bisa menjadi sebuah pasar yang memiliki peluang yang besar untuk bisa mencoba merasakan perubahan telekomunikasi yang cepat.

Agar migrasi dari 2G ke 4G bisa berlangsung cepat, maka harus dilakukan edukasi bagi para pengguna 2G mengenai kelebihan perangkat dengan teknologi 4G. Tentunya ini akan dijalankan dengan bantuan dari para operator. Namun ini juga bukanlah sebuah proses yang gampang untuk dilakukan, khususnya apabila menghadapi pengguna dari pedesaan yang belum sanggup membeli ponsel 4G.

Masyarat harus mendapat edukasi tentang beberapa kelebihan teknologi 4G yang ada di feature phone. Seperti misalnya baterainya lebih tahan lama jika dibanding smartphone. Kemudian bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Call dan chattingmenjadi pengganti telpon dan SMS. Bisa menggunakan aplikasi jejaring sosial lebih cepat, seperti Facebook. Dan juga pengguna bisa menikmati video call lewat aplikasi WhatsApp.

Di sisi lain, perlu adanya ketegasan dari pemerintah untuk membuat peraturan yang bisa membatasi atau menghentikan pemakaian frekuensi 2G. Jika kedua point diatas tersebut bisa dilaksanakan, maka proses migrasi dari 2G ke 4G diyakini bisa lebih cepat.

Menurut Nonot, tantangan pemerintah dan para penyedia jaringan 4G adalah bagaimana menciptakan the real needs dari 4G yang bukan sekedar untuk convenience dan satisfaction; misalnya utk alat bantu dalam menjalankan bisnis. Bisa saja pemerintah membuat program pembinaan e-UKM yang lebih nyata dengan pelatihan literasi teknologi dan subsidi gadget. Konon ada lebih dari 100 ribu UKM yang bisa diprovokasi untuk menggunakan teknologi 4G hingga seramai demam batu akik.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh GFK, penjualan ponsel di Indonesia sekarang ini sudah mencapai 60 persen, dimana sejumlah perangkat sudah memiliki kemampuan 4G. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa Indonesia akan mampu dengan cepat beralih ke teknologi 4G.

Pada akhirnya, jika 2G akan dimatikan secara perlahan, maka kita akan mencapai kondisi telekomunikasi yang lebih baik. Apalagi jika sudah ada perangkat yang bisa menggantikan ponsel 2G murah yang ada sekarang. Dari sisi penyeberan jaringan juga akan lebih baik, karena semua wilayah yang selama ini hanya terjangkau jaringan 2G akan berubah menjadi jaringan 4G dengan daya tampung pengguna yang jauh lebih besar. (Icha)

 

Demi Menangkal Serangan Cyber, XL Gelar Risk & Control Forum 2017

0

Telko.id – Serangan cyber setiap waktunya semakin menggila dan selalu berevolusi. Hal ini juga dirasakan oleh industry telekomunikasi. Itu sebabnya, dibutuhkan keamanan berlapis agar kenyamanan pelanggan dapat tetap terjaga. Dan ternyata banyak hal pelik dibalik itu semua.

“XL sendiri melihat bahwa keamanan cyber ini tidak bisa berjalan sendiri. Perlu kerjasama dari berbagai pihak dalam industri sehingga tidak perlu coba-coba dalam hal penangkalan cyber”, kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Hal tersebut yang menginisiasi XL untuk membuat Risk & Control Forum. Suatu forum diskusi dan berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan risiko bisnis. Dengan demikian, operator dapat terus mencermati tren industri dan risiko-risiko terkait.

“Dengan mendiskusikan dan berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan risiko bisnis (risk and control), kami berharap para pelaku industri ini dapat saling berbagi pengalaman, dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kompetensi mengenai hal-hal tersebut,” kata Dian menambahkan.

Di XL sendiri, perusahaan telah memiliki departemen audit internal dan manajemen risiko yang berfungsi untuk memastikan dan membantu manajemen XL Axiata terkait pengelolaan tata kelola perusahaan yang baik melalui kajian audit.

“Peningkatan serangan cyber ini setiap tahunnya seminar 20-30%. Itu sebabnya, investasi untuk security juga cukup besar. Di XL, setidaknya, 10% dari IT Spent diperuntukan untuk memastikan keamanan cyber ini’” ujar Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata.

“Sayangnya, untuk mencari ahli security saat ini masih susah. Di universitas juga belum banyak mata kuliah tentang keamanan siber. Makanya, kebutuhan tenaga asing masih besar. Padahal, liat tren sekarang, semua industri butuh (ahli security), seperti fintech,” tambah Dian.

Padahal, saat ini hampir setiap perusahaan menggunakan sistem teknologi informasi dan koneksi ke dunia digital untuk mendukung aktivitas bisnisnya. Karena itu, semua perusahaan pasti memiliki kebutuhan untuk mampu mengamankan sistem teknologi informasi yang dikelolanya. Jadi, event ini menjadi sangat penting bagi pelaku industri.

Apalagi, serangan cyber juga acap kali menyasar perusahaan-perusahaan di Indonesia. Memiliki sistem keamanan cyber dan manajemen risiko yang kuat tentu menjadi suatu nilai tambah yang penting bagi setiap perusahaan di industri ini.

XL Axiata berharap Forum Risk & Control ini selanjutnya bisa menjadi wadah bagi para praktisi audit dan manajemen risiko di industri telekomunikasi dan industri terkait untuk saling berdiskusi, berbagi ilmu, pengalaman, bertukar pikiran, dan menjalin komunikasi. Melalui event ini, para praktisi dapat mendiskusikan tren dan update terbaru terutama yang memerlukan perhatian dari sisi audit dan manajemen risiko.

Dian juga menekankan pentingnya forum ini bagi pelaku industri financial technology (fintech). Menurutnya, pelaku industri fintech pun harus aware dengan segala resiko yang mungkin muncul dari sisi cyber. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa pelaku industri fintech dalam memperluas pengembangan bisnisnya menggunakan sarana platform digital terutama dalam upaya memperbanyak pengguna. Jaminan atas keamanan data dan juga dana nasabah dari berbagai sisi tentu menjadi perhatian utama masyarakat dalam menggunakan jasa dan produk fintech. (Icha)

IM3 Ooredoo Rangsang Ide Kreatif Mahasiswa Luar Jawa

0

Telko.id – Antara mahasiswa pulau Jawa dan luar Jawa terjadi kesenjangan digital. Untu itu, IM3 Ooredoo menjalankan program Goes to Campus di berbagai perguruan tingga di luar Jawa. Sebanyak delapan orang mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di luar Jawa pun, terpilih sebagai pemenang dengan projek inovasi terbaik dalam kegiatan tersebut.

Bahkan, ke delapa mahasiswa tersebut berkesampatan bertemu, berdiskusi dan mempresentasikan projek nya di hadapan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

”Merupakan sebuah kebanggaan bagi Indosat Ooredoo untuk dapat memfasilitasi, sekaligus menampung gagasan dan pemikiran-pemikiran inovatif anak-anak muda dari berbagai wilayah di Luar Jawa ini. Mereka merupakan bagian dari generasi milenial yang mendekati berbagai tantangan digital di wilayahnya masing-masing melalui kacamata global dengan tetap memajukan pendekatan dan kearifan lokal, sesuatu yang sangat khas Indonesia dan juga bisa diaplikasikan,” ungkap Alexander Rusli yang menerima kehadiran para pemenang IM3 Ooredoo Goes to Campus dengan sangat antusias.

Program IM3 Ooredoo Goes to Campus sendiri merupakan program unggulan yang dilatarbelakangi dengan kepedulian perusahaan atas kesenjangan pemahaman dan pengalaman digital yang masih terjadi, khususnya di kalangan generasi muda di Pulau Jawa dengan di Luar Jawa. Mengusung semangat sebagai jembatan untuk literasi digital ini, Indosat Ooredoo menggelar program IM3 Ooredoo Goes to Campus di luar Jawa di seluruh wilayah Indonesia. ”Kami berharap agar generasi milenial di luar Jawa menjadi lebih melek digital untuk selanjutnya dapat memanfaatkan tren digital ini bagi sesuatu yang lebih produktif,” tambah Alexander Rusli.

Program ini dimulai dengan menggelar seminar literasi digital di berbagai kampus dari Nanggroe Aceh Darussalam hingga ke Papua. Di kampus-kampus ini, Indosat Ooredoo mengundang para mahasiswa dan mahasiswi untuk mengembangkan dan menuangkan ide-ide inovatif terkait digital ke dalam proposal yang kemudian akan dinilai oleh Indosat Ooredoo.

Peserta terpilih akan mendapat kesempatan untuk bekerja selama tiga bulan di Indosat Ooredoo dibawah bimbingan para manajer yang bertindak sebagai mentor dan teman diskusi. Dengan mengusung tagar #KerjaSeru, program ini menawarkan pengalaman kerja nyata sehari-hari bersama para profesional industri telko. ”Sehingga para peserta dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan berfikir kritis dalam sebuah lingkungan kerja yang kreatif dan dinamis,” ungkap Alexander Rusli.

Sebelumnya pada bulan April 2017, tim IM3 Ooredoo Goes to Campus menyambangi 14 kota dan mendapatkan 2500 pelamar. Selama proses seleksi, tim Talent Acquisition berkolaborasi dengan Tim Marketing untuk menentukan 53 peserta yang lolos seleksi dan mewakili kota-kota di luar Pulau Jawa seperti Batam, Medan, Padang, Lampung, Bengkulu, Jambi, Palembang, Bangka Belitung, Samarinda, Pontianak, Manado, Makassar dan Jayapura. Seluruh peserta melaksanakan kerja praktik selama bulan Juni hingga Agustus 2017 di kota asal mereka.

Di akhir periode program, 8 (delapan) peserta terbaik memiliki kesempatan pertama untuk mendapatkan badge digital yang diverifikasi oleh Tim Talent Management Indosat Ooredoo. Keunggulan dari badge digital ini adalah para peserta dapat menjadi bagian dari sistem komunitas talenta untuk bersama-sama dengan Indosat Ooredoo membangun bangsa Indonesia yang digital.

Selain badge digital, keunggulan lain yang didapatkan oleh peserta pada program ini adalah mereka mendapatkan kesempatan mempelajari hal-hal baru di dunia digital dan melanjutkan tantangan untuk bisa menyuarakan ide-ide inovatifnya di depan CEO, CHRO dan CMO Indosat Ooredoo secara langsung.

Keseruan tidak berakhir disini karena setiap peserta terbaik dapat merasakan langsung suasana kerja yang kreatif dan dinamis di salah satu perusahaan digital telko terbaik di Indonesia.

”Benar-benar seru dan menyenangkan, kami bisa menambah wawasan dan jadi lebih open minded untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya,” ujar Afifah Putri Amanda, salah satu peserta terbaik dari Universitas Muhammadiyah Palembang.

Yudi Hamdani dari Universitas Sumatera Utara juga mengungkapkan pengalamannya selama mengikuti program ini hingga tiba di Jakarta hari ini. ”Sangat luar biasa, mendapat banyak masukan baik dari sisi keilmuan, juga informasi terbarukan perihal dunia digital, mendapat relasi lebih luas, juga berbagai macam pengetahuan praktis lain yang tidak kami peroleh di bangku kuliah, serta memotivasi kami untuk senantiasa berusaha menjadi lebih baik lagi setiap harinya.”

Berikut adalah delapan peserta terbaik program IM3 Ooredoo Goes to Campus (urutan berdasarkan kota asal).

  1. Yudi Hamdani, Universitas Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara
  2. Aprimawita, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat
  3. Fatina Rosa, Universitas Tridinanti, Palembang, Sumatera Selatan
  4. Diasti Adytia Putri, Universitas Pasundan, Palembang, Sumatera Selatan
  5. Afifah Putri Amanda, Universitas Muhammadiyah Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  6. Elvira Muthia Daulay, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan
  7. Jabal Noor, Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan
  8. Ekky Rizqia, Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan

(Icha)

 

Sudah Dibuka Pre-Order Samsung Galaxy Note 8 Sampai 18 September

0

Telko.id – Samsung Galaxy Note 8 bakal resmi masuk ke Indonesia pada tanggal 18 September mendatang. Image merek asal Korea yang cukup kuat di masyarakat pun membuat operator rame-rame buka pre-order.

Galaxy Note 8 yang menjadi flagship terbaru Samsung pada semester II tahun ini di gadang-gadang akan menjadi competitor utama iPhone 8 yang diperkirakan akan diumumkan oleh Apple pada bulan September ini.

Sebelum membeli, sebaiknya bandingkan dahulu program yang ditawarkan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren. Seperti apa program pre-order nya yang digelar dari 8 – 18 September 2017?

XL Prioritas

Jika membeli melalui operator XL, Galaxy Note 8 ini dapat diperoleh seharga Rp.13.000.000 ditambah dengan PrioXL 24 bulan sebesar Rp.9.240.000. Jadi total yang harus dibayar adalah Rp.22.240.000. Tapi jika membeli kartu kredit Citi Bank, ANZ dan BRI akan mendapatkan cash back sebesar Rp.8.300.000. Dengan catatat harus dibayar full. Jadi hanya membayar Rp.13.940.000.

Jika menggunakan bank Mega maka bisa membayar Rp.7.500.000 diawal dan selanjutnya akan ditagihan pada kartu kredit sebesar Rp.800.000. Sehingga total nya menjadi Rp.14.740.000. Sedangkan, untuk pembelian menggunakan BCA maka hanya perlu membayar Rp.6.900.000 yang akan diberikan gratis cicilan di bulan pertama dan selanjutnya menyicil selama 12 bulan sebesar Rp.1.278.333/bulan.

Cicilan yang paling kecil adalah menggunakan kartu standard chartered dan Bank BRI. Cukup membayar Rp. 7.300.000 dan setiap bulannya akan ditagihkan Rp.1.245.000.

maka akan dibundel dengan layanan XL PRIORITAS dan akan memperoleh cashback hingga Rp 8,3 juta. Selain itu juga akan memperoleh manfaat tambahan berupa asesoris “AKG Speaker S30” senilai Rp 1,8 juta secara cuma-cuma.

Selain itu, untuk dapat menikmati manfaat ini, pelanggan cukup dengan berlangganan plan PRIORITAS Shopping Points XL Rp 350 ribu/bulan selama 2 tahun. Dengan plan PRIORITAS Shopping Points XL ini, setiap bulannya pelanggan dapat menikmati kuota internet 10GB yang dapat digunakan di jaringan 2G/3G/4G, 200 menit ke semua operator dan 200 SMS ke semua operator.

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan kenyamanan dan memberikan manfaat lebih kepada para pelanggan XL PRIORITAS, dan kami juga yakin program pre-order ini akan mendapatkan respon yang positif selaras dengan upaya kami untuk menjadi bagian terdepan dalam  memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan perangkat smartphone terbaru dengan pilihan paket layanan data yang menarik,” kata Rashad Javier Sanchez, Senior Advisor Postpaid & XL Center XL Axiata.

Telkomsel

Berbeda dengan XL, Telkomsel menawarkan pre-order Samsung Galaxy Note 8 dengan harga Rp 12,999 juta. Harga yang sama untuk pelanggan pascabayar (kartu Halo) maupun prabayar.

Cara Telkomsel menyikapi pre-order ini juga cukup menarik. Bukan bermain dengan harga pembelian. Pasalnya, Telkomsel memberikan program yang sangat beragam untuk akses internetnya. Bahkan diberikan harga diskon untuk fasilitas bertelekomunikasinya. Termasuk untuk telepon, SMS dan tidak ketinggalan diberikan juga ‘cash back’ yang akan langsung masuk ke dalam TCash untuk para pelanggan paskabayar baru. Untuk pelanggan lama, paket data nya hanya dikenakan Rp120.000 dengan 8GB akses internet.

Selain itu, pembalian pre-order ini juga dapat menggunakan poin yang dimiliki oleh pelanggan. Untuk 600 poin mendapat potongan harga Rp 250.000 atau 1000 poin untuk mendapat potongan harga Rp 500.000.

Untuk pembelian menggunakan fasilitas bank, tidak jauh berbeda dengan operator lain. Dan, tetap, setiap pembelian akan diberikan gratis speaker AKG dari Samsung.

Smartfren

Paket bundling Smartfren – Samsung Galaxy Note8, ditawarkan dengan harga Rp. 12.999.000,-. Pembeli akan mendapatkan beragam benefit berlimpah mulai dari cash-back hingga 6,5 juta rupiah, bonus kuota internet 40GB setiap bulannya, hingga gratis menelepon ke sesama Smartfren selama 30 hari dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bahkan bagi pembeli yang memesan di medio 8 – 18 September 2017 akan mendapatkan gratis AKG wireless speaker.

“Produk bundling di kelas premium ini kami hadirkan bagi para pelanggan serta masyarakat yang mencari sebuah kesempurnaan komunikasi, antara perangkat berkualitas tinggi dengan jaringan 4G LTE Advanced Smartfren. Dengan kombinasi tersebut, kami yakin dapat menghadirkan pengalaman komunikasi yang berbeda seperti streaming video dengan lancar, browsing tanpa hambatan, dan menikmati beragam konten di media sosial. Sekaligus menunjukkan sekali lagi bahwa layanan Smartfren saat ini sudah dapat dinikmati di beragam tipe dan merek handphone 4G salah satunya Samsung Galaxy Note8 ini” Ujar Derrick Surya, VP Brand and Marcomm Smartfren.

Indosat Ooredoo

Operator yang identik dengan warna kuning ini menyediakan bundling Samsung Galaxy Note 8 dengan paket data Super Plan 400 untuk 24 bulan.

Harga paket data selama 24 bulan itu semestinya Rp 9,6 juta. Namun Indosat memberikan potongan, sehingga pengguna cukup membayar Rp 13,099 juta untuk mendapatkan smartphone beserta paketnya.

Selain itu, pengguna juga mendapat bonus tambahan berupa langganan Spotify premium selama 6 bulan, lalu diskon 10 persen untuk perpanjangan langganan tersebut; ada juga bebas akses Iflix tanpa biaya langganan dan paket Stream On.

Spesifikasi Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 memiliki fitur yang sangat mumpuni. Didukung dengan sistem Android 7.1.1 (Nougat), perangkat ini berkemampuan 6GB. Tak hanya itu, dual kamera dengan 12 MP kamera belakang dan 8 MP kamera depan semakin melengkapi performanya. Program pre-order ini dilaksanakan mulai tanggal 8 – 18 September 2017. Sementara pengambilan Samsung Galaxy Note 8 ini dilakukan pada tanggal 28 – 5 Oktober 2017 di lokasi yang sama saat melakukan pre-order. (Icha)

 

‘Jabar Hade’ Jadi Program Untuk Perkuat Ekosistem Broadband Telkomsel di Jawa Barat

0

Telko.id – Jawa Barat memang menjadi salah satu wilayah yang didorong penggunaan broadband nya oleh Telkomsel. Namun, dorongan itu tidak akan berarti jika ekosistem broadband itu sendiri belum terbentuk. Untuk itu, operator ini membuat program JABAR HADE yang bersinergi dengan para mitra penjual device.

Dalam program tersebut, Telkomsel menggandeng sebanyak 358 Mitranya yang berada di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Jawa Barat. Seperti Bandung, Kuningan, Cirebon dan Tasikmalaya. Tetap yang mendapat keuntungan dari program ini adalah para pelanggan yang loyal menggunakan layanan Telkomsel. Bentuk apresiasinya adalah memperebutkan sejumlah hadiah menarik mulai dari motor matic, mobil, hingga paket ibadah Umroh.

“Pengundian hadiah dari program JABAR HADE merupakan bentuk loyalitas Telkomsel kepada pelanggan. Selamat kepada para pelanggan yang menjadi pemenang, kami terus berupaya untuk mengapresiasi para pelanggan setianya dengan berbagai macam program menarik dan menunjang kebutuhan komunikasi mereka,” kata Agustiyono, General Manager Sales Regional Jabar Telkomsel.

Mekaninsme program ini adalah dengan mendorong setiap pelanggan yang melakukan pembelian smartphone baru dengan bundling perdana internet dan disertai pengaktifan paket data Telkomsel  minimal senilai Rp. 50 ribu akan mendapatkan sejumlah kupon undian untuk meraih kesempatan memenangkan hadiah 1 unit Mobil Honda Brio, sejumlah unit motor matic Yamaha serta puluhan smartphone 4G LTE.

Dalam program ini, tercatat jumlah aktivasi paket data Telkomsel secara terpisah dan melalui mekanisme pembelian smarphone bundling mencapai lebih dari 375 ribu transaksi. Jumlah transaksi dan aktivasi produk Telkomsel yang tinggi ini akan mendorong utilisasi layanan berbasis broadband dan digital seiring dengan pertumbuhan jumlah BTS 4G yang mencapai sekitar 200% dibanding tahun sebelumnya. Dengan begitu, ekosistem gaya hidup masyarakat Jawa Barat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital Telkomsel juga akan semakin matang.

“Saat ini ada lebih dari 2,1 juta pelanggan pengguna 4G Telkomsel di Jawa Barat. Dengan animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap layanan broadband dan digital ini, Telkomsel terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jaringan dan layanannya. Kedepan akan ada beragam program menarik lainnya untuk mendukung peningkatan ekosistem broadband dan digital di masyarakat” tutup Agustiyono. (Icha)

Indonesia Termasuk Urutan Ketiga Yang Paling Rentan Terhadap Malware

0

Telko.id – Microsoft CyberSecurity baru saja mengumumkan hasil temuannya. Di mana, dalam laporan Security Intelligence (SIR) volume 22nya menemukan bahwa Negara berkembang seperti Banglades, Kamboja, Indonesia, Myanmar dan Vietnam termasuk diantara lima besar negara di Asia Pasifik yang paling terekspos oleh program berbahaya.

Pada kuartal 2 tahun 2016, 45,2% komputer di Indonesia terserang malware, lebih tinggi dengan angka rata-rata global pada kuartal yang sama sebesar 20,8%. Kategori perangkat lunak berbahaya yang paling sering ditemui di Indonesia pada kuartal 2 2016 adalah Trojans dengan 41,5% angka serangan pada seluruh komputer, naik 37,8% dibandingkan angka pada kuartal sebelumnya. Worms menempati posisi kedua, dengan 24,5% serangan pada seluruh computer, turun 26,3% dibandingkan kuartla sebelumnya.

Laporan semi-tahunan Microsoft Security Intelligence (SIR) memaparkan data dan sudut pandang mendalam terhadap lanskap ancaman global, secara spesifik kepada kerentanan perangkat lunak, eksploitasi, malware dan serangan berbasis web. Dalam versi terbaru ini, laporan tersebut melacak endpoint serta ancaman data pada komputasi awan dan profil lebih dari 100 pasar individu. Laporan ini juga membagikan studi kasus terbaik dan solusi yang dapat membantu organisasi untuk dapat melindungi, mendeteksi dan merespon ancaman dengan lebih baik.

“Seiring kemajuan komputasi awan cerdas dalam era transformasi digital ini, kami dimotori oleh teknologi untuk mengejar kesempatan tanpa henti dengan dampak yang lebih besar,” jelas Antony Cook, Associate General Counsel, Microsoft Asia Pasifik, Jepang & Australia.

“Bagaimanapun, kita tidak akan selamanya tetap aman dan dapat mencapai kapasitas secara penuh pada dunia yang selalu terhubung ini, tanpa memahami ancaman keamanan siber dan menambah pemahaman mengenai perkembangan cybercrime,” kata Antony menambahkan.

Adapun, negara di Asia Pasifik yang Paling Rentan Terhadap Serangan Malware:

1.     Bangladesh

2.     Kamboja

3.     Indonesia

4.     Myanmar

5.     Vietnam

1.     Nepal

2.     Thailand

3.     Filipina

4.     Sri Lanka

5.     Malaysia

1.     Korea

2.     Singapura

3.     Selandia Baru

 

Rata-rata Serangan Malware di Berbagai negara di Asia Pasifik pada Kuartal 1 2017 (dari tertinggi hingga terendah)

Dalam lingkup Asia Pasifik, laporan ini menemukan bahwa sekitar satu dari empat komputer di Bangladesh, Kamboja dan Indonesia yang menjalankan produk keamanan real-time Microsoft di negara-negara ini melaporkan adanya serangan malware antara Januari sampai Maret 2017. Bangladesh, Kamboja, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Nepal dan Thailand masing-masing melaporkan adanya serangan malware dengan rata-rata tingkat lebih dari 20% pada kuartal pertama 2017. Angka ini lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan rata-rata global sebesar 9%.

Di sisi lain, negara-negara di Asia Pasifik dengan level kematangan teknologi informasi yang lebih tinggi, yakni Selandia Baru dan Singapura, memiliki performa yang lebih baik dibandingkan rata-rata global.

Naiknya Angka Serangan Ransomware 

Ransomware adalah salah satu jenis malware yang paling terkenal pada tahun 2017. Pada paruh pertama tahun ini, dua gelombang serangan ransomware, yakni WannaCrypt dan Petya, memanfaatkan kerentanan pada sistem operasi Windows usang di seluruh dunia dan menonaktifkan ribuan perangkat dengan membatasi akses data secara tidak sah melalui enkripsi. Hal ini tidak hanya mengganggu kehidupan sehari-hari individu tapi juga melumpuhkan banyak operasional perusahaan.

Sebagian besar serangan telah terkonsentrasi secara tidak proporsional di Eropa, dan banyak negara di Asia Pasifik belum terkena dampak yang parah. Namun, Korea adalah satu dari sedikit pengecualian di wilayah ini, dengan kejadian ransomware tertinggi kedua di seluruh dunia.

Penyerang mengevaluasi beberapa faktor saat menentukan wilayah mana yang harus ditargetkan, seperti GDP suatu negara, usia rata-rata pengguna komputer dan metode pembayaran yang tersedia. Bahasa juga dapat menjadi faktor pendukung utama karena serangan yang sukses sering kali bergantung pada kemampuan penyerang untuk melakukan personalisasi pada pesan untuk meyakinkan pengguna untuk mengaktifkan data berbahaya tersebut.

Layanan dan Akun Komputasi Awan Dibawah Kepungan Siber

Seiring dengan meningkatnya migrasi awan, awan telah menjadi pusat data utama bagi sebagian besar organisasi. Ini juga berarti data berharga dan aset digital yang tersimpan di awan, membuatnya menjadi target bagi penjahat dunia maya.

Sebagian besar serangan terhadap akun konsumen dan perusahaan yang dikelola pada komputasi awan ini diakibatkan oleh kata kunci yang lemah dan dapat ditebak serta pengelolaan kata sandi yang buruk, diikuti oleh serangan phishing yang ditargetkan dan pelanggaran layanan pihak ketiga. Seiring dengan frekuensi dan kecanggihan serangan terhadap akun pengguna pada komputasi awan yang meningkat, kebutuhan untuk pengamanan data melampaui kata sandi untuk otentikasi sangatlah diperlukan.

Membangun Kepercayaan di Dunia Digital dengan Memperkuat Postur Cybersecurity

Seiring lanskap ancaman yang terus berevolusi dan berkembang, sebuah organisasi perlu memastikan bahwa sudah memiliki rancangan keamanan siber yang solid, bersih dan kuat untuk melindungi lingkungan digitalnya dengan lebih baik, serta mendeteksi ancaman dan merespon serangan.

Berikut adalah empat praktik terbaik yang dapat dipertimbangkan oleh individu dan organisasi untuk meminimalisir risiko siber dan tetap bertahan dalam lanskap ancaman yang selalu berubah:

  • Jangan bekerja di hotspot Wi-Fi umum tempat penyerang dapat “mengintip” komunikasi digital, menangkap detil login dan kata sandi, serta mengakses data pribadi.
  • Teratur memperbarui sistem operasi dan program perangkat lunak lainnya untuk memastikan patch terbaru telah diinstal. Hal ini dapat mengurangi risiko eksploitasi kerentanan.
  • Mengurangi risiko kompromi kredensial dengan mendidik pengguna tentang mengapa mereka harus menghindari kata kunci sederhana dan menerapkan metode otentikasi multi faktor, seperti satu dari Azure Multi-Factor Authentication (MFA).
  • Terapkan kebijakan keamanan yang mengontrol akses kepada data sensitif dan membatasi akses jaringan perusahaan ke pengguna, lokasi, perangkat, dan sistem operasi yang sesuai. Kebijakan ini dapat secara otomatis memblokir pengguna tanpa otorisasi yang tepat atau menawarkan saran yang mencakup pengaturan ulang kata sandi dan penegakan autentikasi multi-faktor.

Sumber daya seperti Laporan Intelijen Keamanan hanyalah satu aspek pendekatan dan komitmen komprehensif Microsoft terhadap keamanan – termasuk platform holistik, kecerdasan unik dan kemitraan luas – yang sangat penting untuk memungkinkan transformasi digital organisasi terkemuka di Asia Pasifik. (Icha)