spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 1283

Mantap, Akibat TKDN Import Smartphone Pun Turun 36%

0

Telko.id – Dengan adanya aturan TKDN atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri, terbukti mampu meningkatkan investasi di dalam negeri dan menyerap tenaga kerja lebih banyak. Seperti yang tercatat oleh Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di mana, investasi industri manufaktur perangkat seluler di Indonesia mencapai Rp7 Triliun dan menyerap lebih sekira 13 ribu tenaga kerja.

“Sekitar 43 merek perangkat telepon seluler sudah dibuat di Indonesia dengan total investasi manufaktur kurang lebih 7 triliun rupiah dan penyerapan tenaga kerja sebesar 13.000 pekerja,” kata Mochammad Hadiyana, Plt. Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Ditjen SDPPI yang dilansir dari berita Kementerian Komunikasi dan Informatika. Informasi tersebut diperoleh dari pendataan terhadap sertifikasi perangkat seluler.

Lebih lanjut, Hadiyana menyatakan jumlah itu berasal dari 18 industri Handphone Komputer Genggam dan Tablet (HKT) yang beroperasi di Indonesia. “Saat ini sudah tumbuh 18 perusahaan yang berfungsi sebagai electronic manufacturing system untuk merakit perangkat telepon seluler, komputer genggam dan komputer tablet,” tambahnya.

Kondisi tersebut juga memperngaruhi produk diimpor dari luar negeri. “Dalam akhir tahun 2016, produk impor menurun sebesar lebih kurang 36% dari tahun 2015, menjadi lebih kurang 18,5 juta unit dengan nilai lebih kurang USD 775 juta untuk 50 merek lokal dan internasional,” paparnya.

Hal yang menarik, dengan adanya penurunan impor HKT ternyata membawa kontribusi pada peningkatan produksi di dalam negeri. “Meningkat sebesar 36% dari tahun 2015, menjadi lebih kurang 68 juta unit untuk 42 merek lokal dan global,” jelasnya.

Mengenai kebijakan ketentuan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Direktur Standardisasi menyatakan sudah banyak produsen yang mematuhi aturan tersebut. “Saat ini berdasarkan Data Sertifikasi per tahun 2017 sudah ada setidaknya 13 merek perangkat telekomunikasi yang sudah memiliki TKDN diatas 30%,” tuturnya.

Kondisi itu pun memiliki kontribusi terhadap penurunan impor untuk hampir semua perangkat genggam atau mobile. “Dengan diberlakukannya ketentuan TKDN maka nilai impor telepon seluler, komputer genggam dan komputer tablet turun dengan nilai USD 2,8 juta dari tahun 2014 ke tahun 2016,” pungkasnya. (Icha)

Trend Ke depan Pelanggan Paskabayar Indonesia Akan Tumbuh Pesat

0

Telko.id – Bagi operator, memiliki pelanggan paskabayar memang menyenangkan. Pasalnya, dari sisi ARPU atau average rate per usage lebih tinggi ketimbang prabayar. Lalu, loyalitasnya juga lebih tinggi.

“Pelanggan paskabayar itu lebih loyal. Terbukti, rasio churn atau berganti nomor ke operator lain hanya di bawah 2 persen, sementara yang prabayar rasionya sekitar 15 persen hingga 20 persen. ARPU untuk pascabayar juga lebih besar, sampai Rp 200.000-an. Sementara yang pra bayar hanya sekitar Rp 36.000-an,” ucap Dian, Presdir/CEO XL Axiata menjelaskan.

Di sisi lain, dengan adanya trend penggunaan data yang semakin tinggi, masyarakat pun banyak yang tidak mau ‘ribet’ dengan harus mengisi pulsa, memperhatikan masa tenggang kartu dan kuota. Akibat dari trend tersebut memberikan dampak yang positif pada operator, di mana banyak juga masyarakat yang asalnya pengguna prabayar pindah ke paskabayar karena tidak perlu mengingat masa tenggang kartu maupun kuota.

Fenomena ini terlihat pada XL. Di mana, terjadi peningkatan jumlah pelanggan paskabayar cukup signifikan. Pada akhir tahun lalu, pelanggan paskabayar XL 400 ribu saja. Ketika lebih fokus menggarap pelanggan paskabayar, ternyata direspon dengan baik oleh masyarakat hingga terjadi kenaikan sampai 600 ribuan pelanggan.

“Pada sister company XL di Malaysia, yang paling tumbuh itu justru pelanggan pascabayar. Saya rasa Indonesia juga bakal ke arah sana. Target XL sampai akhir 2017, Mudah-mudahan bisa sampai 800 ribu pelanggan,” jelas Dian menambahkan.

Sekadar informasi, hingga akhir Juni 2017 lalu, pelanggan XL Axiata mencapai 50,5 juta pelanggan, sebanyak 582.000 di antaranya adalah pelanggan layanan pascabayar.

Untuk menjaga agar pelanggan tetap loyal, XL pun memberikan apresiasi berupa hadiah utama untuk para pelanggan setia yang memenangi Program Xtravaganza & FantAXIS periode 7 Mei – 4 Agustus 2017. 
 
Jumlah pelanggan yang mengikuti program Xtravaganza dan FantAXIS periode ini tidak kurang dari 12,7 juta peserta. Hadiah bagi para pemenang dilakukan dengan pengundian setiap pekan di hadapan petugas dari Kementrian Sosial, Dinas Sosial, dan Kepolisian.

Pengundian dilakukan dengan sistem komputer yang terhubung dengan database pemenang. XL Axiata telah melakukan pengundian sebanyak 13 kali dengan total 90 orang pemenang, yang terdiri dari pemenang mingguan babak gratis dan 13 pemenang mingguan babak eksklusif. Selain itu juga telah didapatkan 4 pemenang Grand Prize dan pemenang M-Learning diakhir periode.
 
Hadiah bagi pemenang pada Xtravaganza & FantAXIS periode kedua ini berupa masing-masing 90 keping emas 5 gram untuk hadiah mingguan babak awal, 13 keping emas 20 gram untuk hadiah mingguan babak eksklusif. Hadiah Utama untuk babak awal berupa uang tunai Rp 60 juta dan emas 100gram. Hadiah Utama babak eksklusif uang tunai Rp 300 juta dan emas 500gram.

Sementara itu untuk babak M-Learning akan mendapatkan emas 10gram, uang 10 juta, HP Samsung c9 dan motor Yamaha Mio M3, dengan ketentuan 1 kategori hadiah untuk 1 pemenang.

Untuk kategori Babak Premium, pelanggan dari Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil meraih hadiah berupa 500 gram emas. Pelanggan dari Tangerang Selatan, Banten, meraih hadiah uang tunai Rp 300 juta. Sementara itu untuk Babak Gratis, pelanggan dari Brebes, Jawa Tengah, memenangi  100 gram emas, dan pelanggan dari Cilandak, Jakarta Selatan, memenangi uang tunai Rp 60 juta. Hadiah diserahkan oleh Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan anggota Direksi XL Axiata lainnya di Jakarta, 4 September 2017.
 
Saat ini, kuiz Xtravaganza & FantAXIS Sesi ke-3 sedang berlangsung mulai 5 Agustus 2017 lalu dan akan berakhir pada 2 November 2017. (Icha)

Duh, Malware Spionase Gazer Serang Kedubes dan Konsulat di Seluruh Dunia

0

Telko.id – Untuk kesekian kalinya keamanan dunia diuji oleh aktivitas ilegal berbahaya yang bergerak dari bawah tanah tanpa sepengetahuan siapa pun. Kita pernah merasakan bagaimana WannaCry, PetyaLike dan malware Joao menggebrak tanpa suara dan membuat dampak yang besar di seluruh dunia dan menyebabkan kerusakan yang parah.

Kerusakan itu kini semakin mengakumulasi setelah para peneliti ESET berhasil melacak aktivitas kelompok siber spionase Turla yang menyusupkan backdoor yang sebelumnya tidak terdokumentasi yang telah digunakan untuk memata-matai konsulat dan kedutaan besar di seluruh dunia.

Tim peneliti ESET adalah yang pertama di dunia mendokumentasikan malware backdoor lanjutan milik Turla yang mereka beri nama “Gazer”. Malware ini sejak tahun 2016 telah beraksi dengan agresif dalam serangan ditargetkan terhadap pemerintah dan diplomat dunia.

Keberhasilan gerilya Gazer dikarenakan metode canggih yang mereka gunakan untuk memata-matai target yang dituju, kemampuannya untuk dapat bertahan hidup dalam perangkat yang terinfeksi dan menyembunyikan diri dari pandangan pengguna komputer yang menjadi korban, semua adalah upaya untuk mencuri informasi dalam jangka waktu yang lama.

Peneliti ESET telah menemukan bahwa Gazer telah berhasil menginfeksi sejumlah komputer di seluruh dunia, dengan korban terbanyak berada di Eropa. Anehnya, pemeriksaan ESET terhadap berbagai operasi spionase berbeda yang menggunakan Gazer telah mengidentifikasi bahwa target utama tampaknya adalah Eropa Tenggara dan negara-negara bekas Uni Soviet.

Semua serangan yang dilakukan Turla menggunakan Gazer menggambarkan bagaimana kekuatan malware backdoor yang dikembangkannya sejak dulu.

Ada empat ciri khas kelompok siber spionase Turla dalam aksinya. Pertama yang diincar adalah Kedutaan dan kementerian. Kedua, Spearphishing yang menghadirkan backdoor tahap pertama seperti Skipper. Lalu, ketiga adalah backdoor canggih punya kemampuan bersembunyi, seperti backdoor yang dibuat Turla sebelumnya yaitu Carbon dan Kazuar. Cara ini juga yang digunakan oleh Gazer. Keempat adalah backdoor tahap kedua yang menerima instruksi enkripsi dari server C&C menggunakan website yang dikuasai dan legitimate sebagai proxy-nya.

Kesamaan lain yang menonjol antara Gazer dan kreasi masa lalu dari grup cyberespionage Turla menjadi jelas saat malware dianalisis. Gazer berupaya ekstra untuk menghindari deteksi dengan mengubah strings di dalam kodenya, mengacak marker, dan menghapus file dengan aman.

Malware backdoor Gazer yang ditemukan oleh tim peneliti ESET, menjadi bukti yang  jelas terlihat bahwa seseorang telah memodifikasi sebagian besar strings-nya, dan memasukkan frasa yang terkait dengan permainan video di seluruh kodenya.

Menanggapi luasnya serangan dan target yang disasar, Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan “Seperti sudah diperkirakan, semakin banyak targeted attack , yaitu malware dengan tujuan yang spesifik. Malware ini jelas menjadi alat mata-mata oleh kelompok Turla yang bisa jadi disewa oleh aktor-aktor intelektual tertentu yang ingin mencuri dan mencari tahu rahasia negara-negara di dunia”.

“Semua organisasi, baik pemerintah, diplomatik, penegak hukum, atau bahkan bisnis tidak boleh menganggap enteng kasus ini, karena dari hasil penelitian ESET, meskipun fokus serangan ditujukan pada negara di Eropa Tenggara dan bekas Uni Soviet, namun malware juga sudah disebar ke seluruh dunia dan menyusup ke setiap kedutaan besar dan konsulat. Karena itu, setiap stakeholder harus menanggapi ini dengan serius dan menerapkan pertahanan berlapis untuk mengurangi kemungkinan pelanggaran keamanan.” tambah Yudhi lagi. (Icha)

 

 

CEO XL : Perlu Ada Aturan Frekuensi Sebelum Konsolidasi

0

Telko.id – Investasi yang dilakukan oleh operator dianggap sudah over lapping sehingga menjadi tidak efisien secara industri. Pasalnya, pada satu daerah bisa dua atau tiga operator melakukan investasi yang sama. Tentu hal ini menjadi pemborosan. Hal tersebut disampaikan oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini usai Perayaan Hari Pelanggan dan Pengumuman Pemenang Extravaganza dan Fantaxis di Jakarta (4/9).

“Langkah konsolidasi operator menjadi 3 atau 4 saja akan menyehatkan industri telko di Indonesia. Tapi sebelum itu perlu adanya aturan mengenai frekuensi,” kata Dian.

Yang dimaksud dengan pengaturan tarif itu, salah satunya adalah apakah frekuensi akan tetap menjadi milik dari operator yang melakukan langkah konsolidasi atau tidak? Pasalnya, frekuensi ini adalah aset yang sangat besar nilainya. Jika ditiadakan, maka hitungan dalam negosiasi juga akan berbeda total.

“Bisa jadi, aturan frekuensi yang belum jelas ini menjadi hambatan bagi para operator untuk melakukan konsolidasi. Ada ketakutan, ketika sudah mengeluarkan uang banyak ternyata frekuensi tidak masuk dalam perjanjian karena harus dikembalikan ke pemerintah,” kata Dian menambahkan.
Tapi XL sendiri menampik bahwa sedang melakukan negosiasi dalam rangka konsolidasi. “Kami kan baru saja mengambil Axis. Jadi sampai sekarang belum ada rencana untuk konsolidasi,” ujar Dian.

Wacana konsolidasi ini sebenarnya sudah berulang kali dilontarkan oleh Menkominfo, Rudiantara. Bahkan, pada suatu kesempatan, menyampaikan akan mencabut izin operasional operator telekomunikasi yang tak mau berkonsolidasi.

Nantinya, peraturan konsolidasi itu bakal berkekuatan hukum tetap. Sampai, pemerintah berniat membuat peraturan yang lebih rinci mengenai mekanisme pencabutan izin operasional dan operator seperti apa yang bisa dicabut izinnya.

Aturan yang dibuat pemerintah tersebut nantinya tidak hanya berlaku bagi operator seluler, tetapi juga operator BWA (Broadband Wireless Access). Dulu memang ijin layanan diberikan dengan mengaitkan dengan frekuensi. Kedepannya frekuensi sudah teknologi netral sehingga tidak perlu lagi mengaitkan dengan ijin layanan.

Rencananya, peraturan tentang konsolidasi ini dapat rampung tahun ini juga.

Di Indonesia saat ini, ada enam operator seluler dan enam operator BWA yang sebenarnya mungkin berkonsolidasi satu sama lain. (Icha)

 

Gunakan SWAPPS, Pulsa Axis pun Jadi Hemat 40%

0

Telko.id – Pulsa memang seperti sudah menjadi kebutuhan pokok. Terutama bagi masyarakat yang tidak bisa lepas dari smartphone. Di sisi lain, masyarakat juga ingin tetap memanfaatkan gadgetnya tetapi secara hemat. XL Axiata melihat fenomen ini dan meluncurkan aplikasi SWAPPS bagi pelanggan Axis nya untuk dapat berhemat pulsa bulanan.

“AXIS selalu mencari cara baru yang inovatif untuk mampu membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan berbagai penawaran terbaik. Kami percaya bahwa pelanggan tidak akan mengabaikan kesempatan untuk dapat berhemat dan menabung lebih banyak melalui smartphone yang dimiliki, ditukar dengan mendapatkan informasi terpilih”, kata David Arcelus dari Chief Marketing Officer XL Axiata.

Aplikasi SWAPPS yang merupakan hasil kerjasama antara XL Axiata dan UnlockD sangat mudah digunakan. Pelanggan cukup melihat iklan, berita maupun penawaran menarik lainnya yang muncul melalui layar smartphone yang dimilikinya. Dengan hanya melakukan hal itu, mereka akan mendapatkan reward yang nantinya dapat ditukarkan dengan sejumlah pulsa dengan besaran tertentu. Aplikasi SWAPPS bisa didapatkan melalui Google Play Store. Penjelasan lebih lanjut mengenai aplikasi ini bisa didapatkan melalui www.axisnet.id.

“SWAPPS ini merupakan cara yang cerdas untuk menggunakan smartphone, dan  pertumbuhan yang kami raih di pasar lain telah membuktikan hal itu. Kami memahami segmen anak muda ini sangat bergantung dengan apa yang bisa dihadirkan oleh smartphone yang mereka miliki. Jadi kami yakin bahwa SWAPPS akan mampu memberikan pengalaman baru kepada mereka dalam memanfatkan perangkat yang dimilikinya,” kata Aliza Knox, COO UnlockD.

UnlockD merupakan perusahaan terkemuka dalam pembangunan platform advertising dan konten, yang berbasis di Singapura. Menurut Aliza, layanan berbasis win-win model yang mereka ciptakan telah berhasil memberikan manfaat bagi pelanggan perusahaan-perusahaan telko yang menggunakan aplikasinya. Karena itu, dia berharap kerjasama AXIS dengan unlockD ini dapat menghadirkan SWAPPS sebagai aplikasi yang memberikan manfaat lebih banyak kepada pelanggan atas layanan AXIS.

Peluncuran aplikasi SWAAPS ini juga diikuti dengan investasi dari Axiata Digital Group Malaysia pada Unlockd, untuk mendorong Unlockd Series B mampu lebih berkembang. Dengan demikian perusahaan ini mampu berekspansi di pasar yang lebih luas di Asia. Bagaimana pun juga Asia Pasific merupakan area kunci pertumbuhan bagi UnlockD.

Berdasarkan data dari GSMA, diperkirakan terdapat lebih dari 2,5 miliar pengguna di Asia Pasific, dengan perkiraan 3.1 miliar pada tahun 2020. Menurut eMarketer (April 2017), pertumbuhan terkuat industry digital akan mengambil tempat di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Cina, India, dan Vietnam, yang secara total akan mendorong tingkat penetrasi smartphone ke hampir sepertiga populasi di Asia Pasifik. (Icha)

Telkomsel Berikan Solusi Mudah Untuk Pelaku UMKM Beriklan

0

Telko.id – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat membutuhkan dukungan agar dapat bersaing dan meningkatkan pangsa pasarnya. Telkomsel sebagai salah satu operator di Indonesia menghadirkan solusi beriklan dengan meggunakan platform MyAds dengan konsep “Do-It-Yourself”.

Dengan solusi yang ditawarkan oleh Telkomsel ini maka para pelaku UMKM sebagai pengiklan dapat membuat, mengkustomisasi, dan memantau iklannya secara mandiri. Harapannya, tentu dapat dapat menjangkau konsumen baru yang lebih luas melalui pengguna Telkomsel yang kini jumlahnya mencapai lebih dari 178 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

“Sektor UMKM memiliki peranan penting dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, juga mengurangi angka pengangguran. Oleh karena itu, sebagai operator seluler terdepan di Indonesia, kami berupaya turut membantu sektor UMKM dalam meningkatkan produktivitasnya dengan menjangkau konsumen yang lebih luas melalui layanan Telkomsel MyAds. Kami berharap layanan ini dapat membantu merangsang pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia lebih baik lagi,” kata Harris Wijaya, Vice President Digital Advertising and Analytics Telkomsel.

Dengan menggunakan layanan Telkomsel MyAds, pengiklan akan dimudahkan dalam membuat dan mengirimkan iklan mereka ke pelanggan Telkomsel langsung ke perangkat selulernya melalui SMS, MMS, dan USSD. Lebih jauh, pengguna platform ini juga dapat mengkustomisasi iklan tersebut sesuai dengan kebutuhannya dengan empat keunggulan layanan yang ditawarkan, yaitu Location Based Advertising (LBA), Broadcast, Targeted, dan Interactive.

LBA adalah layanan beriklan yang memungkinkan pengiklan untuk mengirimkan kampanye iklannya kepada pelanggan Telkomsel di sekitar lokasi tertentu sesuai dengan kebutuhan pengiklan. Broadcast adalah layanan beriklan yang memberikan keleluasaan kepada pengiklan untuk mengirimkan iklan dalam jumlah besar (bulk) sesuai dengan data dan kebutuhan yang dimiliki pengiklan.

Targetnya adalah layanan beriklan yang memberikan keleluasaan kepada pengiklan untuk mengirimkan iklan kepada pelanggan Telkomsel sesuai dengan profil yang dibutuhkan, seperti jenis kelamin, usia, maupun perilaku penggunaan layanan. Sementara Interactive adalah layanan beriklan yang memungkinkan pengiklan dapat mengirimkan iklan yang interaktif kepada pelanggan Telkomsel serta dapat digunakan untuk kuis dan survei sehingga berpotensi memperkuat user engagement.

Di samping empat keunggulan tersebut, Telkomsel MyAds juga memberikan pilihan metode pembayaran yang bervariasi, mulai dari layanan keuangan digital Telkomsel TCASH, kartu kredit, hingga transfer rekening bank. Saat ini sudah ada tujuh bank yang mendukung metode pembayaran melalui transfer rekening bank, yaitu BRI, BCA, Mandiri, BNI, Danamon, BII, dan OCBC NISP.

Meski saat ini Telkomsel MyAds fokus merangkul pasar UMKM, namun ke depannya tak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pasar korporasi atau industri kreatif yang lebih mapan, seperti e-commerce. Ini tak lepas dari disediakannya Application Programming Interface (API) dalam layanan Telkomsel MyAds yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem mandiri dari perusahaan yang bekerja sama.

“Di Telkomsel MyAds, pengiklan dapat memilih untuk memantau kinerja iklannya secara langsung dari layanan MyAds di web atau mengintegrasikan sistem yang sudah ada dengan API yang kami sediakan. Jadi, pengiklan dapat langsung memantau kinerja iklannya dari sistem mereka sendiri,” jelas Harris. (Icha)

 

Apple iPhone 8

1

Telko.id – Spesifikasi Apple iPhone 8 bertumpu pada Apple A11 Bionic, 2 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, September 12 ini dibekali sistem operasi iOS 11, upgradable to iOS 13.5 dan layar berukuran 4.7″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Apple memang belum secara resmi merilis harga Apple iPhone 8. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Apple Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Silver, Space Gray, Gold, Red) dan memiliki body berdimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm (5.45 x 2.65 x 0.29 in) dengan berat 148 g (5.22 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass), glass back (Gorilla Glass), aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Nano-SIM.

Spesifikasi Apple iPhone 8

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Apple A11 Bionic yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral) dan prosesor grafis / GPU Apple GPU (three-core graphics). Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB/256GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1821 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 4.7″ Inch dengan jenis Retina IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 750×1334 pixels dan telah dilengkapi dengan Ion-strengthened glass, oleophobic coating,625 nits max brightness (advertised)
Wide color gamut
3D Touch display & home button
True-tone. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Apple iPhone 8 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat12 600/150 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB 2.0, proprietary reversible connector, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation.

Kamera Apple iPhone 8

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Apple iPhone 8 :

  • 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), PDAF, OIS.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 7 MP, f/2.2 yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Face detection, HDR, panorama dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Apple Watch Edition Series 3

0

Telko.id – Spesifikasi Apple Watch Edition Series 3 bertumpu pada Apple S3, 768 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, September ini dibekali sistem operasi watchOS 4.0, upgradable to 6.2.5 dan layar berukuran 1.65″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Apple memang belum secara resmi merilis harga Apple Watch Edition Series 3. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Apple Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (White, Gray) dan memiliki body berdimensi 42.6 x 36.5 x 11.4 mm (1.68 x 1.44 x 0.45 in) dengan berat 46.4 g (1.62 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Sapphire crystal), ceramic back, ceramic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support eSIM.

Spesifikasi Apple Watch Edition Series 3

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Apple S3 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Dual-core dan prosesor grafis / GPU PowerVR. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 768 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 16GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 279 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.65″ Inch dengan jenis OLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 390×312 pixels dan telah dilengkapi dengan Sapphire crystal glass,3D Touch display
1000 nits max brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Apple Watch Edition Series 3 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, gyro, heart rate, barometer, Natural language commands and dictation (talking mode).

Kamera Apple Watch Edition Series 3

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Apple Watch Edition Series 3 :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal No video recorder. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Apple Watch Series 3

2

Telko.id – Spesifikasi Apple Watch Series 3 bertumpu pada Apple S3, 768 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, September ini dibekali sistem operasi watchOS 4.0, upgradable to 6.2.5 dan layar berukuran 1.65″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Apple memang belum secara resmi merilis harga Apple Watch Series 3. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Apple Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Space Black, Silver) dan memiliki body berdimensi 42.5 x 36.4 x 11.4 mm (1.67 x 1.43 x 0.45 in) dengan berat 52.8 g (1.87 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Sapphire crystal), ceramic/sapphire crystal back, stainless steel frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support eSIM.

Spesifikasi Apple Watch Series 3

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Apple S3 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Dual-core dan prosesor grafis / GPU PowerVR. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 768 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 16GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 279 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.65″ Inch dengan jenis OLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 390×312 pixels dan telah dilengkapi dengan Sapphire crystal glass,3D Touch display
1000 nits max brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Apple Watch Series 3 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, gyro, heart rate, barometer, Natural language commands and dictation (talking mode).

Kamera Apple Watch Series 3

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Apple Watch Series 3 :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal No video recorder. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Apple Watch Series 3 Aluminum

0

Telko.id – Spesifikasi Apple Watch Series 3 Aluminum bertumpu pada Apple S3, 768 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, September ini dibekali sistem operasi watchOS 4.0, upgradable to 6.2.5 dan layar berukuran 1.65″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Apple memang belum secara resmi merilis harga Apple Watch Series 3 Aluminum. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Apple Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Silver, Gold, Space Gray) dan memiliki body berdimensi 42.5 x 36.4 x 11.4 mm (1.67 x 1.43 x 0.45 in) dengan berat 34.9 g (1.23 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, ceramic back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support eSIM.

Spesifikasi Apple Watch Series 3 Aluminum

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Apple S3 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Dual-core dan prosesor grafis / GPU PowerVR. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 768 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 8GB/16GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 279 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.65″ Inch dengan jenis OLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 390×312 pixels dan telah dilengkapi dengan Ion-X strengthened glass,3D Touch display
1000 nits max brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Apple Watch Series 3 Aluminum sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, gyro, heart rate, barometer, Natural language commands and dictation (talking mode).

Kamera Apple Watch Series 3 Aluminum

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Apple Watch Series 3 Aluminum :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal No video recorder. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .