spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 1267

Paska Gempa Di Lebak, Layanan Telkomsel Tetap Berfungsi Normal

0

Telko.id – Gempa bumi berkekuatan 6.1 skala ricther yang terjadi di Kabupaten Lebak dan terasa di sejumlah kota di wilayah Jabotabek dan Jabar pada hari Selasa, 23 Januari 2017 tidak mengganggu layanan Telkomsel.

Telkomsel mencatat, pasca terjadinya bencana gempa bumi di Kabupaten Lebak yang juga terasa hingga wilayah Banten, DKI Jakarta dan sebagian Jawa Barat ini, terjadi lonjakan trafik komunikasi baik layanan nelpon maupun data. Trafik layanan nelpon melonjak hingga 13% dan layanan data meningkat hingga 50% di wilayah Jabotabek dibandingkan momen yang sama di hari biasa.

Lonjakan trafik pasca gempa di Kabupaten Lebak didorong oleh tingginya akses layanan berbasis broadband oleh pelanggan, terutama untuk akses layanan instant messaging dan browsing internet guna mencari informasi terkini dari sumber percaya serta mengabarkan kepada keluarga atau kerabat terdekat mengenai kondisi terkini.

“Telkomsel telah melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari fasilitas layanan hingga kondisi karyawan yang berada di sekitar lokasi gempa, khususnya di wilayah KabupatenLebak serta Provinsi Banten secara keseluruhan. Telkomsel bersyukur tidak ada korban jiwa dari karyawan maupun kerusakan berarti untuk fasilitas operasional Telkomsel di wilayah Banten dan sekitarnya,” kata Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Terdapat lebih dari 300 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Lebak, Banten. Jumlah ini merupakan bagian total lebih dari 7000 BTS di wilayah operasional Telkomsel Regional Western Jabotabek (mencakup Provinsi Banten dan Kotamadya Jakarta Barat) yang kini melayani lebih dari 8,8 juta pelanggan.

Sesuai pantauan petugas lapangan Telkomsel yang berada di wilayah Lebak, di sejumlah lokasi sempat terjadi pemadaman listrik sebagai akibat gempa, sehingga berdampak juga terhadap operasional fasilitas jaringan BTS Telkomsel di wilayah tersebut. Sebagai langkah antisipasi awal, Telkomsel telah mengoperasikan perangkat mobile genset untuk memaksimalkan operasional BTS yang terkena dampak pemadaman listrik dari PLN tersebut.

Telkomsel juga telah mengoptimalkan kapasitas jangkauan jaringan dari BTS terdekat guna memastikan kualitas layanan tetap terjaga. Saat ini, kondisi pasokan listrik sudah berangsur pulih dan operasional fasilitas BTS Telkomsel yang terkena dampak juga sudah berjalan normal.

Untuk kebutuhan komunikasi selain tetap menjaga kualitas jaringan, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk Telkomsel baik paket perdana kartu prabayar simPATI, kartu AS, dan kartu Loop maupun pulsa isi ulang hingga ke tingkat Outlet yang tersebar di wilayah ini.

Telkomsel juga memastikan seluruh titik layanan pelanggan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar tetap berjalan normal dan siap melayani kebutuhan pelanggan seperti biasa, termasuk 7 GraPARI yang ada di wilayah Kabupaten Lebak dan sekitarnya termasuk Serang, Cilegon dan Pandeglang. (Icha)

 

Bersama Kemenkominfo, XL Axiata Resmikan BTS USO Di Tabalong – Kalsel

0

Telko.id – XL Axiata baru saja mengoperasikan jaringan telekomunikasi USO (universal service obligation) yang tersebar di 40 lokasi di 4  provinsi. Dengan demikian, warga di sekitar lokasi jaringan baru tersebut sudah mulai bisa memanfaatkan keberadaan layanan telekomunikasi tersebut untuk mendukung berbagai aktivitas kesehariannya. Selasa (23/1),

Direktur Jenderal Sumber Daya Penyelenggara Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, Ismail MT, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, M.Si, dan Vice President North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi bersama-sama menandai peresmian di salah satu site yang berada di Desa Purui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Turut menyaksikan peresmian ini, H. Syaifullah Tamliha, anggota Komisi I DPR RI.

“Kami mengapresiasi XL Axiata yang secara tepat waktu telah membangun jaringan telekomunikasi dalam proyek USO di 40 titik di 4 provinsi sehingga masyarakat di sekitarnya kini bisa memanfaatkannya untuk usaha-usaha produktif. Proyek pembangunan jaringan USO merupakan upaya pemerintah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta untuk mempercepat mengadaan layanan telekomunikasi dan data ke area-area terpencil yang selama ini belum terjangkau jaringan seluler tersebut”, kata Ismail MT, Dirjen SDPPI Kemenkominfo.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi XL Axiata untuk secara aktif mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk  pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar sekalipun. Berharap, masyarakat di sekitar site-site baru ini bisa memanfaatkan sarana telekomunikasi secara bijak dan maksimal,” kata Desy Sari Dewi, Vice President North Region XL Axiata.

Secara terpisah, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya menegaskan bahwa XL Axiata akan menyambut dengan baik jika pemerintah memberikan kepercayaan lagi untuk membangun lagi jaringan USO di lokasi-lokasi lainnya yang masih memerlukan akses ke layanan telekomunikasi dan data/internet.

Menurut Yessie, XL Axiata memiliki visi yang sejalan dengan pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet sehingga masyarakat di daerah-daerah terpencil segera dapat memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain, sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah.

Site Tabalong yang menjadi lokasi peresmian berada di area yang cukup terpencil, berjarak sekira 60 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tabalong, Tanjung. Jarak dari Banjarmasin ke Tabalong sekira 230 km dengan waktu tempuh normal sekira 7 jam.

Site di Desa Purui tersebut dilengkapi dengan menara antena setinggi 30 meter untuk memancarkan sinyal ke handphone warga. BTS ini memiliki daya jangkau sinyal dengan kualitas yang baik bisa sampai radius 1 km.  Sebelum ada fasilitas ini, warga harus menjangkau puncak suatu bukit yang berada sekitar 2 km dari desa.

Saat ini ada sekitar 500 warga yang telah memanfaatkan layanan seluler dari site ini. Sementara itu, untuk koneksi ke jaringan XL Axiata, site tersebut menggunakan koneksi melalui satelit. Sebuah parabola berukuran sedang menjadi perangkat untuk menghubungkan site tersebut dengan jaringan XL Axiata.  Sebagai sumber energi untuk menghidupkan semua perangkat tersebut, digunakan listrik yang berasal dari tenaga matahari atau solar cell.

Di wilayayah Kalimantan Selatan, XL Axiata membangun jaringan USO di 7 titik, yang semuanya ada di Kabupaten Tabalong. Lokasi-lokasi tersebut ada di 3 kecamatan, yaitu Muara Aya, mencakup site di Desa/dusun Binjai, Salikung, dan Sei Kumap. Di Kecamatan Bintang Ara, site berada di Desa/dusun Panaan, Hegar Manah, dan Dambung Raya. Terakhir di Kecamatan Jaro, yaitu di Desa Purui. Semua site memiliki spesifikasi teknis yang sama.

Di wilayah Kalimantan, selain Kalimantan Selatan, XL Axiata juga membangun jaringan USO di Kalimantan Barat di 12 titik. Semuanya ada di 3 kabupaten, yaitu Ketapang sebanyak 6 site, Bengkayang (4 site), Sambas (2 site) dan Sanggau (1 site). Selain itu, jaringan USO juga XL Axiata bangun di Sulawesi Tenggara tepatnya di Kabupaten Kepulauan Konawe, dan di Nusa Tenggara Barat (Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, dan Bima).

XL Axiata melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur jaringan melalui program USO tersebut berdasarkan penunjukkan dari Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. XL Axiata menyambut dan menyetujui penunjukan tersebut karena lokasi-lokasi yang ditentukan sesuai dengan rencana perusahaan dalam membangun dan memperluas cakupan jaringan di masa mendatang sehingga dapat melayani masyarakat secara lebih luas termasuk di daerah-daerah baru yang relatif terpencil.

Hingga akhir 2017 lalu, jaringan XL Axiata di seluruh Indonesia telah didukung lebih dari 100 ribu BTS. Sekitar 65% nya merupakan BTS 3G & 4G untuk mendukung layanan data, dan 35% lagi merupakan BTS 2G. Pembangunan infrastruktur BTS 3G & 4G terus akan dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia. (Icha)

 

 

Bos Sinar Mas Group “Turun Gunung’ Kawal Langsung Smartfren

0

Telko.id – Smartfren di Tahun 2018 ini optimis bakal lebih agresif lagi merangsek ke pasar. Berbagai strategi sudah Dipersiapkan. Termasuk, memanggil kembali Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Commercial Smartfren.

Pemanggilan ini, diharapkan dapat mampu mengakuisis pelanggan lebih banyak lagi. Terlebih dengan jaringan yang dimiliki oleh Smartfren saat ini yang sudah menggunakan teknologi 4G LTE dan mengklaim sebagai jaringan 4G yang terluas.

Selain itu, agar lebih efektif dan cepat dalam mengambil keputusan, bos Sinar Mas Group, Franky Oesman Widjaja selama ini dikenal sebagai Chairman Sinarmas Group yang menaungi Smartfren akan terjun langsung. Di Smartfren, akan mnnjabat sebagai CEO dan Chairman.

“Jadi keputusan yang diambil lebih cepat. Jika dulu hanya dua hari dalam seminggu, sekarang bisa 4 hari berada di Smartfren,” kata Djoko.

Selain itu, Smartfren pun sudah menyiapkan berbagai jurus untuk ‘menaklukan’ pasar.

Jurus pertama

Setelah tahun lalu, pamor dari Andromax agak tertutup oleh 4G LTE. Tahun ini bakal digencarkan lagi.  Caranya dengan memberikan diskon yang sangat besar. Dari Rp. 100 ribu sampai Rp. 200 ribu diskonnya. Plus bundling dengan Unlimited Internet 4G. Dengan cara isi ulang 100 ribu. Rencananya akan launching awal Februari.

Setidaknya, saat ini ada tiga tipe Andromax yang dipersiapkan yaknI Andromax B SE, Andromax L dan Andromax A2.

cof

Smartfren juga akan menggencarkan ponsel 4G yang bukan smartphone, yakni Andromax Prime. Ponsel ini akan diberi tambahan fasilitas yakni bisa jadi modem dengan unlimited internet 4G. Harganya, Rp. 199.000. Dipasaran, merek lain masih diangka Rp.400ribu – Rp.500.000.

Program ini akan berlangsung sampai bulan Juni atau sebelum lebaran. Setidaknya ada 600 ribu unit yang dipersiapkan. Dan setelah itu, akan ada dua tipe Andromax lagi yang akan diluncurkan.

Jurus Kedua

“Tahun lalu ada 13.326 BTS terpasang. Tahun ini kita akan tambah 10 ribu BTS baru. Diharapkan, pembangunan nya akan selesai sekitar 80-90%’diakhir tahun,” kata Djoko.

Pembangunan nya sendiri akan difokuskan untuk menambah jumlah kota di luar Jawa, seperti di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Sedangkan untuk di Jawa akan fokus pada penguatan dan menambah kapasitas di wilayah yang ramai dan sudah tidak cukup kapasitasnya.

“Di luar Jawa, pertumbuhan Smartfren sangat menggembirakan. Setidaknya, bisa mencapai dua kali lipat dari pertumbuhan di Jawa,” kata Djoko.

Jurus Ketiga

Smartfren akan merancang ulang kartu perdana dan paket data yang sudah ada. Akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen saat ini yang begitu haus data.

Kedua langkah ini diambil karena Smartfren kini tidak lagi dikenal dengan jualan handset Andromax maupun open market handset  yang bundling dengan kuota data, tetapi juga dengan kartu perdana nya.

Itu sebabnya, perlu ada penyesuaian strategi agar dapat mengakuisis pelanggan lebih banyak lagi.

Djoko pun mengakui Bahwa dengan penjualan kartu perdana ini memang hasil nya cukup menggembirakan. Walaupun ada kelemahan nya yakni tingkat churn cukup tinggi. Bisa mencapai 80%.

Sedangkan, program bundling handset, baik Andromax maupun OHM tinggkat churn nya lebih kecil hanya 10%.

Tapi jika ingin menambah jumlah pelanggan lebih banyak lagi, setidak nya seperti yang ditargetkan pada tahun ini bisa memperoleh tambahan 12 juta atau menjadi 24 juga diakhir tahun maka strategi merancang ulang kartu perdana ini harus dilakukan.

Saat ini, Average Rate per usage atau ARPU Smartfren cukup tinggi. Lebih tinggi dibandingkan industri yakni ARPU data Rp.47 ribu dan ARPU blended Rp.33 ribu.

Yang memberikan sumbangan terbaik dari semua produk layanan Smartfren adalah OHM. Di mana RGU atau Revenue Generating Unit nya bisa mencapai 60%. Sedangkan ARPU datanya bisa mencapai Rp. 80ribu. (Icha)

XL Sasar Pelanggan Yang ‘Haus’ Data Dengan Xtra Kuota

0

Telko.id – Kebutuhan akan akses data kini memang semakin ’menggila’. Tak heran, semua operator telekomunikasi pun memberikan berbagai produk yang menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya. Seperti yang dilakukan oleh XL yang meluncurkan produk Xtra Kuota sebagai pendamping dari Xtra Combo yang sudah duluan keluar.

Paket Xtra Kuota tersebut merupakan tambahan kuota sebesar 30GB hanya dengan harga Rp 10 ribu yang bisa dinikmati selama satu bulan.

“Xtra Kuota ini menyasar pelanggan yang ditengah bulan sudah kehabisan paket datanya. Jadi, mereka tetap bisa mengakses data dengan nyaman,” ujar Bernard Ho Swee Keong, Group Head Mass Segment XL Axiata.

“Paket Xtra Kuota ini kami luncurkan sebagai solusi terbaik yang kami tawarkan atas tingginya permintaan kuota data oleh pelanggan. Dengan paket ini, pelanggan menjadi lebih , simple, fleksibel dan hemat dalam mendapatkan tambahan kuota data di seluruh jaringan (2G/3G & 4G),” kata Allan Bonke, Direktur Komersial XL Axiata.

Alan juga menambahkan “Kami menyadari, dengan semakin luasnya jangkauan layanan data berkualitas, termasuk 4G LTE dan 4.5G, maka akan semakin meningkat pemanfaatan layanan data oleh masyarakat. Hal inilah yang mendorong permintaan atas kuota data terus meningkat.”

Untuk bisa mendapatkan manfaat paket Xtra Kuota tersebut pelanggan harus mengaktifkan paket data XL Xtra Combo. Paket xtra Combo ini juga telah diperbaharui dengan meniadakan pembagian kuota di jaringan 2G, 3G ataupun 4G, sehingga kini pelanggan dapat menikmati seluruh kuota di semua jaringan. Paket Xtra Combo bisa didapatkan mulai dari harga Rp. 59 Ribu.

Setelah aktivasi paket data Xtra Combo, pelanggan kemudian dapat menambahkan kuota data dengan mengaktifkan paket Xtra Kuota yang memberikan 30GB dengan harga hanya sebesar Rp 10 ribu selama 30 hari.

Allan Bonke menambahkan, bahwa tidak bisa dipungkiri saat ini kuota data menjadi salah satu bagian dari kebutuhan sehari-hari masyarakat di era digital. Karena perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini semakin mobile dan mengarah pada digital, dimana hampir semua orang melakukan aktivitasnya lewat digital dan smartphone untuk kemudahan aktifitasnya, sehingga kebutuhan masyarakat akan layanan data termasuk juga kuota data juga makin meningkat.

Kapasitas Jaringan

Dengan adanya produk baru XL Xtra Kuota maka kapasitas yang harus disediakan oleh XL juga harus semakin besar agar pelanggannya tidak kecewa. Sejalan dengan itu, XL akan terus meningkatkan kapasitasnya serta memperluas jaringan data berkualitas baik 3G, 4G LTE, dan 4,5G LTE secara meluas dan merata di seluruh wilayah Indonesia agar pemakaian data lebih optimal.

“Kami sudah survei, kebanyakan pelanggan kami langsung beli paket 4G. Makanya, tujuan ekspansi cakupan baru kami selalu kami pasang 4G,” tutur Rahmadi Multoharyono, VP LTE XL.

Pada saat yang bersamaan, XL Axiata juga terus meluncurkan program-program yang mempermudah masyarakat dan pelanggan agar dapat semakin mudah beralih ke smartphone. Hingga akhir Oktober 2017, pelanggan layanan Data XL Axiata terus meningkat seiring dengan bertambahnya pelanggan yang menggunakan smartphone yang mencapai 70% dari total pelanggan.

Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai lebih dari 24 juta dari total pelanggan. Sementara total pelanggannya mencapai 52,5 juta.

Saat ini, XL Axiata telah memiliki lebih dari 100 ribu BTS, sekitar 65% nya merupakan BTS 3G & 4G untuk mendukung layanan data. Pembangunan infrastruktur BTS 3G & 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia. Hingga akhir 2017, sebanyak 360 kota/kabupaten di seluruh Indonesia juga telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. (Icha)

Indosat Bangun 17 BTS Baru di Daerah Terpencil Indonesia

0

Telko.id – Indosat siap bangun masyarakat di wilayah terpencil Indonesia dengan akan menghadirkan 119 BTS baru melalui program USO (Universal Services Obligation). Dengan mendukung program pemerintah ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan ekonomi nasional di wilayah 3T (Tertinggal, Terpencil dan Terluar). Selain itu juga dapat membuka akses, peluang dan potensi ekonomi, meningkatkan daya saing, mengundang investasi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini baru ada 17 BTS dari target 119 BTS USO yang sudah melayani masyarakat di provinsi Kalimantan Barat (beberapa kecamatan di Kabupaten Ketapang dan Kapuas Hulu), Kalimantan Utara (Nunukan), Maluku Utara (Halmahera Utara dan Halmahera Barat) dan Nusa Tenggara Timur (Alor Timur dan Mataru).

Dua diantara BTS USO dari 15 BTS yang sudah dibangun Indosat Ooredoo adalah BTS site Tutumalelo (kanan) dan BTS site Duono (kiri). BTS tersebut menjadi tonggak kehadiran Indosat Ooredoo di wilayah terpencil yang belum tersentuh layanan telekomunikasi.

Indosat Ooredoo ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan program USO melalui pembangunan 119 BTS di wilayah terpencil yang tersebar di 7 provinsi, yaitu Provinsi Kepulauan Riau (Kepulauan Anambas dan Natuna), Provinsi Kalimantara Utara (Nunukan, Malinau), Provinsi Kalimantan Tengah (Kapuas), Provinsi Kalimantan Barat (Sanggau, Ketapang, Kapuas Hulu), Provinsi Nusa Tenggara Timur (Alor, Belu, Manggarai Timur, Mataru), Provinsi Maluku (Maluku Tenggara Barat) dan Provinsi Maluku Utara (Halmahera Barat, Halmahera Utara).

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah yang telah memberikan kepercayaan kepada Indosat Ooredoo untuk menjadi bagian dari pelaksana program USO. Hal ini sejalan dengan misi dan komitmen kami untuk terus membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah terpencil guna memberikan hak yang sama bagi masyarakat di wilayah tersebut untuk dapat menikmati layanan telekomunikasi, membangun kehidupan sosial dan ekonomi sekaligus mengejar ketertinggalan dari wilayah lain,” kata Joy Wahjudi, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Joy menambahkan “Pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang kami lakukan juga bertujuan untuk menjaga kedaulatan dan kesatuan wilayah Republik Indonesia, khususnya bagi wilayah- wilayah terdepan dan terluar yang berbatasan dengan negara lain”.

Indosat Ooredoo memberikan kontribusi USO sebesar Rp 1,8 Trillun dalam 6 tahun terakhir. Kontribusi tersebut merupakan 1,25% dari pendapatan kotor. Indosat Ooredoo selama ini senantiasa berusaha untuk berperan aktif dalam pelaksanaan program USO bersama dengan BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika). Dan pada tahun 2017 BP3TI menunjuk Indosat Ooredoo untuk membangun BTS USO sebanyak 119 site di 7 provinsi di Indonesia.

Masyarakat di daerah dimana BTS USO Indosat Ooredoo dibangun, kini telah dapat menikmati layanan telekomunikasi dari Indosat Ooredoo. Diharapkan kehadiran BTS USO Indosat Ooredoo ini juga akan meningkatkan daya tarik ekonomi, mengundang masuknya investasi bagi daerah terpencil, membangun daya saing, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. (Icha)

 

 

 

 

 

 

Perusahaan Di Jakarta Nafsu Lakukan Transformasi Digital Tapi Banyak Sandungan

Telko.id –Berdasarkan hasil riset dari Telstra sebagai induk perusahaan dari Telkomtelsra yang bekerjasama dengan Economist Intelligence Unit (EIU) dengan tajuk Connecting Commerce, Jakarta menjadi Kota Digital diurutan ke delapan dari 45 kota di Dunia  yang sangat antusias melakukan transformasi digital. Dari 1-10 tingkat keyakinan eksekutif Jakarta mencapai 7.25.

Dari 10 kota teratas untuk tingkat kapabilitas keseluruhan, tujuh berasal dari Negara berkembang di Asia termasuk Bangalore, Mumbai, New Delhi, Beijing, Manila dan Sangnhai. Sebaliknya, tingkat kapabilitas yang rendag malah ditemukan pada kota yang sudah maju seperti Hongkong dan Tokyo.

“Hal tersebut dapat disebabkan oleh kota yang sudah maju tidak berani untuk terlalu agresif melakukan transformasi digital. Sudah sangat percaya diri dengan kondisi nya saat ini. Sedangkan untuk Negara berkembang, transformasi digital masih berpeluang besar,” kata Erik Meijer, President Director telkomtelstra.

Di Jakarta sebagai kota yang maju dalam digitalisasi ternyata masih memiliki banyak tantangan. Setidaknya, Erik menyebutkan ada tiga tantangan besar. Pertama, Change Management, di mana manajemen perusahaan maupun pemilik perusahaan masih takut terhadap perubahan. Takut tidak berhasil padahal sudah mengeluarkan dana yang cukup besar untuk melakukan transformasi digital.

Kedua, Alokasi Anggaran. Seringkali, para pengusaha diawal sudah menanyakan dahulu tentang Return of investment. Akhirnya, anggaran transformasi digital tidak dialokasikan dulu. Lebih memilih metode lain untuk bisa menumbuhkan bisnisnya.

Ketiga, Excecutive Sponsor. Di mana, banyak pemilik perusahaan masih belum percaya terhadap dampak positif dari digital transformasi.

Adapun industry yang memiliki potensi untuk melakukan trasnformasi digital dalam waktu dekat adalah perusahaan Non Banking seperti asuransi. Trend perusahaan asuransi masuk ke digital ini sudah kuat, sehingga untuk dapat tumbuh harus sudah mulai melakukan transformasi jika tidak akan dilibas oleh pesaingnya.

Sedangkan pada industry Manufaktur, kebanyakan kebijakan diambil oleh kantor pusat yang biasanya masih di Negara maju.

Yang unik adalah transportasi. Di mana, Gojek yang menjadi contoh di Indonesia bahkan di banyak Negara lain membuat industry ini terdorong untuk pindah ke digital. Sedangkan, yang sangat lambat perkembangan digitalnya adalah di healthcare.

Untuk industry resources atau migas, banyak yang sudah melakukan trasnformasi digital karena desakan dari pusat. Tapi di lokal sendiri masih terdapat tantangan, terutama dari sisi aturan di indutsri. Nah, yang paling cepat itu adalah Retail.

Khusus di Indonesia, ternyata tantangan terbesar adalah tenaga kerja. Dari hasil riset EIU ini menggambarkan bahwa SDM berkualitas sangat sulit dicari. Jakarta baru menyerap 36% saja tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital.

“Masih ada kesenjangan antara lulusan perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industry,” kata Erik menyesalkan.

Berdasarkan hasil riset telkomtelstra, permintaan tenaga kerja kompeten yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah Keamanan Digital sebesar 41%, Jaringan Bisnis 22%, Penawaran Produk Layanan 24%, Pengolahan data besar atau Big Data 22% dan perubahan bisnis 25%.

Telkomtelstra sendiri banyak menjaring fresh graduate. Setidaknya, langkah ini ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan kapabilitas para tenaga kerja di Indonesia dalam hal IT. Selain tentu saja bekerjasama Cisco, Huawei dan Microsoft untuk bekerjasma dengan perguruan tinggi.

Langkah ini diambil karena telkomtelstra melihat bahwa jika menggunakan tenaga kerja asing tidak bisa awet. Hanya bisa dalam jangka waktu tertentu saja dan itu pun untuk melakukan transfer knowledge. Di tambah lagi, untuk mengganti karyawan lama dengan yang muda pun tidak mudah. Jadi yang perlu dilakukan oleh perusahaan yang ingin melakukan transformasi digital adalah melakukan retraining karyawan lama agar mampu mengikuti perubahan perusahaan menuju digital. (Icha)

 

 

 

 

Ini Dia Rencana Sepak terjang Qualcomm Yang Bakal Dilakukan Pada 2018

0

Telko.id – Qualcomm sebagai produsen chipset tahun ini akan gencar merangsek ke industri otomotif, Internet of Things atau IoT, terutama hearables, Platform Home Hub terbaru dan beberapa produk lainnya.

Untuk bidang otomotif, Qualcomm sudah mendatangani kontrak kerjasama adalah Jaguar Land Rover dan Honda.

Jaguar Land Rover memilih menggunakan Qualcomm Automotive Solutions untuk membawa konektivitas yang canggih pada kendaraan masa depannya. Dengan menggunakan chipset milik Qualcomm ini maka kendaraan ini memiliki fasilitas telematika, infotainment dan cluster digital canggih dengan konektivitas terintegrasi, serta hiburan untuk penumpang di kursi belakang. Hal ini dilakukan untuk membantu memenuhi permintaan akan pengalaman di dalam kendaraan yang mewah, imersif, dan mulus di koleksi Jaguar Land Rover masa depan.

Dengan Honda, Qualcomm akan menanamkan chipset di Honda Accord 2018 dengan memberikan sistem personalisasi, infotainment dan telematika mutakhir, seperti yang didemonstrasikan saat peluncuran Honda Accord 2018 baru-baru ini. Yang dibenamkan dalam mobil ini adalah Snapdragon Automotive Platform.

Snapdragon Automotive Solutions ini didesain untuk mendukung usaha manufaktur otomotif dalam memberikan pengalaman yang mewah dan intuitif kepada konsumen. Sebagai bagian dari upaya Qualcomm Technologies dalam memberikan dukungan yang luas untuk implementasi dari mobil yang terhubung (connected car) oleh para manufaktur otomotif, Honda Accord 2018 juga dilengkapi dengan modem Qualcomm 4G LTE yang secara khusus dirancang untuk mendukung sistem konektivitas HondalinkTM.

Qualcomm pada tahun 2018 ini juga akan semakin gencar meluncurkan produk Internet of Things. Terutama produk Hearables. Di mana pada kesempatan CES 2018 lalu, produsen ini meluncurkan Speaker Pintar dengan Dukungan untuk Android Things dan Google Assistant.


Di mana, produsen ini meluncurkan Qualcomm Smart Audio Platform. Solusi yang dirancang untuk mempermudah OEM dalam menciptakan speaker pintar (smart speakers) yang berbeda dengan mendukung interaksi suara yang kaya dari Google Assistant di berbagai klasifikasi produk dan kategori.

Platform yang terintegrasi ini dirancang untuk menggabungkan kombinasi unik dari kemampuan pemrosesan, opsi konektivitas, voice user interface, dan teknologi audio premium untuk membantu memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat akan speaker pintar yang komprehensif, intuitif, dan menawarkan banyak fitur komprehensif. Dengan bantuan Google Cast for Audio, pengguna sekarang dapat memutar musik kesayangan mereka dari perangkat seluler ke speaker pintar yang dapat didengar di seluruh rumah.

Di antara produk-produk yang diluncurkan OEM dengan dukungan Qualcomm Smart Audio Platform di CES 2018, LG akan menampilkan LG ThinQ Speaker yang telah dilengkapi dengan built-in Google Assistant.

Selanjutnya, Qualcomm juga meluncurkan platform pertama Untuk Industri speaker pintar yang mendukung Microsoft Cortana. Di mana, platform ini mampu mengintegrasi perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk membantu OEM mengurangi waktu dan biaya dari pengembangan speaker pintar dengan dukungan intelligent digital assistance yang disediakan oleh Microsoft Cortana – pengalaman voice interface yang dipersonalisasi sehingga membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan dengan usaha yang lebih sedikit di kantor, rumah, dan diperjalanan.

Qualcomm Technologies International juga memperkenalkan seri Qualcomm Low Power Bluetooth SoC QCC5100 terbaru yang didesain untuk membantu produsen manufaktur dalam mengembangkan earbuds, hearables, dan headsets nirkabel generasi baru yang compact dan kaya akan fitur.

Targetnya untuk memenuhi permintaan konsumen akan kualitas audio yang superior serta perpanjangan daya tahan baterai dan waktu memutar suara pada perangkat audio nirkabel, terobosan SoC ini dibuat untuk mengurangi konsumsi daya hingga 65 persen untuk panggilan suara dan pemutaran musik dibandingkan dengan solusi audio Bluetooth single-chip yang sudah ada sebelumnya.

Qualcomm pun masuk ke industry rumah dengan menawarkan Platform Home Hub terbaru yang mendukung Android Things untuk membawa Google Assistant di seluruh perangkat rumah tangga. Ada dua platform yang diperkenalkan yakni Qualcomm Home Hub. System-on-chip (SoCs) Qualcomm SDA624 dan SDA212 dirancang untuk membantu developers dan para OEM untuk mengembangkan Home Hubs yang memiliki dukungan layanan Google seperti Google Assistant secara cepat dan hemat biaya.

Home Hub ini mengandalkan konektivitas awan (cloud connectivity) dan kemampuan komputasi yang canggih untuk berbagai bentuk perangkat dan telah menjadi sebuah industri yang kian berkembang pesat.

Selain itu, System-on-Modules (SoMs), development boards, dan reference design juga termasuk dalam platform tersebut. Satu set platform yang komprehensif ini membuka peluang baru yang menarik bagi OEM untuk mempercepat perancangan, pengembangan dan komersialisasi produk elektronik konsumen generasi baru dengan dukungan Artificial Intelligence (AI) yang dilengkapi fitur asisten digital yang kaya, layar sentuh, kamera video dan media yang imersif. Harman dan LenovoTM saat ini sedang bekerjasama dengan Qualcomm Technologies untuk produk rumah tangga mereka termasuk Lenovo Smart Display baru dengan menggunakan platform Qualcomm Home Hub. (Icha)

 

 

Kominfo Minta Google dan Facebook Blokir Aplikasi dan Group Berkonten Negatif

Telko.id – Kementerian Kominfo terus menerus aktif melakukan penanganan konten negatif di Internet, termasuk kegiatan yang melanggar juga yang memberikan dukungan terhadap pelanggaran nilai dan norma sosial budaya.

Pada 28 September 2016 terdapat 3 DNS dari 3 Aplikasi LGBT yang tidak sesuai dengan Peraturan telah dilakukan pemblokiran. Kemudian pada 12 Oktober 2017, 5 DNS dari Aplikasi B***d juga telah dilakukan pemblokiran.

Pada 15 Januari 2018, Kementerian Kominfo telah melakukan beberapa tindakan, yakni mengirimkan permintaan kepada Google untuk melakukan takedown (penghentian). “Ada 73 aplikasi berkenaan dengan LGBT dari Google Play Store yang diminta Kominfo untuk dihentikan. Lalu, minta juga melakukan pemblokiran 15 DNS dari 15 Aplikasi LGBT yang ada pada Google Play Store, dan mengajukan kepada Facebook terhadap 1 grup LGBT yang meresahkan masyarakat untuk dilakukan suspend,” tulis Kominfo dalam siaran pers nya.

Selama Januari 2018 ini, dari hasil penelusuran dan pengaduan masyarakat sejumlah 169 situs LGBT yang bermuatan asusila dilakukan pemblokiran. Disamping itu, juga terdapat 72.407 konten asusila pornografi telah dilakukan penanganan dalam kurun Januari ini. Berkenaan dengan Aplikasi B***d, 9 DNS yang dimilikinya telah diblokir.

Kementerian Kominfo juga menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan aplikasi apapun yang tidak sesuai dengan norma sosial budaya bermasyarakat di Indonesia. Pelaku asusila di Cianjur, berdasarkan laporan kepolisian, menggunakan aplikasi pesan khusus yang kerap diakses dengan VPN (jalur koneksi pribadi), IP anonymizer (penyembunyi alamat internet protocol), situs proxy serta cara-cara lain.

Kementerian Kominfo sampai saat ini tidak pernah melakukan normalisasi maupun pembiaran terhadap aplikasi B***d dan aplikasi serupa lainnya yang telah lama diblokir.

Selain cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, pengguna aplikasi juga memanfaatkan beberapa DNS yang disediakan langsung oleh penyelenggara layanan.

Penyelenggara konten global dan nasional juga dihimbau aktif dalam menjamin ketersediaan konten positif dan menekan jumlah konten negatif. Dalam suasana formal maupun informal, Kementerian Kominfo terus berkoordinasi dengan perwakilan Facebook, Google, Twitter, Telegram, Line, BBM, Bigo Live, LiveMe, Metube dan lainnya dalam mencegah persebaran dan multiplikasi konten negatif. (Icha)

 

 

 

Advan iTAB Memantapkan Posisi Advan Menjadi Top One Market Tablet Di Indonesia

0

Telko.id – Advan boleh dibilang sebagai satu-satunya merek nasional yang mampu bersanding dengan merek global. Bahkan untuk produk tablet merek ini dinobatkan oleh International Data Corporation (IDC)sebagai market leader mampu menguasai 60,8% pasar tablet di Indonesia, bahkan di Asia Pasifik.

“Kita bangga Advan menjadi No 1 Best Selling Tablet yang dapat tampil sebagai brand kebanggan Indonesia dan menjadi market leader yang mampu bersaing dengan brand internasional. Dengan pengakuan dari IDC ini, Advan terbukti menjadi brand terdepan yang memiliki daya saing kuat di tengah semakin banyaknya brand-brand internasional yang masuk ke Indonesia,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa pangsa pasar tablet tetap bergairah lantaran tablet menjadi media entertainment yang dapat dan mudah digunakan di mana dan kapan saja. Tablet merupakan gadget yang fun, karena bisa dinikmati bersama teman ataupun keluarga, bahkan dengan ukuran layar lebih besar dan maksimal memberikan kepuasan dalam beraktivitas menggunakan tablet.

Berbagai inovasi pun terus dilakukan Advan sebagai market leader tablet kebanggaan masyarakat Indonesia. Di mana produk yang ada terus disempurnakan yaitu dengan menghadirkan tablet terbarunya, ADVAN iTAB yang memiliki keunggulan layar lebih jernih dan jelas berkualitas HD, berukuran 7 inchi yangdibandrol dengan harga Rp. 1.499.000, siap memberikan kesempurnaan di saat menjalankan beragam aktivitas menggunakan tablet ini.

“Bukan sekedar mengikuti trend, namun teknologi yang diadopsi mampu memberikan pengalaman Maximum Multimedia Tablet lebih dari apa yang konsumen butuhkan. Tentunya Advan tak pernah bosan untuk selalu berinovasi, dan menjadikan kebutuhan konsumen sebagai skala prioritas disetiap terobosan yang dihadirkan,” tutur Tjandra Lianto.

Advan iTAB yang akan masuk pasar pada pertengahan Januari 2018 disebut sebagai Maximum Multimedia Tablet karena suaranya mengadopsi dual boxamplifier sehingga memberikan efek suara yang besar dan mantap (Power Sound), memberikan resonansi audio yang lebih sempurna, serta menghasilkan suara yang solid dan spektrum audio yang lebar demi memanjakan telinga para penggunanya saat mendengarkan musik, dan bermain game pun serasa lebih nyata.

Menurut Hasnul Suhaimi, Advan Business Management Advisor, “iTAB, tablet terbaru keluaran dari ADVAN dengan Maximum Multimedia Tablet (Power Sound, Power Camera, dan Power Battery) menjadi bukti bahwa Advan sebagai market leader tidak pernah berhenti menghadirkan tablet yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Di mana tablet selalu disukai karena mobilitas dan fungsinya. Salah satunya, Advan iTAB memiliki layar lebih jernih dan jelas berukuran 7 inchi untuk memberikan pengalaman penggunanya lebih baik, terlebih lagi didukung dengan big sound-nya. Bahkan karena ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana membuat tablet melakukan sebagian besar fungsi penting dari sebuah laptop.

Tak sekedar unggul pada teknologi power sound, selayaknya tablet berkelas, Advan iTAB telah dilengkapi oleh jajaran fitur spesifikasi yang mumpuni. Advan iTAB memiliki power camera diperkuat dengan dual-camera berkonfigurasi 8 MP + 5 MP yang mampu menangkap foto lebih tajam dan mampu merekam video HD. Tablet ini disertai performa semakin baik dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB, yang sudah dilengkapi 4G LTE, bahkan lengkap dengan daya tahan baterai berkapasitas besar 3500 mAh, jadi bisa mensupport hingga 30 jam pemutaran lagu.

Untuk sistem keamanan, melalui Advan Secure, Advan iTAB memiliki sistem security handal yang memberikan rasa aman kepada konsumen melalui platform IDOS 7.2 (Indonesia Operating System), diantaranya Locked Apps dapat mengunci aplikasi yang diinginkan dengan tiga (3) pilihan kunci yaitu Pin Lock, Pattern Lock, dan Gesture Lock, lalu sistem Vault yang dapat menyembunyikan foto dan video rahasiamu, sistem Break in Alert dimana kamera secara otomatis akan memfoto orang yang salah membuka password, dan sistem Invisible Pattern dapat menyembunyikan pola titik Pattern Lock sehingga membingungkan orang-orang yang coba membukanya, dan terakhir Anti Theft yang dapat mengamankan data di Advan iTAB.

Dengan fitur yang komplit, harga terjangkau, serta beragam fitur yang dihadirkan mumpuni, Advan iTAB ini dikemas dengan balutan back cover berwarna gold dan hitam dengan tekstur yang membuatnya begitu mewah. Selain itu, bentang layar yang begitu lapang tetap nyaman saat digenggam oleh satu tangan sekalipun, bahkan ADVAN iTAB siap menjadi petarung tangguh untuk menghadang agresivitas brand internasional lainnya.

“Kami yakin dengan segudang fitur yang canggih mampu bersaing dengan brand lainnya, karena hadirnya tablet Advan iTAB membuat kami lebih percaya diri untuk memberikan kualitas yang terbaik dan berdaya saing. Di samping itu, masyarakat Indonesia semakin percaya bahwa Advan adalah brand kebanggaan karya anak bangsa dan satu-satunya yang mampu menandingi gempuran brand internasional,” lanjut Hasnul Suhaimi. (Icha)

 

 

 

Sambut Asian Games 2018, Jaringan Broadband Berteknologi Terkini Bakal ‘Manteng’ Terus Di Stadion GBK

0

Telko.id – Asian Games 2018 di Jakarta sebuah ajang olah raga bergengsi di kawasan Asia. Itu sebabnya, kawasan Stadion Gelora Bung Karno sebagai pusat event ini perlu jaringan broadband yang optimal guna mendukung suksesnya acara ini.

Telkomsel adalah salah satu operator yang sudah siap amankan jaringan broadband di kawasan ini. Operator ini pun telah melakukan beragam aktivitas peningkatan dan penguatan fasilitas jaringan di sekitar kawasan tersebut. Sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain melalui implementasi teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz serta Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk jaringan pita lebar terdepan 4G LTE Telkomsel yang menjangkau kawasan GBK.

Dalam momen peresmian Stadion Utama GBK yang dibarengi pertandingan resmi sepakbola antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Islandia, serta diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, fasilitas jaringan dengan teknologi terdepan Telkomsel sukses mengawal pengamanan kualitas jaringan selama gelaran berlangsung, (14/1).

Dengan menggelar optimalisasi kualitas jaringan 17 BTS yang sudah beroperasi di sekitar kawasan GBK, Telkomsel juga melakukan penambahan 22 BTS serta 20 diantaranya berjenis Lampsite yang secara khusus dihadirkan untuk pengamanan jaringan indoor Stadion Utama GBK. Selain itu, Telkomsel juga mengoperasikan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang sudah dilengkapi teknologi frekuensi TDD 2,3 MHz serta 1 unit BTS berteknologi Massive MIMO yang menjangkau kawasan outdoor sekitar Stadion GBK.

“Gelaran peresmian Stadion Utama GBK yang baru direnovasi dan disertai pertandingan sepak bola Timnas melawan Islandia ini menjadi momen yang tepat bagi Telkomsel untuk menguji kemampuan teknologi jaringan terdepan yang memang telah dipersiapkan untuk menyambut perhelatan olahraga Asian Games 2018, yang salah satunya akan berlangsung di Jakarta,” kata Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Mengantisipasi kehadiran pendukung Indonesia yang mencapai puluhan ribu di GBK, Telkomsel berharap dapat memastikan kualitas jaringan terdepan yang telah beroperasi mampu menghadirkan kemudahan dan kenyamanan pelanggan, khususnya dalam menikmati akses layanan broadband dan digital secara bersamaan dalam satu titik keramaian yang padat pengguna.

Dengan beroperasinya fasilitas jaringan yang baru dan dilengkapi teknologi terdepan seperti frekuensi TDD 2,3 Mhz dan Massive MIMO ini diharapkan pengalaman pelanggan dalam menikmati akses layanan broadband menggunakan jaringan 4G LTE akan tetap terjaga dan semakin maksimal, dikarenakan kedua teknologi tersebut secara khusus dihadirkan guna menambah kapasitas akses broadband mencapai 5 sampai 8 kali lebih besar dibandingkan teknologi jaringan lain pada umumnya.

Teknologi jaringan Massive MIMO sendiri secara khusus dioperasikan Telkomsel di kawasan komplek olahraga GBK sebagai antisipasi meningkatnya trafik komunikasi terutama akses broadband saat momen Asian Games 2018 nanti. Di mana sejumlah cabang pertandingan olahraga akan dilangsungkan di sejumlah venue yang ada di kawasan olahraga tersebut. Teknologi ini diharapkan dapat mengakomodir trafik layanan data dalam kapasitas besar di saat berlangsungnya pertandingan sejumlah olahraga yang diprediksi akan dihadiri para pendukung kontingen negara Asia dengan jumlah yang masif pada momen yang bersamaan.

Ririn lebih lanjut menambahkan, pada gelaran pertandingan sepakbola Timnas Indonesia melawan Islandia sendiri, Telkomsel mencatat total trafik layanan data pelanggan yang hadir di Staion Utama GBK mencapai lebih dari 1650 GB, dengan trafik tertinggi yang dapat terlayani dalam satu momen bersamaa hingga 210 GB. Lonjakan trafik layanan data tersebut meningkat hingga 240% dibandingkan hari pada akhir pekan pada umumnya.

Tingginya akses layanan data tersebut tetap terjaga kualitasnya seiring upaya antisipasi yang telah dilakukan Telkomsel, seperti memaksimalkan teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz termasuk FDD 1,8 MHz serta Massive MIMO yang telah di kawasan Stadion Utama GBK, yang pada saat ujicoba sebelumnya kecepatan akses layanan data mencapai 350 Mpbs.

Trafik layanan data di Stadion Utama GBK didominasi akses layanan broadband oleh pelanggan untuk browsing internet, upload dan streaming live melalui media sosial, terutama untuk mengabadikan momen berlangsungnya pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia.

“Sebagai salah satu pihak sponsor resmi gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Telkomsel secara konsisten telah melakukan sejumlah aktivitas untuk memastikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses layanan berbasis broadband dan digital agar selalu terjaga. Kehadiran teknologi jaringan terdepan tak hanya dihadirkan di kawasan GBK, namun juga di sejumlah venue pertingan Asian Games lainnya yang tersebar di wilayah Jakarta.

Telkomsel terutama wilayah operasional Area Jabotabek Jabar telah memastikan kesiapan seluruh fasilitas jaringan serta ketersediaan produk dan layanan guna mensukseskan ajang internasional tingkat Asia ini, terlebih sebelumnya Telkomsel juga sukses menggelar kualitas jaringan prima selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat belum lama ini” pungkas Ririn. (Icha)