spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 114

Indosat Gelar Indonesia AI Day 2024 Demi Kedaulatan AI Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan “Indonesia AI Day 2024”, yang akan menjadi momentum penting dalam evolusi teknologi di Indonesia.

Acara yang akan diselenggarakan pada 14 November mendatang di The Tribrata Hotel and Convention Center, Jakarta ini menegaskan komitmen Indosat dalam mendukung kedaulatan AI di Indonesia.

Melalui acara ini juga, Indosat berharap dapat memperkokoh fondasi utama dalam pengembangan teknologi AI dan mencapai kemandirian digital di Indonesia.

Mengangkat tema “Unleashing Indonesia’s AI Sovereignty,” Indonesia AI Day 2024 akan menghadirkan para tokoh terkemuka AI untuk mengeksplorasi potensi besar AI bagi ekonomi Indonesia dan pengaruhnya secara global.

Baca Juga : Indosat Raih Pertumbuhan Finansial Gemilang, Ini Detailnya!

Indosat menciptakan ruang kolaboratif bagi pemimpin pemikiran lokal dan internasional guna mendorong Indonesia menuju kedaulatan AI, memperkuat posisinya sebagai pelopor AI di panggung global.

“Tujuan besar kami adalah memberdayakan Indonesia melalui kemajuan digital dan teknologi. Menjadi pelopor di bidang AI tidak hanya tentang adopsi teknologi, namun juga tentang membentuk masa depan yang sejalan dengan visi bangsa,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menambahkan bahwa Indosat bangga dapat bermitra dengan para inovator yang memiliki kesamaan visi dalam membangun ekosistem AI yang mandiri dengan ciri khas Indonesia.

“Indonesia AI Day adalah tonggak penting dalam memperkuat posisi Indonesia di dunia AI, serta membuka jalan bagi peluang tak terhingga,” ujar Vikram menambahkan.

Pembicara Ternama dan Topik Diskusi: Menginspirasi Visi Kedaulatan AI Indonesia
Indonesia AI Day 2024 juga mempertemukan ahli dan ide inovatif, menjadi ajang bagi pemimpin global dan lokal untuk mengeksplorasi potensi AI dalam membentuk masa depan Indonesia.

Pembicara utama seperti NVIDIA Founder and CEO, Jensen Huang, serta Chair and CEO Accenture, Julie Sweet, akan berbagi wawasan visioner tentang jalan Indonesia menuju Kedaulatan AI dan peluang besar AI bagi ekonomi digital negara ini.

Panggung utama juga akan diisi oleh tokoh-tokoh penting Indonesia, seperti Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi), Meutya Hafid, Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Sedangkan Stella Christie, yang akan berbagi wawasan tentang peran AI dalam mencapai kemandirian digital, ketahanan ekonomi, dan pertumbuhan teknologi Indonesia.

Selain itu, praktisi AI termasuk peneliti, developer, dan engineer terkemuka dari berbagai universitas yang juga akan membagikan pengetahuan mereka, memperkuat visi Indonesia untuk masa depan berbasis AI di panggung dunia.

Dengan figur-figur tersebut, Indonesia AI Day menawarkan pengalaman mendalam untuk mewujudkan ide menjadi aksi nyata.

Peserta dapat menyaksikan kompetisi pitch battle yang menampilkan solusi AI terbaik Indonesia untuk tantangan nasional dan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, akan hadir juga masterclass dan lokakarya praktis bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan aplikasi AI yang mendukung berbagai sektor, dari sumber daya manusia hingga industri kreatif.

Dalam acara Indonesia AI Day, akan terdapat beragam showcase yang menampilkan potensi transformatif AI, memperlihatkan bagaimana solusi digital dapat memperkaya kehidupan pribadi dan profesional.

Melalui perpaduan diskusi mendalam dan demonstrasi langsung, Indonesia AI Day menegaskan komitmen Indonesia terhadap kedaulatan AI dan aspirasinya untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi digital global.

Membuka Jalan Menuju Kedaulatan AI Indonesia

Indonesia AI Day menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran, berbagi pengetahuan, dan kolaborasi dalam perjalanan Indonesia menuju kedaulatan AI.

Acara ini mencerminkan komitmen Indosat sebagai perusahaan teknologi berbasis AI dan memperkuat posisi Indonesia sebagai ekonomi digital terdepan di Asia Tenggara.

Dengan menghubungkan talenta lokal, pemimpin teknologi global, dan pembuat kebijakan, acara ini bertujuan menginspirasi, mendidik, dan memobilisasi ekosistem AI Indonesia menuju masa depan bersama.

“Inisiatif ini merupakan langkah terobosan Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan komitmen bahwa AI adalah kunci untuk memberdayakan Indonesia, mendorong kemandirian digital, dan menjadikan Indonesia pemimpin transformasi digital global.” tutup Vikram. (Icha)

Telkomsel Jaga Cita, Kuatkan Ekosistem Digital untuk Pendidikan

0

Telko.id – Telkomsel Jaga Cita, merupakan insiatif Telkomsel untuk mempertegas komitmen dalam menerapkan pilar social pada prinsip keberlanjutan ESG yang digelar di Yogyakarta (7/11).

Inisiatif ini berfokus untuk mendukung dan menghadirkan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan merata di Indonesia.

Telkomsel Jaga Cita juga merupakan payung program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dirancang untuk memperkuat kompetensi di dunia pendidikan, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa hingga orangtua siswa.

Platform digital seperti Ilmupedia, Skul.id, Kuncie, by.U, dan Internet BAIK pada inisiatif Telkomsel Jaga Cita, diharapkan dapat mendukung dan menjaga harapan anak-anak Indonesia untuk mewujudkan cita-citanya menyongsong masa depan yang lebih baik.

Baca juga : Telkomsel Gelar NextDev ke-10, Integrasikan Teknologi AI Dalam Kurikulum

Inisiatif ini sekaligus merespons tantangan dalam pendidikan Indonesia, yang tercermin dalam Rapor Pendidikan  Indonesia Tahun 2023, dari 50 juta murid yang dimiliki Indonesia, hanya sebanyak 61,53 persen murid jenjang Sekolah Dasar (SD), 59 persen murid jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 49,26 persen murid jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki kompetensi literasi di atas standar minimum.

Sementara itu, data dari Sustainability Report Telkomsel 2023 menunjukkan sebanyak 780 sekolah dari 249 kota dan kabupaten telah mendapatkan wawasan tentang interaksi positif di media sosial dan ekosistem digital melalui program Internet BAIK yang dapat membuka peluang bagi talenta muda menjadi agen perubahan di dunia digital.

“Melalui inisiatif Telkomsel Jaga Cita, Kami ingin memberdayakan masyarakat, memungkinkan akses ke informasi dan beragam layanan jadi lebih mudah, membuka lebih banyak peluang, serta memastikan manfaat kemajuan digital dapat dirasakan secara inklusif di seluruh Indonesia,” kata Saki H. Bramono, VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel.

VP Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty R. Afriza turut menambahkan, “Sebagai bagian inisiatif Telkomsel Jaga Cita, kami menghadirkan beragam layanan edutainment melalui platform Ilmupedia yang siap membantu talenta muda dalam menemukan minat bakat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, didukung dengan akses internet yang terjangkau dengan jaringan terbaik yang dapat gunakan melalui kartu telkomsel prabayar, kartuHalo maupun by.U”

Roadshow Ilmupedia “Pintar Itu Beragam”

Dalam rangka peluncuran inisiatif Telkomsel Jaga Cita, Telkomsel juga menggelar roadshow Ilmupedia “Pintar Itu Beragam” yang memperkenalkan pembaruan platform Ilmupedia yang lebih interaktif, termasuk fitur teknologi AI, “Adeva” yang berperan sebagai asisten belajar virtual siswa yang kini dapat diakses oleh para orang tua, serta dapat membentuk komunitas kalangan para pelaku pendidikan.

Adeva membantu siswa untuk mengeksplorasi informasi yang disajikan dari pertanyaan yang diinput ke dalam aplikasi chat AI, termasuk memahami konteks, memilah informasi penting, dan mengelompokkan data berdasarkan topik atau tema.

“Adeva merupakan inovasi yang kami bangun untuk menjawab tantangan pembelajaran yang semakin dinamis yang kami harapkan bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar. Kami terus berupaya untuk membuka akses pendidikan yang berkualitas ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” jelas Kemas M. Fadhli, CEO Kuncie. 

Selain itu, di kesempatan yang sama pula, Telkomsel mengadakan kompetisi “Mini IBJ Quiz” yang memberikan pengalaman langsung sekaligus proses registrasi untuk dua program besar “Ilmupedia Berani Jawab Season 5” dan program “Ilmupedia Tryout Akbar UTBK” yang akan kembali dilaksanakan mulai dari Januari hingga Maret 2025.

Ada pula kompetisi membuat jingle Ilmupedia yang dibuka hingga Desember 2024, dan talkshow dengan pembicara dari beragam latar belakang keahlian.

Pada gelaran ini Telkomsel juga memberikan bantuan piloting project digitalisasi sekolah dan apresiasi untuk pemenang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kemendikdasmen melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). (Icha)

Garmin Lily 2 Active, Hadirkan Beragam Fitur Baru

0

Telko.id – Garmin telah resmi meluncurkan Lily 2 Active di Indonesia. Smart jewelry ini hadir dengan sejumlah pembaruan fitur yang meningkatkan fungsionalitasnya.

Lily 2 Active dirancang untuk mendukung beragam aktivitas pengguna wanita modern sepanjang hari.

Lily 2 Active hadir dengan desain yang elegan dan timeless, memadukan casing metal tipis dengan tampilan tersembunyi serta lensa yang dihiasi pola menarik.

Salah satu fitur baru yang ditawarkan adalah dua tombol samping untuk memudahkan pengoperasian saat berolahraga.

Baca juga : Garmin Lily 2 Active, Pas Buat Wanita Aktif yang Fashionable

Perpaduan ini menciptakan kesan yang sophisticated, menjadikannya pilihan sempurna untuk berbagai situasi, baik di tempat kerja maupun saat beraktivitas fisik. Lily 2 Active adalah pilihan ideal bagi mereka yang ingin tetap aktif tanpa mengorbankan penampilan.

“Wanita karier modern membutuhkan partner yang bisa diandalkan. Garmin Lily 2 Active adalah smart jewelry yang memiliki desain elegan dan fitur kebugaran canggih seperti GPS dan Garmin Coach, siap diandalkan sepanjang hari,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marcomm Senior Manager Garmin Indonesia.

Anda pun dapat mencapai tujuan kebugaran dengan penuh semangat dengan small and stylish smartwatch terbaru ini.

Berikut ini adalah sejumlah fitur baru yang dihadirkan di Lily 2 Active:

Built-in GPS

Lily 2 Active kini hadir dengan built-in GPS yang memudahkan Anda untuk melacak aktivitas secara lebih akurat. Berjalan kaki, lari, bersepeda dan sebagainya, kini dapat dilacak langsung dengan mengandalkan smartwatch berdesain stylish yang ada di pergelangan tangan.

Tentunya kehadiran fitur ini menjadi pembaruan menarik dan berguna bagi pengguna yang aktif melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan.

Garmin Coach

Lily 2 Active juga menghadirkan fitur Garmin Coach, yang membuat Anda seolah memiliki personal trainer. Rencana pelatihan yang tersedia Garmin Coach dirancang oleh ahli fisiologi untuk membantu pengguna mencapai tujuan secara efektif.

Layanan bebas biaya ini menawarkan berbagai rencana pelatihan yang adaptif dan dipersonalisasi dari pelatih ahli untuk berbagai olahraga seperti berlari, bersepeda, dan latihan kekuatan. Berbagai menu latihan dari Garmin Coach telah dipersonalisasi berdasarkan metrik performa dan kesehatan pengguna.

Nap Detection

Lily 2 Active menghadirkan fitur Nap Detection yang secara otomatis dapat melacak tidur siang Anda, memberikan wawasan tentang dampaknya pada tubuh. Dengan mencatat waktu dan durasi tidur siang, Anda dapat memahami bagaimana tidur singkat ini mempengaruhi energi dan konsentrasi sepanjang hari.

Selain itu, fitur ini membantu Anda menemukan waktu dan durasi tidur siang yang paling ideal untuk tubuh. Dengan informasi ini, Anda bisa menyesuaikan agar mendapatkan manfaat maksimal, menjaga keseimbangan antara produktivitas dan pemulihan energi.

30+ Sports Mode

Lily 2 Active menawarkan lebih dari 30 sports mode yang dirancang untuk mendukung berbagai aktivitas fisik Anda, termasuk Running, Treadmill Running, Strength, HIIT, Cardio, Elliptical Training, Pool Swimming, Indoor Rowing, Dance Fitness (Zumba, Afrobeat, Bollywood, EMD, hip-hop), Jump Roping, Pilates, Yoga, Golf, Pool Swimming, Biking, Indoor Biking, dan masih banyak lagi.

Selain empat pembaruan diatas, smartwatch Garmin mungil ini juga tetap mempertahankan fitur khas seperti Body Battery Energy Monitoring, Sleep Score, Morning Report, Meditasi, Women’s Health Tracking dan ketahanan baterai selama 9 hari dalam mode smartwatch dan 9 jam dalam mode GPS.

Smart jewelry ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang dapat mengirimkan pesan darurat berisi lokasi pengguna jika terdeteksi adanya insiden. 

Harga dan Ketersediaan

Lily 2 Active sudah tersedia di Garmin Brand Stores Offline seluruh Indonesia dan Garmin Official Stores Online di Tokopedia, Shopee, Blibli dan Eraspace dengan harga Rp 5,299,000. Khusus untuk varian warna Jasper Green, baru akan tersedia mulai Desember 2024. (Icha)

Internet Cepat dan Layanan Hiburan Berkualitas, Tingkatkan Okupansi Hotel

0

Telko.id – Internet bisnis yang cepat dan layanan entertainment yang berkualitas, adalah fasilitas utama dan menjadi keniscayaan bagi perusahaan hotel atau penginapan.

Jika dua hal ini tersedia dengan baik, dapat membantu meningkatkan okupansi kamar pemilik bisnis hotel di Indonesia.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, Indibiz, ekosistem solusi digital untuk pebisnis dari Telkom Indonesia, menghadirkan Paket HSI Bisnis Unlimited + USeeTV Hospitality (UHOS).

Dukungan koneksi internet cepat & layanan hiburan super lengkap ini dapat dimanfaatkan untuk pebisnis perhotelan.

Baca juga : aMAYzing, Program Promo Dari Indibiz Hotel dan Sekolah

Dengan harga mulai dari Rp400 ribu an, pemilik hotel sudah bisa menikmati akses internet bisnis dengan cepat hingga 300 Mbps dan bonus mendapatkan 90 channel TV dengan kualitas yang baik.

OVP Enterprise Regional Business Management Telkom Indonesia, Reni Yustiani, menjelaskan, layanan USeeTV yang Indibiz hadirkan untuk pelanggan menggunakan teknologi terbaik dan terbaru. Sehingga tayangan IPTV yang diterima oleh pelanggan di hotel lebih memuaskan, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

“Dukungan konektivitas dan layanan hiburan super lengkap dari Indibiz ini diharapkan mampu membantu operasional bisnis para pelaku bisnis SME khususnya di sektor perhotelan. Solusi dari Indibiz ini juga diharapkan mampu meningkatkan okupansi hotel,” jelas Reni.

Senada dengan hal itu, Deddy Irwanto, Director of Sales Marketing Hotel Aria Gajayana Malang, mengaku senang dan puas dengan layanan dari Indibiz yang digunakan di hotel tersebut.

Menurut Deddy, kecepatan internet bisnis yang stabil dari Indibiz menjadi daya tarik tersendiri bagi Hotel Aria Gajayana dalam memberikan layanan maksimal dan memuaskan untuk para pelanggannya. “Sejauh ini, layanan Indibiz tidak pernah ada kendala dan layanan after salesnya juga sangat responsive dan cepat,” jelas Deddy. (Icha)

Struktur Direktorat Kemkomdigi Berubah, Ini Rinciannya?

0

Telko.id – Menteri Komdigi atau Kementerian Komunikasi dan Digital Meutya Hafid mengubah struktur direktorat, ada direktorat jenderal atau ditjen yang mengawasi ruang digital, termasuk media sosial.

“Dengan perubahan nomenklatur nama menjadi Komunikasi dan Digital, akan ada perubahan eselon satu, yang akan memperluas tugas-tigas yang terkait dengan digital,” ujar Meutya dalam Rapat Kerja dengan Komisi I, Jakarta, Selasa (5/11).

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 174 Tahun 2024 Tentang Kementerian Komunikasi dan Digital.

Dalam Perpres yang ditandatangani Presiden Prabowo pada 5 November 2024 tersebut terlihat ada 5 direktorat jenderal atau ditjen, salah satunya mengawasi ruang digital.

Baca juga : Kemkomdigi Nonaktifkan 11 Pegawai Yang Terlibat Kasus Judi Online

Ditjen Pengawasan Ruang Digital ini mempunyai tugas perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan ruang digital dan pelindungan data pribadi.

Lalu, Direktorat Jenderal Infrastruktur Digital mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur digital.

Kemudian, Direktorat Jenderal Teknologi Pemerintah Digital mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang teknologi pemerintah digital.

Direktorat Jenderal Ekosistem Digital mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang ekosistem digital.

Adapun, Direktorat Jenderal Komunikasi Publik dan Media mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang komunikasi publik dan media

Selain itu, level inspektorat jenderal dan sekretariat jenderal pun bakal berubah. Sebelumnya, dua pejabat ini mempunyai level jabatan setara dengan para dirjen. Jabatan mereka bakal berada di atas dirjen, di bawah menteri dan wakil menteri.

Berikut struktur direktorat di Kemkomdigi yang diusulkan oleh Menkomdigi:

  • Sekretariat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Infrastruktur Digital
  • Direktorat Jenderal Teknologi Pemerintah Digital
  • Direktorat Jenderal Ekosistem Digital
  • Direktorat Jenderal Pengawasan Ruang Digital
  • Direktorat Jenderal Komunikasi Publik dan Media
  • Inspektorat Jenderal
  • Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Digital
  • Staf Ahli Bidang Hukum
  • Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya
  • Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa
  • Staf Ahli Bidang Teknologi.

Meutya mengatakan semua itu masih ide dan belum disahkan. Masih ada proses yang perlu dilewati.

“Ini baru usulan kami kepada KemenPANRB dan nanti di level Sesneg kemudian keluar Perpress,” jelas dia.

Dia menjelaskan akan ada ketidaknyamanan karena perubahan struktur. Misalnya ada perpindahan pegawai dan harus melakukan hal baru.

“Di awal kami juga sudah berdiskusi banyak tentang perubahan struktur yang cukup besar dan pasti mungkin ada kekurangnyamanan di mana Bapak-Ibu harus berpindah, harus melakukan hal baru,” tutur Meutya.

Penataan struktur direktorat Kemkomdigi ini jadi salah satu program yang dilakukan Meutya dan kementeriannya. Dia juga membuka diri jika ada masukan untuk perubahan yang disebutnya sebagai ruang perbaikan dalam tata kelola struktur organisasi.

“Pada prinsipnya perubahan nomenklatur nama Kementerian menjadi Komunikasi dan Digital memang membuat ruang juga untuk perbaikan di dalam dan juga tata kelola sistem struktur organisasi di dalam,” jelas dia. (Icha)

Inovasi XL Axiata Berbasis Digital Raih Penghargaan

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih empat penghargaan bergengsi dalam ajang tahunan Stellar Workplace Award 2024. Ajang yang diselenggarakan oleh Kontan Business & Investment Media bersama PT GML Performance Consulting ini berlangsung  di Le Meridien Hotel, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Penghargaan ini mengakui pencapaian XL Axiata dalam menciptakan program inovatif berbasis digital dan membangun keterlibatan karyawan yang kuat untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Presiden Direktur & CEO  XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan,” Saya mewakili XL Axiata mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk XL Axiata, dan sangat bangga dengan prestasi yang berhasil kami raih dalam ajang penghargaan bergengsi ini”.

Dengan diraihnya penghargaan ini, Dian berharap dapat terus memperkuat XL sebagai perusahaan telekomunikasi yang memiliki manajemen unggul, mencerminkan komitmen XL Axiata untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pengalaman karyawan, serta menghadirkan solusi HR yang relevan dan efektif di masa depan.

Baca juga : Otomomasi jaringan XL Axiata Capai AOMM Level 3.0, Ini Manfaatnya!

Pada acara yang bertema “Engaging Talent Through Digital Experience”, XL Axiata berhasil memenangkan penghargaan di empat kategori utama, yaitu Best of the Best Innovative Digital Driven Engagement Program, Top 5 Digital HR Experience Champion, Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment, dan Stellar Workplace Recognition in Employee Satisfaction.

Penghargaan Best of the Best Innovative Digital Driven Engagement Program diberikan kepada XL Axiata sebagai pengakuan tertinggi untuk program digital yang paling inovatif dan efektif. Kriteria penilaiannya meliputi inovasi, tingkat keterlibatan pengguna, dan dampak yang dihasilkan.

Selain itu, penghargaan Top 5 Digital HR Experience Champion diberikan kepada perusahaan yang menjalankan HR (Human Resource) digital terbaik dari sisi proses, implementasi, maupun dampaknya bagi perusahaan, manager, dan pegawai berdasarkan survey.

Kategori Stellar Workplace Recognition in Employee Commitment mengakui XL Axiata sebagai perusahaan yang memiliki indeks komitmen karyawan yang tinggi, dimana para karyawan menunjukkan keterlibatan aktif dan kontribusi positif untuk kesuksesan perusahaan.

Sementara itu, penghargaan Stellar Workplace Recognition in Employee Satisfaction diberikan atas tingginya tingkat kepuasan karyawan di XL Axiata, tercermin dari pernyataan positif mereka kepada rekan kerja, calon karyawan, maupun pelanggan.

Stellar Workplace Award itu sendiri merupakan penghargaan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2016. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memiliki praktik HR terbaik dan mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keterlibatan serta kesejahteraan karyawan melalui dua aspek utama yaitu, employee engagement dan HR digital.

Tahun ini, Stellar Workplace Award kembali hadir dengan tema “Engaging Talent Through Digital Experience” yang mencerminkan pentingnya peran teknologi digital dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di era modern.

Proses seleksi pemenang untuk ajang ini melibatkan survei mendalam terhadap karyawan dan penilaian dari panel juri yang terdiri dari para pemimpin bisnis dan akademisi terkemuka, seperti R. Cipta Wahyana Managing Editor & Strategic Management GM Kontan, Yunus Triyonggo Ketua Komite GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten) , dan sejumlah tokoh industri lainnya. (Icha)

Datacomm Komit Turut Meningkatkan Keamanan Siber Nasional

Telko.id – Di awal masa kepemimpinannya, Presiden Prabowo menekankan pentingnya isu keamanan siber.

Melalui Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria beberapa waktu lalu yang dirangkum dari pemberitaan media bahwa Presiden Prabowo memberikan instruksi kepada setiap lembaga negara untuk memiliki Computer Security Incident Response Team atau CSIRT.

CSIRT adalah tim tanggap insiden yang mengoordinasikan upaya melindungi dan merespons ancaman siber. Mulai dari threat hunting hingga incident handling, CSIRT memainkan peran kunci dalam menjaga kelangsungan layanan digital lembaga-lembaga pemerintahan.

Berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tahun 2023 mencatat sekitar 403 juta anomali, termasuk 347 dugaan insiden siber serius dengan kebocoran data sebagai insiden terbanyak. Insiden besar seperti kebocoran data di beberapa instansi pemerintah semakin menekankan kebutuhan mendesak ini.

Baca juga : Datacomm Solution Day 2024 Dukung Transformasi Digital di Indonesia

Pemerintah sebelumnya telah menetapkan target membentuk 131 CSIRT dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 sebagai proyek strategis nasional dengan skala prioritas tinggi. Langkah Presiden untuk mempercepat pembentukan CSIRT di setiap lembaga negara adalah strategi penting dalam mengurangi risiko siber dan meningkatkan kesiapan Indonesia di era digital.

Dengan latar belakang militer, Presiden Prabowo memahami bahwa pertahanan terbaik adalah kombinasi dari pencegahan dan kesiapan pemulihan pasca-insiden. Inilah yang menjadi dasar dari pembentukan CSIRT di seluruh instansi negara.

Datacomm Mendukung Pembentukan CSIRT

Sebagai perusahaan teknologi informasi dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, PT Datacomm Diangraha berkomitmen mendukung pemerintah dalam memperkuat ketahanan siber nasional. Melalui layanan keamanan siber DTrust, Datacomm menawarkan solusi lengkap untuk membantu lembaga pemerintah membangun CSIRT yang efektif dan tangguh.

Datacomm memberikan dukungan mulai dari penyusunan struktur organisasi, pemilihan personel, hingga implementasi teknologi dan prosedur keamanan siber. Datacomm telah bekerja sama dengan berbagai sektor, termasuk operator telekomunikasi terbesar dan institusi vital negara dalam membangun CSIRT yang handal.

Layanan yang ditawarkan oleh DTrust tidak hanya berhenti pada konsultasi, tetapi juga mencakup pelatihan personel, pengembangan prosedur deteksi dini, hingga pemulihan insiden yang komprehensif.

Dengan prinsip “People, Process, and Technology”, Datacomm fokus pada pendekatan yang menyeluruh untuk menciptakan CSIRT yang siap menghadapi berbagai jenis ancaman siber.

“Keamanan siber bukan sekadar soal teknologi canggih, tetapi juga mencakup kesiapan tim seperti Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dan prosedur yang mampu merespons insiden dengan cepat,” ujar Muhammad Haikal, SOC Operation Manager PT Datacomm Diangraha.

Ia pun menambahkan bahwa Ketahanan siber (cyber resilience) menjadi kunci untuk meminimalkan dampak gangguan akibat serangan siber, memastikan operasional dapat segera dipulihkan melalui koordinasi efektif tim tanggap insiden.

Melalui pengalaman mendalam dalam membangun infrastruktur CSIRT, Datacomm memastikan setiap lembaga pemerintah memiliki kemampuan teknis dan prosedural yang diperlukan untuk mengantisipasi dan merespons ancaman siber secara efektif.

Dukungan ini juga mencakup analisis ancaman terbaru dan rekomendasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik organisasi, menjadikan DTrust sebagai solusi unggul untuk ketahanan siber nasional.

Bersama Datacomm, Wujudkan CSIRT yang Tangguh

Datacomm hadir sebagai mitra strategis yang siap membantu lembaga-lembaga pemerintahan dan organisasi penting lainnya membentuk tim CSIRT dengan standar terbaik.

Dengan dukungan tenaga ahli yang berpengalaman dan inovasi teknologi terbaru dalam keamanan siber, Datacomm menjamin setiap lembaga negara memiliki kesiapan optimal untuk menghadapi tantangan dunia siber. (Icha)

Yuk Nostalgia Dengan Koleksi Samsung Bergaya Y2k 4eva

0

Telko.id – Samsung Electronics Co. Ltd menghadirkan kembali gaya khas tahun 2000-an dengan peluncuran koleksi mobile aksesoris Y2K 4eva di kawasan Asia Tenggara dan Oseania (SEAO), yang bertujuan untuk menghidupkan kembali gaya Y2K yang meriah ke masa kini.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap tren tahun 2000-an, koleksi Y2K 4eva yang baru ini menampilkan aksesori yang berani, ceria, dan penuh nostalgia yang dirancang khusus untuk seri Galaxy Z Flip6 dan Galaxy Buds3 Series, termasuk desain khusus hasil kerja sama dengan Paul Frank dan MILO.

Berdasarkan studi oleh GWI, budaya populer era Y2K telah bangkit kembali dalam beberapa tahun terakhir karena Generasi Milenial dan Generasi Z (Gen Z) tengah bernostalgia dengan media di tahun 2000-an.

Generasi Milenial dan Gen Z menambahkan gaya mereka sendiri dengan memasukkan sentuhan abad ke-21 dan retrofuturisme digital ke dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti thrifting dan penggunaan efek filter film untuk fotografi, yang telah menjadi tren khususnya di kelompok demografi ini.

Baca juga : Samsung Siap Luncurkan Trifold Smartphone di 2025?

Desain Inovatif Berpadu dengan Gaya Ikonik

Casing Samsung Friends 4eva Galaxy Z Flip6 dengan wallpaper animasi (kanan) dan Casing Y2K 4eva Galaxy Z Flip6 dengan wallpaper animasi (kiri), Casing Buds, Griptok, dan Stiker.

Peluncuran koleksi Y2K 4eva bukan hanya tentang aksesori, tetapi juga time capsule yang mengingatkan kita pada tahun-tahun menyenangkan di masa muda kita, saat baru dimulainya hubungan dengan teknologi dan internet.

Koleksi ini akan menampilkan desain Y2K 4eva original Samsung yang berani, ceria, dan penuh kenangan, dengan motif disko dan nuansa back to school yang akan disukai banyak orang.

Casing Paul Frank Galaxy Z Flip6 dengan wallpaper animasi, Stiker, dan Griptok.

Sebagai bagian dari koleksi Y2K 4eva tahun ini, Samsung berkolaborasi dengan Paul Frank untuk menampilkan desain yang berlatar di Planned Pines, dunia utopian yang mengingatkan kita pada masa-masa yang menyenangkan, ceria, dan tak kenal takut sebelum memasuki masa dewasa yang rumit, dihiasi dengan Julius si Monyet kesayangan Paul Frank.

Paul Frank berada di tengah nostalgia dan mode, merangkul momen-momen yang menyenangkan dan ringan yang mencerminkan individualitas generasi berikutnya sambil mempromosikan inklusivitas dan komunitas.

Casing MILO Galaxy Z Flip6 dengan wallpaper animasi dan Stiker.

Samsung juga berkolaborasi dengan MILO untuk menciptakan casing ponsel berdesain unik yang mengingatkan kita pada minuman favorit saat istirahat dan perlengkapan rumah tangga lintas generasi yang dimiliki banyak orang.

Bagi banyak orang, kecintaan terhadap MILO sering kali dimulai sejak masa kanak-kanak – minuman malt kakao yang ikonik untuk sarapan pagi di sekolah, atau minuman penambah energi selama hari olahraga dan waktu istirahat.

Kolaborasi ini merayakan kegembiraan abadi yang dihadirkan MILO, menghubungkan para penggemar yang tumbuh dengan MILO.

Kaleng MILO yang ikonik yang ditampilkan dalam desain ponsel merupakan peninggalan yang tetap menjadi kebutuhan pokok di banyak rumah di Asia Tenggara, yang membangkitkan kenangan indah saat tumbuh dewasa.

Aksesoris koleksi Y2K 4eva terdiri dari casing ponsel dengan wallpaper animasi untuk Galaxy Z Flip6, casing Galaxy Buds3 Series, Griptok, dan lembar stiker.

Aksesori ini akan tersedia di seluruh wilayah Asia Tenggara melalui pembelian produk Galaxy Z Flip6 atau Galaxy Buds3 Series, giveaway, dan konten sosial Samsung dan brand partner (Milo dan Paul Frank).

“Budaya Y2K semakin populer di kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z saat ini. Di Samsung, kami sangat antusias untuk menghadirkan sentuhan baru yang ceria pada perangkat Galaxy terbaru kami,” kata ChonHong Ng, VP, Head of Regional Marketing, Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania.

Menurutnya, budaya ini dengan memberdayakan penggemar dan pengguna kami untuk mengeksplorasi gaya yang sesuai dengan jati diri dan kesukaan mereka.

ChonHong Ng menambahkan bahwa koleksi Y2K 4eva Samsung, yang bekerja sama dengan merek-merek ikonik seperti Paul Frank dan MILO, mencerminkan upaya perusahaan ini sebagai merek unik yang terus berinovasi, menawarkan aksesori unik yang fungsional dan juga berfungsi sebagai bentuk ekspresi diri kepada pelanggannya.

“Bersama Samsung, kami sangat gembira menghadirkan cara baru bagi penggemar Paul Frank untuk berinteraksi dengan Julius dan teman-temannya,” kata Michael Puglisi, Brand Director & Global Licensing, Futurity Brands.

Ia pun sangat senang dapat berkolaborasi dalam koleksi Y2K 4eva yang menarik ini dengan tim Samsung dan menghadirkan aksesori yang ceria dan menyenangkan yang pasti akan disukai oleh pelanggannya.

“Kami senang bermitra dengan Samsung untuk menghadirkan sesuatu yang baru bagi penggemar MILO di seluruh Asia Tenggara,” ujar Michelle Marie Avarillo, Global Category Business Head – Kids & Teens Nutrition, Nestlé.

Apalagi, sebagai merek yang dicintai oleh banyak generasi, interpretasi Y2K ini akan menjadi sangat istimewa bagi mereka yang mulai menyukai MILO sejak kecil di era ini.

Ini merupakan gambaran kegembiraan dan energi bergizi yang dihadirkan MILO bagi keluarga di seluruh wilayah,” kata Michelle menambahkan.

Mix & Match Gaya Y2K Kamu di Indonesia

Mulai tanggal 11 November, aksesoris ini sudah bisa kamu dapatkan di Indonesia melalui pembelian Galaxy Z Flip6 atau Buds3 Series di Samsung.com/id, toko Samsung, Shopee, atau melalui Aplikasi Samsung Shop.

Rumah Makin Seru dan kreatif Gunakan Lampu pintar Ini!

Telko.id – Rumah memang harus nyaman agar kita pun betah. Nah, Signify menghadirkan lampu pintar WiZ yang membuat pencahayaan di setiap ruangan lebih personal.

Rumah pun, bagi para generasi muda akan menjadi rumah pintar yang memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi rumah idaman yang sesuai preferensi mereka.

Misalnya, desain ruang keluarga yang dimaksimalkan untuk menonton film bersamaatau dijadikan gaming room juga semakin diminati. Entertainment room seperti itu dianggap bisa meningkatkan kenyamanan dan keseruan di dalam rumah.

Untuk mewujudkan entertainment room yang sesuai keinginan, pengaturan pencahayaan memainkan peran penting. Penggunaan pencahayaan yang dapat diatur sesuai keinginan menjadi cara praktis untuk menciptakan suasana nyaman serta menambah kesan stylish dan estetis di rumah.

Baca juga : EZVIZ EB8, CCTV Pintar Berbasis 4G

Pemakaian lampu pintar dengan fitur personalisasi pencahayaan pun semakin diminati untuk mendapatkan ambience dan mood di dalam ruangan sesuai aktivitas ataupun hobi. Nah, semua itu bisa diperoleh dengan menggunakan lampu pintar WiZ.

“WiZ dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan menambah keseruan di dalam rumah, termasuk di entertainment room,” kata Dedy Bagus Pramono, President Director Signify Indonesia.

Apalagi, terdapat 16 juta opsi warna yang bisa diatur sesuai keinginan via aplikasi smartphone yang user-friendly dan pemasangan plug-and-play yang sangat simple, WiZ ajak konsumen menikmati personalized vibe di dalam rumah dan menghidupkan setiap momen semudah #LightAsYouWiZ.

Senada, Thomas Agung Jonathan, Principal Lighting Designer dari Artmosphere Lighting Design, menambahkan, “Lampu pintar WiZ adalah solusi ideal untuk menciptakan pencahayaan yang dapat mendukung aktivitas, fleksibilitas, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan”.

Apalagi, dengan fitur-fitur canggih WiZ, atmosfer rumah dapat dipersonalisasi—mulai dari suasana yang santai hingga penuh hiburan—semuanya bisa diatur dengan mudah sesuai selera dan kebutuhan.

Bagi yang baru mencoba smart lighting, saya sarankan memulainya di area dengan aktivitas rutin, seperti ruang keluarga atau gaming room. Rasakan sensasi imersif yang berbeda yang membuat rutinitas sederhana terasa lebih spesial dan berkesan,” ujar Thomas.

Yuk, mulai personalisasi pencahayaan di entertainment room dengan tips mudah dari WiZ berikut ini!

Wujudkan ruang keluarga yang nyaman

Ruang keluarga jadi lebih hidup berkat lampu pintar WiZ yang dapat diatur menyesuaikan berbagai momen

Kalau hiburan kesukaan kamu dan keluarga adalah menonton film, lampu pintar WiZ siap bikin living room jadi tempat favorit bagi seluruh anggota keluarga. Caranya, cukup pasang LED Strip RGB/RGBIC di belakang TV lalu aktifkan fitur Music Sync untuk mengatur warna lampu sesuai genre film yang ditonton.

Nantinya, warna lampu akan berubah otomatis mengikuti intensitas suara TV sehingga setiap adegan di film akan terasa lebih hidup. Atmosfer yang unik ini membuat momen bersama keluarga menjadi lebih hangat dan tak terlupakan.

Untuk menjaga ruang keluarga tetap cozy di setiap kesempatan, pasang WiZ Downlight. Pencahayaan WiZ Downlight yang merata membuat kegiatan sederhana seperti mengobrol menjadi quality time yang berharga.

Kamu juga bisa mengatur pencahayaan dengan tone yang warm supaya momen kumpul keluarga menjadi lebih hangat.

Tingkatkan keseruan main game

Lampu pintar WiZ ciptakan nuansa gaming room yang immersive dan seru

Bagi keluarga muda yang suka game, lampu pintar WiZ siap hadirkan nuansa gaming room yang bikin betah untuk main game. Caranya, kamu bisa pasang LED RGBIC dan Smart Flex Strip lalu atur bentuknya secara fleksibel berdasarkan tema tertentu atau genre game favorit.

Selain bentuknya yang bisa kamu atur sesuka hati, cahaya dari LED RGBIC dan Smart Flex Strip pun bisa kamu personalisasi sesuai kreativitas. Main game jadi lebih seru dan lebih immersive.

“Dengan lampu pintar WiZ, pengguna bisa benar-benar leluasa untuk membuat setiap ruangan jadi lebih hidup, dinamis, dan penuh warna hanya dengan satu atau dua langkah mudah. Jadi, setiap orang bisa menikmati pengalaman yang lebih personal sehingga suasana di dalam rumah jadi lebih menyenangkan,” tambah Dedy.

Ciptakan entertainment room dengan suasana balap khas F1

Kini tersedia Race Bundle Pack hasil kolaborasi Signify dengan Mercedes-AMG Petronas F1 Team

Mau bikin atmosfer entertainment room yang next level? Maksimalkan Race Bundle Pack dari WiZ yang cocok banget buat para pencinta F1 dan ajang balap.

Race Bundle Pack terdiri dari LED RGB/RGBIC dan Smart Flex Strip berdesain eksklusif hasil kolaborasi Signify dengan Mercedes-AMG Petronas F1 Team.

Cukup pasang di ruang keluarga atau gaming room, lalu lakukan sinkronisasi dengan aplikasi WiZ, maka kamu akan langsung merasakan atmosfer balap yang nyata. Ambience pencahayaan yang immersive bikin pengalaman nonton F1 maupun main racing game jadi lebih menegangkan!

Race Bundle Pack hadir dalam tiga opsi paket, yaitu Base Bundle (WiZ LED RGBIC + Bulb Color), Full Bundle (WiZ LED RGBIC + Bulb Color Multipack), dan Power Bundle (WiZ LED RGBIC + WiZ Smart Flex Strip. Kamu akan mendapatkan FREE WiZ Smart Plug dan diskon sampai 49% untuk setiap pembelian Race Bundle Pack.

Mulai personalisasi pencahayaan di rumah semudah #LightAsYouWiZ dengan koleksi lengkap WiZ di Tokopedia, Shopee, dan TikTok Shop. Jangan lewatkan juga promo 11.11 dengan diskon hingga 25% untuk mendapatkan berbagai lampu pintar WiZ dengan harga terbaik di e-commerce favorit kamu! (Icha)

Acer Swift 14 AI, Copilot+ PC Yang Tak Hanya Tipis dan Ringan

0

Telko.id – Acer hari ini (6/11) resmi meluncurkan Copilot+ PC terbaru di Indonesia, yakni Acer Swift 14 AI. Laptop on-the-go ini tampil dengan desain elegan dan prosesor Intel Core Ultra (Series 2) generasi terbaru dengan sertifikasi Intel Evo dan didukung teknologi Artificial Intelligence (AI).

Yang menarik, Copilot+ PC pada Swift 14 AI menawarkan lebih dari sekedar kinerja perangkat lunak, dan bisa mengenali kebiasaan pengguna dan memungkinkan pengguna bekerja dengan lebih efisien.

Swift 14 AI juga memberikan pengalaman visual yang memukau berkat layar OLED 14 inci yang tipis, dengan resolusi hingga 3K dan rasio aspek 16:10.

Dengan refresh rate 90 Hz, EyeSafe Certified 2.0, serta kecerahan maksimal hingga 500 nits, layar ini juga dilengkapi akurasi warna 100% DCI-P3 dan sertifikasi VESA Display HDR TrueBlack 500.

Baca juga : 5 Kelebihan Acer Aspire Spin 14 AI, Laptop 2 in 1 yang Siap Diandalkan

“Acer secara konsisten terus berinovasi untuk menghadirkan produk terbaik bagi konsumen di tanah air. Seiring dengan kebutuhan pasar yang semakin berkembang dan penggunaan tren teknologi AI, perusahaan menambah portfolio jajaran produk premiumnya dengan kehadiran Swift 14 AI,” kata Matius Tirtawirya, Consumer Notebook Product Manager, Acer Indonesia.

Menurut Matius, laptop ini dirancang dengan desain tipis dan bobot hanya 1,2 kg ini, memiliki daya tahan baterai lebih lama yakni tahan hingga lebih dari sehari, sehingga cocok digunakan anytime anywhere guna mendukung produktivitas dan kreativitas pengguna.

Performa Semakin Efisien

Acer Swift 14 AI dibekali prosesor Intel Core Ultra (Series 2) terbaru dengan sertifikasi Intel EVO, memberikan peningkatan performa dan responsivitas yang optimal.

Dengan kemampuan NPU hingga 48 TOPS, prosesor mendukung kinerja AI yang lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, memastikan laptop ini mampu menangani berbagai kebutuhan komputasi dengan lancar dan efisien.

Swift 14 AI tersedia dalam dua varian prosesor yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni Intel Core Ultra 5 226V dan Intel Core Ultra 7 258V.

Prosesor Intel Core Ultra terbaru mendukung akselerasi AI melalui fitur Intel AI Boost dan Acer Solution AI, memungkinkan pengguna memanfaatkan teknologi AI dalam ratusan aplikasi AI yang kini sudah tersedia untuk memaksimalkan produktivitas pengguna.

Acer Swift 14 AI  juga dilengkapi fitur eksklusif Intel Unison, untuk memudahkan sinkronisasi dan integrasi perangkat, memberikan pengalaman bekerja yang lebih mulus dengan menghubungkan smartphone ke PC.

Pengguna dapat dengan mudah mentransfer file, memeriksa notifikasi, serta menerima panggilan dan pesan langsung dari perangkat yang didukung.

Kinerja Acer Swift 14 AI didukung hingga 32 GB RAM LPDDR5X dan penyimpanan hingga 2 TB SSD NVMe. Dilengkapi beragam mode performa seperti Silent, Normal dan Performance untuk menyesuaikan performa sesuai kebutuhan pengguna.

Fitur AI Cerdas tingkatkan produktivitas dan kreativitas

Acer Swift 14 AI dilengkapi dengan berbagai fitur AI cerdas yang dapat diakses dengan mudah melalui AI Zone yang tersedia di aplikasi AcerSense. Beberapa fitur unggulan yang terdapat di AI Zone antara lain Acer Assist, Acer LiveArt 2.0, Acer AlterView, dan Acer VisionArt.

Acer Assist hadir layaknya asisten pribadi yang dapat dengan instan memberikan informasi kepada pengguna sesuai dokumen referensi yang tersedia.

Pengguna dapat menyesuaikan basis pengetahuan yang diinginkan sehingga AI dapat beroperasi secara lokal. Hal tersebut tentu akan meningkatkan keamanan dan privasi pengguna.

Acer LiveArt memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menghilangkan latar belakang foto. Selain itu, fitur Acer LiveArt pada Swift 14 AI mendapatkan upgrade berupa fitur Pose to Image: yakni bisa mengambil swafoto atau selfie dengan filter bawaan, yang selanjutnya diolah oleh fitur Copilot dan menghasilkan gambar AI.

Fitur terbaru lainnya yang juga disematkan Acer adalah Acer VisionArt, yang bisa melakukan kreasi generator wallpaper berbasis text-to-picture dengan mengoptimalkan penggunaan CPU, GPU, dan NPU. Gambar output selanjutnya dapat diterapkan menjadi wallpaper 3D melalui Acer AlterView.

Tampil Terbaik dengan Dukungan QHD AI Camera 1440

Acer Swift 14 AI juga menawarkan fitur AI canggih yaitu Acer PurifiedView 2.0 melalui kamera beresolusi tinggi QHD 1440p yang disematkan seperti Automatic Framing, Super Sharp, dan Potrait Refinement, untuk memastikan pengguna selalu tampil maksimal di depan kamera.

Sementara fitur camera shutter memastikan privasi tetap terjaga saat kamera tidak digunakan. Selain itu, Acer juga menghadirkan fitur Acer User Sensing 2.0 yang memiliki fitur canggih untuk mengenali keberadaan pengguna (auto lock, wake on approach dan screen dimming) ataupun fitur untuk produktivitas seperti window teleport yang hanya mengandalkan gestur pengguna.

Dukungan fitur Noise Cancellation khas Acer yaitu Acer PurifiedVoice 2.0 kini dilengkapi microphone ketiga yang lebih dekat dengan posisi user sehingga suara pengguna lebih jelas dan fokus meskipun pada situasi yang ramai.

Untuk memudahkan pengaturan, Acer menyediakan Quick Panel yang aktif otomatis saat webcam dinyalakan, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses dan mengatur berbagai fitur unggulan seperti Acer PurifiedView dan Acer PurifiedVoice.

Harga dan Ketersediaan

Acer Swift 14 AI Copilot+ PC (SF14-51) resmi tersedia di Indonesia dalam dua varian, yaitu model dengan prosesor Intel Core Ultra 5 226V, 16GB LPDDR5X dan penyimpanan 1TB, yang ditawarkan dengan harga Rp 18.499.000, serta varian lainnya dengan prosesor Intel Core Ultra 7 258V, RAM 32GB, dan penyimpanan 1TB, yang tersedia dengan harga Rp 22.499.000.

Dalam paket penjualannya, Acer juga memberikan beberapa bonus menarik, termasuk langganan Microsoft Office 365 Basic selama 1 tahun secara gratis, 100 GB penyimpanan OneDrive, dan 3 bulan langganan Microsoft Game Pass.

Untuk kemudahan pembayaran, Acer menyediakan opsi cicilan 0% serta diskon 25% untuk pembelian monitor dalam program PWP (Purchase with Purchase) di Acer eStore.

Setiap pembelian laptop Acer seri Swift dengan Intel Core Ultra series, pelanggan juga mendapatkan kesempatan mengikuti Swift and Win, dan raih hadiah langsung mulai dari Swift sneakers limited edition, printer, extra diskon Rp 500 ribu, atau GaN charger 65W.

Untuk meningkatkan rasa aman dan kenyamanan konsumen, Acer Swift 14 AI dilengkapi dengan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi servis selama 3 tahun, dan 1 tahun Acer Accidental Damage Protection yang mencakup layanan prioritas dan perlindungan terhadap kerusakan tidak sengaja.

Spesifikasi Acer Swift 14 AI (SF14-51):

ProcessorIntel Core Ultra (Series 2)
– Intel Core Ultra 7 258V
– Intel Core Ultra 5 226V
OSWindows 11 Home
Display14″ OLED technology, up to 3K (2880 x 1800) resolution, 100% DCI-P3, Eyesafe 2.0 Certified, VESA Display HDR TrueBlack 500 certified
GraphicUp to Intel® Arc™ Graphics 140V
MemoryUp to 32GB LPDDR5X Dual Channel Memory
Storage1 TB SSD NVMe Gen4
Audio•          DTS® X Ultra, featuring optimized bass response and micro-speaker distortion prevention.
•          Supported in Windows Spatial Sound for PC Gaming with DTS Sound Unbound license integrated w/ DTS Headphone X supported.
•          Acer PurifiedVoice™ 2.0 technology with AI noise reduction and echo cancellation in 3 mics array built-in microphones to support Advanced Privacy Mode. Features include far-field pickup, dynamic noise reduction through neural network, adaptive beam forming, and pre-defined personal and conference call modes.  
2 built in stereo speakers by smart amplifier output with Acer TrueHarmony technology for lower distortion, wider frequency range, headphone-like audio and powerful sound.
Wireless & NetworkingWiFi 7 Bluetooth 5.4
Input & Output2x Thunderbolt 4 2x USB 3.2 Type A Gen 1 HDMI 2.1 port Audio Jack
WebcamAI QHD 1440p with Acer TNR Solution, AI Features (Windows Studio Effects), HDR Camera with Acer Quick Panel
Keyboard3-Level Backlit Keyboard Shortcut for Mode Switch: silent, normal or performance mode, Microsoft Copilot Key, AcerSense Key
Battery Life65 Wh, more than 1 day
(Result may varies between specification)
Weight1,26 kg
PriceRp 18.499.000 (Core Ultra 5, 16 GB RAM, 1 TB SSD) Rp 22.499.000 (Core Ultra 7, 32 GB RAM, 1 TB SSD)
Warranty2 Years Spare Part, 3 Years Services, 1 Year AADP

(Icha)