spot_img
Latest Phone

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...
Beranda blog Halaman 1116

HMD Merilis Nokia 4.2 di Indonesia, ini Harganya!

0

Telko.id, Jakarta – Untuk menyasar konsumen kelas menengah, HMD merilis Nokia 4.2 di Indonesia. Nokia 4.2 dibanderol dengan harga Rp2,5 juta.

Nokia 4.2 memiliki keunggulan dapat memberikan  akses ke Google Assistant tanpa harus membuka kunci ponsel. Tombol khusus ini bisa diatur dalam pengaturan ponsel.

“Kami percaya tombol khusus Google Assistant di Nokia 4.2 ini akan membantu penggunanya tetap produktif ketika tengah melakukan hal lain,” ujar Head of Marketing Miranda Warokka saat peluncuran Nokia 4.2 di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

{Baca juga : Dibanderol Rp 2 Jutaan, Apa Keunggulan Nokia 3.1 Plus?}

HMD mengemas Nokia 4.2 sedikit lebih menarik. Ya! Smartphone ini datang dengan layar IPS LCD berukuran 5,7 inci. Selain itu, smartphone yang memiliki resolusi HD+ ini juga dipercantik dengan layar poni “tetesan air” dan aspek rasio 19:9.

Sedangkan untuk dapur pacunya, HMD sudah membenamkan SoC Snapdragon 439 ke dalam smartphone ini. Ada RAM 2 GB + ROM 32 GB yanga juga dilengkapi dengan slot microSD hingga 400 GB.

Pengaturan kamera ganda tersedia di bagian belakang perangkat. Konfigurasinya adalah 13 MP dengan aperture f/2.2 plus dukungan autofokus yang sudah diaktifkan ditambah sensor sekunder 2 MP. Sedangkan untuk bagian depannya ada sensor kamera 8 MP.

{Baca juga : Menakjubkan! Ini Hasil Lima Kamera Nokia 9 PureView}

HMD juga memuat tombol Google Assistant dan LED notifikasi yang dimuat ke dalam tombol Power (On/Off). Menariknya, HMD sudah memperkaya Nokia 4.2 dengan dukungan NFC, Bluetooth 4.2 dan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

HMD akan membuka pre-order handset ini mulai 9-19 Mei 2019 lewat online di Blibli dan Shopee, atau bisa di gerai Erafone serta Sentra Ponsel. Nokia 4.2 dilepas seharga Rp 2,499 juta. (MS)

 

Ajak Anak Muda Berbagi, Tri Berikan “Ramadan Dobel Berkah”

Telko.id, Jakarta – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) meluncurkan program terbarunya dalam menyambut bulan Ramadan 1440 Hijriah. Program bertajuk “Ramadan Dobel Berkah” ini mengajak pengguna, khususnya anak muda, untuk berbagi dengan sesama.

Menurut  Chief Commercial Officer Tri Indonesia, Dolly Sutanto, dalam program ini akan ada peluncuran komunitas pelanggan Bima Friend Forever (BFF) dengan fitur Kirim Kirim Pulsa (KiKiPu) dan Kirim Kirim Data (KiKiDa).

Menurutnya, program ini memungkinkan pengguna BFF meraih berkah ganda sekaligus berupa tambahan uang saku dan berkah atas pemberian sedekah untuk kaum dhuafa.

Sedekah yang terkumpul akan disalurkan ke badan amal yaitu Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Laz Al Bunyan. Program ini berlangsung mulai 7 Mei hingga 16 Mei 2019.

{Baca juga: Tri Tantang Anak Muda Indonesia Jadi Kreator}

“Kami memahami bahwa pelanggan Tri adalah anak muda Indonesia yang memiliki jiwa kewirausahaan sekaligus jiwa kepedulian sosial yang tinggi,” ujar Dolly Sutanto di Jakarta, Selasa (07/05/2019)

Selain komunitas BFF, Tri juga menawarkan paket Dobel Berkah. Ada dua paket data yang ditawarkan yaitu Dobel Berkah dengan Kouta 1,1 GB + 20 menit telepon seharga Rp 10 ribu dan kouta 9 GB + 60 menit telepon seharga Rp 45 ribu.

Menurut GM Costumer Value Management Tri Indonesia, Reno Rizki Yudha pengguna dapat melakukan sedekah setiap di kedua paket ini. Caranya dengan fitur KiKiDa, setiap pelanggan yang  mengirim paket ini ke pengguna lain, maka pengirim otomatis memberikan sedekan sebesar 10% dari harga paket tersebut.

Sedangkan pelanggan yang bertransaksi dengan KiKiPu maka otomatis akan bersedekah sebesar Rp 100 yang disisihkan dari biaya transfer sebesar Rp 500. “Jadi ada berkah keuntungan karena ikut berdonasi membantu sesama,” kata Reno.

Selain paket Dobel Berkah, Tri juga memperkenalkan dua paket terbaru lainnya, yakni Paket Berkah Sahur dan Paket Berkah Buka Puasa. Paket Berkah Sahur adalah paket yang hanya bisa dibeli ketika waktu sahur yakni dari pukul 02.00 WIB sampai 06.00 WIB. Paket Berkah Sahur memiliki kouta 22GB dengan harga Rp 55 ribu.

{Baca juga: Siap-siap, Tahun Depan Tri Uji Coba Jaringan 5G}

Sementara Paket Berkah Buka Puasa hanya bisa dibeli ketika waktu berbuka sejak pukul 17.00 WIB sampai 20.00 WIB, seharga Rp 35 ribu dengan kouta 10GB. Menurut Reno, paket ini akan hadir selama bulan Ramadan. Adapun tujuan dari paket adalah untuk memotivasi anak muda untuk sahur dan berbuka puasa.

“Ini memotivasi anak muda untuk sahur dan berbuka puasa,” tutup Reno. [NM/HBS]

Samsung Galaxy A70 Resmi Dijual di Indonesia, Segini Harganya

0

Telko.id, Jakarta – Setelah diperkenalkan di Thailand beberapa waktu lalu, Samsung Galaxy A70 akhirnya resmi dijual di Indonesia. Samsung membanderol harga Samsung Galaxy A70 di harga Rp 5,7 jutaan, dan akan tersedia pada 10 Mei mendatang.

“Samsung Galaxy A70 ini fokusnya ke desain, display, dan kamera, karena jadi alat utama bagi generasi live,” kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Indonesia di acara launching Samsung Galaxy A70, di Jakarta, Selasa (07/05/2019).

Samsung Galaxy A70 memang dikemas dengan bahasa desain yang kekinian, dan cenderung “terinspirasi” dari smartphone besutan brand China yang dirilis lebih dulu di Indonesia.

{Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy A70, Khusus untuk “Generasi Live”}

Smartphone ini mengusung layar berukuran 6,7 inci berjenis Super AMOLED beresolusi Full HD+ dengan desain Infinity-U atau poni kecil berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Layarnya punya aspek rasio 20 : 9, yang berarti smartphone ini punya layar dengan cinematic aspect ratio.

“Kami menghadirkan layar paling besar untuk A Series dengan 6,7 inci Super AMOLED FHD+. Aspek rasionya juga 20 : 9 atau cinematic aspect ratio,” jelas Irfan.

“Layar sudah ada fingerprint di dalamnya. Ada juga face recognition sebagai opsi keamanan tambahan,” tambahnya.

Untuk spesifikasi, Galaxy A70 ditopang oleh prosesor yang juga digunakan pada Vivo V15 Pro, yaitu octa-core 2.0 GHz Snapdragon 675. Digunakan juga RAM 6GB,  ROM 128GB, dan baterai berkapasitas 4,500 mAh yang didukung teknologi fast charging.

{Baca juga: Samsung Galaxy A80, Pertama dengan Tiga Kamera Depan dan 48MP}

“Baterai kami tingkatkan menjadi 4,500 mAh, dan jadi terbesar di A Series. Pengisiannya, 25W Fast Charging,” ungkap Irfan.

Di sektor kamera, Galaxy A70 punya tiga kamera belakang dengan resolusi 32MP aperture f/1.7 sebagai lensa utama (wide-angle), 8MP lensa ultra wide 123° aperture f/2.2, dan lensa depth 5MP. Sedangkan kamera depannya, beresolusi 32MP aperture f/2.0.

“Sekarang udah bukan zamannya upload lagi, tapi langsung live streaming,” pungkas Denny Galant, Head io Product Marketing Samsung Mobile Samsung Indonesia. (FHP)

Pemain Fortnite Tak Lagi Bisa Turun di Tilted Towers

Telko.id, Jakarta – Epic Games memutuskan untuk memusnahkan Tilted Towers, satu drop location yang cukup populer di game battle royale Fortnite. Dengan kebijakan itu, pemain dituntut untuk mengubah cara bermain Fortnite.

Menurut Ubergizmo, selama ini Epic Game tak pernah mengutak-atik Tilted Towers. Padahal, Epic Games terkenal sering mengoprek drop location di Fortnite. Sekarang, Epic Games membuat kejutan dengan menghancurkan Tilted Towers.

Weeks-long in-game event memperlihatkan kubah terbuka di Loot Lake dengan gunung berapi meletus dan mengirimkan batu menyala di seluruh peta. Satu batu menghancurkan Tilted Towers, mengubahnya menjadi tumpukan abu.

{Baca juga: Seru Banget! Perang Pesawat di Mode “Air Royale” Fortnite

Sejak Maret 2019 lalu, Epic Games dilaporkan telah membangun event di game Fortnite sehingga para pemain akan melihat letusan gunung berapi dan memutuskan untuk membuat beberapa perubahan.

Sekadar informasi, Tilted Tower adalah drop location populer karena mudah untuk mencetak loot secara cepat. Mayoritas pemain memilih turun di Tilted Towers lantaran bisa langsung bertarung dengan pemain lain.

Belum lama ini, Epic Games, telah mengakuisisi studio pengembang game independen bernama Psyonix. Psyonix merupakan pembuat game Rocket League yang sangat populer.

Ke depan, Psyonix akan memiliki akses ke lebih banyak ke sumber daya untuk mendukung liga e-sports Rocket League. Kemudian, pada akhir 2019, Psyonix akan membawa permainan ke etalase PC Epic.

Dampak dari akuisisi, Rocket League tidak akan lagi tersedia di Steam store yang bersaing dengan Valve. Meski demikian, pembeli versi Steam bisa terus memutar salinan permainan yang ada tanpa batas waktu.

{Baca juga: Awas!! Bakal Ada “Racun” di Game Fortnite}

Sayang, seperti dilaporkan The Verge, bagaimana detail ketentuan kesepakatan, termasuk berapa banyak uang yang harus dibayarkan Epic Games untuk memperoleh Psyonix tidak diumumkan kepada publik. [BA/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Ada Cangkir Starbucks di Game of Thrones, HBO Minta Maaf

Telko.id, Jakarta – Dari semua episode Game of Thrones The Last of the Starks, yang paling mengejutkan adalah kemunculan secangkir kopi Starbucks. Apakah kesalahan tersebut merupakan yang paling fatal?

Menurut Bernie Caulfield, produser eksekutif film itu, keberadaan cangkir kopi Starbucks di satu episode Game of Thrones The Last of the Starks merupakan kesalahan sederhana. “Kami minta maaf!,” katanya.

Namun demikian, Caulfield menegaskan bahwa kesalahan seperti itu jarang terjadi dalam sebuah tayangan film. Beruntung, meski memalukan bagi HBO, publik tampak menganggapnya sebagai sebuah lelucon.

{Baca juga: HBO Diretas, Episode Game of Thrones Season 7 Tersebar}

Menurut The Verge, sejauh ini belum ada kabar, apakah HBO akan memperbarui episode untuk menghilangkan cangkir kopi Starbucks yang “salah tempat” tersebut. Yang jelas, cangkit itu masih tampak dalam trailer.

Pada kesempatan sama, dikutip Telko.id, Selasa (7/5/2019), HBO telah merilis pernyataan, mengonfirmasikan bahwa “latte” yang muncul dalam episode Game of Thrones The Last of the Starks adalah kesalahan.

HBO menegaskan, keberadaan cangkir kopi Starbucks itu bukanlah bagian dari kerja sama iklan. Para penggemar pun meminta kepada HBO untuk segera menghilangkannya serta berharap kejadian serupa tak terulang.

Asal tahu saja, dalam Game of Thrones The Last of the Starks terdapat adegan seluruh karakter yang tersisa merayakan kemenangan usai Battle of Winterfell mengalahkan Night King. Namun, di sana justru ada cangkir Starbucks.

{Baca juga: Awas! Hacker Sebar Malware via Game of Thrones

Gelas yang ada di depan karakter Daenerys Targeryen begitu jelas merupakan kopi panas berlambang Starbucks dengan tutup warna putih. Kan, tidak ada gerai Starbucks di Westeros yang berlatar era medieval? [SN/HBS]

Sumber: The Verge

Model Virtual dengan Teknologi AI Ini Terlihat Menakjubkan

Telko.id, Jakarta – Sebuah video memperlihatkan sekumpulan manusia yang dirancang oleh algoritma kecerdasan buatan atau teknologi AI (artificial intelligence) milik DataGrid.

Startup yang berbasis di Kyoto University Jepang itu merancang setiap manusia dengan pose, pakaian, gaya rambut, serta sikap yang berbeda. Tampilannya menakjubkan.

Menurut terjemahan teks yang menyertai video, para peneliti menggunakan Generative Adversarial Network atau GAN untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi (1024 × 1024).

{Baca juga: Peneliti Kembangkan Teknologi AI untuk Deteksi Alzheimer}

Mereka mengatakan bahwa hal semacam itu berguna untuk berbagai keperluan, seperti menciptakan model virtual untuk industri periklanan maupun mode.

GAN melibatkan satu jaringan saraf tiruan yang berfungsi untuk “membodohi” jaringan lain sehingga orang tida bisa membedakan gambar manusia aslidengan yang dihasilkan komputer.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telko.id, Selasa (7/5/2019), untuk melihat versi berbeda dari video tersebut, silakan buka situs ThisPersonDoesNotExist.com.

Teknologi yang diterapkan oleh DataGrid sangatlah mengesankan. Di lain sisi, teknologi itu merupakan sesuatu yang belum sepenuhnya dipahami oleh manusia.

{Baca juga: Riset: Teknologi AI akan Semakin Banyak Digunakan di 2019}

Lewat teknologi tersebut, suatu hari nanti AI akan benar-benar berguna untuk memerangi disinformasi serta memfilter  berita palsu atau hoaks di dunia maya. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

Paket Lego Berisi Delapan Game Dijual Rp 172 Ribu

Telko.id, Jakarta – Video game Lego sungguh luar biasa. Permainan tersebut begitu lucu, kreatif, menantang, dan cocok untuk segala usia. Game itu hadir dalam paket The Humble Lego Games Bundle.

Di dalamnya terdapat delapan pertandingan Lego. Siapapun bisa mengaksesnya hanya dengan membeli senilai USD 12 atau sekitar Rp 172 ribu. Sebagian uang pembelian bahkan disumbangkan untuk amal.

Di dalamnya terdapat dua permainan Harry Potter, tiga Batman, Videogame Film Lego, Lego City Undercover, dan Lego Worlds. Masing-masing game mendapatkan lisensi Windows yang bisa didapatkan di Steam.

{Baca juga: Asyik! Game Tony Hawk Hadir di Android dan iOS}

Jika belum pernah memainkan game Lego baik via PC, konsol, atau perangkat seluler, Anda jangan khawatir. Game-game yang tersedia sungguh ramah anak. Tidak ada suguhan kekerasan, apalagi duel berdarah-darah.

Awal 2018, Lego, menjalin kerjasama dengan Tencent. Kedua perusahaan tersebut sepakat untuk bersama-sama mengembangkan game online dan juga jejering sosial yang menargetkan anak-anak di China.

Perusahaan mainan asal Denmark itu melihat ada perlambatan pertumbuhan penjualan game dalam beberapa tahun terakhir. Sebaliknya, di pasar China, penjualan Lego tumbuh sebesar 25-30 persen pada 2016.

{Baca juga: Rockstar Games Segera Rilis Grand Theft Auto VI?}

Untuk masuk ke China, Lego harus bersaing ketat dengan Barbie Mattel Inc. and Hasbro, perusahaan produsen My Little Pony. Perusahaan itu menguasai pasar mainan di China dengan nilai penghasilan mencapai USD 31 milyar. [BA/HBS]

Sumber: CNET

Edan! Setiap Dua Minggu Apple Beli Perusahaan Baru

Telko.id, Jakarta – Apple punya kebiasaan diam-diam ketika mengakuisisi perusahaan lain. Tanpa banyak orang tahu, Apple kerap membeli perusahaan rintisan dalam tempo yang tidak masuk akal.

CEO Tim Cook mengatakan bahwa Apple membeli perusahaan baru rata-rata setiap dua minggu hingga tiga minggu. Dalam enam bulan terakhir saja, Apple sudah membeli puluhan perusahaan.

“Setengah tahun, Apple membeli 20 perusahaan sampai 25 perusahaan. Frekuensinya sesering saya membeli kebutuhan pokok di toko,” ujarnya, dikutip Telko.id dari The Verge, Selasa (7/5/2019).

{Baca juga: Apple Akuisisi Startup yang Pernah Bantu Google}

Yang tak kalah mengagetkan, untuk membeli perusahaan sebanyak itu, Apple hanya mengeluarkan uang sebesar USD 225,4 miliar. Jumlah tersebut terbilang kecil untuk proses akuisisi perusahaan.

Tahun lalu, Apple mengalami perlambatan penjualan iPhone selama empat bulan terakhir. Akibatnya, pendapatan perusahaan pun turun sebesar 15 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Menurut laporan pendapatan Apple, iPhone yang digunakan secara aktif saat ini berjumlah lebih dari 900 juta perangkat. Apple Watch, iPad, iPod, dan Mac juga masih dipakai oleh banyak konsumen.

Sampai awal 2019, total perangkat buatan Apple yang digunakan oleh konsumen mencapai 1,4 miliar unit. Sayang, Apple tidak menjelaskan detail terkait angka pengguna masing-masing produk.

{Baca juga: Apple Rekrut Eks Karyawan Tesla, Demi Apple Car?}

Apple mengonfirmasi bahwa jumlah total penggunanya bertumbuh sebanyak lebih dari 100 juta dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Angka itu meningkat sebesar 40 persen dibanding 2016. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

Stress? “Robot Pelampiasan” Ini Siap Dibanting dan Dipukul

Telko.id, Jakarta – Robot tidak hanya diplot untuk membantu kegiatan manusia di masa sekarang dan masa depan, tapi juga menjadi “tempat pelampiasan“. Ya, baru-baru ini telah dikembangkan “robot pelampiasan” yang siap dipukul, ditusuk, dibanting, dan dimarahi untuk membantu manusia melampiaskan emosi mereka.

Dilaporkan Engadget, seperti dilansir Telko.id pada Selasa (07/05/2019), peneliti dari Universitas Carnegie Mellon, Amerika Serikat telah menciptakan robot yang dirancang untuk dipukul, ditusuk bahkan dimarahi.

Pembuatan robot pelampiasan yang menjadi objek katarsis ini dipimpin oleh Michael Luria dan dibantu oleh Amit Zoran dan Jodi Forlizzi. Luria dan tim menciptakan 4 objek katarsis yang dirancang untuk menangani berbagai emosi dan perilaku.

{Baca juga: Di Jepang Ada Museum Robot Lovot yang Jadi “Teman Curhat”}

Objek pertama terlihat seperti bantal sofa berwarna hitam. Robot ini dirancang untuk ditusuk-tusuk, dan setelah ditusuk, robot itu mulai bergetar sampai pengguna merasa lega.

Kemudian objek kedua, terlihat seperti batu kristal. Robot itu dirancang bagi pengguna yang ingin meluapkan emosinya secara verbal, dan kristal tersebut akan menyala ketika pengguna mengeluarkan kata-kata emosionalnya.

Lalu objek ketiga, dengan bentuk seperti robot boneka. Robot ini akan tertawa dengan suara yang menjengkelkan, dan baru akan berhenti ketika kita memukulnya atau membantingnya ke permukaan tanah.

Objek keempat, memungkinkan pengguna untuk menulis pesan pribadi pada ubin keramik dan memusnahkannya dengan palu. Saat ubin pecah, objek mulai memancarkan cahaya dan suara.

{Baca juga: Rusia Mulai Gunakan Robot Sebagai Pembaca Berita}

Diungkapkan oleh para peneliti, ketika seseorang tidak punya pilihan selain marah, maka mengeluarkan kemarahan pada robot merupakan opsi yang tepat.

“Kami tidak ingin mengambil emosi negatif terhadap orang lain, tetapi kami juga sering tidak mengeluarkan energi itu ketika kami sendirian. Mungkin ada brankas ruang untuk mengekspresikan emosi negatif dengan teknologi,” kata Luria. (NM/FHP)

Sumber: Engadget

Waduh, Calon Turis SpaceX ke Bulan Alami Kebangkrutan?

Telko.id, Jakarta – Yusaku Maezawa, calon turis pertama ke Bulan, dikabarkan sedang mengalami krisis keuangan. Informasi menyebut, kabar Yusaku Maezawa bangkrut lantaran ia tak lagi bisa mengangsur pembayaran plesiran ke orbit bersama SpaceX.

Kabar tersebut terungkap lewat cuitan Maezawa di Twitter. Melalui akun Twitter, ia mengaku telah mendaftarkan beberapa barang seni berharga miliknya ke balai lelang Sotheby’s di New York, Amerika Serikat.

Maezawa yang kini berusia 44 tahun, menyatakan dua karya seni miliknya akan dilego pada 16 Mei 2019. Dua karya seni itu adalah lukisan karya Ed Ruscha seharga USD 3 juta atau Rp 42,8 miliar dan lukisan Andy Warhol senilai USD 2 juta atau Rp 28,5 miliar.

{Baca juga: Hadapi AI, Elon Musk akan Ubah Manusia jadi Cyborg}

Kabar kebangkrutan Maezawa terbukti kala seorang pengikut menanyakan apakah keputusan menjual barang-barang seni lantaran dirinya sedang krisis keuangan atau tidak. “Saya kehabisan uang gara-gara sering belanja,” katanya menjawab.

Namun, dilansir Observer, seperti dikutip Telko.id, Selasa (07/05/2019), banyak pihak meragukan kebenaran kabar tersebut. Apalagi, saat menjawab pertanyaan, bos Zozotown itu menyertakan emoticon tertawa.

{Baca juga: Cuitan Miliarder asal Jepang Pecahkan Rekor Retweet}

Selama ini, Maezawa memang terkenal boros. Dua tahun lalu, ia menghabiskan USD 110 juta atai Rp 1,5 triliun untuk lukisan Jean-Michel Masquiat. Ia bahkan pernah memborong lukisan karya pelukis serupa senilai total USD 98 juta atau Rp 1,3 triliun.

Belum cukup, awal tahun lalu, Maezawa memberi hadiah senilai 1 juta yen kepada 100 pengikut di Twitter. Mereka hanya bertugas membagikan ulang cuitan Maezawa mengenai keisengan bagi-bagi uang tersebut. (SN/FHP)

SUmber: Observer