Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

tSurvey.id Hadirkan Layanan Khusus UMKM

Telko.id – tSurvey.id sebagai platform survei digital dari Telkomsel Enterprise menghadirkan layanan khusus bagi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kehadiran tSurvey untuk UMKM ini untuk mendukung terciptanya pengambilan keputusan berbasis insight bagi sektor UMKM yang merupakan salah satu sektor industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Maret 2021, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07% atau senilai Rp 8.573,89 triliun. UMKM berperan cukup besar dalam perputaran ekonomi di Indonesia.

Namun menurut data dari Kementerian Kominfo RI pada tahun 2022, dari 64 juta UMKM di Indonesia hanya sekitar 32 persen yang sudah terdigitalisasi atau memanfaatkan teknologi digital, artinya masih ada sekira 68 persen UMKM yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bisnisnya.

Untuk itu, guna mendorong digitalisi dan mendukung potensi UMKM agar semakin berkontribusi bagi Indonesia. Telkomsel menghadirkan tSurvey.id untuk UMKM ini.

Baca juga : tSurvey.id Telkomsel, Rilis Survei Digital tentang eCommerce

“Solusi berbasis insight khusus UMKM yang dapat membantu pelaku riset sektor UMKM melalui layanan tSurvey.id. Layanan ini akan menangkap berbagai insight dari seluruh pelanggan di Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat, sehingga dapat  membantu UMKM untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan produknya,” kata Alfian Manullang, Vice President Data Solutions Telkomsel.

Layanan terbaru dari tSurvey.id untuk segmen UMKM ini menghadirkan beragam fitur yang lebih user friendly, efisien, dan fleksibel untuk dapat dikerjakan serta digunakan sendiri, baik oleh pelaku UMKM maupun periset.

Selain itu, layanan tersebut juga memiliki harga yang terjangkau dan didukung juga oleh kapabilitas platform tSurvey.id yang kaya akan data insight telco dengan sejumlah keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur targeting dan profiling responden yang akurat, serta keluaran hasil yang lebih cepat.

Sebagai bagian dalam langkah memperluas portofolio layanan segmen UMKM, tSurvey.id juga melakukan riset untuk membantu Brodo, sebuah brand sepatu lokal ternama.

Targetnya untuk menggali insight berbasiskan data yang akurat dan berkualitas sehingga dapat membantu dalam menentukan arah strategi penjualan bisnis Brodo yang lebih customer centric ke depannya.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan terhadap 500 responden di Wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, tSurvey.id menemukan insight terkait preferensi konsumen dalam berbelanja barang fashion.

Di mana sebanyak 84 persen responden memilih untuk berbelanja barang fashion secara online dengan alasan yang bervariasi, seperti 44 persen memilih karena lebih mudah dan efisien, 40 persen memilih karena kemudahan dalam membandingkan harga dan promo, serta 9 persen memilih karena ketersedian variasi produk yang banyak.

Berdasarkan hasil survei lebih mendalam, platform e-commerce menjadi kanal pilihan utama konsumen berbelanja online dengan 38 persen responden, disusul oleh 25 persen responden yang memilih platform social media, 21 persen responden memilih berbelanja melalui official website, dan 16 persen responden membeli dengan menghubungi penjualnya secara langsung.

Platform e-commerce menjadi pilihan favorit konsumen karena kemudahan dalam membandingkan produk, banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan, hingga tersedianya ulasan dari pembeli sebelumnya.

“Dengan hadirnya layanan khusus untuk sektor UMKM, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis sektor UMKM untuk dapat meningkatkan performansi dan memperkuat posisi mereka di segmen pasarnya dengan memahami perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan dari perspektif responden,” tutup Alfian. (Icha)

Latest

Huawei Watch Fit 3, Resmi Hadir Dibandrol Rp.2 Jutaan Saja!

Telko.id - Huawei Device Indonesia meresmikan peluncuran Huawei...

Hyundai Siapkan 86 Unit Mobil Listrik, Dukung World Water Forum 2024

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia menyerahkan mobil listrik...

Indosat Bagikan Dividen Rp 2,16 T, 48% dari Laba 2023

Telko.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT...

Indosat: Starlink Bukan Ancaman Tapi Peluang Kolaborasi!

Telko.id – Starlink, satelit milik elon Musk resmi masuk...

Rekomendasi

WWF ke 10, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan Broadband

Telko.id - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan World Water Forum ke 10 (WWF) 2024 dengan topik pembahasan “Water for Shared Prosperity” yang berlangsung di Bali...

Telkomsel Tutup NextDev Dengan NextDev Summit 2024

Telko.id – Telkomsel tutup program Impact Incubator NextDev dengan NextDev Summit 2024 sekaligus panggung bagi nominasi Best of The Best NextDev Startup 2024. NextDev Summit...

Musim Haji 2024, Telkomsel Pastikan Penuhi Kebutuhan Komunikasi

Telko.id – Sambut musim Haji 2024 yang tahun ini mencapai  241.000 jemaah dan juga merupakan rekor jumlah terbesar dalam sejarah kuota jemaah Indonesia, Telkomsel...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini