Ujicoba LTE LAA, Vodafone Belanda Capai Kecepatan 274 Mbps

Telko.id – Jika di Indonesia ada XL Axiata, yang belum lama ini mengujicoba LTE LAA, di Belanda, Vodafone mengumumkan hal serupa atas suksesnya percobaan LTE LAA yang mereka lakukan. Perusahaan telekomunikasi ini mengklaim telah mencapai kecepatan download melebihi 274 Mbps.

Ujicoba yang berlangsung Selasa lalu, dalam kemitraan dengan Ericsson dan Qualcomm ini menunjukkan Vodafone menggabungkan 20 MHz dari spektrum berlisensi 1800-MHz dengan 20 MHz dari spektrum tak berlisensi 5-GHz, yang juga digunakan untuk layanan seperti WiFi.

“Menambahkan spektrum tak berlisensi untuk spektrum berlisensi kami akan memungkinkan kita menggunakan spektrum lebih efisien dan meningkatkan kapasitas jaringan Vodafone,” kata Li Lin, penanggung jawab solusi in-building, LAA, dan LTE serta Wi-Fi agregasi di Vodafone, dalam sebuah posting blog hari Rabu lalu.

Ia menambahkan, band spektrum 5 GHz tak berlisensi, ditargetkan menggunakan teknik LAA ini, tidak seramai band berlisensi, dengan ketersediaan spektrum sampai 600 MHz.

“Itu berarti pelanggan kami akan dapat mengunduh data lebih cepat, sebuah keuntungan tertentu ketika sedang melakukan aktivitas online, seperti menonton video atau bermain game,” katanya seperti dikutip dari Totaltelecom, Jumat (20/11).

Spektrum tak berlisensi dapat dibagi ke dalam teknologi yang berbeda. Dalam ujicoba, pihak Vodafone Belanda mengaku senang bahwa LTE mencapai hasil yang baik dengan sistem WiFi yang ada.

Lin menambahkan, bahwa Vodafone mengembangkan LAA dalam standar 3GPP, yang bertujuan untuk “memastikan penggunaan bersama yang adil di antara beberapa pengguna dan teknologi (egWiFi) yang mengakses band tak berlisensi.”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0