Tuntas Sudah Refarming 4G di 1800MHz, Tinggal Tunggu Tes

Jakarta – Setelah dijadwalkan akan selesai tadi malam, refarming 4G LTE di frekuensi 1.800MHz akhirnya benar-benar menemukan kata tuntas hari ini. Lebih tepatnya jam 02.00 WIB dini hari tadi. Itu artinya, mulai hari ini operator di tanah air sudah bisa memanfaatkan frekuensi tersebut untuk menggelar layanan 4G.

“Jam 02.00 pagi tadi refarming sudah selesai. Sekarang tinggal tunggu tes dari masing-masing operator,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada Telko.id, Selasa (17/11).

Jika hasil tes menunjukkan performa yang memuaskan, dalam hal ini berjalan lancar sesuai harapan, maka keempat operator seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia sudah bisa melakukan komersialisasi 4G di frekuensi 1.800 MHz secara nasional.

Seperti diketahui, proses refarming ini berlangsung sejak April 2015 lalu, ketika Menkominfo memutuskan untuk memulai penataan dari luar Pulau Jawa. Alasannya satu, karena trafik pelanggannya tidak terlalu padat, khususnya di kawasan timur Indonesia. Refarming ini sendiri dilakukan selain karena spektrum tersebut masih digunakan untuk 2G, blok kanal keempat operator juga masih tidak berdampingan. Dari keseluruhan refarming, total 42 klaster area telah ditata ulang secara nasional.

Proses tata ulang kanal dan refarming frekuensi di 1.800 MHz dilakukan demi membuka akses untuk 4G LTE yang dilakukan empat operator seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia. Terkait dengan peluncuran produk 4G LTE di 1.800 Mhz untuk wilayah Jakarta, itu sepenuhnya diserahkan kepada para operator.

Telkomsel misalnya, sejauh ini operator pelat merah itu telah melakukan komersialisasi 4G di 1800MHz di sejumlah wilayah, meliputi Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, dan Batam, dan Yogyakarta. Sementara XL Axiata, memilih untuk lebih dulu menyambangi Lombok, Surabaya, Bandung, dan Bali, sebelum akhirnya masuk ke Jakarta hari ini.

Indosat sendiri rencananya akan melakukan komersialisasi layanan serupa di sejumlah kota sekaligus bersamaan dengan peresmian penggunaan layanan 4G LTE di 1800MHz. Pun demikian dengan Hutchison 3 Indonesia, yang menyebut akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk menggelar 4G di spektrum serupa.

Presiden Joko Widodo, rencananya akan meresmikan pengunaan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz akhir November nanti.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0