Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tuntas Sudah Refarming 4G di 1800MHz, Tinggal Tunggu Tes

Jakarta – Setelah dijadwalkan akan selesai tadi malam, refarming 4G LTE di frekuensi 1.800MHz akhirnya benar-benar menemukan kata tuntas hari ini. Lebih tepatnya jam 02.00 WIB dini hari tadi. Itu artinya, mulai hari ini operator di tanah air sudah bisa memanfaatkan frekuensi tersebut untuk menggelar layanan 4G.

“Jam 02.00 pagi tadi refarming sudah selesai. Sekarang tinggal tunggu tes dari masing-masing operator,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada Telko.id, Selasa (17/11).

Jika hasil tes menunjukkan performa yang memuaskan, dalam hal ini berjalan lancar sesuai harapan, maka keempat operator seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia sudah bisa melakukan komersialisasi 4G di frekuensi 1.800 MHz secara nasional.

Seperti diketahui, proses refarming ini berlangsung sejak April 2015 lalu, ketika Menkominfo memutuskan untuk memulai penataan dari luar Pulau Jawa. Alasannya satu, karena trafik pelanggannya tidak terlalu padat, khususnya di kawasan timur Indonesia. Refarming ini sendiri dilakukan selain karena spektrum tersebut masih digunakan untuk 2G, blok kanal keempat operator juga masih tidak berdampingan. Dari keseluruhan refarming, total 42 klaster area telah ditata ulang secara nasional.

Proses tata ulang kanal dan refarming frekuensi di 1.800 MHz dilakukan demi membuka akses untuk 4G LTE yang dilakukan empat operator seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchison 3 Indonesia. Terkait dengan peluncuran produk 4G LTE di 1.800 Mhz untuk wilayah Jakarta, itu sepenuhnya diserahkan kepada para operator.

Telkomsel misalnya, sejauh ini operator pelat merah itu telah melakukan komersialisasi 4G di 1800MHz di sejumlah wilayah, meliputi Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, dan Batam, dan Yogyakarta. Sementara XL Axiata, memilih untuk lebih dulu menyambangi Lombok, Surabaya, Bandung, dan Bali, sebelum akhirnya masuk ke Jakarta hari ini.

Indosat sendiri rencananya akan melakukan komersialisasi layanan serupa di sejumlah kota sekaligus bersamaan dengan peresmian penggunaan layanan 4G LTE di 1800MHz. Pun demikian dengan Hutchison 3 Indonesia, yang menyebut akhir tahun sebagai waktu yang tepat untuk menggelar 4G di spektrum serupa.

Presiden Joko Widodo, rencananya akan meresmikan pengunaan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz akhir November nanti.

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Polytron AC Smart Neuva Pro, Teman Saat Cuaca Tak Pasti

Telko.id – Polytron AC Smart Neuva Pro, pas jadi teman saat cuaca yang kini sedang tidak terduga. Dari hujan deras yang tiba- tiba hingga...

Polytron Smart Projector, Jadikan Ruang Tamu Pusat Hiburan

Telko.id - Polytron Smart Projector akan mengubah ruang tamu Anda jadi pusat hiburan di rumah. Pas jadi solusi untuk membangun momen berkualitas bersama keluarga. Baik...

25 Tahun, Acer Indonesia Berkomitmen Majukan Industri Nasional

Telko.id - Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini