Telkom & SK Telecom Bikin Usaha Patungan di Bidang IoT?

Telko.id – PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sepakat untuk bekerjasama dengan operator asal Korea Selatan, SK Telecom. Kedua perusahaan akan berkolaborasi pada peluang baru di IoT, media, produk cerdas dan rangkaian Lifeware SK Telecom untuk perangkat pintar yang difokuskan pada konsumen.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, SK akan memperkenalkan platform ThingPlug IoT-nya kepada Telkom untuk berbagi pengalaman dalam menyebarkan dan mengoperasikan jaringan LoRa untuk mengembangkan peluang dan layanan IoT yang disesuaikan untuk pasar Indonesia. Selain itu, SK Telecom juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua perusahaan juga akan membahas gagasan untuk membangun perusahaan patungan untuk bisnis IoT mereka dalam dua tahun ke depan.

Mengenai kemungkinan membuat usaha patungan yang terkait IoT, SK dan Telkom Indonesia juga akan menggunakan solusi media Cloud Streaming untuk membantu mengembangkan solusi TV berbasis cloud untuk pelanggan akhir.

Menurut SK, seperti dilansir Telecom, Jumat (13/5), Cloud Streaming meningkatkan kecepatan transmisi konten dengan menggunakan server berbasis cloud untuk menangani dan memberikan data.

“Melalui MOU ini, SK Telecom akan bekerja sama dengan Telkom untuk mengembangkan peluang bisnis yang saling menguntungkan di berbagai bidang termasuk IoT, kota cerdas dan media,” kata Lee Eung-sang, Executive Vice President dan Head of Global Business Divisi SK Telecom.

Ia menambahkan, dengan kemitraan ini, kedua perusahaan akan terus melakukan upaya bersama untuk memperluas kehadiran mereka di luar pasar Indonesia.

Sebelumnya, Telkom dan SK Telecom juga telah bekerjasama untuk mendirikan usaha patungan di bidang penyediaan konten digital. Kerjasama yang terjadi pada 2010 ini dianggap sangat penting bagi Telkom yang kala itu sedang mengembangkan bisnis TIME (Telecommunication, Information, Multimedia dan Edutainment).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0