Nokia Hadirkan Terobosan Baru Untuk Industri Kabel

Telko.id – Nokia Bell Labs telah mengatakan bahwa telah menghadirkan kecepatan 10 Gbps simetris yang pertama di dunia. Simetris disini merupakan kecepatan download dan upload data berkecepatan lebih dari jaringan Hybrid Fiber Coax (HFC).

Berbasis di Espoo, Finlandia , proof of concept Nokia Bell Labs XG-CABLE menunjukkan kelayakan Full Duplex DOCSIS 3.1 yang ditata oleh CableLabs.

Dilaporkan TelecomLead (17/5), tes laboratorium pertama di dunia ini menggunakan teknologi prototipe yang disebut XG-CABLE, menunjukkan bagaimana penyedia layanan kabel dapat menggunakan sistem kabel yang ada untuk memberikan layanan akses ultra-broadband simetris.

Fakta bahwa jaringan secara bersamaan dapat mendukung kecepatan data hingga 10 Gbps untuk upload dan download konten akan menjadi terobosan besar untuk industri kabel kedepannya.

Tes XG-CABLE menggunakan point-to-point topologi kabel untuk memberikan kecepatan data simetris sebesar 10 Gbps melalui kabel koaksial menggunakan spektrum dengan lebar 1.2 Ghz.

XG-CABLE dapat mengintegrasikan ke dalam konsep CableLabs baru Full Duplex DOSCIS 3.1. Dengan memanfaatkan teknologi XG-CABLE, operator dapat secara efektif menggunakan kabel HFC yang ada lebih dari 200 meter terakhir untuk memberikan kecepatan upstream yang sebelumnya tidak dapat dicapai karena keterbatasan spektrum.

Hal ini akan memungkinkan operator kabel untuk secara efektif membawa layanan ultra-broadband ke lokasi konsumen yang tidak secara fisik atau ekonomis kecuali serat dibawa sampai ke kediaman mereka. XG-CABLE akan memberikan operator sebuah ‘kelincahan’ yang lebih besar dan lebih leluasa dalam menggunakan dan mengelola spektrum mereka.

Robert Howald, wakil presiden Jaringan Arsitektur di Comcast Cable, mengatakan, ” proof of concept XG Kabel milik Nokia menunjukkan bahwa kecepatan simetris multi-Gigabit melebihi kecepatan yang dapat dihasilkan oleh HFC, hal ini sesuai dengan yang ditargetkan dalam inisiatif CableLabs FDX,” tukasnya.

Sebuah terobosan dari Nokia ini tentunya memberikan peluang baru bagi industri kabel, dengan hadirnya solusi ini, diharapkan mampu menjadikan pasar kabel di seluruh dunia menjadi lebih bergairah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0