Di Masa Depan, IoT akan Pengaruhi Strategi Pemasaran

Jakarta – Ada setidaknya 50 miliar benda, dimana masing-masing memiliki sistem komputasi sendiri yang tertanam didalamnya dan mampu berinteraksi dengan infrastruktur internet yang ada, yang diperkirakan akan menjadi bagian dari Internet of Things (IoT) pada tahun 2020 nanti.

Permasalahannya adalah, laju pembangunan untuk IoT lebih cepat dibandingkan dengan kemajuan yang dibuat dalam bidang perangkat elektronik saat ini, terutama karena pembangunan perangkat elektronik secara global telah mendekati batas maksimum.

Dari segi bisnis, beberapa implikasi pemasaran harus diciptakan guna mengikuti perkembangan teknologi IoT yang sedang berjalan dan terus berkembang.

Strategi Pemasaran IoT

Konsumen akan merespon jauh lebih baik produk yang menawarkan daya tarik. Semua ini mempromosikan loyalitas dan komitmen untuk nama merek tertentu, dan ini tepatnya semacam efek yang selalu diinginkan pemasar untuk dicapai. Di masa depan, tren ini akan ditekankan dan dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong hubungan yang lebih erat antara konsumen dan penjual.

Penjual juga akan lebih tepat sasaran dalam menawarkan produk mereka kepada konsumen dengan menggunakan big data analitik. Hal ini terasa perlu untuk memberikan informasi yang tepat kepada calon pelanggan yang paling mungkin untuk melakukan pembelian.

Ini akan membutuhkan investasi yang lebih besar dalam produksi iklan, serta penelitian yang lebih baik untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang tepat untuk menyampaikan pesan.

Layanan nilai tambah dari suatu produk akan menjadi lebih penting dan lebih ditekankan pada era Internet of Things. Sebagai contoh,  jam tangan biasa yang akan bertransformasi menjadi smartwatch, dengan terkoneksi pada jaringan data atau nirkabel, kemudian blender dapur akan digantikan oleh blender dapur pintar, dan jenis strategi akan mulai menembus semua pengembangan produk dan strategi pemasaran.

Steve Reed, VP Development Client, Elevation Market mengungkapkan, “Kita berada pada titik puncak perubahan teknologi secara revolusioner, Nilai yang melekat dari Internet of Things adalah menghubungkan perangkat ke sistem cloud dimanapun lokasi Anda berada saat ini, dengan kemajuan IoT akan membuat setiap industri dapat menikmati banyak peluang untuk memasarkan produk kepada pembeli potensial dan menargetkan pelanggan sehingga mencapai hasil yang instan dan maksimal.”

 

Pemasaran dan periklanan akan diberikan dengan lebih spesifik dan efektif lagi karena banyak perangkat pintar yang akan dipasang di seluruh negara yang dapat menyediakan data penggunaan yang sangat besar. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan lebih banyak cara mengenai strategi, dan meningkatkan laba atas investasi untuk masa depan penjualan. Kesempatan yang cepat untuk modifikasi dan perbaikan strategi juga menjadi salah satu keuntungan perusahaan apabila perangkat pintar tadi tidak memberikan hasil yang real.

Perubahan juga terjadi dari sisi Customer Relationship Management (CRM), yang akan berbentuk sebuah aplikasi, sehingga perusahaan akan lebih banyak mendapatkan data pengguna dan mempermudah mereka untuk mendapatkan insight pengguna. CRM pun berguna untuk menganalisis dan mengumpulkan data pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan cerdas mengenai basis konsumennya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0