Latest Phone

Xiaomi Redmi Note 13R Pro

vivo X100 Pro

vivo X100

Di Masa Depan, IoT akan Pengaruhi Strategi Pemasaran

Jakarta – Ada setidaknya 50 miliar benda, dimana masing-masing memiliki sistem komputasi sendiri yang tertanam didalamnya dan mampu berinteraksi dengan infrastruktur internet yang ada, yang diperkirakan akan menjadi bagian dari Internet of Things (IoT) pada tahun 2020 nanti.

Permasalahannya adalah, laju pembangunan untuk IoT lebih cepat dibandingkan dengan kemajuan yang dibuat dalam bidang perangkat elektronik saat ini, terutama karena pembangunan perangkat elektronik secara global telah mendekati batas maksimum.

Dari segi bisnis, beberapa implikasi pemasaran harus diciptakan guna mengikuti perkembangan teknologi IoT yang sedang berjalan dan terus berkembang.

Strategi Pemasaran IoT

Konsumen akan merespon jauh lebih baik produk yang menawarkan daya tarik. Semua ini mempromosikan loyalitas dan komitmen untuk nama merek tertentu, dan ini tepatnya semacam efek yang selalu diinginkan pemasar untuk dicapai. Di masa depan, tren ini akan ditekankan dan dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong hubungan yang lebih erat antara konsumen dan penjual.

Penjual juga akan lebih tepat sasaran dalam menawarkan produk mereka kepada konsumen dengan menggunakan big data analitik. Hal ini terasa perlu untuk memberikan informasi yang tepat kepada calon pelanggan yang paling mungkin untuk melakukan pembelian.

Ini akan membutuhkan investasi yang lebih besar dalam produksi iklan, serta penelitian yang lebih baik untuk mengidentifikasi kelompok konsumen yang tepat untuk menyampaikan pesan.

Layanan nilai tambah dari suatu produk akan menjadi lebih penting dan lebih ditekankan pada era Internet of Things. Sebagai contoh,  jam tangan biasa yang akan bertransformasi menjadi smartwatch, dengan terkoneksi pada jaringan data atau nirkabel, kemudian blender dapur akan digantikan oleh blender dapur pintar, dan jenis strategi akan mulai menembus semua pengembangan produk dan strategi pemasaran.

Steve Reed, VP Development Client, Elevation Market mengungkapkan, “Kita berada pada titik puncak perubahan teknologi secara revolusioner, Nilai yang melekat dari Internet of Things adalah menghubungkan perangkat ke sistem cloud dimanapun lokasi Anda berada saat ini, dengan kemajuan IoT akan membuat setiap industri dapat menikmati banyak peluang untuk memasarkan produk kepada pembeli potensial dan menargetkan pelanggan sehingga mencapai hasil yang instan dan maksimal.”

 

Pemasaran dan periklanan akan diberikan dengan lebih spesifik dan efektif lagi karena banyak perangkat pintar yang akan dipasang di seluruh negara yang dapat menyediakan data penggunaan yang sangat besar. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan lebih banyak cara mengenai strategi, dan meningkatkan laba atas investasi untuk masa depan penjualan. Kesempatan yang cepat untuk modifikasi dan perbaikan strategi juga menjadi salah satu keuntungan perusahaan apabila perangkat pintar tadi tidak memberikan hasil yang real.

Perubahan juga terjadi dari sisi Customer Relationship Management (CRM), yang akan berbentuk sebuah aplikasi, sehingga perusahaan akan lebih banyak mendapatkan data pengguna dan mempermudah mereka untuk mendapatkan insight pengguna. CRM pun berguna untuk menganalisis dan mengumpulkan data pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan cerdas mengenai basis konsumennya.

Latest

Polytron Hadirkan Monitor Gaming Warrior PMD 27IQ9931

Telko.id - Pertumbuhan pasar monitor gaming yang signifikan dalam...

Infomedia, Perkuat Posisi Dengan Mengedepankan AI dan Robotik

Telko.id - PT Infomedia Nusantara subsidiary PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk...

Hyundai Gandeng INVI, Untuk Distribusikan Bus Listrik

Telko.id - Hyundai Motor Company dan INVI, anak perusahaan...

TikTok Pastikan Jaga Keamanan, Tapi Kendali Tetap Ditangan Mu!

Telko.id – TikTok menegaskan komitmennya untuk selalu menjaga keamanan...

Rekomendasi

Solusi Industri Pertambangan XL Axiata Sabet 2 Penghargaan

Telko.id – Solusi industri pertambangan dari XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) meraih dua penghargaan sekaligus dalam dua event yang berbeda Untuk penghargaan...

Samsung Hadirkan Keluarga Fan Edition Terbaru, Apa Keunggulannya?

Telko.id – Samsung resmi menghadirkan keluarga Fan Edition atau FE di Indonesia yang terdiri dari Galaxy S23 FE, Galaxy Tab S9 FE dan S9...

Ingin Tahu Wajah Remajamu, Pakai Teen AI Saja Dari Line

Telko.id - Line Corporation telah merilis layanan Teen AI di dalam fitur Line Profile Studio, sebuah layanan untuk menghasilkan gambar profil yang berada di...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini