Capai 3 Juta Sambungan, FTTH Dongkrak Pasar Broadband Spanyol

Telko.id – Menurut statistik baru dari regulator, serat menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar broadband di Spanyol. Saat ini, penyerapan serat (FTTH) di negara tersebut diperkirakan telah mencapai 3 juta koneksi.

Berdasarkan angka baru yang diterbitkan oleh Comision Nacional de Mercados y Competencia (CNMC) pada hari Senin, ada 2,9 juta sambungan FTTH di Spanyol pada akhir November, berkat penambahan 178.491 sambungan selama 30 hari sebelumnya.

Dengan asumsi negara mengalami tingkat pertumbuhan bulanan yang sama setelah itu, jumlah sambungan FTTH mungkin telah merayap di atas 3 juta pada akhir tahun lalu.

FTTH atau kependekan dari Fiber to the Home sendiri merupakan suatu format penghantaran isyarat optik dari pusat penyedia (provider) ke kawasan pengguna dengan menggunakan serat optik sebagai medium penghantaran. Perkembangan teknologi ini tidak terlepas dari kemajuan perkembangan teknologi serat optik yang dapat mengantikan penggunaan kabel konvensional. Dan juga didorong oleh keinginan untuk mendapatkan layanan yang dikenal dengan istilah Triple Play Services yaitu layanan akan akses internet yang cepat, suara (jaringan telepon, PSTN) dan video (TV Kabel) dalam satu infrastruktur pada unit pelanggan.

Penghantaran dengan menggunakan teknologi FTTH ini disinyalir dapat menghemat biaya dan mampu mengurangkan biaya operasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Saat ini, Movistar milik Telefonica menjadi pemimpin di pasar FTTH di Spanyol, yang disebut regulator menguasai sekitar tiga perempat dari semua koneksi. Namun, operator incumbent ini kehilangan 1,4 poin persentase pangsa dibandingkan dengan tanggal yang sama tahun lalu, sementara para pesaingnya ada yang menunjukkan pertumbuhan pangsa pasar, ada juga yang tetap datar.

Pasar fixed broadband keseluruhan Spanyol terdiri dari 13.13 juta sambungan pada akhir November, pertumbuhan di sektor FTTH mengimbangi kerugian sambungan DSL yang hanya lebih dari 139.000. Negara ini memiliki tingkat penetrasi broadband tetap 28,3 sambungan per 100 penduduk.

Sementara itu, jumlah koneksi fixed-line tumbuh 32.131 selama bulan itu untuk mencapai 18,80 juta dan tingkat penetrasi 40,5%.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0