Yuk Intip Desain dan Keunggulan Kamera Oppo Reno8

Telko.id – Oppo Reno8 tidak lama lagi akan hadir di Indonesia. Sedikit-sedikit, fitur yang dimiliki sudah dibocorkan terutama untuk masalah desain dan keunggulan kamera nya. Oh iya, yang akan diluncurkan adalah Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 Pro 5G.

Untuk mendukung keunggulan kameranya, kedua perangkat ini pun sudah dipastikan akan membenamkan NPU MariSilicon X. Jadi seperti Oppo Reno sebelumnya, desain dan fitur fotografinya akan dikedepannya. Terutama kemampuan kamera malam hari terutama untuk foto potret dan pengambilan video.

“MariSilicon X, Imaging NPU, chipset yang merupakan inovasi terbesar Oppo pada tahun ini, di mana kami (Oppo) menciptakan sebuah NPU pencitraan khusus, yang memang semuanya dibuat oleh Oppo, kami namakan MariSilicon X,” jelas Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia dalam acara bertajuk “Oppo Reno8 1st Impression Event.

MariSilicon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm ini dipercaya akan meningkatkan hasil foto ataupun video dari Oppo Reno 8 5G Pro. Terutama saat perangkat digunakan pada malam hari dalam kondisi minim cahaya.

Dengan MariSilicon X, ponsel dapat mengurangi bintik foto (noise) pada gambar ataupun video yang diambil oleh pengguna. Menurut Aryo, ini juga berkat adanya Artificial Intelligence (AI) Noise Reduction yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto.

Chip MariSilicon X ini merupakan “warisan” dari ponsel flagship Oppo Find X5 Pro. Menurut Aryo, nantinya, NPU tersebut bakal dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory dalam satu chipset.

Kombinasi keduanya memungkinkan MariSilicon X melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt. Untuk mempermudah gambaran, penggunaan MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja perangkat yang cepat, tanpa harus menguras daya baterai yang besar.

Desain Gunakan Material Kaca Gorilla Glass

Jika pada 26 Juli yang lalu Oppo memperkenalkan NPU pertamanya MariSilicon X, yang akan disematkan pada Oppo Reno8, maka pada hari ini (3/8) OPPO kembali memberikan penjelasan mengenai desain perangkat ini.

Desain modul kamera dengan kaca tunggal ini pertama kali diterapkan pada perangkat Oppo Find X3 Pro. Kemudian desain seperti ini menjadi popular di kalangan vendor smartphone dan digunakan di berbagai perangkat.

Sebagai pionir dalam penggunaan desain ini, Oppo terus mengembangkannya pada perangkat Find X5 Pro dan kini hadir juga pada perangkat Oppo Reno8. Desain ini telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan memerlukan waktu lebih dari 400 hari untuk penelitian dan pengembangannya.

Oppo membuat kaca belakang perangkat ini dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi. Proses pemanasan kaca ini dilakukan hingga suhu 800 °C, sebuah temperatur yang jauh melebihi standar proses penempaan kaca.

Lantas, kaca Gorilla Glass dimasukkan ke dalam cetakan dan diberikan tekanan hingga 120kg. Untuk memastikan hasil pencetakan kaca terasa halus dan terhidar dari permukaan tidak rata, maka cetakan akan melalui proses pemolesan tiga langkah terlebih dahulu sebelum penempaan kaca dimulai.

Selanjutnya, delapan langkah pemolesan skala nanometer dilakukan langsung pada kaca, yang memastikan tingkat kehalusan pada tingkatan nanometer. Bagian depan maupun belakang kaca perangkat ini akan dipoles secara menyeluruh dengan tingkat presisi tinggi hingga penutup belakang kaca tampak dan terasa sangat halus.

Untuk Oppo Reno 8 5G akan tersedia dalam dua varian warna, yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black, sedangkan Oppo Reno 8 5G Pro tersedia dalam pilihan Glazed Green dan Glazed Black.

Kamera Dukung 4K

Lini seri Reno selalu membawa keunikan sendiri sebagai positioning statement perangkat dengan keunggulan di sektor kamera. Begitu pula dengan perangkat ini yang menyematkan dua buah lingkaran modul kamera yang sangat besar pada bagian belakang.

Modul kamera ini terinspirasi dari bentuk kamera film vintage, yang juga menjadi penghargaan Oppo terhadap seni cahaya dan bayangan. Desain kamera ini memberikan sebuah pernyataan kuat mengenai fitur kamera pada Oppo Reno8.

Selain memperkenalkan Oppo Reno8 Pro 5G yang dilengkapi dengan NPU MariSilicon X, OPPO hari ini juga memperkenalkan seri Oppo Reno8 5G.

Keduanya membawa bahasa desain yang serupa, penegasan pada keunggulan kamera. Kedua perangkat memiliki fitur kamera yang kurang lebih sama, mengedepankan fitur potret malam hari dan juga pengambilan video yang lebih jernih pada kondisi rendah cahaya.

Yang membedakan, Oppo Reno8 Pro 5G memiliki kemampuan lebih superior, terutama pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video yang sudah mendukung format 4K.

Oppo rencananya akan memperkenalkan kembali keluarga dari Reno8 series pada 11 Agustus 2022, menyusul kemudian peluncuran secara resmi di Indonesia. Perangkat ini akan menjadi senjata Oppo Indonesia mulai kuartal ketiga mendatang.

Spesifikasi

OPPO Reno8 Pro 5G

DesignDimensions: 161.2 x 74.2 x 7.34 (mm) Weight: 183 g Back cover material: Glass Colour options: Glazed Green, Glazed Black
Screen6.7-inch
NPUMariSilicon X
Biometric securityFast Fingerprint Unlock Face Unlock
Camera Feature4K Ultra Night Video, 4K Ultra HDR Video, Night Portrait

OPPO Reno8 5G

DesignDimensions: 160.0mm x 73.4mm x 7.67mm Weight: about 179g Colour options: Shimmer Gold, Shimmer Black
Screen6.4-inch
Biometric securityFast Fingerprint Unlock Face Unlock
Camera FeatureUltra Night Video, Ultra HDR Video, Night Portrait

(Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0