Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Apple Perkenalkan Apple Intelligence, Apa itu?

Telko.id – Apple hari ini memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal untuk iPhone, iPad, dan Mac yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Teknologi ini memanfaatkan kekuatan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, dan memanfaatkan konteks personal untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Dengan Komputasi Cloud Pribadi, Apple menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI, dengan kemampuan untuk melenturkan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus.

“Kami sangat antusias untuk memperkenalkan babak baru dalam inovasi Apple. Apple Intelligence akan mengubah hal yang dapat pengguna lakukan dengan produk kami — dan hal yang dapat produk kami lakukan bagi pengguna kami,” ujar Tim Cook, Chief Executive Officer Apple.

Baca juga : Apple Watch Series Ultra 2 Resmi Dijual di Indonesia

Baca juga : Pengguna Windows, Kini Lebih Leluasa Akses Tiga Aplikasi Apple

“Pendekatan unik kami menggabungkan AI generatif dengan konteks personal pengguna untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat membantu. Teknologi ini dapat mengakses informasi tersebut dengan kerahasiaan dan keamanan yang sangat dijaga untuk membantu pengguna melakukan hal yang paling penting bagi mereka. Ini adalah AI yang hanya dapat dihadirkan Apple, dan kami tidak sabar melihat pengguna mencoba apa yang dapat dilakukannya,” ujar Tim Cook menambahkan.

Kemampuan Baru untuk Memahami dan Menciptakan Bahasa

Apple Intelligence menghadirkan beragam cara baru bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuan menulis dan dan komunikasi mereka dengan lebih efektif.

Dengan Alat Penulisan baru di tingkat sistem yang terintegrasi dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun mereka menulis, termasuk Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Baik merapikan catatan di kelas, memastikan penulisan postingan blog yang benar, atau memastikan email disusun dengan pas, Alat Penulisan membantu pengguna merasa lebih percaya diri dengan tulisan mereka.

Dengan Tulis Ulang, Apple Intelligence memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai versi dari tulisan mereka, menyesuaikan nada yang pas dengan audiens dan tugas yang sedang dikerjakan. Mulai dari menyempurnakan surat lamaran, hingga merancang undangan pesta yang menarik dan kreatif, Tulis Ulang membantu menyampaikan kata-kata yang sesuai untuk acara.

Koreksi memeriksa tata bahasa, pilihan kata, dan struktur kalimat, serta menyarankan pengeditan — disertai dengan penjelasan pengeditan — yang dapat ditinjau atau langsung diterima oleh pengguna. Dengan Ringkasan, pengguna dapat memilih teks dan merangkumnya dalam bentuk paragraf yang mudah dipahami, poin-poin penting, tabel, atau daftar.

Di Mail, memantau email tak pernah semudah ini. Dengan Pesan Prioritas, bagian baru di bagian atas inbox menampilkan email paling mendesak, seperti undangan makan malam di hari yang sama atau boarding pass.

Dengan Pesan Prioritas di Mail, bagian baru di bagian atas inbox menampilkan email yang paling mendesak.

Di inbox pengguna, mereka dapat melihat ringkasan tanpa perlu membuka pesan dan melihat pratinjau beberapa baris pertama setiap email. Untuk utas yang panjang, pengguna dapat melihat detail terkait hanya dengan satu ketukan. Balasan Cerdas memberikan saran untuk respons cepat, dan akan mengidentifikasi pertanyaan dalam email untuk memastikan semuanya terjawab.

Pemahaman mendalam tentang bahasa juga mencakup Pemberitahuan. Pemberitahuan Prioritas muncul di bagian atas tumpukan untuk menampilkan hal yang paling penting, dan ringkasan membantu pengguna memindai pemberitahuan yang panjang atau bertumpuk untuk menampilkan detail penting langsung di Layar Terkunci, seperti saat obrolan grup sedang aktif.

Pemberitahuan Prioritas menampilkan hal yang paling penting, dan ringkasan membantu pengguna memindai pemberitahuan yang panjang atau bertumpuk untuk menampilkan detail penting langsung di Layar Terkunci.

Selain itu, untuk membantu pengguna tetap fokus pada hal yang mereka lakukan, Kurangi Gangguan adalah Fokus baru yang hanya menampilkan pemberitahuan yang mungkin memerlukan perhatian segera, seperti teks tentang penjemputan lebih awal dari tempat penitipan anak.

Di aplikasi Catatan dan Telepon, pengguna kini dapat merekam, mentranskripsikan, dan meringkas audio. Jika perekaman dimulai saat melakukan panggilan, pengguna akan diberi tahu secara otomatis, dan setelah panggilan berakhir, Apple Intelligence akan membuat ringkasan untuk membantu mengingat poin-poin penting.

Di aplikasi Catatan dan Telepon, pengguna kini dapat merekam, mentranskripsikan, dan meringkas audio.

Image Playground jadi lebih menarik

Apple Intelligence mendukung kemampuan pembuatan gambar yang menarik untuk membantu pengguna berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan cara baru. Dengan Image Playground, pengguna dapat membuat gambar yang menarik dalam hitungan detik, dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Mudah digunakan dan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi seperti Pesan, Image Playground memungkinkan pengguna membuat gambar yang menarik dengan cepat.

Image Playground mudah digunakan dan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi termasuk Pesan. Tersedia juga dalam aplikasi khusus, sesuai untuk bereksperimen dengan beragam konsep dan gaya. Semua gambar dibuat di perangkat, memberikan pengguna kebebasan untuk bereksperimen dengan gambar sebanyak yang mereka inginkan.

Dengan Image Playground, pengguna dapat memilih berbagai konsep dari kategori seperti tema, kostum, aksesori, dan tempat; mengetikkan deskripsi untuk mendefinisikan gambar; memilih seseorang dari perpustakaan foto pribadi mereka untuk disertakan dalam gambar mereka; dan memilih gaya favorit mereka.

Dengan Image Playground, pengguna dapat memilih berbagai konsep dari kategori seperti tema, kostum, aksesori, dan tempat.

Dengan pengalaman Image Playground di Pesan, pengguna dapat dengan cepat membuat gambar menarik untuk teman-teman mereka, dan melihat saran konsep yang dipersonalisasi terkait percakapan mereka.

Di Pesan, pengguna dapat menggunakan Image Playground untuk dengan cepat membuat gambar menarik untuk teman-teman mereka, dan melihat saran konsep yang dipersonalisasi terkait percakapan mereka.

Misalnya, jika pengguna mengirim pesan ke grup tentang pergi hiking, mereka akan melihat saran konsep terkait teman, tujuan, dan aktivitas mereka, sehingga kreasi gambar menjadi lebih cepat dan relevan.

Di aplikasi Catatan, pengguna dapat mengakses Image Playground melalui Image Wand baru di palet alat Apple Pencil, sehingga membuat catatan menjadi tampak lebih menarik. Sketsa kasar dapat diubah menjadi gambar yang menarik, dan pengguna dapat memilih ruang kosong untuk membuat gambar menggunakan konteks dari area sekitar.

Dengan Image Wand di palet alat Apple Pencil, pengguna dapat memilih ruang kosong untuk membuat gambar menggunakan konteks dari area sekitar.

Image Playground juga tersedia di aplikasi seperti Keynote, Freeform, dan Pages, serta di aplikasi pihak ketiga yang mengadopsi Image Playground API baru.

Kreasi Genmoji pas untuk momen apa pun

Meningkatkan emoji ke level yang sepenuhnya baru, pengguna dapat membuat Genmoji orisinal untuk mengekspresikan diri. Dengan mengetikkan deskripsi, Genmoji mereka akan muncul, bersama dengan opsi tambahan.

Dengan mengetikkan deskripsi, sebuah Genmoji akan muncul, bersama dengan opsi tambahan.

Pengguna dapat membuat Genmoji teman dan keluarga berdasarkan foto mereka. Sama seperti emoji, Genmoji dapat ditambahkan sebaris dengan pesan, atau dibagikan sebagai stiker atau reaksi di Tapback.

Fitur Baru di Foto Memberi Pengguna Lebih Banyak Kontrol

Pencarian foto dan video menjadi lebih mudah dengan Apple Intelligence. Bahasa alami dapat digunakan untuk mencari foto tertentu, seperti “Maya bermain skateboard dengan kemeja tie-dye”, atau “Katie dengan stiker di wajahnya”.

Alat Pembersih baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto, tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

Pencarian dalam video juga menjadi lebih canggih dengan kemampuan menemukan momen tertentu dalam klip sehingga pengguna dapat langsung menuju segmen yang relevan. Selain itu, alat Pembersih baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto, tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

Dengan Memori, pengguna dapat membuat cerita yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetikkan deskripsi. Dengan menggunakan pemahaman bahasa dan gambar, Apple Intelligence akan memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, merangkai alur cerita dengan bab-bab berdasarkan tema yang diidentifikasi dari foto-foto tersebut, dan menyusunnya menjadi sebuah film dengan alur ceritanya sendiri.

Dengan Memori, Apple Intelligence dapat memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi pengguna, merangkai alur cerita, dan menyusunnya menjadi sebuah film dengan alur ceritanya sendiri.

Pengguna bahkan akan mendapatkan saran lagu yang sesuai dengan kenangan mereka dari Apple Music. Seperti semua fitur Apple Intelligence, foto dan video pengguna dijaga kerahasiaannya di perangkat dan tidak dibagikan kepada Apple atau siapa pun.

Siri Memasuki Era Baru

Didukung oleh Apple Intelligence, Siri menjadi lebih terintegrasi secara mendalam ke dalam pengalaman sistem. Dengan kemampuan pemahaman bahasa yang lebih kaya, Siri menjadi lebih alami, lebih relevan secara kontekstual, dan lebih personal, dengan kemampuan untuk memudahkan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Kini pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut.

Siri dapat memahami jika pengguna berbicara terbata-bata dan tetap mempertahankan konteks dari satu permintaan ke permintaan berikutnya. Selain itu, pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut. Siri juga memiliki desain baru dengan cahaya bersinar menawan yang menyelimuti tepi layar saat Siri aktif.

Kini Siri dapat memberikan dukungan perangkat kepada pengguna dari mana saja, menjawab ribuan pertanyaan tentang cara melakukan sesuatu di iPhone, iPad, dan Mac.

Kini Siri dapat memberikan dukungan perangkat kepada pengguna dari mana saja, menjawab ribuan pertanyaan tentang cara melakukan sesuatu di iPhone, iPad, dan Mac. Pengguna dapat mempelajari semuanya mulai dari cara menjadwalkan email di aplikasi Mail, hingga cara beralih dari Mode Terang ke Mode Gelap.

Dengan kesadaran pada layar, Siri akan dapat memahami dan melakukan tindakan terhadap konten pengguna di lebih banyak aplikasi dari waktu ke waktu. Misalnya, jika seorang teman mengirimkan alamat barunya di Pesan, penerima dapat mengatakan, “Tambahkan alamat ini ke kartu kontaknya.”

Dengan kesadaran pada layar, Siri mempermudah melakukan tindakan terkait informasi di layar, seperti menambahkan alamat yang diterima di Pesan ke kartu kontak teman.


Dengan Apple Intelligence, Siri akan dapat melakukan ratusan tindakan baru di dalam dan di seluruh perangkat Apple dan aplikasi pihak ketiga. Misalnya, pengguna dapat mengatakan, “Tampilkan artikel tentang jangkrik dari Daftar Bacaan saya,” atau “Kirim foto dari acara memanggang daging hari Sabtu lalu ke Malia,” dan Siri akan melaksanakannya.

Siri kini dapat melakukan ratusan tindakan baru di dalam dan di seluruh aplikasi, termasuk menemukan rekomendasi buku yang dikirim oleh seorang teman di Pesan dan Mail.

Siri akan dapat menghadirkan kecerdasan yang disesuaikan dengan pengguna dan informasi di perangkat mereka. Misalnya, pengguna dapat mengatakan, “Putar podcast yang direkomendasikan Jamie,” dan Siri akan mencari dan memutar episode tersebut.

Pengguna pun tidak perlu mengingat apakah episode tersebut disebutkan dalam teks atau email. Atau mereka dapat bertanya, “Kapan pesawat Ibu mendarat?” dan Siri akan menemukan detail penerbangan dan melakukan referensi silang dengan pelacakan penerbangan real time untuk memberi tahu waktu kedatangan.

Standar Baru untuk Privasi dalam AI

Untuk memudahkan, Apple Intelligence mengandalkan pemahaman konteks personal yang mendalam sekaligus melindungi privasi pengguna. Basis Apple Intelligence adalah pemrosesan di perangkat, dan banyak model yang mendukungnya dijalankan sepenuhnya di perangkat.

Siri dapat menghadirkan kecerdasan yang disesuaikan dengan pengguna dan informasi di perangkat mereka, seperti menemukan detail penerbangan mendatang atau melacak reservasi makan malam.

Untuk menjalankan permintaan yang lebih kompleks dan memerlukan kekuatan pemrosesan lebih besar, Komputasi Cloud Pribadi memperluas privasi dan keamanan perangkat Apple ke cloud untuk menghadirkan lebih beragam kecerdasan.

Dengan Komputasi Cloud Pribadi, Apple Intelligence dapat menyesuaikan dan meningkatkan skala kapasitas komputasinya dan memanfaatkan model berbasis server yang lebih besar untuk permintaan yang lebih kompleks.

Model ini dijalankan di server yang didukung oleh Apple silicon, sehingga hanya data yang relevan dengan tugas pengguna yang diproses di server Apple, namun tidak pernah disimpan atau dapat diakses oleh Apple.

Ahli independen dapat memeriksa kode yang berjalan di server Apple silicon untuk memverifikasi privasi, dan Komputasi Cloud Pribadi secara kriptografis memastikan bahwa iPhone, iPad, dan Mac tidak berkomunikasi dengan server kecuali perangkat lunaknya telah masuk secara publik untuk diperiksa.

Apple Intelligence dengan Komputasi Cloud Pribadi menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI, menghadirkan kecerdasan yang dapat dipercaya oleh pengguna.

ChatGPT Terintegrasi di Seluruh Platform Apple

Apple mengintegrasikan akses ChatGPT ke dalam pengalaman di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, yang memungkinkan pengguna mengakses keahliannya — serta kemampuan pemahaman gambar dan dokumen — tanpa perlu berpindah antara alat.

Jika pengguna memberikan izin, Siri dapat memanfaatkan pengetahuan dunia ChatGPT yang luas dan memberikan jawaban secara langsung.

Siri dapat memanfaatkan keahlian ChatGPT jika membantu. Pengguna akan ditanyai terlebih dahulu sebelum pertanyaan dikirim ke ChatGPT, bersama dengan dokumen atau foto, lalu Siri akan langsung menampilkan jawabannya.

Selain itu, ChatGPT akan tersedia di Alat Penulisan di seluruh sistem Apple, yang membantu pengguna membuat konten untuk apa pun yang mereka tulis. Dengan Tulis, pengguna juga dapat mengakses alat gambar ChatGPT untuk menghasilkan gambar dalam berbagai gaya untuk melengkapi apa yang mereka tulis.

ChatGPT akan tersedia di Alat Penulisan di seluruh sistem Apple di macOS, yang membantu pengguna membuat konten untuk apa pun yang mereka tulis.

Perlindungan privasi dirancang untuk pengguna yang mengakses ChatGPT, alamat IP mereka akan disamarkan, dan OpenAI tidak akan menyimpan permintaan. Kebijakan penggunaan data ChatGPT berlaku bagi pengguna yang memilih untuk menghubungkan akun mereka.

ChatGPT akan tersedia di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini, didukung oleh GPT-4o. Pengguna dapat mengaksesnya secara gratis tanpa perlu membuat akun, dan pelanggan ChatGPT dapat menghubungkan akun mereka dan mengakses fitur berbayar langsung dari pengalaman ini.

Ketersediaan

Apple Intelligence tersedia secara gratis untuk pengguna, dan akan tersedia dalam versi beta sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini dalam bahasa Inggris (AS). Beberapa fitur, platform perangkat lunak, dan bahasa tambahan akan hadir tahun depan.

Apple Intelligence akan tersedia di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan M1 dan versi lebih baru, dengan Siri dan bahasa perangkat diatur ke bahasa Inggris (AS). (Icha)

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Pengguna Windows, Kini Lebih Leluasa Akses Tiga Aplikasi Apple

Telko.id - Apple secara resmi meluncurkan aplikasi Apple TV, Apple Music, dan Apple device di Windows minggu ini. Sebenarnya, aplikasi ini sudah diluncurkan ditahap awal...

Apple Watch Series Ultra 2 Resmi Dijual di Indonesia

Telko.id - Apple Watch Series Ultra 2 akhirnya resmi dijual di Indonesia melalui Blibli yang juga merupakan Apple Authorized Reseller. Dirancang khusus bagi pencinta petualangan outdoor...

Hello Store Resmi Jadi Drop-Off Point Service Produk Apple

Telko.id – Hello Store, kini resmi menjadi Drop-Off Point untuk service perangkat Apple, di mana para pelanggan dapat mengirim produk Apple terkait milik mereka...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini