Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Angkasa Pura II Bakal Terapkan Teknologi AI Demi Tingkatkan Pelayanan

Telko.id – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di bandara bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan penumpang serta menghasilkan operasi bandara yang efisien.

“Kalau sekarang kami melakukan analisa traffic (lalu lintas) penerbangan, penumpang misalnya masih pendekatan manual semua,” ujar Awaluddin dalam “Launching Project Dico Sky Horizon 2023” secara daring, Kamis.

Masih terkait penumpang, Awaluddin menjelaskan kecerdasan buatan memungkinkan mereka merespon keluhan penumpang yang selama ini ditumpahkan melalui media sosial.

Selain itu, kecerdasan buatan juga membantu memperpendek waktu tunggu penumpang mendapatkan layanan di bandara yang berarti semakin banyak waktu tersisa dan membuat mereka bisa berkeinginan untuk belanja.

Baca juga : Penerapan Teknologi AI Dalam Industri Agritech

“Rata-rata mereka menumpahkan keluhan di media sosial. Itu kita tidak bisa cepat tahu kalau tidak mereka melapor. Nanti, AI bisa merespon bagaimana sentimen analytic dibuat dalam sebuah tindak lanjut,” kata Awaluddin.

Menurutnya, kehadiran kecerdasan buatan di bandara juga membantu memahami karakteristik kebutuhan personal penumpang yang bisa berbeda dari hari ke hari.

“Kalau nanti sudah menggunakan AI kita bisa langsung ke personalisasi terhadap kebutuhan yang hari ini, berbeda dengan hari Senin di bandara kita. Itu yang kemudian konsep AI dengan basis advanced analytic dan machine learning itu menjadi sebuah pelayanan yang bisa dipersonalisasi,” ujar nya menambahkan.

Awaluddin menjelaskan bahwa hadirnya AI di bandara juga dapat membantu memastikan misalnya bagaimana pengembangan rute, analisa slot, evaluasi dan optimalisasi harian di bandara termasuk di Soekarno-Hatta.

Masih dalam acara daring yang sama, Executive General Manager CGK dan Lead Sub Team Digital Exploration (DX) Dwi Ananda Wicaksana juga senada dengan Awaluddin. Dia mengatakan, kecerdasan buatan diyakini dapat mempersonalisasi pengalaman penumpang terhadap fasilitas atau servis yang diberikan di bandara.

Selain itu, menurut dia, AI yang dinilai semakin penting bagi seluruh aspek bisnis saat ini, tidak terkecuali di bandara juga dapat meningkatkan efisiensi di semua aspek termasuk aspek utama di internal bisnis bandara seperti operasi, fasilitas dan layanan, serta komersial.

“Penggunaan AI ini kita yakin dapat dimanfaatkan bandara untuk aspek operasional sebagai contoh di dalam operasional kita ingin meningkatkan flow (aliran) penumpang, traffic (lalu lintas), mengoptimalkan pengaturan jadwal atau pergantian pesawat, meningkatkan sisi keamanan di bandara.

Tentunya jika itu masih dilakukan secara manual, sangat tidak mudah dan membutuhkan sumber daya yang sangat tinggi,” kata Dwi. (Icha)

Latest

#BeMoreBeHealthier, Inisiatif Garmin Ajak Pekerja Kantoran Aktif dan Sehat

Telko.id - Garmin mengumumkan inisiatif wellness bertajuk #BeMoreBeHealthier yang...

Acer memperkenalkan konsep laptop gaming Project DualPlay

Telko.id - Acer memperkenalkan konsep laptop gaming Project DualPlay...

nubia V60 Design Segera Hadir di Indonesia, Apa Saja Keunggulannya?

Telko.id - ZTE Mobile Devices Indonesia akan segera meluncurkan...

Samsung TV AI Neo QLED 8K Hadir Berbekal NQ8 AI Gen3

Telko.id - Samsung Neo QLED 8K TV membawa teknologi...

Rekomendasi

Kolaborasi ini Bakal Latih 1 Juta Talenta Keamanan Siber di Indonesia

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) telah bekerja sama dengan Cybersecurity Center of Excellence oleh Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Mastercard Indonesia dalam meluncurkan akademi daring untuk...

Datacomm Solution Day 2024 Dukung Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - PT Datacomm Diangraha hari ini menggelar Datacomm Solution Day 2024, sebuah acara untuk menggali inovasi dan solusi teknologi berbasis cloud di Indonesia. Ini...

Artificial Intelligent: Sekadar Tren Atau Sudah Menjadi Kebutuhan?

Telko.id – Masyarakat banyak yang masih mempertanyakan, apakah Artificial Intelligent atau AI itu hanya sekedar tren atau kini sudah menjadi kebutuhan. Nanti Kalau AI...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini