spot_img

Tokopedia Tekno Cara Unicorn Ini Berikan Panggung Pada Pebisnis Lokal

Telko.id – Hari Kebangkitan Teknologi, Tokopedia berikan panggung pada pebisnis lokal dengan menghadirkan kampanye Tokopedia Tekno.

“Kategori Elektronik adalah salah satu kategori favorit di Tokopedia kuartal II 2021,” kata Head of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Ia menambahkan, “Earphone, speaker, mouse, charger handphone dan tripod handphone menjadi lima produk paling laris. Tingginya antusiasme masyarakat akan produk-produk elektronik melatarbelakangi kami menghadirkan kampanye Tokopedia Tekno.”

“Kampanye ini memungkinkan masyarakat menemukan berbagai produk elektronik terkurasi dengan kualitas yang tinggi dan jaminan harga termurah; juga merupakan upaya Tokopedia dalam memberikan panggung lebih luas kepada pebisnis lokal di industri teknologi, contohnya Advan dan in-Lite LED,” jelas Leo.

Advan Berdayakan Masyarakat Semarang

Advan hadir di Indonesia sekitar 20 tahun yang lalu, ketika industri teknologi komunikasi dalam negeri belum seprogresif saat ini. Kini Advan telah memiliki berbagai produk teknologi komunikasi, seperti tablet, smartphone, smartwatch, earbuds, laptop, router dan masih banyak yang lainnya.

Produk Advan sekarang bisa diakses oleh lebih banyak konsumen di seluruh penjuru Indonesia lewat Tokopedia. CEO Advan, Chandra Tansri, mengatakan, “Dengan mengikuti berbagai program serta kampanye dari Tokopedia, Advan mengalami peningkatan penjualan hingga 4x lipat.”

Melalui keberadaan pabrik di Kawasan Candi, Semarang, Advan berhasil memberdayakan penduduk sekitar sebagai karyawan. Mereka bertugas merakit produk sebelum didistribusikan ke pasaran, baik offline maupun online, termasuk stok produk untuk Advan Official Store di Tokopedia.

In-Lite LED Warnai Pasar Lampu Lokal

In-Lite yang dibangun sejak 2014 merupakan merek yang dimiliki oleh anak bangsa yang berkomitmen untuk ikut berkontribusi pada pembangunan negeri, khususnya meningkatkan pendistribusian lampu LED di Indonesia. Teknologi In-Lite LED berkualitas tinggi, hemat biaya, tahan lama, bergaransi, harga kompetitif serta sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“In-Lite menghadirkan One Stop Lighting Solution untuk masyarakat Indonesia. Salah satu strategi kami tentunya dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia agar produk kami lebih dikenal dan bisa lebih luas menjangkau masyarakat. Terbukti pada masa pandemi ini, penjualan kami di Tokopedia dapat bertumbuh 250%” jelas GM Marketing In-Lite, Fransiska Damarwan.   

Memiliki lebih dari 300 karyawan, 13 cabang di berbagai kota besar serta pabrik perakitan di Sidoarjo, Jawa Timur, In-Lite terus berinovasi untuk memberikan kontribusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan penerangan di sektor permukiman, komersial, perkantoran hingga industrial di Indonesia.

Tokopedia Jamin Berikan Harga Termurah

Pada kampanye Tokopedia Tekno ini juga memberikan jaminan bahwa harga laptop sampai smartphone yang ada merupakan yang termurah. Bahkan akan memberikan hadiah jika konsumen menemukan ada di e-commerce lain lebih murah.

Hadiah itu berupa Tokopedia Gift Card. “Ini bisa digunakan untuk berbelanja kembali di Tokopedia,” kata Head of Category Development Tokopedia Fransiscus Leo Chandra saat virtual media briefing, Selasa (10/8).

Berdasarkan laman Tokopedia Tekno, Gift Card yang diberikan berupa OVO points Rp 50 ribu. Ini akan dikirim melalui email yang diisi di formulir klaim paling lambat dua minggu.

Jaminan harga termurah itu berlaku selama 2 – 7 Agustus. Jika menemukan produk serupa yang lebih murah di Shopee, Lazada, dan Blibli, konsumen bisa mengajukan klaim dan mengisi formulir yang ada di laman Tokopedia Tekno.

Berdasarkan laman itu, produk yang bisa diajukan klaim harus dalam keadaan baru dalam hal spesifikasi, warna, ukuran, kondisi, bundling atau paket, tipe garansi, dan variasi lainnya. Terkait kondisi, yang dimaksud yakni tersegel dalam kotak dan bukan produk refurbish atau diperbarui. Selama pengajuan klaim, stok produk yang dibandingkan di Shopee, Lazada, dan Blibli, harus dalam status tersedia.

Produk yang dibandingkan bukan merupakan harga grosir. Selain itu, bukan harga akhir dari diskon voucer, uang kembali (cashback), promo kartu kredit. Klaim juga hanya berlaku bagi 10 konsumen pertama yang mengajukan per harinya, pada Rabu hingga Jumat. Jika setelah dua minggu tidak menerima email, berarti klaim gagal.

Tokopedia juga memberikan syarat, bahwa produk yang diajukan klaim, tersedia dari penjual yang aktif berjualan lebih dari enam bulan. Selain itu, memiliki minimal 30 ulasan peringkat minimal empat bintang, dan 500 lebih produk terjual.

Leo menyampaikan bahwa kategori produk elektronik merupakan salah satu favorit masyarakat selama kuartal II. Produk yang paling laris dibeli yakni earphone, pengeras suara (speaker), mouse, pengisi daya ponsel, dan tripod.

Namun Leo enggan memerinci peningkatan transaksi untuk barang-barang tersebut. “Tapi kami melihat antusias masyarakat terhadap produk lokal seperti Advan dan In-Line LED selama pandemi corona,” katanya.

Pembeli produk elektronik paling banyak berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Namun ada kenaikan transaksi signifikan di Papua dan Kalimantan. (Icha)

Berita sebelumyaSamsung Galaxy A12 Nacho
Berita berikutnyaXiaomi Pad 5 Pro

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0