Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Oppo Reno11 Pro (China)

Canggih! Bot AI Facebook Kalahkan Pemain Poker Profesional

Telko.id, Jakarta – Untuk kali pertama, bot berteknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan mampu mengalahkan seorang pemain poker profesional. Bot AI itu merupakan ciptaaan Facebook dan Carnegie Mellon University (CMU).

Bot bernama Pluribus tersebut mengalahkan pemain profesional dalam permainan Texas Hold’em tanpa batas dalam sejumlah format berbeda. Dalam format itu termasuk lima bot AI dan satu manusia, serta satu bot dan lima pemain manusia.

Menurut laporan Engadget, orang di balik Pluribus menyatakan bahwa menciptakan bot multiplayer poker merupakan sebuah pencapaian besar di bidang AI. Asal tahu saja, poker menampilkan permainan secara lebih tertutup ketimbang catur.

{Baca juga: AI Pemburu Alien Deteksi Puluhan Sinyal Misterius}

Bot AI umumnya mengalami kesulitan untuk memperoleh informasi rahasia dan bertindak secara efektif terkait tata cara permainan poker. Sekadar informasi, Pluribus merupakan bot versi lebih canggih ketimbang karya lama CMU bernama Libratus.

Beberapa tahun lalu, Libratus juga berhasil mengalahkan pemain profesional. Dikutip Telko.id, Minggu (14/7/2019), algoritma pencarian online baru memungkinkan Pluribus mencari opsi yang tersedia untuk memutuskan beberapa gerakan selanjutnya.

Bot tersebut didukung oleh algoritma self-play lebih cepat untuk permainan dengan informasi tersembunyi. Artinya, Pluribus lebih efisien dalam mempelajari penanganan informasi tersembunyi di game yang dimainkan bot melawan salinannya.

Pluribus juga diklaim lebih efisien ketimbang bot AI pemain game lain. Pluribus menggunakan memori sebesar 128GB dan menjalankan dua GPU saat tengah melakukan permainan. Hal itu agak berbeda dibanding skema yang ada di Libratus.

{Baca juga: Pertama di Dunia, “Robot AI” Jadi Pembaca Berita TV di China}

Sebagai tambahan informasi, pada 2016 lalu, AlphaGo menggunakan 1920 CPU dan 280 CPU saat menghadapi pemain Go profesional, Lee Sedol. Dengan kata lain, Pluribus bermain dalam kecepatan dua kali lebih tinggi daripada pemain profesional. [SN/HBS]

Sumber: Engadget

Latest

Dua Perangkat Samsung Ini Tangguh Untuk Berbagai Medan

Telko.id - Untuk memenuhi kebutuhan berbagai perusahaan di Indonesia...

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis...

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

Telko.id - Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru "Human x...

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket...

Rekomendasi

Ini Strategi Bisnis GoTo Untuk 2024

Telko.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“GoTo” atau “Perseroan”), menyelenggarakan paparan publik untuk memaparkan perkembangan terbaru Perseroan untuk tahun 2024. Paparan tersebut mencakup...

EDGE2, Data Center 23 MW Siap Beroperasi di Jantung Kota Jakarta

Telko.id - PT Ekagrata Data Gemilang ("EDGE DC"), penyedia pusat data (data center) hari ini meluncurkan fasilitas keduanya di pusat kota Jakarta, yang dikenal...

Bose Open Earbuds, Tak Perlu Putus Dari Dunia Luar!

Telko.id – Bose Open Erabuds dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan generasi muda saat ini yang hobi mendengarkan musik saat melakukan aktivitas lain, seperti saat bekerja,...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini