Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 (China)

Tecno Spark 20C

Ini Tol Langit Yang Pemerintah Bangun Untuk Hubungkan Nusantara

Telko.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun infrastruktur telekomunikasi menjadi fondasi akselerasi transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan infrastruktur telekomunikasi itu menjadi tol langit yang menghubungkan nusantara dengan akses internet.

“Pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi pada tiga tingkatan, yakni tulang punggung (backbone), middle-mile, dan last-mile,” ujarnya dalam Seremoni Pengoperasian BTS 4G dan SATRIA-1: Akselerasi Transformasi Digital melalui Tol Langit untuk Menghubungkan Nusantara di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

Pada tingkat backbone, Pemerintah telah melakukan penggelaran Jaringan Kabel Serat Optik Palapa Ring, sepanjang 12.229 km, baik di darat maupun bawah laut.

“Di tingkat middle-mile, Pemerintah juga telah meluncurkan Satelit Multifungsi SATRIA-1 pada 19 Juni 2023 lalu,” ungkap Menkominfo.

Baca juga : Presiden Apresiasi Penyelesaian Pembangunan 4.990 BTS 4G 

Satelit dengan kapasitas 150 Gbps itu diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal 1 Tahun 2024. “Untuk menyediakan akses internet di 37.000 titik layanan publik,” jelas Menteri Budi Arie.

Sedangkan di tingkat last-mile, Pemerintah telah melakukan Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di 7.300 lokasi.

“Di mana 1.682 di antaranya merupakan BTS USO dan semuanya sudah on air, serta 5.618 lainnya adalah BTS 4G, di mana 4.990 BTS sudah dalam status on air, dan 628 sisanya masih berproses karena status kahar dan kesulitan mobilisasi material ke lokasi,” jelas Menkominfo.

Selain itu, Pemerintah juga menyediakan 14.441 titik akses internet di berbagai lokasi pelayanan publik seperti sekolah, kantor pemerintahan, fasilitas layanan kesehatan, dan pertahanan.

“Dengan hadirnya konektivitas internet, saya mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan internet secara bijak dan produktif, guna menghadirkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ungkap Menteri Budi Arie.

Seremoni Pengoperasian BTS 4G di Desa Bowombaru Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam acara itu, selain Menkominfo Budi Arie Setiadi, tampak hadir Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wamenkominfo Nezar Patria, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin. (Icha)

 

 

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

BAKTI Kominfo Sediakan Akses Internet di TPS di 3T

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo memfasilitasi kebutuhan akses internet di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) untuk penyelenggara Pemilu. Hal...

Menjaga Kedaulatan Indonesia di Angkasa dengan Bisnis Satelit

Telko.id - Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar selayaknya memberikan perhatian kepada bisnis satelit. Sayangnya, bisnis satelit di Indonesia jarang diperbincangkan dan kurang mendapatkan...

BAKTI Buka Suara Soal Terseretnya Korupsi SAP

Telko.id – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) buka suara terkait namanya yang terseret dalam kasus korupsi yang dilakukan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini