Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Masyarakat Buwun Mas NTB Kini Bisa Menikmati Internet

Telko.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan Base Transceiver Station (BTS) 4G di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat sudah beroperasi. 

Menurutnya percepatan pengoperasian BTS sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar masyarakat bisa menggunakan akses telekomunikasi. 

“Kemarin saya ke Lombok Barat dan melihat langsung BTS 4G belum on air. Hari ini saya monitor sejak pukul 16:37 WIB sudah bisa on air dan digunakan oleh warga sekitar,” jelasnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (31/07/2023).

Menteri Budi Arie, hasil pantauan dari Network Operation Center (NOC) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo menunjukkan akses pengguna aktif mencapai 24 perangkat dengan kecepatan sampai 5Mbps. 

Baca juga : Ada SATRIA-1, Wilayah 3T Tidak perlu BTS Lagi Untuk Akses Internet

“Berdasar data monitoring yang saya terima, jaringan relatif stabil dan kini masyarakat bisa menggunakannya karena akan selalu on-air setiap hari,” jelasnya. 

Menkominfo mengapresiasi BAKTI Kementerian Kominfo yang melakukan percepatan operasi BTS di Desa Buwun Mas.  

“Inilah upaya Kementerian Kominfo agar masyarakat di daerah terdepan, tertinggal dan terpencil (3T) bisa merasakan langsung akses telekomunikasi,” tandasnya. 

BTS 4G di Buwun Mas merupakan bagian dari Kerja Sama Operasi (KSO) Paket 1 Konsorsium Fiberhome-Telkominfra-MTD dengan BAKTI Kominfo. BTS 4G  yang memiliki tinggi antena 30 meter itu terhubung dengan operator seluler Telkomsel.

Sebelumnya, saat berada di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Rabu (26/07/2023), Menteri Budi Arie menegaskan tidak ingin proyek pembangunan BTS 4G terbengkalai.  

Menurutnya, BTS BAKTI Kominfo yang towernya sudah berdiri dan siap berfungsi akan segera dioperasikan agar bisa melayani masyarakat, terutama di  daerah 3T. (Icha)

Latest

Telkomsel Gelar Baktiku Negeriku 2024, Fokus Tingkatkan Ekonomi Desa

Telko.id -  Telkomsel meluncurkan kembali program Corporate Social Responsibility...

Telkomsel Umumkan Peraih Telkomsel Awards 2024

Telko.id - Telkomsel mengumumkan para peraih penghargaan Telkomsel Awards...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan,...

Huawei MatePad SE 11 Kids Edition, Solusi Tablet Aman & Edukatif Buat Anak

Telko.id – Huawei MatePad SE 11 Kids Edition dirancang...

Rekomendasi

Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan Mengundurkan Diri, Tumbal kah?

Telko.id - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Dirjen APTIKA, Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan pengunduran diri secara resmi sebagai Pejabat Tinggi...

Peretas PDNS 2 Berikan Kunci Dekripsi Gratis, Aneh?

Telko.id – Perestas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang dilakukan oleh kelompok hacker Brain Cipher berjanji, besok (03/07) akan memberikan kunci Dekripsi ke...

Soal BHP untuk Starlink, Ini Dasar Hukumnya!

Telko.id – Banyak kalangan yang kecewa dengan Biaya Hak Penggunaan (BHP) Spektrum Frekuensi Radio yang dikenakan oleh pemerintah apda Starlink. Dianggap terlalu kecil dibandingkan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini