Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Fadhilah Mathar Terpilih Jadi Dirut Baru BAKTI

Telko.id – Setelah beberapa bulan kosong, kursi Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo kembali terisi. Yang lolos seleksi adalah Fadhilah Mathar.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie, seleksi Dirut BAKTI Kementerian berlangsung secara transparan dan terbuka, termasuk melalui assestment Universitas Indonesia.

“Seperti yang tadi saya sebutin gitu, akhirnya kan kita ada melalui proses dari semua, Semuanya, 10 besar dimumin, tiga besar dimumkan,” ungkapnya.

Kementerian Kominfo telah membuka seleksi jabatan Dirut BAKTI sejak April 2023. Namun dalam perjalanannya tidak ada peserta yang memenuhi syarat, sehingga Kominfo melakukan seleksi ulang Dirut BAKTI pada akhir Mei 2023.

Baca juga : Tak Ada Yang Lulus, Kominfo Seleksi Ulang Jabatan Dirut BAKTI

Hasil Seleksi tahap pertama Dirut BAKTI Kementerian Kominfo dibatalkan Pelaksana Tugas Menkominfo Mahfud MD lantaran tak ada peserta yang memenuhi persyaratan sebagai Dirut BAKTI, pada Jumat (26/05/2023).  Tahapan seleksi ulang jabatan Dirut BAKTI berlangsung lebih awal dari jadwal semula. 

“Sebelumnya, jadwal pelaksanaan untuk pengumuman hasil seleksi Dirut BAKTI baru diketahui pada 21 Agustus, namun nyatanya lebih cepat tujuh hari dari rencana awal,” ujar Kepala Badan Pengembangan SDM Hary Budiarto yang menjadi Ketua Tim Panitia Seleksi.

Sebelum terpilih menjadi Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Fadhilah Mathar telah melalui proses seleksi jabatan. Proses seleksi ini sudah dilakukan sejak jumlah pendaftar jabatan ini mencapai 20 orang.

Jumlah itu terus dikerucutkan dan diseleksi menjadi 18, 8, dan sisa 3, hingga terpilih satu kandidat. Fadhilah Mathar bersama Ade Dimijanty dan Kustanto menjalani tahap akhir seleksi berupa wawancara bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi pada Jumat (04/08/2023).

Akhirnya, Budi Arie Setiadi pun melantik Fadhilah Mathar sebagai Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.

Pelantikan tersebut sesuai Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 362 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi.

Dalam pelantikan tersebut, Budi menyebutkan fokus utama yang harus dikerjakan BAKTI dibawah kepemimpinan Fadhilah yakni memprioritaskan penyelesaian pembagunan tol langit.

“Hal ini harus menjadi prioritas agar ‘tol langit’ yang digagas oleh Bapak Presiden dapat selesai tepat waktu dan memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh masyarakat,” tegasnya usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo di Kantor Kementerian Kominfo, Senin (14/08/2023).

Untuk penyelesaian tol langit tersebut, menurut Menkominfo ada beberapa pekerjaan yang harus segera diselesaikan antara lain melakukan langkah-langkah strategis dan prudent untuk menuntaskan  proyek High Throughput Sattelite (HTS), Hot Backup Sattelite (HBS), Palapa Ring, Base Transceiver Station (BTS), dan akses internet. 

Yang pasti, semua nya harus dilakukan dengan cepat dan ada dua hal yang harus segera dilakukan oleh Dirut BAKTI Kementerian Kominfo. 

“Pertama, pasti harus gerak cepat, dan yang kedua governance-nya harus kuat. Kalau bahasa tadi dalam pidato saya adalah cepat, tetapi terukur, gitu loh, karena kecepatan penting. Bahkan, Presiden Joko Widodo menargetkan tahun ini seluruh Base Transceiver Station (BTS) itu harus selesai, tetapi juga kita ingin menjaga governance supaya sesuai dengan tata kelola yang baik,” tandasnya Budi.

“Hal-hal yang krusial mengenai BTS dan sebagainya akan dituntaskan pada tahun ini. Selain itu penyelesaian Hot Backup Satellite juga,” ujarnya.

Sejalan dengan upaya membangun nama baik BAKTI Kementerian Kominfo di depan publik, Dirut BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar menyatakan akan bekerja maksimal guna memperbaiki kembali tata kelola internal BAKTI.

Selain itu, BAKTI Kementerian Kominfo mempercepat akselerasi konektivitas digital di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dan lokasi layanan publik.

“Kedua, kami harus mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap apa yang sudah diamanahkan kepada kami oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Tentu saya sangat mengharapkan bantuan serta dukungan dari teman-teman jurnalis dan media semua,” ujar Fadhilah Mathar. (Icha)

Latest

XL Axiata Bangun Madrasah di Pelosok Buton Sulawesi Tenggara

Telko.id - Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata...

XL Center Bali Disulap Jadi Bernuansa Liburan, Apa Targetnya!

Telko.id – XL Axiata terus meningkatkan pelayanannya terhadap para...

Review Acer Aspire 14, Dibekali Intel Core 7 Processor 150U

Telko.id - Setiap tahun Acer selalu menghadirkan pembaruan pada...

Tips Mabar Sejago RRQ Pro Player dengan Galaxy A35 5G

Telko.id - Baru-baru ini, Samsung berkolaborasi dengan RRQ dalam...

Rekomendasi

Strategi Hyundai Motor Group Sambut 2024

Telko.id - Hyundai Motor Group memberi sambutan perdana di tahun baru 2024 pada Rabu (3/1) di Kia AutoLand Gwangmyeong, pabrik khusus kendaraan listrik (EV)...

Ini Profil Fadhilah Mathar, Dirut Baru BAKTI

Telko.id - Fadhilah Mathar baru saja dilantik menjadi Direktur Utama BAKTI yang baru. Wanita berusia 44 tahun ini dilantik untuk menjabat sebagai Dirut BAKTI...

Profil Budi Arie Setiadi, Menkominfo Baru

Telko.id – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini