Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Cap Go Meh di berbagai daerah di Indonesia.
Dengan meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut puncak perayaan Imlek ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.
Ya, perayaan Cap Go Meh selalu menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di sejumlah kota di Indonesia. Terlebih perayaan ini juga telah menjadi obyek wisata, seperti antara lain yang ada di Singkawang.
“Kami menyadari bahwa komunikasi yang lancar menjadi kebutuhan utama selama momen spesial ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan berbagai langkah optimasi jaringan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan yang optimal,” kata Waqas Malik, Group Head Service Operation Management XL Axiata.
XL Axiata memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% dibandingkan hari normal, terutama di kota-kota yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh seperti Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.
Kenaikan trafik ini didorong oleh penggunaan layanan streaming, social media, video call, serta aplikasi pesan instan yang digunakan untuk berbagi momen perayaan.
Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XL Axiata telah melakukan berbagai langkah strategis, seperti
Optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan di titik-titik strategis seperti tempat ibadah, pusat perayaan, serta area wisata yang menjadi destinasi utama masyarakat.
Kemudian juga peningkatan jumlah BTS 4G LTE, termasuk penyediaan Mobile BTS (MBTS) di lokasi dengan potensi kepadatan pengguna yang tinggi.
Termasuk juga monitoring jaringan secara real-time selama perayaan untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal. Bahkan Tim teknis yang siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan.
Saat ini, jaringan XL Axiata telah menjangkau lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia dengan total lebih dari 165 ribu BTS, termasuk lebih dari 110 ribu BTS 4G LTE yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.
Infrastruktur ini juga diperkuat oleh jaringan fiber optik yang memastikan konektivitas antar wilayah tetap stabil.
Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 63%. Fiberisasi BTS tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.
Dengan berbagai upaya ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, memastikan pengalaman komunikasi yang lancar dan berkualitas selama perayaan Cap Go Meh 2025. (Icha)
Telko.id – Telkomsel, bersama Mastercard, meluncurkan layanan inovatif terbaru, Proteksi Privasi, targetnya untuk memperkuat perlindungan terhadap ancaman pencurian identitas digital.
Layanan ini dirancang untuk mendeteksi, memantau, mencegah, hingga melakukan resolusi atas potensi penyalahgunaan data pribadi pelanggan.
Didukung oleh Mastercard ID Theft Protection, Proteksi Privasi memungkinkan pemantauan hingga 14 jenis data penting, seperti identitas kependudukan, paspor, nomor telepon, email, akun media sosial, hingga informasi keuangan.
Teknologi ini secara aktif menjelajahi seluruh lapisan internet – termasuk dark web – untuk mendeteksi kebocoran data dan potensi penyalahgunaan.
Jika terjadi insiden, pelanggan akan menerima notifikasi real-time serta panduan langkah penyelesaian untuk melindungi data pribadi, mencegah kerugian finansial, serta melindungi reputasi mereka.
“Proteksi Privasi adalah bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pelanggan di era digital,” kata Lesley Simpson, VP Digital Lifestyle Telkomsel.
Melalui kolaborasi strategis dengan Mastercard, Lesley berharap dapat memberikan rasa tenang bagi pelanggan, sehingga mereka dapat lebih aman dan nyaman menikmati kemudahan hidup digital tanpa khawatir akan risiko pencurian identitas.
“Di dunia digital yang semakin terhubung seperti saat ini, melindungi identitas pribadi di ekosistem online kini menjadi salah satu hal terpenting,” ujar Wibawa Prasetyawan, VP Account Management Mastercard Indonesia menjelaskan.
Mastercard pun menghadirkan solusi terkini ID Theft Protection untuk Telkomsel, yang dirancang untuk melindungi data pribadi dan identitas digital konsumen, memberikan rasa aman pada konsumen.
Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama kedua pihak untuk membangun kepercayaan digital serta menciptakan masa depan digital yang lebih aman guna memberdayakan setiap individu.
Paket Proteksi Privasi tersedia bagi pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Halo (pascabayar) dalam dua opsi terjangkau.
Pertama, Proteksi Privasi + Kuota Internet: Rp25.000/bulan, termasuk kuota internet 1 GB dan pilihan lain adalah Proteksi Privasi: Rp12.000/bulan. Kedua pilihan ini tersedia di aplikasi MyTelkomsel (sebagai topping atas paket tertentu) dan di website resmi Telkomsel.
Selama layanan Proteksi Privasi aktif, pelanggan juga mendapatkan manfaat asuransi hingga Rp20 juta atas kerugian identitas dan finansial akibat penyalahgunaan data.
Khusus pelanggan paket Pascabayar Halo+ Supreme MAX, Proteksi Privasi sudah termasuk tanpa tambahan biaya. Layanan ini pun tersedia secara inklusif untuk semua kalangan, termasuk yang bukan pemegang kartu Mastercard.
Untuk mulai memanfaatkan perlindungan ini, pelanggan cukup membeli paket melalui aplikasi MyTelkomsel, lalu mengikuti tautan aktivasi yang dikirimkan melalui SMS oleh Mastercard untuk login ke website aktivasi akun TIARA – Mastercard.
Proses ini dirancang agar mudah dan cepat, memastikan pelanggan dapat segera mengelola serta memantau data pribadi mereka.
Sebagai partner lokal resmi Mastercard di Indonesia, TIARA turut mendukung perlindungan menyeluruh bagi setiap pelanggan melalui layanan Proteksi Privasi.
“Komitmen penuh kami dalam menghadirkan keamanan yang maksimal untuk para pengguna dapat terlihat dari proteksi tambahan berupa jaminan pertanggungan ketika adanya kerugian finansial akibat adanya pencurian data pribadi dengan biaya yang mudah dijangkau masyarakat,” ujar Enzo Adhitya, Marketing Director TIARA.
Kerja sama ini menegaskan komitmen Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin berdaya.
Melalui Proteksi Privasi, Telkomsel dan Mastercard berharap dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia. (Icha)
Telko.id – GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek, unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO), kembali merilis laporan tahunan tren kuliner berjudul Tren Surga Makanan GoFood.
Laporan ini merangkum berbagai menu makanan dan minuman terpopuler yang dipesan pelanggan sepanjang 2024 serta prediksi menu-menu yang diminati di 2025 berdasarkan pola perilaku pelanggan.
“Kami kembali mempersembahkan laporan ‘Tren Surga Makanan GoFood’ untuk memberikan inspirasi bagi para pelanggan untuk menjelajah kuliner,” Ignatius Satrio, Head of Marketing Food & Ads Gojek.
Lebih dari itu, laporan ini juga menjadi acuan dan inspirasi bagi para mitra usaha untuk semakin mengenal selera pasar dan mengembangkan bisnisnya.
Misalnya, untuk berinovasi dalam membuat menu atau paket makanan, hingga mempelajari perilaku pelanggan untuk membuat strategi iklan di GoFood.
Beberapa temuan menarik laporan Tren Surga Makanan GoFood tahun ini antara lain:
Menu dengan lauk mengenyangkan jadi juara bertahan; diwakili oleh Nasi Ayam yang konsisten menduduki puncak klasemen menu terlaris selama enam tahun berturut-turut.
Di kategori GoFood Hemat, Olahan Mie paling banyak jadi pilihan pelanggan, menunjukkan bahwa makanan hemat yang menjadi comfort food banyak orang ini tetap jadi juaranya.
Selalu jadi andalan saat cuaca panas, jutaan gelas Aneka Varian Teh selalu laris manis diincar pelanggan—dengan jumlah yang jika dijejerkan setara dengan jarak Jakarta-Cirebon!
GoFood juga merinci prediksi tiga kuliner yang akan menjadi hits di 2025. Prediksi ini didapat dengan melihat keyword yang paling banyak dicari di GoFood.
Salah satu yang paling menarik adalah Iced Americano, yang diprediksi akan menjadi primadona mengikuti jejak para pendahulunya di dunia kopi, yakni es kopi susu dan es kopi susu gula aren.
Sejalan dengan temuan tersebut, Putri Habibie, seorang Passionate Homecook dan Food Content Creator juga giat mengeksplorasi tren kuliner guna mengetahui preferensi terkini audiens dalam membuat konten memasak.
Pendiri Lady Bake Cooking Class (kini Putri Habibie Cooking Class) tersebut juga merilis buku digital “Kumpulan Resep: #TeamRecook” yang mendorong lahirnya UMKM kuliner dengan resep buku tersebut.
“Pilihan kuliner masyarakat tidak lagi dipengaruhi oleh selera rasa saja. Gaya hidup dan keseharian masyarakat masa kini juga menjadi faktor penting dalam terbentuknya tren makanan di Indonesia.
Misalnya, tren hidup sehat mendorong popularitas menu plant-based dan low-calorie, sementara gaya hidup serba cepat di perkotaan meningkatkan permintaan terhadap makanan praktis dan siap saji.
Suguhan laporan Tren Surga Makanan GoFood, memberikan wawasan berharga bagi kami yang bergerak di industri kuliner untuk lebih adaptif dan inovatif dalam menghadirkan menu yang sesuai dengan preferensi terkini masyarakat,” jelas Putri.
Untuk semakin memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan, GoFood juga menawarkan ragam promo dan fitur untuk mendukung pelanggan yang ingin lebih berhemat.
Pelanggan bisa hemat hingga Rp1 juta dengan menggunakan promo Mak-Si-Mal, hemat hingga Rp9 juta dengan paket 90 hari Gojek PLUS, bahkan menikmati makan dengan promo buy 1 get 1, ataupun dengan harga maksimal Rp22 ribu termasuk ongkir tanpa syarat dengan GoFood Hemat.
“Seiring dengan komitmen GoFood untuk terus mengukuhkan posisi sebagai pemimpin layanan pesan- antar makanan di Indonesia, kami konsisten menghadirkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekosistem kuliner Indonesia,” ujar Rio.
Ia pun juga mengajak para pelaku usaha kuliner untuk berinovasi dalam menghadirkan menu yang banyak dicari dan digandrungi pelanggan, sehingga mampu bersaing dan tumbuh bersama GoFood. (Icha)
Telko.id – OCA Indonesia (OCA), salah satu produk unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). OCA memiliki layanan OCA Interaction Lite, sebuah platform Customer Relationship Management (CRM) yang membantu UMKM mengelola interaksi dengan pelanggannya secara efisien.
Selain itu, OCA Interaction Lite juga mampu mendukung UMKM dalam meningkatkan layanan after sales yang dapat berdampak terhadap loyalitas pelanggan dan meningkatkan citra merek mereka.
Hal ini akan diperlukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah kompetisi ketat yang jadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Meskipun memiliki peran penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, tetapi layanan after sales kerap menjadi aspek yang terabaikan oleh UMKM.
Umumnya dikarenakan keterbatasan sumber daya yang membuat interaksi UMKM dengan pelanggan menjadi kurang efektif maupun kurang cepat.
Pemanfaatan platform yang memberikan layanan CRM bisa menjadi solusi karena tidak membutuhkan banyak sumber daya. Platform CRM yang digunakan pun akan semakin optimal jika mampu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi.
Solusi yang diberikan lewat platform CRM bisa mempercepat respons kepada pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka. Lebih lanjut, dengan mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi, keluhan pelanggan menjadi lebih mudah terpantau serta dapat tersolusikan segera yang berujung kepada peningkatan reputasi usaha.
OCA Interaction Lite merupakan platform CRM yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. OCA Interaction Lite juga dapat mengintegrasikan facebook comment, facebook messenger, instagram comment, dan direct message dalam satu dashboard.
“OCA Interaction Lite adalah salah satu platform unggulan kami yang dapat digunakan oleh UMKM di Indonesia dalam mengoptimalkan layanan after sales,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.
Menurut Komang, dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa secara proaktif membangun hubungan yang lebih personal dan relevan dengan pelanggan, serta memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien sehingga memberikan hasil yang lebih optimal.
OCA Interaction Lite Tawarkan Solusi Terbaik
OCA Interaction Lite menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Produk ini dirancang dengan fitur utama yang dapat langsung digunakan oleh UMKM, tanpa harus membayar fitur-fitur tambahan yang mungkin belum relevan.
Hal ini menjadikannya solusi yang ideal untuk UMKM, yang kebutuhan pengelolaan interaksi pelanggannya mungkin belum sebesar perusahaan besar.
Ketika bisnis mengalami pertumbuhan, UMKM dapat dengan mudah menambahkan fitur baru, seperti ticketing, tanpa harus mengganti platform yang sudah digunakan. OCA Interaction Lite menjadi investasi jangka panjang yang mendukung kebutuhan bisnis saat ini sekaligus menyesuaikan diri dengan perkembangan di masa depan.
Melalui teknologi ini, Telkom menunjukkan komitmennya untuk membantu UMKM di Indonesia menghadapi era digital dengan lebih percaya diri.
OCA Interaction Lite dapat membantu UMKM mengoptimalkan layanan after sales dengan lebih proaktif, personal, dan berbasis data yang berujung kepada keberlanjutan usaha. (Icha)
Telko.id – Samsung menghadirkan inovasi terbaru di Galaxy S25 Series dengan AI yang semakin terintegrasi dan terpersonalisasi, jadi, siapa saja bisa ngonten yang next-level dengan lebih cepat dan mudah. Apalagi Gen Z.
Ya, karena Studi Kantar menemukan 70% populasi internet di Indonesia menggunakan AI untuk mendukung kreativitas, termasuk dalam content creation. Di antara pengguna tersebut, Gen Z merupakan salah satu generasi yang aktifmenggunakan AI.
Riset Kantar juga menemukan 71% responden menggunakan AI untuk meminimalisir waktu dan usaha. Lalu, 69% responden mengatakan AI membantu proses kreatif jadi lebih efisien dan praktis. Sementara 65% responden mengaku AI membantu memberikan hasil yang lebih kreatif dan inovatif.
“Sebagian besar populasi digital di Indonesia telah berinteraksi dengan AI, terutama dalam aktivitas pencarian dan kreasi. AI tidak hanya berperan penting dalam meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu, tetapi juga menjadi kolaborator kreatif yang membantu dalam menghasilkan ide dan merancang eksekusi secara lebih optimal,” jelas Ummu Hanni, Associate Director Kantar Indonesia.
Anjas Maradita, AI Expert dan Content Creator, merupakan salah satu kreator yang aktif menggunakan AI untuk memperluas kreativitas dalam pembuatan konten. Anjas memilih Galaxy S25 Series sebagai pendamping yang mendukung kesehariannya sebagai kreator.
“Saat mencoba Galaxy S25 Ultra, saya percaya untuk pilih smartphone ini sebagai partner berkreasi saat membuat konten,” ujar Anjas.
Anjas menyebutkan ada dua alasan. Pertama yaitu teknologi AI yang integrated antar aplikasi dan kualitas kamera yang sangat beragam dan nggak ada tandingannya.
AI ini sangat membantu mempercepat proses-proses yang sebelumnya time consuming. Karena semua yang saya butuhkan sudah ada di satu perangkat, saya bisa bebas explore ide dan bereksperimen dengan cara-cara content creation yang beda.
“Apalagi, desain yang baru dengan feel grip yang lebih firm juga bikin saya nyaman pakai device dalam waktu lama,” ujar Anjas.
Berikut tiga cara Anjas menggunakan AI di Galaxy S25 Series:
Brainstorming Ide-ide Konten Jadi Lebih Seru Bareng AI
Dalam membuat konten, setiap orang butuh ide-ide kreatif agar hasilnya menjadi unik dan menarik. AI punya banyak peran pada proses brainstorming ide. Menurut Kantar, 61% pengguna menggunakan AI untuk membantu membuat ide dan menulis konten.
Brainstorming insight dan ideas konten kamu dengan fitur Gemini Live
Kemampuan Galaxy S25 Series yang mengintegrasikan berbagai aplikasi bawaan dengan Gemini Live jadi fitur favorit Anjas untuk riset dan brainstorming.
Anjas biasanya menonton video berdurasi panjang di Youtube sebagai bagian dari riset. Kini, tanpa harus menonton konten secara full, Anjas bisa meminta Gemini Live untuk merangkum semua poin di dalam video, lalu menanyakan informasi yang lebih banyak dari topik yang dibahas.
Dengan fitur ini, pengguna benar-benar seperti ngobrol dengan rekan kerja yang bisa diajak diskusi ide. Komunikasi dua arah antara pengguna dan AI yang secara cerdas bisa menangkap apa yang disampaikan pengguna, termasuk saat pakai bahasa sehari-hari. Ini benar-benar mengubah cara Anjas dalam membuat konten sejak proses paling awal.
Editing Sekelas Profesional Jadi Lebih Mudah Pakai Audio Eraser
Selain riset dan brainstorming, editing juga memakan banyak waktu ketika membuat konten. Data Kantar menunjukkan 75% pengguna memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas foto. Sementara 60% menggunakan AI untuk mengedit video.
Menurut Anjas, ada banyak challenge yang dihadapi saat edit konten, misalnya noise yang sulit dihilangkan dari video. Bagi Anjas, tantangan ini bisa dijawab dengan baik melalui fitur baru Galaxy S25 Series, yakni Audio Eraser yang berbasis AI.
Fitur ini bisa mendeteksi hingga enam tipe suara, yaitu ucapan, musik, angin, alam, keramaian, dan kebisingan. Lalu, pengguna bisa menentukan volume dari setiap tipe suara tersebut untuk mendapatkan kualitas konten yang diinginkan.
Hilangkan noise di video kamu dengan fitur terbaru Audio Eraser
“Pakai Galaxy S25 Ultra, editing suara di dalam video jadi gampang banget! Apalagi, fungsi ini sudah built-in di Gallery tanpa aplikasi tambahan yang sering berbayar, jadi pengalamannya benar-benar seamless karena saya sudah nggak perlu pusing cari platform video editing yang tepat,” ujar Anjas.
Selain itu, menurut Anjas, editing foto juga smooth banget pakai Generative Edit yang semakin improved. Galaxy AI semakin pintar mendeteksi objek dan mengisi background, bikin editing jadi seamless.
Bikin Promosi Konten yang Lebih Maksimal dalam Hitungan Detik dengan AI Select
Bagi Anjas, upaya dalam mempromosikan konten sama pentingnya dengan membuat konten itu sendiri.
Misalnya, YouTuber tidak hanya fokus pada kualitas video yang dibuatnya, tetapi juga harus memikirkan thumbnail yang unik agar pengunjung YouTube tertarik menonton kontennya. Selain itu, ia juga harus menyiapkan cuplikan foto atau video dari kontennya di YouTube untuk promosi di Instagram Story dan Reels.
Anjas sangat antusias ketika menemukan bahwa Galaxy S25 Series punya fitur baru yang bernama AI Select. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat GIF dari berbagai gambar atau video di media sosial.
Menurut Anjas, ini akan sangat memudahkan para kreator saat mempromosikan konten. Begitu konten sudah di-upload, pengguna bisa mengaktifkan AI Select, memilih frame yang ingin di-capture dari konten tersebut, lalu mengubahnya menjadi GIF untuk di-post di Instagram Story atau platform lainnya secara instan.
Capture GIF favorit di konten kamu pakai fitur AI Select di Galaxy S25 Series
Menariknya lagi, pengguna juga bisa pakai Generative Edit untuk membuat karakter AI dari konten yang sudah dibuat. Visual yang dihasilkan bisa menjadi inspirasi thumbnail yang unik dan beda dari yang lain.
Ini sesuai dengan penemuan Kantar yang mendapati 53% pengguna yang senang menggunakan AI untuk menciptakan gambar animasi yang unik.
Pre-order Galaxy S25 Series sekarang dan jadi yang pertama berkreasi dengan AI yang lebih cerdas!
Kemampuan AI yang didukung dengan kualitas kamera dan performa terbaik menjadikan Galaxy S25 Series pilihan yang tepat bagi para konten kreator maupun pengguna yang ingin meningkatkan kreativitas.
“Berkat fitur-fitur AI yang semakin disempurnakan, Galaxy S25 Series siap membantu mereka mewujudkan ide brilian melalui konten yang unik. Gemini Live dengan AI yang terintegrasi memungkinkan para pengguna mengolah ide kreatif dengan lebih seamless,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Ilham pun menambahkan bahwa Audio Eraser dan AI Select akan memudahkan pengguna edit konten layaknya profesional tanpa perlu aplikasi tambahan.
“Dan tentu saja, semuanya didukung dengan kualitas kamera dan performa terbaik dengan Snapdragon 8 Elite for Galaxy,” ujar Ilham menjelaskan.
Samsung menghadirkan penawaran spesial untuk pengguna yang ingin upgrade ke Galaxy S25 Ultra. Dengan trade-in Galaxy S24 Ultra 256GB, pengguna bisa mendapatkan Galaxy S25 Ultra 1TB dengan harga mulai dari Rp10.999.000 di website resmi Samsung atau gerai Samsung Store di seluruh Indonesia. (Icha)
Telko.id – Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition, modern tool watch yang terbuat dari baja Damascus, salah satu material terbaik di dunia. Jam tangan terbaru ini menghadirkan kombinasi luar biasa antara bahan premium, kemewahan, dan performa.
Baja Damaskus adalah material yang sangat unik karena dikenal sebagai material dengan durabilitas luar biasa namun memiliki fleksibilitas tinggi.
Keistimewaan lain adalah teknik produksi untuk membuat baja Damaskus melibatkan banyak tahap yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus.
Beberapa bahan baku yang digunakan dalam pembuatan baja Damaskus mungkin sudah tidak tersedia lagi atau sulit ditemukan dengan kualitas yang sama.
Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition bukan sekadar arloji mewah, melainkan sebuah karya seni yang memadukan estetika klasik dengan inovasi masa kini.
Melalui proses penempaan berulang, 10 lapisan baja dilas bersama dalam satu blok yang kemudian dipanaskan dan dimasukkan ke dalam tungku.
Proses ini diulang empat kali, sehingga menghasilkan 80 lapisan baja yang berbeda. Baja ini kemudian diputar untuk menciptakan pola unik pada setiap jam, sebelum diproses dan diukir.
Masing-masing goresan pada baja adalah bukti dari dedikasi para pengrajin kami dalam menghidupkan kembali seni pembuatan baja yang telah hilang selama berabad-abad.
Dengan desain yang memadukan kemewahan, fungsi, dan performa, MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition dilengkapi dengan strap hybrid kulit dan karet FKM yang tahan keringat dan noda.
Dipadukan dengan layar sentuh AMOLED yang memukau, modern tool watch ini memberikan visual yang jelas dan tajam bahkan di bawah sinar matahari langsung.
Setiap detail pada modern tool watch ini dirancang dengan penuh pertimbangan. Lensa safir tahan gores yang melengkung seperti kubah dan bezel yang terukir dengan kompas 360 derajat sebagai alat navigasi.
Kombinasi antara estetika yang menawan dan fungsionalitas ini menjadikan MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition sebagai pilihan sempurna bagi penjelajah yang menghargai desain yang timeless.
Dengan daya tahan baterai hingga 16 hari dalam mode smartwatch, modern tool watch ini siap menemani setiap petualangan.
Saat perlu diisi daya, pengisian ulang dilakukan dengan mudah menggunakan pengisi daya magnetik yang intuitif, yang dapat mengisi ulang baterai hingga 100% dalam waktu kurang dari satu jam.
Fitur Navigasi Canggih untuk Petualangan Anda
Lebih dari sekadar alat penunjuk waktu, modern tool watch ini dirancang untuk menemani para penjelajah dalam setiap petualangan.
Dengan fitur navigasi andalan, MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition siap menemani Anda dalam setiap ekspedisi, dari puncak gunung hingga kedalaman hutan yang lebat.
Setiap fitur, dari kompas altimeter hingga GPS, dirancang untuk memastikan Anda selalu berada di jalur yang benar.
Berikut deretan fitur canggih untuk setiap petualangan Anda:
Advanced mapping: Fitur untuk melihat kontur medan, ketinggian, area terbuka, garis pantai, dan banyak lagi pada peta TopoActive; akses peta yang sudah terinstal untuk ribuan lapangan golf dan resor ski di seluruh dunia; serta panduan peta NextFork untuk menampilkan informasi peta dengan lebih mudah.
Outdoor Maps+: Konten peta premium seperti citra satelit dan peta topografi di jam tangan (perlu berlangganan).
SatIQ Teknologi: Nikmati akurasi yang luar biasa di lingkungan yang menantang, sambil mengoptimalkan daya baterai.
Navigasi canggih: Jelajahi jalur yang jarang dilalui dengan altimeter bawaan, barometer, dan kompas elektronik 3-sumbu.
Aktivitas Ekspedisi: Hemat daya baterai untuk memperpanjang perjalanan Anda di alam bebas hingga berminggu-minggu.
Aklimatisasi: Fitur untuk melihat ketinggian saat ini, ketinggian yang telah teraklimatisasi, serta data Pulse Ox, detak jantung, dan tingkat pernapasan untuk memahami bagaimana tubuh beradaptasi.
Fitur Kesehatan Terbaik untuk Keseharian Anda
Sebagai bagian dari koleksi MARQ, modern tool watch Damascus Steel Edition ini melanjutkan legasi Garmin dalam menghadirkan fitur kesehatan, kebugaran, dan pelatihan yang komprehensif.
Berikut fitur yang dapat membantu aktivitas keseharian Anda:
Pemantauan Kesehatan dan Kebugaran: Lacak detak jantung 24/7, memantau kualitas tidur, serta wawasan tentang bagaimana tidur, tidur siang, dan aktivitas harian memengaruhi tingkat energi melalui pemantauan Body Battery.
Training Insights: Fitur yang memberikan skor kesiapan pelatihan setiap pagi berdasarkan kualitas tidur, pemulihan, dan metrik kesehatan lainnya.
Jetlag Adviser: Dapatkan tips untuk meminimalisir efek jet lag dan memudahkan tubuh beradaptasi ke waktu lokal kapan harus mencari atau menghindari cahaya, jadwal tidur serta latihan.
Fitur Konektivitas: MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition dapat terhubung dengan ponsel iPhone atau Android untuk menerima notifikasi dan informasi cuaca.
Harga & Ketersediaan
MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition menyajikan perpaduan sempurna antara kemewahan, kekuatan, dan inovasi.
Terbuat dari baja Damascus yang legendaris, jam tangan ini menghadirkan desain unik dengan pola yang berbeda pada setiap unitnya, memberikan kesan eksklusif dan tak tertandingi.
MARQAdventurer – Damascus Steel Edition akan tersedia di Indonesia mulai hari ini (3 Februari) melalui Garmin Brand Stores Offline seluruh Indonesia dan Garmin Official Online Stores di Tokopedia dengan harga Rp 52,999,000. (Icha)
Telko.id – Acer Indonesia menghadirkan #AcerforBusiness yang menawarkan berbagai perangkat teknologi, solusi, dan layanan yang dapat dikustomisasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis di berbagai sektor.
“Era digital semakin berkembang dan teknologi telah menjadi pondasi utama untuk keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis. Untuk itu #AcerforBusiness hadir sebagai solusi teknologi untuk mendukung berbagai sektor industri dalam menghadapi dinamika yang terjadi dengan memberikan berbagai perangkat teknologi, solusi, dan layanan terbaik,” kata Riko Gunawan, Products & Solutions Director, Acer Indonesia.
Ia pun optimis, semua itu dapat mengoptimalkan produktivitas dan mempercepat adopsi teknologi terbaru untuk kelancaran bisnis pelanggan.
Tidak hanya itu, untuk mendukung keberlanjutan operasional bisnis, #AcerforBusiness juga menawarkan layanan purna jual yang dirancang untuk memastikan keandalan dan efisiensi teknologi bagi pelanggan di Indonesia.
Hadirnya #AcerforBusiness dalam ekosistem teknologi di Indonesia didukung oleh Acer Manufacturing Indonesia (AMI), sebuah entitas kebanggaan Indonesia yang merupakan fasilitas produksi perangkat Acer dengan teknologi terkini.
Solusi ini dirancang untuk mendukung berbagai sektor industri, termasuk enterprises, UKM (SMB), manufaktur, finansial, healthcare, pendidikan, serta institusi pemerintahan.
Berbagai perangkat yang diproduksi, seperti laptop, Chromebook Acer, desktop, mini PC, desktop all-in-one, monitor, proyektor, server, dan interactive flat panel (IFP), memastikan setiap pelanggan mendapatkan perangkat teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.
Dengan kapasitas produksi mencapai 1,2 juta unit per tahun, AMI yang telah hadir selama 13 tahun di Indonesia memastikan bahwa setiap produk memiliki standar kualitas global dan menghadirkan lini produk dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terlengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dari beragam kalangan.
Rangkaian laptop Acer dari #AcerforBusiness yang diproduksi oleh AMI dirancang dengan standar tinggi dan telah tersertifikasi military-grade untuk memastikan ketahanan luar biasa.
Bahkan setiap unit perangkat telah melewati proses kontrol kualitas ketat, dan opsi kustomisasi sesuai kebutuhan sehingga setiap perangkat siap pakai ketika diterima pelanggan.
Meneguhkan komitmen tersebut, #AcerforBusiness terus berinovasi untuk menghadirkan solusi yang relevan bagi dunia usaha dalam menjawab tantangan bisnis modern yang semakin dinamis.
#AcerforBusiness memperkenalkan dua produk terbaru yang dirancang khusus untuk mendukung mobilitas dan produktivitas tinggi.
Pada kesempatan ini, Acer memperkenalkan TravelMate P614 AI, laptop bisnis dengan kinerja artificial intelligence superior terbaru yang ditenagai Intel Core Ultra (seri 2) dengan NPU internal yang menawarkan hingga 120 TOPS AI.
Dengan bobot kurang dari 1 kg, laptop ini menjadi pilihan ideal bagi para profesional yang selalu bergerak.
Acer juga menghadirkan laptop convertible TravelMate P414 Spin yang didukung teknologi Intel Core Ultra Processor terbaru yang menawarkan performa dan fleksibilitas penggunaan.
Laptop Acer TravelMate P414 Spin juga telah bersertifikasi TKDN, memastikan bahwa produk ini memenuhi standar kualitas global dan lokal.
Baik model TravelMate P614 AI maupun TravelMate P414 Spin menjamin keamanan data bisnis melalui hadirnya fitur TravelMateSense yang didukung Intel vPro.
Untuk memastikan ketahanan perangkat yang lebih kuat, keduanya telah tersertifikasi military grade MIL-STD 810H.
Laptop Acer TravelMate dengan Intel vPro menawarkan kemudahan pengelolaan bagi pelaku bisnis dengan fitur manajemen berbasis hardware yang modern.
Dengan teknologi ini, perusahaan dapat mengelola, mengamankan, dan memperbarui perangkat dalam jumlah besar secara efisien, memastikan operasional bisnis tetap lancar tanpa gangguan teknis.
Tak hanya itu, untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, Acer menyediakan pemeriksaan berkala, dukungan Acer Accidental Damage Protection (AADP).
Serta layanan upgrade dan pemesanan khusus perangkat seperti BIOS dan OS. Acer juga menghadirkan solusi product deployment guna mendukung implementasi perangkat secara efektif bagi pelanggan.
“Worry Free, Be Happy”: Komitmen untuk Kenyamanan Pelanggan
Untuk menjawab kebutuhan pelanggan di Tanah Air, #AcerforBusiness menghadirkan kampanye “Worry Free Be Happy“.
Wujud komitmen Acer yang berfokus pada kenyamanan pelanggan melalui keunggulan kualitas produk, layanan purna jual yang terpercaya.
Serta additional solution services yang semakin memperkuat pengalaman pelanggan dalam menggunakan teknologi Acer.
Melalui program “Worry Free, Be Happy“, #AcerforBusiness berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman bisnis yang lebih efisien, nyaman, dan produktif.
Dengan penyediaan lini perangkat berkualitas yang inovatif, layanan purna jual yang komprehensif dan terpercaya pada lebih dari 300 kota dan kabupaten se-Indonesia.
Serta solusi bisnis yang fleksibel, Acer memastikan pelanggan mendapatkan solusi teknologi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. (Icha)
Telko.id – Axioo Perkenalkan HYPE Flex All-in-One PC, solusi ringkas dan bertenaga untuk produktivitas modern.
Produk ini untuk memenuhi kebutuhan masyarak akan perangkat komputer dengan desain minimalis dan hemat ruang menjadi salah satu pilihan penting.
Axioo HYPE Flex All-in-One, komputer inovatif yang menggabungkan kepraktisan, performa tinggi, dan desain yang elegan. Solusi ideal bagi pengguna yang menginginkan komputer ringkas dengan desain minimalis namun tetap mumpuni untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan.
Keluaran terbaru ini merupakan perangkat komputer yang tergolong praktis karena hanya berbentuk monitor saja dengan instalasi yang mudah.
Didesain ringkas dan hemat ruang, fungsi monitor, CPU dan komponen lainnya sudah terintegrasi di dalam monitor.
Yang menjadi fitur utama dari Axioo Hype Flex All-in-One PC ini adalah adanya Wide AIO Screen, layar maksimal yang mumpuni untuk memberikan visual yang jernih serta memiliki fitur dynamic stand yang adjustable sesuai dengan keinginan pengguna.
Tidak hanya itu, pengguna juga dapat upgrade memory dan storage ke kebutuhan yang lebih besar dan tahan lama.
Axioo Hype Flex All-in-One PC ini terbilang pas untuk pengguna yang membutuhkan layar besar dalam beraktivitas karena sudah didukung dengan Wide AIO Screen berukuran 23.8 inch FHD, serta menggunakan Panel IPS 100% RGB.
Kelebihan lainnya terdapat pada fitur pop up camera 5MP, untuk kegiatan konferensi yang membutuhkan webcam dengan visual jernih.
Cara menggunakannya pun tergolong mudah, yakni cukup dengan menekan kamera di sisi atas dan kamera akan keluar alias pop up, sehingga tergolong aman dari segi privasi ataupun resiko hack.
Axioo HYPE Flex All-in-One PC menggunakan processor Intel Gen 12 dengan dua pilihan prosesor, yakni Intel® Core i3-1215U dan Intel Core i5-1235U sehingga pengguna dapat memilih prosesor sesuai dengan kebutuhan.
Perangkat ini juga dilengkapi dengan dual memory slot max 2x SODIMM DDR4 up to 64GB dan dual storage (1x 2.5 SATA dan 1x M.2 SATA / NVMe 2280 SSD Gen 3×4) yang memungkinkan pengguna menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dan menyimpan lebih banyak data serta memberikan cadangan data yang lebih andal.
Dengan jangkauan harga mulai dari Rp 7 juta sampai dengan Rp 9 jutaan, setiap pembelian Axioo HYPE Flex All-in-One PC akan mendapatkan aksesoris wireless keyboard dan mouse untuk mendukung fleksibilitas pengguna dengan mengedepankan simple workplace, sehingga ruang kerja terasa lebih rapi dan minimalis.
“Axioo Hype Flex All-in-One PC kami luncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer dengan desain ringkas dan hemat ruang namun tetap mengedepankan keseimbangan antara kinerja, kenyamanan dan estetika desain yang minimalis,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk.
Keunggulan Axioo HYPE Flex All-in-One PC tidak hanya dari segi desain, tapi dengan kemampuan dynamic stand yang membuat layar bisa di-adjust sesuai dengan keinginan pengguna dan kemampuan lainnya yang bisa disesuaikan kebutuhan karena fleksibilitas pengguna untuk mengupgrade SSD/RAM.
Fitur ini menjawab kebutuhan pengguna sesuai penggunaannya untuk produktivitas harian, seperti bekerja dan berbagai aktivitas multitasking lainnya.
Dengan semua fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Axioo Hype Flex All-in-One PC merupakan pilihan yang sangat menarik bagi berbagai kalangan di Indonesia terutama para pekerja kantoran.
Dengan desain tampilan berwarna putih yang memberikan kesan clean, simple dan elegan, perangkat ini dapat ditempatkan di berbagai tema ruang seperti coworking space, apartemen, atau kantor tanpa mengganggu tata letak atau estetika keseluruhan sehingga menjadi pilihan ideal untuk ruang terbatas.
Desain dynamic stand yang fleksibel juga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan posisi layar, sehingga dapat mengurangi kelelahan mata dan leher dengan cara menyesuaikan sejajar dengan posisi mata, sudut dan orientasi layar yang dapat digunakan optimal dalam posisi landscape ataupun portrait.
Axioo saat ini memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat memberikan kemudahan untuk memiliki produk Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.
Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yakni tukar tambah laptop lama ke unit baru laptop Axioo.
Untuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service.
Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.
Program menarik lainnya yaitu Axioo Accidental Damage Protection Extra yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.
Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.
Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection Extra terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.
Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.
Untuk setiap pembelian Axioo Hype Flex All-in-One PC, pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 1 tahun.
Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 177 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. (Icha)
Telko.id – Setelah melewati berbagai tantangan dan pengalaman berharga selama tiga bulan, OPPO Indonesia merayakan kelulusan OPPO Campus Ambassador (OCA) Batch 1 dalam Wrap-Up & Ceremony Event.
Acara yang digelar di OPPO Gallery Gandaria City Mall pada 1 Februari ini menjadi momen puncak bagi para mahasiswa terpilih, menandai langkah baru mereka untuk terus menginspirasi generasi muda.
Mengusung tagline “Connect, Create, Impact, Build the Future with OPPO”, program OPPO Campus Ambassador dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman, keterampilan, dan wawasan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.
Salah satu highlight dari program ini adalah Event Challenge, di mana para peserta dibagi dalam lima kelompok untuk mengadakan acara di berbagai lokasi seperti Depok, Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bogor.
Setiap event dirancang agar mampu menjangkau serta melibatkan audiens mahasiswa secara langsung, memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan.
Selain itu, peserta OPPO Campus Ambassador juga diberikan tugas untuk mengelola media sosial hingga membuat konten yang menarik, serta merancang ide marketing kreatif yang akan berguna dalam perjalanan karir mereka di masa depan.
Melalui rangkaian kegiatan ini, program OPPO Campus Ambassador telah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk pengembangan diri.
Dukungan OPPO untuk Masa Depan Mahasiswa
Melalui program ini, OPPO Indonesia ingin berkontribusi dalam persiapan karier mahasiswa dengan berbagai pelatihan, workshop, serta career talk. Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi mereka, OPPO juga memberikan berbagai reward bagi para peserta yang menunjukkan performa terbaik.
Dalam acara ini, Nira Kania Wulandari dinobatkan sebagai Best of the Batch, sementara Keisha Salsabilla meraih penghargaan sebagai Best Student Creator. Keduanya mendapatkan hadiah berupa OPPO Reno13 F 5G.
Selain itu, Kelompok 5 yang berhasil menyelenggarakan event “OPPO Gen-Z, Chill & Skill” di OPPO Experience Store Bintaro Xchange juga mendapatkan penghargaan.
“Tidak hanya sekadar pengalaman, tapi kita juga dibekali dengan ilmu-ilmu baru, sehingga kita jadi lebih siap dan lebih berani untuk menghadapi tantangan ke depannya”, jelas Nira Kania Wulandari, OPPO Campus Ambassador.
“Aku jadi lebih tau tentang fotografi dan itu sangat membantu aku banget sebagai content creator”, tambah Keisha Salsabilla, OPPO Campus Ambassador.
Serangkaian Acara Inspiratif
Wrap-Up & Ceremony Event di OPPO Gallery Gandaria City Mall menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk Talkshow, Journey Recap, Awarding, dan Closing Ceremony untuk Batch 1. Para peserta juga berkesempatan untuk menjelajahi OPPO Experience Store, menikmati hidangan dari Finders Cafe, serta mencoba langsung fitur terbaru dari OPPO Reno13 Series.
Dua sesi talkshow inspiratif turut mengisi acara ini yaitu sesi “Strategic Selling: Elevating Communication for Impactful Connections” oleh Henry Manampiring, penulis buku Winning Awarding dan Filosofi Teras. Serta sesi “Understanding the FYP Algorithm: Content that Connects” oleh Arnoldus Yansen, Human Capital Development OPPO Indonesia.
Setiap peserta juga mendapatkan buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam pengembangan diri mereka.
“Materi yang diberikan superduper insightful dan impactful banget buat aku, karena aku bisa belajar untuk how to improve untuk jadi lebih baik”, jelas Kevinia Ruth Nathasya, OPPO Campus Ambassador
Apresiasi dan Penghargaan untuk Para Peserta
Selain penghargaan individu dan kelompok, seluruh peserta OPPO Campus Ambassador Batch 1 juga menerima rapor, sertifikat, serta plakat sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian mereka selama tiga bulan terakhir.
OPPO Indonesia berharap bahwa pengalaman ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan berakhirnya Batch 1, OPPO Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi mahasiswa di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program pengembangan diri. Nantikan OPPO Campus Ambassador Batch berikutnya dan jadilah bagian dari perubahan! (Icha)
Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih pertumbuhan positif kinerja yang solid di sepanjang tahun 2024.
Perusahaan mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang meningkat sebesar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY), mencapai Rp 34,40 triliun.
Dalam kinerja XL Axiata tahun 2024 ini, terdapat peningkatan pendapatan tersebut kemudian mendorong pertumbuhan EBITDA mencapai Rp 17,88 triliun, tumbuh 13% YoY, dengan EBITDA margin yang meningkat menjadi 52%. Laba bersih XL Axiata pun ikut terdorong mencapai Rp 1,85 triliun, naik 45% YOY.
Hingga periode akhir 2024 ini, kinerja XL Axiata juga berhasil meningkatan Average Revenue Per User (ARPU) naik menjadi Rp 43 ribu.
Kenaikan ARPU ini seiring dengan pertumbuhan trafik data yang meningkat 9% YoY, mencapai 10.547 Petabytes, yang juga ikut mendorong kenaikan kontribusi pendapatan layanan Data dan Digital hingga mencapai sebesar 92% dari total pendapatan.
Sementara itu, peningkatan trafik tidak terlepas dari kuatnya basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 58,8 juta.
“Kami berhasil melalui tahun 2024 yang penuh tantangan ekonomi secara nasional dan global dengan kinerja yang cukup solid, dengan pendapatan yang terus meningkat, serta EBITDA dan laba bersih yang tumbuh double digit,” kataDian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.
Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis telah menjadi kunci keberhasilan operator ini.
“Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga mendorong peningkatan trafik data yang signifikan,” ujar Dian menjelaskan.
Dian menambahkan, keberhasilan kinerja sepanjang tahun 2024 tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi di setiap lini bisnis dengan cermat.
Salah satu langkah yang diambil adalah mengoptimalkan pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran, yang berhasil ditekan hingga 15%.
Selain itu, biaya infrastruktur bisa diturunkan hingga 2%, dengan perusahaan lebih berfokus untuk meningkatkan site profitability serta menerapkan strategi jaringan yang lebih efisien dan efektif.
Dengan demikian, perusahaan mampu mengendalikan kenaikan OPEX, sehingga tetap lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan. Ini adalah langkah positif untuk melanjutkan inovasi dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan.
Terkait keberhasilan penurunan beban dalam penjualan dan pemasaran, operator ini mendorong peningkatan penggunaan aplikasi digital, khususnya aplikasi MyXL dan AxisNet.
Hingga akhir tahun 2024, kedua aplikasi ini mencapai total pengguna aktif bulanan hingga sebanyak 33,1 juta atau meningkat lebih dari 100% dalam tiga tahun terakhir.
Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan MyXL dan AxisNet merupakan hasil positif dari upayaoperator ini untuk tak henti berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menerapkan strategi yang fokus pada pengalaman pelanggan (CX) berbasis digital melalui data analytics.
Pendekatan dengan memaksimalkan aplikasi digital ini tidak hanya memungkinkan operator ini untuk berinvestasi di area yang memiliki nilai tinggi, tetapi juga untuk membangun jaringan yang kuat guna memenuhi permintaan dari berbagai segmen pelanggan.
Dengan memanfaatkan data analytics, operator ini dapat secara efektif mengevaluasi key performance indicator (KPI) di seluruh aspek yang berkaitan dengan pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas.
Hal ini memberikan perusahaan kemampuan untuk merancang strategi yang tepat, sehingga dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi MyXL dan AxisNet, perusahaan berhasil untuk bisa lebih memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan.
Hal ini memungkinkan operator ini untuk memberikan penawaran yang lebih tepat kepada pelanggan, pada waktu yang tepat, dengan cara yang lebih efektif.
Data Net Promoter Score (NPS) XL Axiata masih meningkat secara signifikan. Peningkatan ini tidak hanya mendorong penggunaan layanan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan. Operator ini berkomitmen melanjutkan penerapan strategi ini sepanjang tahun 2025 dan kedepan.
Posisi keuangan operator ini menunjukkan sehat per akhir Desember 2024, utang kotor perusahaan tercatat sebesar Rp 12,5 triliun, sementara utang bersih mencapai Rp 11,1 triliun.
Rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) berada pada angka 2,5x, mencerminkan manajemen utang yang prudent. XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi valuta asing, yang memberikan stabilitas lebih dalam pengelolaan keuangan.
Dari total pinjaman yang ada, 53% memiliki suku bunga tetap (fixed), sementara 47% lainnya menggunakan suku bunga mengambang (floating), menunjukkan diversifikasi yang bijaksana dalam struktur pembiayaan.
Kemudian, free cash flow (FCF) perusahaan berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 20%, mencapai Rp 10,5 triliun. Hal ini sebagai komitmen XL Axiata untuk menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.
Percepatan Layanan FMC
Tahun 2024 telah menjadi tahun yang monumental bagi XL Axiata untuk memperkuat bisnis layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), yang ditandai dengan masih tumbuhnya pelanggan layanan XL Satu dan juga masuknya pelanggan layanan fixed broadband (FBB) First Media sebagai salah satu layanan XL Axiata, pasca akuisisi Link Net pada 2022 silam.
Proses pembentukan XL Axiata sebagai ServeCo dan Link Net sebagai FiberCo telah berjalan dengan baik. Dalam langkah strategis ini, XL Axiata telah mengakuisisi sekitar 750 ribu pelanggan residensial Link Net.
Pengambilalihan ini meningkatkan basis jumlah pelanggan FBB Axiata, sehingga saat ini mencapai lebih dari satu juta pelanggan, dan menempatkan XL Axiata sebagai pemain FBB terbesar kedua di Indonesia.
Kolaborasi XL Axiata – Link Net juga menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam upaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC ini, termasuk komitmen untuk memperluas cakupan layanan.
Selain itu, XL Axiata bertekad untuk mendorong percepatan penetrasi konvergensi layanan FMC dan meningkatkan kualitas pengalaman bagi pelanggan.
Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.
XL Axiata kini juga masih mengembangkan produk ke segmen korporasi dan usaha kecil menengah (UKM). Pengembangan layanan ke kedua segmen tersebut juga diselaraskan dengan semakin meningkatnya kebutuhan atas layanan Information and Communication Technology (ICT), Internet of Things (IoT), dan Big Data.
Perluas Infrastruktur Jaringan
XL Axiata memperluas infrastruktur jaringan hingga akhir 2024, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 5.740 unit. Dengan demikian total BTS saat ini mencapai 165.864 unit, meningkat sebesar 4% YOY. Dari total tersebut, hampir 111 ribu di antaranya merupakan BTS 4G.
Sementara itu, proses fiberisasi jaringan telah mencapai 63% dari total site BTS yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.
Fiberisasi adalah langkah modernisasi yang dilakukan dengan menghubungkan BTS melalui jalur fiber, serta melakukan pembaruan perangkat-perangkat BTS.
Ini termasuk penggantian perangkat yang sebelumnya menggunakan microwave menjadi perangkat berbasis fiber.
Inisiatif fiberisasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan data 4G, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat.
XL Axiata terus melakukan langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas jaringan, yang menjadi fondasi utama dalam memberikan pengalaman pelanggan.
Komitmen XL Axiata untuk memperkuat jaringan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sebesar Rp 7,4 triliun.
XL Axiata akan terus melanjutkan inisiatif investasi dalam pengembangan jaringan dengan pendekatan yang cermat, guna memastikan bahwa layanan yang ditawarkan semakin berkualitas dan mampu mendukung pertumbuhan penggunaan jaringan yang terus meningkat.
XL Axiata dan Smartfren Merger Strategis
Perusahaan juga melakukan aksi korporasi merger. XL Axiata dan Smartfren telah mencapai kesepakatan definitif untuk melakukan merger, dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari Rp 104 triliun.
Penggabungan ini akan melahirkan entitas telekomunikasi baru yang disebut XLSmart, yang akan menjadi kekuatan baru di sektor telekomunikasi Indonesia. Kolaborasi ini akan mendorong inovasi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.
Selain itu, merger ini diharapkan menghasilkan sinergi biaya yang signifikan, dengan estimasi sinergi sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya proses integrasi jaringan strategis serta optimalisasi sumber daya.
Kolaborasi ini akan menempatkan XLSmart sebagai kekuatan transformatif di industri telekomunikasi, yang membuka jalan bagi pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan di sektor ini.
Merger ini merupakan langkah strategis yang menggabungkan dua entitas yang saling melengkapi, dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik di pasar telekomunikasi Indonesia.
Dengan bergabungnya XLSmart, akan memiliki skala yang lebih besar, kekuatan finansial yang solid, dan keahlian yang mendalam.
Hal ini akan memungkinkan untuk mendorong investasi dalam infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi pelanggan.
Kolaborasi ini akan menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif, memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. (Icha)