spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 643

Qualcomm Akhirnya Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei

0

Telko.id – Qualcomm Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei dari pemerintah AS, Jumat lalu, sehingga bisa menjual chip ponsel 4G nya. Sebuah kabar yang meggembirakan karena sejak tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS.

Karena pembatasan itu lah, tahun ini pasokan Chipset ke Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran smartphone andalan nya.

Tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS. Karena batasan, tahun ini Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran andalannya.

“Kami menerima lisensi untuk sejumlah produk, yang mencakup beberapa produk 4G,” kata juru bicara Qualcomm kepada Reuters.

Sebagai infromasi, Qualcomm dan semua perusahaan semikonduktor Amerika lainnya terpaksa berhenti menjual ke perusahaan teknologi China pada September setelah pembatasan perdagangan AS diberlakukan.

Juru bicara tersebut menolak mengomentari produk 4G tertentu yang dapat dijual Qualcomm ke Huawei tetapi mengatakan itu terkait dengan perangkat seluler. Qualcomm memiliki aplikasi lisensi lain yang menunggu keputusan dengan pemerintah AS, katanya.

Di masa lalu Huawei adalah pelanggan chip yang relatif kecil untuk Qualcomm, yang merupakan pemasok chip ponsel terbesar. Huawei menggunakan chip yang dirancang sendiri di handset andalannya, tetapi menggunakan chip Qualcomm dalam model dengan harga lebih rendah.

Potensi Huawei untuk merancang chipnya sendiri digagalkan pada bulan September oleh pembatasan perdagangan AS yang memblokir aksesnya ke perangkat lunak desain chip dan alat fabrikasi. Analis industri percaya bahwa stok chip Huawei yang dibeli sebelum pelarangan bisa habis awal tahun depan, melumpuhkan bisnis smartphone-nya.

Namun, lisensi Qualcomm untuk pasok chipset ke Huawei akan memiliki “dampak terbatas” karena hanya mencakup chip 4G sementara konsumen beralih ke perangkat 5G yang lebih baru. Pun masih belum jelas apakah pejabat AS akan memberikan lisensi Qualcomm untuk chip smartphone 5G.

Perwakilan Huawei dan Departemen Perdagangan AS, yang memberikan lisensi, menolak berkomentar.

Perusahaan AS lainnya seperti Micron Technology Inc juga dihentikan penjualannya ke Huawei dan mengatakan mereka telah mengajukan permohonan lisensi. Intel Corp juga mengatakan memiliki lisensi untuk menjual ke Huawei.

Sebelumnya Intel mendapat izin untuk menjual chipsetnya, Samsung dan LG mendapat lisensi untuk menjual panel layar OLED ke Huawei. Selain itu, perusahaan pembuat chip memori termasuk SK Hynix dan MediaTek dari Korea Selatan meminta izin yang sama.

Sebelumnya, Chairman Huawei Guo Ping mengatakan bahwa Huawei bersedia menggunakan chip Qualcomm di smartphone-nya jika Qualcomm mendapat lisensi untuk mengizinkan penjualan chipsetnya.

Selain itu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) juga telah mengajukan izin pembuatan chipset untuk Huawei dan ada kemungkinan TSMC akan segera mendapat izin.

Walau demikian, Huawei tidak berdiam diri. Huawei berniat memproduksi chipsetnya sendiri yang dimulai dengan teknologi 45nm tanpa komponen A.S.

Hal itu diungkapkan oleh Richard Yu, Executive Director, CEO Consumer Business Group Huawei baru-baru ini. Richard pun menyatakan bahwa Huawei akan berhenti mencetak desain chipset Kirin kelas atas setelah September. Sementara itu, perusahaan tampaknya memiliki rencana untuk memulai produksi chipsetnya sendiri, seperti dikutip dari Huawei Central.

Menurut keterangan rahasia dari Weibo, Huawei bekerja dengan beberapa perusahaan dan produsen material yang dibutuhkan dalam rantai pasokan industri semikonduktor untuk membangun jalur manufaktur semikonduktornya sendiri.

Perusahaan ini bertujuan untuk membangun pabrik chip untuk memproduksi chip sirkuit terintegrasi, dan pabrik pembuatan chip untuk mencetak desain semikonduktornya tanpa memerlukan peralatan dan komponen AS.

Saat ini, divisi semikonduktor Huawei – HiSilicon memiliki pengalaman desain chip tetapi tidak dapat mencetak desain tersebut pada wafer karena pembatasan bisnis dengan TSMC dan ini satu-satunya tantangan besar yang harus dihadapi Huawei untuk membuat chipset sendiri.

Menurut sumber tersebut, Huawei akan memulai dengan teknologi proses 45nm (nanometer) yang akan siap pada akhir tahun ini. Selain 45nm, Huawei juga berencana membangun lini produksi 28nm.

Sementara itu, Huawei belum secara resmi mengkonfirmasi atau mengumumkan berita semacam itu melalui platform resminya, tetapi tampaknya seluruh proyek ini berjalan di balik pintu.

45nm dan 28nm adalah pilihan yang baik untuk memulai untuk raksasa teknologi China, tetapi kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa pembuat chip besar seperti TSMC dan Samsung sudah berencana untuk membangun chip berdasarkan node 3nm. Oleh karena itu, Huawei harus melalui jalan panjang dan proses R&D khususnya di bagian semikonduktor untuk mencapai tujuan manufakturnya. (Icha)

Telkomsel Bangun BTS 4G LTE Di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

0

Telko.id – Telkomsel bangun BTS 4G LTE bukan hanya di wilayah yang mudah diakses saja. Terbukti, operator ini membangun jaringan di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Untuk mencapai wilayah ini membutuhkan perjalanan darat sampai 9 jam dari kota Kupang.

Upaya bangun BTS ini menjadi bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus bergerak maju mendorong pemerataan akses broadband terdepan yang mampu mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat, termasuk di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) serta wilayah perbatasan negara.

“Telkomsel berupaya untuk terus hadir menemani masyarakat, salah satunya melalui Telkomsel bangun BTS 4G LTE terdepan dan terluas yang mampu menyentuh nadi-nadi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia,” ungkap Samuel Pasaribu, VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel.

Samuel pun menambahkan bahwa Telkomsel memaknai beroperasinya BTS 4G di Oepoli tidak sekadar untuk menghubungkan masyarakat yang berada di sana, namun juga demi memberikan manfaat bagi peningkatan potensi perekonomian desa, membantu kelancaran proses belajar secara daring, hingga mendukung petugas di daerah perbatasan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Telkomsel Bangun BTS
Caption : Uji Coba Sinyal 4G LTE Telkomsel di Perbatasan Indonesia – Timor Leste

Keberadaan BTS Telkomsel 4G LTE ini tentu disambut baik juga oleh para pertugas diwilayah tersebut. “Kami merasa senang dan menyambut baik kehadiran jaringan broadband terdepan di daerah perbatasan Republik Indonesia dengan Timor Leste ini. Dengan digelarnya jaringan 4G LTE karya anak bangsa dari Telkomsel, ini menjadi berkah bagi kami para petugas dalam menyampaikan informasi saat menjalani kewajiban maupun untuk terhubung dengan keluarga dan orang-orang terdekat,” ungkap Kapten Arm Warih Wiono, Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Armed 3/105 Tarik Dankipur II.

Baca juga : Telkomsel Perluas Jaringan 4G LTE Khusus nya Wilayah 3T

Proses pembangunan BTS di Oepoli berawal dari laporan yang diterima Telkomsel dari masyarakat setempat mengenai kebutuhan akan akses broadband di lokasi tersebut. Sehari-hari, masyarakat hanya bisa mengakses internet lewat jaringan Telemor, operator dari Timor Leste.

Hal itu yang menjadi dasar Telkomsel memutuskan untuk mengoperasikan BTS 4G LTE setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi geografis dan infrastruktur yang menantang di kawasan tersebut. Oepoli sendiri merupakan daerah berpenduduk 2.000 jiwa. Butuh waktu sekitar 9 jam untuk sampai di sana melalui jalur darat dari Kota Kupang.

“Atas nama masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah di sini, kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel yang sudah bangun BTS  4G LTE. Kami merasa bersyukur karena bisa memanfaatkan jaringan internet ini untuk hal-hal baik, terlebih untuk urusan pendidikan,” ucap tokoh masyarakat Oepoli Romo Januario Gonzaga (Romo Janu).

“Ke depan, kami akan memperkuat upaya pemerataan akses 4G LTE di seluruh Indonesia yang menjadi bagian dari komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air, karena implementasi layanan digital di keseharian masyarakat membutuhkan akses dan kualitas layanan broadbandyang prima.

Upaya ini juga menjadi salah satu cara Telkomsel memaknai kehadiran perusahaan yang telah melayani negeri selama lebih dari 25 tahun untuk terus tumbuh bersama seluruh lapisan masyarakat,” tutup Samuel.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan berbagai upaya perluasan ketersediaan 4G LTE secara menyeluruh, seperti penyediaan COMBAT di Desa Pasiah Laweh (Sumatera Barat) dan Desa Woloklibang (NTT), pemasangan repeater khusus di Desa Petir (DIY), dan pembangunan BTS di Desa Nain (Sulawesi Utara).

Ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk menjalankan lebih banyak inisiatif serupa, yang sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengupayakan ketersediaan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia pada 2022. (Icha)

 

 

The NextDev Summit 2020 Hadir Demi Perubahan Industri Kreatif Digital

0

Telko.id – The NextDev Summit 2020 hadir kembali. Sebuah konferensi teknologi inspiratif yang menjadi wadah kolaborasi bagi tech-enthusiast, penggerak startup, hingga talenta digital demi memberikan perubahan pada industry kreatif digital Indonesia.

Pada edisi keduanya ini, The NextDev Summit 2020 hadir di hari puncak penyelenggaraan Jakarta Content Week pada 15 November 2020. Acara tersebut menjadi wadah yang menghubungkan para pelaku di industri digital dan kreatif untuk saling berkolaborasi menciptakan solusi yang memiliki dampak sosial positif bagi Indonesia.

“Kembalinya The NextDev Summit di tahun ini menjadi penguat komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company dalam mengembangkan ekosistem digital secara inklusif dan menyeluruh di Indonesia. Dengan animo yang ditunjukkan oleh masyarakat, The NextDev Summit 2020 memberikan semangat bagi kami untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan manfaat teknologi digital terkini bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

The NextDev Summit

Melalui berbagai rangkaian inisiatif The NextDev, Telkomsel memiliki tujuan untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia, salah satunya adalah The NextDev Summit 2020 yang hadir untuk memberikan perubahan berarti bagi pelaku industri kreatif digital.

Baca juga : Telkomsel Bawa Pengalaman Uji Coba Teknologi 5G di The NextDev Summit 2019

Hal tersebut diwujudkan dengan menyediakan saluran kepada para tech-enthusiast, talenta digital, dan penggiat industri kreatif digital untuk mengambil ilmu dan berkolaborasi bersama pemain kunci di bidang digital dan konten. Maka dari itu, konferensi ini menghadirkan sejumlah sesi yang membahas berbagai topik spesifik, mulai dari edukasi daring, strategi persaingan di tingkat global, industri streaming video, hingga akselerasi startup.

Sesi-sesi tersebut pun diisi oleh pembicara terkemuka dan kompeten di bidangnya masing-masing, seperti Andy F Noya (Co-Founder BenihBaik & TV Host), Tomy Yunus (Founder Cakap), Nucha Bachri (Co-Founder Parentalk ID) yang membahas topik Educate to Empower : Working For Quality and Equality.

Kemudian ada sesi diskusi yang membahas The NextDev Journey diantara para mentor yang terlibat dalam program The NextDev yaitu Hadi Sucipto (The NextDev Project Leader), Alamanda Shantika (CEO & Founder Binar Academy), Dian Onno (Social Innovation Evangelist), Ariff Kamal (Co-Founder Think Digital Academy).

Sesi-sesi lainnya turut diramaikan oleh Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Rossa (Musisi) sampai Arie Kriting (sineas). Selain itu, turut hadir juga figur-figur inspiratif seperti Setyanto Hantoro (Direktur Utama Telkomsel) dan Wishnutama (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang memberikan pesan-pesan penting bagi para pelaku industri kreatif digital di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, “Apresiasi kepada Telkomsel yang terus konsisten berkontibusi dalam membangun ekosistem digital di Indonesia melalui program The NextDev, hal ini dapat kita jadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital, dimana setiap inovasi digital yang diciptakan harus mendapatkan perlindungan, kesempatan dan dukungan agar mampu terus bersaing baik secara lokal maupun global”.

Wishnutama pun menyebutkan bahwa “Kita harus terus bantu talenta digital muda untuk berperan aktif dalam memperkuat ekosistem ekonomi kreatif digital, yang tentunya akan menjadi nilai tambah yang sangat besar bagi sektor pariwisata di Indonesia.”

Tidak ketinggalan, The NextDev Summit 2020 turut menjadi ajang pitching sekaligus pengumuman pemenang dari The Future of Content, kompetisi yang ditujukan untuk memunculkan lebih banyak ide dan inovasi baru di Indonesia, khususnya yang mampu mengakselerasikan kemampuan masyarakat dalam beradaptasi di tengah kenormalan baru secara berkelanjutan.

Pada babak penjurian, terdapat sepuluh ide terpilih yang telah melewati proses kurasi dari berbagai gagasan yang telah didaftarkan di awal November 2020. Dari sepuluh ide tersebut, terpilih lagi tiga ide terbaik yang meliputi Digiflux, QATA, dan Pathway.

Penjabaran singkat mengenai ketiga ide terbaik tersebut antara lain: Digiflux merupakan smart influencer marketing platform yang menawarkan solusi dalam pemilihan atau merekomendasikan influencer yang tepat sesuai dengan produk dari pemilik brand owner yang pembayarannya dilakukan sesuai dengan performa postingan serta live report datanya.

QATA merupakan sebuah platform yang membantu UMKM untuk membuat template copy writing dengan fitur Drag and Drop dan layout siap pakai yang menjadi solusi praktis digital branding tanpa mengeluarkan marketing fee. Sedangkan Pathway merupakan sebuah platform yang membantu para content creator untuk menemukan ide konten dan membantu meningkatkan jumlah viewsdan like khususnya pada platform Instagram.

Telkomsel berharap The NextDev Summit 2020 kali ini memberikan pengalaman yang berbeda dengan edisi tahun sebelumnya.

Selain digelar secara daring sepenuhnya, konferensi ini juga hadir di Jakarta Content Week yang mengumpulkan para penggiat industri kreatif di berbagai bidang, sehingga dapat memperluas dampak sosial positif The NextDev yang terus berkembang sejak diinisiasi pada 2015, mulai dari memberdayakan early-stage startup hingga kini berkontribusi dalam memberikan wadah inklusif bagi pelaku industri kreatif digital.

Ke depan, Telkomsel berharap The NextDev Summit akan kembali hadir demi memberikan dampak sosial positif yang lebih besar. (Icha)

 

Nokia 6300 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Nokia 6300 4G bertumpu pada Snapdragon 210, 512 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 0.3 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 13 ini dibekali sistem operasi KaiOS dan layar berukuran 2.4″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Nokia memang belum secara resmi merilis harga Nokia 6300 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Nokia Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Light Charcoal, White, Cyan Green) dan memiliki body berdimensi 131.4 x 53 x 13.7 mm (5.17 x 2.09 x 0.54 in) dengan berat 104.7 g (3.70 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Nokia 6300 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 210 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 dan prosesor grafis / GPU Adreno 304. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 512 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 4GB 512MB RAM storage, microSDHC slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 2.4″ Inch dengan jenis TFT, 16M colors. Resolusi layarnya 240×320 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Nokia 6300 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB, GPS(Yes, with A-GPS), Yes, hotspot, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti , .

Kamera Nokia 6300 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Nokia 6300 4G :

  • VGA.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 0.3 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor No yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Nokia 8000 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Nokia 8000 4G bertumpu pada Snapdragon 210, 512 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 2 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 13 ini dibekali sistem operasi KaiOS dan layar berukuran 2.8″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Nokia memang belum secara resmi merilis harga Nokia 8000 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Nokia Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Onyx/Black, Opal/White, Topaz/Blue, Cintrine/Gold) dan memiliki body berdimensi 132.2 x 56.5 x 12.3 mm (5.20 x 2.22 x 0.48 in) dengan berat 110.2 g (3.88 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Nokia 8000 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 210 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 dan prosesor grafis / GPU Adreno 304. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 512 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 4GB 512MB RAM storage, microSDHC slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 2.8″ Inch dengan jenis TFT, 16M colors. Resolusi layarnya 240×320 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Nokia 8000 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB, GPS(Yes, with A-GPS), Yes, hotspot, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti , .

Kamera Nokia 8000 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Nokia 8000 4G :

  • 2 MP.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 2 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor No yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

XL Axiata Gandeng Solace Demi Maksimalkan Aplikasi MyXL

0

Telko.id – XL Axiata gandeng Solace guna memaksimalkan aplikasi MyXL sebagai bagian dari pelaksanaan program transformasi digital. Melalui aplikasi MyXL, XL Axiata ingin meningkatkan interaksi yang lebih baik dengan setiap pelanggannya. Dalam hal ini, Solace menyediakan teknologi event broker untuk mendukung penyediaan real-time data flow.

” Kami terus berupaya untuk mengikuti perkembangan dengan menyediakan berbagai layanan dan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggan. XL Axiata gandeng Solace untuk membantu aplikasi MyXL dalam memenuhi tingkat permintaan di masa mendatang sehingga lebih mudah terhubung dengan sistem dan mitra yang baru. Solace juga mendukung kami dalam ketersediaan layanan-layanan baru seperti 5G, teknologi jaringan yang segera menghadirkan berbagai aplikasi generasi baru bagi para pelanggan,” ungkap Yessie D Yosetya, Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata.

Menurut Yessie, Indonesia termasuk negara dengan jumlah pengguna Internet yang terbanyak di dunia. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat pesat, demikian pula dengan peningkatan trafiknya. XL Axiata berharap mampu memanfaatkan momentum tersebut dengan menciptakan peluang bisnis baru dengan memaksimalkan aplikasi MyXL.

“Visi kami adalah membantu para klien agar mereka terus meningkatkan portofolio layanannya dengan mengandalkan real-time data. Kami gembira bisa mendukung salah satu penyedia layanan telekomunikasi yang terkemuka di Indonesia dalam transformasi digital mereka,” jelas Kent Nash, General Manager, Timur Tengah, Asia Pasifik & Jepang, Solace.

Penggunaan teknologi event broker dari Solace mendukung penyediaan real-time data flow antara aplikasi seluler dan microservice XL Axiata. Teknologi tersebut memungkinkan XL Axiata mampu menghadirkan aplikasi myXL yang lebih baik, responsif, dan memiliki fitur yang komplit.

Pada akhirnya, aplikasi tersebut juga akan bisa menghadirkan berbagai pengalaman baru untuk pelanggan XL Axiata lewat kerja sama yang terjalin dengan pihak restoran, hotel, dan lain-lain.

Sebelum menerapkan event broker technology dari Solace, aplikasi MyXL memiliki arsitektur service-oriented. Namun, XL Axiata harus mengevaluasi kembali infrastruktur TI-nya agar dapat melayani lonjakan volume konsumsi data yang terjadi karena besarnya minat pelanggan dan masyarakat terhadap video daring dan media sosial, juga karena harga paket internet yang lebih terjangkau.

Dengan menerapkan arsitektur event-driven, XL Axiata terbantu dalam menangani semua data transaksi yang terkait dengan layanan data, lalu mendistribusikannya ke sejumlah sistem yang relevan lewat satu platform terpusat.

Dengan sistem cloud-friendly yang mengintegrasikan berbagai sistem dan cloud, XL Axiata kini lebih mudah terhubung dengan mitra-mitranya, serta memodernisasi infrastruktur analisisnya supaya menjadi lebih real-time. Hasilnya, pengalaman pelanggan yang lebih tepat sasaran dan personal dapat terwujud.

Kent Nash menambahkan, XL Axiata kini dapat menghadirkan layanan data yang lebih baik bagi para pelanggan Indonesia. Kemitraan bersama XL Axiata menjadi pencapaian baru Solace di Asia Pasifik, dan pihaknya ingin terus mendukung lebih banyak perusahaan yang ingin mewujudkan real-time responsiveness. (Icha)

 

 

 

 

Pengguna Internet Indonesia Kini Mencapai Capai 196,7

0

Telko.id -Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan hasil survei pengguna internet di Indonesia periode 2019-kuartal II 2020. Hasilnya, jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun ini naik menjadi 73,7 persen dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna.

Jamalul Izza, Ketua Umum APJII, menjelaskan kenaikan jumlah penggguna itu antara lain disebabkan beberapa faktor, seperti infrastruktur internet cepat atau broadband di Indonesia semakin merata dengan adanya Palapa Ring, transformasi digital semakin masif akibat pembelajaran online dan kebijakan bekerja dari rumah (work form home) akibat pandemi Covid-10 sejak Maret lalu.

“Kenaikan itu juga didorong program-program APJII seperti Desa Internet Mandiri yang didukung oleh sekitar 500 anggota Asosiasi,” ujar Jamal.

Paparan hasil survei ini juga dihadiri para undangan termasuk ketua Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pengguna Internet Indonesia
Hasil Survei APJII 2019 – 2020 (Q2)

Secara umum, hasil survei APJII yang bekerja sama dengan Indonesia Survey Center (ISC) ini menyebutkan, jumlah pengguna internet per kuartal II tahun ini mencapai 73,7 persen dari populasi Indonesia. Jumlah ini setara 196,7 juta pengguna internet dengan populasi RI 266,9 juta berdasarkan data BPS.

“Survei ini menggambarkan ada kenaikan jumlah pengguna internet Indonesia sebesar 8,9 persen atau setara 25,5 juta pengguna di medio tahun ini,” ujar Jamal.

Pengguna di Pulau Jawa masih berkontribusi terbesar terhadap kenaikan jumlah pengguna internet tersebut, yakni 56, 4 persen. Pengguna internet terbesar kedua berasal dari Pulau Sumatera dengan 22,1 persen. Disusul Pulau Sulawesi 7 persen, Kalimantan (6,3 persen), Bali-Nusa Tenggara (5,2 persen), dan Maluku-Papua (3 persen).

“Kontribusi pengguna yang tinggal di Pulau Jawa naik menjadi 56,4 persen dari 55,7 persen di tahun sebelumnya. Karena pembangunan infrastruktur internet di Jawa terus berkembang sehingga penggunanya juga bertumbuh,” ujarnya.

Yang menarik di survei tahun ini, data penetrasi internet di ibukota provinsi. Beberapa ibukota provinsi memiliki penetrasi internet lebih tinggi dibandingkan penetrasi provinsi bahkan nasional yang rerata 73,7 persen. Misalnya, DKI Jakarta 85 persen; Bandung 82,5 persen; dan Surabaya 83 persen. Bahkan Serang di Banten jumlah penetrasi tembus 100 persen.

“Ini data baru, penetrasi internet di ibukota provinsi kami buat pada tahun ini untuk mendukung 14 pengurus wilayah APJII di Indonesia. Harapannya, hasil ini bisa dipresentasikan oleh pengurus wilayah APJII ke pimpinan daerah masing-masing baik gubernur maupun walikota. Pada tahun depan, kami akan menghitung data penetrasi di ibukota kabupaten,” ucapnya.

Perilaku Pengguna Internet

Selain soal jumlah dan penetrasi, hasil survei APJII juga menyoroti perilaku pengguna internet terutama efek pandemi Covid-19. Mayoritas pengguna mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari. Kemudian ada pergeseran perilaku pengguna selama pandemi, antara lain dari konten media online yang diakses pengguna.

“Tahun ini mayoritas konten media online yang diakses pengguna adalah konten pendidikan dan laman sekolah, karena kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi,” kata Jamal.

Sementara konten hiburan yang banyak diakses adalah video online (49,3 persen), game online (16,5 persen), dan musik online (15,3 persen).

Sejatinya, ada lima alasan utama mereka mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, game online, dan belanja online. Produk fashion dan kecantikan, produk rumah tangga, dan produk elektronika adalah tiga produk yang banyak dibeli pengguna saat belanja online.

Sementara marketplace favorit pengguna adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak. Sebanyak 68,7 persen merasa aman bertransaksi internet. Platform media sosial favorit pengguna adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

“Sebanyak 61 persen responsen sering mengakses YouTube untuk menonton konten film, musik, dan olahraga,” ujar Jamal.

Aplikasi percakapan WhatsApp (WA) banyak digunakan melebihi Line dan FB Messeger, termasuk untuk video call. Aplikasi fintech, mobile banking, dan internet banking adalah tiga layanan keuangan utama yang diakses pengguna internet Indonesia.

Soal perangkat, smartphone adalah perangkat favorit pengguna internet di Indonesia. Jumlahnya mencapai 95,4 persen. Sementara dari laptop/tablet hanya 19,7 persen dan komputer PC 9,5 persen.

“Sebanyak 97,1 persen mengakses internet dengan membeli paket data dari operator seluler. Ini tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan penetrasi fixed broadband ke depan. Untuk itu, APJII siap bekerja sama dengan para pihak terkait,” katanya.

Sisanya, mengakses internet mengunakana internet di rumah atau kantor, atau akses Wi-Fi restoran/kafe/ruang publik.

Survei APJII juga menyasar internet di rumah. Hasilnya, mayoritas pengguna tidak berlangganan internet tetap di rumah. Yang berlangganan tetap di rumah masih rendah, hanya 14,5 persen dari total responden. Dari jumlah itu, 7 persen berlangganan internet via kabel dan 7,5 persen wireless.

Indihome dan Firstmedia menjadi operator internet tetap favorit responden, disusul  CBN dan Biznet. Rata-rata menginginkan kecepatan internet 10-20 Mbps. Sementara biaya pengeluaran internet rumah rata-rata 300-400 ribu rupiah per bulan.

Metode Survei

Jamal menjelaskan soal waktu survei tahun ini memang lebih mundur dari survei-survei APJII di tahun sebelumnya. Biasanya kami melakukan survei dengan melakukan wawancara responden pada kuartal I di tahun berjalan. Namun, karena tahun ini ada pandemi,  wawancara tidak bisa dilakukan di kuartal I karena ada kesulitan perizinan dan pembatasan sosial.

Metode survei tahun ini menggunakan teknik sampling seperti probability sampling, multistage random sampling, dan varian area random sampling. Jumlah sampel mencapai 7.000 responden dengan margin of error 1,27 persen dan level of confidence 95 persen.

“Karena itu wawancara dengan bantuan kuesioner dilakukan di kuartal II, pada 2-25 Juni, sehingga hasil survei ini dapat menggambarkan pengguna intenet di pertengahan 2020,” pungkas Jamal.

Sebanyak 7.000 sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan 49 persen berjenis laki-laki dan 51 persen perempuan.  Tingkat pendidikan responden mulai SMP/sederajat dan memiliki pengeluaran kurang dari Rp 1,8 juta per bulan.  (Icha)

 

Zenius Telkomsel Scholarship Test Berikan Beasiswa Total Rp.3 Miliar

0

Telko.id – Zenius dan Telkomsel mengumumkan 96 peraih skor tertinggi dari program beasiswa Zenius Telkomsel Scholarship Test (ZTST). Mereka mengungguli lebih dari 15,000 peserta lain dari Banda Aceh hingga Timika,yang merupakan pelajar SMA dalam proses seleksi yang dimulai pada Oktober lalu.

Masing-masing pemenang berhak menerima beasiswa uang tunai berupa saldo LinkAja, pulsa dari Telkomsel, dan paket belajar Zenius. Total beasiswa dari program iZenius Telkomsel Scholarship Test ni sebesar Rp.3 miliar.

“Antusiasme tinggi yang ditunjukkan oleh para peserta Zenius Telkomsel Scholarship Test inilah yang mendorong Zenius untuk giat melahirkan inovasi teknologi di bidang pendidikan. Ke depannya, kami akan terus memberikan pengalaman belajar terbaik dan menyelenggarakan acara-acara menarik lainnya untuk pelajar di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer Zenius Rohan Monga.

Zenius sendiri menurut Rohan memiliki misi untuk membawa kompetensi Indonesia ke level dunia, dan berkolaborasi dengan mitra seperti Telkomsel yang berkomitmen dalam pengembangan Indonesia sudah terbukti suportif. Bersama-sama, kami mampu menjangkau dan membantu lebih banyak lagi pelajar untuk bergerak maju melalui pendidikan

Setelah sukses berkolaborasi melalui Ilmupedia dan ZTST, Zenius dan Telkomsel dengan bangga mengumumkan peluncuran kemitraan distribusi secara eksklusif. Melalui program bersama ini, seluruh pengguna Telkomsel bisa mengakses paket belajar Zenius dengan potongan harga spesial hingga 15% tanpa biaya dan syarat tambahan.

Baik Zenius dan Telkomsel berharap kolaborasi yang terus bertumbuh ini bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan mendesak dari siswa dan orang tua dalam mengakses konten belajar tambahan yang berkualitas.

“Kami merasa bangga bisa melihat kegigihan dan kerja keras siswa-siswi Indonesia selama program ini berjalan. Kami harap semua peserta mendapatkan pengalaman yang berharga,” tutur Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel.

Adhi menambahkan bahwa “Program tersebut sejalan dengan komitmen kami sebagai leading digital telco companydi Indonesia, Telkomsel akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki tujuan yang sama seperti Zenius untuk membawa Indonesia maju dan menghadirkan manfaat teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat. Semoga upaya bersama ini bisa membantu mempercepat kemajuan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah.”

Untuk secara resmi menutup ZTST, Zenius dan Telkomsel mengundang seluruh peraih beasiswa untuk menghadiri acara penganugerahan hadiah secara daring. Para pelajar berkesempatan merayakan momen ini bersama perwakilan dari Zenius dan Telkomsel serta kesempatan untuk berinteraksi secara virtual dengan Jerome Polin dan Miracle Sitompul. Representatif dari Zenius dan Telkomsel juga hadir di acara ini untuk membagikan visi mereka akan masa depan pendidikan Indonesia. (Icha)

Telkomsel Berikan Bebas Akses ke Lazada Pada 11.11 dan 12.12

0

Telko.id – Telkomsel berikan bebas akses ke Lazada pada 11.11 dan 12.12. Ini merupakan hasil kolaborasi antara Telkomsel dan lazada. Kolaborasi tersebut turut melibatkan produk terbaru Telkomsel yang dikhususkan bagi pelanggan pascabayar, yaitu Paket Halo Unlimited.

“Kami menyambut baik kolaborasi dengan Lazada sebagai upaya untuk senantiasa memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati produk dan layanan dari Telkomsel. Kami harap, kolaborasi ini juga mampu menumbuhkan adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat,” ungkap Bernadus Wahyu Wijayanto,Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and Interconnect Telkomsel.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan, “Penetrasi gaya hidup digital juga terefleksi dari peningkatan konsumen yang berbelanja online di platform Lazada, yang menegaskan bagaimana masyarakat Indonesia sudah semakin melek digital. Sebagai perusahaan yang memang berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, kami senang bisa menjalin kerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang ingin berbelanja secara daring.”

Sebagai mitra eksklusif dari Festival Belanja Akhir Tahun Lazada 11.11 dan 12.12, Telkomsel telah menyiapkan berbagai penawaran khusus bagi pelanggan pascabayar Telkomsel melalui Paket Halo Unlimited.

Salah satunya, Telkomsel berikan bebas akses ke Lazada bagi para pelanggannya dengan menggunakan Paket Halo Unlimited, sehingga tidak usah khawatir kehabisan kuota ketika sedang mencari barang-barang idaman. Kemudian, Telkomsel akan memberikan bonus kuota total 45 GB yang bisa dipakai di seluruh jaringan serta diskon langsung hingga Rp3 juta untuk setiap pembelian produk kartuHalo di laman LazMall dari Selular Shop.

“Dengan fasilitas bebas akses ke Lazada yang akan didapatkan pelanggan Paket Halo Unlimited, pelanggan tidak hanya akan mendapatkan pengalaman berbelanja tanpa batas, namun juga kemudahan untuk mengakses fitur interaksi dan hiburan (shoppertainment) yang ada dalam aplikasi Lazada, seperti livestreaming dan gamifikasi,” tambah Monika.

Semua fitur pun bebas diakses pelanggan untuk dapatkan pengalaman belanja dan hiburan yang unik di Lazada dengan Paket Halo Unlimited, termasuk saat Festival Belanja 11.11 dan 12.12 nanti.

Selain itu, Lazada juga akan memberikan puluhan ribu voucher belanja sebagai keuntungan tambahan dari penawaran yang diberikan Telkomsel melalui Paket Halo Unlimited. Puncaknya, pada 11 November (11.11) dan 12 Desember (12.12) 2020, Telkomsel akan menyediakan Paket Halo Unlimited Spesial dengan segala keuntungan di dalamnya seharga Rp11 dengan masa aktif selama tiga bulan. Penawaran tersebut berlaku bagi sebelas pelanggan pertama yang melakukan transaksi pembelian.

Paket Halo Unlimited sendiri merupakan paket data terbaru untuk pelanggan kartuHalo yang sudah tersedia mulai 28 Oktober 2020. Dengan harga mulai dari Rp100.000, pelanggan pascabayar Telkomsel dapat menikmati kuota data hingga 150 GB, kuota telepon hingga 1.000 menit, kuota SMS hingga 2.000 SMS, kuota roaming internasional hingga 500MB, serta paket berlangganan berbagai layanan video on-demand.

Selain itu, Paket Halo Unlimited juga memberikan akses tanpa batas untuk seluruh aplikasi yang terdaftar di MAXstream, GamesMAX, MusicMAX, serta berbagai aplikasi pesan instan seperti LINE dan WhatsApp serta e-commerce terpopuler salah satunya Lazada. (Icha)

 

 

 

MediaTek Targetkan Kirim 500 Juta Chipset 5G Pada Tahun 2021

0

Telko.id – MediaTek, pembuat chipset seluler Taiwan, mengharapkan dapat mengirimkan sebanyak 500 juta chipset generasi kelima atau berkemampuan 5G pada tahun 2021, dan mengatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kepercayaan diri untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Rick Tsai, CEO MediaTek dalam acara MediaTek Summit yang berlangsung secara virtual, Selasa (10/11/2020).

“Pada tahun depan kami yakin pasar 5G akan menjadi dua kali lipat dari tahun ini, dan kami mengharapkan 500 juta unit MediaTek Chipset 5G akan dikirim pada 2021,” ungkap Tsai.

MediaTek Chipset 5G
Rick Tsai, CEO MediaTek dalam acara MediaTek Summit yang berlangsung secara virtual, Selasa (10/11/2020)

Ia juga menyebutkan bahwa perusahaan sedang bullish di pasar 5G dengan peluang luar biasa bagi pelanggannya. Pada tahun ini saja, perusahaanya sudah mengirimkan 200 juta perangkat berkemampuan chip 5G. Bukan hanya untuk smartphone, tetapi juga perangkat lainnya, termasuk IoT.

MediaTek yang bersaing ketat dengan saingannya yang berbasis di AS, Qualcomm, merasa bahwa hal itu akan berubah di tahun mendatang dengan fokus agresif pada teknologi generasi berikutnya.

Perusahaan yang berkantor pusat di Hsinchu ini telah mengalokasikan $ 2,5 miliar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahun 2020 dan memiliki kemitraan aktif dengan pembuat peralatan asli Tiongkok utama seperti Oppo, Redmi, Vivo, Huawei, dan ZTE.

“MediaTek dapat berpartisipasi dalam fase awal 5G, dan kami bernasib baik pada tahun 2020 dan memiliki kepercayaan diri untuk melakukannya dengan baik pada tahun 2021,” kata eksekutif puncak perusahaan.

Pangsa pasar Qualcomm berdiri di 29%, turun dari 33% tahun lalu, sementara MediaTek memiliki 26% dari pai pasar pada Q2 2020, Counterpoint.

Menyusul lonjakan di pasar smartphone kelas menengah, perusahaan chipset Taiwan telah tumbuh dengan mantap di belakang chip Dimensity andalannya yang memungkinkan membuat 5G lebih terjangkau.

Tsai mengatakan bahwa perusahaan optimis untuk meraih ‘pangsa pasar yang baik’ dan menawarkan berbagai chipset seluler mulai dari kelas atas hingga kelas menengah dan hingga pasar massal.

“Kami memiliki dasar yang kuat untuk bisnis yang tumbuh ke depan, dan memperluas bisnis ke pasar yang lebih tinggi dan baru,” kata David Ku, kepala keuangan di MediaTek.

Selain smartphone 5G yang hemat biaya, raksasa chipset itu juga mengandalkan Internet of Things (IoT) dan mengatakan telah menguji secara publik pengumpulan data satelit 5G dan IoT.

“Kami memiliki keterlibatan 5G dengan semua pembuat smartphone Android utama dan perusahaan sedang mengerjakan kartu data 5G, broadband 5G, telematika, dan IoT industri 5G,” tambah Ku.

Untuk tahun 2021, 5G memang menjadi target dari MediaTek. Bukan hanya untuk smartphone saja, perushaan chipset ini juga akan mengembangkan untuk PC Data card, 5G Broadband, Telematics dan 5G industrial IoT. (Icha)