spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 642

XL Axiata dan Tokopedia Terapkan Platform MCCM, Apa itu?

0

Telko.id – XL Axiata dan Tokopedia baru saja menerapkan platform MCCM atau Multi Channel Campaign Management. Keren nya, platform ini dapat memberikan penawaran produk berdasarkan profil setiap pelanggan. Tenang, penerapan teknologi inovatif ini tentu juga mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pribadi pelanggan.

“XL Axiata akan terus mencari peluang untuk bisa meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan inovasi pada teknologi terbaru, termasuk pada bidang penjualan. Kami sangat sadar benar, apabila pelanggan mendapatkan banyak kemudahan untuk mengakses produk-produk XL Axiata, termasuk bagaimana bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya, maka pada akhirnya akan bisa meningkatkan penjualan,” ungkap Octavia Kurniawan, Chief Sales Officer XL Axiata.

Octavia melanjutkan, XL Axiata menjadi operator pertama yang menerapkan platform MCCM di saluran e-commerce, bekerja sama dengan Tokopedia. Karena itu ini merupakan satu terobosan di Industri Telekomunikasi dari sisi marketing. Lebih jauh lagi, XL Axiata juga berharap penerapan platform inovatif yang berkolaborasi dengan Tokopedia, perusahaan teknologi buatan Indonesia, juga akan menjadi salah satu solusi di masa yang sangat menantang selama pandemi ini.

Platform MCCM

Platform MCCM akan memungkinkan setiap pelanggan XL Axiata mendapatkan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhannya di Tokopedia. Tidak hanya itu, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan promo-promo menarik dari segi harga dan juga disesuaikan dengan kebutuhannya.

Platform ini juga mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan berdasarkan data pemakaian atas produk layanan XL Axiata. Karena itu pula, system inovatif tersebut mampu membedakan kebutuhan setiap pelanggan yang berbeda satu sama lain. Pada penjualan biasa, bahkan jika ada promo, pelanggan belum tentu mendapatkan produk promo yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Product Senior Lead Tokopedia, Yosep Susanto, mengungkapkan, “Kolaborasi antara Tokopedia dengan XL Axiata sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk digital XL Axiata, termasuk pulsa dan paket data, lewat pemanfaatan teknologi yang lebih terpersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.”

Di era serba digital yang juga sarat dengan kompetisi antar penyedia layanan yang sama, suatu solusi yang bisa menghadirkan kemudahan bagi pelanggan akan bisa membawa dampak besar. Apalagi, masyarakat Indonesia juga semakin terbiasa dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh dunia digital. Karena itu, sebisa mungkin XL Axiata akan terus menyesuaikan diri dengan memberikan beragam kemudahan dan inovasi menarik untuk pelanggan.

Untuk mendapatkan penawaran-penawaran spesial melalui Tokopedia, pelanggan cukup membuka halaman pembelian paket data yang ada di Tokopedia, maka secara otomatis penawaran produk promo yang sesuai utk MSISDN pelanggan akan muncul di halaman paket data tersebut. Pelanggan cukup memilih promo tersebut dan melakukan check out/pembayaran. (Icha)

 

 

 

Demi Memuluskan 5G, 3 Indonesia Lakukan Transformasi Jaringan

0

Telko.id – 3 Indonesia melakukan transformasi jaringan untuk memuluskan penerapan  layanan 5G nya. Salah satu yang dilakukan adalah mengimplementasikan jaringan transport IP Cerdas berbasis Segment Routing IPv6 (SRv6).

Langkah uji coba jaringan tersebut sudah dilakukan sejak Juni 2020 hingga Oktober 2020 lalu di area Jawa Tengah. Hal ini menjadikan 3 Indonesia provider pertama yang telah berhasil melakukan uji coba SRv6 di Indonesia.

SRv6 bekerja menyederhanakan protokol jaringan, melakukan otomatisasi penyediaan dan pengoptimalan layanan jaringan, serta meningkatkan keandalan jaringan. SRv6 mengubah jaringan transport IP 3 Indonesia menjadi jaringan cerdas yang memberikan layanan ultra-broadband dengan kualitas yang terjamin untukberikanpengalaman lebih baik.

Bagi 3 Indonesia transformasi jaringan yang andal ini sangat penting untuk memenuhi layanan 5G seperti Ultra-Reliable Low-Latency Communication (URLLC). Dalam transformasi jaringan untuk 5G, 3 Indonesia telah memulai rekayasa ulang jaringan transport sejak tahun 2019.

Baca Juga : 3 Indonesia Gunakan Teknologi NBA Dari NTT DOCOMO, Untuk Apa?

Transformasi jaringan transport tersebut meningkatkan kapasitas jaringan dan mengurangi latensi sehingga pelanggan 3 Indonesia dapat mengakses internet lebih cepat termasuk memainkan mobile game dengan lebih responsif.

Untuk pengguna, teknologi ini juga bisa memberikan pengalaman bermain mobile game dengan lancar, tidak hanya kecepatan jaringan namun jaringan dengan latensi rendah merupakan hal yang sangatpenting dalam kenyamanan bermain mobile game. Fungsi routing cerdas SRv6 memungkinkan jaringan 3 Indonesia secara otomatis melakukan optimasi berdasarkan dinamika perubahan kondisi jaringan sehingga akan selalu mencapai latensi yang rendah.

Transformasi Jaringan
Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia

“Kami memiliki misi berkelanjutan untuk selalu meningkatkan kualitas jaringan dan selalu menerapkan inovasi teknologi terkini. Fase uji coba sudah berhasil kami lalui, sehingga teknologi SRv6siap kami terapkan untuk mendukung penerapan 5G kedepan. SRv6 mentransformasi jaringan transport IP kami menjadi jaringan dengan kemampuan yang lebih baik, yang memungkinkan kami memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, serta memenuhi kebutuhan layanan 5G ke depan,” kata Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia.

Melayani lebih dari 200 juta pelanggan, jaringan 3 Indonesia kini sudah mencakup lebih dari 300 kabupaten, 3.000 kecamatan, dan 35.000 desa di seluruh Indonesia. 3 Indonesia terus berinovasi dalam menyediakan produk dan layanan inovatif melalui jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat. (Icha)

 

 

Telkomsel Investasi Di Gojek Sebesar USD 150 juta, Untuk Apa?

0

Telko.id – Baru saja Telkomsel mengumumkan bahwa, operator ini melakukan investasi di Gojek sebesar USD 150 juta atau sekitar 2.1 triliun Rupiah. Alasannya, investasi ini akan mendukung kedua perusahaan untuk bersinergi dalam mengakselerasi transformasi digital di tanah air. Lalu juga untukmemperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara, sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan.

Dalam kolaborasi ini, Gojek dan Telkomsel akan bersama memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Telkomsel investasi di Gojek ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018. Kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat  Indonesia di seluruh nusantara.

Sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.

Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk. Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.

Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerjasama dalam bidang pemberdayaan talenta melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek Group mengatakan, “Kami sangat bangga bisa memperluas kolaborasi strategis dengan Telkomsel sebagai pemain terbesar di industri telekomunikasi. Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital.”

“Ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada, ekonomi digital Indonesia bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog).”

“Gojek selalu terinspirasi oleh para pemimpin industri teknologi kebanggaan Indonesia seperti Telkomsel. Investasi yang dilakukan Telkomsel menunjukkan adanya kepercayaan mendalam pada model bisnis platform Gojek, jangkauan luas ekosistem kami serta dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia. Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan,” ungkap Andre.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, “Kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak yaitu untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Kami sangat bangga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan platform kebanggaan anak bangsa yang terus memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia, pada setiap aspek kehidupan sehari-hari. ”

“Kami percaya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistemnya yang luas juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, walaupun di saat kita masih menghadapi situasi penuh tantangan di tengah pandemi. Semangat kolaborasi, akan terus menjadi fondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” jelas Setyanto.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah lebih lanjut menegaskan, “Sebagai induk perusahaan Telkomsel, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel. Kami meyakini kolaborasi dengan Gojek ini akan memberikan potensi nilai tambah yang besar jika dilakukan dengan Telkomsel, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan TelkomGroup untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.”

“Kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi TelkomGroup untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis TelkomGroup dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia,” pungkas Ririek.

Aksi korporasi ini juga merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital, yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Telkomsel meyakini kerja sama dengan Gojek ini juga akan melengkapi strategi transformasi Telkomsel dalam mengembangkan bisnis layanan digital, selain memperkuat kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, khususnya para talenta digital.(Icha)

Oppo Ungkap 3 Produk Konsep Dalam INNO Day 2020

0

Telko.id – Oppo baru saja mengumumkan 3 produk konsep dalam INNO Day 2020. Ketiga nya mempertunjukkan kemungkinan baru dari interaksi manusia dengan teknologi dan eksplorasi teknologi masa depan.

Semua produk konsep yang dipamerkan dalam INNO Day 2020 ini masih merupakan bentuk konsep yang akan dikembangkan lagi menjadi produk final sehingga belum memiliki harga, spesifikasi pasti dan jadwal peluncurannya. Namun, Oppo memiliki komitment untuk berupaya melakukan pengembangan dan penyempurnaan produk konsep untuk menjadi produk Nyata.

Oppo AR Glass 2021

Konsep Produk

Produk konsep Oppo ini mewujudkan “lompatan” dalam penjelajahan Oppo pada dunia digital. Mengadopsi sebuah desain split baru, OPPO AR Glass 2021 dapat menyajikan bentuk yang sangat kompak dan sangat ringan. Perangkat ini hampir 75% lebih ringan dari pendahulunya. Untuk komponen inti, Oppo AR Glass 2021 dibangun dengan solusi optik Birdbath yang meningkatkan pengalaman secara imersif.

Selain itu, Oppo AR Glass 2021 menghadirkan beragam sensor, di antaranya stereo fisheye camera, satu sensor Time-of-Flight (ToF), dan satu kamera RGB. Oppo AR Glass 2021 tidak hanya mendukung sejumlah interaksi alami, namun juga interaksi melalui perangkat smartphone, interaksi berbasis gerakan, dan lokalisasi spasial.

Oppo AR Glass 2021 dapat menyelesaikan penghitungan lokalisasi spasial tiga dimensi dalam satuan milidetik, untuk mencapai lokalisasi yang tepat dan menawarkan pengalaman spasial yang nyata dan alami kepada pengguna. Interaksi pada dunia AR (augmented reality) atau realitas berimbuh dapat dikembangkan melalui pembaruan berkelanjutan dan umpan balik dari posisi real-timepengguna.

Oppo CybeReal AR

Strategi Oppo

Oppo CyberReal AR ini merupakan aplikasi Augmented Reality (AR) yang membangun sebuah dunia digital berdasarkan dunia fisik (Nyata). Didukung oleh teknologi kalkulasi spasial secara real-timeyang memungkinkan lokalisasi presisi tinggi dan scene recognition, dan didukung oleh tiga teknologi inti Oppo, secara tepat merekonstruksi dunia dalam satuan sentimeter (cm) yang akurat, lokalisasi presisi tinggi secara real-time, dan Oppo Cloud.

Oppo CyberReal AR merupakan perpaduan komplek dari teknologi penginderaan. Untuk menentukan suatu posisi, akan memanfaatkan status gabungan antara IMU (inertial Measurement Unit), GPS, WiFi, Bluetooth, dan informasi jaringan. Kamera dan algortima SLAM (Simultaneous, Localization dan Mapping) kemudian digunakan untuk mencapai lokasi special yang lebih akurat.

Terakhir, melalui pembelajaran semantik, kecerdasaran buatan memungkinkan ponsel cerdas dengan CyberReal memahami apa yang dilihat. Teknologi lokasi presisi tinggi secara real time memungkinkan pemosisian yang lebih tepat ketimbang sebuah peta navigasi.

OPPO X 2021

Konsep Produk

Perangkat ini mengusung Konsep perangkat layar gulung. Produk konsep ini merupakan pencapaian terbaru dari Research and Development (R&D) Oppo dalam tampilan layar fleksibel melalui susunan struktural yang akan memberikan pengalaman interaktif alami kepada pengguna.

Konsep perangkat ini menampilkan tiga teknologi hak milik Oppo, termasuk di dalamnya Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track, yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Oppo. Perangkat ini memimpin inovasi dengan kehadiran continuously variable OLED display yang dapat memiliki ukuran layar terkecil 6,7 inci dan ukuran layar terbesar 7,4 inci, memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan. (Icha)

Strategi Oppo Dalam Pengembangan Menganut 3 + N + X, Apa itu?

0

Telko.id – Strategi Oppo dalam mengembangkan produk nya menganut 3 + N + X. Hal tersebut disampaikan nya dalam INNO DAY 2020 yang dilakukan secara virtual. Event ini memang sebuah ajang pamer produk masa depan bagi Oppo dan kali ini Inno Day 2020 bertema “Leap into the Future” yang digelar di Shenzhen, China secara virtual.

“OPPO menggunakan teknologi untuk memberdayakan manusia dalam menangkap keindahan di sekitar mereka dan melepaskan imajinasi mereka tentang masa depan, dengan demikian dapat membantu setiap orang untuk mendapatkan hal terbaik dalam hidupnya. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menetapkan strategi pengembangan teknologi 3 + N + X dalam pengembangan jangka panjang OPPO,” tutur Tony Chen, Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Oppo dalam INNO DAY 2020 yang berlangsung Selasa (17/11/2020).

Menurut Tony, angka “3” itu mengacu pada tiga teknologi dasar, yakni perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi layanan, yang membantu OPPO menghadirkan kehidupan cerdas terintegrasi kepada penggunanya di seluruh dunia.

Sementara itu, “N” mewakili sejumlah kemampuan penting OPPO, termasuk di antaranya AI (artificial intelligence), keamanan dan privasi, multimedia, dan interkonektivitas.

Terakhir, “X”, mengacu pada teknologi diferensiasi terdepan serta sumber daya strategis seperti teknologi pengisian daya cepat yang mendorong inovasi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

“Memang sangat penting untuk membangun kemampuan teknis dalam pengembangan teknologi, akan tetapi bagi kami yang lebih penting lagi adalah mengintegrasikannya secara inovatif. OPPO percaya dalam pengembangan teknologi harus memberikan manfaat bagi pengguna, sementara semua kompleksitasnya adalah bagian kami,” ujar Levin Liu, Wakil Presiden OPPO dan Kepala OPPO Research Institute.

strategi pengembangan teknologi 3 + N + X tersebut, menurut Tony pun menjadi petunjuk bahwa OPPO bertekad untuk mengejar inovasi yang baik dan menciptakan lebih banyak produk hebat. OPPO juga percaya pada prinsip “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia” dengan tujuan utama inovasi perusahaan adalah manusia.

Dalam acara tersebut, OPPO juga memperkenalkan tiga produk konsep, yang mempertunjukkan kemungkinan baru dari interaksi manusia dengan teknologi dan eksplorasi teknologi masa depan.

Konsep perangkat layar gulung OPPO X 2021 adalah pencapaian terbaru dari Research and Development(R&D) OPPO dalam tampilan layar fleksibel melalui susunan struktural yang akan memberikan pengalaman interaktif alami kepada pengguna.

Konsep perangkat ini menampilkan tiga teknologi hak milik OPPO, termasuk di dalamnya Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track, yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh OPPO. (Icha)

Qualcomm Akhirnya Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei

0

Telko.id – Qualcomm Dapat Lisensi Pasok Chipset ke Huawei dari pemerintah AS, Jumat lalu, sehingga bisa menjual chip ponsel 4G nya. Sebuah kabar yang meggembirakan karena sejak tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS.

Karena pembatasan itu lah, tahun ini pasokan Chipset ke Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran smartphone andalan nya.

Tahun lalu, pemerintah AS menambahkan Huawei ke daftar Entitas dan membatasi perusahaan Amerika untuk memasok Huawei termasuk chipset berbasis teknologi AS. Karena batasan, tahun ini Huawei menghadapi kesulitan dan kekurangan chipset, yang menunda peluncuran andalannya.

“Kami menerima lisensi untuk sejumlah produk, yang mencakup beberapa produk 4G,” kata juru bicara Qualcomm kepada Reuters.

Sebagai infromasi, Qualcomm dan semua perusahaan semikonduktor Amerika lainnya terpaksa berhenti menjual ke perusahaan teknologi China pada September setelah pembatasan perdagangan AS diberlakukan.

Juru bicara tersebut menolak mengomentari produk 4G tertentu yang dapat dijual Qualcomm ke Huawei tetapi mengatakan itu terkait dengan perangkat seluler. Qualcomm memiliki aplikasi lisensi lain yang menunggu keputusan dengan pemerintah AS, katanya.

Di masa lalu Huawei adalah pelanggan chip yang relatif kecil untuk Qualcomm, yang merupakan pemasok chip ponsel terbesar. Huawei menggunakan chip yang dirancang sendiri di handset andalannya, tetapi menggunakan chip Qualcomm dalam model dengan harga lebih rendah.

Potensi Huawei untuk merancang chipnya sendiri digagalkan pada bulan September oleh pembatasan perdagangan AS yang memblokir aksesnya ke perangkat lunak desain chip dan alat fabrikasi. Analis industri percaya bahwa stok chip Huawei yang dibeli sebelum pelarangan bisa habis awal tahun depan, melumpuhkan bisnis smartphone-nya.

Namun, lisensi Qualcomm untuk pasok chipset ke Huawei akan memiliki “dampak terbatas” karena hanya mencakup chip 4G sementara konsumen beralih ke perangkat 5G yang lebih baru. Pun masih belum jelas apakah pejabat AS akan memberikan lisensi Qualcomm untuk chip smartphone 5G.

Perwakilan Huawei dan Departemen Perdagangan AS, yang memberikan lisensi, menolak berkomentar.

Perusahaan AS lainnya seperti Micron Technology Inc juga dihentikan penjualannya ke Huawei dan mengatakan mereka telah mengajukan permohonan lisensi. Intel Corp juga mengatakan memiliki lisensi untuk menjual ke Huawei.

Sebelumnya Intel mendapat izin untuk menjual chipsetnya, Samsung dan LG mendapat lisensi untuk menjual panel layar OLED ke Huawei. Selain itu, perusahaan pembuat chip memori termasuk SK Hynix dan MediaTek dari Korea Selatan meminta izin yang sama.

Sebelumnya, Chairman Huawei Guo Ping mengatakan bahwa Huawei bersedia menggunakan chip Qualcomm di smartphone-nya jika Qualcomm mendapat lisensi untuk mengizinkan penjualan chipsetnya.

Selain itu, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) juga telah mengajukan izin pembuatan chipset untuk Huawei dan ada kemungkinan TSMC akan segera mendapat izin.

Walau demikian, Huawei tidak berdiam diri. Huawei berniat memproduksi chipsetnya sendiri yang dimulai dengan teknologi 45nm tanpa komponen A.S.

Hal itu diungkapkan oleh Richard Yu, Executive Director, CEO Consumer Business Group Huawei baru-baru ini. Richard pun menyatakan bahwa Huawei akan berhenti mencetak desain chipset Kirin kelas atas setelah September. Sementara itu, perusahaan tampaknya memiliki rencana untuk memulai produksi chipsetnya sendiri, seperti dikutip dari Huawei Central.

Menurut keterangan rahasia dari Weibo, Huawei bekerja dengan beberapa perusahaan dan produsen material yang dibutuhkan dalam rantai pasokan industri semikonduktor untuk membangun jalur manufaktur semikonduktornya sendiri.

Perusahaan ini bertujuan untuk membangun pabrik chip untuk memproduksi chip sirkuit terintegrasi, dan pabrik pembuatan chip untuk mencetak desain semikonduktornya tanpa memerlukan peralatan dan komponen AS.

Saat ini, divisi semikonduktor Huawei – HiSilicon memiliki pengalaman desain chip tetapi tidak dapat mencetak desain tersebut pada wafer karena pembatasan bisnis dengan TSMC dan ini satu-satunya tantangan besar yang harus dihadapi Huawei untuk membuat chipset sendiri.

Menurut sumber tersebut, Huawei akan memulai dengan teknologi proses 45nm (nanometer) yang akan siap pada akhir tahun ini. Selain 45nm, Huawei juga berencana membangun lini produksi 28nm.

Sementara itu, Huawei belum secara resmi mengkonfirmasi atau mengumumkan berita semacam itu melalui platform resminya, tetapi tampaknya seluruh proyek ini berjalan di balik pintu.

45nm dan 28nm adalah pilihan yang baik untuk memulai untuk raksasa teknologi China, tetapi kami tidak dapat menyangkal fakta bahwa pembuat chip besar seperti TSMC dan Samsung sudah berencana untuk membangun chip berdasarkan node 3nm. Oleh karena itu, Huawei harus melalui jalan panjang dan proses R&D khususnya di bagian semikonduktor untuk mencapai tujuan manufakturnya. (Icha)

Telkomsel Bangun BTS 4G LTE Di Perbatasan Indonesia dan Timor Leste

0

Telko.id – Telkomsel bangun BTS 4G LTE bukan hanya di wilayah yang mudah diakses saja. Terbukti, operator ini membangun jaringan di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Untuk mencapai wilayah ini membutuhkan perjalanan darat sampai 9 jam dari kota Kupang.

Upaya bangun BTS ini menjadi bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus bergerak maju mendorong pemerataan akses broadband terdepan yang mampu mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat, termasuk di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) serta wilayah perbatasan negara.

“Telkomsel berupaya untuk terus hadir menemani masyarakat, salah satunya melalui Telkomsel bangun BTS 4G LTE terdepan dan terluas yang mampu menyentuh nadi-nadi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia,” ungkap Samuel Pasaribu, VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel.

Samuel pun menambahkan bahwa Telkomsel memaknai beroperasinya BTS 4G di Oepoli tidak sekadar untuk menghubungkan masyarakat yang berada di sana, namun juga demi memberikan manfaat bagi peningkatan potensi perekonomian desa, membantu kelancaran proses belajar secara daring, hingga mendukung petugas di daerah perbatasan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Telkomsel Bangun BTS
Caption : Uji Coba Sinyal 4G LTE Telkomsel di Perbatasan Indonesia – Timor Leste

Keberadaan BTS Telkomsel 4G LTE ini tentu disambut baik juga oleh para pertugas diwilayah tersebut. “Kami merasa senang dan menyambut baik kehadiran jaringan broadband terdepan di daerah perbatasan Republik Indonesia dengan Timor Leste ini. Dengan digelarnya jaringan 4G LTE karya anak bangsa dari Telkomsel, ini menjadi berkah bagi kami para petugas dalam menyampaikan informasi saat menjalani kewajiban maupun untuk terhubung dengan keluarga dan orang-orang terdekat,” ungkap Kapten Arm Warih Wiono, Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Armed 3/105 Tarik Dankipur II.

Baca juga : Telkomsel Perluas Jaringan 4G LTE Khusus nya Wilayah 3T

Proses pembangunan BTS di Oepoli berawal dari laporan yang diterima Telkomsel dari masyarakat setempat mengenai kebutuhan akan akses broadband di lokasi tersebut. Sehari-hari, masyarakat hanya bisa mengakses internet lewat jaringan Telemor, operator dari Timor Leste.

Hal itu yang menjadi dasar Telkomsel memutuskan untuk mengoperasikan BTS 4G LTE setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi geografis dan infrastruktur yang menantang di kawasan tersebut. Oepoli sendiri merupakan daerah berpenduduk 2.000 jiwa. Butuh waktu sekitar 9 jam untuk sampai di sana melalui jalur darat dari Kota Kupang.

“Atas nama masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah di sini, kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel yang sudah bangun BTS  4G LTE. Kami merasa bersyukur karena bisa memanfaatkan jaringan internet ini untuk hal-hal baik, terlebih untuk urusan pendidikan,” ucap tokoh masyarakat Oepoli Romo Januario Gonzaga (Romo Janu).

“Ke depan, kami akan memperkuat upaya pemerataan akses 4G LTE di seluruh Indonesia yang menjadi bagian dari komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air, karena implementasi layanan digital di keseharian masyarakat membutuhkan akses dan kualitas layanan broadbandyang prima.

Upaya ini juga menjadi salah satu cara Telkomsel memaknai kehadiran perusahaan yang telah melayani negeri selama lebih dari 25 tahun untuk terus tumbuh bersama seluruh lapisan masyarakat,” tutup Samuel.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan berbagai upaya perluasan ketersediaan 4G LTE secara menyeluruh, seperti penyediaan COMBAT di Desa Pasiah Laweh (Sumatera Barat) dan Desa Woloklibang (NTT), pemasangan repeater khusus di Desa Petir (DIY), dan pembangunan BTS di Desa Nain (Sulawesi Utara).

Ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk menjalankan lebih banyak inisiatif serupa, yang sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengupayakan ketersediaan jaringan 4G di seluruh desa di Indonesia pada 2022. (Icha)

 

 

The NextDev Summit 2020 Hadir Demi Perubahan Industri Kreatif Digital

0

Telko.id – The NextDev Summit 2020 hadir kembali. Sebuah konferensi teknologi inspiratif yang menjadi wadah kolaborasi bagi tech-enthusiast, penggerak startup, hingga talenta digital demi memberikan perubahan pada industry kreatif digital Indonesia.

Pada edisi keduanya ini, The NextDev Summit 2020 hadir di hari puncak penyelenggaraan Jakarta Content Week pada 15 November 2020. Acara tersebut menjadi wadah yang menghubungkan para pelaku di industri digital dan kreatif untuk saling berkolaborasi menciptakan solusi yang memiliki dampak sosial positif bagi Indonesia.

“Kembalinya The NextDev Summit di tahun ini menjadi penguat komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company dalam mengembangkan ekosistem digital secara inklusif dan menyeluruh di Indonesia. Dengan animo yang ditunjukkan oleh masyarakat, The NextDev Summit 2020 memberikan semangat bagi kami untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan manfaat teknologi digital terkini bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

The NextDev Summit

Melalui berbagai rangkaian inisiatif The NextDev, Telkomsel memiliki tujuan untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia, salah satunya adalah The NextDev Summit 2020 yang hadir untuk memberikan perubahan berarti bagi pelaku industri kreatif digital.

Baca juga : Telkomsel Bawa Pengalaman Uji Coba Teknologi 5G di The NextDev Summit 2019

Hal tersebut diwujudkan dengan menyediakan saluran kepada para tech-enthusiast, talenta digital, dan penggiat industri kreatif digital untuk mengambil ilmu dan berkolaborasi bersama pemain kunci di bidang digital dan konten. Maka dari itu, konferensi ini menghadirkan sejumlah sesi yang membahas berbagai topik spesifik, mulai dari edukasi daring, strategi persaingan di tingkat global, industri streaming video, hingga akselerasi startup.

Sesi-sesi tersebut pun diisi oleh pembicara terkemuka dan kompeten di bidangnya masing-masing, seperti Andy F Noya (Co-Founder BenihBaik & TV Host), Tomy Yunus (Founder Cakap), Nucha Bachri (Co-Founder Parentalk ID) yang membahas topik Educate to Empower : Working For Quality and Equality.

Kemudian ada sesi diskusi yang membahas The NextDev Journey diantara para mentor yang terlibat dalam program The NextDev yaitu Hadi Sucipto (The NextDev Project Leader), Alamanda Shantika (CEO & Founder Binar Academy), Dian Onno (Social Innovation Evangelist), Ariff Kamal (Co-Founder Think Digital Academy).

Sesi-sesi lainnya turut diramaikan oleh Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Rossa (Musisi) sampai Arie Kriting (sineas). Selain itu, turut hadir juga figur-figur inspiratif seperti Setyanto Hantoro (Direktur Utama Telkomsel) dan Wishnutama (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) yang memberikan pesan-pesan penting bagi para pelaku industri kreatif digital di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, “Apresiasi kepada Telkomsel yang terus konsisten berkontibusi dalam membangun ekosistem digital di Indonesia melalui program The NextDev, hal ini dapat kita jadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital, dimana setiap inovasi digital yang diciptakan harus mendapatkan perlindungan, kesempatan dan dukungan agar mampu terus bersaing baik secara lokal maupun global”.

Wishnutama pun menyebutkan bahwa “Kita harus terus bantu talenta digital muda untuk berperan aktif dalam memperkuat ekosistem ekonomi kreatif digital, yang tentunya akan menjadi nilai tambah yang sangat besar bagi sektor pariwisata di Indonesia.”

Tidak ketinggalan, The NextDev Summit 2020 turut menjadi ajang pitching sekaligus pengumuman pemenang dari The Future of Content, kompetisi yang ditujukan untuk memunculkan lebih banyak ide dan inovasi baru di Indonesia, khususnya yang mampu mengakselerasikan kemampuan masyarakat dalam beradaptasi di tengah kenormalan baru secara berkelanjutan.

Pada babak penjurian, terdapat sepuluh ide terpilih yang telah melewati proses kurasi dari berbagai gagasan yang telah didaftarkan di awal November 2020. Dari sepuluh ide tersebut, terpilih lagi tiga ide terbaik yang meliputi Digiflux, QATA, dan Pathway.

Penjabaran singkat mengenai ketiga ide terbaik tersebut antara lain: Digiflux merupakan smart influencer marketing platform yang menawarkan solusi dalam pemilihan atau merekomendasikan influencer yang tepat sesuai dengan produk dari pemilik brand owner yang pembayarannya dilakukan sesuai dengan performa postingan serta live report datanya.

QATA merupakan sebuah platform yang membantu UMKM untuk membuat template copy writing dengan fitur Drag and Drop dan layout siap pakai yang menjadi solusi praktis digital branding tanpa mengeluarkan marketing fee. Sedangkan Pathway merupakan sebuah platform yang membantu para content creator untuk menemukan ide konten dan membantu meningkatkan jumlah viewsdan like khususnya pada platform Instagram.

Telkomsel berharap The NextDev Summit 2020 kali ini memberikan pengalaman yang berbeda dengan edisi tahun sebelumnya.

Selain digelar secara daring sepenuhnya, konferensi ini juga hadir di Jakarta Content Week yang mengumpulkan para penggiat industri kreatif di berbagai bidang, sehingga dapat memperluas dampak sosial positif The NextDev yang terus berkembang sejak diinisiasi pada 2015, mulai dari memberdayakan early-stage startup hingga kini berkontribusi dalam memberikan wadah inklusif bagi pelaku industri kreatif digital.

Ke depan, Telkomsel berharap The NextDev Summit akan kembali hadir demi memberikan dampak sosial positif yang lebih besar. (Icha)

 

Nokia 6300 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Nokia 6300 4G bertumpu pada Snapdragon 210, 512 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 0.3 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 13 ini dibekali sistem operasi KaiOS dan layar berukuran 2.4″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Nokia memang belum secara resmi merilis harga Nokia 6300 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Nokia Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Light Charcoal, White, Cyan Green) dan memiliki body berdimensi 131.4 x 53 x 13.7 mm (5.17 x 2.09 x 0.54 in) dengan berat 104.7 g (3.70 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Nokia 6300 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 210 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 dan prosesor grafis / GPU Adreno 304. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 512 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 4GB 512MB RAM storage, microSDHC slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 2.4″ Inch dengan jenis TFT, 16M colors. Resolusi layarnya 240×320 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Nokia 6300 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB, GPS(Yes, with A-GPS), Yes, hotspot, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti , .

Kamera Nokia 6300 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Nokia 6300 4G :

  • VGA.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 0.3 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor No yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Nokia 8000 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Nokia 8000 4G bertumpu pada Snapdragon 210, 512 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 2 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 13 ini dibekali sistem operasi KaiOS dan layar berukuran 2.8″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Nokia memang belum secara resmi merilis harga Nokia 8000 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Nokia Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Onyx/Black, Opal/White, Topaz/Blue, Cintrine/Gold) dan memiliki body berdimensi 132.2 x 56.5 x 12.3 mm (5.20 x 2.22 x 0.48 in) dengan berat 110.2 g (3.88 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Nokia 8000 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 210 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7 dan prosesor grafis / GPU Adreno 304. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 512 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 4GB 512MB RAM storage, microSDHC slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 1500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 2.8″ Inch dengan jenis TFT, 16M colors. Resolusi layarnya 240×320 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Nokia 8000 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB, GPS(Yes, with A-GPS), Yes, hotspot, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti , .

Kamera Nokia 8000 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Nokia 8000 4G :

  • 2 MP.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 2 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor No yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .