spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 5

Samsung Monitor Gaming Odyssey Kini Hadir Dengan Layar 3D OLED

Telko.id – Samsung Electronics Indonesia, hari ini mengumumkan ketersediaan monitor gaming Odyssey terbaru di Indonesia.

Jajaran produk Samsung Monitor Gaming Odyssey 2025 mencakup Odyssey 3D yang revolusioner dan monitor ultra-wide Odyssey G9.

Monitor-monitor yang baru diluncurkan ini mendorong batasan imersi dan keunggulan, dirancang dengan cermat untuk menghadirkan performa terbaik bagi para gamer modern.

“Di Samsung, kami berkomitmen untuk menghadirkan teknologi layar terdepan yang meningkatkan pengalaman gaming,” kata Hoon Chung, Executive Vice President Visual Display Business di Samsung Electronics.

Baca juga : Samsung Hadirkan 3 Monitor Gaming Odyssey Baru

Hoon Chung menambahkan bahwa Samsung Monitor Odyssey terbaru adalah sebuah lompatan yang signifikan dalam inovasi, kualitas visual, dan performa, memberdayakan para gamer untuk tenggelam dalam permainan mereka dan melakukan yang terbaik.

Memasuki Dunia Gaming 3D

Samsung Monitor Odyssey 3D (model G90XF) 27 inci terbaru menghadirkan pengalaman gaming 3D yang inovatif tanpa kacamata khusus.

Teknologi pelacakan mata (eye-tracking) canggih dan lensa lenticular eksklusif menghadirkan gambar 3D berdefinisi tinggi yang tampak alami, dapat diakses melalui aplikasi Reality Hub yang membuat aksi seolah-olah melompat keluar dari layar untuk menghadirkan energi dan imersi baru pada game dan konten video.

Samsung secara aktif berkolaborasi dengan developer game besar untuk memanfaatkan teknologi 3D ini secara maksimal.

Kolaborasi ini meliputi Nexon untuk The First Berserker: Khazan, yang rilis pada 28 Mare dan Neowiz untuk game ternama Lies of P. Konten unduhan (DLC) pertama dari perusahaan ini, Overture, dijadwalkan rilis pada musim panas tahun ini.

Para developer yang bermitra kini memiliki kendali yang luar biasa pada efek 3D, memungkinkan mereka mewujudkan visi kreatif mereka dengan presisi.

Samsung berencana untuk terus memperluas kemitraan dengan lebih banyak studio game global.

Selain game 3D, Samsung Odyssey 3D juga dilengkapi dengan fitur konversi video berbasis AI, yang dapat mengubah konten video menjadi 3D, memberikan nuansa baru pada hampir semua jenis konten.

Setiap adegan dari konten yang kompatibel dianalisis dan dikonversi menjadi 3D, menghasilkan efek 3D yang konsisten dengan tingkat ketegangan mata yang lebih rendah.

Samsung Odyssey 3D juga menawarkan kinerja gaming yang mengesankan. Dengan refresh rate 165Hz dan response time 1ms Gray-to-Gray (GtG), monitor ini menghadirkan pengalaman gaming yang responsif dan mulus di layar 4K.

Sementara AMD FreeSync Premium dan NVIDIA G-SYNC Compatible mengurangi efek choppiness (delay atau terputus-putus) dan tampilan patah-patah, bahkan saat gameplay bertempo cepat dan kompleks.

Edge Lighting membawa pengalaman 3D ke tingkat yang lebih tinggi dengan menyinari area bermain game dengan pencahayaan yang beradaptasi dengan permainan.

Fitur ini menyinari ruang di bawah monitor dengan warna yang selaras dengan pencahayaan layar, menyempurnakan layer 3D dan menghadirkan lingkungan game yang terasa lebih nyata.

Odyssey G9 Layar Lengkung dan Lebar

Samsung Odyssey G9 (model G91F) menghadirkan pengalaman gaming di layar ultrawide ke lebih banyak orang dengan pendekatan yang simpel tanpa mengorbankan performa.

Layar 49 inci Dual QHD menampilkan kurva 1000R, yang membungkus tampilan visual berkualitas tinggi dan gameplay yang menarik di sekitar pengguna.

Dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms menjaga gameplay tetap responsif dan cepat, sementara AMD FreeSync Premium Pro memastikan aksi berjalan lancar tanpa efek tearing atau stuttering.

Sertifikasi VESA DisplayHDR 600 menghadirkan warna yang hidup dengan kejernihan tinggi, sementara HDR10+ GAMING meningkatkan layar dengan kecerahan, kontras, dan rentang warna yang dioptimalkan untuk menghasilkan gambar yang dinamis.

Samsung Odyssey G9 juga menawarkan kemampuan multitasking yang luar biasa melalui fitur Picture-by-Picture dan Picture-in-Picture.

Dengan fitur ini, dua perangkat berbeda dapat ditampilkan secara bersamaan, dengan opsi ukuran fleksibel yang tersedia dalam mode Picture-in-Picture.

Samsung Odyssey G9 juga mempermudah pengguna untuk bermain game lebih cepat dengan Auto Source Switch+, yang mendeteksi perangkat yang terhubung dan secara otomatis menampilkannya saat perangkat tersebut dinyalakan.

Ketersediaan

Samsung Odyssey 3Ddan Odyssey G9 terbaru sudah tersedia untuk pre-order mulai hari ini tanggal 24 April sampai 9 Mei 2025. Harga mulai dari Rp14.999.000 hingga Rp24.999.000. (Icha)

MAJAMOJO Jadi Top Grossing Publisher di Indonesia, Usai Luncurkan Dua Game Baru

0

Telko.id – PT Games Karya Nusantara (MAJAMOJO) berhasil meraih posisi paling atas untuk top grossing publisher di Indonesia versi AppMagic, yakni dengan perolehan top grossing revenue tertinggi di bulan Maret hanya dalam waktu 15 hari sejak meluncurkan dua game terbarunya yakni, E.T.E Chronicle dan Cat Fantasy.

Menurut laporan AppMagic, sebuah lembaga riset pasar global yang menganalisis lebih dari 250 judul aplikasi dan game, MAJAMOJO menduduki peringkat teratas kategori Top Grossing Publisher di Indonesia per Maret 2025.

Peringkat ini menunjukkan tingginya pendapatan yang diperoleh MAJAMOJO dari transaksi dalam aplikasi (in-app purchases).

“Kami sangat mengapresiasi sambutan luar biasa dari para gamer di Indonesia atas peluncuran E.T.E Chronicle dan Cat Fantasy. Capaian ini menunjukkan bahwa konten lokal dengan pendekatan global mampu bersaing di pasar game yang sangat kompetitif,” ujar Suryanda, Direktur MAJAMOJO.

Baca juga : Majamojo Luncurkan Game E.T.E Chronicle di Indonesia dan Malaysia

Dua Game Baru: Gabungan Visual Anime dan Strategi RPG

Diluncurkan pada pertengahan Maret 2025, E.T.E Chronicle dan Cat Fantasy membawa nuansa segar dalam genre role-playing game (RPG). E.T.E Chronicle hadir dengan grafis 3D berkualitas tinggi serta pertempuran mecha di darat, laut, dan udara.

Sementara itu, Cat Fantasy mengusung sistem turn-based strategy dengan karakter kucing berwujud manusia yang menggemaskan dan visual bergaya anime.Kedua game ini telah tersedia di Android, iOS, dan PC.

Pasar RPG dan Anime Indonesia Makin Menjanjikan

Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi genre RPG dan anime. Berdasarkan data dari Sensor Tower:

  • 90 juta+ unduhan game RPG terjadi setiap tahun di Indonesia.
  • Terdapat lebih dari 42 juta pemain aktif RPG.
  • Indonesia juga termasuk dalam Top 10 negara dengan komunitas pecinta anime terbesar di dunia, dengan lebih dari 50 juta fans.

MAJAMOJO melihat adanya irisan yang kuat antara komunitas gamer RPG dan pecinta anime, dengan estimasi 15 juta pengguna yang menyukai keduanya—sebuah peluang pasar yang siap digarap lebih serius.

Pencapaian sebagai top grossing publisher dalam waktu singkat menjadi bukti nyata bahwa MAJAMOJO berada di jalur yang tepat untuk menjadi kekuatan baru dalam ekosistem game RPG di Indonesia. (Icha)

Tommy Teja: Galaxy AI Bukan Cuma Canggih, Ini Rahasia Agar Produktif

0

Telko.id – Galaxy AI telah menjadi salah satu teknologi revolusioner yang sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone Galaxy saat ini.

Keandalannya pada device Galaxy S25 Series pun benar-benar memukau dan dirasakan langsung oleh konsumen hingga diakui oleh komunitas pengguna AI.

Fitur yang dihadirkan dapat memudahkan keseharian, adaptif, dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi tools yang esensial di era digital saat ini.

Tommy Teja, seorang AI Expert sekaligus founder dari AICO Community menilai Galaxy AI bukan hanya canggih. Ia pun menyebutkan bahwa pengembangan terbaru dari Galaxy AI yang ada pada Galaxy S25 Series ini benar-benar memberikan pengalaman yang terintegrasi bagi seluruh pengguna di Indonesia.

Baca juga : Galaxy S25 Series: AI Canggih yang Ubah Cara Anda Berinteraksi

Galaxy AI bukan hanya canggih tapi juga menjadikannya teknologi yang mampu memahami kebiasaan pengguna, mengurangi beban kognitif, serta memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, sehingga Galaxy AI bisa menjadi asisten digital yang intuitif untuk keseharian.

“Buat saya, Galaxy AI di Galaxy S25 Series bukan sekadar fitur tambahan, tapi benar-benar jadi partner digital yang intuitif bahkan lebih jauh lagi bisa jadi teman untuk brainstorming berbagai hal,” kata Tommy.

Dengan begitu, ia bisa lebih fokus ke hal-hal yang penting tanpa harus terbebani tugas-tugas teknis. Yang paling terasa, Galaxy AI ini nggak cuma pintar merespons, tapi juga bisa memahami konteks dan kebutuhan nya secara personal.

“Mulai dari bikin konten, menyusun jadwal, sampai ngobrol langsung lewat Gemini Live, semuanya jadi seamless banget. Apalagi yang saya suka banget kemarin baru ada update untuk Gemini Live yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan AI melalui visual secara real-time,” kata Tommy Teja.

Lalu, kira-kira bagaimana Tommy Teja dan AICO memanfaatkan Galaxy AI di Galaxy S25 Series untuk jadi fitur yang esensial buat kesehariannya? Ini dia beberapa tipsnya!

Maksimalkan setiap fungsi AI permudah tugas-tugas harian

Galaxy AI di Galaxy S25 Series saat ini telah berhasil menjadi true AI companion bagi pengguna dengan bisa memahami setiap kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan dengan lebih maksimal.

Kemampuan AI untuk memproses setiap aktivitas digital yang dilakukan oleh konsumen membuatnya menjadi machine learning yang lebih sempurna sehingga bisa memahami konteks dan pola penggunaan.

Untuk membuat Galaxy AI bisa semakin andal dalam mempelajari kebiasaan digital yang kita lakukan, kamu bisa mengaktifkan personal data intelligence yang ada di Galaxy S25 Series.

Caranya sederhana, cukup masuk ke Settings > lalu pilih Security and privacy > Klik More privacy settings > Terakhir tinggal nyalakan Personal data intelligence yang ada di pengaturan tersebut. 

Aktifkan personal data intelligence untuk memaksimalkan fungsi learning Galaxy AI terhadap kebiasaan pengguna

Menurut Tommy Teja, fungsi AI tersebut dapat dimaksimalkan untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan menggunakan fitur Now Brief dengan lebih kompleks, mengingat terdapat 13  konten atau  aplikasi yang dapat dimasukkan ke dalam fitur Now Brief.

Dengan begitu, kita tidak hanya mendapat reminder saja tetapi juga bisa merasakan pengalaman memiliki asisten pribadi. Salah satu contohnya, kamu bisa memanfaatkan Now Brief untuk menjadi pengingat keuangan yang pastinya akan dapat membantu kita dalam mengelola cashflow dengan rapi dan baik.

“Caranya manfaatin fitur ini mudah dan menarik banget. Salah satunya saya suka memasukkan daftar tagihan yang akan jatuh tempo, batas pengeluaran, ataupun berbagai penawaran khusus yang ada di toko favorit ke dalam kalender,” kata Tommy menjelaskan.

Nah, nantinya Ia akan membuka Morning Brief di hari yang tertera, maka akan ada insights dan juga reminder mengenai pengingat keuangan yang sudah saya sematkan tersebut.

Eksplorasi prompt untuk minta AI lakukan hal yang luar biasa!

Tidak kalah penting, menurut Tommy Teja kemampuan dan kreatifitas kita dalam mengeksplorasi prompt untuk mendapatkan hasil yang sesuai menjadi sangat penting untuk menjadikan Galaxy AI true AI companion yang sangat esensial di keseharian.

Apalagi saat ini sudah semakin banyak fitur di Galaxy AI yang memungkinkan kita memberikan prompt untuk mendapatkan hasil, misal seperti fitur Gemini dan Gemini Live, kemudian terdapat juga fitur Sketch to Image yang dapat melakukan text-to-image.

Sketch to Image juga bisa kamu generate dengan gambar

Tips dari Tommy saat ingin memberikan prompt kita harus menggunakan kalimat deskripsi yang spesifik dan detail sehingga hasilnya akan semakin akurat. Kemudian, hindari juga penggunaan kata-kata yang terlalu umum atau ambigu karena AI bekerja dengan pola data.

Misal kalimat yang kurang efektif: “Buat gambar taman yang indah”. Daripada seperti itu, kita dapat menggunakan kalimat berikut “Buat ilustrasi taman tropis dengan banyak pohon kelapa, kolam kecil, dan jalur setapak dari batu alam.”

Kamu juga bisa memberikan konteks atau latar belakang informasi untuk tugas tersebut agar AI memahami kebutuhan kamu dengan lebih baik.

Misal saat meminta AI untuk membuatkan caption konten yang akan di share ke media sosial, kita bisa menambah informasi mengenai konten tersebut tentang apa, lalu caption seperti apa yang biasa kamu bagikan ke dalam media sosial.

Terakhir, Tommy juga menjelaskan kita bisa menghindari prompt yang menggunakan kata-kata negatif atau larangan. Daripada memberitahu AI apa yang tidak boleh dilakukan, lebih baik kita memberi tahu apa yang diinginkan.

Experience ngobrol bareng AI

Pelengkap utama yang menjadikan pengalaman menggunakan AI di Galaxy S25 Series berbeda ialah kemampuan Multimodal yang beragam.

Kita dapat berinteraksi dengan AI tidak hanya terbatas pada teks saja, tetapi dapat melalui gambar, suara, ataupun video sehingga membangun makna yang lebih kaya dan efektif sesuai kebutuhan dan situasi yang berbeda-beda.

Saat menggunakan Gemini Live misalnya, kita dapat memberikan prompt melalui audio dan berbincang langsung dengan AI tersebut untuk mendalami hal yang ingin diketahui.

Jika ada informasi ataupun video dari kanal YouTube yang ingin kita pelajari pun kita dapat meng-attach kebutuhan tersebut ke dalam Gemini untuk kemudian didiskusikan.

Menariknya, kita dapat mengganti suara AI yang akan mengobrol bersama kita. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Gemini
  • Klik akun kamu di pojok kanan atas
  • Klik Settings
  • Masuk ke Gemini’s voice
  • Cari jenis suara yang sesuai keinginan kamu
Atur suara Gemini Live sesuai dengan preferensi kamu

Sejak 7 April 2025 kemarin, pengguna Galaxy S25 Series sudah dapat merasakan menggunakan update dari Gemini Live yang semakin intuitif. Kini pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan memberikan visual secara jelas ke AI.

Cukup dengan mengarahkan kamera, dan ajukan pertanyaan secara real-time. Ini bukan lagi sekadar input teks atau suara; tapi pengguna bisa berdialog secara natural seperti berbicara dengan teman yang melihat apa yang kita lihat.

Jadinya AI juga akan secara langsung bisa melihat apa yang ada di hadapan kita untuk kemudian bisa berdiskusi secara langsung.

Di lain sisi, experience ngobrol dengan AI tersebut bukan cuma tersemat di fitur Gemini saja. Beberapa fitur seperti Browsing Assist kini juga memungkinkan pengalaman multimodal tersebut.

Kini summary dari artikel yang kamu baca di internet tidak hanya disajikan melalui text saja. Kamu bisa meminta Galaxy AI untuk membacakan summary tersebut dengan mengklik menu Read Highlights Aloud.

Pengalaman ini menjadi sangat seamless karena kamu bisa mengetahui berbagai informasi di berbagai kondisi termasuk saat tidak dapat memegang smartphone alias hands-free.

“Kami terus berupaya menjadikan Galaxy AI sebagai fitur yang relevan dan mudah diakses untuk semua kalangan,” ucap Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Menurut Ilham, Tteknologi ini bukan hanya soal kecanggihan, tapi bagaimana AI bisa benar-benar membantu pengguna dalam menjalani rutinitas hariannya secara lebih optimal.

“Bagi kami, Galaxy AI bukan hanya soal otomatisasi, tetapi soal bagaimana teknologi bisa memberikan nilai tambah, menghemat waktu, serta membantu pengguna mengambil keputusan yang lebih cerdas di tengah kesibukan era digital.” ucap Ilham menjelaskan. (Icha)

Telkom Indonesia Kembali Masuk Daftar LinkedIn Top Companies 2025

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 sebagai salah satu tempat kerja terbaik untuk pengembangan karir.

Ini merupakan tahun keempat secara berturut-turut Telkom menerima penghargaan bergengsi tersebut, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan profesional bagi seluruh karyawan.

Penghargaan LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan analisis LinkedIn terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang secara konsisten memperhatikan berbagai aspek kemajuan karir karyawan, hingga terpilih 15 perusahaan terbaik.

Mengutip dari rilis resmi LinkedIn News Asia, aspek yang diperhatikan meliputi peningkatan keterampilan karyawan, peluang untuk karyawan dipromosikan, pengembangan dan penambahan keahlian baru, stabilitas perusahaan, keterlibatan karyawan, serta dukungan perusahaan terhadap pertumbuhan jangka panjang karyawannya.

Baca juga : Telkom Pertegas Komitmen Energi Terbarukan di Hari Bumi 2025

Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengapresiasi penghargaan ini sebagai sebuah pencapaian dari kontribusi seluruh karyawan TelkomGroup.

“Penghargaan ini adalah cerminan dari semangat kolektif seluruh karyawan TelkomGroup, di mana karyawan bukan hanya bekerja, tapi juga berkontribusi aktif dalam membangun budaya kerja yang sehat, inklusif, dan penuh semangat untuk tumbuh bersama sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia,” kata Afriwandi.

“Untuk itu mewakili manajemen, kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen dan dedikasi yang luar biasa dari seluruh karyawan Telkom. Saya percaya, perusahaan hebat dibentuk oleh orang-orang hebat di dalamnya,” ungkap Afriwandi.

Dukungan dan semangat karyawan tidak hanya berkontribusi pada kinerja perusahaan, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengantarkan Telkom meraih predikat Top LinkedIn Companies 2025.

Peran aktif mereka dalam membagikan kisah-kisah inspiratif selama bekerja di Telkom menjadi cerminan nyata keterlibatan karyawan sebagai representasi penting perusahaan di ruang publik dan profesional.

Untuk mendorong keterlibatan tersebut, Telkom menghadirkan program Employee Ambassador sebagai wadah bagi seluruh karyawan untuk berperan sebagai perwakilan perusahaan di dunia profesional digital.

Program ini tidak hanya memperkuat reputasi dan employer branding, tetapi juga menjadi sarana pengembangan diri dan perluasan jejaring profesional bagi para karyawan.

Melalui berbagai inisiatif employer branding, Telkom secara aktif membagikan cerita dan pengalaman kerja yang mencerminkan budaya perusahaan berbasis nilai-nilai AKHLAK, sekaligus mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif.

Cerita-cerita ini disampaikan secara autentik oleh karyawan dari berbagai unit dan wilayah melalui platform LinkedIn dengan tagar #LivinginTelkom.

Lebih dari itu, Telkom turut menunjukkan komitmen terhadap kesetaraan gender dan inklusivitas dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, terbuka, dan mendukung potensi setiap individu tanpa memandang latar belakang.

Hal ini menjadikan Telkom bukan hanya tempat untuk bekerja, tetapi juga ruang yang mendorong pertumbuhan profesional dan personal secara berkelanjutan.

Berbagai program seperti layanan konseling WithU, Talent Marketplace, hingga Great People Scholarship Program (GPSP) menjadi representasi nyata dari keseriusan Telkom dalam mendukung pengembangan potensi karyawan di setiap tahapan karirnya.

Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya memperkaya pengalaman kerja karyawan, tapi juga memperkuat positioning Telkom sebagai perusahaan yang memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aset strategis.

Aktivasi employer branding yang konsisten melalui kanal LinkedIn turut memperluas dampak dampak positif dari seluruh inisiatif tersebut, sekaligus menjadikan Telkom sebagai magnet bagi talenta digital yang siap tumbuh dan berkontribusi di tengah dinamika dunia kerja yang terus berkembang. (Icha)

Indosat Selenggarakan “Indonesia AI Day for Mining Industry”, Ini Targetnya!

0

Telko.id – Melanjutkan komitmen untuk mendukung kedaulatan kecerdasan artifisial (AI) pada saat Indonesia Day yang digelar pada November 2024 silam, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggelar Indonesia AI Day for Mining Industry.

Acara ini menjadi ajang untuk mengakselerasi adopsi teknologi kecerdasan artifisial (AI) bagi sektor pertambangan di Indonesia.

Mengusung tema “Navigating the Future of Indonesia’s Mining Industry”, acara ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari pelaku industri pertambangan, regulator, hingga mitra teknologi global.

Acara ini menjadi momentum pemangku kepentingan lintas sektoral di industri pertambangan untuk mengeksplorasi pemanfaatan AI dan Internet of Things (IoT).

Baca juga : Indosat Perluas Bisnis ke AI & IoT, Tunggu Persetujuan RUPS

Hal ini bertujuan untuk mempercepat digitalisasi industri serta meningkatkan efisiensi, keberlanjutan, keselamatan, dan keamanan kerja yang dapat mendorong daya saing Indonesia di kancah global.

Hadir dan memberikan sambutan kunci, Rosan Roeslani, Menteri Investasi dan Hiliriasi/Kepala BKPM, menyampaikan, “Kami mengapresiasi langkah konkret Indosat melalui Indonesia AI Day for Mining Industry. Inisiatif ini mencerminkan kontribusi nyata dunia usaha dalam transformasi industri lewat teknologi mutakhir”.

Rosan menambahkan bahwa AI kini menjadi kebutuhan strategis untuk meningkatkan daya saing, khususnya di sektor pertambangan, serta mendorong transisi energi ramah lingkungan.

“Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan penggunaan AI dan mendorong SDM, menyangkut semua stakeholders,” ujar Rosan menambahkan.

Acara ini juga menjadi forum kolaboratif yang mempertemukan para pemimpin industri, pembuat kebijakan, dan inovator teknologi untuk bersama-sama merumuskan strategi transformasi digital yang menyeluruh.

Diskusi difokuskan pada bagaimana teknologi dapat menjadi katalis pertumbuhan berkelanjutan, memperkuat ketahanan industri, serta meningkatkan kontribusi sektor tambang terhadap ekonomi nasional.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Sebagai perusahaan yang tengah bertransformasi menjadi AI TechCo, kami percaya bahwa masa depan industri pertambangan Indonesia akan sangat ditentukan oleh pemanfaatan teknologi”.

Menurut Vikram, melalui Indonesia AI Day for Mining Industry, Indosat ingin membangun ekosistem yang cerdas, aman, dan berkelanjutan, serta memastikan bahwa transformasi digital ini berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi yang merata dan inklusif.

Sesi utama Indonesia AI Day for Mining Industry menghadirkan tokoh-tokoh penting seperti perwakilan McKinsey and Company, Meutya Hafid (Menteri Komunikasi dan Digital Republik Indonesia) dan Rachmat Makkasau (President Director PT Amman Mineral Nusa Tenggara).

Lalu ada Tri Winarno (Dirjen Minerba, Kementerian ESDM), yang akan membahas peta jalan transformasi digital sektor pertambangan Indonesia dan peran teknologi dalam mendongkrak daya saing nasional.

Melalui inisiatif ini, Indosat mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat sinergi dalam membangun ekosistem pertambangan digital yang tangguh.

Kolaborasi lintas sektor, adopsi teknologi canggih, serta pengembangan talenta digital diharapkan mampu menciptakan masa depan industri yang lebih cerdas, inklusif, dan berdaya saing tinggi di panggung global. (Icha)

Kampanye Marketing B2B Telkomsel Torehkan Prestasi di PR Awards 2025

0

Telko.id – Telkomsel berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang PR Awards 2025 untuk kategori Best PR Campaign: B2B melalui kampanye #PastiAdaSolusi yang dijalankan oleh Telkomsel Enterprise.

Upaya ini merupakan berkelanjutan Telkomsel melalui Telkomsel Enterprise dalam menghadirkan solusi digital terbaik bagi pelaku bisnis di Indonesia mendapat pengakuan di tingkat internasional.

Penghargaan yang diumumkan dalam acara yang diselenggarakan oleh MARKETING-INTERACTIVE di Tower Ballroom, Shangri-La Hotel, Orchard, Singapura (11/4) dan memilih kampanye #PastiAdaSolusi yang diakui oleh dewan juri sebagai salah satu pendekatan komunikasi B2B paling inovatif dan berdampak di kawasan Asia Tenggara.

Capaian ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsel Enterprise sebagai mitra terpercaya dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri di Indonesia.

Baca juga : Telkomsel Rilis Paket iPhone 16 dengan Kuota Fantastis, Cuma Bayar 12 Bulan!

Melalui pendekatan komunikasi yang strategis, berbasis data, dan berfokus pada penyediaan solusi nyata yang berdampak langsung terhadap bisnis, Telkomsel mampu menjawab tantangan dan kebutuhan dunia usaha yang bervariasi dan  terus berkembang.

Sebagai unit bisnis Telkomsel yang melayani segmen B2B, Telkomsel Enterprise menghadapi berbagai tantangan menarik, seperti ketatnya persaingan di pasar teknologi B2B, serta kebutuhan akan solusi yang fleksibel dan terukur bagi beragam sektor industri—termasuk di wilayah kota tier-2 dan tier-3 yang tengah berkembang pesat.

Menanggapi tantangan tersebut, kampanye #PastiAdaSolusi diluncurkan secara bertahap sejak tahun 2023 dan terus berlanjut hingga 2025.

Melalui tiga fase kampanye, yakni #PastiAdaSolusi, #PastiAdaSolusi Buat Langkah Berani, dan #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih— kampanye ini dirancang untuk menampilkan beragam solusi untuk kebutuhan bisnis B2B, hingga keberhasilan kolaborasi Telkomsel dengan berbagai perusahaan besar hingga dampak yang dirasakan oleh para pelaku bisnis B2B.

Terutama dalam fase ketiga, Telkomsel Enterprise melakukan kampanye kolaborasi dengan para customer B2B seperti BRI, Gojek, Samsung, dan PT Putra Perkasa Abadi (PPA),  menggaris bawahi dampak yang dirasakan oleh perusahaan tersebut setelah mengadopsi solusi digital berbasis data dan konektivitas guna meningkatkan efisiensi operasional, keamanan sistem, serta kualitas layanan.

Kampanye kolaborasi ini di amplifikasi di berbagai media, baik offline dan digital.  Salah satu wujud kolaborasi yang terjalin adalah kisah sukses PPA dalam memanfaatkan solusi Private Network dari Telkomsel Enterprise.

Kisah ini diangkat dalam kampanye #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih, yang menyoroti dampak nyata berupa peningkatan produktivitas operasional yang signifikan.

Secara keseluruhan, kampanye #PastiAdaSolusi telah memberikan dampak yang signifikan, termasuk peningkatan visibilitas merek, tumbuhnya kepercayaan dari para pemangku kepentingan, serta meningkatnya adopsi terhadap solusi digital Telkomsel di kalangan pelaku bisnis nasional.

Kampanye ini menjadi tolok ukur baru dalam dunia PR B2B, karena mampu menggabungkan pendekatan berbasis data dengan storytelling yang inovatif dalam menghadapi tantangan bisnis secara efektif.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam, menyatakan, “Penghargaan ini adalah bukti bahwa komunikasi yang autentik dan berbasis solusi nyata mampu membangun kepercayaan serta mengakselerasi adopsi digital di kalangan pelaku industri.

Kampanye #PastiAdaSolusi mencerminkan komitmen Telkomsel dalam menjalankan visinya sebagai digital telco terdepan yang memberdayakan masyarakat dan mendorong transformasi digital Indonesia melalui solusi yang relevan, inklusif, dan berkelanjutan.”

PR Awards sendiri adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh MARKETING-INTERACTIVE, untuk mengapresiasi karya terbaik dalam industri PR dari perusahaan dan agensi di seluruh Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Oseania.

Dalam edisi 2025, penjurian dilakukan oleh panel independen dari berbagai industri, yang menilai kreativitas, dampak, dan keberhasilan strategi komunikasi dari masing-masing peserta. (Icha)

XL SATU Spesial April, Berikan Internet Kencang, Bonus Berlimpah

0

Telko.id – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) melalui XL SATU memberikan penawaran spesial April 2025 seiring dengan semakin tingginya permintaan dari masyarakat akan paket internet yang terjangkau dengan beragam manfaat yang ditawarkan.

Pelanggan kini dapat menikmati berbagai kemudahan dan keuntungan melalui promo spesial harga hemat yang ditawarkan. Nikmati internet bebas FUP atau tanpa batas kuota, bonus e-voucher menarik, serta kuota HP sekeluarga.

“Kami ingin memberikan solusi yang tepat melalui penawaran ini agar lebih banyak masyarakat dapat menikmati koneksi internet berkualitas tinggi dengan proses registrasi yang praktis. XL SATU memberikan penawaran spesial bulan April ini sebagai solusi untuk pelanggan,” kata Julius Goeinawan, Group Head Home Business Management XLSMART.

Julius menambahkan penawaran ini dirancang khusus untuk memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggan keluarga Indonesia dalam memanfaatkan koneksi super cepat dari XL SATU, sehingga lebih banyak orang dapat menikmati dan memanfaatkan layanan XL SATU.

Baca juga : XL SATU Hadirkan Promo Super Hemat NO DEBAT, Ini Bonusnya!

Pelanggan XL SATU bisa menikmati internet rumah super cepat unlimited dengan harga lebih hemat! Semua paket internet berikut hadir dengan bonus 2 kartu SIM dan kuota bersama yang bisa digunakan hingga 2 anggota.

Seperti apa pilihan paket yang disediakan?

Paket VALUE Bayar 9 Dapat 12 Bulan

  • Harga Promo mulai dari Rp 2.061.000 (Normal: Rp 2.748.000)
  • Setara mulai dari Rp 172.000/bulan
  • Kecepatan internet unlimited mulai dari hingga 30 Mbps (BONUS booster hingga 50 Mbps selama 12 bulan)
  • Kuota HP Sekeluarga mulai dari 10 GB

Paket SMART Bayar 9 Dapat 12 Bulan

  • Harga Promo mulai dari Rp 2.151.000 (Normal: Rp 2.868.000)
  • Setara mulai dari Rp 179.000/bulan
  • Kecepatan internet unlimited mulai dari hingga 50 Mbps (BONUS booster hingga 75 Mbps selama 12 bulan)
  • Kuota HP Sekeluarga mulai dari 15 GB

Paket FAMILY Bayar 9 Dapat 12 Bulan

  • Harga Promo mulai dari Rp 2.871.000 (Normal: Rp 3.828.000)
  • Setara mulai dari Rp 239.000/bulan
  • Kecepatan internet unlimited mulai dari hingga 100 Mbps (BONUS booster hingga 150 Mbps selama 12 bulan)
  • Kuota HP Sekeluarga mulai dari 25 GB

Melengkapi pilihan promo yang tersedia, XL SATU juga menghadirkan promo unggulan lainnya, yaitu Gelegar Hemat (Gemerlap Bonusnya, Kencang Internetnya).

Melalui promo ini, pelanggan dapat menikmati beragam manfaat, khususnya akses ke layanan OTT dan TV Channel yang menyajikan konten hiburan menarik, content powered by First Media.

Selain terus berinovasi, XL SATU juga terus memperluas jaringannya ke beberapa kota di Indonesia. Saat ini jaringan XL SATU telah melayani lebih sekitar 127 kota di berbagai wilayah di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Bali, Batam dengan total sekitar 6 juta homepass. (Icha)

Persaingan Ketat Smartphone di Q1, Merek Inilah Jagoannya!

Telko.id – Beberapa negara berkembang menunjukkan penurunan kinerja penjualan. Pasar smartphone global mencatat pertumbuhan 3% pada kuartal-1 (Q1) 2025 secara tahun ke tahun (YoY) menurut firma riset Counterpoint.

Menurut Senior Research Analyst, Ankit Malhotra, peluncuran seri Samsung S25 dan iPhone 16 Series menjadi momentum meningkatnya pernjualan smartphone diseluruh dunia. Namun, langsung merosot menjelang akhir Q1 2025 karena adanya ketidakpastian ekonomi dan perang dagang.

“Kami terus menganalisa perubahan kebijakan dan saat ini kami memprediksi pasat smartphone akan menurun sepanjang 2025, meski Q1 menunjukkan pertumbuhan,” ucapnya, dikutip dari laman resmi Counterpoint, Selasa (15/4/2025).

Meskipun begitu, kinerja global didorong oleh pertumbuhan signifikan di China berkat subsidi yang digelontorkan oleh Presiden Xi Jinping. Selain itu, beberapa pasar juga menunjukkan tren pemulihan seperti, Amerika Latin, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Baca juga : Transsion: Pemain Baru yang Menggebrak Pasar Smartphone Indonesia

Untuk saat ini Apple berhasil menempati urutan pertama sebagai raja HP global, meski mengalami tantangan besar di China sebagai pasar HP terbesar di dunia.

Pertumbuhan Apple dipicu dengan adanya peluncuran ponsel dengan harga terjangkau iPhone 16e diawal tahun.

Namun, penjualan iPhone di negara – negara kunci Apple seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, dan China menunjukkan stagnansi atau penurunan. Akan tetapi Apple mencatat pertumbuhan double-digit di Jepang, India, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara.  Alhasil, Apple berhasil tumbuh 4% YoY secara global dengan meraup pangsa pasar sebesar 19%.

Disisi lain, penjualan smartphone Samsung mengalami lesu di awal tahun karena keterlambatan peluncuran Samsung Galaxy S25 kemarin.

Samsung tergeser dari posisi pertama pada Q1 2024 menjadi urutan ke-2 di Q1 2025 dengan pangsa pasar sebesar 18%. Hal tersebut menunjukkan penurunan 5% YoY.

Samsung tetap menunjukkan pertumbuhan double-digit pada Maret 2025 karena peluncuran seri Galaxy S25 dan seri Mid-range Galaxy A series. Penjualan varian Ultra yang paling premium di Galaxy S25 juga menunjukkan peningkatan.

Menurut data laporan awal International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Samsung berhasil merebut kembali posisi puncak sebagai raja pasar ponsel pintar global pada Q1 2025.

Data IDC mencatat pengiriman posel pintar global tumbuh 1,5% YoY menjadi 304,9 juta unit, yang didorong oleh strategi produsen yang mengantisipasi potensi tarif impor dari AS terhadap barang asal China.

Menurut Fransisco Jeronimo, Wakil Presiden Client Devices  IDC, ketidakpastian geopolitik dan ancaman kenaikan tarif impor AS mendorong vendor untuk mempercepat produksi dan pengiriman terutama ke pasar AS.

Di posisi ke-3 dan ke-4 masing – masing diduduki oleh Xiami dan Vivo yang secara berurutan meraup pangsa pasar 14% dan 8%. Xiaomi mencatat pertumbuhan sebesar 5% dan Vivo 6% YoY.

Penguatan kinerja Xiaomi merupakan hasil kerja keras pabrikan China itu untuk melakukan ekspansi produknya dibeberapa pasar baru.

Terakhir di posisi ke-5 ada Oppo dengan pangsa pasar serupa dengan Vivo yakni sebesar 8%. Meski begitu, kinerjanya menurun tipis 1% YoY. Namun terlihat adanya pertumbuhan di India, Amerika Latin dan Eropa.

Diluar jejeran ‘Top 5’, Honor, Huawei, dan Motorola mulai tumbuh pesat dan menciptakan kompetisi yang kian sengit di pasar global.

Meski secara jangka panjang pasar smartphone akan cenderung stabil, Counterpoint meramalkan sepanjang 2025 pasar smartphone akan kembali mencatat penurunan YoY.

Market Share Smartphone di Indonesia per Maret 2025 (YoY)

Berdasarkan data dari Statcounter, sejak Maret 2024 hingga Maret 2025, di Indonesia pemegang pangsa pasar tertinggi dipegang oleh Oppo 17,48%, peringkat kedua ditempati oleh Samsung dengan 16,8% disusul oleh Xiaomi 14,68% dan Apple hanya dengan 10,41%.

Perkembangan pangsa pasar Oppo diperkirakan akan berada diangka 17 – 19% di pasar smartphone Indonesia pada tahun 2025 ini.

Dibalik harga yang cukup bersaing, produk – produk yang ditawarkan oleh Oppo juga tidak kalah dengan pesaing lainnya.

Terlambatnya peluncuran seri Galaxy S25 dari Samsung menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penurunan penjualan Samsung di awal tahun ini. Samsung mengalami penurunan nilai pangsa pasar hingga 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Perilisan iPhone 16 Series, Apple meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia dari 7,32% di bulan Januari 2025 menjadi 10,34% per Maret 2025.

Ups, Meta Bakal Gunakan Data Pengguna Di Eropa Buat Latih AI nya

Telko.id – Meta mengumumkan akan mulai menggunakan data yang dikumpulkan dari para penggunanya di Uni Eropa untuk melatih sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada Selasa (15/4).

Perusahaan teknologi raksasa ini akan mulai memberi tahu pengguna Eropa melalui email dan aplikasi keluarga tentang pengumuman tersebut, dengan pesan yang akan menyertakan penjelasan tentang jenis data apa saja yang digunakan sebagai bagian dari pelatihan AI mereka.

Selain itu, pengguna juga diberikan pilihan untuk keluar dari proses tersebut dengan mengisi formular yang dapat diisi oleh pengguna.

Selama ini, Meta dikenal hati – hati dalam menavigasi ketatnya aturan perlindungan data pribadi di Eropa. Namun kali ini, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu tampaknya mulai membuka jalur baru demi ambisinya mengejar dominasi di dunia AI.

Baca juga : Meta AI Resmi di Indonesia: Asisten Cerdas untuk Kreativitas Tanpa Batas

“Kami telah membuat formular keberatan ini mudah ditemukan, dibaca, dan digunakan, dan kami akan menghargai semua formular keberatan telah kami terima,  serta formulir yang baru diajukan.” kata Meta sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (14/4/2025).

Meta AI tidak akan menggunakan pesan pribadi dalam set pelatihannya, atau interaksi apapun, public atau lainnya, yang dibuat oleh pengguna dibawah usia 18 tahun.

Alasan dibalik penggunaan data pengguna ini karena Meta mengklaim bahwa informasi tersebut akan memungkinnya untuk menyempurnakan model masa depannya agar dapat melayani pelanggan Eropa dengan lebih baik.

“Kami percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk membangun AI yang tidak hanya tersedia untuk orang Eropa, tetapi juga dibuat untuk mereka. Itulah mengapa sangat penting bagi model AI generatif kami untuk dilatih dengan berbagai data sehingga mereka dapat memahami nuansa dan kompleksitas yang luar biasa dan beragam yang membentuk komunitas Eropa.” kata Meta.

Tidak seperti di Amerika Serikat, fitur Meta AI di Eropa masih terbatas. Pengguna hanya bisa berinteraksi dalam bentuk teks, tanpa kemampuan menghasilkan gambar seperti yang tersedia di pasar AS.

Dibalik langkah agresif ini, Meta menggelontorkan dana investasi sebesar $60 hingga $65 miliar pada tahun 2025, sebagian besar untuk mendukung pengembangan pusat data dan infrastruktur AI.

Meta mencatat bahwa perusahaan perusahaan AI lainnya, termasuk Google dan OpenAI juga telah menggunakan data dari Eropa untuk menyempurnakan sistem mereka sendiri.

Langkah ini mempertegas bahwa persaingan AI global tidak hanya soal teknologi, tetapi juga soal bagaimana perusahaan dapat menavigasi batas – batas privasi di berbagai belahan dunia. (AGI/Icha)

Ajang Silaturahmi Sambil Main Golf Saat Momen Lebaran Ketupat

Telko.id – Hyper Tech Creative kembali menggelar turnamen olahraga Golf untuk kedua kalinya sebagai ajang mempertemukan para golfer, baik dari komunitas maupun pelaku industri teknologi dan telekomunikasi.

Event yang mengusung tema “KETUPAR! FUN GOLF – Kumpul Bareng Cari PAR Pas Lebaran Ketupat!” ini diadakan di Pondok Cabe Golf Course, Tangerang Selatan, pada Kamis, 17 April 2025.

KETUPAR! FUN GOLF – Kumpul Bareng Cari PAR Pas Lebaran Ketupat! bukan hanya sekedar kompetisi Golf mencari pemain terbaik saja, namun juga sebagai wadah berjejaring untuk komunitas pecinta Golf dan pelaku industri teknologi.

“Terima kasih untuk antusiasme tinggi dari teman-teman golfer di ajang kedua Hyper Tech Creative. Meskipun di hari kerja, event ini tetap ramai dan seru sekali,” ujar Denny Mahardy, Inisiator Hyper Tech Creative.

Indra Khairuddin, Ketua Pelaksana, KETUPAR! FUN GOLF – Kumpul Bareng Cari PAR Pas Lebaran Ketupat! menyampaikan, “Di ajang ini diharapkan para pegolf yang merupakan penikmat teknologi bisa semakin akrab dengan peserta dari pelaku industri teknologi sambil menciptakan berbagai peluang kolaborasi”.

Turnamen ini diikuti oleh 42 golfer yang saling adu skill dan strategi untuk memperebutkan berbagai kategori penghargaan.

Seluruh peserta yang dibagi menjadi 11 grup flights begitu antusias mengikuti jalannya permainan di lapangan.

“Acaranya seru banget, kita jadi punya teman baru,” ujar Veronica Kastero, salah satu golfer Wanita yang mengikuti turnamen KETUPAR! FUN GOLF.

Adapun kategori pemenang dalam Techie Golf Tournameet 2024 diantaranya Best Nett Flight A, Best Gross Overall, Nearest To The Pin, Nearest To The Line, Best Nett Ladies, hingga Longest Drive.

Kemeriahan “KETUPAR! FUN GOLF – Kumpul Bareng Cari PAR Pas Lebaran Ketupat!” juga menghadirkan beragam hadiah Doorprize.

Mulai dari Golf Equipment, Voucher Belanja Tokopedia, Smartwatch, Speaker Portable, hingga laptop sebagai Grand Prize.

“KETUPAR! FUN GOLF – Kumpul Bareng Cari PAR Pas Lebaran Ketupat!” disponsori oleh Telkom Indonesia dan Garmin.

Selain itu, acara ini juga didukung oleh Xiaomi, NIKO Electronic, dan Tokopedia & Shop Tokopedia.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga acara ini bisa berlangsung dengan sukses, aman, dan lancar. (Icha)