spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 4

OPPO Zoom, Nonton Dari Tribun pun Tetap Seru!

0

Telko.id – Nonton BRI Super League 2025 dari tribun tidak akan mengecewakan karena ada teknologi OPPO Zoom yang mampu menangkap sorak, aksi, dan emosi pertandingan dengan kualitas sekeren liga dunia.

Sebagai Official Smartphone Partner, OPPO hadir memperkaya pengalaman nonton bola, dari atmosfer tribun hingga setiap detik yang pantas dibagikan lewat #LagaPenuhMomen

Di laga Borneo FC Samarinda sukses mengalahkan Bhayangkara Presisi Lampung FC dengan skor akhir 1-0, diikuti oleh pertandingan PSM Makassar dan PERSIJAP Jepara yang berakhir dengan skor imbang 1-1, sementara laga PSIM Yogyakarta berhasil mengalahkan PERSEBAYA Surabaya berlangsung sengit dengan skor akhir 1-0

OPPO Reno14 Series abadikan pertandingan BRI Super League

Di tengah atmosfer penuh energi ini, OPPO menghadirkan pengalaman seru, mulai dari Fan Zone yang ramai diserbu pengunjung, tantangan interaktif berhadiah, hingga kamera OPPO Zoom dan Reno14 Series yang memungkinkan para fans mengabadikan sorak, aksi, dan ekspresi dari tribun ke media sosial. Buat pecinta bola, OPPO bukan sekadar brand, tapi partner seru yang bikin momen stadion jadi lebih dekat dan tak terlupakan.

“Antusiasme luar biasa dari para fans di laga pembuka menunjukkan bahwa sepak bola dan OPPO adalah kombinasi yang saling melengkapi. Kami percaya, pecinta bola pasti cinta OPPO. Dengan Reno14 Series dan teknologi Zoom, setiap momen di stadion bisa ditangkap dengan sempurna dan dibagikan sebagai #LagaPenuhMomen yang tak terlupakan” ujar Patrick Owen, Vice President OPPO Indonesia.

Shot on OPPO – Jernih dan jelas

Player of the Match

Keseruan tidak hanya berhenti di tribun atau luar lapangan, aksi di dalam lapangan pun turut jadi bagian dari perayaan #LagaPenuhMomen bareng OPPO! OPPO memberikan apresiasi khusus untuk pemain terbaik di setiap laga pembuka. Di Super Match, Kei Hirose dari Borneo FC dan Victor Luiz dari PSM Makassar tampil gemilang dan dinobatkan sebagai Player of the Match.

Sementara di Big Match, Yusaku Yamadera dari PERSEBAYA tampil solid yang layak mendapat pengakuan sebagai Player of The Match.

Ketiganya menerima hadiah OPPO Reno14 Series sebagai bentuk penghargaan atas performa luar biasa mereka. Karena buat OPPO, setiap momen hebat, dari tribun hingga lapangan,  pantas dirayakan dan dikenang.

OPPO Fan Zone: Titik Seru yang Padat Pengunjung dan Hadir di Setiap Stadion

Sebelum peluit pertama dibunyikan, ratusan fans sudah memadati OPPO Fan Zone, tempat di mana teknologi bertemu semangat tribun.

Ada yang sibuk mencoba kamera OPPO Reno dan Find Series, ada yang tertawa bareng teman saat ikut tantangan “Score with OPPO”, dan tak sedikit yang langsung unggah foto dari photo corner dengan tagar #LagaPenuhMomen.

Antusiasme Pendukung di OPPO Fan Zone

Fan Zone ini bukan cuma untuk hari ini. OPPO siap hadir di 18 setiap stadion sepanjang 306 pertandingan BRI Super League, sepanjang musim. Karena buat OPPO, mendukung sepak bola bukan sekadar hadir, tapi bikin tiap momen jadi lebih seru, personal, dan pantas dikenang.

OPPO Chamber & Chant Challenge: Suara Fans Jadi Konten Penuh Semangat

Setelah seru-seruan di Fan Zone, OPPO Chant Chamber jadi tempat pelampiasan semangat berikutnya. Di ruang ini, para fans bebas meneriakkan yel-yel dukungan mereka sekuat tenaga, dikelilingi oleh smartphone OPPO yang siap menangkap tiap ekspresi dengan detail.

Banyak yang bilang ini jadi salah satu pengalaman paling seru malam itu, menjadi gabungan antara rasa bangga, fun, dan kecanggihan teknologi.

Dari suara tribun yang menggema, hingga hasil rekaman chant yang langsung jadi konten siap unggah, fans puas karena bisa mengekspresikan dukungan dengan cara yang baru dan personal bareng OPPO.

Keseruan saat mengabadikan momen di OPPO Chamber

Score with OPPO: Saat Fans Jadi Bintang Lapangan

Setelah mengekspresikan dukungan di OPPO Chant Chamber, fans melanjutkan keseruan di Score with OPPO, tantangan mencetak gol ke gawang mini yang jadi pusat perhatian.

Antusiasme tinggi terlihat dari antrean pengunjung yang ingin unjuk skill dan membawa pulang merchandise eksklusif dari OPPO sebagai bentuk apresiasi atas semangat mereka.

Sementara itu, Player Standee berukuran asli dari para pemain BRI Super League tersebar di berbagai titik Fan Zone dan stadion. Fans pun berbondong-bondong berfoto dengan “idola” mereka, lalu mengunggahnya ke media sosial dengan hashtag #LagaPenuhMomen.

Antusiasme luar biasa ini membuktikan bahwa OPPO dan sepak bola bukan hanya dekat, tapi sudah jadi bagian dari pengalaman yang tak terpisahkan bagi para fans

Antusiasme Pendukung di OPPO Fan Zone

Maksimalkan Momen Sepak Bola Lewat OPPO Zoom

Dari tribun hingga media sosial, seluruh inisiatif OPPO dirancang untuk menjadikan sepak bola lebih dari sekadar tontonan, tapi jadi pengalaman yang bisa dirasakan, dibagikan, dan dikenang.

Aktivasi yang konsisten di setiap pertandingan membuktikan bahwa OPPO tak sekadar hadir sebagai sponsor, tapi sebagai bagian dari semangat kebersamaan para pendukung di seluruh stadion.

Lewat momen “Foto Bola dengan OPPO Zoom”, para fans bisa mengabadikan sorakan, selebrasi, hingga aksi di lapangan dengan detail memukau.

Didukung teknologi Zoom pada Find X8 Series dan AI Imaging pada Reno14 Series, OPPO membawa pengalaman nonton bola ke level baru, yang menyatukan teknologi dan emosi dalam setiap #LagaPenuhMomen.

Shot on OPPO

Miliki Partner Nonton Bola yang Sempurna: OPPO Reno14 Series

Setelah membuktikan kemampuannya mengabadikan setiap #LagaPenuhMomen di stadion, kini saatnya menjadikan OPPO Reno14 Series sebagai partner nobar yang siap menemani kamu kapan saja, di mana saja.

OPPO menghadirkan Reno14 Pro 5G (12GB/512GB) seharga Rp10.999.000, Reno14 5G mulai dari Rp7.499.000, dan Reno14 F 5G mulai Rp5.599.000.

Seluruh perangkat sudah tersedia di OPPO Store, OPPO Gallery, OPPO Experience Store, OPPO Online Store, serta e-commerce dan mitra resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Tak hanya canggih, Reno14 Series juga hadir dengan penawaran spesial hingga Rp3 juta, termasuk cashback hingga Rp750.000, akses Google AI Pro selama 3 bulan, dan 2TB Cloud Storage. (Icha)

IndoTelko Group Gelar Turnamen Mini Soccer “Menkomdigi CUP 2025”

Telko.id – IndoTelko Group menggelar Turnamen Mini Soccer “Menkomdigi CUP 2025” sebagai bagian dari perayaan Hari Bhakti Postel ke-80. Sebanyak 12 tim dari perusahaan telekomunikasi berlaga di Lapangan Aldiron, Jakarta Selatan, Sabtu (9/8).

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Wayan Toni Supriyanto.

Wayan menyatakan, turnamen ini menjadi wadah silaturahmi untuk memperkuat ekosistem telekomunikasi dan digital di Indonesia.

“Kegiatan ini bagian dari sejarah yang harus kita jaga,” ujarnya. Sebagai penyuka sepak bola, ia menekankan pentingnya sportivitas dalam kompetisi ini.

Co-Founder IndoTelko Group, Heru Sutadi, mengungkapkan bahwa ini adalah tahun ke-16 ajang olahraga digelar untuk memeriahkan Hari Bhakti Postel.

“Kami menerapkan seleksi ketat agar pertandingan berjalan fair,” jelas Heru. Peserta terdiri dari pegawai perusahaan telekomunikasi dan jurnalis yang terlibat dalam perayaan Hari Bhakti Postel.

Ketua Umum Panitia Hari Bhakti Postel 2025, Setia Gunawan, menyebut turnamen ini merupakan rangkaian acara menuju puncak perayaan pada 27 September di Bandung.

Sebelumnya, telah digelar Konferensi Transformasi Digital Indonesia (DTI-CX) dan Detik Leaders Forum. “Masih ada funwalk di Jakarta dan IdFest sebagai bagian dari perayaan,” tambah Setia.

Hari Bhakti Postel diperingati setiap tahun pada 27 September untuk mengenang perjuangan merebut gedung telekomunikasi dan pos dari penjajah Jepang pada 1945.

Turnamen Menkomdigi Cup 2025 ini juga menjadi ajang kolaborasi antar-pemain kunci industri, termasuk para penerima penghargaan seperti 9 penerima Satyalancana Pembangunan di bidang ICT. Dengan semangat kebersamaan, acara ini diharapkan mempererat hubungan antar-pelaku industri.

Telkomsel Jaga Bumi Dukung Gerakan Wisata Bersih di Tanjungpinang dan Manado

0

Telko.id – Telkomsel memperkuat komitmen keberlanjutan melalui inisiatif CSR Telkomsel Jaga Bumi dengan mendukung Gerakan Wisata Bersih (GWB) di Pulau Penyengat, Tanjungpinang, dan Pantai Karangria, Manado.

Kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata RI ini sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dijalankan perusahaan.

Gerakan Wisata Bersih merupakan inisiatif nasional Kementerian Pariwisata RI untuk memperkuat tata kelola destinasi wisata yang bersih, sehat, dan berkelanjutan. Program ini melibatkan edukasi lingkungan, penguatan kesadaran masyarakat, serta pengelolaan sampah terintegrasi.

Menteri Pariwisata RI, Widiyanti Putri Wardhana, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Telkomsel. “Kami mengapresiasi peran Telkomsel melalui inisiatif Telkomsel Jaga Bumi yang konsisten menghadirkan kontribusi nyata dan inovatif,” ujarnya.

Dukungan Nyata Telkomsel Jaga Bumi

Dalam pelaksanaan GWB, Telkomsel memberikan berbagai kontribusi konkret:

Content image for article: Telkomsel Jaga Bumi Dukung Gerakan Wisata Bersih di Tanjungpinang dan Manado
  • Keterlibatan langsung karyawan sebagai relawan aksi bersih-bersih
  • Pembagian produk daur ulang limbah SIM card seperti phone holder dan tempat sampah
  • Optimalisasi jaringan di lokasi kegiatan
  • Showcase produk ramah lingkungan berbasis limbah plastik

Di Pulau Penyengat, aksi bersih-bersih berhasil mengumpulkan 2 ton sampah, sementara di Pantai Karangria terkumpul 2,5 ton sampah yang kemudian diproses di fasilitas pengelolaan sampah setempat.

Komitmen Berkelanjutan untuk Pariwisata Indonesia

Direktur Human Capital Management Telkomsel, Indrawan, menegaskan komitmen perusahaan. “Kami percaya bahwa tanggung jawab sosial perusahaan harus berjalan seiring dengan pemberdayaan masyarakat serta pelestarian budaya dan alam,” ujarnya.

Content image for article: Telkomsel Jaga Bumi Dukung Gerakan Wisata Bersih di Tanjungpinang dan Manado

Selain GWB, inisiatif ini juga memberikan edukasi lingkungan di SMKN 1 Bintan Timur dan SMA Katolik Rex Mundi Manado.

Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi keberlanjutan Telkomsel yang mencakup pengelolaan energi, pengurangan emisi, dan pengolahan limbah.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan berbagai inisiatif serupa seperti kolaborasi dengan PlusTik di Labuan Bajo dan program public clean-up bersama Gladian PANJI TERRA.

Dukungan terhadap GWB menunjukkan komitmen Telkomsel dalam menciptakan pariwisata berkelanjutan yang tidak hanya indah dipandang, tetapi juga lestari dan berdaya saing tinggi untuk generasi mendatang. (Icha)

Samsung One UI 8 Beta Hadir untuk Galaxy S24, Z Fold6, dan Z Flip6

0

Telko.id – Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan perluasan program One UI 8 Beta ke lebih banyak perangkat Galaxy, termasuk Galaxy S24 series, Galaxy Z Fold6, dan Z Flip6. Program ini akan dimulai minggu depan di Korea, AS, Inggris, dan India.

Software ini sebelumnya telah diperkenalkan untuk Galaxy S25 series pada Mei lalu. Kini, Samsung memperluas jangkauannya sebagai bagian dari upaya menghadirkan pengalaman AI yang lebih intuitif dan multimodal di berbagai perangkat Galaxy. Pengguna dapat mendaftar melalui aplikasi Samsung Members.

Menurut Samsung, software ini dirancang untuk memahami konteks penggunaan secara real-time dan mendukung interaksi yang lebih alami. Fitur ini semakin optimal saat dipasangkan dengan Galaxy Buds3 atau Buds3 Pro, memungkinkan pengguna mengaktifkan Google Gemini hanya dengan perintah suara atau menekan earbud.

Perluasan ke Lebih Banyak Perangkat

Pada September mendatang, program beta akan diperluas ke Galaxy S23 series, Z Fold5, Z Flip5, serta seri A seperti A36 5G, A55 5G, A35 5G, dan A54. Pembaruan ini menawarkan saran personal dan proaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Versi resmi One UI 8 direncanakan rilis pada September, dimulai dari Galaxy S25 Series sebelum menyebar ke perangkat lain.

Samsung juga akan memperluas software ini ke produk jam pintar ke lebih banyak model Galaxy Watch di luar Galaxy Watch8 Series pada akhir tahun ini.

Seperti dilansir dalam artikel sebelumnya, pembaruan ini menghadirkan fitur kesehatan yang memotivasi serta antarmuka smartwatch yang lebih mulus dan intuitif.

Peningkatan performa dan stabilitas One UI 8 juga telah dibahas dalam bocoran terbaru. Pembaruan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih cepat dan stabil bagi pengguna Galaxy. (Icha)

IM3 SATSPAM, Fitur AI untuk Tangkal Penipuan Digital

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 meluncurkan SATSPAM (Satuan Anti Scam dan Spam), fitur perlindungan digital berbasis AI yang terintegrasi langsung di jaringan IM3.

Fitur ini dirancang untuk memblokir spam dan scam melalui SMS maupun panggilan telepon secara otomatis.

Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer IOH, mengatakan, “SATSPAM adalah bagian dari teknologi AIvolusi5G yang menggabungkan AI canggih dan jaringan 5G. Ini bukan sekadar fitur, tapi langkah nyata membangun kepercayaan digital masyarakat.”

Peluncuran fitur ini diwarnai Parade SATSPAM di Car Free Day Thamrin, Jakarta, bersama Najwa Shihab sebagai duta kampanye #NomorModusNoMore.

Data menunjukkan 65% masyarakat Indonesia menerima upaya penipuan digital setiap minggu, dengan kerugian mencapai Rp476 miliar dalam tiga bulan terakhir.

SATSPAM hadir dalam dua varian: SATSPAM BASIC (aktif otomatis untuk pengguna IM3 Prabayar dengan paket data) dan SATSPAM+ (proteksi lebih tinggi termasuk deteksi tautan berbahaya).

Content image for article: IM3 Luncurkan SATSPAM, Fitur AI untuk Tangkal Penipuan Digital

Proteksi Otomatis Tanpa Aplikasi Tambahan

Berbeda dengan solusi sejenis yang memerlukan instalasi aplikasi, SATSPAM bekerja langsung di jaringan IM3. Sistem ini mampu:

  • Mendeteksi nomor mencurigakan secara real-time
  • Memfilter SMS phishing dan panggilan scam
  • Memberikan peringatan otomatis ke pengguna

Najwa Shihab menekankan, “64% korban spam di Indonesia menerima gangguan via telepon atau SMS. SATSPAM menjawab kebutuhan perlindungan yang inklusif dan mudah diakses.”

Pengguna bisa melaporkan nomor mencurigakan melalui aplikasi myIM3 untuk memperkuat sistem.

Content image for article: IM3 Luncurkan SATSPAM, Fitur AI untuk Tangkal Penipuan Digital

Harga dan Ketersediaan

SATSPAM BASIC sudah aktif untuk pelanggan IM3 Prabayar dengan paket data minimal Rp35.000. Sementara SATSPAM+ tersedia untuk:

  • Pengguna Prabayar dengan paket internet Rp50.000+
  • Pelanggan Pascabayar IM3 Platinum

Fitur ini sejalan dengan upaya pemerintah melalui e-SIM dan pemutakhiran data untuk meningkatkan keamanan digital. SATSPAM ini menunjukkan potensi teknologi dalam menangkal kejahatan digital.

Content image for article: IM3 Luncurkan SATSPAM, Fitur AI untuk Tangkal Penipuan Digital

Dengan SATSPAM, IM3 menargetkan pengurangan 30% kasus penipuan digital di jaringan mereka hingga akhir 2025. (Icha)

Telkom Luncurkan KID 2025, Kenalkan AI, IoT, dan Cybersecurity ke Siswa

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi meluncurkan program Kunjungan Industri Digital (KID) 2025 untuk memperkenalkan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Big Data, dan Cybersecurity kepada siswa SMA/SMK.

Program ini diikuti oleh 117 sekolah, 640 guru, dan 5.524 siswa dari wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jakarta.

Peluncuran dilakukan secara daring melalui platform MyDigiLearn pada Rabu (6/8). EVP Telkom Regional II Edie Kurniawan menyatakan, program ini bertujuan mempersiapkan talenta pendidikan dalam menghadapi perkembangan teknologi.

“Transformasi digital hanya bisa terwujud jika kita bergerak bersama. Guru, siswa, dan pelaku industri harus terhubung untuk menciptakan ekosistem belajar yang adaptif,” ujarnya.

Dr. Muhammad Muchlas Rowi, Staf Khusus Mendikdasmen Bidang Transformasi Digital dan Kecerdasan Artifisial, turut membuka acara sekaligus memaparkan kebijakan pembelajaran koding dan AI.

Program KID 2025 dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam memahami penerapan teknologi di dunia industri.

Content image for article: Telkom Luncurkan KID 2025 untuk Perkenalkan Teknologi AI, IoT, dan Cybersecurity ke Siswa

Seri Pelatihan Interaktif

Program ini terdiri dari dua seri kegiatan selama tiga bulan. Series 1: AI & IoT akan berlangsung Agustus hingga September 2025, mencakup pengenalan teknologi, simulasi implementasi, dan pelatihan etika digital.

Series 2: Cybersecurity pada Oktober 2025 akan membahas kesadaran keamanan digital, identifikasi ancaman siber, dan latihan kolaboratif sebagai tim detektif cyber.

Peserta juga mendapatkan pemaparan dari praktisi Telkom, termasuk Akhmad Aryandi (Operation Senior Manager Cyber Security Services), Agus Laksono (Tribe Leader Big Data & Smart Platform), dan Ibnu Alinursafa (Tribe Leader IoT Platform Services).

Mereka membahas pentingnya keamanan cyber, pemanfaatan big data, dan inovasi IoT di dunia pendidikan.

Kunjungan ke Telkom CorpU Bandung

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan kunjungan ke Telkom Corporate University Center (Telkom CorpU) Bandung bagi sekolah terbaik selama program.

Telkom juga menyediakan solusi digitalisasi pendidikan melalui layanan Indibiz, termasuk platform Pijar Sekolah dan KiDi IoT untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi.

Program ini diharapkan meningkatkan literasi teknologi digital di sekolah, memperkuat sinergi pendidikan-industri, dan membuka peluang karir digital bagi siswa.

Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar, Telkom berkomitmen mendukung ekosistem pendidikan nasional melalui inisiatif-inisiatif serupa.

Sebelumnya, Telkom juga telah meluncurkan program Baktiku Negeriku 2025 untuk digitalisasi desa. (Icha)

POCO Bocorkan Rahasia Pro Player Esports untuk Tingkatkan Skill

0

Telko.id – POCO membagikan tips dari pro player esports untuk meningkatkan skill bermain game. Dalam rilis resminya, brand smartphone ini mengungkap strategi yang digunakan atlet esports profesional untuk meraih kemenangan di turnamen dunia.

Menurut POCO, kunci utama menjadi pro player adalah konsistensi latihan dan analisis mendalam. “Pro player itu disiplin. Mereka memiliki jadwal latihan terstruktur dan selalu mengevaluasi setiap pertandingan,” jelas pernyataan resmi POCO.

Strategi Latihan Efektif

POCO menekankan pentingnya membuat jadwal latihan yang konsisten. Pemain harus fokus pada jam-jam tertentu dan mematuhinya tanpa tergantung mood.

Selain itu, menonton ulang rekaman permainan (gameplay review) menjadi langkah penting untuk mengidentifikasi kesalahan dan memperbaiki strategi.

Tak hanya skill teknis, tips pro player esports lainnya adalah pro player juga melatih kemampuan decision-making dan manajemen emosi.

Latihan mindfulness atau meditasi singkat dapat membantu menjaga stabilitas emosi selama pertandingan.

Content image for article: POCO Bocorkan Rahasia Pro Player Esports untuk Tingkatkan Skill

Perangkat Pendukung Performa

POCO juga menyoroti pentingnya perangkat yang mumpuni untuk mendukung performa gaming. Smartphone dengan chipset kuat, layar responsif, dan baterai tahan lama menjadi faktor penentu.

POCO M7 Pro 5G, X7 Series, dan F7 Series disebut sebagai pilihan ideal dengan fitur Game Turbo Mode dan teknologi terkini.

“Device yang tepat membantu pemain mengeluarkan potensi maksimal tanpa gangguan lag atau frame drop,” tambah POCO.

Brand ini mendorong anak muda Indonesia untuk terus berlatih dan memanfaatkan teknologi sebagai partner meraih mimpi di dunia esports. (Icha)

AdMedika Raih Penghargaan BUMN Awards 2025

0

Telko.id – PT Administrasi Medika (AdMedika), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Excellence Performance Award: Excellence in Health Insurance Infrastructure dalam ajang BUMN Awards 2025.

Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AdMedika, Danang Rizki Ginanjar, pada Kamis (31/7) di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta.

BUMN Awards 2025 digelar oleh Investortrust.id sebagai bentuk apresiasi terhadap peran strategis BUMN dan anak perusahaannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan kinerja unggul, inovasi berkelanjutan, serta penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

AdMedika dinilai konsisten sebagai Digital Health Third Party Administrator (TPA) dengan jaringan terbesar di Indonesia, menyediakan infrastruktur layanan asuransi kesehatan berbasis digital yang terintegrasi.

Melalui inovasi teknologi dan komitmen peningkatan kualitas layanan, AdMedika berkontribusi signifikan dalam pengembangan ekosistem kesehatan digital nasional.

Dalam sambutannya, Danang Rizki Ginanjar menyatakan, “Prestasi ini adalah hasil kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi seluruh karyawan, mitra kerja, serta stakeholder yang mendukung visi AdMedika dalam membangun infrastruktur asuransi kesehatan yang tangguh dan inklusif.”

Ia menambahkan, “Infrastruktur bukan sekadar teknologi, tapi juga tentang membangun kepercayaan dan memberikan solusi nyata bagi masyarakat. Penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk terus berkembang dan berkontribusi bagi ekosistem kesehatan Indonesia.”

Sebagai bagian dari Telkom Group, AdMedika terus memperkuat posisinya sebagai pionir digitalisasi layanan kesehatan.

Sebelumnya, perusahaan ini juga meraih penghargaan di Contact Center World Awards Asia Pacific 2025 dan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti BPD Kalsel serta Prodia untuk memperluas akses layanan kesehatan digital.

Penghargaan ini diharapkan semakin mendorong AdMedika untuk terus berinovasi dan memberikan solusi kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia. (Icha)

Teman Pintar Edukasi 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota

0

Telko.id – Program CSR Pendidikan Teman Pintar dari XLSMART berhasil menjangkau 2.640 pelajar dan pelaku UMKM di empat kota selama Juli 2025.

Kegiatan ini fokus pada literasi digital dan pengembangan talenta muda, melibatkan pemerintah daerah, akademisi, dan komunitas lokal.

Head of Corporate Communication CSR XLSMART, Dani Akhyar, mengatakan, “Program Teman Pintar merupakan inisiatif CSR yang berfokus pada literasi digital, edukasi, dan pendampingan komunitas, khususnya generasi muda dan pelaku usaha mikro.”

Ia menambahkan, kolaborasi dengan berbagai pihak diharapkan dapat mendorong tumbuhnya generasi kreatif dan UMKM tangguh di era ekonomi digital.

Rangkaian Kegiatan di Empat Kota

Di Bogor, Teman Pintar menggelar Seminar Leadership & Communications untuk calon pengurus OSIS SMK Taruna Terpadu 1 pada 27 Juli 2025.

Acara ini digelar bersamaan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan bertujuan meningkatkan literasi digital serta pengembangan kepemimpinan.

Sebelumnya, di Pacitan, workshop bisnis digital digelar pada 3 Juli 2025 untuk pelaku UMKM. Mereka diajak memahami pondasi bisnis digital guna meningkatkan pendapatan usaha.

Sementara di Jakarta, XLSMART mendukung Gelar Wicara Perpusnas RI pada 7 Juli 2025, dengan tema penguatan peran pustakawan dalam literasi digital.

Content image for article: Teman Pintar Edukasi 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota

Di Kabupaten Tegal, program Teman Pintar menyasar siswa SMP dan SMK selama MPLS dengan total peserta 1.900 siswa. Bupati Tegal, Ischak Maulana Rohman, mengapresiasi inisiatif ini dan mengingatkan pelajar untuk bijak berdigital.

“Harapannya, siswa tidak hanya piawai menggunakan handphone, tetapi juga mampu memilah informasi yang benar,” ujarnya.

Dampak dan Harapan ke Depan

Program ini telah menjangkau ribuan penerima manfaat di empat kota, termasuk pelajar dan pelaku UMKM.

XLSMART berharap kegiatan ini mampu memberikan daya saing di era ekonomi digital.

Selain itu, Smartfren turut berkontribusi melalui program berbagi laptop untuk pemerataan akses teknologi.

Dengan semakin gencarnya upaya pembelajaran digital, diharapkan masyarakat dapat lebih siap menghadapi tantangan era digital, termasuk ancaman seperti deepfake dan cyberbullying. (Icha)

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id – Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan. Moto g86 Power, yang ditujukan untuk segmen kelas menengah. Spek lengkap namun dengan harga yang masih terjangkau.

Perangkat ini ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 7400 dengan chipset 4nm paling terkini yang dikenal sebagai prosesor andal untuk perangkat kelas menengah. Memberikan keseimbangan antara kecepatan dan efisiensi daya.

Moto g86 Power 5G menampilkan layar 6,67” pOLED Super HD 1,5K dengan tingkat kecerahan hingga 4500 nits yang dapat memberikan pengalaman menonton yang imersif dan serasa hidup.

Menggabungkan Smart Water Touch 2.0 dan Gorilla Glass 7i meningkatkan ketahanan perangkat sekaligus kepekaan layar sentuh meskipun dalam keadaan terkena cipratan air hingga tahan terhadap goresan.

Pengguna tidak perlu khawatir masalah baterai, karena perangkat ini dilengkapi dengan baterai yang sangat besar, hingga 6720mAh yang mampu bertahan lebih dari 2 hari.

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, Moto g86 Power ini mendukung fast charging, 33W TurboPower.

Baca juga:

Tidak hanya efisiensi penggunaan baterai untuk bermain game, namun perangkat ini hadir dengan performa fotografi yang mulus. Moto g86 POWER 5G hadir dengan sensor Sony LYTIA 600 OIS 50MP.

Didukung dengan moto ai, menghadirkan fitur-fitur cerdas seperti AI Photo Enhancement, AI Super Zoom, Ai Auto Smile Capture.

Satu – satunya smartphone dari segmennya yang dapat merekam video 4K dari semua lensa yang ditambah dengan fitur OIS sehingga menahan guncangan saat pengambilan video.

Kamera 32MP pada bagian depan untuk berswafoto dengan teknologi Quad Pixel dan terdapat mode Photo Booth yang akan menghasilkan swafoto yang cerah dan detail.

Moto g86 Power juga memiliki durabilitas terkuat di kelasnya, dengan sertifikasi MIL-STD-810H, telah lulus uji 16 standar militer dan IP68/IP69 untuk proteksi terhadap air dan debu, yang menjadi standar baru untuk perangkat sejenis dikelasnya.

Tersedia dalam 8GB RAM dan 256GB storage, dilengkapi fitur RAM Boost 3.0, memperluas memori secara virtual hingga 24GB untuk multitasking yang lebih baik.

Moto g86 Power menawarkan deasin ultra premium vegan leather dengan casing kamera yang terintegrasi sehingga terlihat ramping, dan elegan dalam genggaman.

Dengan seluruh fitur yang ada bahkan kapasitas baterai yang masif, bobot dari perangkat ini hanya 198g.

Hadir dalam tiga warna terkurasi Pantone — Golden Cypress, Cosmic Sky, Chrysanthemum, dan Spellbound yang masing-masing dengan tekstur kulit vegan ultra premium sehingga akan nyaman digenggam dan tidak meninggalkan sidik jari.

Penjualan eksklusif dimulai di Shopee pada 14-21 Agustus 2025, dengan harga spesial peluncuran Rp4.399.000*.

Smartphone ini selanjutnya akan dijual di Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, Blibli, Akulaku, dan toko ritel terkemuka di seluruh Indonesia, termasuk Digiplus dan SentraSmartphone. (AGI)