spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 194

Telkomsel dan ZTE Kolaborasi, Hadirkan Pengalaman 1 Gbps di Indonesia

0

Telko.id – Telkomsel dan ZTE Corporation jalin kerjasama strategis untuk memajukan portofolio jaringan mereka di masa depan.

Ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership Agreement (SPA) antara Telkomsel dan ZTE di MWC 2024 Barcelona (27/2), kolaborasi ini menjadi upaya kedua perusahaan untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi lebih dari 1 Gbps (pengalaman gigabit) yang dapat dinikmati oleh para pelanggan di Indonesia, baik di rumah maupun di luar rumah.

Melalui kolaborasi tersebut, Telkomsel dan ZTE akan mengkaji beberapa solusi teknologi jaringan termutakhir yang dapat menghadirkan pengalaman jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi konsumen di Indonesia, yakni Network Edge AI, 5G Advanced, dan Intelligent Home Network.

Uji coba oleh kedua perusahaan akan dilangsungkan di sejumlah lokasi jaringan Telkomsel tertentu di Indonesia guna menelaah pemanfaatannya dalam situasi nyata, termasuk dari aspek pengalaman pengguna dan efisiensi sumber daya dan biaya jaringan.

Baca juga : Telkomsel dan ZTE Kolaborasi Kembangkan Solusi 5G

“Dengan sinergi kapabilitas teknologi jaringan Telkomsel dan ZTE untuk menghadirkan pengalaman internet berkecepatan tinggi yang lebih baik, stabil, dan andal, kami berharap berdampak dan mendorong kemajuan secara inklusif dan berkelanjutan,” ujar Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel.

“Kami berharap dapat merintis masa depan dengan pengalaman konektivitas yang lebih cepat dan stabil, yang dapat digunakan dalam spektrum pengaplikasian yang lebih luas,” ujar Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation.

Uji coba pemanfaatan jaringan yang mengimplementasikan teknologi AI bersama ZTE dalam solusi Network Edge AI diperkirakan dapat mendukung efisiensi energi dan sumber daya dengan memperhitungkan beban jaringan, sehingga akan meningkatkan pengalaman jaringan secara keseluruhan.

Sedangkan dengan solusi 5G-Advanced, Telkomsel dan ZTE akan menghadirkan teknologi Reconfigurable Intelligent Surface (RIS) untuk mengoptimalkan jangkauan sinyal dan RedCap untuk menyederhanakan kerumitan implementasi perangkat IoT dan 5G di industri.

Dalam solusi Intelligent Home Network menggunakan Smart Cloud Platform (SCP) dari ZTE, pengelolaan Mesh Access Point (AP), IP Camera (IPC), dan Perangkat Fiber-to-the-Room (FTTR) secara sekaligus akan dikombinasikan dengan pemanfaatan AI untuk meningkatkan pengalaman menikmati konten hiburan.

Jadi diharapkan dapat melengkapi kualitas pengalaman pelanggan Telkomsel dan memperkuat kapabilitas Wi-Fi di rumah.

Kolaborasi ini juga membuka peluang lebih lanjut untuk mendorong transformasi digital Telkomsel secara internal melalui penambahan wawasan pemanfaatan teknologi terkini. (Icha)

 

 

Xiaomi Perkenalkan Ekosistem Pintar “Human x Car x Home” di MWC 2024

0

Telko.id – Xiaomi memperkenalkan ekosistem pintar terbaru “Human x Car x Home” ke pasar global yang resmi diumumkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024. Strategi perusahaan tersebut mendefinisikan ulang batas-batas integrasi teknologi.

Kendaraan listrik pintar terbaru yang diperkenalkan di Tiongkok pada akhir tahun lalu, Xiaomi SU7, berfungsi sebagai elemen integral dari ekosistem pintar “Human x Car x Home“.

Debutnya di panggung internasional sekaligus menggambarkan visi utama Xiaomi untuk masa depan yang cerdas di mana semua kebutuhan pengguna terpenuhi dengan lebih mulus dalam satu ekosistem pintar.

“Di Xiaomi, teknologi akan selalu berpusat pada manusia. Inovasi kami dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna kami. “Human x Car x Home” mencerminkan komitmen kami untuk memberikan pengalaman terhubung yang komprehensif dan lebih baik. Dengan mengintegrasikan manusia (human), mobil (car), dan rumah (home), kami ingin menciptakan interkonektivitas end-to-end dari apa yang sudah tersedia saat ini,” kata Daniel Desjarlais, Director of Communications Xiaomi International.

Baca juga : Ini 5 Teknologi Mobil Listrik Pintar di Xiaomi SU7

Pada ajang MWC 2024, Xiaomi juga memperkenalkan Xiaomi 14 Series dan Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 yang baru diluncurkan, bersama dengan berbagai perangkat AIoT canggih yang siap untuk meningkatkan pengalaman hidup cerdas.

Area Xiaomi Imagery Technology menawarkan pengalaman lebih dekat pada integrasi teknologi lensa canggih Leica ke dalam smartphone Xiaomi, sementara CyberDog 2, mendemonstrasikan portofolio teknologi yang luas dari Xiaomi kepada pengunjung.

Memajukan Interkonektivitas Komprehensif

Transisi strategi Xiaomi dari “Smartphone x AIoT” ke ekosistem pintar “Human x Car x Home” secara mulus menggabungkan perangkat pribadi, produk smart home, dan mobil.

Hal ini memfasilitasi konektivitas perangkat keras tanpa batas, koordinasi real-time, dan mendorong kemajuan, serta kolaborasi dengan berbagai mitra industri. Dirancang dengan visi untuk beradaptasi dengan kebutuhan Anda, ekosistem proaktif ini diciptakan untuk beradaptasi dengan kebutuhan Anda, baik saat ini maupun masa depan.

Lebih dari sekedar kemajuan teknologi open-source, Xiaomi HyperOS memiliki inovasi system-level yang dirancang untuk mendorong kolaborasi lintas perangkat tanpa hambatan dan memastikan kinerja yang konsisten di seluruh area platform smart-life terintegrasi dari Xiaomi.

Sebagai fondasi ekosistem pintar “Human x Car x Home“, ekosistem ini mengintegrasikan lebih dari 200 kategori produk yang menggabungkan 600 juta perangkat global, dan mencakup lebih dari 95% skenario pengguna.

Dengan melibatkan berbagai mitra global, pengembang, dan produsen, Xiaomi HyperOS akan memberdayakan ekosistem untuk membuka dan memanfaatkan berbagai kemungkinan yang luas.

Produk Xiaomi EV pertama – Xiaomi SU7 yang sangat dinanti, diposisikan sebagai “sedan full size dengan eko-teknologi berkinerja tinggi” yang mendobrak batasan-batasan dalam kinerja, integrasi ekosistem, dan mobile smart space. Di samping desain Xiaomi SU7, Xiaomi telah mengembangkan lima teknologi EV inti: E-Motor, CTB Integrated Battery, Xiaomi Die-Casting, Xiaomi Pilot Autonomous Driving, dan Smart Cabin.

Didukung oleh investasi monumental lebih dari 10 miliar RMB dalam penelitian dan pengembangan, serta tim global yang terdiri dari lebih dari 3.400 insinyur dan 1.000 ahli teknis di bidang-bidang utama, Xiaomi telah menghasilkan kendaraan yang luar biasa.

Menjelajahi Mobile Imaging Mastery

Xiaomi percaya pada inovasi yang berpusat pada manusia, berusaha untuk memberikan pengalaman mobile photography yang lebih baik dan intuitif kepada pengguna sambil terus mendorong pengembangan bidang pencitraan mobile.

Melalui kemitraan strategis dengan Leica, Xiaomi telah meneliti esensi pencitraan dan memajukan ranah fotografi humanistik profesional. Di area Xiaomi Imagery Technology, Xiaomi 12S Ultra, smartphone pertama yang dikembangkan bersama oleh kedua perusahaan, dipamerkan bersama smartphone flagship lainnya.

Kemitraan antara Xiaomi dan Leica telah mencapai tonggak penting dengan berdirinya Xiaomi-Leica Optical Institute, mendorong kemajuan substansial dalam teknologi pencitraan dan menetapkan standar baru untuk pengalaman pengguna fotografi.

Xiaomi 14 Series yang baru diluncurkan, menampilkan lensa optik Leica Summilux, dibuat secara cermat dengan solusi untuk sistem optik generasi berikutnya, memberikan kemampuan fotografi tak tertandingi yang unggul dalam semua kondisi dan skenario.

Memperluas Robotika dan Keunggulan Manufaktur

Di MWC, Xiaomi menghadirkan robot canggih berkaki empat, CyberDog 2. Dengan sistem penginderaan fusi dan pengambilan keputusan yang memanfaatkan 19 sensor untuk penglihatan, sentuhan, dan pendengaran, robot ini dirancang untuk meniru gerakan, penampilan, dan interaksi layaknya anjing sungguhan.

Hal ini menunjukkan semangat perintis dan komitmen Xiaomi untuk mendorong batas-batas industri robotika. Sifat open-source dari teknologinya mendukung ekosistem yang prima untuk kustomisasi dan pemrograman, membuka berbagai kesempatan kreatif tanpa batas bagi para pengembang.

Selain merintis produk teknologi, Xiaomi terus mendefinisikan ulang manufaktur, memposisikan pabrik pintarnya di garda depan inovasi industri. Di pusat-pusat transformasi teknologi ini, kelincahan, efisiensi operasional, dan keakuratan muncul sebagai prinsip inti.

Pendirian Pabrik Pintar Tahap II di Changping, Beijing menggarisbawahi komitmen tak tergoyahkan Xiaomi untuk memberikan kualitas yang tak tertandingi dan inovasi tertinggi langsung bagi konsumen.

Membangun masa depan yang berkelanjutan

Xiaomi tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi dan berkelanjutan kepada para pengguna di seluruh dunia, tetapi juga menempatkan perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan sebagai inti dari strategi bisnisnya.

Xiaomi telah berjanji untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2040 dan telah menunjukkan transparansi dalam upaya lingkungannya dengan merilis white paper berisikan aksi iklim perdananya selama COP28.

Tonggak penting ini sejalan dengan keterlibatan aktif Xiaomi dalam inisiatif keberlanjutan yang vital, seperti inisiatif GE100%, mengadvokasi adopsi energi terbarukan secara luas, dan program daur ulang limbah elektronik yang kokoh.

Mendukung misinya untuk beroperasi secara berkelanjutan, Xiaomi telah mengadopsi model ekonomi sirkular dengan tujuan mendaur ulang 38.000 ton limbah elektronik dari 2022 hingga 2026.

Upaya bersama ini mencontohkan pendekatan holistik Xiaomi untuk menjembatani kesenjangan antara solusi teknologi tinggi dan kelestarian lingkungan, membentuk kembali peran industri teknologi dalam mendorong masa depan yang berkelanjutan. (Icha)

Telkomsel Hadirkan Paket kuWOTA JKT48, Apa Untungnya?

0

Telko.id – Telkomsel Prabayar kolaborasi dengan JKT48 meluncurkan paket kuWOTA JKT48. Dengan Paket kuWOTA JKT48 pelanggan Telkomsel Prabayar dan sekaligus para penggemar JKT48 diharapkan dapat merasa lebih dekat dengan para anggota JKT48.

Pelanggan Telkomsel Prabayar bisa memperoleh Paket kuWOTA JKT48 mulai dari harga Rp60 ribu dengan kuota internet 5 GB.

Untuk pembelian Paket ini melalui aplikasi MyTelkomsel, juga akan mendapatkan Konten Foto Eksklusif JKT48, Stiker WhatsApp JKT48, serta tampilan layar aplikasi MyTelkomsel bertemakan JKT48 yang berlaku selama 1 bulan.

Adapun khusus Photocard Voucher Telkomsel PraBayar x JKT48 dapat dibeli melalui Indomaret dan Shopee. Dengan pembelian Photocard Voucher berupa Photocard Spesial dari para anggota JKT48 yang jumlahnya terbatas, penggemar JKT48 juga akan memperoleh kuota 5 GB beserta Konten dan Stiker Digital JKT48.

Baca juga : Ookla Unggulkan Telkomsel Miliki Jaringan Broadband Tercepat dan Terluas

“Paket kuWOTA JKT48 menjadi upaya kami dalam menghadirkan pengalaman eksklusif bagi para pelanggan Telkomsel Prabayar, serta sekian banyak penggemar JKT48 yang selalu setia mengikuti perkembangan para anggota JKT48,” kata Abdullah Fahmi, Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel.

Paket kuWOTA JKT48

Ia pun berharap Paket Bundling Kolaborasi Eksklusif yang pertama kalinya di Indonesia bersama JKT48 ini bisa semakin melengkapi kedekatan para penggemar dengan idolanya, sehingga mendatangkan lebih banyak keceriaan yang didukung oleh jaringan broadband terdepan dan terluas Telkomsel di Indonesia.

Sebagai sister group pertama AKB48 dari Jepang, sebanyak 28 idola JKT48 seperti Shani, Zee, Gracia, dan Freya, berkomitmen memenuhi moto “Idol Who Will Come to Meet You” dengan mengadakan pertunjukan rutin di Teater JKT48 yang terletak di Lantai 4 FX Sudirman, Jakarta, dan membawakan sejumlah lagu seperti River, Aitakatta, Heavy Rotation, Fortune Cookie yang Mencinta, Rapsodi, hingga Flying High.

Para anggota JKT48 juga dalam waktu dekat akan berjumpa dengan para penggemarnya yang membeli Paket kuWOTA JKT48 melalui fitur Live Shopping di Shopee. (Icha)

Ini Strategi Bisnis GoTo Untuk 2024

0

Telko.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“GoTo” atau “Perseroan”), menyelenggarakan paparan publik untuk memaparkan perkembangan terbaru Perseroan untuk tahun 2024.

Paparan tersebut mencakup informasi terkait kemitraan dengan TikTok serta gambaran umum prioritas Perseroan setelah mencapai EBITDA yang disesuaikan positif di kuartal empat 2023.

“Capaian positif EBITDA yang disesuaikan pada kuartal keempat 2023 adalah pencapaian penting yang membuktikan keberhasilan Perseroan dalam mengupayakan efisiensi kegiatan operasional seluruh unit bisnisnya,” kata Patrick Walujo, Direktur Utama GoTo.

Menurutnya, bisnis e-commerce Perseroan akan menghasilkan arus kas positif yang semakin bertumbuh, didorong oleh kemitraan dengan TikTok. Bisnis on-demand services telah mencapai profitabilitas dan terus bertumbuh.

Baca juga : GoTo Ajak Mitra UMKM Jaga Data Pribadi Pelanggannya

Selain itu, bisnis financial technology yang ditopang oleh GoPay akan mengalami pertumbuhan signifikan dengan adopsi keuangan digital yang semakin tinggi.

“Fokus GoTo ke depan adalah berinvestasi pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan yang akan memperkuat bisnis serta meningkatkan ketangguhan dan daya saing bisnis di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis,” ujar Patrick.

Pada kesempatan tersebut, direksi dan manajemen GoTo menyampaikan strategi Perseroan dalam mendorong pertumbuhan yang berkualitas pada tahun 2024 dan seterusnya.

“Kami meyakini ruang pertumbuhan GoTo masih terbuka lebar, didukung oleh kinerja Perseroan yang semakin solid. Profitabilitas tetap menjadi tujuan utama, seiring upaya kami terus mendorong pertumbuhan bisnis dengan memperluas pasar potensial (total addressable market) yang berfokus pada segmen pengguna yang memprioritaskan harga,” ujar Hans Patuwo, Direktur sekaligus Chief Operating Officer GoTo menjelaskan.

Ia pun menambahkan bahwa GoTo akan terus mengembangkan produk-produk dengan peluang monetisasi yang lebih tinggi, seperti layanan pinjaman digital. Langkah-langkah tersebut sejalan dengan komitmen Perseroan untuk terus memperkuat fundamental bisnis serta memastikan kegiatan operasional dapat berjalan seefisien mungkin.

Sepanjang tahun 2023, GoTo telah meluncurkan berbagai produk dan inovasi yang menyasar segmen konsumen yang memprioritaskan harga untuk memperluas jangkauan pasar (total addressable market).

Produk tersebut diantaranya, GoCar Hemat, GoFood Mode Hemat, GoTransit, serta peluncuran aplikasi GoPay yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Perseroan akan terus mendorong peningkatan penggunaan produk-produk tersebut, sejalan dengan upaya untuk menjangkau pengguna baru.

Perseroan juga berencana meningkatkan monetisasi dari produk-produk keuangan yang memiliki take rate lebih tinggi. Perseroan telah meluncurkan layanan GoPay Pinjam di aplikasi GoPay di September 2023 untuk meningkatkan jumlah pengguna baru di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia.

GoPay Pinjam menunjukkan kinerja yang solid, tercermin dari total pinjaman yang terus mengalami peningkatan dari kuartal keempat 2022 hingga kuartal ketiga 2023.

Selain itu, Perseroan bersama mitra strategisnya, Bank Jago juga telah meluncurkan layanan tabungan GoPay Tabungan by Jago yang menawarkan berbagai jenis rekening sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari pembayaran sehari-hari hingga menabung untuk masa depan.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat fundamental bisnis, Perseroan juga akan terus mengelola beban usaha secara disiplin, termasuk beban infrastruktur dan pengembangan teknologi informasi, beban operasional tetap, serta insentif dan promosi. (Icha)

Indosat Bersama NVIDIA Siap Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial Intelligence (AI) pada skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui Nota Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia. MoU ini ditandatangani oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona.

Bersama-sama, Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

Dengan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Indosat, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Tanah Air dan memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA dengan pusat data high-density yang terkoneksi dengan internet publik dengan kecepatan hingga 400 Gbps.

Baca juga : Indosat dan Lintasarta Implementasi Digitalisasi Faskes di Lampung

Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung oleh NVIDIA akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan.

GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta akan menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Kapabilitas ini akan memastikan layanan supercomputing cloud yang andal, serta memanfaatkan AI untuk menciptakan inovasi bagi penggunanya. 


Saat ini, superkomputer AI adalah infrastruktur penting, dan kolaborasi ini akan menjadi fondasi kuat bagi perjalanan memberdayakan Indonesia menjadi bangsa yang cakap akan AI.

Indosat Ooredoo Hutchison group akan memanfaatkan pusat datanya untuk mewujudkan platform AI yang berdaulat dalam mendorong inovasi lintas ekosistem. 


Beragam institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup akan dapat mengakses platform AI Cloud yang canggih, termasuk infrastruktur, piranti, dan juga perangkat lunak.

Hal ini menjadi katalis inovasi untuk meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses, serta menekankan efisiensi operasional lintas industri. 


Kolaborasi antar pihak ini diharapkan memosisikan Indonesia sebagai pemimpin AI Cloud global, membawa kemajuan teknologi dan inovasi.

Dengan kemampuan AI dalam ekosistem cloud, Indosat Ooredoo Hutchison group diharapkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, menghadirkan landasan yang kokoh bagi sektor digital yang terus berkembang.

Penerapan teknologi AI mutakhir ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sembari mengurangi biaya operasional lintas industri.

“Kolaborasi ini menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung oleh kemampuan AI. Teknologi ini nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang diidioperasikan oleh BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menambahkan bahwa sebagai technology powerhouse, Indosat Ooredoo Hutchison bercita-cita menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Tanah Air.

“Hal ini sejalan dengan komitmen jangka panjang kami untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Kolaborasi dengan NVIDIA akan memainkan peranan krusial dalam mencapai visi tersebut,” ujar Vikram menjelaskan.

“Langkah ini menandai komitmen kami dalam mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global. Kolaborasi ini juga akan memberdayakan Indonesia lewat teknologi AI dan layanan cloud termutakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, dan inovasi teknologi,” kata Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta.

Lebih jauh lagi, Bayu menyebutkan bahwa dengan menggabungkan keahlian Lintasarta dan kekuatan NVIDIA, membuatnya siap untuk merevolusi lanskap digital Indonesia, memimpin jalannya inovasi, dan menciptakan masa depan digital yang berkelanjutan melalui implementasi teknologi tinggi di sektor pusat data.

“Sebagai bagian dari kolaborasi, Indosat Ooredoo Hutchison group melalui Lintasarta akan menjadi mitra cloud NVIDIA, menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi NVIDIA untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI Cloud global,” sahut Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA.

Melalui kolaborasi ini, Indosat Ooredoo Hutchison group menempatkan dirinya sebagai pusat ekosistem digital yang komprehensif yang mencakup saluran, konektivitas, pusat data, dan sistem pembayaran, sehingga mendorong evolusi digital bangsa seraya memanfaatkan teknologi mutakhir dalam perjalanan transformasi digitalnya.

Gabungan keahlian dari para pemimpin industri ini bertujuan untuk membentuk lanskap teknologi Indonesia, membuka jalan bagi masa depan yang sejahtera dan berdaya secara digital. (Icha)

realme 12 Series 5G Hadir Berbekal realme UI 5.0

0

Telko.id – realme segera menghadirkan gebrakan terbaru dalam dunia fotografi smartphone dengan menghadirkan lensa telefoto periskop pertama di segmennya, melalui smartphone terbaru, realme 12 Series 5G.

Sejalan dengan pencapaian 60 juta unit pengiriman realme Number Series di seluruh dunia, realme Number Series terbaru, realme 12 Series 5G akan hadir secara resmi di Indonesia dengan membawa pengalaman fotografi revolusioner bagi para anak muda.

“Kami berterima kasih atas antusiasme seluruh anak muda di Indonesia, sehingga realme Number Series saat ini telah berhasil menjadi pilihan anak muda dengan catatan pengiriman yang luar biasa. Pencapaian ini akan semakin memacu kami untuk terus berinovasi menjadi brand yang lebih mengerti anak muda dan menghadirkan berbagai teknologi dan pengalaman terbaik yang melebihi ekspektasi mereka, khususnya melalui Number Series,” ujar Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

“Bertepatan dengan pencapaian ini, kami juga mengundang seluruh anak muda di Indonesia untuk menjadi saksi kehadiran smartphone terbaru kami di lini Number Series, yakni realme 12 Series 5G yang akan menghadirkan pengalaman fotografi revolusioner dengan kehadiran lensa telefoto periskop pertama di segmen ini dan berbagai teknologi serta fitur kamera terdepan di industri,” lanjutnya.

Baca juga : Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Ia pun mengungkapkan berbagai fitur dan keunggulan yang membuat smartphone ini melewati ekspektasi para anak muda. Dapatkan juga kesempatan untuk memenangkan smartphone terbaru realme 12 Series 5G selama acara berlangsung.

realme UI 5.0 Buat Pengguna semakin kaya pengalaman

Tidak hanya menawarkan keunggulan dalam sektor fotografi dengan teknologi dan fitur kamera terdepan, realme 12 Pro+ 5G dan realme 12+ 5G juga dilengkapi dengan sistem operasi terbaru realme UI 5.0 berbasis Android 14 yang membawa beragam tambahan fitur inovatif seperti File Dock, Flash Capsule, Smart Image Matting dan Phonelink.

Peningkatan-peningkatan yang diberikan akan memperkaya pengalaman para pengguna dalam melakukan aktivitas serta mendukung produktivitas melalui smartphone sehingga bisa lebih efisien dan efektif.

File Dock

realme menghadirkan fitur terbaru pada realme UI 5.0 yang memungkinkan pengguna untuk lebih lancar dalam bermultitasking dengan melakukan copy and paste berbagai data dengan mudah hanya dengan fitur drag and drop ke jendela kecil di bagian samping layar.

Tidak hanya sekadar tulisan, kini beragam objek dapat diduplikasi dan ditempel lewat fitur File Dock. Fitur ini juga dapat digunakan untuk transfer silang antar aplikasi untuk memungkinkan pengguna melakukan berbagai tugas dengan lebih efisien.

Flash Capsule

Fitur Flash Capsule memungkinkan layar untuk menampilkan status layanan yang sedang digunakan pada latar belakang. Flash Capsule bertindak sebagai animasi notifikasi yang memberi informasi status pada aplikasi yang sedang berjalan sehingga Anda tidak harus selalu berada di dalam aplikasi.

Selain beberapa fitur bawaan seperti pengatur waktu, panggilan, dan TV mirroring, fitur ini juga mendukung layanan pihak ketiga, seperti Grab. Fitur ini dapat memudahkan interaksi yang efisien dalam satu sentuhan.

Smart Image Matting

Fitur untuk mengisolasi subjek foto seperti manusia, hewan, bangunan, dan berbagai objek lain pada foto maupun video. Fitur ini juga menyediakan pengenalan multi-subjek hingga 3 subjek.

Hasil isolasi dan crop ini dapat dengan mudah ditransfer ke platform lain melalui gestur drag and drop secara cepat, atau copy dan paste. Hal ini memudahkan untuk berbagi kreasi pengguna dalam berbagai kebutuhan.

Phonelink

Untuk mendukung efisiensi dan efektivitas pengguna dalam berkirim data antar platform, realme UI 5.0 terintegrasi penuh dengan Microsoft LTW (Link to Windows) tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Hal ini memungkinkan kolaborasi lintas terminal dan menggunakan smartphone di PC sehingga tidak ada lagi batasan antara kedua perangkat.

realme memastikan koneksi yang lancar sehingga pengguna dapat mentransfer berbagai data secara langsung antar layar melalui gestur drag and drop saja, dan terhubung sepenuhnya antar perangkat. (Icha)

Galaxy Buds Series Hadir dengan Berbagai Pembaruan, Apa Saja?

0

Telko.id – Galaxy Buds Series hadir dengan berbagai pembaruan terbaru, pas menjadi pasangan Galaxy S24 Series yang baru saja dirilis, koneksi pun menjadi seamless.

Teknologi yang ada membuka berbagai kemungkinan baru untuk terhubung melintasi perbedaan budaya berkat terobosan dari Galaxy AI. Pengguna pun bisa mengatasi hambatan bahasa–semua berkat kehadiran on-device AI yang aman.

Dengan memperkenalkan berbagai fitur hands-free berbasis AI, upgrade di Galaxy Buds tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pengalaman audio yang jernih, tapi juga menghubungkan pengguna ke inti dari ekosistem Samsung.

Kemampuan terbaru dari Galaxy Buds yang cerdas dan memberikan kenyamanan lebih ini pun akan membantu pengguna untuk menyelaraskan diri ke dunia sekitar dengan lebih baik apa pun perangkat yang dipasangkan ke Galaxy Buds, baik itu Galaxy S24 Series, Galaxy Book4 Series, Samsung TV, dan lainnya.

Baca juga : Ini Kata Pakar AI Bicara Keunggulan Galaxy AI di Galaxy S24

Komunikasi Tanpa Batas

Sering gagal menangkap isi percakapan karena perbedaan bahasa? Tenang, fitur penerjemah di Galaxy S24 Series yang bekerja secara real-time memungkinkan kamu untuk berbicara dengan siapa saja, di mana saja. Pengalaman komunikasi tanpa batas ini pun menjadi semakin baik lagi dengan Galaxy Buds.

Interpreter: Interpreter bisa menghasilkan terjemahan secara real-time di Galaxy S24 Series untuk membuat komunikasi menjadi lebih lancar.

Fitur ini pun telah dioptimalkan agar dapat memisahkan suara selama percakapan tatap muka saat smartphone dipasangkan ke Galaxy Buds.

Pengguna bisa mendengar hasil terjemahan lewat earbuds, sementara lawan bicara akan mendengar melalui speaker smartphone. Jadi, setiap orang akan lebih fokus pada isi percakapan tanpa terdistraksi dengan gangguan-gangguan seperti bolak-balik mengoperkan perangkat.

Selain itu, pengguna juga dapat menukar urutan bicara selama percakapan dengan mudah, cukup mengetuk earbuds tanpa harus menyesuaikannya di smartphone secara manual.

Konektivitas yang Lebih Baik dengan Ekosistem Samsung

Pembaruan terbaru Galaxy Buds tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara yang lebih kaya dan immersive, tapi juga menghubungkan pengguna ke seluruh perangkat Samsung dengan lebih seamless.

Auracast: Tahun lalu, Samsung memperkenalkan Auracast untuk Samsung Smart TV pada Galaxy Buds2 Pro yang mampu mengubah TV[1] pengguna menjadi stasiun radio bersama yang dapat disiarkan ke lebih dari satu Galaxy Buds. Sekarang, berkat pembaruan terbaru, fitur ini hadir ke smartphone dan tablet[2] Samsung, termasuk Galaxy S24 Series.

360 Audio: Kualitas audio terbaik mampu menempatkan pengguna di tengah-tengah konten yang dinikmati, dan 360 Audio mampu mewujudkannya dengan menghasilkan suara yang mengelilingi pengguna dari segala arah.

Setelah hadir di smartphone dan tablet Samsung, 360 Audio sekarang akan tersedia untuk Samsung TV[3] untuk menghadirkan pengalaman menonton film di bioskop ke rumah. Galaxy Buds juga akan bisa melacak gerakan kepala pengguna untuk menciptakan suara yang benar-benar immersive.

Auto Switch: Saat kamu sedang menonton Samsung TV dengan Galaxy Buds dan tiba-tiba harus menerima panggilan telepon, Auto Switch akan secara otomatis memindahkan koneksi earbuds ke smartphone Galaxy kamu dan kembali ke Samsung TV saat panggilan berakhir.

Berkat pembaruan terbaru, Samsung memperluas fitur tersebut ke PC[4] seperti Galaxy Book4 Series, memungkinkan pengguna menikmati suara premium di seluruh perangkat Samsung dengan lebih nyaman.

Masa Depan yang Kian Jelas dan Jernih

Selain pembaruan fitur Galaxy AI terbaru, pembaruan software yang meningkatkan konektivitas ini akan secara bertahap tersedia pada Galaxy Buds2 Pro, Galaxy Buds2, dan Galaxy Buds FE mulai akhir Februari 2024[5].

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas terdepan di kelasnya, kapan pun, di mana pun, dan apa pun koneksi yang dilakukan. (Icha)

EDGE2, Data Center 23 MW Siap Beroperasi di Jantung Kota Jakarta

0

Telko.id – PT Ekagrata Data Gemilang (“EDGE DC”), penyedia pusat data (data center) hari ini meluncurkan fasilitas keduanya di pusat kota Jakarta, yang dikenal dengan nama EDGE2.

Dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan hyperscale dan Artificial Intelligence (AI) yang meningkat, layanan ini telah dirancang untuk menetapkan standar baru dalam konektivitas dan keberlanjutan di pusat data.

Dengan menghadirkan kapasitas infrastruktur data kritikal yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. EDGE DC adalah anak perusahaan dari PT Indointernet Tbk (“Indonet”) dan merupakan perusahaan Digital Edge.

Berlokasi strategis di Jalan Kuningan Mulia, Jakarta Selatan dan berjarak kurang dari 3 km dari EDGE1, salah satu pusat data yang paling terkoneksi di Jakarta, EDGE2 menjadi pusat data terbesar di metropolitan ini dengan total IT Load sebesar 23 MW dan lebih dari 3.400 rak.

Baca juga : BDx Indonesia Akusisi Data Center Indosat senilai Rp2,6 Triliun

Dibangun setelah kesuksesan EDGE1, fasilitas canggih ini menawarkan skalabilitas dan opsi konektivitas yang tak tertandingi.

Hal ini termasuk akses melalui kampus virtual ke lebih dari 50+ operator jaringan dan beberapa Internet Exchange yang telah berada di EDGE1, termasuk Indonesia Internet Exchange (IIX) dan Edge Peering Internet Exchange (EPIX), serta 4 titik masuk fiber yang beragam ke dalam fasilitas ini untuk lebih mendukung interkonektivitas dan redundansi.

EDGE2 dirancang untuk menyediakan infrastruktur TI yang sangat andal dan aman untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari perusahaan hyperscalers, perusahaan teknologi global, dan berbagai perusahaan digital di Indonesia.

EDGE2 akan menawarkan Dual Power Source PLN Platinum dengan jaminan uptime yang terdepan di industri, sehingga menjamin kelangsungan bisnis bagi para pelanggan.

Sejalan dengan komitmen ESG perusahaan, EDGE2 menggabungkan kapasitas pusat data yang kuat dengan fitur-fitur ramah lingkungan termasuk solusi energi terbarukan dan fitur-fitur bangunan ramah lingkungan yang sesuai untuk mencapai Sertifikasi LEED Gold.

Selain itu, teknologi pendingin yang inovatif memungkinkan EDGE2 untuk memenuhi kebutuhan kepadatan daya yang tinggi sekaligus mencapai PUE (Power Usage Effectiveness) terdepan di pasar sebesar 1,24, menjadikannya pusat data paling hemat energi di metro Jakarta.

“Kebutuhan akan pusat data terus meningkat seiring dengan pertumbuhan aktivitas masyarakat Indonesia di ruang digital. Pusat data tidak hanya sebatas penyimpanan data, tetapi juga menjadi platform penting untuk mendukung percepatan transformasi digital nasional, termasuk dalam pengembangan emerging technology seperti komputasi awan, kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan Blockchain,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Ia pun menyebutkan bahwa Kementerian Kominfo terus berkomitmen untuk mendukung tumbuhnya ekosistem pusat data, termasuk dengan memberikan perhatian khusus pada pelaku industri nasional.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada EDGE DC yang telah meresmikan EDGE2 sebagai bagian dari ekosistem pusat data di Indonesia. Terus tingkatkan inovasi demi menghadirkan layanan pusat data yang makin andal, aman, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” Nezar Patria menambahkan.

“Kami sangat antusias dengan peluang pertumbuhan di Indonesia dan fasilitas baru di pusat kota Jakarta ini semakin memperluas kehadiran kami di seluruh Asia Tenggara, sekaligus menghadirkan kapasitas yang sangat dibutuhkan di salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di kawasan ini,” kata Jonathan Chou, Chief Product Officer Digital Edge.

Dengan desainnya yang inovatif dan sangat hemat energi, kami yakin EDGE2 siap untuk menangkap gelombang peningkatan permintaan terhadap AI yang membutuhkan daya besar dan penerapan hyperscale yang terus membentuk lanskap infrastruktur digital di Asia.

“Peluncuran EDGE2 sejalan dengan visi Indonet untuk menjadi penyedia layanan infrastruktur digital yang terpercaya. EDGE2 juga menunjukkan kolaborasi strategis kami dengan para pemimpin industri, memperkuat penawaran layanan dan memastikan para pelaku usaha mendapatkan standar kualitas dan performa tertinggi,” ujar Donauly Situmorang, Director, Indonet.

Ia pun menambahkan bahwa Fasilitas ini akan membekali para pelaku usaha dengan konektivitas dan keandalan yang tak tertandingi, serta memperkuat komitmen kami di Indonet untuk terus mengembangkan dan meningkatkan lanskap digital di Indonesia.

“Kami percaya bahwa pencapaian EDGE2 mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keunggulan dan inovasi dalam lanskap infrastruktur digital di Indonesia. Pendirian EDGE2 menandai lompatan yang signifikan, menetapkan standar baru dan mengukuhkan posisi perusahaan sebagai pemimpin di industri ini,” kata Stephanus Oscar, CEO EDGE DC.

EDGE2 dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia yang semakin terdigitalisasi, memastikan keamanan, keandalan, dan skalabilitas yang tak tertandingi untuk infrastruktur penting pelanggan. (Icha)

Redmi Note 13 Series Resmi Hadir di Indonesia, Langsung Bawa 5 Produk

0

Telko.id – Setelah dinantikan oleh masyarakat, Xiaomi resmi mengumumkan peluncuran Redmi Note 13 Series pada hari ini (28/2) di Indonesia.

Peluncuran ini juga menunjukkan komitmen Xiaomi dalam menghadirkan inovasi terkini bagi seluruh masyarakat, dengan menghadirkan seluruh varian, yang terdiri dari 5 produk, pertama kalinya di Indonesia.

Lima varian yang dimaksud yaitu Redmi Note 13 Pro+ 5G, Redmi Note 13 Pro 5G, Redmi Note 13 Pro, Redmi Note 13 5G, dan Redmi Note 13.

Dengan menghadirkan seluruh varian ke Indonesia, Redmi Note 13 Series menawarkan keunggulan fitur dan desain iconic di setiap variannya. Redmi Note 13 Series hadir mengusung kamera 200MP pada varian Pro dan 108MP untuk varian dasarnya.

Baca juga : Sambut Kehadiran Redmi Note 13 Series, Xiaomi Gandeng 5 Sosok Muda Ini

“Redmi Note Series telah menjadi produk yang paling dinantikan oleh Xiaomi Fans dan masyarakat Indonesia, menggabungkan inti DNA inovasi kami dengan membawa teknologi unggulan dalam produk mid-range,” kata Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia.

Melalui lima varian iconic Redmi Note 13 Series yang dibawa ke Indonesia, Xiaomi mengajak generasi muda untuk #AlwaysReady mengekspresikan diri dan berkreasi dalam menciptakan pengalaman ‘Every Shot Iconic’ di hidup mereka.

“Komitmen kami untuk menghadirkan produk luar bisa dengan harga sebenarnya tercermin dari inovasi kelas flagship yang dihadirkan di lini smartphone mid-range Redmi Note 13 Series,” tambahnya.

Dengan fitur unggulan nya kamera beresolusi besar 200MP dan 108MP, layar lengkung, pengisian daya super cepat hingga 120W, serta IP68 yang sebelumnya merupakan teknologi kelas flagship semakin dapat dinikmati oleh semua orang.

Redmi Note 13 Series, yang secara historis selalu menjadi unggulan di smartphone kelas menengah, menggabungkan teknologi unggulan dengan desain yang menawan, menunjukkan komitmen penuh Xiaomi Indonesia dalam memberikan variasi yang luas kepada pelanggan.

Seri ini dirancang dengan fokus pada inovasi dan keindahan, menciptakan pengalaman yang iconic melalui kamera yang mengagumkan serta menyajikan detail-detail terbaik untuk memuaskan kebutuhan pengguna.

Siaran Media – Redmi Note 13 Series dan Iconic Wearables Resmi Hadir di Indonesia untuk Generasi #AlwaysReady.

Redmi Note 13 Pro Series bawa kamera 200MP

Redmi Note 13 Pro Series mempersembahkan fotografi kelas flagship yang menjadikan setiap bidikan iconic dengan resolusi ultra tinggi 200MP dan Optical Image Stabilization (OIS) untuk menangkap detail yang luar biasa.

Fitur kamera ultra-wide 8MP dan kamera macro 2MP menjamin hasil terbaik dari setiap kesempatan foto, sementara zoom in-sensor 2x/4x memungkinkan fokus pada subjek utama tanpa kehilangan kualitas.

Selain itu, kemampuan pengeditan foto, termasuk berbagai filter filmCamera dan Xiaomi ProCut, memungkinkan pengguna untuk menciptakan komposisi yang sempurna.

Redmi Note 13 Pro+ 5G menghadirkan pengalaman visual yang luar biasa dengan layar 1.5K AMOLED curved display berkecerahan puncak 1800 nits dan refresh rate 120Hz AdaptiveSync, memberikan kemulusan dalam pengalaman pengguna.

Desain premium dengan curved display dan bezel ultra tipis menambahkan sentuhan elegan, tersedia dalam opsi warna Midnight Black atau Aurora Purple yang iconic.

Dengan prosesor MediaTek Dimensity 7200-Ultra, baterai 5000mAh yang mendukung 120W hyper charging, serta fitur keamanan seperti in-screen fingerprint & face unlock dan sertifikasi IP68, Redmi Note 13 Pro+ 5G menjadi pilihan unggul bagi pengguna yang menginginkan kinerja dan keamanan terbaik.

Redmi Note 13 Pro 5G menampilkan desain premium dengan bezel ultra tipis untuk tampilan yang iconic. Tampilan dan nuansa premium terwujud melalui bezel ultra-thin yang memberikan pengalaman menonton yang imersif.

Dengan dua opsi warna, Midnight Black dan Aurora Purple, pengguna memiliki pilihan yang beragam untuk menyesuaikan gaya dan preferensi mereka.

Selain itu, Redmi Note 13 Pro 5G menawarkan pengalaman iconic terbaik dengan layar AMOLED 1.5K, refresh rate 120Hz AdaptiveSync, dan penyesuaian kecerahan hingga 16,000 tingkat, serta performa tangguh dengan Snapdragon 7s Gen 2 dan baterai 5100mAh.

Redmi Note 13 Pro menghadirkan desain baru yang ramping dengan tampilan premium nan estetik, terwujud melalui bezel ultra-thin yang memberikan pengalaman menonton yang imersif.

Dengan tiga opsi warna yang menarik, Midnight Black, Lavender Purple, dan Forest Green, pengguna memiliki pilihan beragam untuk menyesuaikan gaya dan preferensi mereka.

Performa tangguh didukung oleh MediaTek Helio G99-Ultra dan baterai 5000mAh yang dapat diisi penuh dalam 45 menit menggunakan pengisi daya turbo 67W, sementara layar AMOLED FHD+ dengan kecerahan puncak 1300nits dan refresh rate 120Hz AdaptiveSync menawarkan pengalaman visual yang nyaman.

Redmi Note 13 5G dan Redmi Note 13


Redmi Note 13 5G dan Redmi Note 13 dirancang untuk memberikan pengalaman iconic yang menyeluruh dengan fitur-fitur unggulan yang luar biasa.

Dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari super-clear 108MP main camera, ultra-wide camera 8MP, dan macro camera 2MP, keduanya meningkatkan pengalaman fotografi penggunanya dengan hasil gambar yang iconic.

Di samping itu, kamera depan 16MP pada Redmi Note 13 Series juga memberikan hasil selfie yang mengesankan.

Keduanya juga menghadirkan layar AMOLED FHD+ dengan refresh rate hingga 120Hz dan bezel ultra-thin, memastikan pengalaman visual yang nyaman untuk menonton dan menjelajahi konten di media sosial.

Diperkuat dengan prosesor berkinerja tinggi, perlindungan terhadap percikan air dan debu, serta kapasitas RAM dan ROM yang besar, Redmi Note 13 5G dan Redmi Note 13 memberikan pengalaman multitasking yang lancar, menyempurnakan pengalaman iconic bagi pengguna mereka. (Icha)

Ookla Unggulkan Telkomsel Miliki Jaringan Broadband Tercepat dan Terluas

0

Telko.id – Telkomsel kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network sekaligus, dan gelar Best Mobile Network selama 5 kali berturut dari Ookla Speedtest Awards.

Capaian yang terwujud dari hasil pengukuran dan analisis Ookla selama periode Juli – Desember 2023 tersebut merupakan buah dari komitmen Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan terdepan untuk berupaya meningkatkan pengalaman digital seluruh pelanggannya secara merata dan setara di Indonesia.

Dengan jaringan broadband yang menjangkau hingga lebih dari 97% wilayah populasi Indonesia, Telkomsel meraih award Best Mobile Coverage dengan nilai 889 untuk Coverage Score yang mencakup pengukuran dan analisis terhadap ketersediaan dan kualitas layanan seluler di dalam negeri oleh Ookla.

Telkomsel juga disebut sebagai peraih Fastest Mobile Network dengan nilai 40,89 untuk Speed Score yang diukur dan dianalisis oleh Ookla berdasarkan pengalaman kecepatan unduh dan unggah pelanggan seluler.

Baca juga : Jelang Pemilu, Telkomsel optimalisasi Jaringan di 680 Titik Keramaian

Lalu diperkuat juga melalui Ookla Market Analysis Report di periode Q4 2023, Telkomsel konsisten membuktikan capaian kecepatan download di median 31,14 Mbps dan multi-server latency terendah mencapai angka median 45 ms.

Atas kedua pencapaian tersebut, Telkomsel juga meraih gelar Best Mobile Network dari OoklaSpeedtest Awards.

“Telkomsel mengapresiasi laporan dan penghargaan dari Ookla Speedtest Awards, yang semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” kata Derrick Heng, Direktur Marketing Telkomsel.

Capaian ini menjadi penambah semangat Telkomsel dalam komitmen mengimplementasikan teknologi terkini dan memperkuat kapabilitas jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk peningkatan kualitas pengalaman gaya hidup digital para pelanggan secara merata dan setara.

“Ke depan, Telkomsel akan terus menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif yang dapat mendorong pemberdayaan masyarakat Indonesia untuk membuka peluang menuju masa depan yang lebih baik,” ujar Derrick menambahkan.

Seluruh pencapaian Telkomsel di Ookla Speedtest Awards menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan jaringan berteknologi terdepan secara merata dan setara di seluruh Indonesia untuk peningkatan pengalaman gaya hidup digital pelanggannya.

Seperti dengan upaya peningkatan seluruh teknologi layanan dan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia yang telah dirampungkan pada pertengahan 2023.

Selain itu, Telkomsel juga terus memperkuat kapabilitas dan kualitas jaringan broadband secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah Indonesia dengan menggelar lebih dari 233 ribu BTS, termasuk dengan lebih dari 470 BTS berteknologi terkini 5G, di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, Telkomsel pun telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar yang pertama mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) dengan Autonomous Network di Indonesia, untuk menghadirkan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan terdepan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI. (Icha)