spot_img
Latest Phone

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...
Beranda blog Halaman 185

Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition, Premium, Mewah dan Performa tinggi

0

Telko.id – Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition, modern tool watch yang terbuat dari baja Damascus, salah satu material terbaik di dunia. Jam tangan terbaru ini menghadirkan kombinasi luar biasa antara bahan premium, kemewahan, dan performa.

Baja Damaskus adalah material yang sangat unik karena dikenal sebagai material dengan durabilitas luar biasa namun memiliki fleksibilitas tinggi.

Keistimewaan lain adalah teknik produksi untuk membuat baja Damaskus melibatkan banyak tahap yang rumit dan membutuhkan keahlian khusus.

Beberapa bahan baku yang digunakan dalam pembuatan baja Damaskus mungkin sudah tidak tersedia lagi atau sulit ditemukan dengan kualitas yang sama.

Baca juga : Garmin MARQ Adventurer, Hadirkan Damascus Steel Edition

Desain Berkelas dari Material Baja Damascus

Garmin MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition bukan sekadar arloji mewah, melainkan sebuah karya seni yang memadukan estetika klasik dengan inovasi masa kini.

Melalui proses penempaan berulang, 10 lapisan baja dilas bersama dalam satu blok yang kemudian dipanaskan dan dimasukkan ke dalam tungku.

Proses ini diulang empat kali, sehingga menghasilkan 80 lapisan baja yang berbeda. Baja ini kemudian diputar untuk menciptakan pola unik pada setiap jam, sebelum diproses dan diukir.

Masing-masing goresan pada baja adalah bukti dari dedikasi para pengrajin kami dalam menghidupkan kembali seni pembuatan baja yang telah hilang selama berabad-abad.

Dengan desain yang memadukan kemewahan, fungsi, dan performa, MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition dilengkapi dengan strap hybrid kulit dan karet FKM yang tahan keringat dan noda.

Dipadukan dengan layar sentuh AMOLED yang memukau, modern tool watch ini memberikan visual yang jelas dan tajam bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Setiap detail pada modern tool watch ini dirancang dengan penuh pertimbangan. Lensa safir tahan gores yang melengkung seperti kubah dan bezel yang terukir dengan kompas 360 derajat sebagai alat navigasi.

Kombinasi antara estetika yang menawan dan fungsionalitas ini menjadikan MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition sebagai pilihan sempurna bagi penjelajah yang menghargai desain yang timeless.

Dengan daya tahan baterai hingga 16 hari dalam mode smartwatch, modern tool watch ini siap menemani setiap petualangan.

Saat perlu diisi daya, pengisian ulang dilakukan dengan mudah menggunakan pengisi daya magnetik yang intuitif, yang dapat mengisi ulang baterai hingga 100% dalam waktu kurang dari satu jam.

Fitur Navigasi Canggih untuk Petualangan Anda

Lebih dari sekadar alat penunjuk waktu, modern tool watch ini dirancang untuk menemani para penjelajah dalam setiap petualangan.

Dengan fitur navigasi andalan, MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition siap menemani Anda dalam setiap ekspedisi, dari puncak gunung hingga kedalaman hutan yang lebat.

Setiap fitur, dari kompas altimeter hingga GPS, dirancang untuk memastikan Anda selalu berada di jalur yang benar.

Berikut deretan fitur canggih untuk setiap petualangan Anda:

  • Advanced mapping: Fitur untuk melihat kontur medan, ketinggian, area terbuka, garis pantai, dan banyak lagi pada peta TopoActive; akses peta yang sudah terinstal untuk ribuan lapangan golf dan resor ski di seluruh dunia; serta panduan peta NextFork untuk menampilkan informasi peta dengan lebih mudah.
  • Outdoor Maps+: Konten peta premium seperti citra satelit dan peta topografi di jam tangan (perlu berlangganan).
  • SatIQ Teknologi: Nikmati akurasi yang luar biasa di lingkungan yang menantang, sambil mengoptimalkan daya baterai.
  • Navigasi canggih: Jelajahi jalur yang jarang dilalui dengan altimeter bawaan, barometer, dan kompas elektronik 3-sumbu.
  • Aktivitas Ekspedisi: Hemat daya baterai untuk memperpanjang perjalanan Anda di alam bebas hingga berminggu-minggu.
  • Aklimatisasi: Fitur untuk melihat ketinggian saat ini, ketinggian yang telah teraklimatisasi, serta data Pulse Ox, detak jantung, dan tingkat pernapasan untuk memahami bagaimana tubuh beradaptasi.

Fitur Kesehatan Terbaik untuk Keseharian Anda

Sebagai bagian dari koleksi MARQ, modern tool watch Damascus Steel Edition ini melanjutkan legasi Garmin dalam menghadirkan fitur kesehatan, kebugaran, dan pelatihan yang komprehensif.

Berikut fitur yang dapat membantu aktivitas keseharian Anda:

  • Pemantauan Kesehatan dan Kebugaran: Lacak detak jantung 24/7, memantau kualitas tidur, serta wawasan tentang bagaimana tidur, tidur siang, dan aktivitas harian memengaruhi tingkat energi melalui pemantauan Body Battery.
  • Training Insights: Fitur yang memberikan skor kesiapan pelatihan setiap pagi berdasarkan kualitas tidur, pemulihan, dan metrik kesehatan lainnya.
  • Jetlag Adviser: Dapatkan  tips untuk meminimalisir efek jet lag dan memudahkan tubuh beradaptasi ke waktu lokal kapan harus mencari atau menghindari cahaya, jadwal tidur serta latihan.
  • Fitur Konektivitas: MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition dapat terhubung dengan ponsel iPhone atau Android untuk menerima notifikasi dan informasi cuaca.

Harga & Ketersediaan

MARQ Adventurer – Damascus Steel Edition menyajikan perpaduan sempurna antara kemewahan, kekuatan, dan inovasi.

Terbuat dari baja Damascus yang legendaris, jam tangan ini menghadirkan desain unik dengan pola yang berbeda pada setiap unitnya, memberikan kesan eksklusif dan tak tertandingi.

MARQAdventurer – Damascus Steel Edition akan tersedia di Indonesia mulai hari ini (3 Februari) melalui Garmin Brand Stores Offline seluruh Indonesia dan Garmin Official Online Stores di Tokopedia dengan harga Rp 52,999,000. (Icha)

Acer for Business Siapkan Berbagai Solusi Terintegrasi dan Komprehensif

0

Telko.id – Acer Indonesia menghadirkan #AcerforBusiness yang menawarkan berbagai perangkat teknologi, solusi, dan layanan yang dapat dikustomisasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis di berbagai sektor.

“Era digital semakin berkembang dan teknologi telah menjadi pondasi utama untuk keberlangsungan dan pertumbuhan bisnis. Untuk itu #AcerforBusiness hadir sebagai solusi teknologi untuk mendukung berbagai sektor industri dalam menghadapi dinamika yang terjadi dengan memberikan berbagai perangkat teknologi, solusi, dan layanan terbaik,” kata Riko Gunawan, Products & Solutions Director, Acer Indonesia.

Ia pun optimis, semua itu dapat mengoptimalkan produktivitas dan mempercepat adopsi teknologi terbaru untuk kelancaran bisnis pelanggan.

Tidak hanya itu, untuk mendukung keberlanjutan operasional bisnis, #AcerforBusiness juga menawarkan layanan purna jual yang dirancang untuk memastikan keandalan dan efisiensi teknologi bagi pelanggan di Indonesia.

Baca juga : Acer Hadirkan Konsol Genggam Terbaru Nitro Blaze 8 dan Nitro Blaze 11

Hadirnya #AcerforBusiness dalam ekosistem teknologi di Indonesia didukung oleh Acer Manufacturing Indonesia (AMI), sebuah entitas kebanggaan Indonesia yang merupakan fasilitas produksi perangkat Acer dengan teknologi terkini.

Solusi ini dirancang untuk mendukung berbagai sektor industri, termasuk enterprises, UKM (SMB), manufaktur, finansial, healthcare, pendidikan, serta institusi pemerintahan.

Berbagai perangkat yang diproduksi, seperti laptop, Chromebook Acer, desktop, mini PC, desktop all-in-one, monitor, proyektor, server, dan interactive flat panel (IFP), memastikan setiap pelanggan mendapatkan perangkat teknologi yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Dengan kapasitas produksi mencapai 1,2 juta unit per tahun, AMI yang telah hadir selama 13 tahun di Indonesia memastikan bahwa setiap produk memiliki standar kualitas global dan menghadirkan lini produk dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terlengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dari beragam kalangan.

Rangkaian laptop Acer dari #AcerforBusiness yang diproduksi oleh AMI dirancang dengan standar tinggi dan telah tersertifikasi military-grade untuk memastikan ketahanan luar biasa.

Bahkan setiap unit perangkat telah melewati proses kontrol kualitas ketat, dan opsi kustomisasi sesuai kebutuhan sehingga setiap perangkat siap pakai ketika diterima pelanggan.

Meneguhkan komitmen tersebut, #AcerforBusiness terus berinovasi untuk menghadirkan solusi yang relevan bagi dunia usaha dalam menjawab tantangan bisnis modern yang semakin dinamis.

#AcerforBusiness memperkenalkan dua produk terbaru yang dirancang khusus untuk mendukung mobilitas dan produktivitas tinggi.

Pada kesempatan ini, Acer memperkenalkan TravelMate P614 AI, laptop bisnis dengan kinerja artificial intelligence superior terbaru yang ditenagai Intel Core Ultra (seri 2) dengan NPU internal yang menawarkan hingga 120 TOPS AI.

Dengan bobot kurang dari 1 kg, laptop ini menjadi pilihan ideal bagi para profesional yang selalu bergerak.

Acer juga menghadirkan laptop convertible TravelMate P414 Spin yang didukung teknologi Intel Core Ultra Processor terbaru yang menawarkan performa dan fleksibilitas penggunaan.

Laptop Acer TravelMate P414 Spin juga telah bersertifikasi TKDN, memastikan bahwa produk ini memenuhi standar kualitas global dan lokal.

Baik model TravelMate P614 AI maupun TravelMate P414 Spin menjamin keamanan data bisnis melalui hadirnya fitur TravelMateSense yang didukung Intel vPro.

Untuk memastikan ketahanan perangkat yang lebih kuat, keduanya telah tersertifikasi military grade MIL-STD 810H.

Laptop Acer TravelMate dengan Intel vPro menawarkan kemudahan pengelolaan bagi pelaku bisnis dengan fitur manajemen berbasis hardware yang modern.

Dengan teknologi ini, perusahaan dapat mengelola, mengamankan, dan memperbarui perangkat dalam jumlah besar secara efisien, memastikan operasional bisnis tetap lancar tanpa gangguan teknis.

Tak hanya itu, untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, Acer menyediakan pemeriksaan berkala, dukungan Acer Accidental Damage Protection (AADP).

Serta layanan upgrade dan pemesanan khusus perangkat seperti BIOS dan OS. Acer juga menghadirkan solusi product deployment guna mendukung implementasi perangkat secara efektif bagi pelanggan.

Worry Free, Be Happy”: Komitmen untuk Kenyamanan Pelanggan

Untuk menjawab kebutuhan pelanggan di Tanah Air, #AcerforBusiness menghadirkan kampanye “Worry Free Be Happy“.

Wujud komitmen Acer yang berfokus pada kenyamanan pelanggan melalui keunggulan kualitas produk, layanan purna jual yang terpercaya.

Serta additional solution services yang semakin memperkuat pengalaman pelanggan dalam menggunakan teknologi Acer.

Melalui program “Worry Free, Be Happy“, #AcerforBusiness berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman bisnis yang lebih efisien, nyaman, dan produktif.

Dengan penyediaan lini perangkat berkualitas yang inovatif, layanan purna jual yang komprehensif dan terpercaya pada lebih dari 300 kota dan kabupaten se-Indonesia.

Serta solusi bisnis yang fleksibel, Acer memastikan pelanggan mendapatkan solusi teknologi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. (Icha)

Axioo HYPE Flex All-in-One PC, Ringkas, Bertenaga untuk Produktivitas Modern

0

Telko.id – Axioo Perkenalkan HYPE Flex All-in-One PC, solusi ringkas dan bertenaga untuk produktivitas modern.

Produk ini untuk memenuhi kebutuhan masyarak akan perangkat komputer dengan desain minimalis dan hemat ruang menjadi salah satu pilihan penting.

Axioo HYPE Flex All-in-One, komputer inovatif yang menggabungkan kepraktisan, performa tinggi, dan desain yang elegan. Solusi ideal bagi pengguna yang menginginkan komputer ringkas dengan desain minimalis namun tetap mumpuni untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan.

Keluaran terbaru ini merupakan perangkat komputer yang tergolong praktis karena hanya berbentuk monitor saja dengan instalasi yang mudah.

Baca juga : Axioo Pongo 735, Laptop Gaming Terbaru dengan Performa Mumpuni

Didesain ringkas dan hemat ruang, fungsi monitor, CPU dan komponen lainnya sudah terintegrasi di dalam monitor. 

Yang menjadi fitur utama dari Axioo Hype Flex All-in-One PC ini adalah adanya Wide AIO Screen, layar maksimal yang mumpuni untuk memberikan visual yang jernih serta memiliki fitur dynamic stand yang adjustable sesuai dengan keinginan pengguna.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat upgrade memory dan storage ke kebutuhan yang lebih besar dan tahan lama.

Axioo Hype Flex All-in-One PC ini terbilang pas untuk pengguna yang membutuhkan layar besar dalam beraktivitas karena sudah didukung dengan Wide AIO Screen berukuran 23.8 inch FHD, serta menggunakan Panel IPS 100% RGB.

Kelebihan lainnya terdapat pada fitur pop up camera 5MP, untuk kegiatan konferensi yang membutuhkan webcam dengan visual jernih.

Cara menggunakannya pun tergolong mudah, yakni cukup dengan menekan kamera di sisi atas dan kamera akan keluar alias pop up, sehingga tergolong aman dari segi privasi ataupun resiko hack.

Axioo HYPE Flex All-in-One PC menggunakan processor Intel Gen 12 dengan dua pilihan prosesor, yakni Intel® Core i3-1215U dan Intel Core i5-1235U sehingga pengguna dapat memilih prosesor sesuai dengan kebutuhan.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan dual memory slot max 2x SODIMM DDR4 up to 64GB dan dual storage (1x 2.5 SATA dan 1x M.2 SATA / NVMe 2280 SSD Gen 3×4) yang memungkinkan pengguna menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dan menyimpan lebih banyak data serta memberikan cadangan data yang lebih andal. 

Dengan jangkauan harga mulai dari Rp 7 juta sampai dengan Rp 9 jutaan, setiap pembelian Axioo HYPE Flex All-in-One PC akan mendapatkan aksesoris wireless keyboard dan mouse untuk mendukung fleksibilitas pengguna dengan mengedepankan simple workplace, sehingga ruang kerja terasa lebih rapi dan minimalis.

“Axioo Hype Flex All-in-One PC kami luncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer dengan desain ringkas dan hemat ruang namun tetap mengedepankan keseimbangan antara kinerja, kenyamanan dan estetika desain yang minimalis,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk.

Keunggulan Axioo HYPE Flex All-in-One PC tidak hanya dari segi desain, tapi dengan kemampuan dynamic stand yang membuat layar bisa di-adjust sesuai dengan keinginan pengguna dan kemampuan lainnya yang bisa disesuaikan kebutuhan karena fleksibilitas pengguna untuk mengupgrade SSD/RAM.

Fitur ini menjawab kebutuhan pengguna sesuai penggunaannya untuk produktivitas harian, seperti bekerja dan berbagai aktivitas multitasking lainnya.

Dengan semua fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Axioo Hype Flex All-in-One PC merupakan pilihan yang sangat menarik bagi berbagai kalangan di Indonesia terutama para pekerja kantoran.

Dengan desain tampilan berwarna putih yang memberikan kesan clean, simple dan elegan, perangkat ini dapat ditempatkan di berbagai tema ruang seperti coworking space, apartemen, atau kantor tanpa mengganggu tata letak atau estetika keseluruhan sehingga menjadi pilihan ideal untuk ruang terbatas.

Desain dynamic stand yang fleksibel juga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan posisi layar, sehingga dapat mengurangi kelelahan mata dan leher dengan cara menyesuaikan sejajar dengan posisi mata, sudut dan orientasi layar yang dapat digunakan optimal dalam posisi landscape ataupun portrait.  

Axioo saat ini memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat memberikan kemudahan untuk memiliki produk Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.

Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yakni tukar tambah laptop lama ke unit baru laptop Axioo.

Untuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service.

Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.

Program menarik lainnya yaitu Axioo Accidental Damage Protection Extra yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.

Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection Extra terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.

Untuk setiap pembelian Axioo Hype Flex All-in-One PC, pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 1 tahun.

Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 177 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. (Icha)
 

Prestasi Gemilang, OPPO Campus Ambassador Batch 1 Lulus

0

Telko.id – Setelah melewati berbagai tantangan dan pengalaman berharga selama tiga bulan, OPPO Indonesia merayakan kelulusan OPPO Campus Ambassador (OCA) Batch 1 dalam Wrap-Up & Ceremony Event.

Acara yang digelar di OPPO Gallery Gandaria City Mall pada 1 Februari ini menjadi momen puncak bagi para mahasiswa terpilih, menandai langkah baru mereka untuk terus menginspirasi generasi muda.

Mengusung tagline “Connect, Create, Impact, Build the Future with OPPO”, program OPPO Campus Ambassador dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman, keterampilan, dan wawasan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

Salah satu highlight dari program ini adalah Event Challenge, di mana para peserta dibagi dalam lima kelompok untuk mengadakan acara di berbagai lokasi seperti Depok, Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

Baca juga : Oppo Resmi Umumkan Lamine Yamal Sebagai Brand Ambassador Global!

Setiap event dirancang agar mampu menjangkau serta melibatkan audiens mahasiswa secara langsung, memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan.

Selain itu, peserta OPPO Campus Ambassador juga diberikan tugas untuk mengelola media sosial hingga membuat konten yang menarik, serta merancang ide marketing kreatif yang akan berguna dalam perjalanan karir mereka di masa depan.

Melalui rangkaian kegiatan ini, program OPPO Campus Ambassador telah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk pengembangan diri.

Dukungan OPPO untuk Masa Depan Mahasiswa

Melalui program ini, OPPO Indonesia ingin berkontribusi dalam persiapan karier mahasiswa dengan berbagai pelatihan, workshop, serta career talk. Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi mereka, OPPO juga memberikan berbagai reward bagi para peserta yang menunjukkan performa terbaik.

Dalam acara ini, Nira Kania Wulandari dinobatkan sebagai Best of the Batch, sementara Keisha Salsabilla meraih penghargaan sebagai Best Student Creator. Keduanya mendapatkan hadiah berupa OPPO Reno13 F 5G.

Selain itu, Kelompok 5 yang berhasil menyelenggarakan event “OPPO Gen-Z, Chill & Skill” di OPPO Experience Store Bintaro Xchange juga mendapatkan penghargaan.

“Tidak hanya sekadar pengalaman, tapi kita juga dibekali dengan ilmu-ilmu baru, sehingga kita jadi lebih siap dan lebih berani untuk menghadapi tantangan ke depannya”, jelas Nira Kania Wulandari, OPPO Campus Ambassador.

“Aku jadi lebih tau tentang fotografi dan itu sangat membantu aku banget sebagai content creator”, tambah Keisha Salsabilla, OPPO Campus Ambassador.

Serangkaian Acara Inspiratif

Wrap-Up & Ceremony Event di OPPO Gallery Gandaria City Mall menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk Talkshow, Journey Recap, Awarding, dan Closing Ceremony untuk Batch 1. Para peserta juga berkesempatan untuk menjelajahi OPPO Experience Store, menikmati hidangan dari Finders Cafe, serta mencoba langsung fitur terbaru dari OPPO Reno13 Series.

Dua sesi talkshow inspiratif turut mengisi acara ini yaitu sesi “Strategic Selling: Elevating Communication for Impactful Connections” oleh Henry Manampiring, penulis buku Winning Awarding dan Filosofi Teras. Serta sesi “Understanding the FYP Algorithm: Content that Connects” oleh Arnoldus Yansen, Human Capital Development OPPO Indonesia.

Setiap peserta juga mendapatkan buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam pengembangan diri mereka.

“Materi yang diberikan superduper insightful dan impactful banget buat aku, karena aku bisa belajar untuk how to improve untuk jadi lebih baik”, jelas Kevinia Ruth Nathasya, OPPO Campus Ambassador

Apresiasi dan Penghargaan untuk Para Peserta

Selain penghargaan individu dan kelompok, seluruh peserta OPPO Campus Ambassador Batch 1 juga menerima rapor, sertifikat, serta plakat sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian mereka selama tiga bulan terakhir.

OPPO Indonesia berharap bahwa pengalaman ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

Dengan berakhirnya Batch 1, OPPO Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi mahasiswa di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program pengembangan diri. Nantikan OPPO Campus Ambassador Batch berikutnya dan jadilah bagian dari perubahan! (Icha)

XL Axiata 2024: Laba Bersih Tembus Rp 1,85 Triliun, Pelanggan Naik 1,3 Juta

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih pertumbuhan positif kinerja yang solid di sepanjang tahun 2024.

Perusahaan mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang meningkat sebesar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY), mencapai Rp 34,40 triliun. 

Dalam kinerja XL Axiata tahun 2024 ini, terdapat peningkatan pendapatan tersebut kemudian mendorong pertumbuhan EBITDA mencapai Rp 17,88 triliun, tumbuh 13% YoY, dengan EBITDA margin yang meningkat menjadi 52%. Laba bersih XL Axiata pun ikut terdorong mencapai Rp 1,85 triliun, naik 45% YOY. 

Hingga periode akhir 2024 ini, kinerja XL Axiata juga berhasil meningkatan Average Revenue Per User (ARPU) naik menjadi Rp 43 ribu.

Baca juga : XL Axiata dan Smartfren Merger, Jadi XLSmart Bernilai Rp.104 Triliun

Kenaikan ARPU ini seiring dengan pertumbuhan trafik data yang meningkat 9% YoY, mencapai 10.547 Petabytes, yang juga ikut mendorong kenaikan kontribusi pendapatan layanan Data dan Digital hingga mencapai sebesar 92% dari total pendapatan.

Sementara itu, peningkatan trafik tidak terlepas dari kuatnya basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 58,8 juta. 

“Kami berhasil melalui tahun 2024 yang penuh tantangan ekonomi secara nasional dan global dengan kinerja yang cukup solid, dengan pendapatan yang terus meningkat, serta EBITDA dan laba bersih yang tumbuh double digit,” kataDian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis telah menjadi kunci keberhasilan operator ini.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga mendorong peningkatan trafik data yang signifikan,” ujar Dian menjelaskan.

Dian menambahkan, keberhasilan kinerja sepanjang tahun 2024 tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi di setiap lini bisnis dengan cermat.

Salah satu langkah yang diambil adalah mengoptimalkan pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran, yang berhasil ditekan hingga 15%.

Selain itu, biaya infrastruktur bisa diturunkan hingga 2%, dengan perusahaan lebih berfokus untuk meningkatkan site profitability serta menerapkan strategi jaringan yang lebih efisien dan efektif. 

Dengan demikian, perusahaan mampu mengendalikan kenaikan OPEX, sehingga tetap lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan. Ini adalah langkah positif untuk melanjutkan inovasi dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan.

Terkait keberhasilan penurunan beban dalam penjualan dan pemasaran, operator ini mendorong peningkatan penggunaan aplikasi digital, khususnya aplikasi MyXL dan AxisNet.

Hingga akhir tahun 2024, kedua aplikasi ini mencapai total pengguna aktif bulanan hingga sebanyak 33,1 juta atau meningkat lebih dari 100% dalam tiga tahun terakhir. 

Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan MyXL dan AxisNet merupakan hasil positif dari upayaoperator ini untuk tak henti berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menerapkan strategi yang fokus pada pengalaman pelanggan (CX) berbasis digital melalui data analytics.

Pendekatan dengan memaksimalkan aplikasi digital ini tidak hanya memungkinkan operator ini untuk berinvestasi di area yang memiliki nilai tinggi, tetapi juga untuk membangun jaringan yang kuat guna memenuhi permintaan dari berbagai segmen pelanggan.

Dengan memanfaatkan data analytics, operator ini dapat secara efektif mengevaluasi key performance indicator (KPI) di seluruh aspek yang berkaitan dengan pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas.

Hal ini memberikan perusahaan kemampuan untuk merancang strategi yang tepat, sehingga dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi MyXL dan AxisNet, perusahaan berhasil untuk bisa lebih memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan.

Hal ini memungkinkan operator ini untuk memberikan penawaran yang lebih tepat kepada pelanggan, pada waktu yang tepat, dengan cara yang lebih efektif.

Data Net Promoter Score (NPS) XL Axiata masih meningkat secara signifikan. Peningkatan ini tidak hanya mendorong penggunaan layanan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan. Operator ini berkomitmen melanjutkan penerapan strategi ini sepanjang tahun 2025 dan kedepan.

Posisi keuangan operator ini menunjukkan sehat per akhir Desember 2024, utang kotor perusahaan tercatat sebesar Rp 12,5 triliun, sementara utang bersih mencapai Rp 11,1 triliun. 

Rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) berada pada angka 2,5x, mencerminkan manajemen utang yang prudent. XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi valuta asing, yang memberikan stabilitas lebih dalam pengelolaan keuangan.

Dari total pinjaman yang ada, 53% memiliki suku bunga tetap (fixed), sementara 47% lainnya menggunakan suku bunga mengambang (floating), menunjukkan diversifikasi yang bijaksana dalam struktur pembiayaan.

Kemudian, free cash flow (FCF) perusahaan berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 20%, mencapai Rp 10,5 triliun. Hal ini sebagai komitmen XL Axiata untuk menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.

Percepatan Layanan FMC

Tahun 2024 telah menjadi tahun yang monumental bagi XL Axiata untuk memperkuat bisnis layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), yang ditandai dengan masih tumbuhnya pelanggan layanan XL Satu dan juga masuknya pelanggan layanan fixed broadband (FBB) First Media sebagai salah satu layanan XL Axiata, pasca akuisisi Link Net pada 2022 silam.

Proses pembentukan XL Axiata sebagai ServeCo dan Link Net sebagai FiberCo telah berjalan dengan baik. Dalam langkah strategis ini, XL Axiata telah mengakuisisi sekitar 750 ribu pelanggan residensial Link Net.

Pengambilalihan ini meningkatkan basis jumlah pelanggan FBB Axiata, sehingga saat ini mencapai lebih dari satu juta pelanggan, dan menempatkan XL Axiata sebagai pemain FBB terbesar kedua di Indonesia.

Kolaborasi XL Axiata – Link Net juga menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam upaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC ini, termasuk komitmen untuk memperluas cakupan layanan.

Selain itu, XL Axiata bertekad untuk mendorong percepatan penetrasi konvergensi layanan FMC dan meningkatkan kualitas pengalaman bagi pelanggan.

Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.

XL Axiata kini juga masih mengembangkan produk ke segmen korporasi dan usaha kecil menengah (UKM). Pengembangan layanan ke kedua segmen tersebut juga diselaraskan dengan semakin meningkatnya kebutuhan atas layanan Information and Communication Technology (ICT), Internet of Things (IoT), dan Big Data. 

Perluas Infrastruktur Jaringan

XL Axiata memperluas infrastruktur jaringan hingga akhir 2024, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 5.740 unit. Dengan demikian total BTS saat ini mencapai 165.864 unit, meningkat sebesar 4% YOY. Dari total tersebut, hampir 111 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. 

Sementara itu, proses fiberisasi jaringan telah mencapai 63% dari total site BTS yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Fiberisasi adalah langkah modernisasi yang dilakukan dengan menghubungkan BTS melalui jalur fiber, serta melakukan pembaruan perangkat-perangkat BTS.

Ini termasuk penggantian perangkat yang sebelumnya menggunakan microwave menjadi perangkat berbasis fiber.

Inisiatif fiberisasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan data 4G, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat.

XL Axiata terus melakukan langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas jaringan, yang menjadi fondasi utama dalam memberikan pengalaman pelanggan.

Komitmen XL Axiata untuk memperkuat jaringan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sebesar Rp 7,4 triliun. 

XL Axiata akan terus melanjutkan inisiatif investasi dalam pengembangan jaringan dengan pendekatan yang cermat, guna memastikan bahwa layanan yang ditawarkan semakin berkualitas dan mampu mendukung pertumbuhan penggunaan jaringan yang terus meningkat.

XL Axiata dan Smartfren Merger Strategis

Perusahaan juga melakukan aksi korporasi merger. XL Axiata dan Smartfren telah mencapai kesepakatan definitif untuk melakukan merger, dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari Rp 104 triliun.

Penggabungan ini akan melahirkan entitas telekomunikasi baru yang disebut XLSmart, yang akan menjadi kekuatan baru di sektor telekomunikasi Indonesia. Kolaborasi ini akan mendorong inovasi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, merger ini diharapkan menghasilkan sinergi biaya yang signifikan, dengan estimasi sinergi sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya proses integrasi jaringan strategis serta optimalisasi sumber daya.

Kolaborasi ini akan menempatkan XLSmart sebagai kekuatan transformatif di industri telekomunikasi, yang membuka jalan bagi pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan di sektor ini.

Merger ini merupakan langkah strategis yang menggabungkan dua entitas yang saling melengkapi, dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik di pasar telekomunikasi Indonesia.

Dengan bergabungnya XLSmart, akan memiliki skala yang lebih besar, kekuatan finansial yang solid, dan keahlian yang mendalam.

Hal ini akan memungkinkan untuk mendorong investasi dalam infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi pelanggan.

Kolaborasi ini akan menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif, memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. (Icha)

VIDA Authentication Suite, Demi Atasi Keamanan Digital

Telko.id – VIDA menghadirkan Phone Token dan Face Token, sebuah VIDA Authentication Suite dengan dua solusi utama yang dirancang untuk mengatasi keamanan.

“Metode autentikasi tradisional seperti SMS OTP, yang telah berusia puluhan tahun, tidak lagi memadai untuk menghadapi ancaman digital saat ini. Penipuan account takeover (ATO) meningkat pesat, dan sementara metode lama seperti kata sandi dan SMS OTP justru membuka celah bagi bisnis dan konsumen rentan terhadap serangan digital fraud,” kata Niki Luhur, Founder dan CEO Grup VIDA.

Peluncuran ini sejalan dengan temuan whitepaper terbaru VIDA yang mengungkapkan bahwa 97% perusahaan di Indonesia mengalami insiden Account Takeover dalam 12 bulan terakhir, yang sebagian besar disebabkan oleh serangan phishing dan smishing.

Dalam riset Vida, menurut Niki, menemukan fakta bahwa 67% konsumen melaporkan transaksi tidak sah di akun digital mereka. Lalu, 84% bisnis menghadapi insiden keamanan terkait kerentanan SMS OTP.

Baca juga : VIDA Capai Sertifikasi iBeta PAD, Lindungi Ancaman Siber Makin Canggih

Kemudian, 98% bisnis mengalami masalah autentikasi, namun hanya 9% yang mencari solusi

Alternative dan 46% bisnis tidak memiliki pengetahuan tentang cara mengurangi risiko ATO.

“Di VIDA, kami percaya bahwa autentikasi yang aman tidak seharusnya mengorbankan pengalaman pengguna,” ujar Niki menambahkan.

Kemudian, VIDA Face Token yang akan memanfaatkan keamanan Infrastruktur Kunci Publik (PKI) yang dikombinasikan dengan biometrik wajah dan deteksi keaktifan, memastikan hanya pengguna yang sah dapat mengakses akun mereka. 


Nah, solusi ini sangat relevan untuk industri yang menangani transaksi bernilai tinggi, termasuk layanan keuangan dan fintech, Platform e-commerce, Penyedia asuransi dan Institusi multi-finance.

Arwan Hasibuan, Deputi Direktur Pelayanan Konsumen dan Pemeriksaan Pengaduan Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, menyatakan, “Selama tahun 2024 hingga Januari 2025, OJK mencatat total 2.688 pengaduan terkait external fraud yang dialami konsumen”.

Adapun, salah satu bentuk external fraud yang paling dominan dan sering diadukan oleh konsumen adalah Account Takeover (ATO).

Data ini menunjukkan pentingnya kolaborasi seluruh pihak dalam memerangi penipuan digital. Kami mengapresiasi langkah VIDA dalam memerangi ATO melalui solusi teknologi autentikasi terdepan.

Sebagai lembaga pemerintah yang berkomitmen untuk melindungi konsumen, OJK mendukung penuh inovasi dalam autentikasi digital yang tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, tetapi juga mencegah kerugian akibat penipuan.

“Di era digital ini, sistem pembayaran yang aman dan efisien sangat penting. Kami mengapresiasi langkah-langkah inovatif dalam autentikasi yang tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi, tetapi juga memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” kata Djamin Edison Nainggolan, Direktur Eksekutif Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). (Icha)

Telkom Perkaya Fitur PaDi Permudah UMKM Pasarkan Produk

0

Telko.idPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui platform digital  unggulannya Pasar Digital (PaDi) UMKM mendapatkan apresiasi atas kontribusinya.

Apresiasi itu terhadap pemberdayaan ekonomi UMKM pada ajang BUMN Awards 2024 berupa Outstanding Contribution to MSME Economic Empowerment yang berlangsung di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Platform PaDi berupa marketplace B2B yang mempertemukan pelaku UMKM selaku penjual dengan kebutuhan pengadaan di BUMN dan perusahaan swasta.

UMKM yang sebelumnya kesulitan mengakses pasar, terutama untuk menjalin kerja sama atau bertransaksi dengan BUMN, kini terbantu dengan kehadiran platform ini yang memberikan kemudahan tersebut.

Baca juga : Antares Eazy, Cegah Bullying di Sekolah dengan IP Camera Berbasis AI

Platform ini juga menjadi solusi bagi BUMN dan perusahaan swasta dalam proses pemilihan vendor dan meringkas proses administrasi yang sebelumnya panjang.

Telkom terus melakukan inovasi terhadap fitur-fitur yang dimiliki PaDi UMKM agar memberikan lebih banyak manfaat dalam pemberdayaan ekonomi.

Pada Oktober 2024 lalu, platform ini meluncurkan fitur e-faktur. E-faktur pada PaDi UMKM  berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi karena dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pajak pertambahan nilai.

Penggunaan e-faktur membantu pelaku UMKM dalam melaporkan pajak sebagai pendapatan negara, sehingga pajak tersebut bisa digunakan untuk pembangunan bangsa.

Selain e-faktur, fitur pembiayaan yang ada di PaDi juga sangat membantu UMKM. UMKM dapat mengajukan pinjaman sampai Rp5 miliar cukup menggunakan Purchase Order (PO) dan Invoice di platform ini.

Skema pembiayaan ini membantu mereka dalam memenuhi pesanan dengan tepat waktu tanpa mengganggu cash flow.

Platform PaDi UMKM yang kami kembangkan tidak sekadar membuka akses bagi UMKM untuk masuk ke pasar pengadaan BUMN dan perusahaan swasta saja, lebih dari itu sebagai solusi digital yang mendukung pertumbuhan bisnis dan mendorong kemapanan ekonomi UMKM,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

Dalam sambutannya saat menyerahkan penghargaan tersebut, Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo menyebut bahwa penghargaan ini merupakan penyemangat bagi seluruh jajaran BUMN untuk terus bertransformasi, “Ini merupakan penghargaan bagi BUMN yang berhasil melakukan transformasi menuju Indonesia Emas 2045.”

Sampai saat ini, tercatat sebanyak ratusan ribu UMKM telah bergabung menjadi penjual di marketplace PaDi UMKM dengan nominal transaksi mencapai Rp7 Triliun dan masih akan terus bertambah. (Icha)

Antares Eazy, Cegah Bullying di Sekolah dengan IP Camera Berbasis AI

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui produk inovatifnya, Antares Eazy sebagai bentuk pemanfaatan teknologi di sektor pendidikan bukan sekadar alat bantu, tetapi menjadi bagian penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendidik.

Telkom menempatkan Antares Eazy sebagai salah satu produk unggulan dalam mendukung keamanan cerdas di rumah, tempat usaha, termasuk di sektor pendidikan.

Antares Eazy mengintegrasikan IP Camera berteknologi Artificial Intelligence (AI) yang dirancang khusus untuk mendeteksi dan mencegah kejadian seperti bullying di lingkungan sekolah, serta mengoptimalkan fasilitas sekolah secara berkelanjutan.

Dengan teknologi ini, sekolah maupun perguruan tinggi dapat mendeteksi perilaku bullying dan kekerasan di lingkungan sekolah secara otomatis dan lebih efisien.

Baca juga : Telkom Gandeng Thales, Kuatkan Kapabilitas Untuk Kembangkan Kota Cerdas

Cegah Bullying di Sekolah

Pengawasan secara konvensional yang hanya mengandalkan staf atau petugas keamanan kerap kali kurang memadai, terutama di lingkungan sekolah yang luas dengan ratusan anak didik.

Tanpa memanfaatkan teknologi yang dapat mendeteksi bullying secara otomatis, risiko kejadian serupa di sektor pendidikan tetap tinggi dan sulit untuk dicegah.

Keunggulan utama solusi ini adalah algoritma cerdas yang dapat meningkatkan pengawasan dengan mengenali perilaku tidak biasa.

Kamera ini memiliki kapabilitas untuk mendeteksi kerumunan, kemudian memberi notifikasi langsung ke pihak sekolah untuk segera menindaklanjuti.

“Antares Eazy dari Telkom hadir sebagai solusi inovatif untuk mendukung keamanan cerdas di sektor pendidikan. Kami percaya bahwa teknologi AI tidak hanya sekadar mendukung efisiensi, namun juga menciptakan lingkungan yang kondusif melalui kemampuannya dalam mendeteksi bullying,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Lebih lanjut, fitur video analytics yang ada di solusi ini dapat mengidentifikasi area-area di sekolah yang membutuhkan perhatian.

Sistem cloud recording pada solusi ini turut memudahkan akses ke rekaman video, tanpa memerlukan perangkat penyimpanan lokal yang mahal.

Pihak sekolah memiliki akses kapanpun ke data rekaman, sehingga dapat menganalisis pola-pola aktivitas di lingkungan sekolah untuk merancang strategi keamanan yang lebih efektif.

Selain itu, fitur AI Employee Presence dari Antares Eazy mendukung monitoring kehadiran staf dan tenaga pengajar secara akurat, sekaligus memastikan bahwa seluruh staf hadir tepat waktu dan bertanggung jawab atas perannya masing-masing.

IP Camera Berbasis AI Tingkatkan Keamanan Sekolah

Dengan solusi berbasis AI, Antares Eazy berkomitmen mendukung sekolah-sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan terbebas dari ancaman bullying, salah satunya melalui sosialisasi pada kegiatan “Indonesia Digital Learning for Great Teacher” yang digelar Telkom dan Pijar.

Dalam kegiatan ini, lebih dari 550 guru dari seluruh Indonesia diberikan pemahaman seputar manfaat teknologi IP Camera berbasis AI dari Antares Eazy, sebagai solusi untuk mendeteksi bullying dan menjaga keamanan sekolah secara proaktif.

Telkom menegaskan kepeduliannya terhadap masa depan generasi muda Indonesia dengan menyediakan teknologi yang relevan dengan kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Salah satunya adalah Antares Eazy yang dapat memberikan pengawasan optimal, sekaligus juga membantu sekolah mengelola lingkungan mereka secara berkelanjutan. (Icha)

Telkomsel Apresiasi Pelanggan, Ini Pemenang Undian Jajan Online 2024!

0

Telko.id – Telkomsel kembali menunjukkan apresiasi kepada pelanggan yang setia menggunakan layanan digital untuk berbagai kebutuhan gaya hidup lewat pengumuman pemenang program Undian Jajan Online 2024 pada Kamis (23/1).

Program Jajan Online 2024 telah diikuti oleh lebih dari 1,8 juta pelanggan dan terpilihlah 165 pemenang.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang program Jajan Online 2024. Program ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan, tidak hanya melalui layanan digital terbaik, tetapi juga melalui berbagai program apresiasi,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Dalam acara pengundian bersama perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Notaris.

Ia pun percaya bahwa kolaborasi teknologi dan gaya hidup dapat semakin mendekatkan pelanggan dengan ekosistem digital terintegrasi yang kami kembangkan.

Baca juga : Telkomsel ProtekSi Kecil, Solusi Internet Aman dan Sehat Anak

Tentang Program Jajan Online 2024

Program Jajan Online 2024 sebelumnya telah berlangsung dari 21 Oktober hingga 31 Desember 2024 dan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dengan melakukan transaksi di Google Play Store menggunakan metode prabayar atau pascabayar Telkomsel.

Dimana setiap transaksi senilai 10.000 akan mendapatkan 1 kupon undian, dan berlaku kelipatan. Pelanggan yang baru pertama kali mengaktifkan metode pembayaran Telkomsel di Google Play Store akan mendapatkan tambahan 10 kupon undian.

Ragam hadiah yang dimenangkan oleh para pelanggan Telkomsel, antara lain:

  • 5 unit ROG Phone 8 Pro
  • 5 unit Steam Deck Valve Handheld Gaming OLED
  • 5 unit Nintendo Switch V2
  • 50 saldo LinkAja masing-masing Rp1.000.000
  • 50 voucher Google Play masing-masing Rp500.000
  • 50 pulsa Telkomsel masing-masing Rp500.000

Setelah pengumuman hasil undian diunggah di website resmi Telkomsel, pemenang dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data.

Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Disclaimer, Telkomsel menghimbau seluruh pelanggan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel.

Jangan pernah memberikan kode OTP atau data pribadi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, serta hindari mengklik tautan mencurigakan. Telkomsel tidak memungut biaya apapun dari pemenang. (Icha)

7 Program Lingkungan Telkom Berlanjut, Bukti Nyata Keberlanjutan

0

Telko.id – Sepanjang tahun 2024, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah sukses menginisiasikan tujuh program di bidang lingkungan.

Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga pelestarian lingkungan serta mempraktikkan gaya hidup berkelanjutan di keseharian.

Langkah ini berawal dari keprihatinan Telkom akan kondisi alam Indonesia saat ini. Mengutip data tahun 2019 dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab.

Bandung disebutkan bahwa saat ini Indonesia telah kehilangan 28 juta hektar luas hutan, 750 ribu hektar terumbu karang, serta tingginya angka pencemaran air, udara, dan tanah.

Baca juga : Telkom Gandeng Thales, Kuatkan Kapabilitas Untuk Kembangkan Kota Cerdas

Maka dari itu, Telkom sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia, turut mengambil peran dalam upaya pelestarian lingkungan, di tengah isu krisis lingkungan yang saat ini semakin meningkat.

Komitmen ini diimplementasikan ke dalam tujuh program, yaitu program Waste Management, Eduvice, Restorasi Terumbu Karang, Reboisasi Hutan, Konservasi Mangrove, Revitalisasi Sarana Air Bersih, dan Bumi Berseru Fest.

“Melalui tujuh program unggulan di bidang lingkungan ini, Telkom berharap dapat membangun serta memulihkan kembali lingkungan dan menumbuhkan aktivitas perekonomian masyarakat sekitar,” kata Hery Susanto, Senior General Manager Social Responsibility Telkom.

Menurut hery, program ini juga mendukung komitmen Telkom dalam mengatasi perubahan iklim dan pencapaian target net-zero emission.

Pada program waste management, Telkom memiliki empat lokasi pengelolaan sampah terpadu yang sudah terdigitalisasi, di antaranya Desa Cikole, Sukahaji, Antapani, dan Kel. Cijawura Kota Bandung. Melalui program ini, Telkom membina masyarakat untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi maggot untuk kemudian diperjualbelikan sebagai pakan lele.

Kemudian, melalui program Eduvice, Telkom telah berhasil mengumpulkan 286 perangkat elektronik yang sudah tidak terpakai.

Perangkat ini akan dikelola dan didistribusikan kepada siswa-siswi usia sekolah yang membutuhkan, khususnya di wilayah DKI Jakarta dan Bandung. 

Selanjutnya, pada program Restorasi Terumbu Karang, Telkom telah menanamkan kembali 896 substrat terumbu karang di Pulau Tunda Banten, Taman Nasional Karimunjawa, Desa Morella Ambon, serta Pantai Lanjukang Makassar.

Adapun teknik penanaman yang dilakukan menggunakan metode Web Spider dan Fishdom.

Berikutnya adalah program Reboisasi Hutan di Indonesia dengan penanaman 102.400 bibit pohon yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Adapun program ini merupakan hasil inovasi di bidang pelestarian lingkungan dengan mengintegrasikan reboisasi dengan kecanggihan teknologi digital.

Salah satunya dengan cara pengawasan lahan yang sudah ditanami melalui penggunaan teknologi Geographic Information System (GIS).

Tidak hanya itu, Telkom juga berhasil melaksanakan program Konservasi Mangrove sebanyak 62.250 bibit di 12 lokasi penanaman. Di antaranya berlokasi di provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Melalui program ini, Telkom berharap dapat mencegah kerusakan ekosistem pesisir akibat abrasi pantai.

Lalu, Telkom juga melaksanakan program Revitalisasi Sarana Air Bersih untuk keperluan sarana pendidikan di lingkungan sekolah maupun pondok pesantren.

Sepanjang tahun 2024, Telkom telah merevitalisasi 14 lokasi di Banten, Jawa Barat, Aceh, Pekanbaru, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Terakhir, di akhir tahun 2024, Telkom telah berhasil menyelenggarakan program Bumi Berseru Fest (BBF).

BBF adalah wadah kolaborasi inisiatif Telkom Indonesia untuk organisasi dan penggiat lingkungan dari seluruh Indonesia dalam menciptakan gerakan inovasi dan kreatifitas demi keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan.

Melalui program ini, Telkom berhasil melahirkan 15 program konservasi lingkungan yang akan mulai diimplementasikan di awal tahun 2025 ini.

Sepanjang tahun 2024, Telkom terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, dan Governance) di seluruh aspek dan lini bisnis perusahaan.

Dimana, Telkom berharap dapat terus berkontribusi untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan. (Icha)