spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 172

Indosat Berikan Mobil Listrik Buat Apresiasi Pelanggan

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 menyerahkan hadiah kepada para pemenang program Pesta Hadiah IM3. Penyerahan hadiah ini merupakan puncak program yang telah berlangsung sejak 9 Oktober hingga 31 Desember 2023 lalu.

Program Pesta Hadiah merupakan apresiasi pada seluruh pelanggan IM3 baik pengguna baru, maupun pengguna lama yang telah melakukan aktivasi produk Kartu Perdana IM3 apapun, aktivasi paket, atau melakukan pembayaran tagihan IM3 Postpaid minimal senilai Rp50.000 untuk mendapatkan tiket Pesta Hadiah.

Pesta Hadiah IM3 tahun ini dimeriahkan dengan 2.024 hadiah menarik, mulai dari hadiah utama mobil listrik Hyundai IONIQ 5, motor listrik, iPad dan iPhone, smartphone Samsung, hingga beragam hadiah lain seperti game console Nintendo Switch, voucher Tokopedia Gift Card, serta ribuan pulsa IM3.

Kemeriahan program Pesta Hadiah IM3 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dari IM3 untuk para pengguna setianya, baik pengguna lama maupun pengguna baru yang telah mempercayakan IM3 sebagai provider untuk memenuhi kebutuhan digital mereka.

Baca juga : Usai 2 Tahun Merger, Pendapatan Indosat Meningkat 10%, Jadi Rp51,2 triliun

Program Pesta Hadiah IM3 diikuti secara total oleh 13 juta pelanggan atau sekitar 34,5 persen dari total pengguna aplikasi.

“Tahun ini kami memiliki 13 juta pelanggan yang secara aktif berpartisipasi dalam program ini. Ini adalah angka yang besar,” ujar Alistair David Johnston, EVP Head of Marketing IM3, di Kantor Indosat, Jakarta, Rabu (21/2).

Bertempat di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, IM3 melakukan penyerahan hadiah kepada perwakilan pemenang dari Pesta Hadiah IM3.

Keseluruhan rangkaian program Pesta Hadiah IM3 juga telah mengikuti mekanisme dan ketentuan yang berlaku, mulai dari proses penyegelan hadiah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2024 hingga proses pengundian pemenang tiket Pesta Hadiah IM3 pada tanggal 11 Januari 2024.

Proses penyegelan hadiah dan pengundian pemenang tiket Pesta Hadiah IM3 ini dilaksanakan secara transparan dan disaksikan secara langsung oleh perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, serta notaris.

Selain itu, para pemenang program Pesta Hadiah IM3 juga telah dihubungi secara resmi oleh pihak Indosat pada tanggal 11 Januari 2024.

“Kami mengapresiasi kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan oleh seluruh pelanggan dalam memilih IM3 menjadi brand telekomunikasi pilihan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital lifestyle mereka. Kami juga sangat bersemangat menyambut antusiasme tiga belas juta pelanggan IM3 yang berpartisipasi pada program Pesta Hadiah IM3 ini,” kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ritesh menambahkan bahwa semarak program Pesta Hadiah IM3 ini menjadi bentuk komitmen Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3 untuk dapat semakin dekat dengan para pelanggan dan terus menjadi brand pilihan yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan digital. (Icha)

Indosat dan Lintasarta Implementasi Digitalisasi Faskes di Lampung

0

Telko.id – Indosat Business dan Lintasarta, mengumumkan kemitraan strategis untuk implementasi dan dukungan digitalisasi pada fasilitas kesehatan (Faskes) 16 Puskesmas dan 1 klinik di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan komitmen kerja sama antara Indosat Business, Lintasarta, DSM dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba di Tulang Bawang Barat, Lampung pada awal Februari lalu.

Komitmen kerja sama tersebut ditandatangani oleh Senior Vice President (SVP) Head of Business to Business (B2B) Small Medium Business (SMB) Indosat Ooredoo Hutchison – Widirianto Hendro Trilaksono, Senior Vice President (SVP) Regional Commerce Lintasarta – Sigit Pramudyantoro, Direktur DSM – Ridwan Sani, dan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tubaba – Majril, S.Kep., Ns.MM.

Prosesi penandatangan kerja sama terkait aspek teknis dilakukan oleh Direktur DSM Ridwan Sani bersama pimpinan 16 Puskesmas dan 2 klinik yang mencakup teknis implementasi dan dukungan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Puskesmas sebagai wujud komitmen digitalisasi di wilayah Tubaba, Lampung.

Baca juga : Telkom dan Indosat Kerjasama Pusat Data, Ini Targetnya!

Muhammad Danny Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business bersama Lintasarta berkolaborasi untuk mendorong transformasi digital di sektor kesehatan sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah.

“Sebagai penyedia terdepan untuk sistem informasi manajemen Faskes dan konektivitas, Indosat Group telah siap untuk mendorong pertumbuhan akses layanan kesehatan melalui digitalisasi dalam lingkup daerah hingga nasional,” ungkap Danny.

Fitrah Muhammad, Commerce Director Lintasarta mengungkapkan, implementasi paket layanan SIMPuskesmas, solusi connectivity Indosat, dan tablet device menjadi satu paket solusi lengkap yang memenuhi kebutuhan dari sisi penyelenggara Faskes di daerah. Kolaborasi ini menjadi langkah besar transformasi pemerintah daerah dengan adanya kepercayaan dari pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Lampung.

“Hal penting lainnya melalui implementasi digitalisasi ini, seluruh Faskes dengan pemerintah daerah akan terintegrasi secara real time, termasuk integrasi dengan instansi eksternal yaitu BPJS Kesehatan dan Satu Sehat dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Fitrah.

Majril, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat mengungkapkan, kendala yang selama ini ada terkait masih manualnya proses layanan di internal Faskes dan kebutuhan data pelayanan kesehatan di wilayah Tubaba sudah terselesaikan.

“Implementasi digitalisasi melalui kolaborasi dengan Indosat Group tidak akan berhenti di sini karena solusi digitalisasi ini akan semakin berkembang dan akan diimplementasikan lebih jauh lagi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat dan pemenuhan data strategis bagi pemerintah untuk pengambilan kebijakan yang cepat dan tepat,” kata Majril.

Ridwan, Direktur PT Distribusi Sukses Mandiri menambahkan, keunggulan Indosat Group sebagai penyedia solusi teknologi enterprise menjadi semakin lengkap dengan berkolaborasi bersama DSM yang menghadirkan sentuhan khas daerah yang sangat mengenal kebutuhan serta keinginan dari stakeholder di Tubaba atau Lampung umumnya.

“Ke depannya, saya meyakini layanan ini akan beyond dari digitalisasi di sektor kesehatan yang ada dewasa ini karena adanya teknologi Artificial Inteligence (AI) dan teknologi lainnya serta akan menyebar implementasinya ke daerah lainnya,” ungkap Ridwan.

Pada akhirnya, kerja sama ini tidak akan selesai di Tubaba Lampung saja, namun akan semakin meluas ke daerah-daerah lainnya sebagai wujud komitmen Indosat dan Lintasarta dalam memajukan infrastruktur digital, transformasi dan inovasi pemerintah daerah di sektor kesehatan, serta mempercepat implementasi transformasi digital di sektor kesehatan sebagai visi Kementerian Kesehatan mewakili pemerintah pusat.

Melalui semangat gotong royong, kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat dan Lintasarta dalam membuka potensi sektor kesehatan digital Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat secara luas.

“Melalui kemitraan ini, Indosat Group akan menghubungkan antar pemangku kepentingan di sektor Kesehatan di setiap daerah dengan di pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, serta stakeholder lainnya yang terkait. Hal ini sesuai tujuan besar Indosat, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Danny. (Icha)

 

Satelit Merah Putih 2 Milik Telkom Sukses Diluncurkan, Ini Tragetnya!

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 Waktu Indonesia Barat.

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau yang juga dikenal dengan broadband satelit. Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

“Alhamdulillah, Satelit Merah Putih 2 telah berhasil diluncurkan hari ini dengan lancar. Ini merupakan milestone penting bagi TelkomGroup khususnya dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia bahkan di daerah 3T,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Utama Telkom dari Cape Canaveral, Florida.

Menurut Ririek, keberadaan Satelit Merah Putih 2 ini juga menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit TelkomGroup yang dijalankan Telkomsat.

Baca juga : Pertengahan Februari, Telkom Siap Luncurkan Satelit HTS

Dengan kapasitas hingga 32Gbps, Satelit Merah Putih 2 membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit ini diharapkan dapat menjadi satelit HTS atau broadband satellite paling andal (reliable) di Indonesia.

Hal ini dikarenakan kombinasi kedua frekuensi yang dimiliki di mana frekuensi C-Band adalah frekuensi yang memiliki performa paling baik terhadap curah hujan.

Satelit ini menggunakan platform Spacebus 4000B2 dengan usia desain 15 tahun yang dipabrikasi oleh Thales Alenia Space sebagai kontraktor utama yang bertanggung jawab atas desain, konstruksi, pengujian, dan pengiriman satelit ke lokasi peluncuran.

Selain itu, perusahaan manufaktur satelit kenamaan Perancis tersebut juga bertanggung jawab terhadap fase launch and early orbit phase (LEOP), yaitu fase awal satelit selepas dari roket peluncur hingga mencapai slot orbit yang diinginkan di 113 BT dan pada fase in-orbit tests (IOT), yaitu fase pengujian performa satelit saat sudah berada di slot orbitnya.

Thales Alenia Space akan memberikan dukungan penuh terhadap sistem pengendalian satelit dari stasiun pengendali (ground control) sekaligus melatih Telkomsat agar siap dalam mengoperasikan broadband satelit ini sepanjang usia satelit.

Sementara itu untuk kendaraan peluncur satelit, Telkomsat bekerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit dari bumi menuju ke ketinggian yang ditentukan, menggunakan roket Falcon 9.

Telkomsat juga menggandeng Jasindo untuk menjamin risiko satelit serta Telesat sebagai konsultan Telkomsat dalam pengadaan dan manufaktur satelit.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan, setidaknya ada tiga misi yang ingin dibawa Satelit Merah Putih 2, yakni meningkatkan ketahanan infrastuktur digital nasional untuk mendukung pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia, mengamankan dan mempertahankan slot orbit Indonesia di 113 BT, serta memperkuat portofolio bisnis satelit melalui peningkatan kapasitas internal dari 10 Gbps (Satelit Telkom 3S dan Satelit Merah Putih) menjadi 42.4 Gbps.

Lebih lanjut Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd Rauf, menambahkan bahwa teknologi HTS merupakan teknologi dengan desain cakupan area di bumi yang berukuran kecil namun banyak (multi- spots beam), sehingga mampu menghasilkan kekuatan pancar satelit yang besar di suatu area yang dilingkupi beam tersebut. Kekuatan pancar satelit ini identik dengan besaran data yang mampu dikirim satelit ke lokasi tersebut.

“Satelit broadband ini memungkinkan sumber daya frekuensi yang dapat digunakan berulang (frequency reuseable), sehingga hal ini berpotensi untuk menaikkan jumlah kapasitas yang dimiliki satelit HTS,” jelas Lukman.

Terkait dengan proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit, Lukman menegaskan bahwa hal tersebut telah dilakukan sesuai dengan asas kepatuhan (compliance) dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Selain itu dari aspek bisnis, proses pemilihan mitra juga telah mempertimbangkan biaya per Gbps yang paling rendah sehingga menghasilkan satelit dengan kapasitas lebih besar dengan harga jual yang kompetitif.

Satelit Merah Putih 2 direncanakan akan siap beroperasi (ready for service) pada bulan April 2024 dan akan dimanfaatkan untuk membantu pemerataan digital di Indonesia melalui penyediaan layanan backhaul berbasis satelit, mengembangkan bisnis maritim di Indonesia, dan mendukung kedaulatan data dengan mengurangi kebergantungan kapasitas satelit asing. (Icha)

Oppo Siapkan Beragam Perangkat IoT di 2024

0

Telko.id – Oppo kembali bakal memperkenalkan sederetan perangkat IoT terbaru nya. Langkah ini merupakan bentuk komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan.

Mulai dari perangkat jam pintar, gelang pintar, hingga perangkat portable untuk memantau kesehatan keluarga. Beberapa perangkat tersebut diperkenalkan Oppo mulai tahun 2020 hingga 2023.

Oppo Watch pertama kali meluncur pada tahun 2020, memperkenalkan inovasi Flexible Dual-Curved Display pertama di industri, kemudian berlanjut dengan gelang pintar pertama Oppo Band yang diperkenalkan tahun 2021 mengunggulkan desain compact dengan fitur olahraga lengkap.

Selanjutnya perangkat pemantau kesehatan keluarga O-Health H1 yang resmi diperkenalkan kepada dunia melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona.

Baca juga : Oppo Reno11 F 5G Resmi Hadir, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Melalui deretan perangkat IoT yang diperkenalkan, Oppo bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah memantau kesehatan secara lengkap di setiap waktu dan tetap tampil secara stylish.

Gaya hidup sehat turut dihadirkan Oppo dengan melengkapi fitur monitoring dan mode sport lengkap untuk digunakan saat aktivitas olahraga harian.

Untuk memberikan pengalaman dan gaya hidup sehat yang baru, Oppo saat ini sedang mempersiapkan perangkat IoT terbaru yang akan segera meluncur di Indonesia dalam di kuartal pertama tahun 2024 ini.

Kehadiran perangkat ini meneruskan konsistensi dan komitmen Oppo untuk mendukung kebutuhan konsumen yang semakin modern dan kompleks. (Icha)

Garmin Lily 2, Stylish Smart Jewelry untuk Wanita

0

Telko.id – Garmin hari ini mengumumkan Lily 2 generasi terbaru – smartwatch berdesain mungil dan modis yang menawarkan fitur-fitur kesehatan dan kebugaran yang serba terhubung khusus untuk wanita.

Tersedia dalam dua model, Lily 2 dan Lily 2 Classic, keduanya menampilkan desain elegan dan fresh dengan bingkai arloji berbahan logam, ditambah hidden display dengan lensa bermotif unik dan pilihan warna baru yang mengikuti mode.

Keduanya, hadir dengan masa pakai baterai hingga lima hari dalam mode smartwatch, pengguna memiliki banyak waktu untuk menikmati fitur-fitur baru seperti sleep score, dan dance fitness activities.

“Seri Lily dikenal dengan elemen desainnya yang mungil dan elegan. Kami dengan senang hati memperkenalkan lebih banyak lagi fitur pelacak kebugaran dan konektivitas untuk menunjang OOTD keseharian ke kantor maupun aktivitas sosial lainnya,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Baca juga : Top 5 Olahraga Yang Banyak Pengguna Garmin Lakukan

Menurut Chandrawidhi, Lily 2 dihadirkan untuk wanita yang masih menginginkan jam tangan tradisional namun memiliki fungsi smartwatch. Hidden display pada Lily 2 menjadikannya sebagai aksesoris smart jewelry yang cantik di pergelangan tangan pengguna.


Masa Depan Fashion: Tampil Menawan dengan Smart Jewelry
Bayangkan sebuah gelang ramping, dibuat dengan cermat dan dirancang untuk berpadu sempurna dengan gaya pribadi Anda, namun dikemas dengan teknologi canggih yang meningkatkan kebugaran Anda.

Lily 2 adalah pendamping kesehatan dan kebugaran, yang secara cerdas melacak aktivitas, tidur, dan stres Anda, menawarkan wawasan yang dipersonalisasi, dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Jam tangan ini juga dilengkapi dengan pilihan warna yang cantik- seperti Cream Gold dan Coconut atau Dark Bronze dan Mulberry – ditambah pilihan tali jam tangan dari Italian leather, nilon, atau silikon yang dapat dengan mudah diganti untuk melengkapi beragam penampilan.

Pengguna bahkan dapat mendesain Lily 2 mereka sendiri dengan variasi tali jam yang cocok dengan ukuran Lily 2.

Lily 2 bukan sekadar perhiasan; namun sebuah fashion statement. Pernyataan yang menyatakan Anda memprioritaskan kebugaran Anda, menerima inovasi, dan menolak berkompromi dengan gaya. Jadi, manfaatkan hal-hal yang brilian – temukan masa depan mode, sesuai keinginan Anda.

Smart Jewelry Merangkap Pelacak Kebugaran Pribadi
Untuk mendukung gaya hidup on the go, Lily 2 sudah kompatibel dengan smartphone Apple atau Android sehingga pengguna dapat menerima email, pesan teks, dan peringatan langsung di jam. Saatnya menggali lebih dalam teknologi yang ada pada Lily 2, generasi kedua seri Lily. Apa saja kemampuannya?

Dance fitness: Tingkatkan latihan dengan aplikasi olahraga bawaan yang mendukung kardio, yoga, latihan kekuatan, dan lainnya. Gunakan aktivitas kebugaran dansa terbaru untuk melacak berbagai gaya dansa, termasuk Zumba, Afrobeat, Bollywood, EDM, dan hip-hop.

Move alert suggestions: Dapatkan pengingat untuk bergerak setelah berdiam selama beberapa saat dan dapatkan berbagai gerakan yang disarankan untuk dicoba, seperti neck rolls, side bends, squats, dan banyak lagi dengan opsi gerakan duduk.

Body Battery energy monitoring: Memantau tingkat energi sepanjang hari untuk membantu menemukan waktu terbaik untuk beraktivitas dan beristirahat.

Sleep score: Dapatkan skor untuk melacak kualitas tidur di malam hari, ditambah wawasan tentang cara mendapatkan tidur yang lebih baik. Fitur ini juga dapat melacak tahapan tidur yang berbeda, detak jantung, stres, Pulse Ox, dan pernapasan.

Fitness tracking: Pantau langkah, kalori yang terbakar, menit intensitas, dan banyak lagi dengan 18 mode olahraga indoor dan outdoor.

Connected GPS: Saat berjalan, bersepeda, atau berlari di luar ruangan, sambungkan ke GPS smartphone yang kompatibel untuk mendapatkan statistik pelacakan aktivitas yang akurat.

Women’s Health: Lacak siklus menstruasi dan catat gejalanya, pantau pergerakan bayi, atur pengingat prenatal, hingga terima edukasi olahraga dan nutrisi.

Smart connectivity: Tetap terhubung dengan notifikasi panggilan, teks, dan email di pergelangan tangan Anda sambil tetap mempertahankan penampilan sempurna Anda.

Long Battery Life: Dapatkan masa pakai baterai hingga 5 hari dalam mode smartwatch dengan satu kali pengisian daya selama kurang lebih satu jam.

Safety and Tracking Features: Fitur keamanan dan pelacakan dapat membantu memberikan ketenangan pikiran; misalnya, saat Lily 2 dipasangkan ke aplikasi smartphone Garmin Connect, pesan dengan nama dan lokasi pengguna (jika tersedia) dapat dikirim ke kontak darurat yang telah dipilih sebelumnya jika terdeteksi adanya insiden.

Harga dan Ketersediaan
Lily 2 series tersedia secara pre order di Shopee pada tanggal 14-23 Februari 2024 dengan harga mulai dari Rp 4.399.000 dan bonus cincin Loulourose.

Garmin pun menyediakan pilihan strap tambahan berbahan silicone, fabric dan leather yang tersedia dengan harga mulai dari Rp 719.000. Lihat Lily 2 lebih banyak disini.

Berikut harga Lily 2:
Lily 2, Cream Gold/Coconut, Silicone Rp.4.399.000
Lily 2, Lilac, Silicone Rp 4.399.000
Lily 2 Classic, Cream Gold/Coffee, Fabric Rp.4.999.000
Lily 2 Classic, Silver/SageGrey, Fabric Rp.4.999.000
Lily 2 Classic, Cream Gold/Tan, Leather Rp.5.299.000
Lily 2 Classic, DarkBronze/Mulberry, Leather Rp.5.299.000
(Icha)

Jaringan XL Axiata Kini Jangkau 1.900 Desa di Sulawesi

0

Telko.id – Dalam kurun dia tahun, XL Axiata gencar bangun jaringan di Sulawesi. Operator ini menambah lebih dari 700 BTS 4G.

Hingga akhir tahun 2023 lalu, ditopang dengan total lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau total lebih dari 1.900 desa/kelurahan dan 805 kecamatan di 108 kota/kabupaten dan 6 provinsi.

Menurut Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, Sulawesi merupakan salah satu wilayah yang sangat menantang bagi XL Axiata dalam menggelar jaringan dan layanan telekomunikasi juga data.

Pulau ini sangat luas dengan geografis yang tidak mudah. Di sisi lain, Sulawesi juga menjadi pintu gerbang menuju Kawasan Timur Indonesia dengan kota-kota penting dan tentunya pasar yang potensial.

Baca juga : XL Axiata Jamin Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024

“Karena itu, di Sulawesi kami tetap berusaha keras untuk terus menghadirkan layanan XL Axiata di area yang terus meluas hingga desa-desa pelosok. Ada yang dengan memperluas jaringan sendiri, ada pula yang dijangkau melalui satelit, kata Marwan menjelaskan.

Marwan menambahkan, bagi XL Axiata pembangunan jaringan hingga ke pelosok-pelosok Sulawesi tidak hanya demi memperluas pasar. XL Axiata juga turut mendukung pemerintah dalam upaya menyediakan jaringan data berkualitas secara merata di seluruh negeri.

Penyediaan jaringan 4G di provinsi yang berada di pulau Sulawesi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital mereka agar mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang, baik sosial maupun bisnis dan pemerintahan.Literasi digital yang cukup akan memungkinkan mereka untuk mampu mengakses dan memanfaatkan layanan digital yang tersedia.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga terus melakukan fiberisasi jaringan. Secara teknis, fiberisasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.

Hingga saat ini, fiberisasi di Sulawesi telah mencapai lebih dari 50% dari total BTS yang ada di pulau tersebut. 

Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah lebih dari 5.400 unit, diikuti Sulawesi Tengah sebanyak sekitar 1.200 unit.

Untuk Sulawesi Utara, lebih dari 1.100 unit,  Sulawesi Tenggara lebih dari 1.000 unit, Sulawesi Barat lebih dari 450 unit dan Gorontalo lebih dari 450 unit.

Jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi lebih dari 2,4 Juta pelanggan, dengan pelanggan terbanyak di Sulawesi Selatan sebanyak 1,4 Juta pelanggan. Terbanyak kedua ada di provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Caretaker Sulawesi Area XL Axiata, Mozes H. Baottong menambahkan, “Membangun jaringan di Sulawesi bukanlah hal mudah. Selain secara geografi berat, bergunung dan kepulauan, secara bisnis menembus pasar dan meraih kepercayaan masyarakat di wilayah ini juga tidak ringan. Untuk itu, kami terus berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas jaringan sesuai dengan ekspektasi pelanggan”.  

Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah berhasil meyakinkan pelanggan, yang dibuktikan dengan terus meningkatnya trafik data di seluruh Sulawesi hingga mendekati 30%.Mozes menambahkan, di area Sulawesi, sekitar 70% pelanggan XL Axiata aktif mengakses layanan berbasis streaming video.

Sekitar 20% pelanggan mengakses messenger dan social media,  sisanya dipergunakan untuk voice, video call dan layanan lainnya. 

Selain dipergunakan oleh pelanggan personal, jaringan XL Axiata juga sudah dimanfaatkan oleh pelanggan korporasi.

Fixed Mobile Convergence di Sulawesi

Selain itu, jaringan Fixed  Mobile Convergence (FMC) milik XL Axiata di Sulawesi juga terus meluas hingga menjangkau lebih dari 322 ribu homes-passed (jumlah rumah, yang terjaring layanan XL SATU Fiber) di Makassar, Palu, Manado, dan beberapa kota/kabupaten lainnya. 

Dengan demikian masyarakat di area-area tersebut kini bisa menikmati layanan XL SATU Fiber. Ekspansi jaringan FMC tersebut akan terus meluas di tahun ini.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)   

Galaxy S24 Series Hadirkan Software Update, Ini Pembaruannya!

0

Telko.id – Samsung galaxy S24 Series bakal hadirkan software update, hal ini dilakukan karena dengan Galaxy AI, Samsung ingin memberdayakan konsumen untuk bisa memiliki komunikasi tanpa batasan, bebas berkreasi dan menuangkan kreativitas hingga meningkatkan produktivitas.

Walau demikian, pengguna Galaxy S24 Series saat ini, pasti juga memiliki kebutuhan lain yang bervariasi.

“Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan pada seluruh tampilan perangkat dan kamera pada software update yang akan datang. Selain itu, akan dilakukan upaya integrasi hardware dan software di device yang semakin canggih,” seperti yang disampaikan Samsung dalam pernyataan tertulisnya pada Telko.id.

Penasaran dengan Software Update apa saja yang akan kami hadirkan di Galaxy S24 Series dan bagaimana kamu bisa memanfaatkannya? Yuk simak beberapa informasi ini:

Baca juga : Tips Eksplor Skill Fotografi Dengan Fitur AI di Galaxy S24 Series

Pengalaman personalisasi display HP kamu

Pengguna Galaxy memiliki preferensi yang berbeda-beda untuk melihat tampilan display hp yang dimilikinya. Itulah kenapa Samsung menyesuaikan display pada Galaxy S24 Series untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih alami dan dapat disesuaikan secara bebas.

Sekarang pengguna bisa mengatur ‘Vividness’ pada display dengan mengakses Advanced Settings di smartphonenya, memberikan pengalaman tampilan hp yang lebih hidup.

Tangkap setiap momen saat itu juga!

Selama ini seri Galaxy S telah dikenal selalu berhasil memberikan pengalaman kamera yang mengesankan di industri. Galaxy S24 Series pun membawa kehebatan itu ke level berikutnya dengan memberikan optimasi lebih lanjut pada fungsi kamera yang dimilikinya.

Samsung melakukan peningkatan di seluruh kamera, termasuk pada fungsi zoom, Portrait Mode, Nightography, kemampuan pengambilan video menggunakan kamera belakang, dan masih banyak lagi.

Komunikasi tanpa hambatan bahasa

Samsung terus bergerak maju untuk mewujudkan tujuannya dalam menyediakan perangkat komunikasi tanpa hambatan bagi semua orang.

Kami pun berkomitmen untuk terus mendengarkan feedback dari pengguna, sehingga setiap teknologi Galaxy yang dikembangkan mendorong visi Samsung untuk maju dan menghadirkan kemungkinan baru di masa depan.

Berbagai pembaruan tersebut akan mulai diluncurkan pada bulan Februari ini. (Icha)

realme 12 Series 5G Siap Meluncur di Indonesia 29 Februari

0

Telko.id – realme secara resmi mengumumkan peluncuran realme 12 Series 5G di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 29 Februari 2024.

realme 12 Series 5G akan menerapkan standar baru pada pengalaman fotografi smartphone dengan menjadi smartphone yang pertama menghadirkan lensa telefoto periskop di segmennya.

Meneruskan kesuksesan realme Number Series sebelumnya, realme 12 Series 5G akan menjawab tren fotografi smartphone di kalangan anak muda.

Smartphone ini akan menjadi yang terdepan di segmennya melalui kehadiran rangkaian teknologi unggulan di sektor kamera yang dipadukan dengan desain stylish dan premium.

Baca juga : Counterpoint Nobatkan realme Sebagai “Young People’s Choice”

“Sesuai janji kami, tahun 2024 akan menjadi Year of Photography dari realme, dan kami memulainya dengan menghadirkan teknologi fotografi smartphone terbaik bagi para anak muda melalui kehadiran lensa telefoto periskop di lini Number Series kami, yakni realme 12 Series 5G,” kata Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

realme 12 Series 5G melalui realme 12 Pro+ 5G akan memungkinkan lebih banyak anak muda untuk dapat menikmati teknologi kelas flagship ini untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan detail dibandingkan dengan kamera yang sekedar bermegapiksel besar, dengan kualitas yang jauh lebih baik layaknya diambil dengan menggunakan kamera profesional, serta kemampuan portrait terbaik di segmennya.

Pertama dengan Lensa Telefoto Periskop di Segmennya

Sebagai bagian dari realme 12 Series 5G, realme 12 Pro+ 5G akan menghadirkan kemampuan fotografi yang melesat jauh ke depan dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya.

Semua itu terjadi berkat dukungan hardware dan software terbaik. realme 12 Pro+ 5G didukung sensor kamera OmniVision OV64B dengan 3x Optical Zoom dan 6x In-Sensor Zoom untuk berbagai kebutuhan fotografi, yang mampu menghasilkan foto jarak jauh yang detail dan tajam.

Sensor OmniVision OV64B pada realme 12 Pro+ 5G menerapkan standar baru dengan menghadirkan ukuran ½ inci, lebih besar bahkan dibandingkan dengan smartphone kelas flagship pada umumnya, serta memberikan rentang dinamis dan keakuratan warna terbaik di segmennya.

Kehadiran teknologi periskop pada realme 12 Pro+ 5G juga memungkinkan smartphone ini untuk menghasilkan foto pada mode portrait yang sangat baik di segmennya.

realme 12 Pro+ 5G menghadirkan mode 3x Portrait yang mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang sangat baik dan natural walau diambil dari jarak yang jauh.

Kehadiran fitur ini memberikan opsi fotografi yang lebih baik dan bervariasi bagi para anak muda, serta menghadirkan kualitas yang bersaing dengan kamera profesional / DSLR bahkan dalam versi yang lebih ringkas.

realme 12 Pro+ 5G juga hadir lebih istimewa dengan kemampuan 120x SuperZoom yang mampu menangkap gambar dengan pembesaran hingga 120 kali, pertama di segmennya yang belum pernah dihadirkan oleh smartphone lain sebelumnya.

Melengkapi kamera periskop pada realme 12 Pro+ 5G, smartphone ini juga menghadirkan kamera utama kelas flagship dengan sensor IMX890 OIS 50MP untuk tangkapan gambar yang jernih dan sempurna di berbagai kondisi pencahayaan.

realme turut berhasil menciptakan lensa periskop yang tipis sehingga tetap mempertahankan desain bodi keseluruhan yang menawan dan ringkas. Smartphone ini juga dapat diandalkan pada fotografi malam hari untuk dapat menghasilkan foto yang detail dan tajam walau berada pada kondisi minim cahaya, serta berbagai fitur kamera unggulan lainnya yang akan diungkapkan dalam waktu dekat.

Desain Premium Kolaborasi dengan Ollivier Savéo

realme 12 Series 5G menghadirkan desain stylish dan premium ala jam tangan mewah melalui Luxury Watch Design.

Desain pada realme 12 Pro+ 5G merupakan hasil kolaborasi antara realme Design Studio dengan Ollivier Savéo, pengrajin jam tangan mewah yang dikenal atas kolaborasinya bersama berbagai merek ternama seperti Rolex, Roger Dolby, Piaget, Breitling, dan Quentin.

Kolaborasi ini memberikan sentuhan nilai elegansi pada realme 12 Pro+ 5G dengan Golden Fluted Bezel melalui desain membulat besar pada bagian kamera, dengan detail aksen di sekeliling housing kamera layaknya jam tangan mewah.

Ditambah dengan dukungan material Premium Vegan Leather, membuat smartphone ini tidak hanya elegan, namun juga nyaman berada dalam genggaman.

Blind Pre-order

realme 12 Series 5G akan menghadirkan gebrakan dalam dunia fotografi smartphone dengan lensa telefoto periskop pertama di segmennya.

Smartphone ini mulai dapat dipesan melalui masa Blind Pre-order pada periode 21 – 28 Februari 2024, dengan hanya melakukan down payment sebesar Rp200.000,-, eksklusif di Erafone Store dan Eraspace.

Smartphone terbaru dari realme ini akan diluncurkan secara resmi melalui realme 12 Series 5G “Be a Portrait Master” Launch Event pada tanggal 29 Februari 2024 pukul 14.00 WIB. (Icha)

Selama Pemilu, Trafik Broadband Telkomsel Naik 8,4%

0

Telko.id – Selama Pemilu serentak 2024, pasti dibutuhkan betul yang namanya telekomunikasi. Tak hanya itu, ternyata kegiatan digital lainnya pun meningkat. Tak heran, trafik broadband Telkomsel pun meningkat, setidaknya naik 8,4%.

Pada hari pemungutan suara, Rabu (14/2), tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 54,14 Petabyte atau meningkat 8,41% dibandingkan rerata payload pada hari biasa 2024.

“Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah berhasil memastikan kesiapan infrastruktur jaringan sehingga seluruh layanan komunikasi digitalnya berjalan lancar tanpa gangguan ataupun kendala yang berarti,” kata Saki H. Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama Pemilu 2024 didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses video hingga 13,20%, social media hingga 9,80%, layanan komunikasi (chat dan messaging) 4,56%, web browsing hingga 9,40%, dan games hingga 17,70%.

Baca juga : Jelang Pemilu, Telkomsel optimalisasi Jaringan di 680 Titik Keramaian

Sehari menjelang pemungutan suara, Telkomsel juga mencatatkan peningkatan trafik layanan suara hingga 10,4% dibandingkan rerata hari biasa 2024. Sedangkan untuk trafik layanan SMS tercatat menurun 5%, sejalan dengan tren telekomunikasi terkini.

Telkomsel juga mencatatkan adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti TikTok (naik 21%), Instagram (naik 13,7%), WhatsApp (naik 6,5%), Facebook (naik 6,2%), dan YouTube (naik 4,2%).

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut, yang di antaranya didorong oleh distribusi informasi terkait Pemilu dan akses hasil Quick Count, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen Pemilu 2024 di sejumlah titik keramaian dibandingkan hari biasa.

Seperti trafik di sekitar titik KPU Kabupaten Merauke yang naik sekitar 269,6%, STO Samarinda yang naik sekitar 128,2%, KPU Kabupaten Boven Digoel yang naik sekitar 42,9%, KPU Daerah Bener Meriah yang naik sekitar 37,2%, dan KPU Daerah Samosir yang naik sekitar 23,5%.

Menjelang Pemilu Serentak 2024, Telkomsel telah memastikan kesiapan infrastruktur guna menjaga kenyamanan akses komunikasi dan pengalaman digital pelanggan di seluruh Indonesia selama periode pemungutan dan perhitungan suara berlangsung hingga pengumuman hasil pemilu mendatang.

Optimalisasi jaringan telah dilaksanakan pada 680 titik keramaian, termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, hingga lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama pemilihan. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan 13 Posko yang tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan real-time.

“Komitmen Telkomsel untuk hadir bersiaga mendampingi para pelanggan dalam menyongsong dan melaksanakan Pesta Demokrasi dengan aman, nyaman, dan damai melalui kesiapan jaringan broadband terdepan dan terluas adalah sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk dapat terus menjaga Quality of Service (QoS) selama perhelatan Pemilu 2024,” tutup Saki.

 

Traveloka Bermitra dengan Hong Kong Tourism Board

0

Telko.id – Traveloka hari ini resmi mengumumkan kolaborasi bersama Hong Kong Tourism Board (HKTB) untuk semakin memperkuat posisinya sebagai mitra perjalanan terpercaya di Asia Tenggara.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Traveloka akan menampilkan pesona dan keindahan Hong Kong kepada wisatawan di Asia Tenggara untuk menjelajahi dan menikmati berbagai pengalaman yang ditawarkan kota ini.

Kolaborasi ini diharapkan dapat semakin mendongkrak pertumbuhan pariwisata di Hong Kong dan menjadikan kota ini sebagai tujuan utama wisatawan Asia Tenggara.

Sektor pariwisata Hong Kong terus meningkat sejak dibukanya kembali perbatasan internasional. Data yang dirilis HKTB menunjukkan bahwa selama periode Januari hingga Desember 2023, jumlah wisatawan internasional yang tiba di Hong Kong melonjak menjadi 33 juta, meningkat 60 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Baca juga : Tips Liburan Manfaatkan Tanggal Merah, Ngapain ya?

Lebih dari 3,7 juta pengunjung datang ke Hong Kong. dari negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur.

“Hong Kong merupakan salah satu destinasi yang diminati oleh konsumen kami. Hal ini terlihat dari meningkatnya transaksi tiket pesawat hingga hampir 4 kali lipat selama kuartal akhir 2023, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Caesar Indra, President of Traveloka menyampaikan antusiasmenya terkait kolaborasi dengan HKTB.

Caesar pun menyebutkan bahwa kolaborasi antara Traveloka dengan HKTB akan semakin menegaskan komitmen nya dalam mempromosikan destinasi global di platform Traveloka, serta mengajak konsumen untuk mencoba hal-hal baru.

“Kolaborasi bersama Traveloka memainkan peran penting bagi kami untuk membuka potensi kekayaan wisata yang ada di Hong Kong, serta membantu kami untuk memahami konsumen dengan lebih baik,” ujar Liew Chian Jia, Regional Director, Southeast Asia of Hong Kong Tourism Board.

Ia pun berharap kolaborasi ini tidak hanya mengundang lebih banyak wisatawan dari Asia Tenggara untuk menjelajahi pesona Hong Kong, tetapi juga memberikan dorongan positif bagi industri penerbangan dan perhotelan di kawasan tersebut.

Liburan yang Tidak Terlupakan di Hong Kong

Dikenal sebagai Kota Dunia di Asia, Hong Kong merupakan rumah bagi berbagai atraksi terkenal seperti Hong Kong Disneyland, Ocean Park Hong Kong, Ngong Ping 360, Madame Tussauds Hong Kong, dan LEGOLAND Discovery Centre Hong Kong.

Untuk penggemar olahraga outdoor, Hong Kong menawarkan pengalaman trekking dengan pemandangan yang indah, seperti Dragon’s Back, dan Lamma Islands. Bagi para penggemar makanan atau food traveler, Hong Kong adalah surga makanan dunia.

Salah satu makanan khas yang selalu menjadi favorit adalah Dim Sum, bebek panggang, dan daging barbecue. Pencinta budaya dapat mengikuti perayaan sepanjang tahun seperti Dragon Boat Festival pada bulan Juni dan Mid-Autumn Festival  pada bulan September.

Untuk menikmati pengalaman Hong Kong yang sesungguhnya, wisatawan dapat memanfaatkan penawaran Hello Hong Kong yang menarik yang berlangsung mulai 5 Februari 2024 hingga 12 Mei 2024 di aplikasi Traveloka.

Penawaran menarik ini mencakup Penerbangan, Hotel, dan Travel Activities, dan semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi untuk membantu pelanggan Traveloka dengan rencana perjalanan yang disesuaikan dan perencanaan perjalanan yang lancar. (Icha)