spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 171

Samsung Gelar Galaxy Campus Pamer Kecanggihan AI

0

Telko.id – Pesatnya perkembangan teknologi, khususnya di kalangan mahasiswa telah mendorong era society 5.0 saat ini. Kini proses belajar, produktif, hingga pengembangan hobi sangat berdampingan dengan teknologi itu sendiri.

Salah satu yang sangat populer saat ini dan memberikan kemudahan adalah AI. Samsung Electronics Indonesia pun telah resmi memperkenalkan Galaxy AI lewat Galaxy S24 Series tahun ini dan terus berkomitmen untuk mendekatkan kehebatan-kehebatan teknologi ini kepada kalangan Gen Z serta millennial di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dilakukan dengan menghadirkan Galaxy Campus yang menghadirkan pengalaman Galaxy AI secara langsung mulai 19 Februari dan akan terus berlanjut hingga 28 Maret 2024 mendatang.

Akan ada lima kampus di tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya yang akan Samsung datangi sehingga mahasiswa di sana dapat merasakan langsung experience terbaik dari Galaxy S24 Series yang telah membuka era baru mobile AI di Indonesia.

Baca juga : Ini Kata Pakar AI Bicara Keunggulan Galaxy AI di Galaxy S24

“AI terus menjadi sesuatu yang populer dan bermanfaat di kalangan anak muda Gen Z, dan millennial. Apalagi bagi mereka di kalangan mahasiswa, tentunya perkembangan teknologi harus terus diikuti dan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-harinya, mulai dari mengerjakan tugas, hingga melakukan hobi bahkan mendukung mereka yang ingin membuka kesempatan lebih dengan berkomunikasi dengan lebih banyak orang di luar Indonesia, ,” kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Kebutuhan itu terjawab dengan kehadiran Galaxy AI di Galaxy S24 Series yang punya segudang fitur terbaik mulai dari Transcript Assist, Note Assist, Browsing Assist, Circle to Search with Google, Live Translate hingga Photo Assist yang akan mendukung mereka.

“Untuk itu, Samsung menghadirkan Galaxy Campus yang bisa menjadi momentum yang tepat untuk para mahasiswa berkenalan lebih jauh dengan potensi dan peluang baru yang hadir melalui Galaxy AI yang hadir di sebuah smartphone yang selalu dekat dengan mereka,” kata Verry.

Penasaran kamu bisa ngapain aja di Galaxy Campus ini? Yuk cari tahu keseruannya:

Sharing knowledge bareng  idola

Galaxy Campus menjadi ajang bagi para mahasiswa bertemu dengan idola-idola mereka yang berasal dari berbagai industri dan memiliki kehebatannya masing-masing. Di sini, para mahasiswa bisa berbagi dan mendengarkan cerita-cerita inspiratif dari idola mereka yang menggunakan Galaxy S24 Series sebagai smartphone andalannya.

Ada Dian Sastrowardoyo di Galaxy Campus untuk sharing knowledge bareng mahasiswa dan berbagi cerita inspiratif sehari-hari

Mulai dari Dian Sastrowardoyo yang suka dengan Transcript Assist karena bisa menjadi lifehack baru baginya, untuk mengevaluasi materi-materi kuliah yang dibawakannya. Kamu pun bisa menerapkannya dalam keseharian kamu, apalagi buat kamu yang kesehariannya gemar mencatat semua pemaparan dosen untuk kemudian dibaca ulang setelah kuliah selesai.

Kebiasaan tersebut kini bisa lebih efisien dengan memanfaatkan fitur Transcript Assist. Cara menggunakan fitur ini sangat mudah dan praktis, kamu hanya perlu merekam setiap pemaparan dosen menggunakan Galaxy S24 Series. Setelah itu, kamu bisa mengubah audio tersebut menjadi teks atau tulisan.

Jadi Galaxy S24 Series akan bantu kamu yang jadi lebih mudah mencatat materi kuliah, bisa memiliki opsi untuk memeriksa kembali hasil catatannya, dan nggak perlu khawatir akan ada bagian yang terlewat.

Lalu, akan hadir juga Raymond Chin yang memanfaatkan fitur Live Translate untuk  menjalin kolaborasi dengan rekan bisnis internasionalnya. Melalui fitur ini, dia bisa berkomunikasi lintas bahasa ke 13 bahasa saat ini, dan nantinya Bahasa Indonesia pun akan segera ditambahkan, loh.

Jadi, bagi kamu yang punya impian untuk melanjutkan kuliah atau kerja ke luar negeri atau mau memulai bisnis sejak dini dengan dunia luar, Galaxy AI menjadi solusi untuk kamu bisa menggapai itu tanpa perlu takut terkendala bahasa.

Berkat fitur Live Translate, Chat Assist dan Interpreter, kini kamu bisa lebih efektif menerjemahkan setiap percakapan baik itu langsung melalui telepon, teks dalam pesan, ataupun langsung dari Galaxy S24 Series kamu.

Fitur ini memanfaatkan konsep AI on-device sehingga kamu tidak perlu menggunakan koneksi internet ataupun aplikasi tambahan untuk bisa merasakan kehebatan penerjemah pintar ini.

Tidak hanya sebagai alat pembelajaran, Galaxy AI pun bisa menjadi pendamping hobi kamu dan meningkatkan keterampilan pribadikamu. Seperti Jerome Polin yang jatuh cinta dengan kapabilitas Photo Assist dan Nightography di Galaxy S24 Ultra, yang membuatnya lebih mudah dan efisien ketika membuat konten.

Dengan fitur ini, kamu bisa menghasilkan foto layaknya menggunakan kamera profesional, hanya dengan beberapa klik, kamu bisa melakukan next-level photo editing, seperti retouch resize hingga menambahkan tanpa membutuhkan aplikasi tambahan.

Para public figure ini juga akan membagikan cerita dan pengalaman-pengalamannya memanfaatkan teknologi Galaxy AI yang ada di Galaxy S24 Series mereka masing-masing. Dengan begitu, para mahasiswa yang datang ke Galaxy Campus bisa mendapat inspirasi baru dalam memanfaatkan teknologi AI dan membuatnya terus produktif.

Join ke new era of Mobile AI

Di Galaxy Campus mahasiswa bisa menemukan berbagai spot untuk merasakan experience menggunakan Galaxy AI yang mengesankan

Sambil sharing knowledge bersama para team Galaxy yang juga idola kalangan Gen Z, selama Galaxy Campus berlangsung kamu juga bisa mencoba langsung pengalaman berbagai fitur AI yang tersedia di Galaxy S24 Series. Ada banyak spot epic yang bisa kamu cobain yang bisa bikin kamu nggak FOMO lagi dengan kehebatan Galaxy AI yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Kamu bisa mencoba mulai dari fitur AI yang pastinya bermanfaat banget buat mahasiswa, yakni Transcript Assist, Browsing Assist dan Note Assist dengan dibalut pengalaman seperti berada di Starfield Library,  Korea.

Terdapat juga spot untuk mencoba fitur Circle to Search with Google, Chat Assist, dan Interpreter secara langsung. Selain itu, akan ada spot yang berisi miniatur atau diorama untuk kamu bisa mencoba AI Photo Assist hingga Nightography dengan sangat mudah. 

Melalui Galaxy Campus ini, Samsung menyulap setiap spot terbaik di kampus kamu sehingga menjadi area-area yang menyuguhkan teknologi AI mutakhir terbaik.

Dengan begitu, para mahasiswa ataupun anak muda yang datang ke sana bisa mendapat inspirasi dan referensi terbaru mengenai cara-cara untuk memanfaatkan teknologi masa kini dengan sangat praktis dan mudah. Ini sebabnya mengapa Galaxy Campus jadi kesempatan menarik untuk kamu menjelajahi kehebatan Galaxy AI dari Samsung.

Yuk, langsung rasakan keseruan pakai Galaxy AI di Kota Kamu sekarang!

Nantikan Galaxy AI di kampus kamu dan rasakan pengalaman mencoba fitur futuristik dengan Galaxy S24 Series

Sudah nggak sabar ingin langsung mencoba berbagai fitur Galaxy AI? Kabar baiknya, Galaxy Campus akan hadir di lima kampus ternama di Jakarta, Bandung, dan Surabaya: Universitas Indonesia, Universitas Tarumanegara, Bina Nusantara (Binus) Alam Sutera, Universitas Parahyangan, dan Universitas Petra. So, pastikan kamu catat lokasi dan juga tanggalnya, dan jangan sampai ketinggalan untuk hadir di Galaxy Campus terdekat. (Icha)

Xiaomi Redmi A3, Smartphone Stylish di Kelas Entry-Level

0

Telko.id – Xiaomi Indonesia meluncurkan produk entry level terbarunya yaitu Redmi A3. Redmi A3 kini memiliki desain lebih stylish dengan mengusung sleek camera deco yang terkesan bold pada bagian belakangnya.

Dengan harga Rp 1.199.000, konsumen tidak hanya mendapatkan smartphone berdesain premium, tetapi juga pengalaman teknologi menyeluruh pada segmen entry level.

Penampilan baru dari Redmi A3 menghadirkan kesan yang lebih trendi dan modern, memperkuat personal branding penggunanya dengan kesan premium pada segmen entry level.

Redmi A3 hadir membawa 2 warna pilihan, Midnight Black dan Star Blue dengan desain premium berbahan dasar kaca pada bagian belakangnya.

Baca juga : Xiaomi Redmi Note 13 Series Siap Hadir 28 Februari 2024

Selain membawa desain yang lebih menarik, Redmi A3 dilengkapi dengan kamera utama 8MP yang dipadukan dengan auxiliary lens, memberikan kualitas gambar yang luar biasa untuk menangkap portraits maupun landscapes. Sistem kamera ganda AI memastikan hasil foto yang diambil selalu mengesankan.

Sedangkan kamera depan 5MP pada Redmi A3 ditingkatkan dengan soft-light ring dan mode selfie beautify, menghadirkan yang terbaik dalam setiap selfie, secara alami mencerahkan wajah bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah, tanpa distorsi apapun.

Redmi A3 menawarkan pengalaman visual yang menyenangkan dan imersif dengan layarnya yang berukuran 6,71″ dengan dukungan refresh rate 90Hz, yang sempurna untuk semua kebutuhan scrolling dan binge-watching sehari-hari.

Layar Redmi A3 memprioritaskan kenyamanan pengguna dengan mode Night Light dan DC dimming yang secara efektif mengurangi blue light dan flicker, memastikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan kapan pun.

Untuk memberikan pengalaman yang seamless, Redmi A3 ditenagai prosesor Mediatek Helio G36 yang sudah terbukti kestabilannya dan menghasilkan performa yang lancar dan efisien.

Apalagi Redmi A3 hadir dengan sistem operasi Android 13 Go Edition yang membuat berbagai aplikasi lancar dijalankan dengan dukungan RAM 4GB yang bisa diperluas hingga 8GB.

Baterai besar berkapasitas 5000mAh menjaga daya tahan smartphone ini hingga sepanjang hari, terlebih didukung oleh port pengisian daya USB Type-C yang universal.

Dengan dukungan kartu microSD hingga 1TB penyimpanan, Redmi A3 menawarkan penyimpanan berkapasitas besar, dan pilihan pengamanan ganda – fingerprint dan face unlock – memberikan akses yang cepat dan aman.

Sementara pada bagian layar, Redmi A3 sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass yang memiliki ketahanan terhadap goresan, sehingga melindungi dari kemungkinan kerusakan pada penggunaan sehari-hari.

Berikut adalah spesifikasi Redmi A3:

Desain : Stylish dengan sleek camera deco,  Premium back glass design

Dimensi : 168.3mm x 76.3mm x 8.32mm, 199g

Layar : Smooth 6.71” display – 90Hz, DC dimming yang melindungi mata

Chipset : MediaTek Helio G36, octa-core processor up to 2.2GHz

RAM dan memori : 4GB/128GB

SIM dan microSD : Dual Sim + dedicated Micro SD

Kamera depan : 5MP selfie camera with soft-light ring

Kamera belakang : 8MP AI dual camera system – filmCamera– HDR mode

Sistem operasi : Android 13 (Go Edition)

Baterai : 5.000mAh, fast charging 10 Watt

Fitur lainnya : Side fingerprint, face unlock, headphone jack 3.5mm

(Icha)

realme 12+ 5G, Hadir Dengan Sensor Sony dan SuperOIS

0

Telko.id – realme, akan menghadirkan realme 12+ 5G di Indonesia. Smartphone ini akan diluncurkan pertama kali di dunia, bersamaan dengan realme 12 Pro+ 5G sebagai bagian dari realme 12 Series 5G pada Kamis, 29 Februari 2024.

Mengadopsi kemampuan fotografi pada realme 12 Pro+ 5G, realme 12+ 5G akan mendefinisikan ulang standar kemampuan dan pengalaman fotografi pada smartphone kelas menengah ke level yang lebih tinggi berkat kamera yang jernih dan stabil.

“realme 12+ 5G secara resmi kami umumkan akan melakukan debut global di Indonesia sebagai bagian dari realme 12 Series 5G. Smartphone ini kami hadirkan spesial bagi para anak muda dengan menyematkan teknologi kamera terbaik lewat dukungan sensor Sony LYT-600 dengan dukungan stabilisasi OIS yang jarang ditemukan di segmennya,” tutur Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

Ellen pun menambahkan bahwa perpaduan teknologi tersebut cocok bagi anak muda yang memiliki mobilitas tinggi dan dapat diandalkan khususnya untuk mengabadikan objek bergerak dengan lebih stabil, cepat, dan detail, seperti saat sedang berolahraga, traveling, maupun kegiatan lainnya.

Baca juga : realme 12 Series 5G Siap Meluncur di Indonesia 29 Februari

“Smartphone ini akan menjawab berbagai kebutuhan anak muda dan meningkatkan pengalaman fotografi pengguna ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Ellen.

Sony LYT-600 OIS Portrait Camera

Memimpin dalam merevolusi fotografi smartphone di segmennya, realme 12+ 5G akan menghadirkan pengalaman fotografi terbaik, salah satunya dengan kemampuan foto portrait yang detail dan jernih di segmennya.

Hal ini dapat diwujudkan dengan dua inovasi unggul di segmennya yang menggabungkan kekuatan sensor kamera Sony LYT-600 50MP yang digabungkan dengan SuperOIS.

Kombinasi ini mewakili lompatan ke depan yang signifikan, menghasilkan peningkatan di segmennya. realme 12+ 5G juga dilengkapi dengan kemampuan 2x In-Sensor Zoom yang dapat memberikan hasil gambar detail dan tajam.

Mengadopsi keunggulan pada seri Pro+, realme 12 5G juga menghadirkan keunggulan di mode Portrait. Melengkapi sensor unggulan dari Sony, smartphone ini dilengkapi dengan SuperOIS yang membuat realme 12+ 5G dapat mengambil foto portrait dengan lebih cepat, detail, dan tanpa blur.

Kehadiran SuperOIS juga memungkinkan realme 12+ 5G dapat menangkap objek yang bergerak cepat dengan sangat baik, dan mendukung NightEye Engine untuk pengambilan gambar pada pencahayaan minim.

Melengkapi kemampuan portrait master, realme 12+ 5G juga menghadirkan Cinematic Bokeh Algorithm, yang dapat mereplikasi efek DSLR pada kamera smartphone. Dengan penyesuaian aperture mudah yang dapat dipratinjau sebelum setiap bidikan, pengguna memiliki kontrol penuh atas aperture dan efek blur dari foto portrait pada smartphone ini.

Design dengan Premium Vegan Leather

Mengadopsi desain premium yang dihadirkan di realme 12 Pro+ 5G, realme 12+ 5G turut hadir dengan Luxury Watch Design hasil kolaborasi dengan Ollivier Savéo, pengrajin jam tangan mewah yang dikenal atas kolaborasinya bersama berbagai merek ternama seperti Rolex, Roger Dolby, Piaget, Breitling, dan Quentin.

Mengambil inspirasi dari dial, bezel, dan tali jam tangan mewah, realme 12+ 5G menyertakan dial sunburst yang dipoles dengan lebih dari 500 pola gradien, menciptakan perpaduan antara cahaya dan bayangan.

realme 12+ 5G juga hadir dengan Premium Vegan Leather dengan pilihan warna yang premium. realme juga merancang smartphone ini menjadi lebih ringan sehingga tidak hanya mewah secara penampilan, namun juga nyaman saat digunakan bahkan dalam waktu yang lama.

realme juga akan membuka periode pemesanan realme 12 Series 5G melalui program pre-order untuk kedua varian produk, yakni realme 12 Pro+ 5G dan realme 12+ 5G pada 29 Februari – 7 Maret 2024. Selama masa pre-order, pelanggan berhak mendapatkan penawaran terbatas, benefit hingga Rp2.000.000,- dan rangkaian promosi menarik lainnya. (Icha)

Sharp Class, gaya Sharp Indonesia Tingkatkan Lulusan SMK Lebih Unggul

0

Telko.id – Sharp Electronics Indonesia, yang memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di Indonesia, menggelar program Sharp Class, ini merupakan program pendampingan dan pelatihan yang menargetkan siswa /i SMK yang ingin berkarir sebagai teknisi setelah lulus dari SMK.

Langkah ini dilakukan karena tingkat pengangguran di berbagai kota Indonesia, termasuk Pasuruan masih cukup tinggi, banyaknya tingkat pengangguran tersebut dikarenakan kurang nya pelatihan kerja serta kurang nya kemampuan soft skill yang dimiliki oleh calon pekerja.

Berdasarkan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran terbuka di kota Pasuruan sebesar 5,64% di tahun 2023. Dilatar belakangi hal tersebut Pemerintah giat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk masyarakat pra-kerja di seluruh Indonesia.

“Hari ini kami menandatanganin MoU kerjasama program Sharp Class dengan SMKN 1 Sukorejo, program ini akan berjalan selama 2 bulan dengan jumlah siswa sekitar 25 siswa, nantinya para siswa akan diberikan pembelajaran serta pelatihan dari teknisi profesional Sharp Indonesia,” kata Lise Tiasanty, S.IP, MM, Head of Customer Satisfaction Division, PT Sharp Electronics Indonesia.

Baca juga : Sharp Serahkan 2 Unit Mobil Pada Pemenang Sharp Spektakuler

Ia pun berharap, setelah mengikuti program ini para siswa menjadi lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan SMKN 1 Sukorejo, karena dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia khususnya tingkat SMK,” ungkap Lise menambahkan.

“Kami sangat senang Sharp Indonesia memilih sekolah kami dalam menjalankan program Sharp Class di wilayah Pasuruan, semoga program ini dapat terus berjalan setiap tahun nya di tempat kami,” kata Nisful Laily, Kepala Sekolah SMKN 1 Sukorejo.

Penandatanganan MoU kerjasama program Sharp Class di SMKN 1 Sukorejo dihadiri oleh Erwan Tjahjono, AMd., S.H., M.M , Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Mukarromah , S.ST., M.T , Kasi SMK Cabdin wilayah Pasuruan, Drs Yudianto, S.H., M.M Camat Sukorejo, Kapten Arh, Nanang Sugito Kapolsek Sukorejo, dr Agus Tri Cahyono, Kepala Puskesmas Sukorejo.

Program Sharp Class pertama kali dijalankan tahun 2012 hingga saat ini program Sharp Class sudah pernah dilakukan di  17 sekolah di 16 kota di seluruh Indonesia.

Saat ini Sharp Indonesia berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dari program Sharp class ini,  Sharp Class memiliki lulusan sekitar 745 siswa/i, 83 lulusan nya saat ini bekerja di PT Sharp Electronics Indonesia sedangkan sisa nya bekerja di perusahaan swasta lainnya baik skala nasional maupun internasional.

Guna menunjang proses belajar berjalan lancar dan nyaman Sharp indonesia memberikan 1 unit Sharp smart TV, 1 unit Sharp AC dan peralatan praktek yang digunakan selama program Sharp Class berlangsung.

“Tidak hanya memberikan materi berupa pelatihan sebagai teknisi, Sharp Indonesia pun akan memberikan pengetahuan dan pelatihan profesional dunia kerja, seperti sikap dan perilakuserta kepemimpinan,” ungkap Lise.

Menurut Lise saat ini teknisi tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk praktek, namun harus mengerti pola komunikasi dan membantu mengarahkan konsumen. Bagi siswa yang bertalenta akan diberikan kesempatan magang bahkan bekerja di PT Sharp Electronics Indonesia. (Icha)

Indosat Berikan Mobil Listrik Buat Apresiasi Pelanggan

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 menyerahkan hadiah kepada para pemenang program Pesta Hadiah IM3. Penyerahan hadiah ini merupakan puncak program yang telah berlangsung sejak 9 Oktober hingga 31 Desember 2023 lalu.

Program Pesta Hadiah merupakan apresiasi pada seluruh pelanggan IM3 baik pengguna baru, maupun pengguna lama yang telah melakukan aktivasi produk Kartu Perdana IM3 apapun, aktivasi paket, atau melakukan pembayaran tagihan IM3 Postpaid minimal senilai Rp50.000 untuk mendapatkan tiket Pesta Hadiah.

Pesta Hadiah IM3 tahun ini dimeriahkan dengan 2.024 hadiah menarik, mulai dari hadiah utama mobil listrik Hyundai IONIQ 5, motor listrik, iPad dan iPhone, smartphone Samsung, hingga beragam hadiah lain seperti game console Nintendo Switch, voucher Tokopedia Gift Card, serta ribuan pulsa IM3.

Kemeriahan program Pesta Hadiah IM3 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dari IM3 untuk para pengguna setianya, baik pengguna lama maupun pengguna baru yang telah mempercayakan IM3 sebagai provider untuk memenuhi kebutuhan digital mereka.

Baca juga : Usai 2 Tahun Merger, Pendapatan Indosat Meningkat 10%, Jadi Rp51,2 triliun

Program Pesta Hadiah IM3 diikuti secara total oleh 13 juta pelanggan atau sekitar 34,5 persen dari total pengguna aplikasi.

“Tahun ini kami memiliki 13 juta pelanggan yang secara aktif berpartisipasi dalam program ini. Ini adalah angka yang besar,” ujar Alistair David Johnston, EVP Head of Marketing IM3, di Kantor Indosat, Jakarta, Rabu (21/2).

Bertempat di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, IM3 melakukan penyerahan hadiah kepada perwakilan pemenang dari Pesta Hadiah IM3.

Keseluruhan rangkaian program Pesta Hadiah IM3 juga telah mengikuti mekanisme dan ketentuan yang berlaku, mulai dari proses penyegelan hadiah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2024 hingga proses pengundian pemenang tiket Pesta Hadiah IM3 pada tanggal 11 Januari 2024.

Proses penyegelan hadiah dan pengundian pemenang tiket Pesta Hadiah IM3 ini dilaksanakan secara transparan dan disaksikan secara langsung oleh perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, serta notaris.

Selain itu, para pemenang program Pesta Hadiah IM3 juga telah dihubungi secara resmi oleh pihak Indosat pada tanggal 11 Januari 2024.

“Kami mengapresiasi kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan oleh seluruh pelanggan dalam memilih IM3 menjadi brand telekomunikasi pilihan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital lifestyle mereka. Kami juga sangat bersemangat menyambut antusiasme tiga belas juta pelanggan IM3 yang berpartisipasi pada program Pesta Hadiah IM3 ini,” kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ritesh menambahkan bahwa semarak program Pesta Hadiah IM3 ini menjadi bentuk komitmen Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3 untuk dapat semakin dekat dengan para pelanggan dan terus menjadi brand pilihan yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan digital. (Icha)

Indosat dan Lintasarta Implementasi Digitalisasi Faskes di Lampung

0

Telko.id – Indosat Business dan Lintasarta, mengumumkan kemitraan strategis untuk implementasi dan dukungan digitalisasi pada fasilitas kesehatan (Faskes) 16 Puskesmas dan 1 klinik di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan komitmen kerja sama antara Indosat Business, Lintasarta, DSM dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba di Tulang Bawang Barat, Lampung pada awal Februari lalu.

Komitmen kerja sama tersebut ditandatangani oleh Senior Vice President (SVP) Head of Business to Business (B2B) Small Medium Business (SMB) Indosat Ooredoo Hutchison – Widirianto Hendro Trilaksono, Senior Vice President (SVP) Regional Commerce Lintasarta – Sigit Pramudyantoro, Direktur DSM – Ridwan Sani, dan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tubaba – Majril, S.Kep., Ns.MM.

Prosesi penandatangan kerja sama terkait aspek teknis dilakukan oleh Direktur DSM Ridwan Sani bersama pimpinan 16 Puskesmas dan 2 klinik yang mencakup teknis implementasi dan dukungan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Puskesmas sebagai wujud komitmen digitalisasi di wilayah Tubaba, Lampung.

Baca juga : Telkom dan Indosat Kerjasama Pusat Data, Ini Targetnya!

Muhammad Danny Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business bersama Lintasarta berkolaborasi untuk mendorong transformasi digital di sektor kesehatan sebagai upaya mendukung program pemerintah daerah.

“Sebagai penyedia terdepan untuk sistem informasi manajemen Faskes dan konektivitas, Indosat Group telah siap untuk mendorong pertumbuhan akses layanan kesehatan melalui digitalisasi dalam lingkup daerah hingga nasional,” ungkap Danny.

Fitrah Muhammad, Commerce Director Lintasarta mengungkapkan, implementasi paket layanan SIMPuskesmas, solusi connectivity Indosat, dan tablet device menjadi satu paket solusi lengkap yang memenuhi kebutuhan dari sisi penyelenggara Faskes di daerah. Kolaborasi ini menjadi langkah besar transformasi pemerintah daerah dengan adanya kepercayaan dari pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba, Lampung.

“Hal penting lainnya melalui implementasi digitalisasi ini, seluruh Faskes dengan pemerintah daerah akan terintegrasi secara real time, termasuk integrasi dengan instansi eksternal yaitu BPJS Kesehatan dan Satu Sehat dari Kementerian Kesehatan,” ungkap Fitrah.

Majril, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat mengungkapkan, kendala yang selama ini ada terkait masih manualnya proses layanan di internal Faskes dan kebutuhan data pelayanan kesehatan di wilayah Tubaba sudah terselesaikan.

“Implementasi digitalisasi melalui kolaborasi dengan Indosat Group tidak akan berhenti di sini karena solusi digitalisasi ini akan semakin berkembang dan akan diimplementasikan lebih jauh lagi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat dan pemenuhan data strategis bagi pemerintah untuk pengambilan kebijakan yang cepat dan tepat,” kata Majril.

Ridwan, Direktur PT Distribusi Sukses Mandiri menambahkan, keunggulan Indosat Group sebagai penyedia solusi teknologi enterprise menjadi semakin lengkap dengan berkolaborasi bersama DSM yang menghadirkan sentuhan khas daerah yang sangat mengenal kebutuhan serta keinginan dari stakeholder di Tubaba atau Lampung umumnya.

“Ke depannya, saya meyakini layanan ini akan beyond dari digitalisasi di sektor kesehatan yang ada dewasa ini karena adanya teknologi Artificial Inteligence (AI) dan teknologi lainnya serta akan menyebar implementasinya ke daerah lainnya,” ungkap Ridwan.

Pada akhirnya, kerja sama ini tidak akan selesai di Tubaba Lampung saja, namun akan semakin meluas ke daerah-daerah lainnya sebagai wujud komitmen Indosat dan Lintasarta dalam memajukan infrastruktur digital, transformasi dan inovasi pemerintah daerah di sektor kesehatan, serta mempercepat implementasi transformasi digital di sektor kesehatan sebagai visi Kementerian Kesehatan mewakili pemerintah pusat.

Melalui semangat gotong royong, kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat dan Lintasarta dalam membuka potensi sektor kesehatan digital Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat secara luas.

“Melalui kemitraan ini, Indosat Group akan menghubungkan antar pemangku kepentingan di sektor Kesehatan di setiap daerah dengan di pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, serta stakeholder lainnya yang terkait. Hal ini sesuai tujuan besar Indosat, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutup Danny. (Icha)

 

Satelit Merah Putih 2 Milik Telkom Sukses Diluncurkan, Ini Tragetnya!

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 Waktu Indonesia Barat.

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau yang juga dikenal dengan broadband satelit. Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

“Alhamdulillah, Satelit Merah Putih 2 telah berhasil diluncurkan hari ini dengan lancar. Ini merupakan milestone penting bagi TelkomGroup khususnya dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia bahkan di daerah 3T,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Utama Telkom dari Cape Canaveral, Florida.

Menurut Ririek, keberadaan Satelit Merah Putih 2 ini juga menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit TelkomGroup yang dijalankan Telkomsat.

Baca juga : Pertengahan Februari, Telkom Siap Luncurkan Satelit HTS

Dengan kapasitas hingga 32Gbps, Satelit Merah Putih 2 membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit ini diharapkan dapat menjadi satelit HTS atau broadband satellite paling andal (reliable) di Indonesia.

Hal ini dikarenakan kombinasi kedua frekuensi yang dimiliki di mana frekuensi C-Band adalah frekuensi yang memiliki performa paling baik terhadap curah hujan.

Satelit ini menggunakan platform Spacebus 4000B2 dengan usia desain 15 tahun yang dipabrikasi oleh Thales Alenia Space sebagai kontraktor utama yang bertanggung jawab atas desain, konstruksi, pengujian, dan pengiriman satelit ke lokasi peluncuran.

Selain itu, perusahaan manufaktur satelit kenamaan Perancis tersebut juga bertanggung jawab terhadap fase launch and early orbit phase (LEOP), yaitu fase awal satelit selepas dari roket peluncur hingga mencapai slot orbit yang diinginkan di 113 BT dan pada fase in-orbit tests (IOT), yaitu fase pengujian performa satelit saat sudah berada di slot orbitnya.

Thales Alenia Space akan memberikan dukungan penuh terhadap sistem pengendalian satelit dari stasiun pengendali (ground control) sekaligus melatih Telkomsat agar siap dalam mengoperasikan broadband satelit ini sepanjang usia satelit.

Sementara itu untuk kendaraan peluncur satelit, Telkomsat bekerjasama dengan SpaceX untuk meluncurkan satelit dari bumi menuju ke ketinggian yang ditentukan, menggunakan roket Falcon 9.

Telkomsat juga menggandeng Jasindo untuk menjamin risiko satelit serta Telesat sebagai konsultan Telkomsat dalam pengadaan dan manufaktur satelit.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengatakan, setidaknya ada tiga misi yang ingin dibawa Satelit Merah Putih 2, yakni meningkatkan ketahanan infrastuktur digital nasional untuk mendukung pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia, mengamankan dan mempertahankan slot orbit Indonesia di 113 BT, serta memperkuat portofolio bisnis satelit melalui peningkatan kapasitas internal dari 10 Gbps (Satelit Telkom 3S dan Satelit Merah Putih) menjadi 42.4 Gbps.

Lebih lanjut Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd Rauf, menambahkan bahwa teknologi HTS merupakan teknologi dengan desain cakupan area di bumi yang berukuran kecil namun banyak (multi- spots beam), sehingga mampu menghasilkan kekuatan pancar satelit yang besar di suatu area yang dilingkupi beam tersebut. Kekuatan pancar satelit ini identik dengan besaran data yang mampu dikirim satelit ke lokasi tersebut.

“Satelit broadband ini memungkinkan sumber daya frekuensi yang dapat digunakan berulang (frequency reuseable), sehingga hal ini berpotensi untuk menaikkan jumlah kapasitas yang dimiliki satelit HTS,” jelas Lukman.

Terkait dengan proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit, Lukman menegaskan bahwa hal tersebut telah dilakukan sesuai dengan asas kepatuhan (compliance) dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Selain itu dari aspek bisnis, proses pemilihan mitra juga telah mempertimbangkan biaya per Gbps yang paling rendah sehingga menghasilkan satelit dengan kapasitas lebih besar dengan harga jual yang kompetitif.

Satelit Merah Putih 2 direncanakan akan siap beroperasi (ready for service) pada bulan April 2024 dan akan dimanfaatkan untuk membantu pemerataan digital di Indonesia melalui penyediaan layanan backhaul berbasis satelit, mengembangkan bisnis maritim di Indonesia, dan mendukung kedaulatan data dengan mengurangi kebergantungan kapasitas satelit asing. (Icha)

Oppo Siapkan Beragam Perangkat IoT di 2024

0

Telko.id – Oppo kembali bakal memperkenalkan sederetan perangkat IoT terbaru nya. Langkah ini merupakan bentuk komitmennya mendukung kesehatan masyarakat Indonesia yang dihadirkan dalam inovasi terdepan.

Mulai dari perangkat jam pintar, gelang pintar, hingga perangkat portable untuk memantau kesehatan keluarga. Beberapa perangkat tersebut diperkenalkan Oppo mulai tahun 2020 hingga 2023.

Oppo Watch pertama kali meluncur pada tahun 2020, memperkenalkan inovasi Flexible Dual-Curved Display pertama di industri, kemudian berlanjut dengan gelang pintar pertama Oppo Band yang diperkenalkan tahun 2021 mengunggulkan desain compact dengan fitur olahraga lengkap.

Selanjutnya perangkat pemantau kesehatan keluarga O-Health H1 yang resmi diperkenalkan kepada dunia melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona.

Baca juga : Oppo Reno11 F 5G Resmi Hadir, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Melalui deretan perangkat IoT yang diperkenalkan, Oppo bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah memantau kesehatan secara lengkap di setiap waktu dan tetap tampil secara stylish.

Gaya hidup sehat turut dihadirkan Oppo dengan melengkapi fitur monitoring dan mode sport lengkap untuk digunakan saat aktivitas olahraga harian.

Untuk memberikan pengalaman dan gaya hidup sehat yang baru, Oppo saat ini sedang mempersiapkan perangkat IoT terbaru yang akan segera meluncur di Indonesia dalam di kuartal pertama tahun 2024 ini.

Kehadiran perangkat ini meneruskan konsistensi dan komitmen Oppo untuk mendukung kebutuhan konsumen yang semakin modern dan kompleks. (Icha)

Garmin Lily 2, Stylish Smart Jewelry untuk Wanita

0

Telko.id – Garmin hari ini mengumumkan Lily 2 generasi terbaru – smartwatch berdesain mungil dan modis yang menawarkan fitur-fitur kesehatan dan kebugaran yang serba terhubung khusus untuk wanita.

Tersedia dalam dua model, Lily 2 dan Lily 2 Classic, keduanya menampilkan desain elegan dan fresh dengan bingkai arloji berbahan logam, ditambah hidden display dengan lensa bermotif unik dan pilihan warna baru yang mengikuti mode.

Keduanya, hadir dengan masa pakai baterai hingga lima hari dalam mode smartwatch, pengguna memiliki banyak waktu untuk menikmati fitur-fitur baru seperti sleep score, dan dance fitness activities.

“Seri Lily dikenal dengan elemen desainnya yang mungil dan elegan. Kami dengan senang hati memperkenalkan lebih banyak lagi fitur pelacak kebugaran dan konektivitas untuk menunjang OOTD keseharian ke kantor maupun aktivitas sosial lainnya,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Baca juga : Top 5 Olahraga Yang Banyak Pengguna Garmin Lakukan

Menurut Chandrawidhi, Lily 2 dihadirkan untuk wanita yang masih menginginkan jam tangan tradisional namun memiliki fungsi smartwatch. Hidden display pada Lily 2 menjadikannya sebagai aksesoris smart jewelry yang cantik di pergelangan tangan pengguna.


Masa Depan Fashion: Tampil Menawan dengan Smart Jewelry
Bayangkan sebuah gelang ramping, dibuat dengan cermat dan dirancang untuk berpadu sempurna dengan gaya pribadi Anda, namun dikemas dengan teknologi canggih yang meningkatkan kebugaran Anda.

Lily 2 adalah pendamping kesehatan dan kebugaran, yang secara cerdas melacak aktivitas, tidur, dan stres Anda, menawarkan wawasan yang dipersonalisasi, dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Jam tangan ini juga dilengkapi dengan pilihan warna yang cantik- seperti Cream Gold dan Coconut atau Dark Bronze dan Mulberry – ditambah pilihan tali jam tangan dari Italian leather, nilon, atau silikon yang dapat dengan mudah diganti untuk melengkapi beragam penampilan.

Pengguna bahkan dapat mendesain Lily 2 mereka sendiri dengan variasi tali jam yang cocok dengan ukuran Lily 2.

Lily 2 bukan sekadar perhiasan; namun sebuah fashion statement. Pernyataan yang menyatakan Anda memprioritaskan kebugaran Anda, menerima inovasi, dan menolak berkompromi dengan gaya. Jadi, manfaatkan hal-hal yang brilian – temukan masa depan mode, sesuai keinginan Anda.

Smart Jewelry Merangkap Pelacak Kebugaran Pribadi
Untuk mendukung gaya hidup on the go, Lily 2 sudah kompatibel dengan smartphone Apple atau Android sehingga pengguna dapat menerima email, pesan teks, dan peringatan langsung di jam. Saatnya menggali lebih dalam teknologi yang ada pada Lily 2, generasi kedua seri Lily. Apa saja kemampuannya?

Dance fitness: Tingkatkan latihan dengan aplikasi olahraga bawaan yang mendukung kardio, yoga, latihan kekuatan, dan lainnya. Gunakan aktivitas kebugaran dansa terbaru untuk melacak berbagai gaya dansa, termasuk Zumba, Afrobeat, Bollywood, EDM, dan hip-hop.

Move alert suggestions: Dapatkan pengingat untuk bergerak setelah berdiam selama beberapa saat dan dapatkan berbagai gerakan yang disarankan untuk dicoba, seperti neck rolls, side bends, squats, dan banyak lagi dengan opsi gerakan duduk.

Body Battery energy monitoring: Memantau tingkat energi sepanjang hari untuk membantu menemukan waktu terbaik untuk beraktivitas dan beristirahat.

Sleep score: Dapatkan skor untuk melacak kualitas tidur di malam hari, ditambah wawasan tentang cara mendapatkan tidur yang lebih baik. Fitur ini juga dapat melacak tahapan tidur yang berbeda, detak jantung, stres, Pulse Ox, dan pernapasan.

Fitness tracking: Pantau langkah, kalori yang terbakar, menit intensitas, dan banyak lagi dengan 18 mode olahraga indoor dan outdoor.

Connected GPS: Saat berjalan, bersepeda, atau berlari di luar ruangan, sambungkan ke GPS smartphone yang kompatibel untuk mendapatkan statistik pelacakan aktivitas yang akurat.

Women’s Health: Lacak siklus menstruasi dan catat gejalanya, pantau pergerakan bayi, atur pengingat prenatal, hingga terima edukasi olahraga dan nutrisi.

Smart connectivity: Tetap terhubung dengan notifikasi panggilan, teks, dan email di pergelangan tangan Anda sambil tetap mempertahankan penampilan sempurna Anda.

Long Battery Life: Dapatkan masa pakai baterai hingga 5 hari dalam mode smartwatch dengan satu kali pengisian daya selama kurang lebih satu jam.

Safety and Tracking Features: Fitur keamanan dan pelacakan dapat membantu memberikan ketenangan pikiran; misalnya, saat Lily 2 dipasangkan ke aplikasi smartphone Garmin Connect, pesan dengan nama dan lokasi pengguna (jika tersedia) dapat dikirim ke kontak darurat yang telah dipilih sebelumnya jika terdeteksi adanya insiden.

Harga dan Ketersediaan
Lily 2 series tersedia secara pre order di Shopee pada tanggal 14-23 Februari 2024 dengan harga mulai dari Rp 4.399.000 dan bonus cincin Loulourose.

Garmin pun menyediakan pilihan strap tambahan berbahan silicone, fabric dan leather yang tersedia dengan harga mulai dari Rp 719.000. Lihat Lily 2 lebih banyak disini.

Berikut harga Lily 2:
Lily 2, Cream Gold/Coconut, Silicone Rp.4.399.000
Lily 2, Lilac, Silicone Rp 4.399.000
Lily 2 Classic, Cream Gold/Coffee, Fabric Rp.4.999.000
Lily 2 Classic, Silver/SageGrey, Fabric Rp.4.999.000
Lily 2 Classic, Cream Gold/Tan, Leather Rp.5.299.000
Lily 2 Classic, DarkBronze/Mulberry, Leather Rp.5.299.000
(Icha)

Jaringan XL Axiata Kini Jangkau 1.900 Desa di Sulawesi

0

Telko.id – Dalam kurun dia tahun, XL Axiata gencar bangun jaringan di Sulawesi. Operator ini menambah lebih dari 700 BTS 4G.

Hingga akhir tahun 2023 lalu, ditopang dengan total lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau total lebih dari 1.900 desa/kelurahan dan 805 kecamatan di 108 kota/kabupaten dan 6 provinsi.

Menurut Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, Sulawesi merupakan salah satu wilayah yang sangat menantang bagi XL Axiata dalam menggelar jaringan dan layanan telekomunikasi juga data.

Pulau ini sangat luas dengan geografis yang tidak mudah. Di sisi lain, Sulawesi juga menjadi pintu gerbang menuju Kawasan Timur Indonesia dengan kota-kota penting dan tentunya pasar yang potensial.

Baca juga : XL Axiata Jamin Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024

“Karena itu, di Sulawesi kami tetap berusaha keras untuk terus menghadirkan layanan XL Axiata di area yang terus meluas hingga desa-desa pelosok. Ada yang dengan memperluas jaringan sendiri, ada pula yang dijangkau melalui satelit, kata Marwan menjelaskan.

Marwan menambahkan, bagi XL Axiata pembangunan jaringan hingga ke pelosok-pelosok Sulawesi tidak hanya demi memperluas pasar. XL Axiata juga turut mendukung pemerintah dalam upaya menyediakan jaringan data berkualitas secara merata di seluruh negeri.

Penyediaan jaringan 4G di provinsi yang berada di pulau Sulawesi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital mereka agar mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang, baik sosial maupun bisnis dan pemerintahan.Literasi digital yang cukup akan memungkinkan mereka untuk mampu mengakses dan memanfaatkan layanan digital yang tersedia.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga terus melakukan fiberisasi jaringan. Secara teknis, fiberisasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.

Hingga saat ini, fiberisasi di Sulawesi telah mencapai lebih dari 50% dari total BTS yang ada di pulau tersebut. 

Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah lebih dari 5.400 unit, diikuti Sulawesi Tengah sebanyak sekitar 1.200 unit.

Untuk Sulawesi Utara, lebih dari 1.100 unit,  Sulawesi Tenggara lebih dari 1.000 unit, Sulawesi Barat lebih dari 450 unit dan Gorontalo lebih dari 450 unit.

Jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi lebih dari 2,4 Juta pelanggan, dengan pelanggan terbanyak di Sulawesi Selatan sebanyak 1,4 Juta pelanggan. Terbanyak kedua ada di provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Caretaker Sulawesi Area XL Axiata, Mozes H. Baottong menambahkan, “Membangun jaringan di Sulawesi bukanlah hal mudah. Selain secara geografi berat, bergunung dan kepulauan, secara bisnis menembus pasar dan meraih kepercayaan masyarakat di wilayah ini juga tidak ringan. Untuk itu, kami terus berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas jaringan sesuai dengan ekspektasi pelanggan”.  

Dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah berhasil meyakinkan pelanggan, yang dibuktikan dengan terus meningkatnya trafik data di seluruh Sulawesi hingga mendekati 30%.Mozes menambahkan, di area Sulawesi, sekitar 70% pelanggan XL Axiata aktif mengakses layanan berbasis streaming video.

Sekitar 20% pelanggan mengakses messenger dan social media,  sisanya dipergunakan untuk voice, video call dan layanan lainnya. 

Selain dipergunakan oleh pelanggan personal, jaringan XL Axiata juga sudah dimanfaatkan oleh pelanggan korporasi.

Fixed Mobile Convergence di Sulawesi

Selain itu, jaringan Fixed  Mobile Convergence (FMC) milik XL Axiata di Sulawesi juga terus meluas hingga menjangkau lebih dari 322 ribu homes-passed (jumlah rumah, yang terjaring layanan XL SATU Fiber) di Makassar, Palu, Manado, dan beberapa kota/kabupaten lainnya. 

Dengan demikian masyarakat di area-area tersebut kini bisa menikmati layanan XL SATU Fiber. Ekspansi jaringan FMC tersebut akan terus meluas di tahun ini.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)