spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1498

Penjahat Siber Terus Manfaatkan Perangkat IoT untuk Sebar Malware

0

Telko.id – Sebuah temuan baru diungkapkan Symantec terkait cara penjahat maya mengambil keuntungan dari kelengahan keamanan perangkat IoT. Dalam hal ini untuk menyebarkan malware dan menciptakan jaringan zombie, atau botnet, tanpa sepengetahuan pemilik perangkat tersebut.

Menurut Tim Symantec Security Response, penjahat dunia maya membajak jaringan rumah dan perangkat konsumen yang terhubung setiap harinya untuk membantu melakukan serangan DDoS pada target yang lebih menguntungkan, seperti perusahaan besar. Agar berhasil, mereka membutuhkan bandwith yang murah dan mendapatkannya dengan cara menyatukan jaringan besar perangkat konsumen yang mudah diserang karena tidak memiliki keamanan yang canggih.

Lebih dari separuh dari total serangan IoT berasal dari Cina dan Amerika Serikat, berdasarkan lokasi alamat IP untuk memulai serangan malware. Jumlah serangan yang tinggi juga berasal dari Jerman, Belanda, Rusia, Ukraina, dan Vietnam.

Dalam beberapa kasus, alamat IP dapat memiliki proxy, yang digunakan oleh penyerang untuk menyembunyikan lokasi mereka yang sebenarnya.

Sementara untuk target sendiri, kebanyakan adalah perangkat non-pc yang tertanam seperti server web, router, modem, perangkat NAS, sistem CCTV, dan Sistem Pengendalian Industri.

Sebagian besar dari perangkat tersebut dapat diakses internet, tetapi karena sistem operasi dan keterbatasan daya, mereka ada kalanya tidak memiliki fitur keamanan yang canggih.

Penyerang saat ini sangat menyadari bahwa IoT tidak memiliki keamanan yang cukup, sehingga banyak dari mereka memprogram malware dengan password default yang umum digunakan yang memungkinkan mereka membajak perangkat IoT dengan mudah. Keamanan yang buruk pada sebagian besar perangkat IoT menjadikan mereka sasaran empuk, dan sering kali korban pun tidak tahu bahwa mereka telah dibajak.

Selain temuan di atas, lewat penelitian yang dilakukannya Symantec juga menemukan bahwa tahun 2015 merupakan tahun rekor untuk serangan IoT, dengan banyak spekulasi tentang kemungkinan pembajakan rumah dan perangkat keamanan rumah. Namun, serangan sampai saat ini menunjukkan bahwa penyerang cenderung kurang tertarik pada korban dan mayoritas ingin membajak perangkat tersebut untuk menambahkannya ke botnet, yang sebagian besar digunakan untuk melakukan serangan distributed denial of service (DDoS).

Perangkat IoT adalah target utama, karena mereka dirancang untuk dipasang dan dilupakan setelah pemasangan dasar.

Sementara password yang paling banyak digunakan IoT malware untuk login ke perangkat, tidak lain adalah kombinasi dari “root” dan “admin” yang menunjukan bahwa password default sering kali tidak pernah berubah.

Symantec juga menemukan bahwa serangan yang berasal dari berbagai platform IoT secara bersamaan akan lebih sering ditemukan di masa depan, sebagai jumlah perangkat tertanam terhubung ke meningkatnya internet.

Oracle Klaim Sudah Mengalahkan Amazon Web Services

0

Telko.id – Oracle mengklai bahwa sudah mengalahkan Amzon Web Services. Bahkan Oracle menyebutkan bahwa teknologi terbarunya yakni Database-as-a-Service 20 tahun lebih maju dibandingkan. Hal ini disampaikan pada Oracle OpenWorld 2016 di Moscone Center, San Fransisco (23/09).
“Oracle Database-as-a-Service (DBaaS) itu 105 kali lebih cepat untuk beban kerja Analitik, 35 kali lebih cepat untuk OLTP, dan 1000 kali lebih cepat untuk beban kerja campuran, dibanding Amazon DbaaS,” ujar Larry Ellison, Oracle Executive Chairman dan Chief Technology Officer saat mendemosntrasikan solusi terbarunya tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Ellison juga menunjukkan bahwa Oracle Cloud dioptimalkan untuk menjalankan Oracle Database, sementara Amazon Web Services (AWS) tidak. Oracle Database yang dijalankan di Oracle Cloud itu mampu berjalan 24 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Oracle Database yang dijalankan di AWS.

Ellison juga mengumumkan ketersediaan Oracle Database 12c Release 2 di Oracle Cloud dengan peluncuran Oracle Exadata Express Cloud Service yang baru. Layanan ini menyediakan Oracle Database edisi enterprise yang dijalankan di infrastruktur Exadata yang dioptimakan dengan database. Dengan biaya mulai 175 dolar AS per bulan saja, Ellison menunjukkan layanan Cloud ini berbiaya lebih rendah dibanding penawaran serupa dari Amazon.

Dengan peluncuran Oracle Database 12c Release 2 di Cloud, Oracle mendemonstrasikan bahwa Oracle Cloud adalah layanan Cloud paling optimal, lengkap, dan terintegrasi untuk Oracle Database. Rilis terbaru ini menyediakan akses tercepat, terbesar, dan paling dapat diandalkan di dunia untuk masuk ke teknologi database dengan biaya hemat dan di lingkungan Cloud terbuka. Selain itu, database nomor satu di dunia ini termasuk juga serangkaian inovasi yang berteknologi canggih, selagi menjaga investasi pelanggan dan mendukung transisi ke Cloud.

Hal itu membuat Oracle percaya diri dengan menyebutnya sebagai satus-satunya vendor dengan portabilitas beban kerja di on-premise dan penerapan Cloud. Bahkan, Oracle mengklaim dapat membantu memastikan bahwa pelanggan dapat terus memanfaatkan investasi yang sudah ada, menekan biaya, dan dengan mudah merasakan efisiensi Cloud. Dengan inovasi yang terbukti dan kinerja industri terdepan di seluruh platform, dari infrastruktur hingga database, termasuk dukungan untuk beban kerja campuran, Oracle Data Management Cloud adalah pemimpin di masa kini dan masa depan. (Icha)

Telkomsel Beri Layanan Telepon Gratis Pasca Banjir Bandang di Garut

0

Telko.id – Sehubungan dengan terjadirnya bencana alam di beberapa lokasi di wilayah Jawa Barat, terutama di kota Garut yang terkena dampak terluas, Telkomsel memastikan kelancaran komunikasi pelanggan di titik lokasi terjadinya bencana tetap terjaga. Guna membantu meringankan beban warga di sekitar lokasi bencana, khususnya di Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul Garut, Telkomsel juga telah menyediakan layanan telpon gratis di Posko Siaga Bencana Alam Telkomsel di Rumah Sakit Umum Garut, (21/9).

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan “Pertama-tama dalam kesempatan ini Telkomsel ingin mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada para korban serta keluarga atas musibah bencana alam yang menimpa sebagian wilayah kota Garut dan Sumedang. Walaupun sempat terjadi lonjakan trafik komunikasi yang cukup tinggi sesaat terjadinya bencana, saat ini kami memastikan layanan Telkomsel tetap beroperasi dengan normal dan menjamin kelancaran komunikasi pelanggan yang berada di sekitar lokasi bencana.”

Telkomsel juga telah menurunkan tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) yang memiliki fungsi tugas membantu menyediakan kebutuhan logistik serta evakuasi korban bencana alam banjir bandang di Garut. Tim TERRA sudah dilenggapi dengan perangkat pendukung penanganan bencana seperti perahu karet, tenda posko, tenda pengungsi, tenda dapur umum, perlengkapan dapur umum, dan genset. Saat ini sejumlah bantuan kebutuhan logistik tahap awal seperti pangan (makanan dan minuman) dan sandang (pakaian anak dan dewasa) serta kebutuhan sanitasi seperti popok bayi sudah didistribusikan melalui Pusat Posko Bencana Alam di Markas Kodim 0611 Garut.

Venusiana menambahkan “Telkomsel terus bersiaga untuk memastikan berfungsinya alat-alat produksi sehingga ketersediaan dan kualitas jaringan tetap terjaga. Hal ini dilakukan agar warga yang berada di sekitar lokasi bencana, baik di Garut maupun Sumedang dapat terus berkomunikasi dan bertukar informasi kepada keluarga dan kerabatnya. Tetap terjaganya layanan telekomunikasi ini juga menjadi amat penting untuk membantu aparat dalam berkoordinasi, sehingga pertukaran informasi menjadi lancar.”   
    
Selain memastikan kesiapan alat produksi, dari sisi ketersediaan produk dan pelayanan pelanggan, Telkomsel menjamin kebutuhan umum pelanggan seperti isi ulang pulsa dan kartu prabayar Telkomsel tetap tersedia di semua titik penjualan ritel dan layanan pelanggan GraPARI Telkomsel terdekat tetap beroperasi seperti biasa untuk melayani kebutuhan pelanggan. (Icha)

Indosat Sediakan Mobil Klinik untuk Korban Banjir Bandang di Garut

0

Telko.id – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak Selasa (20/9) malam menyebabkan beberapa area tergenang banjir yang cukup parah. Luapan air sungai Cimanuk yang berubah menjadi banjir bandang, bahkan merendam pemukiman penduduk dan menelan beberapa korban jiwa.

Indosat Ooredoo menunjukkan empati dan kepeduliannya kepada pelanggan serta masyarakat yang menjadi korban banjir di Kabupaten Garut dengan mengoperasikan Mobil Klinik dan membangun posko telekomunikasi gratis. Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan gratis yang berlokasi di Kampung Bojong Sudika (22/9), Kampung Cimacan (23/9), dan Kampung Mekar Sari (24/9). Sedangkan di Posko Telekomunikasi, masyarakat bisa menggunakan telpon, SMS, internet, dan WiFi secara gratis untuk menghubungi sanak saudara mereka.

“Kami turut berempati atas musibah yang dialami warga Kabupaten Garut dan sekitarnya. Sebagai sahabat pelanggan, kami ingin membantu masyarakat sekitar yang terkena dampak banjir melalui layanan Mobil Klinik Indosat Ooredoo dan fasilitas telekomunikasi gratis. Semoga banjir segera surut dan warga dapat kembali beraktivitas seperti biasanya,” ujar Acting Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Thomas Purnawan Suhardja.

Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengoperasikan Mobil Klinik yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar Garut yang terkena dampak bencana banjir bandang. Sampai saat ini Indosat Ooredoo telah mengoperasikan 16 Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang tersebar di seluruh Indonesia dan memberikan layanan kesehatan gratis sejak tahun 2007 kepada lebih dari 770.000 orang. (Icha)

Demi Keselamatan Publik, Nokia Bentuk Aliansi

0

Telko.id – Nokia telah mengumumkan pembentukan Mission Critical Communications Alliance, sebuah kolaborasi global antara operator seluler, otoritas publik tingkat lokal dan nasional serta lembaga respon pertama untuk menetapkan standarisasi dalam penggunaan LTE untuk keselamatan publik.

Bukan hanya itu, aliansi ini juga akan berperan dalam memunculkan ide-ide baru serta kemitraan untuk mendukung momentum dalam penerapan teknologi di wilayah yang kerap didera bencana atau kejadian darurat.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima oleh tim Telko.id (22/9), Aliansi ini akan membawa pemangku kepentingan yang berbeda kedalam sebuah platform yang digunakan untuk menginformasikan dan memberikan panduan bagi para pembuat kebijakan terkait manfaat dari solusi keselamatan publik berbasis LTE untuk penyediaan layanan komunikasi penting yang berkualitas tinggi dan kuat.

Lebih dari 10 penyedia layanan dan agensi terkemuka seperti Mobile Radio Center dari Jepang dan Vodafone Hutchison Australia juga ikut ambil bagian dalam program Aliansi ini.

Sekadar informasi, 4G LTE menyediakan layanan keselamatan publik, termasuk responden pertama dengan fitur-fitur penting seperti streaming video high-definition secara  real-time, akses data jarak jauh dan layanan berbasis lokasi.

Beberapa negara juga sudah memperbarui sistem keselamatan publik mereka untuk memanfaatkan teknologi LTE. Sebagai contoh, kerjasama antara Nokia dan SK Telecom Korea baru-baru ini menunjukkan kemampuan Ultra Compact Network, yakni sebuah jaringan LTE portabel berbasis small cell yang dapat memberikan konektivitas 4G untuk keselamatan publik dan layanan penting bagi misi dan bisnis lainnya di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

Ashish Chowdhary, Chief Customer Operations Officer Nokia, mengatakan, mereka sangat senang dapat memfasilitasi beberapa stakeholder untuk lebih memperhatika solusi public safety.

“Setelah bekerja dengan berbagai  badan pemerintah di bidang keselamatan publik selama lebih dari 60 tahun, kami merasa senang dapat memfasilitasi kelompok besar para pemangku kepentingan dalam komunitas keselamatan publik global untuk mendorong adopsi LTE dalam layanan komunikasi yang penting,” ujarnya.

Ia menambahkan, aliansi ini akan bekerjasama dalam mewujudkan manfaat unik LTE bagi keselamatan publik, yang memungkinkan otoritas nasional, regional dan lokal untuk memberikan level keselamatan dan keamanan yang lebih tinggi bagi para warga mereka, sekaligus menciptakan model bisnis baru yang inovatif untuk penyedia layanan.

“Kami juga menantikan hadirnya anggota lain dari Aliansi yang berkomitmen dalam menggunakan teknologi 4G untuk meningkatkan efektivitas layanan penting bagi misi.” tukasnya.

Driver Uber Ini Paksa Pelanggan Bayar Biaya Pembatalan

0

Telko.id – Driver Uber di China telah menggunakan sebuah foto yang menakutkan pada profil picture dirinya untuk menakut-nakuti pelanggan sehingga mereka membatalkan perjalanan mereka dan membayar biaya pembatalan.

Sebuah praktik penipuan yang dijuluki ‘ghost driver’ ini menggunakan foto yang mengerikan dan memaksa pengguna untuk menekan tombol ‘cancelled’ ketika mereka melihat siapa yang datang untuk menjemput mereka, dan membayar biaya pembatalan.

Dilaporkan Telegraph (23/9), Biaya pembatalan yang dikenakan ke pelanggan sebesar 4,2 yuan dan ditransfer ke ‘driver hantu’ tanpa mereka harus mengambil penumpang di mana saja. Sementara dii Inggris, biaya pembatalan jauh lebih tinggi yakni sebesar £ 5.

uber_ghost_driver_weibo_2-medi

Sementara itu, terdapat juga penumpang yang tidak takut untuk membatalkan pesanan mereka. Scammers mengklaim, penumpang telah memasuki kendaraan mereka dan telah melakukan perjalanan singkat yang berlangsung kurang dari satu menit dan biaya hingga 15 yuan.

Sementara itu, pihak Uber mengatakan bahwa mereka telah menyadari masalah ini dan telah mendapat laporan di lebih dari setengah lusin pengguna di kota-kota besar, dan bekerja untuk memerangi scammers, termasuk bekerja sama dengan departemen keamanan publik di China.

Pihak Uber juga mengatakan bahwa mereka tidak memiliki toleransi lagi akan hal tersebut dan pada awal tahun ini mereka akan memperkenalkan teknologi pengenalan wajah untuk mencocokkan wajah driver dengan gambar profil mereka.

“Kami telah mengambil tindakan segera dan melaporkan rekening penipuan individu tersebut sambil terus menyelidiki dan menindak setiap oknum yang berbuat curang untuk menjaga minat dari pelanggan kepada pengendara kami,” ujar perwakilan Uber.

Sekadar informasi, pihak berwenang China sejatinya telah berjuang untuk mengatur para pengendara layanan ‘ride-Hailing’, dengan penyelidikan polisi di Shenzen mengungkapkan pekan lalu bahwa sebanyak 2191 driver memiliki catatan kriminal dan 40 orang masuk kedalam DPO (Daftar Pencarian Orang) karena kejahatan. Serta itu, 6.000 mobil yang digunakan oleh driver Uber tidak memenuhi standar keselamatan dan sebanyak 600 tidak dianggap layak jalan.

Di Indonesia sendiri, belum terdapat kejadian penipuan seperti ini yang dilakukan oleh para driver Uber atau penyedia sejenis. Namun, pihak penyedia   layanan sejatinya harus tetap waspada dan mencegah kejadian seperti ini karena dapat mengakibatkan turunnya kredibilitas dari penyedia tersebut. Apalagi persaingan di Indonesia sangatlah ketat dengan tiga kontestan utama yakni Uber, Grab serta Go-Jek.

TrueMoney Raih Penghargaan Karena Gadeng Toko Kelontong

0

Telko.id – Inovasi dalam marketing memang menjadi salah satu ujung tombak sebuah produk akan diterima masyarakat. TrueMoney pun melakukan dobrakan dengan mengakuisisi toko kelontong dan outlet pulsa dipinggir jalan untuk menjadi agen. Program ini disebut dengan Agent-Led. Program ini lah yang mendaptkan penghargaan “The Best in Innovation Marketing” Award dari Majalah Marketing dengan predikat Excellent.

“Penghargaan tersebut menjadi pemicu bagi TruMoney sebagai pemain baru di dunia layanan keuangan elektronik, untuk semakin mempertegas rekam jejak yang baik di industri Financial Technology,” ungkap Joedi Wisoeda, Country Director True Money Indonesia menjelaskan.

Inovasi marketing Agent-Led yang dilakukan TrueMoney sudah mampu mengakuisisi Toko Kelontong dan outlet pulsa pinggi jalan lebih dari 18.000 sebagai Agen TrueMoney yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia. Metode pemasaran ini terbukti mampu mendongkrak popularitas TrueMoney di kalangan masyarakat Indonesia, dimana market share TrueMoney saat ini berada di peringkat keempat untuk nilai transaksi, dan peringkat ketujuh untuk nilai transaksi terbesar uang elektronik di Indonesia.

“Untuk mendukung misi TrueMoney sebagai layanan keuangan elektronik yang mudah dijangkau bagi masyarakat luas, kami menginisiasi model distribusi Agent-Led untuk membangun brand presence TrueMoney, yang mana metode ini baru pertama kali diterapkan dalam industri e-money. Total 18.000 Agen yang kami miliki saat ini merupakan pencapaian dari fase pertama metode Agent-Led, dan kami akan mencetak puluhan ribu Agen lain hingga akhir tahun ini, ” lanjut Joedi.

TrueMoney sendiri merupakan produk uang elektronik milik Witami Tunai Mandiri, yang memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pembelian di merchant yang telah bekerjasama, dan transfer dana.

TrueMoney merupakan salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand. Setelah terlebih dulu hadir di Myanmar dan Kamboja, pada September 2015 TrueMoney hadir pula di Indonesia di bawah payung Ascend Group, melalui Witami Tunai Mandiri, dengan menyasar kepada masyarakat non-banking.

Layanan TrueMoney sudah memiliki izin penyelenggaraan e-money dan Penyelenggara Transfer Dana dari Bank Indonesia, serta telah mendapatkan sertifikasi Syariah dari Majelis Ulama Indonesia. Layanan TrueMoney juga dapat digunakan untuk tarik tunai (melalui Agen atau rekening Bank) dan transfer ke sesama pengguna dan pemilik rekening bank. (Icha)

Kecolongan, Korea Utara Ungkap 28 Situs di Negaranya

0

Telko.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa struktur internet di Korea Utara sangatlah ketat. Tidak hanya dikontrol ketat oleh pemerintah, tetapi juga tidak memungkinkan orang asing untuk mengaksesnya.

Namun, sebuah kesalahan yang baru-baru ini dilakukan oleh seseorang di negara tersebut, membuat siapapun dapat mengakses data DNS top level di negara tersebut. Dari sini terungkap daftar nama domain web yang berada pada domain tingkat atas negara itu.

Orang-orang yang bekerja di Github mengakses data tersebut dan menemukan bahwa hanya ada 28 situs di sana, lapor Mashable, Kamis (22/9).

Domain web ini sebagian besar dapat diakses dari bagian lain dunia (meskipun mungkin sangat lambat saat membukanya) – tapi ini tampaknya menjadi kali pertama seseorang di luar negara yang tertutup telah menerbitkan daftar lengkap situs-situs itu.

Daftar tersebut, yang telah dianalisis oleh Reddit, termasuk beberapa domain web yang dikenal, seperti rodong.rep.kp, yang menjadi tuan rumah situs berita resmi negara itu, Rodong.

Selain itu, ada pula situs Cooks.org.kp, yang merupakan sebuah situs resep dan Kcna.kp, yang tak lain merupakan situs untuk Kantor Berita Pusat Korea yang dikontrol pemerintah. Sementara situs lain seperti Friend.com.kp diduga merupakan situs jejaring sosial, lapor CNET.

Ooredoo Tegaskan Tak Ada Rencana Jual Saham di Indosat

0

Telko.id – Setelah sempat dikabarkan akan menjual sahamnya di Indonesia, operator telekomunikasi asal Qatar, Ooredoo, akhirnya membantah kabar tersebut. Perusahaan menegaskan bahwa tidak ada niatan untuk menjual kepemilikan sahamnya di anak perusahaan Indonesia, Indosat Ooredoo.

“Indosat Ooredoo adalah pasar internasional terbesar Ooredoo dan secara strategis penting untuk strategi perusahaan Ooredoo mengingat prospek pertumbuhan jangka panjangnya,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir ETTelecom, Kamis (22/9).

Sebelumnya, sempat berhembus kabar bahwa Ooredoo sedang mempertimbangkan untuk menjual sahamnya demi fokus di pasar Timur Tengah. Dan menurut sebuah sumber, perusahaan bisa menjual 65 persen sahamnya di Indosat kepada perusahaan telekomunikasi lain yang ingin memperluas cakupan di Indonesia.

Selain rencana penjualan sahamnya di Indonesia, Ooredoo, yang memiliki operasi mencakup Aljazair hingga Myanmar, juga sempat dikabarkan memiliki rencana untuk menjual saham tidak langsungnya di StarHub Ltd, Singapura. Ooredoo sendiri secara mayoritas dimiliki oleh Qatar Investment Authority, sebuah perusahaan dana investasi dan badan pemerintah terkait lainnya. Dana investasi di banyak negara Timur Tengah meningkatkan kas melalui penjualan aset untuk memerangi penurunan harga minyak.

Oracle: Cloud akan Dominasi Belanja IT Global di 2025

0

Telko.id – Selama dekade berikutnya, Oracle Corp memperkirakan akan terjadi penurunan tajam dalam belanja bisnis TI tradisional di seluruh dunia, membuka jalan untuk layanan cloud dan meninggalkan lebih banyak ruang untuk inovasi ketimbang perawatan hardware dan software.

Prediksi ini datang setelah Oracle Corp mengakuisisi start up milik dua teknisi India, Rohit Gupta dan Ganesh Kirti. Start up yang berbasis di AS ini bergerak di bidang keamanan cloud.

“Pada tahun 2025, 80 persen dari anggaran TI akan dihabiskan untuk cloud, dan bukan pada TI tradisional. Hampir semua aplikasi baru akan berada di aplikasi SaaS (Software as a Service) pada tahun 2025,” kata CEO Oracle Corp Mark V. Hurd, seperti dilansir ETTech, Kamis (22/9).

Ia menjelaskan, belanja infrastruktur cloud akan terus meningkat. Dan tidak akan lagi linear, melainkan geometris dalam hal kecepatan.

Perusahaan yang bermarkas di AS, yang mengklaim sebagai perusahaan cloud yang paling cepat berkembang ini melaporkan bahwa 82 persen pertumbuhan pendapatan SaaS-nya dan layanan terkait berada di angka US$ 815 juta untuk kuartal Juni-Agustus.

Ke depan, Oracle, yang memiliki total 20.000 pelanggan cloud, mengatakan bahwa akan semakin banyak perusahaan yang mengandalkan cloud. Apalagi mengingat tak ada lagi masalah keamanan di cloud, yang merupakan perhatian utama untuk masa depan.

“Aku merasa satu hal penting lainnya yang hampir semua orang sebutkan dalam konteks pengambilan keputusan saat akan pindah ke cloud adalah keamanan,” katanya.

Dengan pergeseran ke layanan cloud, Hurd menambahkan, jumlah pusat data milik perusahaan juga akan turun 80 persen pada tahun 2025.

“Dampak teknisnya, bukan hanya inovasi yang datang dengan itu, tetapi juga perubahan dalam model bisnis. Akan ada peningkatan geometris dalam jumlah kecepatan yang diadopsi bisnis,” pungkasnya.