spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 1475

Dukung Komunitas Difabel, XL Future Leaders Gelar Konser & Talkshow

0

Telko.id – Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi, tak terkecuali bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik, dalam hal ini penderita tuna netra. Para siswa XL Future Leaders memahami betul hal itu. Oleh karenanya, mereka mengambil inisiatif untuk memberikan dukungan moral bagi para difabel ini, lewat sebuah acara bertajuk  “Tribute to Stevie Wonder, Everybody Is Extraordinary.”

Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk mengatakan dalam keterangan resminya, terkait keputusan perusahaan untuk mengangkat sosok Stevie Wonder, seorang bintang besar yang menyandang tuna netra. Menurutnya, sosok tersebut mampu menginspirasi jutaan anak penyandang tuna netra dan difable di seluruh penjuru dunia bahwa keterbatasan fisik tak akan bisa membatasi daya kreasi dan prestasi.

“Tidak ada perbedaan dalam menggapai mimpi, kerja keras dan tekad kuat-lah yang membedakannya. Hal tersebut dapat dilihat dari seorang seniman Stevie Wonder,” katanya.

Dalam penyelenggaraan acara ini, XL Future Leaders bekerjasama dengan Yayasan Elsafan. Lembaga ini menaungi sekitar 42 orang anak-anak penyandang tuna netra. Yayasan yang juga didirikan oleh penyandang tuna netra sejak tahun 2006 ini memiliki sejumlah program, di antaranya memberikan ketrampilan sehingga bisa dipakai oleh para peserta didik untuk bekal hidup mandiri.

Di antara anak-anak asuhan lembaga ini juga ada yang mampu mencetak prestasi membanggakan, antara lain Catur Tuna Netra Juara 1 tahun 2015, Candy Medali Emas Lomba Renang se-DKI, Reza mewakili Indonesia untuk lomba IT, Keminfo, YPAC, dan Kemensos, Aini Juara 1 lomba science tingkat DKI 2014, Aldin Juara 1 lomba menyanyi Mandari se-Jakut, Aldin juara 2 gospel singer se-Jakut 2014, Melanie juara 5 vocal solo se-nasional 2014, Juniar Juara 2 piano klasik tuna netra, Dustin juara 1 baca puisi se-DKI, Marchel dapat 2 medali emas olimpiade paralympic lomba lari di Riau 2013.

Dalam acara yang bertempat di @America, Pacific Place, Jakarta, XL Future Leaders dan anak-anak penyandang tuna netra menggelar konser kecil dengan membawakan lagu-lagu lagu karya Stevie Wonder di antaranyaYou Are The Sunshine of My Life, I Just Call to Say I Love You, Diamond, Overjoyed, dan Isn’t She Lovely.

Selain konser, acara ini juga diisi dengan talkshow yang bertujuan untuk memberikan pandangan positif mengenai penyandang difabilitas dan diharapkan dapat memberikan inspirasi bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkompetisi tanpa melihat keterbatasan fisik.

Para pembicara yang dihadirkan seluruhnya merupakan penyandang difabilitas berprestasi. Diantaranya Dimas Presetyo Muharram, pemilik Kartunet, serta Angkie Yudistia, seorang sociopreneur dan penulis buku “Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas dan Setinggi Langit” yang menceritakan pengalaman hidup dan perjuangan mereka untuk menggapai mimpi. Selain itu, ada juga pemberian motivasi oleh David Franky yang merupakan seorang motivator penyandang difabilitas.

XL Future Leaders merupakan program pendidikan berbasis digital yang dirancang secara khusus oleh XL untuk memajukan para pemuda Indonesia agar bisa memiliki kompetensi dasar sebagai pemimpin tingkat global. Program ini berupa pelatihan terpadu yang berfokus pada tiga area kompetensi yang dibutuhkan pemimpin di masa depan agar mampu bersaing secara global.

Ketiga area kompetensi tersebut adalah mampu melakukan komunikasi secara efektif, mampu mengasah jiwa kewirausahaan dan inovasi, serta mampu mengelola perubahan. Salah satu aktivitas yang dijalankan oleh para peserta XL Future Leaders adalah menyelenggarakan aksi-aksi sosial kemasyarakatan dalam beragam bentuk kegiatan di berbagai daerah. Mendorong para mahasiswa untuk peka pada kondisi sosial masyarakat di sekitar mereka dan mencari solusi atas persoalan yang ada merupakan salah satu materi pendidikan kepemimpinan yang mereka terima dalam program XL Future Leaders tersebut.

 

Rangkul Baidu, Kemenpar Ingin Gaet 10 Juta Turis Tiongkok

0

Telko.id – Baidu, perusahaan berbasis teknologi dan media terkemuka baru-baru ini ditetapkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia sebagai salah satu mitra dalam meningkatkan edukasi tentang keelokan pariwisata Indonesia di mata masyarakat Tiongkok.

Kemitraan ini menjadi penting dan strategis mengingat masih rendahnya minat wisatawan Tiongkok untuk mengunjungi Indonesia, sementara dari sisi jumlah wisatawan maupun belanja yang dilakukan selama kunjungan ke luar negeri, wisatawan Tiongkok saat ini menduduki peringkat teratas di dunia.

“Jumlah wisatawan Tiongkok yang melakukan kunjungan ke luar negeri dari tahun ke tahun terus memperlihatkan tren peningkatan yang signifikan. Di tahun 2015, jumlah wisatawan Tiongkok yang bepergian ke luar negeri bahkan mencapai lebih dari 100 juta orang. Bagi Indonesia, tingginya minat masyarakat Tiongkok untuk melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan potensi besar yang harus digarap secara strategis agar target untuk dapat mendatangkan 10 juta wisatawan Tiongkok di tahun 2019 dapat tercapai atau bahkan terlampaui,” ujar Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya.

Menteri Pariwisata menambahkan, dukungan mitra yang mampu membantu meningkatkan edukasi kepada wisatawan Tiongkok terhadap pariwisata Indonesia sangat diperlukan, mengingat tingkat ketertarikan mereka untuk mengunjungi Indonesia masih rendah. Di tahun 2015, jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai sekitar 1,1 juta orang. Angka yang masih relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan wisatawan Tiongkok yang berwisata ke luar negeri.

“Melihat profil wisatawan Tiongkok yang mayoritas berusia di bawah 45 tahun dan 83% menjadikan informasi berbasis internet atau online sebagai salah satu referensi utama dalam menentukan destinasi wisata, kami memutuskan untuk menggandeng Baidu, perusahaan teknologi terkemuka berbasis di Tiongkok, sebagai mitra Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan penyebaran informasi dan edukasi tentang keindahan Indonesia di Tiongkok. Posisi kepemimpinannya serta besarnya jumlah pengguna Baidu di Tiongkok, menjadi salah satu pertimbangan utama kami dalam membangun kemitraan ini dengan Baidu,” tambah sang Menteri.

Kemitraan yang bertujuan untuk semakin meningkatkan pengetahuan serta ketertarikan wisatawan Tiongkok terhadap Indonesia ini juga disambut penuh antusias oleh Baidu.

Melalui keterangan resminya, Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia mengurai raasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia kepada Baidu.

“Baidu saat ini memiliki sekitar 600 juta pengguna di Tiongkok. Kami juga merupakan perusahaan mesin pencari nomor satu di Tiongkok dengan pangsa pasar lebih dari 79%, dan salah satu produk kami, Baidu Travel, merupakan salah satu platform perjalanan nomor satu di Tiongkok. Wisatawan Tiongkok juga telah menjadikan Baidu Travel sebagai referensi utama di online dalam berwisata ke luar negeri. Ditambah dengan adanya fakta bahwa generasi baru wisatawan Tiongkok kini semakin mandiri dalam berwisata dan mereka pun kian mengandalkan informasi-informasi berbasis internet, maka kami sangat optimis kemitraan ini menciptakan sinergi positif dan kontributif terutama dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, khususnya wisatawan Tiongkok,” katanya.

Melalui kemitraan ini, Baidu juga akan berkontribusi dalam penyelenggaraan serangkaian lokakarya yang bertujuan untuk mengedukasi para penyedia informasi dunia pariwisata Indonesia secara online, seperti biro perjalanan, pengelola destinasi wisata dan penyedia layanan penginapan atau perhotelan.

Pemahaman Baidu yang tinggi terhadap perilaku wisatawan Tiongkok dalam mencari informasi-informasi wisata menarik, gaya penyampaian informasi seperti apa yang selama ini mereka minati, serta destinasi wisata apa saja yang dapat menarik perhatian mereka, akan disampaikan oleh Baidu di setiap penyelenggaraan lokakarya dan diharapkan akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi penyedia informasi wisata Indonesia dalam menyampaikan ulasannya secara atraktif.

“Menyediakan informasi online yang informatif dengan gaya penyajian menarik sesuai perspektif masyarakat Tiongkok merupakan salah satu kunci penting dalam memikat mereka untuk mengunjungi Indonesia. Sebab, mayoritas dari wisatawan Tiongkok akan menggunakan sumber-sumber informasi online sebagai referensi utama dalam menentukan destinasi yang hendak mereka kunjungi,” pungkas Bao Jianlei.

Jaringan 4G Smartfren Kalahkan Tiga Besar di Tasiklamaya

0

Telko.id – Bermodalkan aplikasi Nperf yang mencatat cakupan dan kecepatan dari internet 4G setiap operator di Indonesia, tim Telko.id baru-baru ini melakukan perjalanan ke Tasikmalaya. Di daerah yang terkenal karena kerajinannya ini, kami mencatat beberapa hal menarik seputar coverage 4G dari beberapa operator 4G di Indonesia, ulai dari XL AXiata, Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren. Tentu saja, disamping Bolt sebagai salah satu penyedia layanan serupa.

Dari data yang kami peroleh, terlihat bahwa coverage 4G Smartfren yang sangat menonjol dibandingkan dengan pesaing lainnya di ranah ini.

Berdasarkan data Nperf, Smartfren terlihat memiliki cakupan 4G yang cukup mumpuni di wilayah ini. Hal ini terlihat dari melimpahnya titik berwarna cokelat di aplikasi, yang menjadi wakil dari jaringan 4G. Namun, di wilayah ini titik 4G Smartfren tidak sebanyak yang ditunjukkan di kota-kota besar seperti Jakarta.

sfren

Sebaliknya, Tasikmalaya sepertinya tidak cukup ‘bersahabat’ bagi pelanggan Hutchison 3. Di kawasan ini, Tri hanya terlihat dengan titik-titik hijaunya, sebagai perwakilan dari jaringan 3G. Ini masuk akal, mengingat operator seluler ini memang belum menggelar layanan 4G secara komersial di Indonesia, meskipun mereka telah memberikan bocoran mengenai jumlah kota pertama yang akan dialiri 4G mereka.

hcp

Nasib serupa dialami Telkomsel dan XL Axiata. Sementara sinyal Telkomsel hanya memunculkan warna-warna hijau sebagai penanda 3G dan tidak menunjukan jaringan 4G LTE, sinyal yang ditunjukkan XL juatru lebih parah. Anak usaha Axiata Group ini bukan hanya tidak mengindikasikan ketersediaan jaringan 4G, jaringan 3G pun terlihat jarang.

xl, tesel

Lain halnya dengan situasi yang dialami Indosat Ooredoo. Nperf mencatat bahwa meskipun hanya sedikit terlihat jaringan 4G, namun jaringan 3G perusahaan terlihat mendominasi.

isat

Cakupan jaringan 4G Smartfren yang cukup ‘penuh’ di wilayah ini memang sudah diprediksi sebelumnya. Pasalnya,  Open signal sempat mencatat bahwa Smartfren memiliki cakupan jaringan yang sangat tinggi yakni 78 persen dan menduduki peringkat ke 32 dari 183 operator LTE kala itu.

Sampai saat ini, coverage Smartfren bahkan telah mencapai 85 kota di Indonesia, dan diperkirakan akan mengalami peningkatan tahun ini. [ak/if]

OTT Asing Terancam Diblokir Jika Tidak Punya Badan Usaha Tetap

0

Telko.id – Beberapa waktu lalu, ketika isu Netflix merebak, ramai juga dibicarakan bahwa para perusahaan over the top, seperti Netflix dan lainnya harus memiliki Badan Usaha Tetap (BUT).

Badan usaha tetap yang dimaksud ini bukan sekedar kantor perwakilan saja. Karena kalau kantor perwakilan saja, tidak ada pajak yang masuk. Padahal, yang diinginkan oleh pemerintah ada, Negara juga terkait dengan aspek bisnis dan perlindungan konsumen.

Kembali Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menegaskan bahwa perusahaan over the top tentang masalah ini. Perusahaan OTT yang tidak membuat Badan Usaha Tetap atau BUT akan di blokir. Hal ini juga sempat disampaikan oleh Rudiantara waktu ke Silicon Valley beberapa waktu lalu.

Contoh OTT yang dimaksud adalah seperti Google, Twitter, Facebook, Line dan lainnya. Di mana, konten atau layanan perusahaan OTT tersebut dapat diakses oleh masyarakat melalui internet tetapi tidak dapat dikontrol oleh penyelenggara internet.

Dengan memiliki BUT, maka perusahaan OTT itu akan patuh pada peraturan yang ada di Indonesia. Saat ini, para perusahaan OTT itu bebas mengumpulkan data para penggunannya. Dan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya. Lalu, untuk perlindungan konsumennya tidak ada dasarnya. Hal itu yang membuat BUT ini wajib untuk para OTT.

Selain itu, ada juga masalah perpajakan. Jika para OTT itu sudah memiliki BUT maka setiap transaksi yang dilakukan di Indonesia akan terkena pajak. Sesuai dengan Undang-undang Perpajakan yang berlaku.

Para OTT, menurut Rudiantara tidak diwajibkan untuk mendirikan kantor sendiri. Bisa saja dengan melakukan kerjasama atau joint venture dengan perusahaan lokal atau bekerjasama dengan operator.

Untuk aturannya sendiri, saat ini masih digodok. Rencananya, pada akhir Maret 2016 ini akan selesai dan dikeluarkan. Setelah itu aka nada masa transisi agar para perusahaan OTT dapat menyesuaikan diri dan memenuhi aturan yang dikeluarkan.

Dari sekian banyak OTT yang ada di Indonesia, Rudiantara cukup mengapresiasi yang dilakukan oleh Line Indonesia. Di mana perusahaan ini dianggap cukup proaktif bersilaturahmi dan sharing tentnag langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menyesuaikan dengan regulasi dan budaya lokal. Begitu info yang disampaikan oleh Rudiantara dalam Twit nya.

Selain itu, Line Global juga telah menunjuk konsultan lokal dan koordinasi dengan kantor di Indonesia untuk memberikan masukan dan review terhadap konten yang ada. Line Indonesia juga sudah resmi memiliki badan usaha (Business Establishment) sebagai wujud komitmen perusahaan di Indonesia.

Line Indonesia juga akan melakukan filtering pada beberapa konten stiker yang sensitive agar tidak dapat diakses di Indonesia. Dan akan secara terbuka melakukan komunikasi dengan Kominfo untuk menghadirkan konten-konten positif di Indonesia. (Icha)

Layanan 4G LTE XL Siap Jangkau 85 Kota di 2016

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL) terus mempercepat penetrasi layanan 4G LTE. Hingga akhir tahun 2016 nanti, anak usaha Axiata Group ini mentargetkan layanan 4G LTE bisa menjangkau 85 kota, baik di Jawa maupun luar Jawa. Langkah XL ini tidak terlepas dari benefit yang didapatkan perusahaan dari penggelaran layanan internet cepat sejauh ini. Salah satunya adalah mampu meningkatkan jumlah pelanggan yang bernilai tinggi sesuai dengan segmen pelanggan yang dituju.

Diakui Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, keberadaan layanan internet cepat 4G LTE tidak bisa dibantah lagi telah berhasil meningkatkan revenue perusahaan, terutama melalui akuisisi pelanggan dari segmen hight value customer.

“Fakta ini membulatkan keputusan XL untuk segera mengembangkan layanan 4G LTE ke arah yang lebih berkualitas dan mampu menjangkau pelanggan serta masyarakat yang lebih luas lagi di tahun 2016 ini,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Jumat (26/2).

Yessie menambahkan, secara teknis, keberadaan layanan 4G LTE terbukti telah mampu meningkatkan kualitas layanan internet XL. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan kinerja latency (delay) akses internet sejak layanan 4G LTE digelar, dari sebelumnya sekitar 130ms menjadi hanya 30ms. Pun demikian dari sisi kapasitas  kecepatan download, meningkat dari yang sebelumnya sekitar 1Mbps, menjadi 25Mbps.

Layanan internet cepat 4G LTE juga telah terbukti mampu meningkatkan nilai persepsi pasar terhadap kualitas layanan data XL. Jika sebelumnya layanan data XL lebih dikenal karena tarif yang terjangkau, setelah adanya 4G LTE menjadi lebih dikenal karena kualitas layanannya.

XL sangat serius menyiapkan semua syarat untuk bisa meyakinkan pelanggan dan masyarakat. Dari capex atau belanja modal kurang dari Rp 7 triliun yang disiapkan untuk 2016 ini, mayoritas dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan Data termasuk memuluskan rencana pengembangan 4G LTE.

Melanjutkan agenda transformasi yang telah diterapkan sejak tahun lalu, PT XL Axiata akan berfokus mengembangkan layanan 4G LTE di tahun 2016. Hal ini sejalan dengan salah satu target yaitu menciptakan peluang pertumbuhan bisnis baru (re-invent). Peluang-peluang baru tersebut akan berbasis pada teknologi digital, melalui pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE.

Saat ini, layanan 4G XL didukung oleh lebih dari 3 ribu BTS 4G yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Adapun kota yang telah dicakup layanan 4G LTE  XL berjumlah  sekitar 35 kota, baik di Jawa dan luar Jawa.

China Mobile Buat Joint Innovation Lab 5G Bersama ZTE

0

Telko.id – Peluang untuk 5G memang menggiurkan. Apalagi, dengan mengaplikasikan teknologi 5G maka operator memiliki peluang untuk menambah pendapatannya secara signifikan. Itu sebabnyam banyak operator yang sudah bersiap menghadapi era tersebut. Berbagai penelitian dan uji coba mulai dilakukan. China Mobile memilih ZTE untuk bekerjasama untuk membentuk Joint Innovation Lab atau JIL untuk teknologi 5G ini.

Kerjasama ini diresmikan pada KTT global TD-LTE Initiative (GTI) yang diselenggarakan selama Mobile World Congress 2016 di Barcelona. 5G JIL ini dibentuk untuk menarik beberapa pihak antar industri yang berbeda untuk memfasilitasi evolusi 4G ke 5G dan menciptakan virtual circle untuk inovasi. China Mobile memiliki rencana untuk membuat lebih banyak peluang kerjasama lagi antar industri yang berbeda untuk menggali potensial lain seperti komunikasi dasar, Internet of Things (IOT), Internet of Vehicle (IoV), Industri Internet, Cloud Robotics, Virtual Reality (VR), dan augmented Reality (AR).

Pusat laboratorium 5G JIL ini akan berada di Beijing dan laboratorium regional di China Mobile Internasional Information Port di Qingdao, Chongqing dan tempat lainnya. China Mobile dan mitranya akan secara aktif mengambil bagian dalam tes 5G yang dilakukan oleh kelompok IMT-2020 (5G) di Cina, untuk memperoleh validasi kandidat teknologi 5G, standart development dan konstruksi rantai industri. Sementara itu, China Mobile akan bekerja sama dengan Global TD-LTE Initiative (GTI), GSMA, NGMN dan organisasi internasional lainnya, serta mitra lain untuk memperluas kerjasama.

Sebagai salah satu mitra kunci pertama China Mobile, ZTE berkomitmen untuk berpartisipasi dalam semua kegiatan lab termasuk promosi evolusi 4G, 5G standardisasi, pembangunan infrastruktur, dan produk serta pengembangan platform aplikasi.

“Peluncuran 5G JIL akan memperdalam dan memperluas kemitraan ZTE dengan China Mobile membawanya ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan adanya laboratorium ini maka perusahaan Cina akan berperan lebih banyak lagi pada standarisasi 5G secara global dan industry,” “kata Zhao xianming, Executive Vice President ZTE, menjelaskan. (Icha)

Indosat Ooredoo Mungkinkan Turis Peroleh Kartu SIM Secara Virtual

0

Telko.id – Dalam ajang Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, Indosat Ooredoo dan Taisys mengumumkan kerjasama kedua perusahaan, dimana Indosat Ooredoo bergabung dengan platform slimduet GreenRoam Alliance’s. Kerjasama ini akan menyertakan paket selular prabayar  Indonesia dalam platform slimduet GreenRoam Alliance.

Slimduet adalah ekosistem eSIM komersial pertama di dunia yang memungkinkan penyediaan SIM prabayar secara virtual. Menggunakan platform Taisys’ slimduet, distribusi SIM Indosat Ooredoo akan bertransformasi menjadi lebih digital, dimana turis yang datang ke Indonesia kini dapat membeli dan mengunduh kartu prabayar lokal Indosat Ooredoo lewat aplikasi slimduet.

Diungkapkan President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli dalam siaran pers-nya, JUmat (26/2), kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen Indosat Ooredoo untuk terus memberikan pengalaman digital kepada perlanggan melalui penyediaan solusi distribusi SIM card secara virtual untuk pelanggan, khususnya untuk para turis atau tamu mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

“Kami terus bertransformasi untuk menciptakan berbagai solusi dan inovasi digital, dan kami sangat bersemangat dalam menyediakan solusi  ini karena dapat memperluas peluang pasar dan bisnis kami,” katanya.

Sementara itu, Chairman Taisys, Jason Ho mengaku sangat menyambut kehadiran Indosat Ooredoo sebagai anggota terbaru dari GreenRoam Alliance.

“Seluruh anggota Alliance memiliki akses ke produk dan solusi telco-centric yang komprehensif yang dirancang untuk membantu melewati tantangan pasar dan menciptakan sumber pendapatan baru melalui inovasi dan teknologi yang teruji. Kami yakin dua perusahaan akan bekerja sama untuk pengembangan bisnis ke depan,” ujarnya.

Keputusan Indosat untuk memilih slimduet sebagai solusi distribusi virtual sendiri diambil sebagai upaya untuk melayani 10 juta turis internasional yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya. Dengan solusi ini, para turis telah dapat mengunduh nomor prabayar Indosat Ooredoo dan siap digunakan ketika mereka mendarat di Indonesia.

Cina Siap-Siap Untuk Implementasikan 5G di 2020

0

Telko.id – Janji teknologi 5G akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dalam mengakses internet membuat setiap Negara mempersiapkan diri. Termasuk juga Cina. Tahun ini, Cina akan memulai untuk melakukan penelitian untuk mengimplementasikan 5G di tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Zhang Feng, ministry’s telecommunications division head Cina.

“Antara 2016 dan 2018, negara bermaksud untuk mengembangkan teknologi telekomunikasi 5G. Baik melakukan pengujian frekuensi maupun standar untuk ujicoba jaringan sebelum akhirnya di tahun 2020 akan diresmikan,” ujar Zhang Feng menjelaskan seperti dikutip dari shanghaidaily.com.

Ini adalah pertama kalinya regulator industri Cina mengumumkan jadwal secara rinci pembangunan 5G di negeri ini, pasar ponsel dunia terbesar Ponsel dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna.

Dengan peningkatan kecepatan dan bandwidth lebih dari 1 gigabyte per detik dan 10-20 kali lebih cepat dari teknologi saat ini 4G, 5G akan mendorong munculnya aplikasi baru dan perkembangan dalam komunikasi high-definition video dan monitoring, virtual reality, mobil self-driving dan smart home, dan juga meningkatkan pengembangan Internet of Things.

Beberapa perusahaan papan atas, termasuk Huawei dan Ericsson menampilkan produk yang mengadopsi 5G di Mobile World Congress, di dunia konferensi industri telekomunikasi terbesar di Barcelona pekan ini.

Kedua perusahaan ini melihat bahwa Cina merupakan pasar yang luar biasa. Ericsson memprediksikan bahwa Cina, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat akan memiliki 150 juta langganan 5G Ponsel dengan 2021.

Sedangkan Huawei, yang kini sedang gencar memasarkan jaringan 4.5G yang merupakan teknologi antara sebelum masuk ke teknologi 5G, memprediksikan bahwa bahwa 5G dijadwalkan akan digunakan secara komersial di Cina dan Jepang tahun depan. (Icha)

Indonesia Jadi Korban Kejahatan Kelompok Hacker Lazarus?

0

Telko.id – Berkolaborasi dengan Novetta dan mitra lainnya, Kaspersky Lab baru-baru ini mengumumkan kontribusinya terhadap Operasi Blockbuster. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menghentikan aktivitas kelompok Lazarus – sebuah entitas yang sangat berbahaya dan bertanggung jawab atas kerusakan data serta aksi spionase siber konvensional terhadap beberapa perusahaan di seluruh dunia.

Para penjahat siber ini diyakini menjadi dalang di balik serangan terhadap Sony Pictures Entertainment pada tahun 2014, serta operasi DarkSeoul yang menargetkan media dan lembaga keuangan di tahun 2013.

Setelah serangan yang sangat merusak terhadap perusahaan produksi film terkenal, Sony Pictures Entertainment (SPE) pada tahun 2014, Global Research and Analysis Team (GReAT) dari Kaspersky Lab mulai melakukan penyelidikan atas sampel malware Destover yang digunakan dalam serangan itu. Hal ini mengarah ke penelitian yang lebih luas lagi yaitu ke kelompok yang terkait aksi spionase siber dan sabotase siber yang menargetkan diantaranya lembaga keuangan, media, dan perusahaan manufaktur.

Berdasarkan karakteristik umum dari kelompok malware yang berbeda-beda, para ahli perusahaan berhasil mengelompokkan puluhan serangan terisolasi dan menentukan bahwa mereka semua berasal dari satu pelaku ancaman, para anggota lainnya dalam Operasi Blockbuster ini juga mengkonfirmasikan hal serupa menurut analisia mereka masing-masing.

Kelompok hacker Lazarus sampai saat ini masih aktif dan diyakini memulai aksinya bahkan beberapa tahun sebelum terjadinya insiden SPE. Kaspersky Lab dan peneliti lainnya di Operasi Blockbuster mengkonfirmasi adanya hubungan antara malware yang digunakan dalam berbagai serangan, seperti di Operasi DarkSeoul, dimana tergetnya adalah perbankan dan media penyiaran yang berbasis di Seoul; Operasi Troy, dimana yang menjadi targetnya adalah pasukan militer di Korea Selatan; dan tidak ketinggalan insiden Sony Pictures.

Selama penyelidikan, peneliti Kaspersky Lab saling bertukar temuan awal dengan AlienVault Labs. Pada akhirnya peneliti dari kedua perusahaan memutuskan untuk menyatukan upaya dan melakukan investigasi secara bersama-sama. Pada saat yang bersamaan, aktivitas kelompok Lazarus juga sedang diselidiki oleh banyak perusahaan dan spesialis keamanan lainnya. Salah satu dari perusahaan ini, Novetta memulai sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mempublikasikan kemampuan yang paling sering digunakan dan berdampak luas dari aktivitas kelompok Lazarus. Sebagai bagian dari Operasi Blockbuster, bersama-sama dengan Novetta, AlienVault Labs, dan mitra lainnya, Kaspersky Lab menerbitkan temuannya untuk kepentingan masyarakat luas.

Dengan menganalisis beberapa sampel malware yang terdeteksi di berbagai insiden keamanan siber serta menciptakan aturan-aturan pendeteksian yang khusus, Kaspersky Lab, AlienVault dan spesialis lain di Operasi Blockbuster mampu mengidentifikasi sejumlah serangan yang memang dilakukan oleh kelompok Lazarus.

Link dari beberapa sampel hingga merujuk ke satu kelompok ditemukan pada saat analisis metode yang digunakan oleh penjahat siber ini. Secara khusus, ditemukan bahwa para penjahat siber secara aktif mendaur ulang kode – maksudnya adalah menggunakan kembali fragmen kode dari satu program berbahaya untuk digunakan di program berbahaya lainnya.

Selain itu, para peneliti juga melihat adanya kesamaan dalam modus operandi penyerang. Ketika menganalisis artefak dari serangan yang berbeda-beda, mereka menemukan bahwa droppers – file khusus yang digunakan untuk menginstal berbagai variasi dari payload jahat – kebanyakan menyimpan payload jahat mereka dalam arsip ZIP yang dilindungi kata sandi. Sementara kata sandi untuk arsip yang digunakan dalam serangan yang berbeda-beda juga sama di hard coding dalam droppers.

Proteksi terhadap kata sandi dilakukan dalam upaya mencegah sistem secara otomatis mengambil dan menganalisis payload, tetapi dalam kenyataannya hal itu malah membantu para peneliti untuk mengidentifikasi kelompok.

Sebuah metode khusus digunakan oleh penjahat siber untuk mencoba menghapus jejak keberadaan mereka dari sistem yang terinfeksi, bersama dengan beberapa teknik yang mereka gunakan untuk menghindari deteksi oleh produk anti-virus juga memberi peneliti sarana tambahan serangan mengelompokan serangan-srangan yang terkait. Pada akhirnya puluhan serangan ditargetkan yang berbeda-beda, dimana para pelakunya tidak diketahui, merujuk ke satu pelaku ancaman.

Lazarus

Lokasi Target Serangan

Analisis tanggal kompilasi dari sampel menunjukkan bahwa sampel paling awal kemungkinan ditemukan sejak tahun 2009, atau lima tahun sebelum serangan terhadap Sony Pictures. Jumlah sampel baru bahkan tumbuh secara signifikan sejak 2010. Ini mencirikan kelompok Lazarus sebagai kelompok hacker yang stabil dan telah lama beraksi.

Berdasarkan ekstraksi metadata dari sampelyang diselidiki, sebagian besar program berbahaya yang digunakan oleh kelompok Lazarus tampaknya telah dikumpulkan selama jam kerja zona waktu GMT+ 8 – GMT+ 9.

“Seperti yang sudah kami prediksikan bahwa jumlah serangan malware wiper akan terus bertambah. Malware semacam ini terbukti menjadi jenis senjata siber paling efektif. Kemampuan untuk merusak ribuan komputer hanya dengan menekan sebuah tombol menjadi imbalan yang setimpal bagi tim Computer Network Exploitation yang memang bertugas untuk memberikan informasi  menyesatkan (disinformasi) dan melakukan perusakan terhadap perusahaan yang menjadi sasaran. Namun,  dengan adanya kerjasama dengan mitra lain di industri ini, kami merasa bangga dapat mengungkapkan aksi tidak bermoral dari para penjahat siber yang  memanfaatkan teknik-teknik yang menghancurkan,” kata Juan Guerrero, senior security researcher di Kaspersky Lab melalui keterangan resminya, Jumat (26/2).

Hal yang tak jauh berbeda diutarakan Jaime Blasco, chief scientist, AlienVault. Menurutnya, para pelaku kejahatan ini memiliki keterampilan dan tekad yang diperlukan untuk melakukan aksi spionase siber dengan tujuan mencuri data atau menyebabkan kerusakan. “Ketika hal tersebut digabungkan dengan penggunaan teknik disinformasi dan penipuan, mereka berhasil melakukanbeberapa aksi kejahatan siber dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

Ia menambahkan, operasi Blockbuster adalah contoh nyata bahwa dengan berbagi informasi dan kolaborasi antar perusahaan dapat menaikkan standar kesulitan menjadi lebih tinggi sehingga mencegah para penjahat siber ini terus melanjutkan aksinya.

Misi Berlanjut, Shopee Kembali Gratiskan Ongkos Kirim

0

Telko.id – Setelah beberapa waktu lalu sempat menggratiskan ongkos kirim ke seluruh Indonesia, sebagai apresiasi bagi penjual dan pembelinya, Shopee baru-baru ini kembali menggelar promo serupa. Keputusan ini diambil sebagai kelanjutan misi perusahaan untuk menjadi marketplace terbaik bagi para Usaha Kecil & Menengah (UKM) di Indonesia, terutama yang berada di pelosok.

Melalui keterangan resminya, Jumat (26/2), Rainal Lu, Regional Managing Director Shopee mengurai rasa senangnya karena telah menjadi bagian penting dalam pengembangan dan kemajuan Usaha Kecil & Menengah (UKM) di tanah air. Dalam hal ini melalui program Gratis Ongkos Kirim selama bulan Februari, dimana para UKM dari berbagai daerah Indonesia yang berjualan di Shopee merasakan dampak positif yang signifikan dalam bisnis mereka.

“Ada lebih dari 57.9 juta UKM di Indonesia dan tentu saja, kami ingin dan akan terus mendukung dan menjadi bagian dari milestone para UKM ini,” katanya.

Rainal juga menjelaskan bahwa sejak peluncuran program ini, Shopee mengalami pertumbuhan yang semakin kuat, Di bulan Februari saja, pertumbuhan jumlah pengguna Shopee sangat pesat, baik penjual maupun pembeli. Di banyak daerah di Indonesia, Shopee mencatat pertumbuhan jumlah pengguna sebesar dua kali lipat. Yogyakarta misalnya, mengalami kenaikan jumlah pengguna sebanyak 308%, sementara berbagai daerah di luar Pulau Jawa, rata-rata pertumbuhannya lebih dari dua kali lipat.

Pertumbuhan tidak hanya dialami oleh Shopee, namun juga dirasakan oleh penjual. Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, penjual-penjual di Shopee yang ikut serta dalam program ini rata-rata mendapatkan pelanggan baru yang berasal lebih dari 170 Kabupaten di seluruh Indonesia dan juga peningkatan transaksi penjualan sebanyak 60%. Jumlah ini ditargetkan akan terus bertambah dengan diperpanjangnya program Gratis Ongkos Kirim hingga batas waktu yang belum ditentukan, sehingga lebih banyak lagi pengguna Shopee, baik penjual maupun pembeli, yang bisa terus merasakan manfaat ini.

“Buat kami para penjual, program Gratis Ongkos Kirim dari Shopee memang membawa berkah banget. Di bulan Februari ini, saya dapat banyak sekali pembeli baru dari kira-kira 70 Kabupaten di Indonesia dan hasilnya penjualan saya naik sebanyak 10 kali lipat. Banyak calon pembeli dari tempat jauh seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua yang biasanya jarang dan ragu-ragu untuk membeli. Kini sebaliknya, justru saya memiliki banyak pelanggan di daerah-daerah tersebut. Ini juga pengalaman unik bagi saya, karena saya bisa berinteraksi dengan banyak pembeli baru dari berbagai daerah.” ungkap Jordan Atik Bawazier, pemilik toko @PakaianOnline di Shopee.

Hal senada diungkapkan JNE, sebagai mitra logistik Shopee dalam program Gratis Ongkos Kirim. Menurut JNE, program ini mendorong pertumbuhan jumlah transaksi antara penjual dan pembeli di Shopee dan hal tersebut sejalan dengan keinginan JNE untuk turut berperan aktif mendukung e-commerce di Indonesia.

“JNE sebagai pemegang peranan penting dalam proses e-commerce, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga pelanggan dapat semakin nyaman dalam melakukan aktifitas jual-beli online di Shopee. Kami siap untuk terus mendukung Shopee dalam pengiriman-pengiriman berikutnya ke seluruh penjuru nusantara,” ungkap Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE.

Dengan diperpanjangnya program Gratis Ongkir ini, Shopee berharap semakin banyak UKM yang memutuskan untuk mulai berjualan online terutama karena Shopee menawarkan platform untuk berjualan online yang begitu mudah, aman dan praktis, dan juga keuntungan tambahan dari program Gratis Ongkos Kirim ke seluruh Indonesia.