spot_img

XL Upgrade Jaringan Dengan Teknologi Modulasi 4×4 MIMO 256 QAM

Telko.id –  Trafik data seluler setiap waktu nya terus meningkat. Demikian juga dengan XL Axiata Tbk. Di mana setiap bulan penggunaan data rata-rata per pelanggan mencapai 6,5 GB. Itu sebabnya XL menerapkan strategi untuk maksimalkan frekuensi yang dimiliki dengan mengimplentasikan teknologi modulasi 4×4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation).

Langkah ini harus dilakukan XL karena perusahaan ini kini fokus untuk menjadi perusahaan digital. Jadi salah satu cara yang diambil adalah dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan 4G LTE yang kini semakin menjadi kebutuhan pelanggan untuk beraktifitas di dunia digital baik bagi kebutuhan personal maupun bisnis.

Teknologi modulasi 4×4 MIMO 256 QAM ini mampu meningkatkan kecepatan sebesar 30% diatas teknologi 4×4 MIMO yang sudah diterapkan oleh XL saat ini, hingga mencapai lebih dari 360 Mbps untuk lebar spektrum yang sama (20 MHz). XL meyakini, pada layanan 4G LTE, kecepatan dan kapasitas yang semakin baik akan memperbesar manfaat positif layanan 4G bagi pelanggan dan masyarakat penggunanya.

“Secara teknis, keunggulan yang bisa XL dapatkan dari penerapan teknologi modulasi 256 QAM adalah peningkatan kapasitas dan peningkatan kecepatan downlink akses hingga 30% dengan lebar pita spektrum yang sama,” ujar Rahmadi Mulyohartono, VP LTE XL menjelaskan.

Rahmadi menambahkan bahwa “Perbedaan teknologi ini dengan MIMO 4×4 (4T4R) yang telah diimplementasikan oleh XL sebelumnya adalah pada teknologi modulasi yang digunakan yaitu 256 QAM. Dengan hanya melakukan software upgrade, teknologi modulasi 256 QAM ini memberikan peningkatan kecepatan throughput data hingga 30% diatas dari teknologi sebelumnya yang berbasis modulasi 64 QAM,”.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari teknologi yang diterapkan oleh XL ini adalah pelanggan yang sudah menggunakan device yang support. Sayangnya, device atau smartphone yang support teknologi modulasi 4×4 MIMO 256 QAM belum banyak. “Masih smartphone dengan kelas premium saja yang support. Namun, hal itu lebih disebabkan karena pilihan produsen smartphone karena dari chipset Qualcomm sudah dukung teknologi tersebut sebenarnya,” ujar Shannedy Ong, Country Manager Qualcomm Indonesia.

Walau demikian, pelanggan yang belum menggunakan device yang support tersebut, tetap akan merasakan manfaatnya. Setidaknya akan memperoleh peningkatan kecepatan download sampai 65%, untuk downlink mencapai 40%, lalu daya tangkap indoor lebih kuat 8 kali karena ada penguatan hingga 3dB.

Penerapan teknologi modulasi 256 QAM ini kini sedang dalam persiapan, dan akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan akan kapasitas dan kualitas layanan ke pelanggan. Dalam persiapan ini, XL didukung pula oleh Ericsson dan Huawei. Untuk Ericsson di wilayah Jabodetabek, DIY dan Jawa Tengah. Sedangakan Huawei kebagian wilayah Bandung, Surabaya dan Denpasar.

XL 4×4 MIMO 256 QAM

Sejak komersialisasi layanan 4G LTE, XL juga telah melakukan persiapan teknis untuk penerapan sejumlah teknologi guna meningkatkan kualitas layanan XL 4G LTE mulai dari Carrier Aggregation(CA), License Assisted Access (LAA), dan kini Modulasi LTE 256 QAM. XL sudah mulai menerapkan teknologi 4.5G 4×4 MIMO di Jabodetabek, Bandung, DIY dan Jawa Tengah, Surabaya, dan Denpasar.

Dengan penerapan sejumlah teknologi mutakhir untuk meningkatkan kualitas layanan 4G tersebut ternyata memberikan hasil. Antara lain berupa terus meningkatnya trafik layanan 4G oleh pelanggan XL sepanjang 2016. Jika pada Juni 2016 trafik sekitar 107 TB per hari, maka terus meningkat menjadi 605 TB di Desember 2016.  Peningkatan trafik 4G ini seiring dengan semakin baiknya kualitas layanan berupa koneksi yang semakin cepat dan stabil, serta terus meningkatnya jumlah pelanggan yang beralih ke 4G.

Hal tersebut yang membuat XL yakin bahwa langkah yang diambilnya untuk upgrade jaringan ini sudah sesuai. Namun, XL tidak akan serta merta mengimplementasikan di semua wilayah. Ada prioritas yang ditentukan berdasarkan trend data.

Sementara itu, mengenai rencana pengembangan layanan XL 4G LTE di tahun 2017, XL akan terus membawa layanan ini ke lebih banyak kota lagi, termasuk kota-kota kecil dan di luar Jawa. Pengembangan layanan ini ke wilayah yang lebih luas dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan visi XL untuk menyediakan layanan internet cepat guna membantu masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Sudah terbukti, berbagai kegiatan ekonomi dan sosial bisa ditingkatkan kinerja dan produktivitasnya melalui layanan internet cepat. Selain itu, penetrasi layanan internet cepat juga untuk mendukung percepatan pembangunan oleh pemerintah, sesuai dengan visi Indonesia Broadband Plan (IBP).

Seiring dengan perluasan layanan 4G tahun ini, maka XL juga berharap akan bisa meningkatkan jumlah pelanggan sepanjang tahun 2017 ini. Untuk itu, selain menyediakan jaringan yang berkualitas dan perluasan wilayah layanan, XL juga akan melanjutkan berbagai program yang terkait dengan penyediaan ekosistem 4G yang lebih lengkap dan menarik bagi pelanggan dan masyarakat. Selain itu, layanan mobile broadband atau MBB juga akan terus digiatkan. (Icha)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles