spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 145

Gunakan Fitur Secure Folder Untuk Pastikan Keamanan Datamu

Telko.id – Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia semakin tinggi tahun ini, mencapai 221 juta lebih atau sekitar 79,5 persen dari populasi nasional. Dampaknya, ledakan data tak bisa dihindari.

Masalahnya, pertumbuhan data tak sejalan dengan tingkat keamanannya. Menurut National Cyber Security Index (NCSI), skor Indonesia berada di angka 63,64 poin dari skala 100, masih berada di bawah Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Untuk melindungi data penggunanya dari peretasan dan ancaman keamanan siber lainnya, Samsung menghadirkan beberapa solusi, salah satunya dengan Secure Folder di smartphone Galaxy A55 5G terbaru.

Secure Folder adalah salah satu fitur keamanan yang didukung Knox Vault, platform keamanan berlapis untuk perangkat Galaxy yang mampu melindungi data sensitif pengguna.

Baca juga : Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Kehadiran fitur ini makin melengkapi keunggulan Galaxy A55 5G yang memiliki performa gesit, layar Super AMOLED 6,6 inci dengan refresh rate 120Hz, kamera canggih, dan baterai 5.000mAh yang awet seharian.

“Dalam meningkatkan keamanan data para penggunanya, Samsung kembali menghadirkan inovasi awesome melalui Samsung Knox Vault di Galaxy A55 5G. Salah satu fitur yang sangat berguna bagi pengguna adalah Secure Folder yang tangguh mendukung perlindungan data maupun aplikasi penting pengguna dengan mudah, bantu pengguna bebas khawatir saat beraktivitas digital,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ruang Aman untuk Aplikasi, File dan Konten Pribadimu

Dengan konfigurasi tiga kamera yang canggih, Galaxy A55 5G memang menjadi pilihan ideal untuk kegiatan konten-konten yang seru. Namun, tidak semua konten ingin kita bagikan kepada semua orang.

Untungnya, fitur ini hadir sebagai solusi aman untuk menyimpan konten-konten pribadi. Fitur ini sendiri adalah ruang pribadi yang terenkripsi dengan memastikan data sensitif seperti file, aplikasi, dan informasi keuangan tetap terlindungi.

Dengan metode otentikasi seperti PIN, pola, atau password, hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses dan mengelola folder ini, sehingga memberikan keamanan maksimal terhadap data pribadi.

Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi penting, seperti aplikasi keuangan, e-commerce, bahkan aplikasi chatting dan gaming. Semua aktivitas yang dilakukan di dalam Secure Folder terpisah dari yang dilakukan di luar, yang berarti tingkat privasi yang diberikan menjadi lebih tinggi.

Bahkan jika kamu harus mengganti perangkat, fitur ini juga menawarkan fitur backup dan restore berbasis cloud, memastikan bahwa data pribadi kamu tetap aman dan dapat dipulihkan dengan mudah di perangkat baru.

Dengan fitur ini, informasi pribadi dan aplikasi penting kamu akan tetap terlindungi, bahkan dalam situasi terburuk seperti kehilangan atau pencurian perangkat.

Aman, Simpel dan Mudah Digunakan

Untuk aman tak mesti ribet, Samsung sudah merancang fitur ini agar mudah untuk di-setup menggunakan Samsung Account.

Berikut cara mudah dan cepat untuk menggunakan fitur ini di Galaxy A55 5G:

  • Cari melalui Homescreen kamu “Secure Folder” dan pilih opsi “Secure Folder” untuk diarahkan langsung ke Pengaturan.
  • Pilih opsi “Secure Folder” dan masuk ke akun Samsung Account.
  • Pilih opsi metode kunci yang akan digunakan untuk membuka kunci Secure Folder.
  • Secure Folder pun akan muncul di Homescreen dan siap digunakan.

Aktifkan fitur Secure Folder untuk melindungi datamu

Kamu juga bisa menambah aplikasi ke fitur kamu ini, berikut caranya:

  • Buka Secure Folderlalu pilihikon “+”.
  • Pilih aplikasi yang ingin ditambahkan dari daftar aplikasi yang tersedia untuk dimasukkan ke Secure Folder.
  • Kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang kamu inginkan langsung di Secure Folder melalui Play Store atau Galaxy Store.

Masukkan aplikasi atau data berhargamu untuk mendapatkan perlindungan lebih oleh Secure Folder

Selain aplikasi, kamu juga bisa memasukkan data-data kamu seperti foto, video, audio, dan file ke Secure Folder sesuai keinginan kamu, dengan cara: 

  • Buka Secure Folder lalu klik pada ikon 3 titik.
  • Pilih opsi “Add files” lalu pilih jenis file yang kamu inginkan.
  • Pilih copy atau move file yang kamu pilih.

Pindahkan dan amankan file berhargamu di Secure Folder

Begitulah cara Galaxy A55 5G melindungi kamu dari bahaya dan ancaman kejahatan siber. Saatnya menikmati keamanan dan kenyamanan yang awesome saat mengeksplorasi gaya hidup digital dengan Galaxy A55 5G yang sudah tersedia di berbagai outlet resmi online dan offline dengan dengan pilihan warna menarik seperti Awesome Ice Blue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy mulai dari harga Rp. 5.999.000.

Jangan sampai ketinggalan promo spesial senilai hingga Rp 1.246.000 yang tersedia hingga 8 Mei 2024, berupa free storage upgrade, bonus kuota Axis sebesar 125GB yang akan menemani keseharian kamu selama 6 bulan penuh, ditambah lagi clear case gratis untuk melindungi Galaxy A55 5G kamu! (Icha)

 

 

Smartfren Berbagi Laptop, Wujukan Pemerataan Literasi Digital

Telko.id – Smartfren mewujudkan komitmennya untuk mendukung pemerataan literasi digital di masyarakat dengan mendonasikan laptop ke sekolah-sekolah masyarakat marginal di sejumlah kota di Indonesia.

Tahap pertama penyerahan tersebut berupa 3 unit laptop, Router Sahabat (Rosa) lengkap dengan paket datanya, dan sejumlah buku pelajaran serta cerita, yang diberikan kepada Sekolah Masjid Terminal (MASTER) di Depok, pada Kamis, 2 Mei 2024.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Smartfren kepada pendidikan anak-anak di sini. Kami saling kenal 12 tahun lalu, dan hingga sekarang Smartfren terus memberikan dukungannya. Kami yakin laptop, internet dan buku ini sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan belajar anak-anak kami,” kata Nurrohim, Pendiri & Kepala Sekolah MASTER.

“Laptop dan akses internet merupakan pondasi utama dari digitalisasi, sekaligus sarana penting untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Harapan kami melalui donasi laptop dan modem serta paket data Smartfren, ada lebih banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan internet untuk berkarya, belajar, dan berbagai kebaikan,” ujar Dani Akhyar, Head of Corporate Communications & CSR Smartfren.

Baca juga : Smartfren Home, Tawarkan Wireles Router Buat WiFi di Rumah

Selanjutnya penyerahan donasi laptop juga akan dilakukan di Sekolah Anak Jalanan (SAJA) di Penjaringan, Jakarta Utara; Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat, Tangerang Selatan, Banten; Rumah Literasi di bawah Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB) Bandung Barat, serta PKMB Mandiri Sejahtera di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain donasi berupa laptop dan paket data, Smartfren juga memberikan berbagai buku pelajaran untuk tingkat SD, SMP dan SMA, serta berbagai koleksi buku cerita khusus untuk anak-anak.

Dengan donasi berupa buku tersebut, diharapkan mereka yang mengikuti Sekolah Masyarakat Marginal juga dapat lebih mudah belajar dan membangun pondasi wawasan keilmuan dan literasi masyarakat.

“Kegiatan ini lahir dari Panca Garda Smartfren, yakni Garda Stabilitas dan Garda Pertumbuhan yang merupakan filosofi kami dalam mendorong pemanfaatan internet positif sekaligus menyokong pertumbuhan digitalisasi tanah air. Kami berharap dapat terus konsisten memberikan berbagai inisiatif yang memberikan manfaat positif untuk masyarakat,” imbuh Dani Akhyar.

Selama ini, Smartfren selalu konsisten berperan aktif dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat di berbagai wilayah operasionalnya.

Beberapa diantaranya pada April 2024 lalu, Smartfren menyelenggarakan workshop pembuatan konten dan pemanfaatan teknologi digital untuk perempuan di Hari Kartini yang lalu; pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Malang, Kediri, Grobogan dan Bandung Barat; serta pelatihan pemanfaatan internet positif serta pembuatan konten di Sumenep. (Icha)

Guraru Tambah 4 Fitur Baru, Cara Acer Dukung Pendidikan di Indonesia

Telko.id – Dalam peringatan 25 tahun keberadaannya di Indonesia dan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, Acer for Education menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Acer kembali menegaskan perannya sebagai mitra teknologi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia melalui inisiatif terbarunya, Acer for Education.

Mereka memperkenalkan serangkaian produk, solusi, dan transformasi platform komunitas untuk para pendidik, dikenal sebagai Guraru.

Pada acara yang diadakan pada 2 Mei, Acer for Education menunjukkan tekadnya untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca juga : Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Dengan berbagai kegiatan seperti Jelajah Ilmu, Acer Smart School Awards (ASSA), Acer Edu Summit, dan Acer Edu Tech, Acer berupaya memperkuat perannya sebagai katalisator dalam transformasi digital di sektor pendidikan.

Guraru merupakan langkah terbaru Acer dalam mendukung para pendidik di era digital ini. Awalnya hanya sebagai wadah komunitas, Guraru kini menjadi platform yang menyediakan solusi pendidikan, membantu pendidik mengembangkan kapasitas dan daya saing melalui teknologi.

“Selama 25 tahun berada di Indonesia, Acer telah aktif dalam dunia pendidikan. Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi untuk masa depan,” kata Riko Gunawan, Head of Commercial Products & Solutions, Acer Indonesia, Kamis, 2 Mei di Jakarta.

Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia, menambahkan bahwa jumlah anggota aktif Guraru telah mencapai 20.000 pendidik dari seluruh Indonesia, menunjukkan adopsi yang signifikan terhadap platform tersebut.

Keanggotaan pada platform Guraru memberikan sejumlah keuntungan bagi para pendidik, seperti akses informasi yang lebih luas, pelatihan dan pengembangan profesional, serta kesempatan untuk memperoleh produk Acer dengan harga eksklusif.

Manfaat utama yang ditawarkan oleh Guraru antara lain:

  1. Penawaran Eksklusif
    Akses khusus dengan penawaran dan harga khusus untuk produk Acer serta manfaat lainnya.
  2. Pengembangan Profesional
    Akses ke lokakarya, webinar, & modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar.
  3. Berita Terbaru
    Update reguler tentang tren pendidikan, inovasi terbaru, & praktik terbaik.
  4. Dukungan Personal
    Layanan khusus untuk anggota Guraru.

Acer juga akan menyelenggarakan rangkaian seminar Acer Edu Tech di Malang dan Palembang serta kompetisi online Digital Media Learning bersama PGRI sebagai bagian dari peringatan Bulan Pendidikan. Selain itu, Acer memberikan penawaran eksklusif bagi para guru selama Bulan Pendidikan di situs Guraru. (Z-6)

Keuntungan Samsung Melonjak 10x Dari Permintaan Chip di Tengah Booming AI

Telko.id –  keuntungan Samsung Electronics mengalami lonjakan dari laba operasional yang signifikan pada kuartal pertama, menunjukkan pemulihan yang kuat dari kondisi yang sulit sebelumnya.

Laba operasional naik sebesar 933% dari tahun ke tahun, mencapai $4,8 miliar (6,6 triliun won Korea), didorong oleh meningkatnya permintaan untuk chip memori dan produk AI.

Sebelumnya, Samsung mengalami penurunan laba selama enam kuartal berturut-turut dikarenakan penurunan harga chip memori pasca-pandemi. Namun, harga chip telah pulih sejak permintaan untuk chip Memori Bandwidth Tinggi (HBM) meningkat, terutama untuk aplikasi AI yang kompleks.

Menanggapi permintaan yang terus meningkat, Samsung berencana untuk terus meningkatkan pasokan chip HBM. Hal ini diumumkan sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan untuk AI generatif, sebuah bidang yang semakin berkembang.

Baca juga : Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Dukungan dari Industri AI

Samsung juga mendapat dukungan dari industri AI, terutama dari perusahaan seperti Nvidia. CEO Nvidia, Jensen Huang, mengumumkan bahwa Nvidia sedang mengkualifikasi chip HBM baru dari Samsung untuk digunakan dalam unit pemrosesan grafis mereka. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan untuk chip HBM dan produk AI yang berbasis chip semakin meningkat.

Meskipun menghadapi tantangan seperti depresiasi mata uang won Korea dan kenaikan harga minyak, Samsung tetap optimis. Perusahaan telah memulai “mode darurat,” yang mengharuskan eksekutifnya bekerja lebih keras untuk mengatasi tantangan ini.

Outlook Masa Depan

Samsung optimis tentang outlook bisnisnya di paruh kedua tahun 2024. Permintaan yang kuat untuk AI generatif diperkirakan akan tetap stabil, meskipun ada volatilitas dari tren makroekonomi dan masalah geopolitik.

“Pada paruh kedua tahun 2024, kondisi bisnis diperkirakan akan tetap positif dengan permintaan—terutama seputar AI generatif—yang tetap kuat, meskipun volatilitas terus berlanjut terkait tren makroekonomi dan masalah geopolitik,” kata Samsung dalam laporan pendapatannya pada hari Selasa.

Bulan lalu, CEO Nvidia Jensen Huang mengatakan perusahaannya sedang dalam proses kualifikasi chip HBM baru Samsung untuk unit pemrosesan grafis Nvidia—yang menyebabkan kenaikan saham Samsung sebesar 6% segera setelah pengumuman tersebut.

Analis CLSA Sanjeev Rana baru-baru ini mencatat bahwa harga jual rata-rata chip memori diperkirakan akan “terus meningkat pada tahun 2024,” didorong oleh “peningkatan pasokan permintaan memori, penurunan inventaris, permintaan yang kuat dari aplikasi AI, dan peningkatan produksi HBM. ”

Samsung telah memulai tahun dengan kuat, didorong oleh meningkatnya permintaan untuk chip memori dan produk AI. Dukungan dari industri AI dan langkah-langkah strategis yang diambil oleh perusahaan telah membantu Samsung mengatasi tantangan dan memperkuat posisinya di pasar chip dan AI.

Apakah taruhan baru Samsung pada ponsel pintar dan chip berkemampuan AI akan memperkuat kepemimpinannya di kedua pasar tersebut. Samsung telah merebut kembali posisinya sebagai pembuat ponsel pintar terbesar di Q1—setelah dicopot oleh Apple pada tahun 2023—didorong oleh seri Galaxy S24 yang baru diluncurkan pada bulan Januari.

Seri andalan, yang ditandai dengan fitur AI generatifnya, mendapat sambutan pasar yang kuat; penjualan global S24 tumbuh 8% dari tahun ke tahun dibandingkan seri Galaxy S23 tahun lalu selama tiga minggu pertama ketersediaannya, menurut Counterpoint Research.

Namun, “masih terlalu dini untuk mengharapkan fitur AI mendorong siklus penggantian yang kuat,” kata Mehdi Hosseini, analis di Susquehanna, karena pabrikan Tiongkok juga menjadi “lebih inovatif dan agresif” dengan model ponsel pintar 5G baru.

Perusahaan ini juga terlambat dalam permainan chip memori AI, dimana pesaingnya dari Korea Selatan SK Hynix telah memimpin sebagai pemasok utama ke Nvidia. Samsung mengatakan pihaknya berencana memproduksi massal chip HBM generasi berikutnya pada paruh pertama tahun 2024. (Icha)

Kinerja Bank BTPN Q1 2024, Penyaluran Kredit Bertumbuh 24% YoY

Telko.id – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Q1 2024 dalam upayanya mewujudkan komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan layanan keuangan yang komprehensif, inovatif, dan berfokus pada keberlanjutan.

Bank BTPN mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada akhir Maret 2024 dari Rp149,90 triliun pada periode yang sama tahun lalu.  

Peningkatan kredit termasuk pembiayaan dari PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF)— OTO Group, seiring dengan selesainya aksi korporasi Bank BTPN pada akhir Maret 2024 atas akuisisi dua perusahaan pembiayaan tersebut, yang kini menjadi bagian dari Bank BTPN.

Bank BTPN secara organik membukukan peningkatan penyaluran kredit di luar OTO Group sebesar 8,5% yoy, yang terutama didorong oleh segmen korporasi dan komersial (9%), segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (18%), diikuti oleh segmen Jenius (154%) serta segmen Joint Finance (607%). 

Baca juga : Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Aset Bank BTPN tumbuh sebesar 18% yoy, dari Rp204,00 triliun menjadi Rp239,84 triliun pada akhir Maret 2024.

“Bank BTPN akan terus berupaya untuk tidak hanya tumbuh secara finansial, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan publik yang relevan untuk masyarakat dan nasabah kami,” kata Henoch Munandar, Direktur Utama Bank BTPN.

Selain peningkatan kredit, Bank BTPN juga berhasil menjaga kualitas kredit tetap baik. Rasio gross non-performing loan (NPL) Bank BTPN beradadi level1,83% per akhir Maret 2024, lebih rendah dibanding rata-rata industri yang tercatat sebesar 2,4% pada akhir Februari 2024.

Di tengah kondisi suku bunga yang masih tinggi, pendapatan bunga bersih Bank BTPN naik sebesar 3% yoymenjadi Rp3,02 triliun dari Rp2,94 triliun. Kenaikan pendapatan bunga bersih yang dikontribusikan oleh pendapatan bunga dari kredit mendorong kenaikan pendapatan operasional (konsolidasi) sebesar 1% yoy, serta Net Interest Margin (NIM) yang terjaga di level 6,02%.

Saldo Current Account & Saving Account (CASA) Bank BTPN tercatat meningkat sebesar 25% yoy dari Rp39,57 triliun menjadi Rp49,27 triliun pada akhir Maret 2024. Rasio CASA juga mengalami peningkatan dari 34,0% menjadi 41,0%.

Sementara itu, total deposito mengalami penurunan sebesar 8% yoy menjadi Rp71,00 triliun. Dengan demikian total dana pihak ketiga (DPK) Bank BTPN meningkat sebesar 3% yoy dari Rp116,37 triliun pada akhir Maret 2023 menjadi Rp120,27 triliun akhir Maret 2024.

Bank BTPN dapat menjaga rasio likuiditas dan pendanaan di tingkat yang sehat, dengan liquidity coverage ratio (LCR) mencapai 233,6% dan net stable funding ratio (NSFR) 115,7% per 31 Maret 2024. Perseroan mencatat rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) yang kuat di angka 27,8%.

Laba bersih setelah pajak Bank BTPN (konsolidasi) yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat Rp544 miliar pada akhir Maret 2024, lebih rendah 32% yoy.

Penurunan ini disebabkan oleh kenaikan biaya sejalan dengan pertumbuhan volume usaha dan inisiatif-inisiatif yang sedang dikerjakan oleh Bank, lebih tingginya pencadangan kredit seiring dengan pertumbuhan jumlah kredit yang diberikan serta keputusan perseroan untuk menambah pencadangan kredit sebagai bentuk antisipasi berakhirnya POJK relaksasi kredit restrukturisasi pada 31 Maret 2024.

Sementara itu, kinerja Bank BTPN Q1 2024, untuk Jenius dari Bank BTPN berhasil mencatat pertumbuhan positif pada jumlah registered user sebesar 21% menjadi 5,5 juta dari 4,6 juta pada periode sebelumnya.

Total penyaluran kredit (Flexi Cash, Digital Micro, Kartu Kredit Jenius Visa, Paylater) menunjukkan peningkatan dari Rp1,2 triliun menjadi Rp2,8 triliun. Selain itu, dana pihak ketiga yang dikelola Jenius juga tumbuh sebesar 13% menjadi Rp26,7 triliun.

Pada Januari 2024, Jenius sebagai solusi life finance bagi masyarakat digital-savvy meluncurkan kampanye ‘Think Unthinkable’. Hal ini menegaskan semangat Jenius dalam menghadirkan lebih dari 43 inovasi dan fitur sejak diluncurkan pada 2016 yang membuat Jenius semakin relevan bagi kehidupan masyarakat digital savvy.

Perkuat Ekonomi

Dukungan bagi nasabah Bank BTPN melalui program Daya kembali menjadi salah satu faktor penting di balik kinerja positif perseroan pada Triwulan I-2024.

Program Daya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas nasabah di semua segmen melalui empat pilar utama, yaitu literasi keuangan, pengembangan kapasitas diri, peningkatan kapasitas usaha, dan kehidupan yang berkelanjutan.

Kinerja Bank BTPN Q1 2024 ini, jumlah penerima manfaat program ini menjangkau total 1,4 juta penerima manfaat, naik 40% yoy, melalui 2.765 aktivitas, naik 50% yoy.

“Bank BTPN akan terus mengedepankan solusi layanan keuangan berkelanjutan untuk semua segmen, yang didukung teknologi digital terdepan, seraya mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan di setiap langkah kami, ujar Henoch.

Inisiatif ini merupakan cerminan dari nilai-nilai inti yang BTPN pegang teguh dalam setiap aspek profesional perseroan, termasuk integritas, berfokus pada nasabah, proaktif dan inovatif, kecepatan dan kualitas, serta sinergi.

“Kami siap memberdayakan jutaan rakyat Indonesia untuk membangun hidup yang lebih berarti dan memberikan makna lebih bagi perekonomian bangsa,” tutup Henoch.

XL Axiata Perkenalkan Solusi Smart Manufacture, Apa Manfaatnya?

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) memperkenalkan Solusi Smart Manufacture dalam literasi solusi digital untuk mengakselerasi proses digitalisasi di industri manufaktur.

Solusi Smart manufacture ini memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dan menawarkan manfaat berupa peningkatan efisiensi operasional, peningkatan nilai tambah, dan peningkatan kualitas produk. Tentu saja, penerapan solusi ini akan meningkatkan kinerja perusahaan dan daya saing suatu perusahaan manufaktur.

Sepanjang tahun 2023 kemarin industri manufaktur mencatatkan kinerja yang sangat baik dan berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Bahkan Indonesia masuk 10 besar penyumbang produk manufaktur dunia, sekaligus satu-satunya negara ASEAN yang masuk daftar tersebut.

”Guna mendukung peningkatan kinerja industri manufaktur Indonesia, XLABS mendorong penerapan digitalisasi di kalangan teman-teman sektor manufaktur melalui produk solusi Smart Manufacture ini,” kata Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata.

Baca juga : Kinerja XL Axiata Q1 2024 Melejit, Laba Bersih Naik 168%

XL Axiata Smart Manufacture merupakan solusi IoT untuk mendigitalisasikan aset seperti mesin, sensor, PLC, robot, dan motor dari industri manufaktur, dimana data-data yang dihasilkan dapat ditangkap, dikirim melalui jaringan XL Axiata, divisualisasikan, dan dianalisis lebih lanjut melalui suatu dashboard.

Menurut Feby Sallyanto, dulu perangkat keras yang digunakan di mesin industri masih terikat dengan perangkat lunaknya sehingga sulit untuk didigitalisasi.

Saat ini, dengan adanya protokol yang terstandarisasi pada hampir semua produsen perangkat keras, serta solusi XL Axiata Smart Manufacture yang dapat menangkap dan mengolah data, XLABS dapat membantu digitalisasi di sektor manufaktur lebih cepat, aman, dan terintegrasi.

Salah satu perusahaan manufaktur yang mengimplementasikan solusi XL Axiata Smart Manufacture adalah PT Kobelindo Compressors. Kobelindo melakukan transformasi digital dengan memanfaatkan Teknologi IoT untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data kinerja kompresor.

Data ini kemudian akan disajikan untuk memberikan masukan dan pengingat kepada user perihal detail kinerja mesin mereka secara real-time. Kumpulan data-data yang disimpan di cloud XL Axiata akan dianalisa untuk memberikan rencana pemeliharaan mesin di waktu yang tepat sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Solusi yang ditawarkan XL Axiata ini terus berkembang untuk kebutuhan pelanggan merupakan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Kobelindo sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Kobelindo merupakan distributor tunggal kompresor udara merek Kobelco di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam kompresor udara, termasuk kompresor ulir, kompresor sekrup, dan kompresor piston. Kobelindo juga menawarkan layanan purna jual, seperti pemeliharaan, perbaikan, dan suku cadang. Perusahaan ini melayani berbagai macam industri, termasuk manufaktur, pertambangan, dan energi.

Dengan penerapan XL Axiata Smart Manufacture, Kobelindo memperoleh manfaat berupa kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada kompresor secara lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mencegah downtime dan meningkatkan produktivitas.

Selain itu, perusahaan bisa mengoptimalkan penggunaan energi dan bahan baku, sehingga dapat menghemat biaya produksi. Kobelindo juga mampu meningkatkan kualitas produk dan relasi dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. (Icha)

Blibli Pertama kali Hadirkan Samsung Experience Lounge

Telko.id PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’ atau ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia melalui anak usahanya, PT Global Teknologi Niaga (GTNi), meresmikan Samsung Experience Lounge pertama di indonesia dengan menggelar Grand Opening di Pondok Indah Golf, Jakarta.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang semakin terintegrasi dan seamless bagi pelanggan.

Samsung Experience Lounge memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman premium menggunakan gadget dan perangkat rumah tangga terdepan berbasis Artificial Intelligence (AI) dari Samsung melalui showcase smart home yang komprehensif.

Pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai inspirasi ruangan seperti ruang keluarga, dapur, area kerja, dan laundry room untuk langsung merasakan kemudahan penggunaan Smart TV dan perangkat smart home seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan air purifier yang terhubung secara menyeluruh.

Baca juga : Samsung Experience Lounge, Ruang Pamer Serba AI Serba Pintar

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan rangkaian smartphone dan tablet premium yang dilengkapi dengan fitur Galaxy AI serta produk wearables.

Untuk memberikan experience yang lebih solid bagi pengunjung, Samsung Experience Lounge didukung sepenuhnya oleh ekosistem omnichannel Blibli yang lengkap dan terintegrasi.

Blibli tidak hanya menjamin pengalaman berbelanja langsung yang mulus, tetapi juga memastikan kemudahan akses dan pembelian produk Samsung secara online melalui www.samsung.com.

Pelanggan dapat memanfaatkan layanan Blibli InStore di Samsung Experience Lounge, Pondok Indah Golf untuk mendapatkan perangkat Samsung terbaru, mulai dari smartphone, tablet, hingga smartwatch.

Selain itu, mereka juga dapat menggunakan fitur Click & Collect untuk mengambil smartphone, tablet, dan smartwatch Samsung yang telah dibeli melalui platform Blibli langsung di Samsung Experience Lounge, Pondok Indah Golf.

“Blibli berkomitmen untuk terus menyajikan solusi omnichannel yang memberikan pengalaman belanja terbaik di semua touchpoint, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup pelanggan dengan lebih optimal, termasuk dalam mendapatkan gadget dan smart home appliances terkini, seperti yang kami coba wujudkan melalui kolaborasi berkelanjutan dengan Samsung,” ujar Wisnu Iskandar, CEO PT Global Teknologi Niaga.

“Toko ini mengubah definisi kehidupan modern, dengan mulus mengubah hunian menjadi rumah pintar. Ragam produk terbaik dilengkapi dengan ekosistem yang komprehensif. Setiap orang yang datang ke sini akan merasa seperti taman bermain di mana Anda membangun impian, menemukan hunian idaman, dan merancangnya sesuai gaya hidup Anda,” kata Harry Lee, Presiden Samsung Electronics Indonesia.

Kemitraan jangka panjang antara Blibli dan Samsung bertujuan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan.

Dengan hadirnya Samsung Experience Lounge di Pondok Indah Golf, menegaskan upaya Blibli dan Samsung dalam menciptakan ekosistem retail yang lebih holistik guna memperkuat kedekatan merek dengan konsumen.

Lebih lanjut, selama periode grand opening, pelanggan juga berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik yakni cashback hingga 2 juta rupiah untuk pembelian produk di Samsung Experience Lounge, Pondok Indah Golf. (Icha)

Ini Cara Samsung Knox Lindungi TV Samsung dari Kejahatan Siber

Telko.id – Pada era digital seperti sekarang ini, TV pun terhubung dengan internet, wajar jika kejahatan siber pun mengincar keamanan informasi pribadi pengguna smart TV.

Pelaku kejahatan siber akan memanfaatkan segala celah yang ada di smart TV untuk melancarkan tindak kejahatannya.

Seperti menambahkan akun ‘pengguna baru’ yang tak sah ke dalam perangkat TV, memasukkan kode peretas, mengambil alih akun berlangganan layanan streaming milik pengguna, sampai mengakses data pribadi pengguna, termasuk akun email dan informasi keuangan.

Seperti kasus yang diduga sebuah sindikat kejahatan siber telah menanamkan DDoS botnet di jutaan smart TV dan set-top box dan menyiarkan konten-konten kekerasan atau pornografi dan video AI untuk tujuan propaganda.

Baca juga : Samsung Knox, Mampu Lindungi Data Pribadi Anda, Ini Cara Kerjanya!

Untuk itulah Samsung menanamkan Samsung Knox di jajaran TV Samsung untuk menjamin kenyamanan dan keamanan keluarga dalam menikmati hiburan dan konten-konten favorit mereka di rumah.

“Bukan hanya memberikan pengalaman hiburan yang paling inovatif, Samsung juga berkomitmen terhadap kenyamanan konsumen salah satunya dengan terus mengoptimalkan Samsung Knox di TV Samsung,” kata Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

Dengan pengintegrasian solusi keamanan yang kuat ini, konsumen tidak hanya akan menikmati pengalaman menonton dengan kualitas gambar yang luar biasa, teknologi yang inovatif termasuk pengalaman AI yang makin canggih, tapi juga dapat mengamankan privasi dan informasi pribadi mereka dari incaran pelaku kejahatan siber yang semakin marak.

Inilah 3 cara Samsung Knox melindungi TV Samsung

Solusi Keamanan yang Sudah Tersertifikasi dan Teruji  

Pertama kali diperkenalkan di Mobile World Congress (MWC) tahun 2013, Samsung Knox dirancang untuk melindungi perangkat Samsung dan data pelanggan dari berbagai ancaman siber yang makin canggih. Seiring dengan berjalannya waktu, Samsung Knox telah berevolusi menjadi lebih dari sekadar platform keamanan bawaan bahkan mendapatkan penghargaan.

Samsung Knox sudah tersertifikasi dan teruji selama 10 tahun berturut-turut sebagai solusi perlindungan terhadap perangkat TV Samsung.

Samsung Knox telah mempertahankan kredibilitasnya sebagai solusi keamanan yang teruji dan terbaik selama 10 tahun berturut-turut. Salah satunya divalidasi oleh sertifikasi Common Criteria (CC), tolok ukur global untuk menilai integritas keamanan produk-produk IT.

Untuk tahun ini, sertifikasi CC memberikan sorotan salah satunya pada Tizen OS, sistem operasi yang digunakan di smart TV Samsung. Solusi keamanan ini secara aktif mendeteksi potensi ancaman peretasan secara real time, untuk mencegah Tizen OS menjadi korban penjahat siber.

Proteksi Multi-lapis Lindungi Data dan Privasi

Dengan memiliki Samsung Account, solusi keamanan ini akan menyajikan proteksi keamanan multi-lapis terhadap produk TV Samsung. Dengan perlindungan multi-lapis yang mencakup software dan hardware, pengguna akan terbebas dari kecemasan terhadap kebocoran informasi penting maupun data pribadi.

Samsung merancang hardware chip Knox yang tak bisa ditembus oleh serangan dari luar dan fungsi software tidak akan dapati dirusak saat melakukan perlindungan secara menyeluruh.

Data dan informasi penting pada Samsung Account milik pengguna, seperti informasi biometrik, kata sandi, PIN, dan aplikasi pembayaran, dienkripsi dan diproses dalam suatu lingkungan eksekusi tersendiri yang aman dan sepenuhnya terisolasi, sehingga sangat tangguh dalam mengantisipasi terjadinya kebocoran data.

Chip Samsung Knox dirancang tak bisa ditembus dan fungsi software tidak bisa dirusak saat terjadi serangan.

Apabila terdeteksi upaya untuk menembus sistem keamanan TV Samsung, Knox akan secara proaktif membangun mekanisme pertahanan diri dan memberikan notifikasi serta memperingatkan pengguna tentang aktivitas ilegal tersebut.

Knox juga akan mengenkripsi komunikasi antara TV dan perangkat lain, termasuk memverifikasi halaman web yang diakses oleh pengguna di layar Samsung TV mereka dan memblokir situs phishing.

Perlindungan Keamanan Nonstop

Kehadiran Samsung Knox di perangkat TV Samsung akan memberikan proteksi, mendeteksi dan merespons perilaku yang tak biasa secara real-time tiada henti. Ini mengindikasikan bahwa sistem keamanan akan selalu aktif untuk memberikan perlindungan penuh.

Samsung menyediakan pembaruan keamanan secara otomatis per 3 bulan selama 3 tahun sejak tanggal peluncuran produk. Dengan proteksi otomatis secara berkala seperti ini, pengguna akan bebas dari kerepotan melakukan pemindaian secara manual. Update berkala akan membuat pengguna terhindar dari berbagai ancaman keamanan terbaru.

Aktifkan pembaruan otomatis pada Samsung TV agar tidak repot lakukan update secara manual

Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis di TV Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Arahkan ke menu TV
  • Pilih Pengaturan > Dukungan > Pembaruan Perangkat Lunak
  • Pilih opsi Pembaruan Otomatis untuk menyalakannya
Samsung Knox di perangkat TV Samsung akan memproteksi, mendeteksi dan merespons perilaku yang tak biasa secara real-time tiada henti.

Teknologi verifikasi software pada Knox akan mencegah pemasangan pembaruan software yang belum terverifikasi.

Dan untuk mengantisipasi lanskap keamanan siber yang terus berubah, Samsung juga bekerja sama dengan komunitas riset keamanan di seluruh dunia untuk melengkapi dan menyempurnakan proteksi terhadap bug dan kerentanan keamanan, sehingga pengguna TV Samsung tetap aman dan terlindungi. (Icha)

Huawei Siap Luncurkan GoPaint, Kesempatan Berkreasi Tanpa Batas

Telko.id – Huawei akan segera merilis GoPaint, aplikasi melukis terbaru buatan Huawei untuk tablet. Kabar ini pun sudah muncul di akun resminya. “Kesempatan berkreasi tanpa batas dimulai dari sini!” demikian yang ditertera.

GoPaint ini sendiri telah melewati rangkaian pengembangan dari Huawei akan segera dirilis. Rencananya, aplikasi ini akan hadir pada 7 Mei secara global!

Menurut sumber terpercaya, aplikasi ini kaya akan fitur, dilengkapi banyak pilihan kuas, serta menawarkan kemudahan penggunaan bagi semua kalangan.

Huawei telah mengembangkan aplikasi ini berdasarkan insight akan kebutuhan masyarakat dalam berkreasi. Melalui konsep “Creation of Beauty” yang diusungnya, Huawei berharap inovasi teknologi pada aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna untuk menikmati serunya berkreasi.

Baca juga : Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk HarmonyOS

Sejak meluncurkan GoPaint Worldwide Creating Activity pada tahun 2023, Huawei mendapatkan sambutan positif dan diikuti oleh berbagai content creator global.

Mengacu pada hal tersebut, Huawei berusaha memberikan pengalaman kreasi artistik yang semakin menyenangkan ke lebih banyak pengguna dengan mengembangkan dan meluncurkan aplikasi GoPaint yang semakin profesional dan mudah digunakan, sekaligus memperkuat kemampuan tablet Huawei dalam mengembangkan kreativitas.

Berkat sepuluh tahun pengalaman dalam mengembangkan tablet, Huawei telah meluncurkan beragam kemampuan inovasi hardware terbaik, dan juga memiliki teknologi tablet yang revolusioner di industri.

Huawei sendiri telah meluncurkan sejumlah produk andalan yang mendapatkan respon positif dari konsumen, salah satunya Huawei MatePad Pro 13.12” dengan layar OLED fleksibel besar pertama di industri.

Hadir bersama dengan Huawei M-Pencil (generasi ke-3), tablet ini didukung oleh teknologi NearLink untuk memberikan 10.000+ level  tekanan yang meminimalisir latensi saat menulis atau menggambar.

Melalui integrasi aplikasi serta penggabungan hardware dan software yang inovatif, Huawei ingin menjadi pelopor dalam dunia kreasi melalui aneka fitur yang dihadirkan.

Dilengkapi ragam kecanggihan fitur melukis, aplikasi GoPaint diperkirakan akan dirilis di acara Huawei Innovative Product Launch pada 7 Mei 2024 mendatang secara global, dan akan Launching di Indonesia di bulan Juni 2024.

Dalam proses pengembangan aplikasi ini, Huawei telah bekerja sama dengan tim seni terkemuka untuk menghadirkan lebih banyak kuas dan beragam fitur alat melukis yang cerdas serta nyaman digunakan.

Aplikasi ini juga mudah digunakan oleh pemula, dengan rangkaian tutorial yang lengkap, sehingga pengguna secara bertahap bisa mengembangkan kemampuan melukis di tablet.

Apa saja kejutan menarik lainnya dari GoPaint? Nantikan lebih lanjut saat peluncurannya secara global pada 7 Mei 2024 dan bersiaplah untuk merasakan terobosan baru ini di Indonesia sekitar Juni 2024! (Icha)

Kinerja Indosat Q1 2024, Tumbuh Positif Di semua Lini Bisnis

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT), hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) tahun 2024.

Dengan pertumbuhan positif di semua lini bisnis dan komitmen berkelanjutan untuk mengoptimalkan biaya, Indosat membukukan pencapaian solid dalam kinerja finansial dan operasional.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp13.835 miliar, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).

Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, mencapai peningkatan 22,1% YoY menjadi Rp6.509 miliar. 

Baca juga : Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp1.295 miliar, naik 39,4% dari tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

“Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ia pun menyatakan akan terus meningkatkan jaringan nya untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

“Sementara itu, kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi kami secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas,” ungkap Vikram menambahkan.

Pada akhir kuartal pertama tahun 2024, jumlah pelanggan Indosat meningkat 2,3% YoY, mencapai 100,8 juta pelanggan. Pertumbuhan ini berkontribusi pada lonjakan trafik data sebesar 14,3% YoY menjadi 3.858 Petabytes (PB).

Peningkatan ini terjadi seiring dengan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Sepanjang kuartal pertama, jumlah BTS 4G Indosat meningkat sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu.

Hal ini memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman pelanggan yang lebih baik bagi basis pengguna yang berkembang pesat dan berkontribusi pada lonjakan ARPU (Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna) sebesar 13,9% YoY untuk pelanggan seluler, yang mencapai Rp37.500.

Pada Q1 2024, Indosat mengalami peningkatan Outlook dari “Stabil” menjadi “Positif” oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch, dan mempertahankan peringkat kredit AA+(idn). Perusahaan juga menerima peringkat idAAA (Stabil) dari Pefindo.

Dalam beberapa minggu terakhir, ISAT masuk ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ini mencerminkan kondisi keuangan yang solid dan prospek pertumbuhan yang sangat baik, dengan nilai transaksi tinggi dan frekuensi yang tinggi di pasar modal Indonesia.

Dua faktor penting yang akan jadi perhatian Indosat

Yang pertama adalah Indosat memperkuat posisinya sebagai pionir teknologi di Indonesia dengan mengumumkan kolaborasi revolusioner bersama NVIDIA, sebagai NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di dalam negeri.

Melalui kemitraan bersejarah ini, Indosat bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta, bertujuan untuk mendemokratisasi akses ke platform AI terdepan NVIDIA, memberdayakan perusahaan di seluruh region melalui pemanfaatan teknologi Graphic Processing Unit (GPU) terbaik.

Dengan memanfaatkan kekuatan transformasional AI dalam ekosistem cloud, Indosat siap mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan memberdayakan ekosistem digital yang semakin berkembang.

Kedua, Indosat juga memperkuat komitmennya terhadap keamanan siber melalui kolaborasi strategis dengan Cisco dan Mastercard. Kolaborasi dengan Cisco menegaskan kesiapan Indosat dalam menyediakan solusi keamanan siber terkini kepada perusahaan, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), untuk memperkuat ketahanan digital dan keamanan mereka.

Sementara itu, pembentukan Cybersecurity Center of Excellence (CoE) Indosat-Mastercard, menegaskan dedikasi perusahaan dalam mendorong pengembangan talenta, mendorong inovasi, serta menjadi kolaborator utama dalam upaya deteksi dan memitigasi keamanan siber.

Seiring dengan upaya Indosat dalam membentuk lanskap digital di Indonesia, perusahaan tetap kokoh dalam komitmennya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan, memajukan inovasi, dan menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan.

“Kolaborasi kami dengan NVIDIA menandai momen penting dalam perjalanan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang didukung oleh AI,” ujar Vikra.

Dan dengan tekad yang teguh dan visi yang sama untuk mencapai kesuksesan, Indosat pun siap membentuk lanskap teknologi di Indonesia.

“Mari kita terus berinovasi, berkolaborasi, dan menginspirasi untuk menghubungkan serta memberdayakan masyarakatIndonesia menuju bangsa digital,” tutup Vikram. (Icha)