Telko.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk telah lolos Uji Laik Operasi (ULO).
Hal ini disampaikan oleh Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Kementerian Kominfo Aju Widya Sari yang ditemui di sela-sela Halal Bihalal Apjatel di Jakarta, Senin (29/4/2024).
“Starlink sudah punya izin penyelenggara telekomunikasi itu sudah selesai semua. (ULO) sudah beres semua,” ujar Aju.
Dengan demikian, saat ini Starlink sudah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai bentuk resmi jualan internet kepada pengguna akhir tanah air.
“Hasilnya, (Starlink) sudah lulus uji laik operasi. Jadi, mereka sudah mendapatkan izin (dari Kominfo untuk jualan layanan internet ke pelanggan ritel),” sambungnya.
Saat ditanya, kapan ULO Starlink tersebut dilakukan, Aju mengaku tidak mengingat betul waktunya. Namun yang pasti, Starlink sudah bisa menyediakan layanan internet ke segmen business to consumer (B2C).
“Sudah selesai dua minggu lalu. Waktunya saya harus cek, tapi yang jelas sudah selesai. (SKLO) yang jelas sudah terbit dan bisa jualan,” kata Aju.
Sebagai informasi, Starlink telah hadir di Indonesia sejak Juni 2020 yang saat itu hanya menyediakan akses ke pelanggan bisnis. Starlink mendapatkan hak labuh satelit khusus non geostationer (NGSO) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Hak labuh tersebut berlaku untuk layanan backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tertutup anak perusahaan Telkom, yakni Telkomsat.
Sekarang, dengan telah lolos ULO tersebut, Starlink sudah sah dan resmi jualan internet ke masyarakat Indonesia secara luas.
Harapan Apjatel
Degan Stralink sudah dinyatakan lolos Uji Laik Operasi (ULO) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) pun meminta agar konstelasi satelit internet itu melayani daerah non-urban.
Pasalnya, menurut Ketua Umum Apjatel Jerry Mangasas Swandy, para penyelenggara fixed broadband dalam negeri telah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk menghadirkan layanan internet berbasis kabel.
“Kami berharap Starlink itu dapat digunakan di khusus daerah non-urban atau luar kota, seperti 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal),” ujar Jerry ditemui awak media di Halal Bihalal Apjatel di Jakarta, Senin (29/4/2024).
“Karena memang Apjatel adalah asosiasi penyelenggara jaringan telekomunikasi fixed broadband itu memang cukup mahal. Jadi, kalau memang Starlink (masuk) jadi pertanyaan. Secara positioning, kami berharap bisa untuk cover Indonesia terluar,” jelasnya.
Berbeda dari sebelumnya yang hanya melayani pelanggan korporasi, kini Starlink sudah melebarkan sayap bisnisnya ke pelanggan ritel yang cakupannya secara nasional. Artinya, seluruh Indonesia dapat memanfaatkan jaringan internet satelit milik Elon Musk tersebut.
“Karena ketika dia (Starlink) masuk nanti ke daerah ritel atau kota itu akan mengganggu ekosistem, dari sisi harga, dari sisi bagaimana penyerapan layanan itu sendiri kepada masyarakat atau user,” ungkap Jerry.
Starlink bakal bayar BHP
Masuknya Starlink ke Indonesia, dikhawatirkan akan mendapatkan karpet merah, namun hal itu dipastikan oleh Menteri Kominfo Budi Arie tidak akan terjadi.
Budi memastikan Starlink ikut aturan di Indonesia. Termasuk untuk membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) untuk penggunaan spektrum frekuensi di dalam negeri.
“Semua harus ikut regulasi Indonesia dong. Izinnya semua harus ikut Indonesia. Bayar dong, enggak ada yang gratis enak aja,” kata Budi Arie.
Untuk diketahui, biaya hak penyelenggaraan telekomunikasi (BHP) adalah kewajiban yang harus dibayar oleh setiap penyelenggara telekomunikasi dan merupakan penerimaan negara bukan pajak.
Salah satu BHP yang dibebankan kepada penyelenggara telekomunikasi Indonesai adalah pungutan BHP program pembangunan sarana layanan pedesaan atau Universal Service Obligation (USO) sebesar 1,25% dari total pendapatan.
“Kalau mereka [Starlink] mau beroperasi di Indonesia, mereka harus ikut regulasi indonesia dong,” imbuhnya.
Lebih lanjut, dia juga memastikan bahwa masuknya Starlink ke Indonesia tidak akan memakan satelit raksasa Satria-2. Sebab, sambung dia, Satria-2 mengadopsi satelit GEO, sedangkan Starlink merupakan satelit LEO. “Kebutuhannya berbeda, Satria-2 ini kan GEO, nggak berkompetisi secara langsung walaupun ada Starlink,” tandasnya. (Icha)
Telko.id – Dalam rangka memperingati momentum Hari Angkutan Nasional yang diperingati setiap 24 April, Gojek luncurkan dua inovasi terbaru di GoTransit, yaitu ekspansi integrasi GoTransit di Solo – Yogyakarta serta fitur Edit Stasiun.
Masyarakat kini juga dapat bepergian dan berwisata dengan makin hemat dengan adanya program promosi spesial GoTransit.
Sebagai solusi multimoda pertama di dunia yang menggabungkan layanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu transaksi, GoTransit telah resmi diperkenalkan pada September 2023 untuk wilayah Jabodetabek.
Catherine Hindra Sutjahyo – Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo menjelaskan inovasi terbaru dari GoTransit sebagai produk pertama di dunia yang menggabungkan transportasi umum dengan ride hailing.
“Awalnya, pengguna Commuter Line bisa membeli tiket melalui aplikasi Gojek, namun kini sejalan dengan misi pemerintah untuk digitalisasi, kita mengangkat satu langkah lebih jauh lagi, lewat GoTransit ini dengan satu klik bisa beli tiket naik GoRide, naik KRL, naik GoRide lagi. Inilah semangat gotong royong dan saling melengkapi, sekaligus jadi bukti anak Indonesia bisa menjadi yang terdepan,” ungkap Catherine menjelaskan.
#1 Ekspansi integrasi GoTransit di Solo-Yogyakarta
Bertepatan dengan momen Adeging Mangkunegaran ke-267, fitur GoTransit di Solo-Yogyakarta kini tak hanya menjual tiket Commuter Line, tapi juga menawarkan satu paket perjalanan terintegrasi seperti yang telah tersedia di Jabodetabek sejak September 2023.
Masyarakat di Solo-Yogyakarta, termasuk mahasiswa, pelajar maupun wisatawan, bisa memesan layanan GoRide ke dan dari stasiun, serta membeli tiket Commuter Line cukup dalam satu transaksi.
Inovasi ini merupakan bentuk komitmen Gojek dalam mendukung program pemerintah daerah menyediakan layanan transportasi umum yang mudah diakses dan nyaman untuk masyarakat.
#2 Fitur ‘Edit Stasiun’ untuk berikan fleksibilitas perjalanan
Selain rekomendasi rute dan panduan perjalanan, GoTransit kini dilengkapi dengan fitur ‘Edit Stasiun’. Lewat fitur ini pengguna bisa memilih rute perjalanan sesuai kebutuhan.
Misalnya memilih rute yang paling cepat durasi total perjalanannya, paling murah biayanya, maupun paling sedikit transit atau berpindah kereta dengan memanfaatkan fitur ini. Untuk mengakses fitur ini, pengguna hanya perlu meng-update aplikasi Gojek ke versi terbaru.
#3 Voucher diskon khusus pengguna GoTransit
Selain kemudahan fitur, GoTransit juga menawarkan biaya perjalanan yang hemat, dengan menawarkan kode promo GOSTASIUN untuk mendapatkan diskon perjalanan GoTransit hingga 90%.
Program ini merupakan komitmen Gojek dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan adopsi penggunaan layanan transportasi umum.
Dengan menghadirkan solusi mobilitas terintegrasi, GoTransit turut mendukung pemerintah meningkatkan ridership transportasi umum, khususnya di area perkantoran, sekolah dan kampus, hingga destinasi pariwisata di akhir pekan.
Sebelumnya, penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15% serta menghemat biaya hingga 27% dibanding pola perjalanan sebelumnya.
Tak hanya itu, riset tersebut juga menunjukkan minat pengguna Gojek untuk naik transportasi publik meningkat 38% berkat adanya GoTransit. Saat ini, GoTransit sukses menjadi kanal digital yang paling banyak yang menjual tiket Commuter Line serta meningkatkan penggunaan tiket digital hingga 300%. (Icha)
Telko.id – Selama Ramadan, musim mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran yang lalu, Smarfren mencatat terjadinya peningkatan akses internet yang signifikan di kantong-kantong mudik area Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Peningkatan di wilayah tujuan pemudik itu naik hingga diatas 28%, sedangkan secara nasional di seluruh wilayah operasional Smartfren peningkatan akses internet mencapai 14% lebih tinggi dibandingkan hari biasa.
Peningkatan tersebut selaras dengan prediksi dan antisipasi yang telah disiapkan, sehingga layanan internet Smartfren tetap optimal serta bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan.
“Smartfren secara konsisten dan rutin melakukan optimasi jaringan untuk memastikan seluruh memeratakan kualitas internet terbaik kami ke seluruh pelanggan. Tentu upaya ini akan kami lakukan terus meski di luar momen Ramadan & Lebaran,” kata Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.
Peningkatan akses internet kali ini dipicu oleh meningkatnya akses aplikasi pesan instan dan streaming, baik berbentuk suara maupun video. Pada momen Ramadan, rata-rata akses terjadi pada momen sahur dan menjelang buka puasa.
Sedangkan pada momen mudik dan Lebaran, peningkatan akses internet terjadi di berbagai jalur mudik, pelabuhan, terminal, stasiun, bandara, tempat wisata, dan kota-kota tujuan pemudik.
Adapun aktivitas yang berkontribusi besar pada peningkatan tersebut adalah akses aplikasi pesan instan yang mencapai mencapai 31% lebih tinggi dari hari biasa.
Sedangkan akses terhadap aplikasi streaming, yakni musik dan video mengalami kenaikan rata-rata 10% dibandingkan hari biasa.
Pada momen Ramadan dan Lebaran, Smartfren juga memberikan produk dan promo layanan telekomunikasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Antara lain berupa promo Kuota Besar yang memberi keuntungan diskon hingga 50%.
Paket Kuota Besar yang bisa menikmati diskon ini adalah Kuota 500 GB seharga Rp500.000 menjadi Rp250.000; Kuota 300 GB seharga Rp300.000 menjadi Rp225.000; serta Kuota 200 GB seharga Rp200.000 menjadi Rp180.000.
Diskon tersebut bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Smartfren dengan sangat mudah, cukup melakukan pembelian paket internet Kuota Besar tersebut langsung melalui aplikasi MySmartfren. Smartfren juga memberikan banyak promo lainnya seperti diskon Kuota Sahur, cashback pembelian pulsa, dan banyak lagi. (Icha)
Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawali tahun 2024 dengan kinerja solid. Pada kuartal pertama (Q1) 2024 perusahaan. Laba bersih perusahaan setelah pajak (PAT) Rp 547 miliar, juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 168% YoY.
Lalu untuk pendapatan berhasil meraih total sebesar Rp 8,44 triliun, meningkat 12% di banding periode yang sama setahun sebelumnya (YoY). Sedangkan untuk EBITDA Rp 4,45 triliun, meningkat 24% YoY, EBITDA margin meningkat 5% YoY menjadi 52,8%. Sementara itu, kontribusi pendapatan layanan data dan digital pada total pendapatan mencapai 93%.
“Periode kuartal pertama (Q1) 2024 tahun ini sangat spesial karena kami berhasil meraih pendapatan data yang positif dibandingkan kuartal sebelumnya (Q4 2023) setelah di beberapa tahun terakhir kuartal pertama biasanya datar saja,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.
Pertumbuhan pendapatan data di kuartal ini, menurut Dian, tidak terlepas dari keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan harga layanan ditengah semaraknya momentum Pemilihan Umum serta Ramadan sehingga bisa meningkatkan trafik data.
Selain itu, dengan total jumlah pelanggan berkualitas yang meningkat dari Q4 2023, yaitu 57,6 juta, XL Axiata mampu mendorong penggunaan layanan sehingga trafik juga meningkat sebesar 3,2% dibandingkan Q4 2023 serta 18% dibandingkan Q1 2023, sehingga pada akhirnya turut mendorong kenaikan blended ARPU (average revenue per user) menjadi Rp 44 ribu.
“Angka tersebut merupakan ARPU tertinggi yang pernah dicapai XL Axiata hingga saat ini,” kata Dian menambahkan.
Dian juga menyatakan bahwa, pencapaian kinerja Q1 2024 juga tidak terlepas dari keberhasilan perseroan dalam mengoptimalkan penggunaan biaya operasional (OPEX) termasuk menekan beban biaya-biaya operasional menjadi lebih rendah.
Total biaya operasional berkurang hingga 8% dibandingkan Q4 2023. Penurunan biaya operasional yang signifikan ada pada beban penjualan dan pemasaran (sales and marketing) dan biaya infrastruktur.
Penurunan beban penjualan dan pemasaran juga didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet. Meningkatnya penggunaan MyXL dan AXISnet menunjukkan kedua aplikasi tersebut mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kebutuhan, preferensi serta perilaku pelanggan.
Hal ini membuat XL Axiata mampu memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula secara lebih efektif.
Hingga akhir Maret 2024, kedua aplikasi tersebut memiliki total pengguna aktif per bulannya hingga sebanyak 30,3 juta. Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan myXL dan AXISnet ini mencapai 99% dalam periode dua tahun terakhir.
Peningkatan kinerja XL Axiata di sepanjang tiga bulan pertama 2024 juga tidak terlepas dari semakin meningkatnya kinerja layanan konvergensi.
Pada layanan konvergensi, selama periode Q1 2024, jaringan konvergensi sudah menjangkau 102 kota/kabupaten dengan tingkat penetrasi konvergensi mencapai 79% dan total jumlah pelanggan mencapai 252 ribu, yang berarti menunjukkan permintaan yang terus meningkat terhadap produk FMC XL Satu.
Terkait layanan konvergensi, perseroan juga masih menjalankan proses Transformasi Struktural, termasuk rencana pengalihan sekitar 750 ribu pelanggan Link Net ke XL Axiata sebagai ServeCo.
Ke depannya, hal ini akan membuka peluang untuk meningkatkan cross selling sehingga dapat memperbesar dan mempercepat layanan Fixed Mobile Convergence (FMC).
Kemudian perseroan juga dapat meningkatkan sinergi dengan Link Net sebagai FibreCo sehingga bisa lebih efisien dan cepat dapat merespon kebutuhan pasar fixed broadband. Hal tersebut juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pengalaman pelanggan yang berkelanjutan.
Pada pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI), Perseroan memanfaatkan AI untuk membuka peluang-peluang baru dalam landscape industri telekomunikasi yang sangat dinamis.
Perseroan telah menerapkan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk dalam personalisasi layanan dan pengembangan serta rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, meningkatkan ketepatan lokasi site BTS, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk optimasi proses dan pengurangan proses manual.
Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Hasilnya, data net promoter score (NPS) semakin meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan. Strategi tersebut masih akan diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini.
Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.
Dengan data analitik ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat.
Dari sisi infrastruktur, XL Axiata juga masih membangun jaringan di sepanjang tiga bulan pertama 2024. Karena itu, jumlah BTS meningkat 9,6% YoY menjadi total 163.106 unit, termasuk 107.906 unit BTS 4G, dengan tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik mencapai 62% (fiberized).
Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS.
Contohnya adalah dengan mengganti perangkat yang selama ini menggunakan microwave menjadi perangkat fiber. Fiberisasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.
XL Axiata berkomitmen melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan sebagai penopang utama upaya meningkatan pengalaman pelanggan. Komitmen XL Axiata memperkuat jaringan tercermin dari pengalokasian belanja modal (Capex) sebesar Rp 8 triliun di tahun ini.
XL Axiata juga melanjutkan inisiatif investasi pengembangan jaringan secara cermat untuk dapat mendorong peningkatan kualitas layanan yang lebih baik dan meningkatkan penggunaan jaringan yang masih bertumbuh.
Posisi keuangan XL Axiata sehat per akhir Maret 2024, utang kotor tercatat di angka Rp 11,24 triliun, dengan utang bersih sebesar Rp 10,09 triliun. Rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 2,52x.
XL Axiata berhasil mengelola utang dengan baik, dengan tidak memiliki utang berdenominasi valuta asing, dan menempatkan utang lebih besar pada suku bunga tetap.
Sebesar 54% dari pinjaman yang ada memiliki suku bunga tetap (fixed) dan 46% dari pinjaman memiliki suku bunga mengambang (floating). Free cash flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 10%, menjadi Rp 2,4 triliun. (Icha)
Telko.id – Kemajuan teknologi artificial intelligent atau AI pun kini mampu menganalisis kondisi rambut dengan lebih tepat.
Perfect Corp, penyedia teknologi kecantikan dan fashion AI dan AR terkemuka serta pengembang solusi ‘Beautiful AI’, kini hadir dengan inovasi terbarunya, yaitu Hair Type Analysis berteknologi AI.
Menggunakan teknologi AI yang canggih, inovasi ini dapat membantu mengidentifikasi tekstur, ketebalan, dan pola ikal rambut dalam hitungan detik.
Dengan demikian, orang jadi paham bagaimana memilih produk perawatan rambut yang sesuai untuk jenis dan kondisi rambut mereka. Baik untuk memilih shampo dan kondisioner maupun perawatan rambut lainnya.
Apalagi, semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, ingin memiliki rambut yang sehat dan bebas masalah. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada rambut mereka.
Menurut survei yang diadakan olehJajakPendapat terhadap 3.041 orang pada Juni 2023, ada lima masalah rambut yang paling mengganggu bagi orang Indonesia.
HairTypeAnalysis sendiri dapat mengenali 10 tipe rambut, dari yang lurus, bergelombang, ikal, keriting, sampai kribo. Dengan memeriksa berbagai bagian rambut pengguna, perangkat ini dapat secara akurat mengidentifikasi 10 tipe rambut tersebut dan menempatkannya di sembilan rentang jenis rambut yang berbeda.
Terobosan ini dapat membantu brand perawatan rambut untuk memberi rekomendasi perawatan yang dipersonalisasi dan sesuai dengan tipe rambut pelanggan, karena hasil analisanya sangat tepat dan konsisten.
Tak hanya mempermudah para pelanggan dalam memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan tipe rambut, para pelanggan juga akan merasa lebih percaya diri karena kini mereka telah mengenali karakteristik dari rambut mereka.
“Di Perfect Corp, misi kami adalah mencari solusi masalah konsumen dengan inovasi AI,” ujar Alice Chang, CEO dan Founder Perfect Corp, Alice Chang.
Hair Type Analysis berteknologi AI yang inovatif menyederhanakan proses pembelian serta memberdayakan individu untuk membuat keputusan yang percaya diri saat memilih produk perawatan rambut karena telah mendapat informasi dengan baik. (Icha)
Telko.id – Setelah Galaxy AI Bahasa Indonesia hadir di Galaxy S24 Series, bepergian ke luar negeri pun menjadi tanpa hambatan keterbatasan bahasa.
Selain Bahasa Indonesia, Galaxy AI di Galaxy S24 Series, dilengkapi dengan 15 bahasa asing lain termasuk bahasa Arab dan Rusia.
Jadi, kamu bisa dengan mudah komunikasi antar bahasa seperti bertanya menu lokal, atau menanyakan petunjuk arah ke warga lokal dengan bahasa yang biasa kamu gunakan saat traveling, ataupun dalam produktivitas sehari-hari. Dengan update terbaru ini, mobile experience kamu akan semakin seamless dan mengesankan.
Pilihan bahasa terbaru ini akan memudahkan seluruh pengguna Galaxy S24 Series untuk menerjemahkan berbagai bahasa asing saat menggunakan fitur-fitur, seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist yang sudah mendukung Bahasa Indonesia.
Dengan demikian, kini para pelajar, profesional, content creator, hingga traveler bisa lebih efisien dalam berkomunikasi, lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan, lebih kreatif dalam membuat konten, hingga lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang diinginkan.
Perkembangan teknologi yang pesat di Indonesia secara signifikan mempengaruhi cara Gen Z berinteraksi dengan dunianya, sehingga mereka jadi yang terdepan dalam memanfaatkan AI di kehidupan sehari-hari.
Tak heran jika Galaxy S24 Series dan Galaxy AI mendapat animo yang tinggi di kalangan Gen Z berkat pengalaman penggunaan smartphone yang sesuai dengan preferensi mereka. Kehadiran Bahasa Indonesia pada update ini pun menandai salah satu milestone penting dalam langkah Samsung untuk memimpin era baru AI pada perangkat mobile.
“Kami yakin bahwa langkah ini akan membuka lebih banyak peluang inovatif bagi sebanyak mungkin pengguna Galaxy,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.
Agar komunikasi dan produktivitas sehari-hari jadi lebih lancar, pengguna bisa menjadikan Galaxy S24 sebagai lifehacks dengan 3 tips dibawah ini:
#1 Andalkan Interpreter dan Live Translate!
Biasa mengandalkan body language untuk menanyakan jalan kepada orang lokal saat bepergian di luar negeri? Atau repot buka aplikasi tambahan untuk menerjemahkan pertanyaan saat traveling?
Sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi kebingungan menerjemahkan pertanyaan kamu saat traveling. Layaknya translator dan guide pribadi, Galaxy AI bisa menjadi teman traveling andalan berkat fitur Interpreter yang kini sudah bisa menerjemahkan percakapan dari 15 bahasa asing langsung ke Bahasa Indonesia.
Pakai fitur Interpreter untuk menerjemahkan obrolan tatap muka dengan Bahasa Indonesia, buat traveling jadi lebih mudah kemanapun
Selain bisa digunakan saat traveling, fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin interview narasumber berbahasa asing atau komunikasi dengan kolega di negara lain tanpa khawatir nggak bisa bahasa di negara kamu berada.
Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa asing lebih mudah, karena dapat membantu kamu belajar melafalkan kata dengan lancar. Menariknya lagi, kamu tidak memerlukan koneksi data atau Wi-Fi untuk menggunakan fitur tersebut, karena sudah terintegrasi langsung di perangkat.
Komunikasi via telepon menggunakan Bahasa Indonesia ke 15 bahasa asing semakin praktis dengan Live Translate
Update bahasa ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Live Translate yang bisa menerjemahkan bahasa asing,bahkan melalui sambungan telepon dengan praktis. Jadi, kamu nggak perlu repot menggunakan Bahasa Inggris lagi jika ingin berbicara antar bahasa dengan teman atau rekan antar negara yang berbeda bahasa.
Cukup berbicara dengan menggunakan bahasa sehari-hari, biar nanti Live Translate yang bakal terjemahin. Menarik, bukan? Dan tidak hanya itu saja, saat menerima panggilan telepon dan kamu sedang tidak bisa menjawab, kamu bisa langsung membalas dengan menekan text call, dan pesan yang anda kirim langsung disampaikan dalam bentuk suara oleh Galaxy AI.
#2 Pilih gaya penulisan dengan Chat Assist
Kalau kamu sering merasa kesulitan menulis email kepada rekan kerja, dosen, atau atasan dengan gaya bahasa yang formal, Chat Assistbisa jadi lifehacks yang tepat. Khususnya bagi yang tidak fasih merangkai kata-kata saat menulis dengan Bahasa Indonesia,Inggris ataupun beragam bahasa asing lainnya.
Fitur ini bisa memudahkan pekerjaan sehari-hari dengan memberikan suggestion gaya penulisan sesuai konteks yang diinginkan dalam Bahasa Indonesia hingga 16 bahasa asing lainnya. Dan bukan hanya untuk urusan pekerjaan, Chat Assist juga sangat berguna untuk chatting beda bahasa.
Gak bingung lagi sesuaikan gaya penulisan kamu mulai dari chatting, email formal hingga caption sosmed dengan Chat Assist
Selain formal, ada juga pilihan writing stylecasual untuk percakapan sehari-hari dan social untuk membuat caption di sosial media. Jadi, kamu nggak perlu lagi pusing mikirincaption ketika mau posting. Dengan AI, kamu juga bisa mengoreksi grammar pada kosa kata yang kamu gunakan di aplikasi apapun dengan Samsung Keyboard.
Caranya mudah:
Pastikan kamu menggunakan keyboard Samsung saat mengakses email atau aplikasi yang diinginkan.
Tulis pesan yang ingin kamu tulis.
Kamu bisa memilih tanda dan pilih writing style, lalu pesan yang sudah ditulis akan diproses dengan AI dan memberikan berbagai pilihan penulisan
Pilih penulisan original, professional, casual, social, polite, emojify sesuai tujuan penulisan pesan kamu.
Pilih pengaturan grammar untuk memperbaiki kosa kata penulisan.
#3 Transkrip dalam hitungan detik!
Tidak jarang membuat transkrip rekaman menjadi hal yang menyulitkan dan membutuhkan waktu yang lama karena harus mendengarkan rekaman berulang kali sambil mengetik.
Padahal, proses pembuatan transkrip rekaman penting dilakukan ketika kita membutuhkan hasil meeting, mencatat materi dari dosen, mengerjakan skripsi, hingga mewawancarai narasumber untuk membuat artikel. Update terbaru ini bisa menjadi lifehacks untuk bantu kamu mentranskrip rekaman dengan praktis pakai AI di Galaxy S24 Series.
Karena Transcript Assist sekarang bisa digunakan untuk mentranskrip dan merangkum rekaman suara langsung dalam bahasa Indonesia. tidak ada lagi ketinggalan mencatat kata-kata dosen yang berbicara terlalu cepat atau harus buat Minute of Meeting (MoM) dari meeting yang panjang.
Caranya mudah, kamu tinggal rekam pakai Galaxy S24 Series, lalu gunakan AI untuk transkrip, dan summarize inti dari isi percakapan ke versi yang lebih padat dan informatif. Kamu juga bisa menerjemahkan hasil catatan ke 15 bahasa lainnya.
Dengan semua kemampuan tersebut, teknologi pada Galaxy S24 Series semakin menginovasi bagaimana orang-orang bekerja dan berkegiatan dengan lebih praktis dan efisien.
Transkrip hasil interview, kelas dosen, sampai meeting dalam hitungan detik pakai Transcript Assist Bahasa Indonesia
Kamu juga bisa buat catatan harian hingga script konten yang praktis dengan Note Assist. Dengan berbagai kesibukan, kamu tentu perlu memanfaatkan waktu luang untuk bikin catatan to-do list atau catatan personal supaya nggak ada yang terlewat.
Kamu bisa memanfaatkan Note Assist untuk membuat to-do list dan catatan personal dengan cepat dan mudah baik dengan mengetik atau menggunakan suara atau disebut fitur dictation.
Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu kamu catat dan fitur ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks.
Untuk merapikan catatan dan mendeteksi kesalahan ejaan, gunakan fitur auto-format dan spell check. Jadi, meskipun sedang sibuk dan terburu-buru, kamu tetap bisa punya catatan yang terorganisir dan mudah dibaca.
Selain itu Note Assist dapat menghasilkan cover dengan preview singkat mengenai catatan. Kamu juga bisa mempercepat proses pembuatan konten dengan Note Assist. Mulai dari meringkas catatan menjadi bullet point dengan summarize, hingga mengganti bahasa catatan sesuai kebutuhan.
Penggunaan fitur-fitur Galaxy AI untuk komunikasi lintas bahasa hingga rutinitas harian dengan cara praktis membuktikan komitmen kami dalam memecahkan masalah language barrier yang seringkali ditemui banyak orang saat ini.
“Teknologi yang didukung oleh Generative AI, On Device, dan On Cloud AI ini memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya,” tambah Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.
Rasakan kecanggihan Galaxy AI
Opsi Bahasa Indonesia akan tersedia melalui software UI 6.1 mulai 26 April 2024. Selain Bahasa Indonesia, terdapat 16 bahasa lainnya yang bisa dipilih pengguna.
Semua opsi bahasa ini akan tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 Series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi).
Sebagai device pertama dengan Galaxy AI, Galaxy S24 Series juga menawarkan performa tinggi dan kamera tercanggih. Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB). (Icha)
Telko.id – Oppo Experience di Store Cilandak Town Square, toko modern ini menawarkan lebih dari sekedar toko. Ini menjadikan toko Oppo Experience Store keenam yang dibangun OPPO di tahun 2024.
Oppo mengakui bahwa konsep toko modern seperti ini menawarkan berbagai keuntungan yang menarik bagi konsumen, sehingga mampu mendongkrak penjualan smartphone secara signifikan.
Hadirnya Oppo Experience Store Cilandak Town Square di jantung Jakarta Selatan menandakan komitmen OPPO untuk memenuhi kebutuhan teknologi kelas atas bagi para konsumen di wilayah ini.
Toko seluas 180 meter persegi ini terletak strategis di lantai pertama, bersebelahan dengan area ritel fashion ternama, menjadikannya destinasi ideal bagi para pecinta gaya hidup modern yang ingin mencari smartphone terbaru dan tercanggih.
Oppo Experience Store Cilandak Town Square bukan sekedar tempat untuk membeli smartphone. Toko modern ini dilengkapi dengan berbagai area yang dirancang untuk memanjakan para konsumen, seperti:
Area Experience: Di area ini, pengunjung dapat mencoba berbagai produk Oppo terbaru, seperti smartphone Reno11 series, smartwatch terbaru Oppo Watch X, hingga berbagai macam earphone nirkabel. Tersedia juga staf yang ramah dan profesional untuk membantu pengunjung dalam memilih produk yang tepat.
Area Cafe: Pengunjung dapat menikmati berbagai macam minuman seperti kopi, teh, dan lainnya, beserta makanan ringan dan kue kering di area patio atau area luar ruangan yang nyaman dan stylish.
Kehadiran OJ Cafe melengkapi konsep Oppo Experience Store yang tidak hanya berfokus pada penjualan smartphone, tetapi juga memberikan pengalaman menyeluruh bagi pengunjung.
Toko Buku: Area toko buku di Oppo Experience Store merupakan sebuah inovasi yang diluncurkan Oppo untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih lengkap dan menarik bagi para konsumennya.
Toko buku ini tidak hanya menyediakan buku, tetapi juga dirancang sebagai ruang yang nyaman dan inspiratif bagi para pengunjung. Toko buku di Oppo Experience Store menawarkan berbagai macam buku dari berbagai genre, seperti fiksi, non-fiksi, biografi, self-help, bisnis, dan masih banyak lagi.
Lalu tersedia juga Tersedia area duduk yang nyaman bagi pengunjung untuk membaca buku atau bersantai.
Talkshow Inspiratif Bersama Nikita Willy
Talkshow inspiratif dengan Nikita Willy memeriahkan pembukaan OPPO Experience Store Cilandak Town Square. Berfokus pada pemberdayaan perempuan, Nikita membagikan pandangannya mengenai pentingnya perempuan untuk terus belajar dan berkembang, serta bagaimana mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan mereka.
“Pemberdayaan perempuan bukan hanya tentang kesetaraan gender, tetapi juga tentang memberikan perempuan kesempatan untuk mencapai potensi penuh mereka,” ujar Nikita Willy, Oppo Family.
Sebagai ibu muda yang aktif, Nikita juga berbagi tipsnya tentang bagaimana dia tetap produktif sambil memanfaatkan kecanggihan smartphone Oppo.
“Teknologi telah membantu saya untuk tetap terhubung dengan keluarga dan pekerjaan saya, bahkan ketika saya sedang bepergian,” ungkapnya.
Talkshow ini menjadi inspirasi bagi para perempuan yang ingin mencapai impian mereka dan mendorong mereka untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kehidupan mereka.
Promo Menarik
Dalam rangka pembukaan toko baru, Oppo Experience Store Cilandak Town Square menawarkan berbagai promo menarik, seperti: 50% off untuk pembelian kopi dari OJ Café, Dapatkan kopi hanya dengan Rp 5000,- pada pukul 14.00 – 15.00 WIB.
Selain itu juga ada diskon lembaga pembiayaan hingga Rp 800 ribu , Cicilan 0% Selama 12 bulan dari berbagai Bank terpilih, Clearance Sale perangkat smartphone Oppo diskon hingga 72%, Beli OPPO Reno dan A series dapatkan Enco Buds2 senilai Rp 399 ribu dan Beli Oppo N3 series dapatkan Enco Air3 senilai Rp 799 ribu.
Pengembangan
Kedepannya Oppo akan mengembangkan beberapa Experience Store di beberapa wilayah Indonesia, seperti Discovery Mall Palembang, Indah Mall, AEON Mall Deltamas, AEON Mall BSD, Bintaro Exchange Mall, dan Pacific Place Mall.
Pengembangan toko offline Oppo Experience Store di wilayah-wilayah tersebut merupakan langkah strategis untuk meningkatkan revenue dan brand awareness Oppo di Indonesia.
Dengan memahami gaya hidup masyarakat Indonesia dan memilih lokasi yang tepat, Oppo dapat memberikan pengalaman berbelanja yang positif bagi konsumen dan mencapai target bisnisnya.
Pengundian Terakhir Oppo Lucky Draw
29 April menjadi pengumuman pengundian terakhir program Oppo Lucky Draw untuk memberikan total 30 unit Honda PCX 160 ABS kepada konsumen setia yang membeli perangkat Reno11 Series.
Acara ini akan disiarkan langsung di media sosial resmi Oppo Indonesia. Pengundian terakhir Oppo Lucky Draw ini akan dilakukan secara transparan dan terbuka, disaksikan oleh notaris dan perwakilan dari Dinas Sosial. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 29 April dan dihubungi secara langsung oleh pihak Oppo Indonesia.
Oppo akan selalu berkomitmen untuk memberikan produk dan layanan terbaik bagi para penggunanya. Harapannya, program OPPO Lucky Draw ini dapat memberikan kebahagiaan dan kepuasan bagi para konsumen setianya. (Icha)
Telko.id – realme, brand smartphone Pilihannya Anak Muda akan segera menghadirkan smartphone terbaru, realme C65 di Indonesia yang secara resmi di Indonesia pada Kamis, 2 Mei 2024.
Smartphone ini akan menjadi yang pertama di segmennya menghadirkan sertifikasi 48-month Fluency Certification oleh TÜV SÜD dengan rating A.
Kehadiran realme C65 mematahkan stigma smartphone entry-level yang sering kali dinilai mudah nge-lag saat digunakan bahkan dalam usia pakai yang singkat.
Sertifikasi 48-month Fluency Certification oleh TÜV SÜD akan memberikan jaminan kelancaran penggunaan smartphone ini hingga jangka waktu 4 tahun melalui dukungan hardware dan software yang mumpuni.
Tidak hanya unggul dalam usia pakai yang lebih tahan lama, realme C65 juga hadir dengan teknologi dan fitur terdepan di segmennya.
“realme C65 akan segera hadir di Indonesia dengan mengusung kualitas unggulan melalui sertifikasi 4 tahun lag-free yang membuat para pengguna tidak perlu lagi khawatir akan usia masa pakai smartphone yang singkat,” kata Ellen Zhou, Marketing Director realme Indonesia.
Tidak hanya menjamin usia pakai smartphone yang lebih panjang, realme juga menyematkan berbagai fitur unggulan untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik, yang tidak akan ditemukan pada smartphone lain di segmennya.
“Nantikan fitur lengkap smartphone ini yang akan kami ungkap pada hari peluncuran resminya,” ujar Ellen.
Tidak hanya mengusung usia pakai yang lebih panjang dan jaminan performa yang lancar, realme C65 turut tampil stylish dalam hal desain. realme C65 menghadirkan Shining Starlight Design, dengan bahasa desain yang umumnya diadopsi oleh smartphone di kelas flagship.
Tampilan bodi belakang realme C65 dirancang secara kompleks untuk dengan memberikan struktur mikro tekstur ganda yang terdiri ratusan juta partikel, menghasilkan efek layaknya sinaran bintang yang berkilau.
Smartphone ini juga menghadirkan keseimbangan antara estetika dan pengalaman pengguna yang apik. Smartphone ini membawa desain bezel right angle yang trendi untuk menambahkan efek visual tiga dimensi yang elok saat dipandang, dan di saat bersamaan turut memastikan genggaman yang lebih nyaman, didukung dengan bodi tertipis di segmen harganya.
Selain desain yang elegan, realme C65 juga membawa 45W SUPERVOOC Charge untuk membantu anak muda mengisi baterai 5000mAh dengan cepat. Dengan membawa teknologi pengisian daya cepat tersebut, baterai perangkat ini dapat terisi 50% hanya dalam waktu 30 menit.
Pertama di Industri Diluncurkan di Pabrik
Smartphone ini akan resmi hadir di Indonesia melalui acara peluncuran yang pertama kalinya pada industri smartphone di Indonesia dilakukan di pabrik perakitan.
Anak muda dapat menyaksikan mulai dari proses perakitan smartphone hingga berbagai tahapan pengujian untuk memastikan kualitas dan daya tahan perangkat ini sebelum dihadirkan secara resmi di Indonesia.
Peluncuran resmi perangkat ini akan diadakan pada Kamis, 2 Mei 2024 pukul 12.30 WIB. Saksikan dan dapatkan kesempatan memenangkan realme C65 selama acara peluncuran berlangsung, melalui tautan berikut: bit.ly/realmeC65LaunchEvent. (Icha)
Telko.id – Samsung Electronics, pamer teknologi inovatif AI TV yang menyajikan gambar, suara, dan kustomisasi yang lebih baik di Southeast Asia Tech Seminar 2024 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.
Sejak tahun 2012, sesi Tech Seminar global Samsung telah menjadi platform untuk berbagi informasi terperinci dan pengalaman produk yang eksklusif.
Sebagai bagian dari visi “Screens Everywhere, Screens for All”, Samsung berupaya menghadirkan inovasi yang memberikan pengalaman menonton terdepan di industri dan fitur-fitur yang mudah digunakan.
Southeast Asia Tech Seminar 2024 di Bangkok merupakan kelanjutan dari rangkaian seminar yang sukses di Frankfurt, Jerman pada bulan Februari lalu.
Pada acara ini dan seminar berikutnya di berbagai wilayah seperti Amerika Latin, Samsung akan menghadirkan teknologi TV dan monitor terbaru, serta produk lifestyle seperti:
Samsung Neo QLED 8K 2024 yang sudah diperkuat dengan Prosesor NQ8 AI Gen3 terbaru, yang menghasilkan gambar yang lebih hidup dan lebih presisi melalui 512 neural network yang delapan kali lebih banyak dari versi sebelumnya. Produk ini memiliki fitur-fitur seperti 8K AI Upscaling Pro dan AI Motion Enhancer Pro untuk visual Neo QLED 8K terbaik hingga saat ini.
Lalu pamerkan TV OLED Samsung 2024 dapat melakukan upscaling konten ke resolusi 4K berkat Prosesor NQ4 AI Gen2, dan dilengkapi teknologi OLED Glare Free. Disertifikasi oleh Underwriters Laboratories Inc (UL), teknologi ini mengurangi pantulan cahaya pada layar sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif minim gangguan.
Music Frame adalah produk lifestyle terbaru yang berfungsi sebagai speaker berbentuk bingkai. Produk ini dapat digunakan sebagai bingkai di dinding dengan memasukkan gambar atau foto ke dalam bingkai foto yang dapat diganti-ganti.
Tak ketinggalan produsen ini juga memamerkan Samsung Knox, yang diaplikasikan pada Samsung TV, pada bulan Februari ini meraih sertifikasi ‘Common Criteria’, yang diakui oleh 31 negara untuk memperkuat perlindungan keamanan TV dari segi software dan hardware.
“Selama Tech Seminar, kami menampilkan beberapa teknologi AI TV terbaik dari Samsung,” ujar Yongjae Kim, Executive Vice President of Visual Display Business Samsung Electronics.
“Kami tidak hanya menampilkan teknologi TV AI yang berbeda dari kompetitor, tetapi juga melakukan yang terbaik untuk melindungi berbagai informasi pribadi pelanggan,” ujar Yongjae menambahkan. (Icha)
Telko.id – Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu.
Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan merek Sharp sekaligus menjadi bentuk nyata apresiasi Sharp terhadap loyalitas konsumen setianya.
Berjalan mulai 1 November 2023 hingga 31 Maret 2024, Sharp Lovers Day – Fiestapora menghadirkan beragam hadiah dengan total miliaran rupiah, berupa 1 unit mobil Daihatsu Terios X MT, 1 unit mobil Daihatsu Ayla MT, 5 unit motor elektrik Selis E Max, 10 unit Smartphone AQUOS R7s, 15 unit smartphone AQUOS V6+, serta puluhan voucher poin belanja Cocorolife senilai Rp1.000.000,.
Untuk mengikuti program promo ini, konsumen cukup berbelanja produk Sharp apapun di toko online maupun offline dengan minimal transaksi senilai IDR 1.000.000 langsung mendapatkan 1 nomor kupon undian.
Sukses menjaring ribuan konsumen, Sharp Indonesia menggelar acara pengundian program Sharp Lovers Day – Sharp Fiestapora pada tanggal 24 April 2024 lalu yang ditayangkan secara live melalui akun resmi Sharp Indonesia di platform Facebook dan Youtube.
Disaksikan langsung oleh perwakilan manajemen Sharp Indonesia, Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager, dan Martinus Roy Hunto, Head of Marketing Communication Division acara pengundian pun disaksikan pula oleh pejabat pemerintahan Indonesia.
diantaranya: Aski dan Aji dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, Muhtar dan Warman dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Amelia Jonatan, S.H, M.Kn, Notaris Jakarta Utara serta Aiptu Abdul Khair, Babinkamtibmas Kelapa Gading Barat.
Dari pengundian tersebut keluar nama pemenang grand prize program pengundian Sharp Lovers Day – Fiestapora yang beruntung mendapatkan 2 unit mobil, yang pertama Ibu Kokom asal Bandung mendapatkan 1 unit mobil New Daihatsu Terios X MT dan Ibu Darlia Nursani Nababan asal Medan mendapatkan 1 unit Daihatsu Ayla MT. Untuk daftar pemenang lain nya dapat dilihat di https://id.sharp/fiestapora.
Andry Adi Utomo National Sales Senior General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan “Selamat kepada para pemenang dan terima kasih telah mendukung program promo Sharp Fiestapora, program ini merupakan bentuk apresiasi kami atas kesetiaan wujud seluruh pelanggan Sharp yang ada di Indonesia. Bagi yang belum beruntung, Sharp Indonesia masih memiliki banyak program penjualan dan Sharp Lovers Day akan kembali hadir menjumpai konsumen setia Sharp”.
Sharp Indonesia mengucapkan selamat bagi para pemenang. “Kami pun menghimbau kepada para konsumen untuk berhati – hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Sharp Indonesia dan program Sharp Fiestapora. Sharp Indonesia tidak memungut biaya apapun kepada para pemenag dan seluruh biaya pajak di tanggung Sharp Indonesia”, tutup Andry. (Icha)