Telko.id – Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan BW Digital mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan dan membangun sistem kabel bawah laut Nongsa-Changi yang menghubungkan Batam dan Singapura.
Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani selama Pekan Telekomunikasi Internasional 2024 yang diadakan di Maryland, Washington DC, AS beberapa waktu lalu.
Sistem kabel Nongsa-Changi dirancang untuk memenuhi permintaan konektivitas antara Singapura dan Batam. Inisiatif ini pun menjadi solusi bagi peningkatan lalu lintas data antara dua lokasi utama pengembangan pusat data/data center (DC).
Kolaborasi strategis antara BW Digital dan Telin pun bertujuan untuk memanfaatkan keahlian gabungan kedua perusahaan untuk secara signifikan meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan tersebut.
Sistem kabel Nongsa-Changi sepanjang 50 km ini akan terdiri dari minimal 24 pasang serat infrastruktur canggih, yang siap melayani permintaan pusat data di kedua lokasi.
Penerapan sistem kabel berkapasitas tinggi ini juga diharapkan dapat menyediakan jalur komunikasi yang kuat dan andal, mendukung kebutuhan data intensif dari layanan digital, konektivitas data center to data center (DC-to-DC), dan aplikasi Artificial Intelligence (AI) dengan kepadatan tinggi.
“BW Digital senang dapat memperluas aliansi strategisnya dengan Telin untuk menghadirkan kabel pertama yang menghubungkan langsung Singapura dan Nongsa Digital Park Batam. Kabel Nongsa-Changi merupakan komponen kunci dari ekosistem digital yang kami bangun di NDP,” ujar Ludovic Hutier, Chief Executive Officer BW Digital.
Dengan pendaratan di depan pintu kampus pusat data, ini akan menyediakan operator DC dengan konektivitas yang sepenuhnya beragam dan aman, dan memungkinkan mereka untuk lebih lanjut mengatasi permintaan limpahan dari Singapura.
Sementara itu, Chief Executive Officer Telin Budi Satria Dharma Purba menambahkan, “Telin bangga dapat melanjutkan kemitraan sukses kami dengan BW Digital, saat kami bekerja bersama untuk mengembangkan industri digital Indonesia di Nongsa Digital Park dan membangun sistem kabel bawah laut Hawaiki Nui 1”.
Menurut Budi Satria, kerja sama tersebut memperluas kolaborasi kami dengan BW Digital untuk menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui sistem kabel ICE Leg 2 dan meningkatkan konektivitas DC-to-DC serta memperkuat komitmen Telin untuk menyediakan solusi terdepan bagi pelanggan.
BW Digital dan Telin berencana untuk membangun dan menerapkan sistem kabel bawah laut dengan fokus kuat pada keunggulan teknis dan pertimbangan lingkungan.
Sistem kabel bawah laut baru ini akan menghubungkan pusat data di Batam dan Singapura dan menciptakan koridor transfer data yang mulus dan efisien serta ditargetkan siap beroperasi (RFS) pada kuartal keempat 2025. (Icha)
Telko.id – Sebagai puncak dari rangkaian ulang tahun ke-59, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan menyelenggarakan Digiland 2024 di Tennis Indoor Senayan dan Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK) pada tanggal 27 dan 28 Juli 2024 mendatang.
Bertema “Elevating Your Future”, Digiland 2024 akan menghadirkan festival musik, konferensi dengan berbagai topik yang inspiratif dan edukatif, serta bazaar UMKM. Pada tahun ini, Digiland juga turut menyelenggarakan Digiland Run 2024 yang memberikan warna yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Digiland Run yang akan digelar pada 28 Juli mendatang dengan titik start di Plaza Barat Senayan dan titik finish di Plaza Utara GBK menggandeng Daniel Mananta, Melanie Putria, dan Yura Yunita sebagai brand ambassador. Hingga kini, total 10.000 tiket Digiland Run 2024 yang terdiri dari tiga kategori lomba, yakni 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon) juga telah terjual habis.
Selain berlari, peserta Digiland Run 2024 juga diajak untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dari setiap 5 kilometer jarak yang ditempuh oleh pelari akan dikonversi menjadi 1 pohon, sehingga diharapkan menghasilkan 18.000 pohon yang akan disebar di hutan binaan Telkom.
Program pelestarian lingkungan sebagai bagian dari komitmen Telkom terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) lewat program EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia).
VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko mengatakan, “Saat ini progress persiapan untuk Digiland Run yang akan berlangsung pada tanggal 28 Juli sudah hampir mendekati 100%, dan peserta sudah dapat melakukan pengambilan race pack pada tanggal 25 Juli sampai 27 Juli di The Hall Senayan City.”
“Digiland Run 2024 ini juga berbeda dari kompetisi lari yang lain karena dari sisi rute sudah diukur secara langsung oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sesuai dengan aturan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS),” tambah Andri.
Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung yang turut hadir pada pengambilan race pack mengapresiasi Telkom karena menyelenggarakan Digiland Run 2024 yang dapat menjadi media yang efektif untuk membuka hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat.
“Kami sangat mengapresiasi Telkom dengan adanya event ini karena bisa membuka hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat. Lomba seperti ini sangat bermanfaat bagi kami karena menjadi alat bagi kami untuk mengenalkan olahraga atletik lebih luas lagi, terutama lari yang sudah menjadi lifestyle banyak masyarakat, bahkan menjadi kebutuhan bagi masyarakat,” ungkap Tigor.
Lebih lanjut, Didit Santoso selaku Director pada D&D Sport Race Management pada momen yang sama turut menjelaskan terkait dengan fasilitas dan keamanan pada Digiland Run 2024.
“Dari sisi rute, persiapan rute dari start sampai finish sudah kami lakukan dengan semaksimal mungkin. Dari sisi fasilitas, kami sudah menyediakan water station di berbagai titik. Terakhir, dari sisi keamanan kami juga sudah berkolaborasi dengan Dishub, Polantas, dan pihak-pihak terkait lainnya agar event ini dapat terselenggara secara aman, nyaman, dan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” tambah Didit.
Dalam kesempatan yang sama, artis Tya Ariestya turut hadir pada pengambilan race pack. Sebagai publik figur, Tya Ariestya juga turut menyampaikan kesan dan pesannya untuk event Digiland Run.
“Bagi teman-teman yang ingin memulai mengikuti kompetisi lari, alangkah baiknya untuk memulai dengan rute yang paling dekat terlebih dahulu. Lari juga tidak hanya tentang mengejar siapa yang cepat, melainkan juga tentang bagaimana kita menjaga stamina agar kita dapat terus berolahraga secara konsisten sampai tua,” tutur Tya.
Tya menambahkan bahwa Ia berharap dengan rute yang berbeda pada Digiland Run dan persiapan yang matang, acara Digiland Run dapat berlangsung dengan lancar dan bisa menjadi contoh bagi acara-acara lari lainnya.
Selain Digiland Run, perayaan Digiland 2024 turut dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti tahun-tahun sebelumnya, yang terdiri dari Digiland Conference, Music Festival, Digital Land, Sustainability Land, serta Pasar Rakyat dan UMKM.
Digiland Conference yang akan dilaksanakan di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 27 Juli 2024 kembali menghadirkan sesi Talkshow dengan tema utama “Rising Above The Uncertainties” yang terdiri dari enam sesi, yaitu Elevating Your Future, Elevating Your Enterprise, Elevating Your Business, dan Elevating Your Passion.
Semuanya diisi oleh berbagai narasumber yang inspiratif untuk mengelevasi masa depan Indonesia, diantaranya Chelsea Islan, Cinta Laura, Denny Sumargo, Angga Sasongko, Mira Lesmana, dan narasumber inspiratif lainnya. Konferensi ini juga turut menghadirkan sesi Podcast dengan narasumber utama, Podcast Agak Laen.
Pada Music Festival, pengunjung akan dihibur dengan penampilan Sal Priadi, Yura Yunita, Marion Jola, Nassar, David Bayu, The Changcuters, dan Saykoji serta Dewa 19. Guna melengkapi kemeriahan, Digiland 2024 juga menghadirkan 50 tenant Pasar Rakyat dan UMKM binaan Telkom sebagai upaya mendukung peningkatan ekonomi Indonesia.
Tiket untuk mengikuti keseruan pada acara Digiland Conference dan Festival Music untuk 2 hari, yaitu pada tanggal 27 Juli-28 Juli masih dapat diakses di https://digiland.telkom.co.id/ dengan harga Rp 159.000. (Icha)
Telko.id – PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”, BEI: AMAR), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, mengumumkan kinerja terbarunya pada Semester I 2024.
Tercatat, Amar Bank berhasil meraih laba bersih sebesar Rp 97,79 Miliar pada Juni 2024, tumbuh 15% dibandingkan periode semester yang sama di 2023 (Year-on-Year).
Kinerja ini salah satunya didukung oleh peningkatan pengguna aplikasi aplikasi Amar Bank Digital dan Tunaiku yang dikembangkan perseroan.
Per Juni 2024, Tunaiku meraih 20 juta download, yang diikuti oleh penyaluran pinjaman perseroan. Tercatat, pinjaman Amar Bank pada Juni 2024 juga meningkat 25,3% menjadi Rp2,8 Triliun dibandingkan posisi Juni 2023 (YoY).
Penyaluran pinjaman secara prudent difokuskan pada sektor produktif. Di sisi lain, komposisi Current Account and Saving Account (CASA) meningkat dari 16% pada Juni 2023 menjadi 28% pada Juni 2024.
“Memasuki tengah tahun 2024, Amar Bank terus melaju tingkatkan kinerja positifnya, melalui berbagai produk dan layanan perbankan yang solutif,” kata Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank.
Vishal menambahkan bahwa pencapaian aplikasi Tunaiku dan Amar Bank Digital terbukti berhasil berkontribusi pada kinerja keuangan kami yang menunjukkan keberhasilan strategi dan fokus kami sebagai pionir bank digital sejak 2014.
“Kedepan, berbagai layanan ini terus kami tingkatkan demi jangkau lebih banyak lagi nasabah khususnya UMKM sebagai fokus kami di 2024,” ujar Vishal menambahkan.
Tercatat, Amar Bank memiliki dua layanan perbankan inovatif, yakni aplikasi Amar Bank Digital dan Tunaiku. Aplikasi Amar Bank Digital adalah platform mobile-only intelligent bank berbasis cloud pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) yang dipersonalisasi.
Sedangkan Tunaiku adalah produk teknologi finansial yang menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan proses mudah dan cepat. Produk ini ditujukan untuk masyarakat underbanked dan unbanked, dengan pinjaman mulai dari Rp2 juta – Rp30 juta dengan tenor panjang 6-30 bulan serta suku bunga kompetitif. Tercatat, sebesar Rp12,6 Triliun telah disalurkan Tunaiku sejak hadir pertama kali 10 tahun lalu di 2014.
Capaian berbagai produk tersebut juga mendorong pendapatan operasional perseroan di Juni 2024 yakni sebesar Rp 758,6 Miliar atau meningkat 34,32% dibandingkan dengan Juni 2023.
Rasio Net Interest Margin (NIM) juga meningkat dari 17,33% pada Juni 2023 menjadi 22,90% di Juni 2024 atau meningkat 32,14%.
“Kinerja Amar Bank yang solid dan efisien mencerminkan kombinasi manajemen risiko yang efektif dan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan yang didukung dengan teknologi. Dengan menerapkan teknologi unggul dan terkini, kami dapat memberikan layanan terbaik bagi berbagai segmen nasabah serta monitor kinerja kami secara efisien,” ungkap Vishal.
“Sejalan dengan misi kami untuk inklusi keuangan, kami akan terus memperluas inovasi produk dan kerjasama dengan mitra terpercaya.” jelas Vishal.
“Awal tahun ini, kami fokus dalam meningkatkan CASA melalui aplikasi Amar Bank. Kami juga menjaga keseimbangan antara Dana Pihak Ketiga (DPK) dan juga nasabah aplikasi Amar Bank yang kini terus meningkat,” kata David Wirawan, SVP Finance Amar Bank menjelaskan.
Kedepan, sambil mempertahankan fokus kami pada bisnis retail, kami terus mengembangkan segmen UMKM dan juga embedded banking bersama partner strategis. Hal ini juga sejalan dengan misi pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan dan DPK dengan memperluas jangkauan bank serta meningkatkan kenyamanan pengguna. (Icha)
Telko.id – Samsung melanjutkan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024 sebagai bekal para peserta dengan keterampilan Coding & Programming, IoT dan AI.
Langkah ini merupakan komitmen Samsung untuk turut berkontribusi mencetak talenta digital di Indonesia dan betapa semakin pentingnya keterampilan AI.
Apalagi dalam sebuah survei Work Trend Index 2023, mendapati bahwa teknologi AI banyak membantu karyawan di Indonesia dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Sebanyak 75% karyawan mengatakan akan mendelegasikan sebanyak mungkin pekerjaannya kepada AI untuk meringankan pekerjaan.
Pentingnya teknologi AI ini tidak hanya dirasakan oleh Entry Level management, tetapi juga di Mid-Level Management.
Para manajer dan pemimpin perusahaan setuju bahwa teknologi AI hadir bukan untuk menggantikan manusia, tetapi justru untuk membantu meningkatkan produktivitas dan inovasi mereka.
Ada sebanyak 126 tim (504 peserta) dari 1.000 peserta yang telah melalui babak seleksi akan melanjutkan ke babak ketiga program ini yaitu AI Product Development Bootcamp. Para peserta ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori tingkat menengah atas (SMA, SMK, MA) dan kategori mahasiswa (D3, D4 & S1), dimana proses pembelajarannya akan berlangsung hingga 27 Juli 2024.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada babak ketiga ini, SIC memberikan program tambahan, yaitu Career Development Program mengenai edukasi keterampilan tambahan untuk persiapan kerja mengenai proses perekrutan, sesi wawancara, tes teknis, teknik presentasi dan lainnya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para peserta saat masuk ke dunia kerja.
Selain itu, Samsung juga mengadakan Digital Portofolio sebagai inisiatif baru yang merupakan galeri virtual untuk menampilkan proyek-proyek dari para lulusan program SIC dan terbuka bagi pihak industri yang membutuhkan talenta digital.
Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia mengatakan inisiatif yang dilakukan Samsung dalam mengemas keseluruhan program SIC tahun ini didasari oleh tren teknologi, khususnya AI yang terus berkembang.
Ke depannya, adopsi AI akan terus mengalami peningkatan, tidak hanya di tingkat industri, namun juga sampai ke tingkat kehidupan sehari-hari.
“Pemanfaatan AI dalam IoT product development, akan membantu para peserta untuk dapat menciptakan program/aplikasi/produk yang inovatif, dimana berbagai perangkat yang terhubung dengan internet dapat menganalisa data dan membuat keputusan-keputusan, serta bertindak berdasarkan data, tanpa campur tangan manusia,” ujar Ennita.
Melalui bootcamp ini, para peserta SIC akan mendapatkan pelatihan untuk mengembangan prototype dari proyek IoT mereka dengan berbasis AI terkini.
“Kami harapkan para peserta dapat meningkatkan keterampilan teknologinya dalam menghadirkan solusi cerdas yang dibutuhkan dalam memecahkan berbagai masalah sehari-hari di sekitar kita,” kata Ennita menjelaskan.
Dalam stage ke-3 ini, para peserta diberikan pelatihan AI yang diamplifikasi langsung pada proyek-proyek IoT mereka dengan materi AI Amplification (Machine Learning dan Deep Learning) dengan total waktu pembelajaran 140 jam.
Proses pembelajaran berlangsung secara blended-learning, yakni gabungan tatap muka secara online setiap Sabtu selama empat jam dan self-learning melalui fasilitas LMS (Learning Management System).
Sementara pembelajaran self-learning dapat dilakukan oleh semua peserta pada waktu yang mereka tentukan sendiri dengan rekaman pembelajaran tatap muka yang dapat mereka pelajari kapanpun mereka mau.
Diharapkan pembelajaran dengan sistem blended-learning ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan fleksibel.
Melalui AI Product Development Bootcamp, para peserta SIC dilatih untuk terlibat langsung merakit prototype ciptaannya berdasarkan kurikulum Hands-on Prototype Samsung, yang juga dibekali dengan hardware berupa IoT kit lengkap yang terdiri dari micro controller ESP32, breadboard, sensor udara, tactile switches, resistor, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu seamlessly integrating AI models with IoT devices.
Metode pelatihan hands-on prototype Samsung ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan teknologi dengan cepat yang dapat membantu lulusan SIC pada dunia kerja.
Pada stage 3 ini, selain pelatihan perakitan prototype ciptaannya, para peserta juga dilatih untuk melakukan pengujian atas prototype ciptaannya dengan melibatkan masyarakat melalui product sample yang dicoba langsung oleh beberapa masyarakat yang ikut terlibat sejak awal dilakukan wawancara proyek.
Pada akhirnya, semua komponen ini dirancang untuk mendukung proses pembelajaran dan eksperimen dalam bidang IoT dan membantu siswa dalam mengembangkan prototype berbasis AI, yang memungkinkan para peserta untuk mengeksplorasi dan mengimplementasikan solusi inovatif dalam bidang IoT.
Tentunya, hal ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan kreativitas peserta dalam memecahkan masalah di dunia nyata.
Para peserta Samsung Innovation Campus ini juga dibimbing oleh para mentor berpengalaman yang merupakan ahlinya dari lintas sektor industri.
“Para mentor di SIC memiliki segudang pengalaman, salah satunya adalah saya yang sudah enam tahun malang melintang dalam bidang teknologi IoT dan AI. Ilmu dan sertifikasi tidaklah cukup, tambahan pengalaman juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan,” kata Joshua Phartogi, Lead Mentor of Samsung Innovation Campus Batch 5.
Salah satu contoh dari inovasi yang Joshua ciptakan adalah “Automated Docking for Service Robots” yang memanfaatkan kamera dan AI via QR Code / Marker untuk memperkirakan lokasi charging station terhadap posisi real-time dan actual robot agar dapat masuk ke stasiun pengisian daya secara otomatis ketika baterainya hampir habis.
Joshua percaya bahwa peran mentor dapat membantu para peserta SIC, mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang muncul.
Tujuannya adalah meningkatkan kepercayaan diri para peserta dan membimbing langkah-langkah implementasi pengetahuan serta keterampilan yang telah dipelajari. Bersama, menciptakan sesuatu yang tidak hanya inovatif, tetapi juga dapat memberikan dampak positif yang besar.
Pada babak ketiga ini, para peserta diwajibkan untuk mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan untuk penilaian akhir. Kemudian para mentor akan memilih 80 tim terbaik (40 tim dari masing-masing kategori) untuk melaju ke babak semi-final.
Proses seleksi semi-final ini akan dilakukan pada tanggal 29 – 31 Juli, 2024 dan pengumuman tim/peserta yang masuk ke babak semi-final akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2024.
Proses penjurian dilanjutkan dengan pemilihan 20 tim (10 tim dari masing-masing kategori) yang akan masuk ke babak final.
Untuk penjurian babak final ini, akan dilakukan oleh Samsung, KEMENDIKBUD, KEMENAG dan mitra industri dari Samsung untuk memilih juara pertama, kedua, dan ketiga serta pemenang kategori People Choice Award untuk masing-masing kategori peserta SMA setara dan universitas. (Icha)
Telko.id – GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan inovasi karya anak bangsa terbaru yaitu aplikasi GoPay Merchant, untuk memberikan layanan keuangan yang aman dan mudah bagi pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM.
Berdasarkan data dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), per Maret 2024, jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS sebanyak 31,6 juta. Pertumbuhannya meningkat 24,6% dibandingkan tahun sebelumnya.
Meskipun demikian, adopsi pembayaran digital di kalangan UMKM masih menghadapi sejumlah tantangan. Kendala tersebut diantaranya, proses pendaftaran yang sulit, pencairan uang yang memerlukan waktu, hingga kekhawatiran uang yang diterima tidak sesuai nominal penjualan.
“Peluncuran aplikasi GoPay Merchant hadir dengan misi membantu UMKM mengelola keuangan usaha secara digital,” kata Haryanto Tanjo, Group Head of Merchant Services GoTo Financial.
Menurut Haryanto, lewat aplikasi ini merupakan jawaban dari tantangan pelaku UMKM sehingga mereka bisa dengan mudah dan cepat mendaftar QRIS untuk menerima pembayaran digital, bisa mencairkan uang mereka kapan saja, dan mencegah transaksi palsu.
Haryanto menjelaskan aplikasi GoPay Merchant ini memiliki beragam keunggulan. Pertama, proses pendaftaran QRIS yang simpel dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant. QRIS bisa langsung jadi dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung. Proses pendaftaran QRIS ini merupakan yang tercepat di Indonesia.
Kedua, pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup.
Fitur pengaturan pencairan fleksibel ini merupakan yang pertama di Indonesia, memberikan solusi tepat bagi UMKM dengan perputaran uang yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha.
Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.
Pengalaman ini dirasakan oleh Adam Jodi Firmansyah, pemilik Toko Buah Adam Jaya di Pasar Rebo Jakarta.
“Ibu saya harus pegang uang tunai setiap harinya untuk bisa langsung belanja ke supplier. Fitur pencarian yang fleksibel di aplikasi GoPay Merchant sangat membantu kami mencairkan hasil penjualan kapan saja, di hari yang sama, bahkan bisa diatur sesuai waktu tutup lapak kami,” kata Adam.
“Pendapatan yang diterima hari ini bisa kami gunakan lagi untuk modal pembelian stok untuk jualan esok harinya, jadi saya tidak perlu nalangin dulu agar Ibu bisa belanja stok buah seperti sebelumnya,” ujar Adam.
Ketiga, merchant bisa berlangganan perangkat GoPay Spiker secara eksklusif melalui aplikasi ini.
“GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan. Inovasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat,” kata Haryanto.
Pertama, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu; kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau transaksi tidak langsung masuk ke rekening; dan ketiga, fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi.
Manfaat GoPay Spiker dirasakan oleh Yennita Vera (Nita), pemilik Warung Prasmanan Dapur Cigeulis Jakarta yang menyediakan beragam menu prasmanan dengan harga terjangkau di Blok M Square Jakarta sejak 2019.
“GoPay Spiker membantu saya terhindar dari transaksi palsu sekaligus membantu saya melayani pembeli dengan lebih cepat, terutama saat di jam-jam ramai. Saya cukup mendengarkan suara dari GoPay Spiker untuk memastikan pembayaran telah masuk sesuai nominal, sembari menyiapkan pesanan pelanggan,” ujar Nita.
Pelaku UMKM dapat mengunduh aplikasi GoPay Merchant di Android dan iOS untuk mendapatkan beragam layanan finansial yang dapat membantu menjalankan operasional usaha. (Icha)
Telko.id – Xiaomi Indonesia hari ini (23/7) resmi meluncurkan Redmi Pad Pro, tablet seri Pro pertama dari Redmi yang dibawa ke Indonesia.
Untuk pertama kalinya, Xiaomi menghadirkan aksesoris tambahan berupa Redmi Smart Pen dan Redmi Pad Pro Keyboard yang dijual secara terpisah, menjadikan pengalaman hiburan dan kreatif lebih menyenangkan dan imersif.
Dengan harga mulai dari Rp4.299.000, laptop Xiaomi ini menawarkan nilai lebih bagi mereka yang mencari perangkat canggih untuk menunjang kreativitas dan hiburan. Apalagi pada masa promo ini, Xiaomi memberikan paket bundling dengan Redmi Smart Pen dan Redmi Pad Pro Keyboard menjadi Rp 5.497.000.
Laptop Xiaomi inihadir dengan layar luas 12,1 inch yang menawarkan resolusi 2,5K dan refresh rate 120Hz, memberikan pengalaman visual yang halus dan lancar. Ruang layar yang lebih luas ini memungkinkan kreativitas maksimal, menjadikan pengalaman menonton lebih imersif dan menyenangkan.
Tidak hanya itu, performa optimal didukung oleh prosesor Snapdragon 7s Gen 2, memastikan segala aktivitas kreatif berjalan tanpa hambatan.
Untuk menambah keseruan dalam berkreasi, Redmi Pad Pro dilengkapi dengan aksesoris pendukung seperti Redmi Pad Pro Keyboard dan Redmi Smart Pen.
Lebih dari itu, tablet ini dilengkapi dengan aplikasi bawaan MiCanvas, yang dirancang khusus untuk pengalaman menggambar yang lebih intuitif dan menyenangkan. MiCanvas menawarkan berbagai alat dan fitur yang mendukung ekspresi artistik pengguna, menjadikan setiap karya seni lebih hidup dan detail.
Dengan baterai 10.000mAh yang tahan lama, pengguna dapat menikmati kreativitas dan hiburan sepanjang hari. Bahkan, pengisian daya cepat 33W fast charging memungkinkan pengguna untuk terus berkarya tanpa khawatir kehabisan daya.
Kinerja mulus dan produktivitas tanpa batas pada laptop Xiaomi ini dijamin oleh Xiaomi HyperOS. Sistem operasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif yang memberikan pengalaman berkreasi yang lebih fleksibel.
Tidak hanya performa yang diperhatikan, kualitas audio pun ditingkatkan dengan Dolby Atmos Hi-Res Quad stereo speakers, memberikan pengalaman suara stereo yang mengesankan saat mendengarkan multimedia atau menonton film favorit.
Xiaomi juga memastikan layanan purna jual yang memudahkan penggunanya dengan lebih dari 300 titik layanan di seluruh Indonesia. Produk ini dilengkapi dengan garansi panjang selama 15 bulan, memberikan ketenangan bagi pengguna.
Selain itu, laptop Xiaomi ini akan mendapatkan dua kali pembaruan software dan empat tahun pembaruan security patch, memastikan kenyamanan pengguna dalam jangka panjang.
Spesifikasi Redmi Pad Pro
Layar
12.1” 2.5K (2560 x 1600) display at 249 ppi 120Hz AdaptiveSync refresh rate 12-bit 68.7 billion colors Supports Dolby Vision® Triple TÜV Rheinland certified Low Blue Light Corning® Gorilla® Glass 3 Screen Protection Brightness: 500nits, HBM 600 nits
Audio
Quad stereo speakers with Dolby Atmos® Supports Dolby Atmos® and Hi-Res Audio
Chipset
Snapdragon® 7s Gen 2 Mobile Platform
RAM&ROM Kamera
8GB+256GB 8MP Rear Camera, 8MP Front Camera Supports 1080p video recording at 30fps
Baterai
10,000mAh, 33W fast charging
Aksesori pelengkap
Redmi Pad Pro Keyboard Redmi Smart Pen
Warna
Graphite Gray, Mint Green, and Ocean Blue
Dukungan Software
2 kali software updates dan 4 tahun security patch
Harga dan Ketersediaan
Xiaomi Fans dan masyarakat umum dapat membeli Redmi Pad Pro mulai tanggal 25 Juli 2024 di kanal penjualan resmi Xiaomi Indonesia secara online maupun offline. (Icha)
Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah melaksanakan uji coba (rehearsal test) kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di Balikpapan, Rabu (17/7).
Uji coba ini untuk memastikan kesiapan gelaran infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam mendukung Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.
Rangkaian diawali dengan rehearsal test yang meliputi pengujian transport dan service, pengujian power dan pengujian jaringan Telkomsel secara live.
Prosesi rehearsal test dipimpin langsung Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko beserta jajaran senior leader TelkomGroup.
Kegiatan juga dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Wayan Toni beserta jajaran Kementerian Kominfo dan Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan OIKN, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi beserta jajaran OIKN.
“Sejak tahun 2023, Telkom telah membangun dan menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung IKN. Ini bukan akhir, baru awal. Perjalanan kita masih panjang. Telkom berkomitmen untuk terus mendukung penuh pembangunan ibu kota negara di IKN ini,” kata Herlan Wijanarko, Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia menyampaikan.
Secara umum, seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup di IKN disiapkan dengan capacity, diversity dan cyber security yang terbaik dan prima.
Infrastruktur dan layanan tersebut meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepaku & Labangka) yang terhubung ke 2 gateway internasional (Batam & Manado) dan 23 data center serta 1 Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang.
Lalu ada 6 jalur in/out Kalimantan dengan landing points sistem kabel laut di 3 titik (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta), backup Satelit Merah Putih di lokasi Telkom Smart Office (TSO), layanan seluler dengan 34 BTS Telkomsel yang dapat melayani hingga 35 ribu pelanggan serta dukungan security berupa Next Generation Firewall dan DDoS Protection.
Lebih lanjut, Herlan menambahkan, “Alhamdulillah, rehearsal test berjalan dengan lancar dan membuktikan keandalan infrastruktur dan layanan yang disediakan Telkom telah diuji dengan potensi-potensi gangguan yang bisa terjadi, terutama putusnya konektivitas”.
Menurut Herlan, setelah rehearsal test, Telkom akan terus berupaya menjaga kualitas jaringan dan meningkatkan pengawalan melalui Posko TelkomGroup di Nusantara Service Operation Center (NSOC) HUT ke-79 RI mulai tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan suksesnya penyelenggaraan upacara pada 17 Agustus 2024.
Selanjutnya, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Wayan Toni mengapresiasi semangat dan dukungan Telkom untuk menghadirkan infrastrukur dan layanan telekomunikasi terbaik di IKN.
Kemenkominfo juga berharap Telkom dapat terus menjaga kualitas layanan telekomunikasi terutama menjelang HUT ke-79 RI mendatang dan kebutuhan layanan digital serta smart city ke depan.
Kehadiran Telkom di IKN diharapkan akan memperkuat konektivitas digital dan menjadikan IKN sebagai kota dengan sistem teknologi, informasi, dan komunikasi kelas dunia.
Telkom juga memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi berbasis fiber optik di beberapa Point of Interest (POI) Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang meliputi 28 lokasi penting. Experience Test juga telah dilakukan di 5 lokasi penting, yaitu Hotel Nusantara, plaza ceremony, Istana Presiden IKN, Rumah Tapak Jabatan Menteri dan Telkom Smart Office (TSO). (Icha)
Telko.id – Acer memiliki rangkaian produk yang lengkap dari berbagai kategori. Salah satunya adalah proyektor. Melalui Projector Acer BS-321, Acer menawarkan perangkat yang mampu mendukung berbagai aktivitas di kantor maupun sekolah.
Acer BS-321 merupakan proyektor yang mengedepankan efisiensi. Selain hemat daya, perangkat ini juga menjanjikan biaya perawatan yang rendah. Fitur-fiturnya tergolong lengkap untuk menunjang beragam skenario penggunaan, mulai dari presentasi hingga hiburan.
Walaupun dirancang sebagai proyektor terjangkau, Acer BS-321 memiliki sederet teknologi canggih yang membuatnya mampu memberikan kualitas gambar bagus sekaligus melindungi kesehatan mata penggunanya. Penasaran seperti apa keunggulannya? Inilah review proyektor Acer BS-321.
Desain Ringkas dengan Konektivitas Lengkap
Proyektor Acer BS-321 hadir dengan desain yang ringkas dan memberikan fleksibilitas tinggi bagi penggunanya. Proyektor ini memiliki 299.5 x 220 x 105.1 mm dengan bobot 2,5 Kg, sehingga nyaman untuk Anda bawa ke mana saja.
Cara pemasangannya pun sederhana, langsung menyala otomatis saat terhubung ke sumber daya. Praktisnya, Acer BS-321 mendukung koreksi keystone vertikal hingga 40 derajat, zoom digital, dan image shift. Itu artinya lebih mudah untuk menyesuaikan ukuran dan posisi gambar saat Anda memindahkan proyektor ke tempat lain.
Proyektor ini dapat menampilkan gambar hingga ukuran 300 inci dari jarak 1 sampai 10 meter. Memungkinkan Anda menggunakannya pada ruangan yang sempit maupun luas. Menonton film di kamar sampai presentasi di ruang meeting kantor bukan masalah.
Ditambah lagi Acer BS-321 sudah dilengkapi built-in speaker 3W, jadi Anda tidak perlu repot menyediakan speaker eksternal untuk keperluan audio. Sangat membantu untuk kebutuhan seperti memutar video presentasi.
Soal konektivitas, Acer BS-321 hadir dengan port input dan output yang lengkap. Mulai dari HDMI, VGA, RCA, Audio In/Out, USB Ctrl, hingga RS232 semua tersedia. Cukup satu proyektor saja untuk mendukung berbagai kegiatan Anda.
Untuk paket penjualannya, selain unit proyektor Anda juga akan mendapatkan remote control, baterai untuk remote control, lens cap, kabel HDMI, dan AC Power Cord.
Kualitas Visual Terbaik di Kelasnya
Beralih ke pembahasan soal kemampuan Acer BS-321 dalam menyajikan gambar, bisa dibilang proyektor ini termasuk dalam jajaran yang terbaik di kelasnya. Kualitas visual yang ditampilkan bagus, dengan resolusi WUXGA (1920 x 1200), contrast ratio 20.000:1, dan tingkat kecerahan hingga 4.800 ANSI Lumens.
Dengan tingkat kecerahan dan rasio kontras tinggi, gambar dari Acer BS-321 dapat terlihat jelas walaupun Anda melakukan presentasi di ruangan dengan pencahayaan terang. Bahkan, Anda tidak harus menggunakan latar belakang warna putih untuk memproyeksikan gambar.
Acer BS-321 juga dibekali beberapa teknologi khas Acer. Sebut saja Acer Lumisense, yang berguna untuk menyesuaikan kecerahan dan saturasi warna tergantung konten yang sedang ditampilkan. Ada juga Acer Bluelight Shield yang mengurangi cahaya biru hingga 30%, agar mata Anda tidak cepat lelah.
Sementara Acer Color Boost 3D memberikan sajian warna yang seperti aslinya. Terakhir ada Acer Color Safe II, fitur yang dapat memberikan tampilan warna secara konsisten dengan mengendalikan level RGB. Dengan fitur ini, warna tidak terlihat pudar atau menguning meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu lama.
Tahan hingga 15.000 Jam
Seperti dijelaskan sebelumnya, Acer BS-321 merupakan proyektor yang unggul dalam hal efisiensi biaya. Anda dapat memanfaatkan mode ExtremeEco, sehingga durasi pemakaiannya bisa sampai 15.000 jam. Selain waktu penggunaan menjadi lebih panjang, dari segi biaya perawatan tentu jauh lebih hemat.
Kesimpulan
Dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp 6.150.000, Acer BS-321 bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang sedang mencari proyektor untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah, presentasi di kantor, hingga hiburan seperti nonton bareng atau main game di rumah.
Fitur-fiturnya canggih dan lengkap. Selain mampu memberikan kualitas visual yang bagus, Acer BS-321 juga menawarkan kepraktisan dalam hal pemasangan, pengaturan, hingga kenyamanan untuk dibawa ke mana saja. Nilai plus lainnya, dari segi biaya perawatan tergolong hemat.
Untuk Anda yang berminat, Acer BS-321 sudah bisa dibeli secara online melalui Acer eStore dengan link : https://store.acer.com/en-id/acer-bs-321-wxga-mr-juk11-00h, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota Anda. Proyektor ini dilindungi garansi 3 tahun untuk sparepart dan service, serta 1 tahun untuk lampu proyektor/1000 jam.
Langsung saja kunjungi Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ untuk mendapatkan informasi produk dan promo terkini.
Spesifikasi Proyektor Acer BS-321
Resolution
WXGA (1,280 x 800); Maximum: WUXGA (1,920 x 1,200)
Brightness
4,800 ANSI Lumens (Standard), 3,840 ANSI Lumens (ECO), (Compliant with ISO 21118 standard)
Analog RGB/Component Video (D-sub) In x 1 HDMI 1.4a (Video, Audio, HDCP 1.4) In x 1 PC Audio (Stereo mini jack) In x 1 Composite Video (RCA) In x 1 Analog RGB (D-sub) Out x 1 PC Audio (Stereo mini jack) Out x 1 USB Ctrl (Mini-B) x 1 RS232 (D-sub) x 1
Telko.id – Erajaya Active Lifestyle meluncurkan jajaran speaker terbaru dari Marshall Homeline III yakni Acton III, Stanmore III dan Woburn III yang menawarkan desain ikonik serta pengalaman mendengarkan musik yang imersif di dalam rumah. Ketiganya bisa didapatkan di jaringan ritel Erajaya Group mulai tanggal 22 Juli 2024.
“Melalui kehadiran tiga produk baru ini, Erajaya Active Lifestyle ingin menjawab kebutuhan pelanggan setia yang mendambakan speaker dengan kualitas audio yang luar biasa sekaligus desain berkarakter untuk dipajang di rumahnya,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle.
Pelanggan pun bisa memilih dari tiga tipe speaker yang masing- masing memiliki fitur dan kelebihan yang sesuai dengan gaya maupun kepribadiannya yang unik dan berbeda.
Generasi ketiga dari seri speaker Marshall Home ini hadir dengan teknologi yang menghasilkan kualitas suara yang konsisten terlepas lokasi penempatan speaker untuk pengalaman yang lebih imersif.
Fitur “Placement Compensation” akan mengkoreksi kualitas suara dari pengaruh permukaan reflektif di dalam ruangan, sementara fitur “Dynamic Loudness” akan memastikan musik yang didengarkan selalu terdengar prima untuk setiap pengaturan tingkat volume.
Tiga speaker ini menawarkan kemudahan untuk mendengarkan musik dengan segera berkat pilihan koneksi melalui teknologi Bluetooth 5.2 atau colokan 3.5 mm.
Aplikasi Marshall Bluetooth memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan lebih lanjut atau mendapatkan pembaharuan secara over-the-air (OTA). Khusus untuk tipe Woburn III, terdapat input HDMI yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan speaker tersebut dengan perangkat seperti TV sehingga meningkatkan pengalaman menonton ke tingkat yang lebih tinggi.
Erajaya Active Lifestyle menawarkan seri speaker Homeline III mulai dari harga Rp4,599,000. Ketiganya bisa didapatkan di gerai Erafone, iBox, Urban Republic, laman e-commerce eraspace, Urban Republic Official Store di Tokopedia dan Shopee serta Marshall Official Store di Tokopedia dan Shopee. Pelanggan setia yang mendapatkan produk ini juga akan dijamin garansi resmi dari TAM selama 1 tahun. (Icha)
Telko.id – Samsung Electronics Indonesia hari ini mengumumkan peluncuran Gaming Package Galaxy M15 5G dan kolaborasinya dengan Garena Indonesia. Gaming Package ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para gamer dan meningkatkan pengalaman bermain mereka.
Apa saja isinya? Yang pasti unit Galaxy M15 5G, lalu sling bag eksklusif Samsung x Free Fire, sticker pack Free Fire edition, Free Fire in-game item, dan travel adapter 25W, dengan bonus e-voucher Grabfood Rp 100.000.
“Kehadiran paket spesial ini adalah wujud komitmen Samsung dalam memenuhi gaya hidup anak-anak muda dengan passion untuk berprestasi termasuk dalam gaming,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Ricky menambahkan bahwa melalui Galaxy M15 5G, si dua jutaan yang menyajikan pengalaman gaming GakAdaMatinya, dilengkapi berbagai gear dan perlindungan yang ditawarkan, Gaming Package Galaxy M15 5G jadi paket praktis untuk kamu meraih Booyah dimana saja dan kapan saja.
Kapasitas baterai menjadi tolok ukur yang penting dalam memainkan mobile game di smartphone. Semakin besar kapasitas baterainya, semakin banyak keuntungannya buat gaming. Misalnya, kamu bisa main game tanpa interupsi karena tak perlu mencari-cari colokan listrik atau repot membawa power-bank ke mana-mana.
Baterai yang besar juga memungkinkan sebuah smartphone menyajikan performa yang lebih stabil saat gaming serta mendukung fitur-fitur gaming yang lebih canggih.
Galaxy M15 5G sudah dibekali baterai besar 6.000mAh, dukung kamu memainkan game Free Fire seharian dengan maksimal. Baterainya sudah mendukung fast-charging 25W, jadi kamu tinggal manfaatkan travel adapter yang diberikan dalam gaming package untuk pengisian ulang daya baterai sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.
Performa gahar di kelasnya
Selain bisa gaming di jaringan 5G yang kencang, Galaxy M15 5G dalam paket gaming ini menghadirkan performa yang gahar di kelasnya berkat dukungan prosesor Dimensity 6100+ yang sudah mengalami peningkatan pada sisi CPU dan GPU. Didukung pula oleh RAM 6GB dengan tambahan RAM Plus hingga 6GB serta internal storage sebesar 128GB yang dapat ditambah hingga 1TB dengan Micro SD.
Kombinasi antara prosesor yang kuat dan kapasitas memori yang besar membuat kamu memainkan Free Fire dan mobile game lain bebas nge-lag atau gejala stuttering, jadi game tidak tersendat-sendat, yang dapat mengganggu pengalaman bermain.
Kamu juga dapat memainkan game pada grafis dan frame rate yang tinggi supaya tampilannya tidak patah-patah, dan animasi serta aksi dalam game berjalan smooth. Waktu pemuatan (loading) saat mengawali permainan pun menjadi lebih cepat, serta kontrol menjadi lebih responsif.
Kontrol game lebih mudah
Nikmati gameplay yang menyenangkan dengan visual yang jernih dan terang serta warna-warna yang kaya dan hidup di layar 6,5 inci FHD+ Super AMOLED 90Hz Refresh Rate yang dimiliki Galaxy M15 5G. Layar ini memiliki level kecerahan 800nits dan fitur Vision Booster untuk meningkatkan visibilitas layar hingga 40% saat berada di luar ruangan.
Kamu bisa melakukan kontrol pada permainanmu dengan lebih mudah, melalui fitur-fitur gaming yang sudah ditanamkan di smartphone ini. Fitur Gaming Hub akan menyatukan semua game yang telah diunduh sehingga lebih mudah diakses.
Di Gaming Hub kamu bisa mengaktifkan Priority Mode supaya permainan lebih fokus bebas gangguan, tidak ada lagi tiba-tiba terputus karena panggilan masuk dan kemunculan notifikasi.
Kamu juga bisa memanfaatkan Game Booster, untuk mengatur game sesuai kebutuhan. Kalau ingin performa gaming paling optimal, kamu bisa pilih mode Performance. Kalau mau yang seimbang antara performa gaming dan daya baterai, pilih mode Standard. Nah, kalau mau main game tapi tetap hemat baterai, pilihlah mode Battery saver.
Samsung Galaxy Official Smartphone Partner FFWS
Popularitas game Free Fire telah membuatnya terhitung sebagai yang paling banyak diunduh dan dimainkan di dunia dan di Indonesia.
Samsung Electronics Indonesia juga mendukung kemajuan anak muda Indonesia dalam meraih prestasi dalam gaming, secara resmi mengumumkan Samsung Galaxy sebagai Official Smartphone Partner dalam penyelenggaraan Grand Final Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Fall di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, pada 27-28 Juli mendatang.
FFWS Indonesia 2024 Fall hadir sejak 5 Juli 2024 dengan mempertemukan 18 tim terbaik di Indonesia untuk memperebutkan menawarkan total hadiah Rp700 juta. Setelah melalui babak Knockout selama 3 pekan, 12 tim dari 18 tim terbaik akan bertarung kembali di babak Point Rush dan Grand Finals FFWS Indonesia 2024 Fall untuk memperebutkan gelar juara.
Sang pemenang juga akan mendapatkan satu tiket menuju FFWS Southeast Asia (SEA) 2024 Fall untuk menjadi tim ke-5 dari Indonesia untuk berkompetisi di ajang esports regional Free Fire tersebut.
“Kami menyambut baik kerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan paket spesial gaming yang akan memberikan pengalaman bermain yang lebih seru untuk para pemain Free Fire di Indonesia,” kata Christiandy Franciscus, Game Producer Free Fire Garena Indonesia.
Tak hanya itu, Christiandy juga menyambut dukungan Samsung sebagai Official Smartphone Partner untuk Grand Finals FFWS Indonesia 2024 Fall sebagai bentuk dukungan untuk bersama-sama mendorong perkembangan esports Free Fire di tanah air.
Gaming Package
Mulai 22 Juli 2024, kamu bisa memperoleh Galaxy M15 5G Gaming Package pada harga Rp2.699.000 di toko offline dan online di Indonesia.
Buat kamu yang menghadiri langsung Grand Final FFWS Indonesia Fall 2024, kamu dapat mencoba langsung kehebatan Galaxy M15 5G dan ikut dalam Free Fire Mini Tournament di booth Samsung untuk kesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik seperti skin Free Fire hingga produk-produk Samsung Galaxy. (Icha)