Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Telkomsel Dukung Visit Beautiful West Sumatra 2024

Telko.id – Telkomsel dukung Visit Beautiful West Sumatra 2024 dengan melanjutkan kerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kerja sama tersebut dalam pemanfaatan layanan Mobility Insight berbasis Mobile Positioning Data (MPD) untuk memperhitungkan dan menganalisis secara kumulatif pergerakan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Sumatera Barat.

Diresmikan dalam acara “Launching Calendar of Event West Sumatra 2024” oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Padang (20/1), kerja sama Telkomsel dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat menjadi wujud komitmen bersama untuk menggerakkan kemajuan kultur pengambilan keputusan berbasis data di sektor pemerintahan dan pariwisata.

Khususnya melalui pemanfaatan Mobility Insight sebagai bagian dari layanan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) TelkomGroup dan dashboard PETA Sumbar yang dikembangkan bersama.

Baca juga : Telkomsel dan Singtel Gandeng Google Berikan Layanan RCS

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi dukungan Telkomsel dalam mewujudkan komitmen pembangunan sektor kepariwisataan daerah. Potensi signifikan pariwisata di Sumatra Barat, yang termanifestasi dalam brand ‘Visit Beautiful West Sumatra’,” kata Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

Hal ini menurut Mahyeldi perlu didukung dan dipromosikan bersama agar dapat menarik perhatian pasar wisatawan sehingga dapat terus berkontribusi positif pada keberlanjutan destinasi serta memperkuat ekonomi lokal.

“Selaras dengan semangat Indonesia untuk menggerakkan kemajuan, Telkomsel terus membuka semua peluang pemanfaatan data insight untuk perkembangan kultur pengambilan keputusan berbasis data dalam ekosistem digital yang semakin inklusif dan berkelanjutan,” kata Alfian Manullang, Vice President Data Solutions Telkomsel.

Dengan melanjutkan kolaborasi bersama Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Telkomsel berharap hasil pengolahan dan analisis kumulatif dari layanan Mobility Insight berbasis MPD akan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan oleh pemerintahan.

Diharapkan juga akan berdampak nyata bagi perbaikan dan penyempurnaan tata kelola lalu lintas ataupun kebijakan lainnya yang berkaitan dengan pergerakan masyarakat, pelayanan publik, transportasi, hingga pariwisata.

Sebelumnya pada 2023, Telkomsel telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata guna memacu kembali laju pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata.

Melalui pemanfaatan Mobility Insight dari Telkomsel, Dinas Pariwisata Sumatera Barat dapat menganalisis asal kedatangan wisatawan, menentukan destinasi wisata favorit, hingga memahami profil demografi para wisatawan secara keseluruhan.

Dengan wawasan data yang akurat dan memanfaatkan aplikasi PETA, Pemerintah dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat telah mengoptimalkan perencanaan program kepariwisataan sehingga angka kunjungan wisata mencapai hingga 11 juta pada tahun 2023, sebanyak 137,12% lebih tinggi dari target yang dicanangkan.

Sebagai bagian dari layanan bisnis TelkomGroup, Telkomsel menghadirkan solusi data insight yang terkumpul secara kumulatif dari basis pengguna seluler terbesar di Indonesia hingga 158,3 juta pelanggan dengan cakupan konektivitas jaringan terluas yang menjangkau hingga 97% wilayah populasi Indonesia.

Mobile Positioning Data (MPD) merupakan data pergerakan pengguna seluler yang terpantau dalam jaringan operator seluler di suatu wilayah.

Lalu data tersebut diolah bersamaan dengan survei digital sebagai metode pengukuran dan pembentukan analisis pola pergerakan manusia pada periode tertentu (Mobility Insight), sehingga dapat memberikan berbagai wawasan yang akurat, spesifik, dan valid untuk menunjang akurasi data dan basis pengambilan kebijakan di sektor pariwisata Sumatera Barat. (Icha)

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala by.U 2024, ajang seri pertandingan futsal tingkat nasional. Pertandingan ini akan hadir di 19 lokasi...

Telkomsel Hadiah Telko Lintas Batas

Telko.id – Telkomsel bersama Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile membentuk sebuah Aliansi untuk meluncurkan program hadiah telko lintas batas yang pertama di...

Telkomsel Bersama Telkom Gelar Solution Day 2024, Ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024, langkah ini merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini