spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...

Apple Intelligence Tambah Fitur Baru, Tapi Siri Masih Belum Cerdas

Telko.id - Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2025,...

iOS 26 Resmi Dirilis: Desain Liquid Glass dan Fitur AI Terbaru

Telko.id - Apple baru saja meluncurkan iOS 26, yang...
Beranda blog Halaman 136

Strategi Indosat Berdayakan Indonesia ke Era Baru Berbasis Kedaulatan AI

0

Telko.id – Indosat memiliki ‘mimpi’ besar untuk bisa memberdayakan Indonesia ke era baru yang berbasiskan kedaulatan Artificial Inteligent atau AI.

Tak heran, begitu ‘grecep’nya perusahaan telekomunikasi ini yang kemudian mengubahnya visi misi perusahaan menjadi perusahaan AI Native TechCo untuk mengaplikasikan AI ini hampir disemua lini usahanya.

Selain, tentu saja ingin memberikan pengalaman yang excellent pada lebih dari 100 juta pelanggannya, baik pelanggan individu, UMKM maupun coprporate bahkan di internal pun, Indosat banyak mengaplikasikannya teknologi berbasis AI ini.

Dan, tujuan besarnya adalah Indosat ingin mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia sebagai penggerak inovasi, pertumbuhan ekonomi, serta kedaulatan bangsa.

Baca juga : Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

“Kami banyak berkolaborasi dengan banyak perusahaan karena kami yakin, tidak bisa melakukannya sendiri dan ini juga sebagai langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo,” kata Vikram Sinha, Presiden Direktur and Chief Executive Officer, Indosat Ooredoo Hutchison beberapa waktu lalu.

Vikram menambahkan dengan persamaan visi dan misi dengan banyak perusahaan tersebut untuk memanfaatkan potensi penuh dari cloud dan AI untuk mendorong inovasi, menciptakan peluang baru, dan menggerakkan ekonomi digital Indonesia ke depan.

Indosat Gandeng Erat Google Cloud

Salah satu perusahaan besar yang digandeng cukup erat oleh Indosat adalah Google Cloud. Kerjasama keduanya ini bukan baru, sudah dilakukan lama dan kini kerja sama strategis ini akan lakukan secara jangka panjang dengan tujuan mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menggabungkan jaringan yang luas, operasional, serta dataset pelanggan dengan AI stack terpadu milik Google Cloud untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat, serta solusi AI bagi perusahaan dan AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Agen dan aplikasi AI, ketika diterapkan secara efektif pada aset data yang dikelola dengan aman dan sesuai dengan privasi penyedia layanan komunikasi, dapat meningkatkan kemampuan manusia dengan analisis data multimodal yang kuat, pengenalan pola, dan rekomendasi untuk membuka aliran pendapatan baru dan efisiensi.

Dalam kerja sama ini, Indosat dan Google Cloud berkolaborasi menginisiasi inovasi dalam menghasilkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan pasar di Indonesia.

Mulai dari Modernisasi layanan pelanggan, #Pembuatan konten dinamis dan hiperpersonalisasi, Analitik geospasial dan pemodelan prediktif, Operasi jaringan dan Teknologi Informasi (TI) yang ditingkatkan serta Transformasi Back Office.

Kolaborasi Dengan Huawei

Indosat juga melakukan kolaborasi dengan Huawei untuk mengaplikasikan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

Keunggulan fungsi DIOC dalam memberikan Real-time Network Insights, memungkinkan Indosat beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan.

DIOC juga menyediakan End-to-End Service Management, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

Kemampuan DIOC untuk mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir mendorong Data-Driven Innovation yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan, serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.  

Jadi sebagai contoh, untuk mengatasi masalah jaringan dan memaksimalkan kerja jaringan, tidak perlu harus mengirim sumber daya manusia secara langsung ke lokasi, bisa dilakukan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligene/AI) dari DIOC ini.

Bahkan dalam pengujian independen pihak ketiga menunjukkan peningkatan substansial Indosat di daerah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, di mana kecepatan unduh meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun (YoY).

NVidia punya peran penting

Jika bicara tentnag gelombang AI, NVidia memiliki perang penting. Bicar ChatGPT dan lainnya, semuanya menggunakan GPU (Unit Pemrosesan Grafs) dari NVDIA.

“Jadi kami sangat senang ketika mereka memilih kami sebagai NCP (Network Cloud Partner) untuk Indonesia,” ujar Vikram dalam sebuah wawancara. Ia pun ingin memastikan bahwa ketika GPU masuk ke Asia, Indonesia harus jadi yang terdepan.

Dengan kerjasama Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung oleh NVIDIA akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan.

GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta akan menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Kapabilitas ini akan memastikan layanan supercomputing cloud yang andal, serta memanfaatkan AI untuk menciptakan inovasi bagi penggunanya. 


AI Center of Excellence

Bangun AI Center of Excellence (CoE) Lab ini menjadi cara Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Ya, CoE lab ini diharapkan dapat membuka dan mampu memaksimal potensi yang belum dimanfaatkan dalam mendigitalisasi industri dan bangsa.

CoE lab merupakan hasil kerjasama Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Tech Mahindra, selain itu juga ada Google Cloud Smart Analytics yang semuanya didukung oleh Google Cloud, untuk mempercepat transformasi digital bangsa. 

Center of Excellence Lab akan berfokus pada pengembangan solusi inovatif dengan memanfaatkan teknologi generasi berikutnya seperti 5G, Edge Computing, Data Analytics, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR).

Cara Indosat Jaga digital Indonesia

Seperti kita ketahui, dengan masuk nya ke duna digital, maka keamanan data pun menjadi penting. Di sini, Indosat bersama dengan Mastercard berupaya untuk menjaga ekonomi digital Indonesia melalui peresmian Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence (CoE). Dengan target menciptakan satu juta talenta digital di Indonesia.

Langkah ini diyakini oleh Vikram dengan memajukan sumber daya manusia keamanan siber akan melindungi Indonesia ke depannya.  

“Kami yakin bahwa upaya yang kita lakukan hari ini akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber Indonesia ke depannya. Kami pun berharap, kerjasama ini dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia,” ujar Vikram.

Langkah ini juga mendorong Indosat lebih dekat untuk mencapai tujuan besar Indosat dalam memberdayakan setiap individu di Indonesia,

Target Lima tahun ke depan

Dalam 5 tahun ke depan, Indosat memiliki target untuk menjadi AI Native TechCo untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam membantu Indonesia menjadi yang terdepan dalam AI.

“Untuk itu, saya harus melakukannya lebih dulu di Indonesia. Jadi perjalanan ini sudah dimulai,” ujar Vikra dalam sebuah wawancara.

Dan, pada 5 tahuh ke depan juga, Vikram optimis mampu menggandakan jumlah EBITDAnya, yang dari tahun 2023 sebesar 1,6 miliar dolar menjadi 3 miliar dolar. (Icha)

Indosat Dan Google Cloud Hadirkan Solusi nfrastruktur cloud Terbaru

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) Group dan Google Cloud mengumumkan perluasan kemitraan untuk menghadirkan layanan sovereign cloud dan edge cloud generasi baru di Indonesia yang memenuhi persyaratan lokasi penyimpanan data, keamanan, dan privasi paling ketat di Indonesia.

Melalui kemitraan ini, Indosat Group merencanakan untuk menawarkan Google Distributed Cloud (GDC) kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan unik mereka yang hendak menjalankan beban kerja AI dan data intensif di lokasi pilihan mereka.

Kemitraan ini bertujuan untuk memberdayakan organisasi-organisasi Indonesia di sektor publik dan industri penting lainnya, seperti pertahanan, perawatan kesehatan dan ilmu hayati, jasa keuangan, energi dan utilitas, serta manufaktur untuk mengakselerasi transformasi digital dengan kemampuan AI dan analitik terbaik di kelasnya, sekaligus memastikan mereka memiliki kontrol dan perlindungan penuh atas data sensitif mereka.

GDC adalah solusi yang sepenuhnya dikelola dengan sekelompok layanan perangkat lunak yang lengkap, berbagai bentuk faktor perangkat keras yang dapat dikembangkan, dan pilihan untuk menjalankan air-gapped (sepenuhnya terputus) dari koneksi internet publik untuk beban kerja yang paling sensitif, atau terhubung antara lokasi edge dan wilayah Google Cloud yang berlokasi di Indonesia.

Baca juga : Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Indosat Group, melalui usaha pusat datanya, berupaya menawarkan opsi hosting untuk GDC di lokasi. Hal ini memastikan bahwa data tetap berada di bawah kendali pelanggan dan dalam batas wilayah Indonesia, mematuhi semua kerangka hukum dan kedaulatan, termasuk Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dan Peraturan Pemerintah No. 71.

“Indonesia sedang membuka jalan menuju era keemasannya pada tahun 2045. Indosat Group berkomitmen untuk berkontribusi melalui kemajuan teknologi dalam mengejar visi ini. Kemitraan dengan Google Cloud didorong oleh upaya pemberdayaan Indonesia, yang bertujuan untuk memberikan solusi sovereign cloud dan edge cloud pertama di negara ini,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer, Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurut Vikram, solusi ini akan membekali organisasi dengan infrastruktur canggih, fitur operasional, dan aplikasi pengembang yang mereka butuhkan untuk mengakselerasi digitalisasi dalam skala besar.

Menyediakan beban kerja dan layanan intensif data di mana saja

Melalui GDC, perusahaan dapat mengakses fitur inti (misalnya Workbench, Pipelines, Predictions) dari Vertex AI — platform AI perusahaan Google Cloud, yang memungkinkan mereka mengembangkan dan menerapkan machine learning (ML) tingkat lanjut serta aplikasi penelusuran AI generatif dengan cepat untuk mengambil dan menganalisis data dengan mudah di lokasi pilihan mereka.

Model ML yang telah dilatih sebelumnya untuk Speech-to- Text, penerjemahan, dan optical character recognition (OCR)—dengan dukungan untuk lebih dari 100 bahasa termasuk Bahasa Indonesia—juga dapat diakses secara langsung.

Perusahaan juga dapat mengakses sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak Google Cloud yang lebih luas dan krusial untuk penerapan aplikasi AI secara lancar di lingkungan yang sepenuhnya terputus atau di ujung jaringan.

Ini termasuk Google Kubernetes Engine (GKE), GPU NVIDIA Tensor Core, mesin database AlloyDB Omni portabel, dan Dataproc untuk menjalankan analisis data open-source.

“Sektor publik dan industri yang diregulasi di Indonesia memerlukan solusi yang memenuhi persyaratan kedaulatan data dan regulasi yang ketat. Kemitraan kami dengan Indosat Group akan memperkenalkan solusi cloud berdaulat lokal dan edge cloud generasi berikutnya untuk memberdayakan sektor publik dan perusahaan yang diregulasi untuk mempercepat transformasi digital sesuai ketentuan mereka sendiri,” ujar Thomas Kurian, Chief Executive Officer, Google Cloud.

Layanan AI yang unggul dan infrastruktur cloud terdistribusi yang dirancang aman dari hasil kolaborasi ini, dipadukan dengan keahlian teknologi Indosat, akan membantu pelaku bisnis menganalisis data lebih baik, mendapatkan wawasan, meningkatkan produktivitas, dan menjalankan aplikasi AI modern. (Icha)

Oppo dan Mobile Legends: Bang Bang Hadirkan Kolaborasi Spesial!

0

Telko.id – Oppo menghadirkan kolaborasi bersama Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) untuk memberikan pengalaman bermain game yang imersif bagi para pengguna dan penggemar setia MLBB dengan memanfaatkan keunggulan teknologi AI canggih dan performa tinggi dari perangkat Reno12 F Series terbaru.

Kolaborasi ini merupakan sejarah penting dalam perjalanan Oppo untuk terus memberikan perangkat yang mampu memenuhi kebutuhan hiburan sekaligus keseharian pengguna.

“Kami sangat antusias mempersembahkan Oppo Reno12 F Series yang dilengkapi dengan fitur mumpuni dan performa tinggi untuk memberikan pengalaman bermain Mobile Legends: Bang Bang yang optimal.” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Oppo, yang mana tahun ini adalah kali pertama kolaborasi dilakukan, tidak hanya di Indonesia, namun juga berskala Asia Tenggara,” kata Erina Tan, Senior BD & Community Manager Moonton Indonesia.

Baca juga : Oppo Reno12 F 5G, Tak Hanya Kuat Tapi Bawa Teknologi AI Juga!

Erina berharap kolaborasi ini dapat membawa pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan dan kompetitif bagi komunitas setia nya.

Pengalaman Gaming Maksimal dengan Reno12 F Series

Oppo Reno12 F Series dirancang khusus untuk memberikan performa terbaik saat bermain game, termasuk Mobile Legends: Bang Bang yang membutuhkan kecepatan dan kelancaran.

Ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 6300 untuk Reno12 F 5G dan Qualcomm Snapdragon 685 untuk Reno12 F, perangkat ini akan memberikan pengalaman gaming yang mulus dan lancar dengan efisiensi daya yang optimal, memungkinkan pengguna untuk bermain lebih lama tanpa gangguan.

Memori besar juga menjadi salah satu keunggulan Reno12 F Series. Reno12 F 5G dilengkapi dengan RAM 12GB yang dapat diperluas hingga 12GB tambahan melalui fitur RAM Expansion, dan untuk perangkat Reno12 F dilengkapi dengan RAM 8GB dan RAM Expansion hingga 8GB.

Dengan kapasitas memori yang besar ini, berbagai game berat seperti MLBB dapat berjalan dengan sangat lancar, memberikan kenyamanan optimal bagi para pemain.

Layar dengan Refresh Rate 120Hz yang dimiliki Reno12 F Series juga memastikan visual yang tajam dan grafis yang halus, menghadirkan pengalaman gaming yang lebih hidup.

Ditambah dengan baterai berkapasitas 5000mAh, pemain dapat menikmati sesi permainan yang panjang tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Oppo X Mobile Legends: Bang Bang

Kolaborasi antara Oppo dan MLBB ini juga membawa berbagai keuntungan eksklusif bagi pengguna Reno12 F Series. Pengguna yang mendaftarkan akun My Oppo dapat menukarkan 120 My Oppo Points untuk mendapatkan Epic Skin dan 12 Points untuk 50 Premium Skin Fragments.

Oppo memberikan lebih dari 5000 kode unik yang dapat ditukarkan oleh para pengguna dengan 1 IMEI untuk 1x penukaran Epic Skin atau Fragment.

Cek hadiah voucher di halaman Me/Saya lalu pilih Kode Tukar Saya di aplikasi My OPPO, selanjutnya buka profil  dan pilih setting/pengaturan di aplikasi MLBB, masukan kode unik di Redemption Center/Kode Penukaran, dan cek Inbox Mail/Kotak Pesan untuk mendapatkan hadiah.

Pengguna Reno12 F juga akan mendapatkan sleeve box bertemakan Mobile Legends: Bang Bang. Pengguna dapat memiliki casing MLBB, transparent magnet phone case dengan harga promo Rp129.000 selama bulan Agustus, kartu MLBB yang dapat dimasukkan ke case transparan hanya dengan seharga Rp39.000 dan seharga Rp29.000 jika bundling dengan Reno12 F.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Oppo juga akan mengadakan event Pop-up di ASHTA District 8, Jakarta, dengan kualifikasi online pada 5-7 Agustus dan semi-final serta final pada 10-11 Agustus 2024. Total hadiah sebesar Rp 100 juta dan perangkat Reno12 F Series siap diperebutkan oleh para pemain terbaik di setiap role.

Harga dan Ketersediaan

Oppo Reno12 F 5G dengan kapasitas 12GB+256GB resmi dijual seharga Rp 5.299.000, sedangkan varian 12GB+512GB dibanderol dengan harga Rp 6.199.000. Oppo membuka masa pemesanan untuk perangkat Reno12 F mulai hari ini 9 Agustus 2024 dengan harga Rp 4.299.000 dan dijual secara perdana di Indonesia mulai 17 Agustus 2024.

Konsumen dapat membeli Oppo Reno12 F 5G secara luring di seluruh Oppo Store, Oppo Store, Oppo Experience Store, toko rekanan resmi Oppo, serta secara daring di Shopee dengan promo cicilan mulai dari Rp400.000-an, bank cashback hingga Rp250.000 dan review Reno12 F 5G di Shopee untuk dapatkan voucher Alfamart senilai Rp25.000.

Sementara untuk perangkat Reno12 F dapat dipesan di seluruh Oppo Store, Oppo Experience Store, toko rekanan resmi Oppo, dan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.(Icha)

Garuda Berikan Solusi W-IFE Pada Penumpang Hasil Kolaborasi MetraMediaHub

0

Telko.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman dalam penerbangan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Strategic Business Unit (SBU) TelkomMetra, yaitu MetraMediaHub bermitra dengan maskapai penerbangan nasional Indonesia, Garuda Indonesia untuk menghadirkan layanan Wireless In-Flight Entertainment (W-IFE).

Dengan hadirnya W-IFE di pesawat, Garuda Indonesia dapat menawarkan sistem hiburan nirkabel yang memungkinkan penumpang mengakses berbagai konten melalui perangkat pribadi mereka, seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Puluhan film yang terdiri dari Hollywood New Release, Blockbuster, Indonesia, dan International, serta puluhan program pendek, dokumenter, serial dan album musik top 100 dalam berbagai genre dapat dinikmati semua penumpang dalam berbagai usia dengan lebih mudah.

“Kerja sama dengan Garuda Indonesia dalam menghadirkan Wireless In-Flight Entertainment adalah pencapaian penting bagi MetraMediaHub. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ini dengan berbagai konten yang berkualitas dan beragam serta siklus pembaruan sesuai dengan kebutuhan. Tujuan kami menjadikan pengalaman terbang dengan Garuda Indonesia lebih dari sekedar perjalanan,” ungkap Iin Kusumastiwi, Head SBU MetraMediaHub.

Baca juga : Telkom Infrastruktur Indonesia Resmi Kelola Operasional Jaringan Telkom

Dengan kemudahan akses, pilihan konten yang beragam, dan pengalaman yang lebih personal, penumpang kini dapat menikmati perjalanan udara dengan cara yang lebih menyenangkan dan memuaskan.

Teknologi ini tidak hanya menguntungkan penumpang, tetapi juga memberikan peluang baru bagi maskapai penerbangan untuk meningkatkan layanan sekaligus memaksimalkan potensi ancillary revenue. Solusi W-IFE ini juga memberikan peluang bagi

Garuda Indonesia untuk meningkatkan nilai tambah yang diberikan di tengah berbagai layanan penerbangan yang sangat kompetitif saat ini.

Senada, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan kehadiran layanan W-IFE ini merupakan upaya berkelanjutan Garuda Indonesia untuk terus memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa, utamanya dalam menghadirkan kenyamanan selama melaksanakan penerbangan dengan Garuda Indonesia.

“Kami memahami bahwa di tengah kemajuan teknologi yang cukup pesat, kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses berbagai konten hiburan menjadi kebutuhan yang tidak terelakan bagi masyarakat khususnya generasi milennial dan Z yang saat ini menjadi salah satu pangsa pasar Garuda Indonesia,” jelas Irfan.

Hadirnya layanan wireless inflight entertainment ini juga diharapkan akan dapat memperkuat ekosistem digital yang saat ini terus dikembangkan oleh perusahaan dalam memberikan pengalaman penerbangan yang seamless bagi seluruh pengguna jasa di setiap touch points layanan Garuda Indonesia, mulai dari pre-flight, in-flight hingga post-flight.

Saat ini, layanan W-IFE telah diaplikasikan pada dua armada Garuda Indonesia berjenis B 737-800 NG dengan nomor registrasi PK-GUD dan PK-GUE dan dalam waktu dekat akan diaplikasikan pada satu armada berjenis A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPF yang akan mulai diimplementasikan setelah layanan haji. Ke depannya, Garuda Indonesia dan TelkomMetra melalui MetraMediaHub berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan hiburan yang ditawarkan.

SBU MetraMediaHub juga memiliki misi “Bringing Indonesia to The World” melalui konten entertainment lokal dengan komposisi yang lebih banyak pada layanan hiburan Garuda Indonesia, sehingga konten Indonesia akan mendapat kesempatan lebih banyak untuk hadir di penerbangan dalam maupun luar negeri.

Selain itu, setiap 2 bulan konten yang tersaji akan digantikan dengan judul baru. Dilengkapi dengan teks terjemahan, semua penumpang dapat menikmati hiburan tanpa batasan bahasa.

Hal ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan inklusivitas dan aksesibilitas dalam industri penerbangan. Bersama konten-konten terpilih tersebut, MetraMediaHub dan Garuda ingin menjadikan penerbangan lebih dari sekadar perjalanan; namun petualangan penuh kenangan dan momen menyenangkan.

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini, di mana SBU MetraMediaHub sebagai bagian dari TelkomMetra dapat menghadirkan solusi hiburan nirkabel di pesawat Garuda Indonesia,” ujar Irphan Wijaya, Direktur Business & Digital Transformation TelkomMetra.

Irphan menambahkan bahwa inovasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman penumpang, tetapi juga membuka peluang bagi pengembangan konten lokal Indonesia di kancah internasional. Kami percaya bahwa langkah ini akan memperkuat posisi Garuda Indonesia di pasar yang semakin kompetitif dan mendukung misi kami untuk menghubungkan Indonesia dengan dunia.

SBU MetraMediaHub menjadi one-stop-shopping solution sejak dibentuk pada 2018 untuk kebutuhan industri konten dan penyiaran, dari mulai akuisisi konten hingga distribusi siaran di

skala nasional dan internasional. Lewat kemitraan yang inovatif antara Garuda Indonesia dan MetraMediaHub, masa depan hiburan di udara melangkah signifikan menuju era baru yang lebih memuaskan dan menyenangkan.

Teknologi W-IFE tidak hanya meningkatkan kenyamanan penumpang, tetapi juga membuka peluang baru bagi Garuda Indonesia untuk memperkuat citra dan daya saing di pasar penerbangan yang semakin kompetitif.

Dengan komitmen untuk terus memperbarui dan memperluas layanan, serta menghadirkan lebih banyak konten lokal, MetraMediaHub bersama Garuda Indonesia berupaya untuk menjadikan setiap penerbangan sebagai petualangan yang berkesan. (Icha)

Trafik Layanan XL Axiata Meningkat 300% di IKN

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas jaringan di area Ibu Kota Nusantara  (IKN) seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan, yang dalam setahun terakhir mencapai lebih dari 300%.

Apalagi, IKN sebagai pusat pemerintahan yang baru telah siap beroperasi dalam waktu dekat. Bahkan, pemerintah berencana melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-79, 17 Agustus 2024 mendatang di sana.

“Pada periode setahun terakhir, aktivitas pembangunan di kawasan IKN semakin hari semakin masif. Hal tersebut tentu ikut meningkatkan trafik XL Axiata, hingga mencapai lebih dari 300%,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Untuk itu, selain berfokus meningkatkan kualitas jaringan di dalam area IKN, XL Axiata juga meningkatkan kualitas jaringan pada titik-titik pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung IKN seperti jalan tol, bandara, rumah sakit, hotel, dan fasilitas pendukung lainnya bekerja sama dengan pihak Otorita IKN.

Baca juga : Sinyal XL Axiata Jangkau Puluhan Pulau Terpencil di Kepulauan Riau

I Gede Darmayusa menambahkan, guna memberikan kemudahan dan mendukung kesuksesan Upacara Peringatan HUT RI ke-79 di IKN, XL Axiata secara khusus memperkuat jaringan dengan menambah 3 unit Mobile BTS (MBTS).

Ketiganya ditempatkan di sekitar lokasi berlangsungnya upacara, berkoordinasi dengan pihak Otorita IKN. Sebelumnya, di area proyek pembangunan IKN, XL Axiata telah menempatkan 4 unit MBTS. XL Axiata juga telah menyiapkan 3 BTS.

Serta menambah lagi 2 BTS Makro termasuk jaringan in door yang telah terpasang di Swissotel Nusantara. Secara keseluruhan, kini XL Axiata telah menyediakan total 12 BTS di area ring 1 IKN.

Ke depan, seiring terus meningkatnya trafik layanan dan kebutuhan atas layanan di IKN, XL Axiata juga akan terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur di sana.

Apalagi saat nanti IKN telah benar-benar mulai beroperasi, dengan mulai banyak orang yang bekerja dan tinggal di sana, tentu XL Axiata perlu menyediakan jaringan yang memadai untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan XL Axiata #JadiLebihBaik.

Untuk penyediaan infarstruktur jaringan di sana, operator ini bekerja sama dengan Otoritas IKN. Sementara itu untuk area penyangga IKN, hingga akhir Juni 2024, jaringan XL Axiata ditopang oleh sekira 500 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Area penyangga ini tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, di mana kedua kabupaten ini menjadi bagian wilayah IKN. Sementara di area inner IKN, terdapat lebih dari 150 BTS dengan mayoritas BTS 4G yang tersebar di 4 kecamatan yaitu, Kecamatan Loajanan, Muara Jawa, Semboja, dan Sepaku.

Selain itu, XL Axiata juga terus memperkuat jaringan dengan melakukan penambahan BTS dan peningkatan kapasitas jaringan di kota-kota penyangga IKN seperti Balikpapan dan Samarinda. Di Kota Balikpapan, XL Axiata memiliki lebih dari 570 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G, sementara di Kota Samarinda hampir mencapai 600 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Sementara itu, jaringan fiber optik XL Axiata sudah siap mendukung pemerintah untuk menggelar layanan telekomunikasi dan internet cepat di IKN.

XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam – Serawak yang menghubungkan Malaysia – Indonesia melalui Entikong – Pontianak sejauh 120 km.

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan kinerja dan latency yang lebih cepat dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga menjadi alternatif gateway international yang baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia.

Bagi XL Axiata, infrastruktur ini penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan menyediakan jaringan berkualitas sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan.

Layanan pelanggan di wilayah IKN

Selain fokus meningkatkan kualitas jaringan, XL Axiata juga memastikan layanan pelanggan yang ada di wilayah IKN. Dari sisi layanan pelanggan, XL Axiata telah menyediakan beberapa saluran layanan pelanggan yaitu, XL Center Online dan layanan digital.

Selain itu, pelanggan dan masyarakat juga bisa datang ke gerai XL Center untuk bisa mendapatkan layanan secara langsung. Gerai XL Center terdekat dari wilayah IKN ada di Kota Balikpapan yang beralamat di Komplek Ruko BSB, Jalan Jendral Sudirman, dan di Kota Samarinda yang berlokasi di Jalan Bhayangkara.

“Gerai XL Center dan retail outlet juga dapat memberikan kemudahan serta melayani segala kebutuhan komunikasi pelanggan dan masyarakat yang berada di wilayah IKN”, kata Caretaker XL Axiata Kalimantan Area, Sarroso Dwi Panggah.

Pelangggan dan masyarakat di wilayah IKN juga bisa mendapatkan layanan di mitra retail outlet (RO) XL Axiata. Terdapat lebih dari 400 titik RO yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Sementara di dua kota penyangga IKN, terdapat sebanyak lebih dari 440 RO di Balikpapan dan hampir 500 RO di Samarinda. 

XL Axiata juga memiliki tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (Contact Center) untuk memastikan pelanggan di IKN dapat terlayani secara maksimal, melalui layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya yang ada aplikasi myXL dan AXISnet.

Pelanggan juga bisa menggunakan kanal digital seperti e-mail, Facebook, Instagram, serta live chat. Layanan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. (Icha)

Kinerja XL Axiata Semester 1 2024, Laba Bersih Naik 58%!

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata atau Perseroan) berhasil melanjutkan kinerja positif dengan meraih pertumbuhan dan profitabilitas yang solid di sepanjang semester pertama tahun 2024.

Kinerja yang ciamik ini juga terlihat dari perolehan total pendapatan sebesar Rp 17,06 triliun, tumbuh high single digit sebesar 8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), EBITDA Rp 8,96 triliun, meningkat 17% YoY.

Kemudian, kinerja XL Axiata yang positif ini juga terlihat dari EBITDA Margin mencapai 52,5%, dan laba bersih setelah pajak (PAT) Rp 1,03 triliun, meningkat signifikan sebesar 58% YoY. Pendapatan layanan data dan digital meningkat 10% YoY dan memberikan kontribusi 93% dari total pendapatan.

“Situasi dan kondisi industri telekomunikasi nasional yang terus semakin menantang serta kompetisi yang berlangsung ketat hingga saat ini, mampu kami respon dengan pencapaian kinerja yang sangat menggembirakan,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Baca juga : Kinerja XL Axiata Q1 2024 Melejit, Laba Bersih Naik 168%

Di periode semester pertama tahun ini, XL Axiata tetap mampu melanjutkan momentum pertumbuhan dan profitabilitas yang kuat dibandingkan hasil pencapaian di periode yang sama tahun lalu, yaitu berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 1,03 triliun.

“Angka ini merupakan pencapaian tertinggi selama 10 tahun terakhir,” ujar Dian menjelaskan.

Dian menambahkan, salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. Hasilnya, data net promoter score (NPS) semakin meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan. Strategi tersebut masih akan diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini.

Hasil dari penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.

Dengan data analitik ini juga memungkinkan XL Axiata mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di waktu yang tepat.

XL Axiata juga meningkatkan penerapan teknologi artificial intelligence (AI) untuk membuka peluang-peluang baru dalam landscape industri telekomunikasi yang sangat dinamis.

Salah satunya adalah guna meningkatkan pengalaman pelanggan, termasuk dalam personalisasi layanan dan pengembangan serta rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan, meningkatkan ketepatan lokasi site BTS, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk optimasi proses dan pengurangan proses manual.

Operational Excellence Meningkat

Pencapaian kinerja semester pertama 2024 juga tidak terlepas dari keberhasilan perseroan dalam mengoptimalkan penggunaan biaya operasional (OPEX) termasuk menekan beban biaya-biaya operasional menjadi lebih rendah.

Total biaya operasional XL Axiata berkurang dibanding periode yang sama tahun lalu. Penurunan biaya operasional terbesar ada pada beban penjualan dan pemasaran (sales and marketing), biaya infrastruktur, dan biaya supplies dan overhead.

“Salah satu beban biaya operasional terbesar dan terus meningkat adalah regulatory cost, beban ini yang kami harap bisa segera mendapat insentif dari pemerintah agar bisa membantu menciptakan industri telekomunikasi yang lebih sehat, sehingga bisa melakukan pembangunan dan penggelaran jaringan secara lebih luas dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik kepada pelanggan”, ujar Dian.

Penurunan beban penjualan dan pemasaran, antara lain didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet. Strategi transformasi digital yang dijalankan XL Axiata termasuk dalam mengembangkan pengalaman pelanggan melalui aplikasi MyXL dan AXISNet terus menunjukkan efektivitas.

Hingga akhir Juni 2024, tercatat sebanyak 32,1 juta pelanggan aktif menggunakan kedua aplikasi tersebut, meningkat sebesar 5,1 juta YoY. Pertumbuhan Monthly Active User (MAU)-nya telah mencapai 110% sejak Desember 2021.

Dari sisi infrastruktur, XL Axiata terus membangun jaringan hingga akhir Semester 1 2024. Total jumlah BTS hingga akhir Semester 1 2024 tercatat sebanyak 163.884 unit, termasuk 109.170 unit BTS 4G, atau meningkat 8% YoY.

Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 62%. Fiberisasi BTS tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.

Guna melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan sebagai penopang utama upaya meningkatan pengalaman pelanggan, XL Axiata tak pernah berhenti memperkuat jaringan. Hal ini tercermin dari pengalokasian belanja modal (Capex) sebesar Rp 8 triliun di tahun ini.

XL Axiata juga melanjutkan inisiatif investasi pengembangan jaringan secara cermat untuk dapat mendorong peningkatan kualitas layanan yang lebih baik dan meningkatkan penggunaan jaringan yang masih bertumbuh.

Investasi dan strategi jaringan yang terus dilakukan tersebut telah berhasil meningkatkan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik untuk mendukung penggunaan layanan yang lebih tinggi. Hal ini terbukti dengan trafik yang tumbuh sebesar 13% YoY.

Terkait layanan konvergensi, perseroan juga masih menjalankan proses Transformasi Struktural, termasuk rencana mengalihkan sekitar 750 ribu pelanggan Link Net ke XL Axiata sebagai ServeCo.

Langkah ini untuk membuka peluang meningkatkan cross selling sehingga dapat memperbesar dan mempercepat layanan Fixed Mobile Convergence (FMC). Di sisi lain, Perseroan juga meningkatkan sinergi dengan Link Net sebagai FibreCo, agar bisa lebih efisien dan cepat dapat merespon kebutuhan pasar fixed broadband.

Selama periode semester pertama 2024, jaringan konvergensi sudah menjangkau 104 kota/kabupaten dengan tingkat penetrasi konvergensi mencapai 81% dan total jumlah pelanggan fixed broadband mencapai 267 ribu, yang berarti menunjukkan permintaan yang terus meningkat terhadap produk FMC XL Satu.

Posisi keuangan XL Axiata sehat per akhir Juni 2024, utang kotor tercatat di angka Rp 10,8 triliun, dengan rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 2,46x. 

Utang bersih tercatat sebesar Rp 9,4 triliun. XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi USD. Sebesar 47% dari pinjaman yang ada saat ini memiliki suku bunga mengambang (floating) dan 53% memiliki suku bunga tetap. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 7%, menjadi Rp 4,8 triliun. (Icha)

Samsung Galaxy Buds3 Bikin Kamu Lebih Produktif

Telko.id – Samsung Galaxy Buds3 hadirkan kualitas audio yang semakin immersive, dan peningkatan teknologi yang signifikan. Berkat keunggulan tersebut, True Wireless Stereo (TWS) ini mampu mendukung gaya hidup Gen Z yang aktif, dinamis, dan selalu terhubung dengan perangkat mobile.

Galaxy Buds3 pun benar-benar menjadi teman sempurna bagi Gen Z dalam menjalani keseharian, baik saat bekerja, belajar, menikmati konten, maupun berolahraga.

“Kenyamanan merupakan faktor penting pembelian earbuds bagi konsumen— nomor dua setelah kualitas audio. Kami telah melakukan riset mendalam untuk merancang desain yang nyaman dipakai untuk seri Galaxy Buds3 ini,” ujar Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Hasilnya, desain Blade atau tangkai yang intuitif pada TWS ini, dibuat untuk memaksimalkan pengguna berinteraksi dalam keseharian mereka secara seamless.

Komunikasi dan mengikuti meeting online jadi lebih mulus berkat desain terbaru Galaxy Buds3 yang fit secara sempurna di telinga pengguna

Baca juga : Galaxy Watch7 Dan Galaxy Buds3 Series Hadir Lengkapi Galaxy Ecosystem

“Ditambah dengan kualitas audio yang kini ditingkatkan menjadi 24bit/96kHz dan teknologi Galaxy AI, kini pengguna dapat mendapatkan pengalaman terbaru dan terbaik untuk menunjang produktivitas, berkomunikasi, dan mengakses hiburan dengan Galaxy Buds3,” ujar Annisa menjelaskan.

Annisa menambahkan, peningkatan fitur dan desain pada Galaxy Buds3 bertujuan memenuhi berbagai aspek kebutuhan sehari-hari pengguna yang memberikan fleksibilitas secara mendalam dan menghadirkan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya. Yuk, maksimalkan produktivitas pakai Galaxy Buds3 dengan cara berikut ini:

Desain baru bikin makin produktif

Banyak Gen Z yang kini telah memasuki dunia profesional maupun mengenyam pendidikan tinggi. Bagi mereka, penggunaan banyak platform produktivitas sudah sangat umum seiring dengan tren bekerja dan brainstorming secara remote.

Dengan jadwal yang padat dan banyaknya meeting online yang mungkin harus diikuti, efisiensi dan fleksibilitas menjadi kunci utama bagi mereka untuk tetap produktif.

Memahami cara Gen Z dalam bekerja dan belajar, Galaxy Buds3 menawarkan desain yang sepenuhnya. Berkat kehadiran desain tangkai atau Blade Design, TWS ini tidak hanya semakin estetis, tapi juga punya fitur-fitur baru yang meningkatkan kenyamanan pengguna.

Kini, pengguna bisa kontrol earbuds cukup dengan menerapkan gesture simple pada blade, seperti pinch atau mencubit blade untuk menjawab telepon atau play dan pause lagu, gerakan swipe up atau swipe down untuk mengatur volume.

Fungsi yang intuitif tersebut memudahkan pengguna untuk meeting online sambil multitasking, maupun saat bepergian atau berkendara di jalan tanpa harus repot bolak-balik mengontrol banyak perangkat, dan bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Atur volume secara mudah dengan swipe bagian Blade pada Galaxy Buds3

Kualitas Audio yang Imersif

Kualitas audio tentu menjadi salah satu daya tarik dan pertimbangan utama konsumen dalam memilih TWS. Pasalnya, kualitas audio sangat menentukan pengalaman dalam menikmati konten dan melakukan interpretasi komunikasi dari lawan bicara.

Jika pengguna menggunakan earbuds yang memiliki kualitas audio yang rendah, maka miskomunikasi besar kemungkinan akan terjadi.

Nikmati panggilan yang jernih bahkan di lingkungan yang bising dengan teknologi yang sudah dilatih untuk memberikan suara asli dengan jelas di berbagai lingkungan bising, bersama dengan super wide band-call atau panggilan dengan bandwidth lebar untuk kualitas panggilan yang kaya dan alami yang mirip dengan kualitas panggilan smartphone, terlepas dari seberapa bising lingkungan atau tingkat suara pengguna.

Menjawab kebutuhan tersebut, Galaxy Buds3 memiliki super wide band-call untuk kulitas panggilan yang jernih dan memberikan suara asli yang mirip dengan kualitas panggilan smartphone. 

Selain itu, bentuk Blade pada Galaxy Buds3 juga membuat posisi Main Mic kini lebih dekat dengan mulut, jadi suara pengguna pun bisa ditangkap dengan lebih maksimal dan terdengar lebih baik oleh lawan bicara.

Main Mic ini pun menghasilkan audio yang jernih dengan 24bit/96kHz sehingga bisa meminimalkan adanya miskomunikasi ketika berinteraksi via meeting online.

Fitur Interpreter (Listening Mode)

Tumbuh besar di era globalisasi membuat Gen Z semakin terpapar dengan komunikasi lintas bahasa, baik saat mengobrol dengan rekan kerja yang berasal dari luar negeri atau mengikuti kelas mata kuliah dan seminar dalam bahasa asing.

Jadi, tak heran jika mereka butuh teknologi yang mampu membantunya dalam memahami konteks-konteks dalam bahasa asing agar tidak lost in translation.

Mengikuti kelas mata kuliah hingga seminar bahasa asing jadi lebih mudah pakai fitur Interpreter Listening Mode Galaxy Buds3

Memahami kebutuhan tersebut, Galaxy AI hadir di Galaxy Buds3, salah satunya melalui fitur Interpreter (Listening Mode). Jadi, pengguna bisa langsung mendengar hasil terjemahan bahasa asing ke Bahasa Indonesia tanpa harus melihat layar smartphone terlebih dahulu.

Apalagi, pengguna juga bisa pinch area Blade untuk play atau pause hasil terjemahan yang sedang disampaikan. Fungsi ini akan sangat memudahkan pengguna untuk lebih fokus saat mendengarkan penyampaian meeting atau kelas dan seminar dalam bahasa asing.

Mix and Match Earbuds Case

Buds3 hadir dalam ukuran yang compact dan ringan dengan barat hanya 46,5g. Pengguna bisa dengan mudahnya membawa Buds3 dalam tas ataupun kantong celana.

Banyak Gen Z yang kini menjadikan casing TWS sebagai salah satu fashion item yang melengkapi fashion statement mereka.

Maka dari itu, Galaxy Buds3 hadir dalam beragam pilihan Buds Case yang mampu menunjang penampilan pengguna dan memberi mereka kepercayaan diri lebih dalam menjalani rutinitas sepanjang hari.

Nikmati kualitas audio terbaik dari TWS kekinian sekarang!

Galaxy Buds3 sudah tersedia secara langsung di berbagai toko daring dan gerai retail terdekat dengan harga Rp2.299.000.

Terdapat pilihan warna Silver dan White yang bisa dipilih sesuai dengan koleksi outfit para pengguna. Nikmati cashback hingga Rp229.900 untuk pembelian dengan smartphone dan tablet Galaxy serta Buds Case hingga 5 September 2024. (Icha)

realme 13 Hadirkan Gaming Bintang Lima, Memang Secanggih itu?

0

Telko.id – realme 13 resmi hadir di Indonesia membawa janji memberikan pengalaman Gaming Bintang Lima. Maksudnya itu adalah perpaduan lima fitur utama.

Fitur utama tersebut adalah chipset Snapdragon 685, layar AMOLED Ultra-smooth 120Hz, 67W SUPERVOOC charge, 4392mm² VC Cooling System, serta rangkaian fitur kelas premium termasuk GT Mode pertama di realme Number Series.

“realme 13 mendefinisikan ulang smartphone dengan keunggulan dalam hal performa. Tidak hanya didukung dengan chipset yang powerful, smartphone ini juga menghadirkan rangkaian fitur terbaik untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang maksimal bagi anak muda, baik saat bermain game maupun dalam mengakomodir kegiatan sehari-hari,” kata Sherry Dong – Head of Marketing realme Southeast Asia and South Asia.

“Kehadiran realme 13 juga sejalan dengan komitmen kami untuk selalu menjawab dan mengakomodir harapan para anak muda,” lanjut Sherry.

Baca juga : realme 13 Pro Series 5G, Perkenalkan Teknologi Ultra Clear Camera with AI

Melalui riset internal, Sherry menemukan setidaknya ada lima isu utama yang dialami oleh para pengguna di segmen ini, meliputi lag, frame drop, layar yang kurang mulus, charging lama, sampai suhu bodi smartphone yang cepat panas saat bermain game.

“Nah, melalui pengalaman “Gaming Bintang Lima”, realme 13 akan mengakomodir kebutuhan bermain yang komplit bagi anak muda,” ungkap Sherry menambahkan.

Maksud Gaming Bintang Lima

Yang dimaksud Gaming Bintang Lima versi realme ini adalah perpaduan lima fitur utama yakni chipset Snapdragon 685, layar AMOLED Ultra-smooth 120Hz, 67W SUPERVOOC Charge, 4392mm² VC Cooling System, serta fitur GT Mode pertama yang dihadirkan untuk pertama kalinya oleh realme di realme Number Series.

realme 13 ditenagai dengan chipset Snapdragon 685 yang memungkinkan smartphone ini mampu mengakomodir kebutuhan bermain pengguna, khususnya pada berbagai judul game populer saat ini.

Sebagai otak pada sebuah smartphone, kehadiran chipset mumpuni pada produk smartphone realme merupakan syarat mutlak untuk mengakomodir kebutuhan bermain game, terutama pada game populer saat ini.

realme 13 dengan dukungan chipset Snapdragon 685 menawarkan pengalaman bermain game yang lengkap, mencakup rendering grafis yang lebih baik, gameplay yang lebih lancar, waktu load yang lebih cepat, dan mendukung game yang lebih berat seperti Honor of Kings pada pengaturan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, Snapdragon 685 akan memberikan peningkatan yang signifikan dalam performa mobile gaming, maupun untuk mendukung kebutuhan harian pengguna.

GT Mode Pertama di realme Number Series

Demi menghadirkan pengalaman mobile gaming terbaik bagi anak muda, realme juga menghadirkan GT Mode pertama di realme Number Series yang akan meningkatkan kenyamanan anak muda saat bermain game.

Dengan mengaktifkan fitur GT Mode, pengguna dapat mengoptimalkan frame rate dan respon sentuhan, serta menonaktifkan notifikasi yang masuk untuk pengalaman bermain game yang lebih lancar serta nyaman dan responsif di realme 13.

Tidak perlu khawatir akan menyedot lebih banyak daya baterai, GT Mode secara cerdas akan mengatur konsumsi secara cerdas sehingga tetap efisien. Di sisi lain, GT Mode akan membantu menstabilkan konsumsi daya.

Layar Amoled Ultra-smooth 120Hz

Dalam hal teknologi layar, realme 13 mendobrak batasan dengan mengusung layar AMOLED E4 6,67 inci yang telah mendukung tingkat refresh rate tertinggi 120Hz.

Dibandingkan smartphone lain di segmennya yang masih terbatas pada 90Hz, realme 13 mampu menghadirkan kualitas visual setara flagship, memberikan performa yang mulus dan memukau, khususnya saat bermain game.           

Layar Amoled E4 juga membuat realme 13 mampu menghasilkan tampilan visual yang kaya warna, mulus, dan jernih. realme 13 memiliki kecerahan maksimal hingga 2000 nits yang mampu mengakomodir kebutuhan pengguna, khususnya yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Baterai dengan 67W SUPERVOOC Charge

Kehabisan baterai saat tengah asyik bermain merupakan salah satu keluhan pengguna yang dijawab oleh realme 13. Smartphone terbaru dari realme ini akan menghadirkan baterai besar 5000 mAh dan pengisian daya cepat 67W SUPERVOOC Charge yang membuat pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat sedang bermain solo maupun bersama teman.

Pada skenario pengisian daya selama 5 menit, realme 13 dapat mengakomodir kebutuhan gaming hingga 1 jam, sehingga pengguna tidak perlu takut kehilangan momen saat bermain. Pengisian daya yang cepat pada realme 13 juga tetap aman berkat dukungan 38 lapisan proteksi keamanan pada baterai, yang mampu menjaga smartphone tetap aman selama proses pengisian daya.

Sistem Pendingin Vapor Chamber

realme 13 menghadirkan Sistem Pendingin Vapor Chamber (VC Cooling System) berukuran besar 4392mm² untuk menjawab kebutuhan pengguna akan smartphone yang umumnya cepat panas saat digunakan untuk berbagai aktivitas berat, terutama saat bermain game.

Suhu yang panas dapat menyebabkan performa smartphone menurun secara signifikan, sehingga mengganggu kenyamanan pengguna saat bermain.

Solusi manajemen termal canggih pada realme 13 ini memastikan smartphone tetap berada pada suhu optimal dan responsif, bahkan saat menjalani berbagai game berat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kualitas Fotografi Kelas Flagship

Melengkapi keunggulan dalam hal performa, realme 13 menghadirkan kualitas fotografi kelas flagship melalui kamera Sony LYT-600 50MP yang dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS). Sensor kelas atas dengan OIS ini membuat realme 13 tidak hanya unggul dalam performa, tetapi juga andal dalam memenuhi kebutuhan fotografi pengguna.

Kamera utama realme 13 memiliki sensor besar 1/1,95 inci dan aperture besar f/1,88, memungkinkan penangkapan objek yang jernih dan terang. Ditambah dengan fitur 2x In-Sensor Zoom, pengguna dapat menangkap objek dari kejauhan tanpa mengalami penurunan kualitas gambar yang signifikan.

Menyempurnakan pengalaman pengguna pada smartphone ini, realme 13 juga dilengkapi dengan Dual Stereo Speaker, tingkat perlindungan IP64 untuk ketahanan terhadap debu dan air, teknologi Rainwater Smart Touch, serta sensor In-display Fingerprint.

Dalam hal konektivitas, realme 13 juga menghadirkan fitur 360° NFC yang memudahkan pengguna untuk menduplikasi kartu akses sampai mengisi saldo kartu e-wallet.

realme 13 dengan pengalaman Gaming Bintang Lima ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni Skyline Blue dan Pioneer Green, juga dua konfigurasi memori. Selama periode Flash Sale, anak muda bisa mendapatkan realme 13 (8GB+8GB* | 128GB) dengan harga spesial yakni Rp2.799.000 secara eksklusif di Shopee, Akulaku, dan realme.com.

Sedangkan realme 13 (8GB+8GB* | 256GB) bisa didapatkan dengan harga spesial Rp2.999.000 di Super Brand Day TikTok Shop dan Tokopedia, serta realme.com. Flash Sale realme 13 akan berlangsung pada tanggal 8 Agustus 2024 mulai pukul 00:00 WIB. (Icha)

Telkomsel Ajak 245 Jurnalis Dalam Media Gathering Nasional 2024

0

Telko.id – Dalam rangka memperkuat kolaborasi dengan media, Telkomsel menggelar acara Media Gathering Nasional 2024 yang dihadiri oleh 245 jurnalis perwakilan dari berbagai media di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Acara ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 6 hingga 9 Agustus 2024, di Jakarta dan Bandung jadi momentum penting bagi Telkomsel untuk mengapresiasi dan merayakan hubungan kolaboratif yang telah terjalin selama 29 tahun bersama para jurnalis.

Para jurnalis ini telah memberikan dukungan signifikan dalam perjalanan perusahaan untuk menghadirkan layanan telekomunikasi terdepan bagi masyarakat Indonesia.

“Pelaksanaan Telkomsel Media Gathering Nasional 2024 menjadi  momen penting untuk bertemu, mengapresiasi, dan merefleksikan perjalanan panjang rekan media bersama Telkomsel selama 29 tahun,” kata Nugroho, Direktur Utama Telkomsel.

Baca juga : Telkomsel Siapkan Jaringan Broadband 5G di IKN

Nugroho menyadari bahwa era transformasi digital telah membawa perubahan besar, tidak hanya bagi industri telekomunikasi tetapi juga bagi industri media.

Di tengah disrupsi teknologi ini, Telkomsel konsisten berinovasi menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan untuk memberdayakan masyarakat, menciptakan hari ini yang lebih baik, dan masa depan yang gemilang.

“Kami mengajak seluruh rekan media untuk bersama-sama terus adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman, serta memanfaatkan transformasi digital ini secara optimal,” ujar Nugroho menambahkan.

Ia juga berharap kolaborasi dengan rekan media dan wartawan yang telah terjalin dengan baik selama ini terus memberikan manfaat dan nilai tambah bagi   masyarakat, sekaligus membuka lebih banyak peluang ke depan untuk kemajuan Indonesia.

Jurnalis dan media memiliki peran penting sebagai jembatan komunikasi dalam menyebarluaskan informasi mengenai inovasi dan layanan yang dihadirkan oleh Telkomsel secara positif, konstruktif, dan objektif.

Oleh karena itu, dalam kegiatan Media Gathering, Telkomsel juga melangsungkan media update yang disampaikan oleh para narasumber perusahaan seperti Saki Hamsat Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility; Endra Diputra, VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability and Marketing; serta Ronald Limoa, VP Technology Strategy and Consumer Product Innovation.

Ketiga narasumber tersebut membagikan informasi dan wawasan berharga mengenai pencapaian dan inovasi yang telah dilakukan, seperti memperkenalkan Visi dan Misi baru Perusahaan sebagai bagian dari komitmen untuk bisa terus relevan dan adaptif terhadap perkembangan jaman.

Kemudian mempertegas technology leadership Telkomsel dalam pemanfaatan jaringan 5G, di mana Telkomsel telah membangun lebih dari 716 BTS 5G di 53 kota/kabupaten, menjadikan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital dengan cakupan jaringan 5G terluas dan tercepat di Indonesia.

Menghadirkan ragam inovasi layanan digital terbaru, seperti MyTelkomsel Super App yang menawarkan berbagai fitur unggulan seperti layanan digital lifestyle yang mencakup health, travel, payment, entertainment dan commerce.

Pada MyTelkomsel Super App ini, pelanggan memungkinkan untuk mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan mengecek status penerbangan, berbelanja serta pembayaran tagihan di dalam satu aplikasi, hingga menonton video, mendengarkan musik, membaca artikel dan bermain game secara langsung.

Kemudian Telkomsel menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkaya pengalaman pelanggan, dan menjaga daya saing di industri.

Salah satu penerapan AI ini adalah melalui layanan pelanggan Veronika, yang kini mampu memberikan interaksi pelayanan yang lebih natural dan intuitif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pelanggan.

Sampai kini Telkomse juga menghadirkan Ted, sebuah Virtual Account Manager berbasis AI dengan teknologi Metahuman tercanggih, yang berperan dalam mengelola akun pelanggan bisnis dengan lebih responsif dan proaktif, menyediakan layanan dan dukungan yang unggul.

Selain itu, melalui Telkomsel Enterprise, Telkomsel juga memposisikan dirinya sebagai product powerhouse bagi TelkomGroup untuk terus mendukung transformasi digital dan menghadirkan nilai tambah bagi pelaku bisnis, korporasi, UMKM, BUMN, dan lembaga-lembaga pemerintah melalui ragam produk inovatif dan solusi digital berbasis Data dan IT Solutions, IoT, hingga pemanfaatan teknologi 5G.

Dalam upaya menerapkan proses bisnis berkelanjutan, Telkomsel konsisten berkomitmen menjalankan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) dengan menjaga keberlangsungan bisnis selaras dengan pelestarian bumi, pemberdayaan sosial, serta menciptakan ekosistem digital yang aman dan bertanggung jawab melalui ragam inisiatif.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono menambahkan, “Telkomsel sangat berterima kasih kepada para jurnalis yang selama ini telah menjadi bagian penting dalam perjalanan kami. Selama hampir tiga dekade, Telkomsel dan media telah bekerja sama dalam berbagai aspek, mulai dari pemberitaan hingga dukungan inovasi yang berkelanjutan”.

Saki menambahkan bahwa Media Gathering Nasional 2024 ini tidak hanya menjadi bentuk Telkomsel mengapresiasi rekan jurnalis dan media, tetapi juga sebagai sebuah kesempatan untuk saling berbagi wawasan dan memperkuat sinergi dalam mendorong kemajuan ekosistem digital di Indonesia. (Icha)

Indosat Resmikan Digital Intelligence Operations Center, Ini kehebatannya!

0

Telko.id –  Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan tonggak sejarah baru dalam perjalanan transformasi digitalnya melalui peresmian Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

Fasilitas termutakhir Digital Intelligence Operations Center ini menandai kemajuan signifikan bagi komitmen Indosat menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligene/AI) dalam memberikan pelayanan terbaik bagi lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia.

DIOC diresmikan oleh Vikram Sinha, President Director and CEO, Indosat Ooredoo Hutchison, beserta jajaran manajemen dan komisaris Indosat Ooredoo Hutchison, serta Simon Lin, President Huawei Asia-Pacific Region dan jajarannya. Peresmian ini juga sekaligus menegaskan kerja sama strategis antara kedua belah pihak.

DIOC didirikan sebagai pusat operasi jaringan Indosat untuk menyediakan real-time insights dan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC).

Baca juga : Indosat Kenalkan Solusi AI Untuk Revolusi Industri Hulu Migas Indonesia

“Digital Intelligence Operation Center menandai babak baru dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis AI. Mellaui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan,” kata Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram pun menyebutkan bahwa integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta, menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan.

“Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital,” ujar Vikram menambahkan.

Keunggulan fungsi DIOC dalam memberikan Real-time Network Insights, memungkinkan Indosat beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan.

DIOC juga menyediakan End-to-End Service Management, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

Kemampuan DIOC untuk mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir mendorong Data-Driven Innovation yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan, serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.  

Peresmian ini juga memperkuat kemitraan antara Indosat dan Huawei, dengan tujuan bersama untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta unggul bagi masa depan digital Indonesia.

Solusi ICT canggih dan kepemimpinan teknologi Huawei akan membantu Indosat membangun jaringan yang berorientasi masa depan, otomatis, dan cerdas, memastikan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan digital pelanggan yang dinamis.

“Peresmian Digital Intelligence Operations Center (DIOC) Indosat merupakan pencapaian yang luar biasa, menandai era baru kerja sama dalam mengembangkan pusat inovasi dan menyambut manajemen jaringan cerdas,” kata Simon Lin, President of Huawei Asia-Pacific Region.

Ia juga menyatakan bahwa kolaborasi ini didasarkan pada kemitraan strategis jangka panjang Huawei dengan Indosat, yang menjadi bukti komitmen bersama untuk terus memberikan pengalaman jaringan yang luar biasa.

“Sebagai inovator teknologi, pelopor industri, dan kontributor lokal yang berakar di region, Huawei berkomitmen untuk memanfaatkan solusi inovatif kami guna membantu pelanggan kami mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan dan daya saing. Bersama-sama, kita membentuk masa depan yang lebih digital, terhubung, dan cerdas untuk Indonesia,” ungkap Simon menambahkan.

Indosat telah mencapai hasil signifikan dalam transformasi digitalnya dan mencapai hasil yang signifikan. Dalam kolaborasinya dengan Huawei melalui pusat layanan dan operasi terkelola, Indosat berhasil melakukan konsolidasi jaringan berfokus pada pengalaman dan secara signifikan meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pengguna.

Pengujian independen pihak ketiga menunjukkan peningkatan substansial Indosat di daerah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, di mana kecepatan unduh meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun (YoY), meningkat 44,1% YoY di daerah pedesaan, 43,5% YoY di daerah perkotaan, dan 43,9% YoY di daerah pinggiran kota, berkontribusi pada kepuasan pelanggan dan kinerja jaringan yang lebih tinggi. Indosat juga meningkatkan cakupan populasi hingga 12,7 juta penduduk.

Penerapan strategi transformasi jaringan dan adopsi teknologi mutakhir yang didukung oleh kolaborasi kuat dengan mitra global sangat penting untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan.

Indosat dan Huawei telah memulai perjalanan kolaborasi untuk memperdalam kerjasama, dengan fokus pada infrastruktur jaringan, operasi jaringan, dan pengembangan talenta.

Indosat juga menciptakan lingkungan terbuka dan kolaboratif dengan bekerja sama dengan organisasi internasional seperti TM Forum untuk mendorong inovasi dan mengeksplorasi kasus penggunaan baru dengan pemimpin industri global lainnya.

“Seiring Indosat terus menerapkan teknologi inovatif seperti digital twin networks, AI/ML, dan otomatisasi, kami tetap berkomitmen untuk menjadi katalisator masa
depan digital Indonesia. Dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas dan adopsi teknologi generasi berikutnya, Indosat bertujuan untuk menghubungkan individu, bisnis, dan segala sesuatu di antaranya, membuka potensi digital di seluruh Indonesia,” tutup Vikram. (Icha)