Telko.id – Perseteruan antara China dan Amerika terkait Artificial Intellegence tidak berhenti begitu saja dengan turunnya harga saham Nvidia. Sekarang Amerika memangkas pasokan chip untuk pengembangan DeepSeek di China.
Taiwan Semiconductor Manufacturing Company atau TSMC sebagai produksen untuk chip AI-nya untuk perusahaan China tidak boleh melayani pesanan chip dengan proses 16nm kebawah dari perusahaan desainer chip asal negara Tiongkok.
Namun, desainer chip Fabless asal China tetap bisa memesan chip kepada TSMC dengan fabrikasi dibawah 16nm dengan syarat – syarat yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Amerika Serikat.
Saat ini, perusahaan Fabless hanya dapat mendesain chip tersebut namun tidak memiliki fasilitas untuk memproduksi chip sendiri.
Disitulah TSMC memainkan tugasnya. Fabless hanya dapat menggunakan fasilitas chip Outsourced Semiconductor Assembly and Test (OSAT) yang memiliki izin dari pemerintah Amerika.
Amerika juga memberikan sebuah larangan untuk mengekspor chip dengan jumlah transistor lebih dari 30 miliar dan yang menggunakan proses 16nm kebawah.
Perusahaan yang memiliki lisensi khusus dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat, Taiwan, ataupun negara sekutu Amerika baru dapat melakukan ekspor tersebut dengan penjagaan yang ketat.
Disisi lain DeepSeek R1 selama ini menggunakan 2.048 GPU Nvidia H800. GPU ini dibuat menggunakan prosesn 4nm dan disebut memiliki 80 miliar transistor di setiap chipnya. Karena Nvidia H800 ini melewati batas transistor dan proses fabrikasi yang hanya boleh 16nm, sekarang DeepSeek harus mempunyai lisensi terkait penggunaan GPU tersebut.
Hal tersebut membuat FBI dan Pemerintah Amerika Serikat kini menginvestigasi bagaimana cara DeepSeek dapat membeli chip tersebut. Salah satu dugaannya adalah DeepSeek menggunakan perusahaan pihak ketiga asal Singapura untuk membeli chip tersebut dari Nvidia.
Pemerintah Amerika sudah meminta TSMC untuk memberhentikan pengapalan chip AI ke konsumennya yang berasal dari China, karena telah ditemukan salah satu chip dari TSMC pada prosesor milik Huawei.
Tantangan ini menjadi yang utama karena chip ini sangat dibutuhkan untuk melakukan pengembangan DeepSeek lebih lanjut lagi. Sebelumnya DeepSeek mengaku telah mendapatkan stok Nvidia A100 sebanyak 10.000 hingga 50.000 unit sebelum larangan tersebut diluncurkan oleh Pemerintah Amerika.
Beberapa AI di Barat menggunakan sekitar 16.000 chip canggih, namun DeepSeek hanya menggunakan 2000 chip canggih untuk melatih model AI mereka. Hal ini lah yang membuat produk mereka lebih murah.
“Larangan dari Pemerintah Amerika ini memaksa perusahaan – perusahaan China untuk berinovasi.” ujar Marina Zhang, seorang professor asosiasi di University of Technology Sydney. Hal ini memaksa para produsen untuk melakukan lebih banyak dengan sumberdaya yang lebih sedikit.
“Meskipun pembatasan ini menimbulkan tantangan, mereka juga dapat memacu kreativitas dan ketahanan, sejalan dengan tujuan kebijakan China yang lebih luas untuk mencapai kemandirian teknologi.” (AGI/Icha)
Telko.id – Sebagai device yang menjadi True AI Companion buat keseharian pengguna, Galaxy S25 Series dilengkapi banyak fitur Galaxy AI terbaru yang semakin inovatif dan intuitif dalam memahami kebiasaan penggunanya.
Hal ini menjadikannya perangkat andalan yang mampu meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan keseruan dalam setiap momen bahkan saat kamu harus juggling di banyak pekerjaan atau aktivitas.
Berbagai fitur Galaxy AI terbaru di Galaxy S25 Series pun benar-benar menunjukkan kapabilitasnya, seperti yang dirasakan Public Figure, Dian Sastrowardoyo. Inovasi AI ini membantu Dian berpindah dari satu tugas ke tugas lain dengan lebih cepat dan efisien.
“Galaxy S25 Series benar-benar bikin segalanya jadi lebih gampang dan cepat. Cocok banget buat sosok Team Galaxy kita, Dian Sastrowardoyo yang memiliki banyak aktivitas dan harus sibuk juggling dari satu kesibukan ke yang lainnya,” kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.
Apalagi, Galaxy AI terbaru kami hadirkan dengan konsep Human-like AI Agent yang mampu menjadi asisten pintar yang diandalkan.
“Berbagai perintah bisa kamu sampaikan dengan sederhana melalui bahasa keseharian tanpa perlu ribet dan Galaxy AI akan langsung membantu mengerjakan banyak hal,” kata Verry menambahkan.
Shortcut terbaik pakai Galaxy AI, cepat dan lincah
Sebagai seorang aktor, sutradara, produser, dan terkadang ada saatnya mengajar, Dian Sastrowardoyo merasakan langsung bagaimana smartphone memudahkan setiap aktivitasnya, apalagi Dian sudah lama menggunakan lineup dari seri Galaxy S terdahulu.
Saat akhirnya Dian mencoba Galaxy S25 ini, Dian benar-benar merasakan pengalaman baru dan terfavorit baginya.
Salah satu fitur yang berguna buat kesehariannya dan baru dirasakan ialah Now Bar dan Now Brief. Kedua fitur ini dalam sekejap menjadi andalan Dian untuk mempermudah kesehariannya yang sibuk. Apalagi kalau dirinya harus traveling untuk pekerjaan maupun liburan bersama keluarga.
Fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi penting seperti jadwal penerbangan, rekomendasi tempat wisata, dan cuaca secara praktis tanpa berpindah aplikasi.
Dengan begitu, dia bisa menyusun itinerary dan mendapatkan reminder secara mudah tanpa harus repot-repot mengklik banyak aplikasi.
Fitur Now Brief memudahkan pengguna untuk bisa mendapatkan informasi atau reminder aktivitas keseharian
“Now Brief dan Now Bar sekarang jadi fitur wajib buat aku saat lagi traveling. Semua itinerary dan reminder bisa diakses dengan lebih intuitif. Bahkan, insight aktivitas harian langsung muncul tanpa perlu buka aplikasi,” kata Dian.
Bukan cuma itu saja, Galaxy AI terbaru yaitu AI Select dan Best Face juga menjadi favorit Dian. AI Select memberi lebih banyak opsi dan shortcut dalam menggunakan device, sementara Best Face memastikan hasil foto terbaik dengan memanfaatkan Motion Photo tanpa kehilangan momen penting.
Fitur Best Face menjadi salah satu fitur andalan Dian saat selfie, maupun saat mengabadikan momen bersama orang tersayang
Dengan demikian, Dian bisa memilih hasil foto dengan wajah terbaik dan nggak perlu khawatir ada foto yang nggak maksimal. Dengan fungsi-fungsi tersebut, Galaxy AI jadi memberikan lebih banyak shortcut baru buat Dian yang belum pernah dirasakan sebelumnya.
Melakukan berbagai pekerjaan jadi hassle-free tanpa kerepotan, inovasi AI yang mengesankan
Perkembangan AI semakin adaptif dan kontekstual juga direspons positif oleh banyak pihak, termasuk salah satunya AI Expert, Tommy Teja.
Menurut dia, integrasi AI ke dalam smartphone yang esensial bagi kehidupan sehari-hari masyarakat membuat inovasi yang dihadirkan Samsung semakin relevan dan bermanfaat bagi pengguna.
Tommy Teja, AI Expert, tampil dengan Galaxy S25 Ultra di tangan, siap merasakan kecanggihan Galaxy AI
Galaxy S25 Series menawarkan tiga pendekatan utama dalam teknologi AI, yaitu AI on-device, AI on-cloud, dan Hybrid AI. AI on-device memungkinkan penggunaan fitur AI secara langsung tanpa koneksi internet, sehingga menjaga privasi dan kecepatan respons.
AI on-cloud memberikan daya komputasi yang lebih besar untuk pemrosesan kompleks dengan hasil yang lebih akurat, sementara Hybrid AI menggabungkan keunggulan keduanya untuk performa dan efisiensi yang optimal.
Menurut Tommy, salah satu fitur yang menjadi lompatan besar dari inovasi AI adalah Seamless Action Across Apps. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah melakukan berbagai hal baru, cukup dengan satu perintah.
Misal saat sedang traveling, kita bisa menemukan rute terbaik ke lokasi yang belum pernah dikunjunginya dan mengirimkannya ke teman hanya dengan satu prompt, tanpa perlu berpindah aplikasi.
Kemampuan AI nantinya akan melakukan beberapa tasks tersebut dan memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih seamless.
Aktivitas yang melibatkan lintas aplikasi menjadi lebih mudah dilakukan berkat fitur Seamless Actions Across Apps
Tommy juga menjelaskan bahwa integrasi lintas aplikasi seperti ini merupakan langkah maju dalam pengalaman pengguna.
“Biasanya, pengguna harus berpindah-pindah aplikasi untuk mencari informasi, menyalin, dan membagikannya. Proses ini tidak hanya memakan waktu tetapi juga bisa mengganggu alur kerja,” kata Tommy.
Apalagi, dengan AI yang dapat memahami konteks dan mengeksekusi berbagai tugas dalam satu alur, AI mengurangi cognitive load, dimana pengguna tidak perlu berpikir panjang atau membuka banyak aplikasi untuk aktifitas mereka.
“Bagi saya, ini adalah implementasi AI yang sangat ideal, efektif tanpa terasa ‘dipaksakan’, karena fungsinya memang natural untuk membantu pengguna dalam keseharian, dan Samsung berhasil menghilangkan hambatan ini dan menghadirkan efisiensi nyata dalam interaksi digital,” ujarnya.
Menariknya, sejak 7 Februari 2025 kemarin Samsung memperluas penggunaan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia untuk bisa digunakan ke dalam fitur tersebut.
Fleksibilitas AI ini sangat membantu pengguna. Fitur lain misalnya juga seperti Call Transcript yang bisa menerjemahkan percakapan dalam lebih dari 20 bahasa, komunikasi bisa jadi lebih mudah di berbagai situasi, baik saat memesan makanan di restoran, mencari arah, atau membaca papan petunjuk di negara asing.
Dengan adanya semua benefit tersebut, yang membuat Tommy benar-benar terkesan adalah karena Samsung tidak mengabaikan faktor keamanan data pengguna.
“Kalau Galaxy S25 Series saya percaya telah memberikan sistem yang cukup kuat untuk memberikan ketenangan bagi penggunanya, jadi gak perlu khawatir soal kebocoran data. Saya lihat Samsung sangat serius untuk terus mengembangkan fitur Samsung Knox yang memberikan proteksi keamanan data extra sehingga membuat smartphone dijamin aman dari serangan hacking dan malware,” ucap Tommy.
Siap Hidup Lebih Smart Seperti Dian Sastro dan Tommy Teja?
Beli Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25 sekarang langsung di toko online maupun offline! Selama periode 14 Februari hingga 14 Maret 2025, ada berbagai bonus eksklusif senilai hingga 4,5 juta rupiah.
Promo tersebut yaitu trade in cashback senilai Rp.2000.000, cashback pembelian wearables senilai Rp.1.000.000,- dan Bank partner cashback hingga Rp1.500.000.
Untuk konsumen yang ingin lebih worry-free selama menggunakan device mereka, Samsung juga memberikan diskon hingga 40% untuk pembelian Samsung Care+ yang akan berlaku hingga 2 tahun.
Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black.
Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.
Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000). Galaxy S25 tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000).
Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)
Telko.id – Samsung Galaxy A06 kini hadir dengan varian memori yang lebih besar pada 6/128GB, serta pilihan warna baru Light Green yang modern dan kece, memberikan lebih banyak pilihan untuk pengguna yang menginginkan perangkat andal untuk keseharian.
“Galaxy A06 yang pasti beneran aman kini tersedia dengan pilihan RAM yang dapat ditingkatkan hingga 12GB, didesain untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin dinamis,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.
Apalagi, menurut Ricky, pengguna dapat menjalankan lebih banyak aplikasi, menyimpan berbagai file penting, hingga menikmati berbagai konten sosmed maupun hiburan tanpa hambatan atau lag.
“Ditambah dengan warna baru Light Green yang kekinian, pengguna tidak hanya mendapatkan perangkat yang aman dan mumpuni, tetapi juga maksimal mengekspresikan gaya mereka,” ujar Ricky.
Nah apa saja kelebihan dari peningkatan memori dan warna baru ini?
Performanya Pasti Makin Maksimal
Varian RAM terbaru pada Galaxy A06 yang dapat ditingkatkan dengan RAM Plus hingga 12GB membantu saat membuka beberapa aplikasi agar dapat berjalan lancar, terutama yang butuh alokasi memori yang besar dan mengurangi insiden aplikasi tiba-tiba berhenti atau crash.
Peningkatan RAM pada Galaxy A06 juga memungkinkan pengguna menjalankan lebih banyak aplikasi di latar belakang tanpa menutupnya, sehingga pengguna bisa berpindah aplikasi-aplikasi penting dengan lebih cepat.
Ini pun didukung kapasitas penyimpanan internal hingga 128GB, yang bisa diperluas dengan kartu MicroSD hingga 1TB, agar tidak perlu lagi menghapus aplikasi atau isi galeri saat ingin menambah aplikasi baru atau mengambil konten sosmed.
Performa tetap lancar, tanpa perlu khawatir lagi kehabisan ruang atau lemot saat menjalankan aplikasi. Baterai nya pun juga sudah 5000mAh yang besar untuk tahan sampai seharian.
Ponselnya Pasti Beneran Aman
Bayangkan kamu tidak sengaja membuka iklan atau file yang kamu tidak tahu isinya, dan ternyata itu adalah APK pengambil data.
Hal ini dapat dicegah pada Galaxy A06 karena sudah dilengkapi dengan fitur Auto Blocker untuk mencegah APK tersebut diinstall di ponsel, sekalipun kamu telah men-downloadnya. Caranya, buka menu Settings – Security and Privacy – Auto Blocker, pastikan Auto Blocker kamu dalam keadaan “ON”.
Galaxy A06 juga telah dilengkapi Knox Vault yang mendukung Secure Folder, yang bisa menjaga data penting di smartphone kamu agar tidak dibobol. Kamu bisa menyimpan berbagai aplikasi penting seperti mobile banking agar tetap terlindungi secara maksimal dalam ruang Secure Folder.
Warna Baru yang Pasti Keren
Galaxy A06 kini hadir dalam varian warna baru yang memberikan opsi yang sesuai dengan gaya pribadi kamu. Setelah Blue Black dan Light Blue, smartphone ini sekarang sudah hadir dengan pilihan warna Light Green, atau hijau muda yang pasti memberikan nuansa segar di genggamanmu.
Desainnya yang elegan dan profil yang ramping
Dengan ketebalan 8mm, yang lebih ramping dari pendahulunya, Galaxy A06 memberikan pengalaman penggunaan sehari-hari yang lebih baik, lebih nyaman digenggam, lebih mudah disimpan dan perangkat lebih ergonomis untuk aktivitas sehari-hari seperti menonton video atau gaming.
Pilihan Ideal di Harga Pasti Terjangkau
Galaxy A06 adalah jawaban bagi yang menginginkan smartphone dengan performa mulus, daya tahan tinggi, dan harga yang tetap ramah di kantong. Mulai 17 Februari 2025, Galaxy A06 (6/128GB) tersedia di toko offline maupun online di Indonesia pada harga Rp 1.999.000, dengan bonus Travel Adapter 25 Watt senilai Rp 299.000. (Icha)
Telko.id – Honor, merek teknologi global dengan inovasi mutakhir yang berfokus pada pengguna, mengumumkan tanggal peluncurannya di Indonesia yang akan diselenggarakan pada 26 Februari 2025.
Kehadirannya akan menjadi tonggak baru bagi Honor untuk memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia melalui berbagai solusi dan perangkat pintar yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang mulus dan komprehensif.
Apa yang ditawarkan Honor adalah wujud dari komitmennya pada riset dan pengembangan dalam merancang produk berkualitas tinggi yang mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pengguna.
Peluncuran ini menjadi momen yang dinantikan oleh para penggemar teknologi yang ingin mengeksplorasi inovasi terbaru dari Honor.
“Kami sangat antusias meluncurkan Honor di Indonesia,” ujar Justin Li, President of Honor South Pacific.
“Melihat tingginya minat konsumen terhadap produk teknologi berkualitas, kami ingin menjawab setiap kebutuhan konsumen melalui produk-produk inovatif yang mampu melampaui ekspektasi mereka,” ujar Justin menambahkan.
Ia pun menjelaskan bahwa setiap produk Honor di Indonesia dirancang untuk bisa memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitas harian, baik itu meningkatkan produktivitas maupun kreativitas.
Hadirnya Honor bukan hanya tentang pengenalan produk, tetapi juga bagian dari upaya membangun komunitas dan masa depan teknologi yang lebih memberdayakan manusia di berbagai aspek kehidupan.
Honor Hadir di Indonesia
Fase pertama peluncuran produk Honor di Indonesia dijadwalkan dimulai pada kuartal pertama 2025. Selain itu, Honor juga berencana akan membuka lebih dari 10 HONOR experience stores di seluruh Indonesia pada tahun pertama.
“Kami melihat Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, karena itulah Indonesia menjadi salah satu pasar utama kami,” ungkap Justin.
Ia pun menambahkan bahwa Honor berkomitmen untuk tumbuh bersama pasar Indonesia dalam jangka panjang, berkolaborasi dengan semua mitra lokal kami untuk membangun ekosistem produk dan layanan yang lengkap dan menyeluruh bagi konsumen di sini.
Lebih lanjut, Justin mengungkapkan, Seiring dengan pertumbuhan pesat kalangan kelas menengah di Indonesia, permintaan untuk produk kelas menengah premium yang menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa akan terus bertumbuh.
Perusahaan asal China ini siap dan berada di posisi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan ini melalui portofolio produk inovatif dan luas yang mencakup berbagai kategori.
“Saat ini, Honor merupakan salah satu merek dengan pertumbuhan tercepat di Malaysia, Singapura, dan Filipina, terutama di segmen menengah premium. Kami berkomitmen untuk menerapkan semua yang telah kami pelajari dari pasar-pasar tersebut dalam membangun kehadiran kami di sini,” tambah Li.
Untuk memberikan pengalaman belanja offline dan online yang berkualitas bagi konsumen di Indonesia, perusahaan akan bermitra dengan sejumlah peritel lokal dan platform e-commerce.
Selain itu, perusahaan juga akan mengoperasikan delapan pusat layanan di berbagai wilayah untuk menyediakan layanan perbaikan dan purna jual kepada para pengguna di Indonesia.
Saat ini, Honor juga bekerja sama dengan mitra lokal untuk memproduksi produk secara domestik, sebagai langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan konsumen di masa mendatang.
Ekspansi ke Indonesia menegaskan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam memperluas jaringan globalnya dan memperkuat eksistensinya di wilayah ini.
Pada bulan Desember, untuk pertama kalinya, penjualan secara global mencapai lebih dari 50%. Berdasarkan data dari Canalys, perusahaan juga berhasil menduduki peringkat lima besar di pasar global untuk produk high-end dengan harga di atas Rp 9 jutaan pada kuartal ketiga tahun 2024.
Sebagai merek yang berpusat pada pelanggan, perusahaan asal China ini mengalokasikan lebih dari 11% pendapatan tahunannya untuk research & development, serta berkomitmen memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi kepada konsumen di seluruh dunia.
Sejarah Honor
Honor didirikan pada tahun 2013 sebagai sub-brand dari Huawei. Tujuan awalnya adalah untuk menyasar pasar generasi muda dengan menghadirkan perangkat yang stylish, terjangkau, namun tetap mengusung teknologi terkini.
Dalam waktu singkat, perusahaan berhasil mencuri perhatian melalui produk-produknya yang inovatif, seperti smartphone, wearable devices, dan perangkat IoT.
Pada tahun 2020, perusahaan resmi berpisah dari Huawei dan menjadi entitas independen. Langkah ini diambil untuk menghindari dampak pembatasan dagang yang dikenakan pada Huawei oleh pemerintah Amerika Serikat.
Sejak itu, perusahaan terus mengembangkan produknya secara mandiri, bekerja sama dengan berbagai mitra teknologi global untuk memperkuat posisinya di pasar internasional.
Lalu, apakah Honor akan mampu bersaing di kancah perdagangan smartphone di Indonesia yang cukup pelik ini? (Icha)
Telko.id – PT Tera Data Indonusa Tbk melalui brand Axioo baru saja meluncurkan laptop terbaru nya yakni Axioo Hype R, yang merupakan laptop tipis dan ringan di bawah 1 kg untuk versi layar OLED.
Laptop ringan ini menawarkan fleksibilitas dan portabilitas yang lebih baik dibandingkan laptop konvensional sehingga mudah dibawa kemana saja, memungkinkan pengguna untuk tetap produktif dan terhubung tanpa batasan tempat.
Karena memang, laptop ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi muda seperti pelajar, mahasiswa, pekerja profesional, digital nomad, dan traveller yang mendambakan perangkat ringan, stylish, namun tetap memiliki spek performa tinggi.
Setiap kelompok ini memiliki kebutuhan unik yang dapat dipenuhi oleh laptop ringan dengan kemampuan yang mumpuni.
Axioo memahami bahwa laptop ringan tidak boleh mengorbankan performa. Sehingga walaupun ringan, performa laptop ini tetap dilengkapi spesifikasi optimal untuk menjalankan berbagai aplikasi dan tugas sehari – hari.
Kenapa bisa ringan? Karena laptop ini sudah menggunakan material Magnesium Alloy dan Aluminium Alloy untuk menciptakan laptop ringan yang tetap memberikan kekuatan dan ketahanan yang baik pada laptop Axioo Hype R.
Untuk seri Axioo Hype R ini, Axioo mengeluarkan 2 versi yang dapat dipilih oleh pengguna yaitu layar 14” versi OLED dan FHD IPS, dengan 2 pilihan prosesor, yakni prosesor Intel Core i3 – 1215U dan prosesor Intel Core i5 – 1235U.
Axioo Hype R memiliki performa yang mumpuni untuk digunakan berbagai aktivitas seperti tugas Office, YouTube, Spotify, Netflix, Zoom meeting, edit video dan gaming ringan.
Laptop Axioo terbaru ini memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 60WH dan bisa bertahan untuk penggunaan normal hingga 11 jam.
Dengan harga mulai 7 jutaan hingga 8 jutaan untuk versi OLED, Axioo Hype R memiliki beberapa pilihan storage yaitu 256GB dan 512GB M.2 NVMe Gen 4 yang cukup untuk menyimpan banyak file dan pengguna dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan (upgradable).
Untuk memori, produk ini sudah menggunakan LPDDR5 dual channel dengan kapasitas besar, mulai 12GB hingga 24GB. Menarik nya lagi, laptop ini juga sudah menggunakan modul Wi-Fi 6 yang membuat koneksi lebih stabil untuk produktivitas, streaming, gaming kasual dan kirim file besar.
Tidak hanya laptopnya yang ringan, perangkat ini juga dilengkapi lightweight charger karena menggunakan charger Type-C 65 Watt dengan ukuran 11-12 seperti charger handphone, sehingga semakin ringan untuk dibawa berpergian.
“Industri teknologi terus berkembang ke arah perangkat yang lebih kecil dan ringan. Axioo melihat tren ini untuk sekaligus memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang untuk memberikan solusi yang relevan bagi berbagai kelompok pengguna.
Axioo Hype R tetap menawarkan performa yang mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, belajar, hingga menikmati hiburan,” ucap Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnerships PT Tera Data Indonusa, Tbk.
Axioo memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat memberikan kemudahan untuk memiliki produk Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum.
Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yakni tukar tambah laptop lama ke unit baru laptop Axioo. Untuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service.
Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.
Program menarik lainnya yaitu Axioo Accidental Damage Protection Extra yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.
Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.
Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection Extra terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.
Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.
Untuk setiap pembelian Axioo Hype R, akan mendapatkan hadiah langsung laptop sleeve dan pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 1 tahun.
Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 184 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. Laptop ini dapat diperoleh melalui online store resmi Axioo dan di toko – toko dealer terdekat.
20 Tahun Axioo
PT Tera Data Indonusa Tbk (IDX:AXIO) merupakan perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional dengan lebih dari 30 tahun pengalaman yang berkomitmen menyediakan produk-produk yang Innovative Yet Affordable (IYA) .
PT Tera Data Indonusa Tbk merupakan satu dari merek IT Nasional di Indonesia yang memiliki ‘Integrated Facility’ di mana kantor pusat, pabrik, R&D dan Service Center berada di satu tempat.
Selama 20 tahun Axioo menemani masyarakat Indonesia, Axioo telah membuktikan komitmennya dengan menciptakan 376 jenis produk, dengan total 4.515 varian produk.
Axioo telah menghasilkan ribuan produk terbaiknya karena memahami kebutuhan perangkat yang berbeda – beda dari masyarakat. (Icha)
Telko.id – Oppo Indonesia menebar kebahagiaan di Hari Valentine melalui program #ValentineDayWithOPPO.
Melalui program ini, Oppo tidak hanya memberikan tambahan cashback untuk pembelian perangkat terbaru, tetapi juga menawarkan keuntungan eksklusif, OPPO Valentine Booth di stasiun LRT, dan pengalaman unik melalui Flower Workshop yang diadakan di OPPO Gallery dan OPPO Experience Store.
Dalam rangka program #ValentineDayWithOPPO, konsumen yang melakukan pembelian perangkat Reno13 Series dan Find X8 Series terbaru akan langsung mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp214.000.
Program ini berlaku di Oppo Gallery, Oppo Experience Store, Oppo Brand Store, dan toko rekanan resmi Oppo di seluruh Indonesia, serta tersedia di Oppo Online Store dan e-commerce terkemuka di Indonesia.
Selain itu, bagi konsumen yang menggunakan cicilan kartu kredit UOB, tersedia penawaran menarik berupa diskon tambahan sebesar Rp288.000 untuk pembelian perangkat Reno Series dengan minimal transaksi Rp6.000.000 (untuk 30 konsumen pertama), dan diskon tambahan sebesar Rp588.000 untuk pembelian perangkat Find X8 Series dengan minimal transaksi Rp9.000.000 (untuk 50 konsumen pertama).
Keuntungan Eksklusif untuk Konsumen Reno13 Series & Find X8 Series
Oppo menghadirkan berbagai keuntungan eksklusif bagi konsumen yang membeli Reno13 Series, berupa Reno Refresh Service, perlindungan Oppo Care selama satu tahun.
Selain itu juga ada cashback hingga Rp750.000 dengan cicilan 0% hingga 12 bulan dari bank partner, cicilan dengan 0% bunga, tanpa DP, tanpa biaya admin, serta free cicilan hingga 3x, voucher Umrah senilai Rp2.000.000 dari SmailingTour, voucher eksklusif dari MyOPPO, dan paket data spesial.
Untuk Find X8 Series, konsumen dapat menikmati keuntungan eksklusif seperti perlindungan Oppo Care selama 1 tahun, cashback hingga Rp1 juta dari bank partner, cicilan 0% hingga 12 bulan, dan voucher belanja senilai Rp2 juta yang dapat ditukarkan melalui aplikasi My Oppo
Flower Workshop: Merangkai Momen Valentine
Untuk semakin memeriahkan suasana Valentine, OPPO menghadirkan Flower Workshop, sebuah kelas merangkai bunga yang berlangsung pada 14–16 Februari 2025.
Acara ini bukan sekadar workshop biasa, tetapi sebuah pengalaman interaktif yang memungkinkan peserta mengekspresikan kreativitas mereka dalam merangkai bunga, sekaligus menikmati momen spesial bersama orang terkasih.
Melalui kegiatan ini, Oppo ingin menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen dengan menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan bermakna.
Workshop ini juga dirancang untuk memberikan inspirasi serta sentuhan romantis di Hari Valentine, mencerminkan filosofi Oppo dalam menggabungkan teknologi dan gaya hidup yang lebih humanis.
Tak hanya mendapatkan pengalaman kreatif, peserta juga akan membawa pulang merchandise eksklusif dari Oppo sebagai kenang-kenangan dari acara ini. Kegiatan ini diadakan di berbagai lokasi, memberikan kesempatan bagi lebih banyak konsumen untuk merasakan langsung keseruan #ValentineDayWithOPPO:
Oppo Gallery Gandaria City : Pukul 15.00 – 16.00 WIB
Oppo Experience Store Trans Studio Bandung : Pukul 15.00 – 16.00 WIB
Oppo Valentine Booth Meriahkan Stasiun LRT
Oppo Valentine Booth juga turut memeriahkan hari kasih sayang di tiga stasiun LRT Dukuh Atas, Kuningan, dan Cawang selama periode 14 hingga 16 Februari 2025.
Pengunjung LRT dapat mengabadikan momen seru di booth interaktif OPPO dan mengunggahnya di Instagram atau X/Twitter, kemudian pengunjung dapat langsung menerima bunga sebagai tanda apresiasi.
Serta mendapatkan voucher dan produk eksklusif dari partner OPPO seperti Golden Lamian, KitKat, Rahasia Beauty, dan Y.O.U.
Tak hanya itu, konten terbaik akan berkesempatan memenangkan 1 unit Reno13 F terbaru. Oppo Valentine Booth menghadirkan pengalaman interaktif yang memadukan teknologi dan kreativitas dalam satu momen penuh cinta.
Melalui rangkaian acara dan program menarik dalam #ValentineDayWithOPPO, Oppo Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan inovasi dan pengalaman yang lebih dari sekadar teknologi.
Dengan berbagai penawaran menarik, Oppo Valentine Booth, dan aktivitas interaktif seperti Flower Workshop, Oppo ingin menjadikan setiap momen lebih bermakna dan membangun kedekatan yang lebih erat dengan para konsumennya. (Icha)
Telko.id – Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2025 tentang Efisiensi Belanja dalam Pelaksanaan APBN dan APBD TA 2025, anggaran Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) pun melakukan beberapa penyesuaian.
Pasalnya, efisiensi anggaran di kementerian ini sebesar Rp 3,84 triliun atau sebesar 49,57 persen dari pagu alokasi anggaran 2025. Hal ini disampaikan oleh Ismail, Sekretaris Jenderal Kementerian Komdigi
49,57 persen dari pagu alokasi anggaran 2025 “Kemkomdigi mengalami penyesuaian anggaran dengan efisiensi anggaran sebesar Rp 3,84 triliun atau sebesar 49,57 persen dari pagu alokasi anggaran 2025,” ujar Ismail yang mewakili Menkomdigi Meutya Hafid dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Komdigi membahas Efisiensi Belanja dalam Pelaksanaan APBN dan APBD TA 2025 di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (13/02/2025).
Dengan adanya efisiensi anggaran tersebut, Komdigi pun akan memberikan prioritas kepada layanan yang berdampak langsung pada masyarakat. “Melakukan penyesuaian dengan reprioritisasi pada program penyediaan layanan publik,” tegasnya.
Menurut Ismail, layanan publik itu mencakup penyediaan infrastruktur telekomunikasi yaitu Base Transceiver Station, akses internet, Palapa Ring, dan SATRIA-1.
“Selanjutnya, layanan pengelolaan spektrum frekuensi radio dan orbit satelit, layanan standardisasi perangkat telekomunikasi, pengendalian konten negatif, Pusat Data Nasional (PDN), Tata Kelola Pengendalian Penyelenggara Sistem Elektronik (TKPPSE), dan Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT),” jelasnya.
Reprioritisasi anggaran juga dialokasikan untuk Program Pembangunan SDM digital berupa literasi digital, Digital Talent Scholarship, Beasiswa S2/S3, fasilitasi ekonomi digital, serta komunikasi publik.
“Terkait dengan program prioritas yang berpotensi terdampak dari efisiensi tersebut sedang kami koordinasikan dengan Kementerian Keuangan,” tutur Ismail.
Menyikapi keterbatasan alokasi anggaran pada PAGU TA 2025, Kementerian Komdigi juga menerapkan refocussing anggaran dan reviu mendalam untuk mencegah pemborosan.
Menurut Ismail, Kementerian Komdigi juga mengupayakan pembiayaan program dengan pola kemitraan atau kerja sama pemerintah dan swasta agar program kerja menjadi lebih sustainable.
“Strategi lain dengan mengedepankan prinsip efisiensi, penguatan peran regulator dan akselerator, serta pemberdayaan ekosistem, mengusulkan kenaikan izin penggunaan PNBP, dan peningkatan PNBP BLU melalui utilisasi layanan BLU BAKTI,” jelasnya.
Dalam Raker tersebut, Ismail menyampaikan kebutuhan tambahan anggaran untuk memenuhi kewajiban serta memastikan kelangsungan operasional layanan publik yang esensial bagi masyarakat.
“Mohon dukungan Komisi I DPR untuk dapat menyetujui efisiensi anggaran dan usulan tambahan anggaran TA 2025 ini,” ungkapnya. (Icha)
Telko.id – Setelah bertahun-tahun hilang dipasaran Indonesia, Motorola akhirnya kembali secara resmi ke pasar Indonesia.
Tonggak sejarah ini bukan sekadar kembalinya merek, tetapi juga komitmen yang diperbarui untuk memberdayakan konsumen Indonesia dengan teknologi canggih yang meningkatkan pengalaman sehari-hari.
Dengan filosofi “Smarter Technology for All,” Motorola siap mendefinisikan kembali lanskap smartphone lokal dengan pendekatan yang inovatif, terpercaya, dan inklusif.
Dengan warisan panjang dalam pencapaian teknologi yang revolusioner, Motorola telah lama menjadi pemimpin dalam inovasi mobile, terus mendorong batasan untuk menantang kondisi saat ini.
DNA merek ini dibangun dengan hasrat terhadap teknologi terdepan—menghadirkan inovasi yang bermakna untuk mengubah cara orang menemukan, berbagi, dan terhubung dengan dunia di sekitar mereka.
Untuk memenuhi, persyaratan agar bisa berjualan di Indonesia, Motorola pun berinvestasi di Indonesia melalui produksi lokal dan telah bermitra dengan PTSN, salah satu produsen EMS terbesar di Indonesia.
Kemitraan ini menghadirkan peralatan manufaktur berkelas dunia, memastikan produksi berkualitas tinggi serta kapasitas untuk meningkatkan volume dan variasi produk.
Selain itu, Motorola juga melakukan produksi PCBA secara end-to-end di Indonesia, serta melokalisasi komponen penting seperti charger dan kemasan. Upaya ini menegaskan komitmen jangka panjang Motorola terhadap pasar Indonesia.
Pendekatan Motorola di Indonesia mengusung strategi ‘local for local’, yang tidak hanya berfokus pada produksi lokal, tetapi juga pada pengembangan kemitraan lokal, modifikasi perangkat lunak, aplikasi, serta tenaga kerja lokal.
Motorola telah memperoleh sertifikasi TKDN dan POSTEL dari pemerintah Indonesia, dan proses manufaktur lokal sudah berjalan penuh, siap untuk peluncuran pertama pada Februari 2025.
“Di Motorola, kami berkomitmen untuk menghadirkan produk terbaru yang inovatif dan berdesain unggulan ke Indonesia,” kata Bagus Prasetyo, Country Head of Motorola Indonesia.
Ia pun percaya bahwa dengan memanfaatkan keahlian global nya dalam desain dan inovasi produk serta menerapkan pendekatan ‘local for local’, Motorola dapat lebih baik melayani konsumen Indonesia.
Bagus pun menambahkan bahwa pendekatan ini didorong oleh investasi Motorola dalam tim lokal, manufaktur, perangkat lunak, aplikasi, komponen, dan kampanye pemasaran.
“Komitmen ini menegaskan dedikasi jangka panjang kami untuk Indonesia serta ambisi kami untuk terus berinvestasi secara berkelanjutan di pasar ini,” ujar Bagus menjelaskan.
Menurut IDC, pasar smartphone Indonesia telah mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2024 dan diproyeksikan terus berkembang selama lima tahun ke depan.
Peningkatan ini didorong oleh penetrasi internet mobile yang semakin luas, adopsi cepat platform digital dan e-commerce, serta ekspansi jaringan 5G yang terus berlangsung.
Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, membentuk kembali perilaku konsumen dan mendorong pengalaman digital baru.
Motorola memahami perubahan ini dan berdedikasi untuk menghadirkan teknologi yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga mengantisipasi kebutuhan masa depan.
Kembalinya Motorola ke Indonesia bukan sekadar ekspansi bisnis—ini adalah langkah untuk memberdayakan konsumen dengan inovasi yang bermakna dan meningkatkan produktivitas serta gaya hidup.
Lini smartphone terbaru dari Motorola dirancang bagi mereka yang menginginkan perpaduan antara gaya dan performa.
Dengan desain yang elegan, fitur canggih, dan konektivitas yang lancar, Moto smartphone terbaru akan menetapkan standar baru di industri.
“Kami telah menciptakan sesuatu yang benar-benar luar biasa untuk gaya hidup harian para konsumen di Indonesia. Bersiaplah untuk tampil dengan gaya bersama Moto smartphone terbaru kami,” tambah Bagus.
Kembalinya Motorola ke Indonesia menandai babak baru yang berani—di mana teknologi bertemu dengan aksesibilitas, inovasi mendorong konektivitas, dan setiap konsumen memiliki kekuatan untuk merasakan masa depan, hari ini. (Icha)
Telko.id – PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) pada Minggu (9/2) mengumumkan bahwa Bifrost Cable System telah berhasil mendarat di Manado.
Bifrost,merupakan sistem kabel bawah laut yang menghubungkan Singapura ke Pantai Barat Amerika Utara, dengan titik pendaratan di Jakarta, Manado, Davao, dan Guam, divisualisasikan sebagai jalan tol digital di Samudra Pasifik yang membentang lebih dari 20.000 km.
Hal ini menandai proyek inovatif yang dilakukan oleh Telin, Meta, dan Keppel, menjadikannya kabel bawah laut pertama di dunia yang secara langsung menghubungkan kedua benua melalui Laut Jawa dan Laut Sulawesi di Indonesia.
Telin telah menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan infrastruktur digital Indonesia. Lokasi strategis Manado di Indonesia timur telah dipilih sebagai titik terminasi Bifrost setelah sebelumnya berperan sebagai titik pendaratan kabel internasional SEA-US dan IGG.
Hal ini juga memiliki tujuan yang lebih luas, yaitu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik dan merangsang bisnis digital di Indonesia Timur.
“Golden Buoy dari Kabel Bifrost mewakili momen bersejarah yang memposisikan Manado sebagai gerbang internasional kedua Indonesia. Sistem Kabel Bifrost akan menjadi komponen penting dari evolusi ekonomi dan teknologi bangsa ,” kata Abdul Rahman Ansyori, CTO Telin Abdul Rahman Ansyori menjelaskan.
Bahlan menurut Abdul, dengan meningkatkan konektivitas global ini, membuka jalan bagi penerapan banyak sistem kabel masa depan Telin.
Sistem Kabel Bifrost akan memenuhi permintaan konektivitas yang berkembang pesat di Asia Tenggara, dilengkapi dengan teknologi transmisi optik bawah laut tercanggih yang akan menguntungkan berbagai industri.
Tentu saja termasuk operator telekomunikasi, hyperscaler, penyedia layanan cloud, dan pemain Data Center. Ke depannya, Telin secara aktif berpartisipasi dalam berbagai proyek infrastruktur strategis tambahan untuk meningkatkan konektivitas dan berkontribusi pada masyarakat digital global. (Icha)
Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand Tri, semakin menunjukkan kepeduliannya terhadap anak muda, khususnya Gen Z, di dunia Esports melalui ekosistem H3RO.
Di tahun 2024, H3RO sukses mengasah dan memberdayakan talenta-talenta Esports Indonesia lewat berbagai kegiatan menantang, termasuk turnamen unggulannya, H3RO Esports 5.0, yang berhasil dimenangkan oleh ONIC Esports.
H3RO bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tempat melatih talenta muda berbakat lewat sejumlah inisiatif yaitu H3RO Rookie Qualifier dan Generasi Happy School Competition.
Kedua ajang ini memberi kesempatan bagi para pemain berbakat dari seluruh penjuru Indonesia untuk bersaing di panggung nasional, H3RO Rookie Tournament.
Tahun ini, Hyperion Wanc berhasil menjuarai ajang bergengsi ini dan mendapatkan kesempatan eksklusif untuk mengasah skill mereka lebih tajam lagi di H3RO Masterclass: Elevate Your Skill with ONIC Esports, yang akan digelar pada 8-11 Februari 2025 di Kabupaten Bogor.
“Kami berkomitmen untuk memberdayakan generasi muda Indonesia, dan ekosistem H3RO adalah bukti nyata dari dedikasi tersebut. Melalui platform ini, kami membuka peluang bagi para penggemar Esports untuk mewujudkan mimpi mereka di panggung kompetisi,”kata Ritesh Kumar Singh, Director dan Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan.
Apalagi, ini sudah memasuki tahun kelima, H3RO Esports Tournament telah menjadi turnamen nasional terkemuka, diperkuat dengan kemitraan strategis bersama Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).
“Kami bangga menjadi jembatan bagi juara nasional seperti EVOS, Kuda Terbang, Bigetron, dan ONIC untuk berkompetisi di level internasional. Melalui H3RO Masterclass, kami terus mendukung pertumbuhan talenta muda dan berkontribusi pada kemajuan industri Esports Indonesia,” ujar Ritesh menambahkan.
H3RO Masterclass hadir untuk mendukung atlet Esports muda mengasah potensi mereka dengan serangkaian program spesial, di antaranya:
Coaching clinic yang dipandu oleh ONIC Esports, juara H3RO 5.0, memberikan kesempatan belajar langsung dari expert di bidangnya, melalui pelatihan intensif.
H3RO Guild Expansion, di mana para pemain ONIC Esports mengunjungi SMK Bhineka Nusantara dan SMAN 1 Cisarua di Kabupaten Bogor. Mereka akan berbagi keahlian, menginspirasi, dan mendorong siswa untuk mengejar karier gemilang di dunia Esports.
Justin Widjaja, CEO of ONIC Esports menyatakan, “ONIC Esports bangga menjadi juara H3RO Esports 5.0. Kemenangan ini menjadi tiket berharga yang membawa kami ke panggung internasional IESF World Esports Championship, di mana kami berhasil membawa trofi kemenangan”.
Justin pun berharap, langkah ini dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk berani melangkah menjadi atlet Esports dan menjaga keberlanjutan talenta berbakat yang akan terus mendorong pertumbuhan industri di masa depan.
Ekosistem H3RO hadir tidak hanya untuk mengakomodasi kompetisi Esports, tetapi juga merangkul pemain dan para penggemarnya.
Pelanggan Tri dapat membeli paket perdana H3RO Max dan paket isi ulang H3RO Unlimited melalui aplikasi bima+, 3Store, gerai terdekat, atau platform e-commerce terkemuka. (Icha)