spot_img
Latest Phone

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...

Garmin Dorong Gaya Hidup Aktif di Hari Olahraga Nasional 2025

Telko.id - Garmin mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya...

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...
Beranda blog Halaman 1304

Ayopop Kini Fokus Sebagai Platform Pembayaran Tagihan

0

Telko.id – Dalam era digital seperti sekarang, banyak kemudahan yang ditawarkan. Begitu juga untuk melakukan pembayaran berbagai macam tagihan. Tidak lagi perlu keluar rumah. Semua nya bisa dilakukan melalui smartphone. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Ayopop.

Apliksi Ayopop, keluaran dari Ayopop Teknologi Indonesia ini merupakan platform pembayaran tagihan. Di mana, dengan mengunduh aplikasi Ayopop di PlayStore dan AppStore, pengguna dapat melakukan beragam pembayaran seperti tagihan air, listrik, internet, voucher game, pulsa prabayar hingga iuran pendidikan.

Layanan ini sebenarnya merupakan modifikasi bisnis dari yang sebelumnya. Di mana, sebelumnya Ayopop sempat melakukan percobaan kolaborasi dengan pihak ketiga untuk memberikan lead generation (prospek pengguna) dalam pinjaman dana pendidikan.

Dimana, Ayopop mengumpulkan data pengguna Ayopop yang tertarik melakukan pinjaman dana pendidikan, kemudian diberikan kepada pihak ketiga (atas persetujuan pengguna tersebut) untuk proses pengajuan pinjaman. Keputusan diterima/ditolak, besarnya pinjaman yang disetujui serta pencairan pinjaman dilakukan oleh pihak ketiga tersebut bukan oleh Ayopop.

Namun, pola bisnsi yang dilakukan tersebut tergolong fintech Peer to Peer Lending. Yang oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, yang tertuang dalam himbauannya tanggal 27 Juli 2018 lalu agar masyarakat tidak menggunakan layanan fintech Peer to Peer Lending tidak berizin. Salah satunya adalah Ayopop.

Itu sebabnya, Ayopop Teknologi Indonesia diwakili oleh direktur dan staff awal minggu ini bersilahturahmi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan Divisi Waspada Investasi dan Divisi Fintek P2P untuk lebih mendalami apakah bisnis model lead generation diizinkan.

Menurut Direktur PT Ayopop Teknologi Indonesia, Chiragh Manuhar, “Dari pertemuan tersebut, Ayopop menyadari bahwa untuk menjalankan hal ini pihak Ayopop harus mendapatkan izin terlebih dahulu agar tidak berpotensi merugikan masyarakat”.

Akhirnya, sejak 16 Agustus 2018, Ayopop telah menghentikan model bisnis lead generation untuk pinjaman dana pendidikan. Pihak Ayopop berterima kasih untuk dukungan OJK yang memiliki misi untuk bisa memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan terhadap masyarakat Indonesia.

Namun, bisnis harus tetap berjalan. Ayopop pun memilih untuk mempergunakan aplikasi yang dimiliki untuk menjadi sistem pembayaran tagihan dan membantu orangtua murid dalam melakukan pembayaran iuran bulanan sekolah, universitas, dan lainnya. “Itulah yang menjadi fokus bisnis kami ke depan,” ujar Chiragh. Tidak lagi memberikan akses pinjaman dana.

Chiragh juga memaparkan bahwa “Ke depannya, Ayopop juga akan menyediakan akses pembayaran yang lebih mudah kepada masyarakat di Jawa dan luar Jawa untuk melakukan pembayaran melalui 125.000 lokasi pembayaran melalui channel partner”. (Icha)

 

Paket Hot Deals, Bentuk Dukungan Telkomsel Untuk Pariwisata Indonesia

0

Telko.id – Destinasi wisata di Indonesia memang terkenal luar biasa. Setiap daerah nya memiliki ciri khas nya masing-masing dan perlu dipromosikan lebih gencar lagi agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan asing yang datang.

Namun, bukan hanya itu saja, Indonesia pun, melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, meningkatkan layanannya, terutama layanan telekomunikasi bagi wisatawan agar lebih nyaman dalam berkomunikasi. Untuk itu, Kemenpar menggandeng Telkomsel sebagai telco co-branding partner untuk mendukung program ‘Visit Wonderful Indonesia’.

Foto : Hendra Wiradi/Telset

Visit Wonderful Indonesia sendiri merupakan program kerja Kemenpar  di tahun 2018 yang menaungi berbagai inisiatif dari industri terkait, dan memiliki target untuk membantu mendatangkan sebanyak 17 juta wisatawan mancanegara di tahun 2018, dan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019.

Kerjasama ini diterjemahkan dalam bentuk paket pariwisata HOT DEALS, berisi paket pariwisata yang akan di bundling dengan  layanan-layanan digital dan konektivitas Telkomsel dengan value khusus.

Paket ini dihadirkan untuk  memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan mancanegara, baik dari sisi  ‘travel value’ maupun sisi layanan komunikasi dan digital.  Sebagai media sosialisasi bagi pelanggan, Telkomsel juga akan menayangkan video promosi paket HOT DEALS di berbagai kantor pelayanan GraPARI.

“Telkomsel tidak hanya konsisten membangun jaringan hingga ke daerah pelosok tapi juga terus meningkatkan kualitas jaringan di destinasi wisata utama di Tanah Air. Optimalisasi jaringan dilakukan untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi selama berada di lokasi wisata,” kata Gilang Prasetya, Vice President Sales and Service Strategy Telkomsel.

“Oleh karena itu, sebagai co-branding partner Visit Wonderful Indonesia, Telkomsel yakin dapat membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memberikan paket komunikasi spesial  yang didukung jaringan seluler terbaik bagi para wisatawan mancanegara selama berada di Indonesia”, ujar Gilang.

Melalui penandatanganan MoU ini,  Telkomsel juga menyediakan layanan berupa location based advertising (LBA) bagi seluruh tenant milik asosiasi di bawah naungan tim Visit Wonderful Indonesia seperti operator tur, agen travel, hotel, perusahaan transportasi, taman hiburan dan lain-lain.

Layanan ini akan sangat bermanfaat bagi para tenant  untuk melakukan promosi sekaligus meningkatkan daya jual pariwisata di Indonesia.

“Melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder yang tergabung dalam tim Visit Wonderful Indonesia,  kami berharap layanan kami dapat memberikan dukungan menyeluruh bagi seluruh ekosistem pariwisata Indonesia”, tutup Gilang. (Icha)

 

Poco, Sub-brand Xiaomi ‘Goncang’ Pasar Smartphone Premium

0

Telko.id – Xiaomi baru saja meluncurkan sub-brand baru nya yakni Poco. Produk pertama nya adalah Poco F1. India menjadi negara yang dapat giliran pertama melihat produk ini. Dan, Poco pun membuat brand lain ‘gelisah’ dan ‘stress’.  Kenapa?

Alvin Tse, Head of Poco Global dalam peluncuran Poco di India memaparkan bahwa industry smartphone di dunia saat ini selalu membandrol Smartphone dengan teknologi terkini dengan harga yang mahal. Setidaknya $999 atau sekitar Rp. 14 jutaan. Hal ini yang membuat tidak semua masyarakat bisa menikmati. “Ini yang ingin kami ubah,” ujar Alvin lantang.

Kenapa bisa sampai semahal itu? Alvin menilai bahwa semua brand itu mau memberikan semua teknologi terbaru dalam produk terbarunya. Tidak focus. Jadi menurut nya, fokus pada inovasi menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga banyak masyarakat yang dapat menggunakan. “Tapi itu bukan sesuatu yang mudah, tapi sangat penting,” ujar Alvin menambahkan.

Poco memang merupakan sub-brand dari Xiaomi. Tapi memiliki kebebasan dalam membuat product, marketing dan sales dengan tentu saja menggunakan semua resources Xiaomi.

Poco sendiri akan fokus pada Champion Performance yang terdiri dari Performance, Baterai, Camera dan Display. Dan semua nya terdapat dalam Poco F1 dengan tagline ‘Master of Speed’.

Sebenarnya, langkah dari Xiaomi ini tidak mengherankan. Pasalnya, Xiaomi selalu dalam kehadiran produk terbarunya membuat heboh pasar. Heboh karena dengan spesifikasi yang mumpuni, selalu digelontor ke pasar dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan para kompetitornya. Hal ini yang membuat vendor lain ‘geram’, tetapi membuat konsumen senang.

Poco F1 ini pun demikian. Hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp.4 250.000 sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 processor, Android 8.1, up to 8 GB RAM dan 256 GB storage dengan baterai 4000 mAh.

“Untuk mengoptimalkan kinerja nya, produk ini menggunakan teknologi LiquidCool dan untuk pengoptimalan sistem yang disebut “mesin turbocharged” untuk menghadirkan startup aplikasi yang lebih cepat, kinerja gaming yang lebih cepat, serta pengalaman menggesek yang lebih cepat karena peningkatan dalam respon layar dan laju bingkai animasi,” ujar Jai Mani, head of Product Poco Global.

Fitur lain yang ada di dalam produk ini adalah kamera dual AI yang terdiri dari sensor primer Sony IMX363 12MP dengan Dual Pixel Autofocus dan kamera 20-megapiksel di bagian depan dengan teknologi Super Pixel untuk gambar yang lebih jelas dengan lebih sedikit noise.

Baik kamera belakang dan depan didukung oleh fitur AI untuk foto, seperti AI Portrait, AI Beautify, dan AI Scene Detection. Poco F1 juga dilengkapi dengan iluminator inframerah dan kamera inframerah di bagian depan, memungkinkan fitur buka kunci untuk bekerja juga dalam gelap.

Dengan keunggulan yang sejibun itu, Poco F1 akan masuk juga ke Indonesia. Rencananya, akan masuk tangga 27 Agustus 2018. Berbarengan dengan Hongkong dan Paris. Mudah-mudahan masuk dengan cara yang benar. Pasalnya, bukan rahasia lagi, produk Xiaomi banyak juga yang masuk melalui jalur illegal, yang nota bene tidak akan memberikan masukan yang signifikan pada negara. (Icha)

Qualcomm Mulai Bagi-bagi Sample SoC 7nm Ke Vendor

0

Telko.id – Menghadapi era 5G yang tidak lama lagi akan dating, Qualcomm Technologies, anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated pun, mengumumkan bahwa seri mobile platform unggulan terbarunya akan menggunakan system-on-chip (SoC) yang dibangun di atas fabrikasi 7nm.

SoC 7nm tersebut akan didukung oleh chip modem 5G Qualcomm Snapdragon X50 dan diharapkan dapat menjadi mobile platform dengan kemampuan 5G pertama yang mentenagai ponsel pintar premium dan perangkat seluler lainnya.

Supaya vendor paham dengan teknologi terbarunya ini, Qualcomm pun mulai mengirimkan contoh (sample) dari mobile platform masa depan ini kepada para vendor yang saat ini ditengarai tengah membuat perangkat konsumen terbaru.

Perusahaan asal Amerika ini melihat bahwa platform terbaru ini bakal mengubah industri, mendukung model bisnis baru, dan meningkatkan pengalaman konsumen sejalan dengan langkah para operator dalam mengkomersialkan layanan 5G di akhir tahun 2018 maupun sepanjang tahun 2019.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan para original equipment manufacturer (OEM), operator, vendor infrastruktur dan juga badan pembuat standar [teknologi] di seluruh dunia. Saat ini, kami masih sesuai jadwal untuk membantu meluncurkan hotspot seluler 5G pertama di akhir tahun 2018 dan diikuti oleh ponsel pintar 5G yang menggunakan platform mendatang kami di kuartal pertama tahun 2019,” kata Cristiano Amon, Presiden dari Qualcomm Incorporated.

Mobile platform unggulan dengan 5G ini dirancang untuk memungkinkan perangkat pintar premium yang memberikan pengalaman dan interaksi intuitif baru dengan kemampuan AI dalam perangkat (on-device) yang hemat daya, ketahanan baterai serta performa yang luar biasa dan di saat yang sama juga memperluas cakupan area hingga ke teknologi, solusi, pengalaman dan aplikasi inovatif di bidang otomotif dan IoT.

Sayang, Qualcomm belum mau lebih terbuka lagi tentang produk terbaru nya ini. Namun, berjanji detil terkait dengan mobile platform unggulan masa depan ini direncanakan untuk diumumkan pada kuartal keempat tahun 2018. (Icha)

 

 

Advan i6 Semakin Berani Menantang Pesaing nya

0

Telko.id – Masyarakat saat ini lagi demam akses YouTube dan social media. Wajar, jika banyak yang ‘berburu’ paket murah. Hal ini yang mendasari Advan menggandeng Indosat Ooredoo dalam berjualan Advan i6 nya. Pasalnya, operator ini mau memberikan paket yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Advan i6 yang awal peluncuran nya berada di harga Rp.1.4999.000 kini dijual dengan harga Rp.1.349.000. Ditambah dengan paket data dari Indosat Ooredoo dengan nama program “i6 Unlimited”.

“Program ini memberikan peluang yang lebih besar bagi kedua pihak. Bagi Advan maupun Indosat. Sama-sama dapat memperluas pangsa pasar. Kami pun dapat masuk ke galeri Indosat untuk berjualan i6. Jadi kami juga optimis, target penjual dapat bisa mencapai 200 ribu unit,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan menjelaskan saat meluncurkan program bundling ‘i6 Unlimited” di Jakarta (23/08).

Program bundling seperti ini juga dianggap oleh Tjandra sangat memberikan dampak yang signifikan dalam penjualan. Misalnya saja, program bundling yang sempat dilakukan dengan Telkomsel tahun lalu saja, hasil penjualannya bisa mencapai 4.7 juta unit.

Tak heran, Advan pun berani melakukan program bundling ini. Apalagi, dalam bundling ‘i6 Unlimited’ ini, masyarakat dapat sepuasnya streaming video YouTube selama 24 jam sehari selama satu tahun. Ditambah lagi ada bonus data internet setiap bulan sebanyak 7GB di bulan pertama dan cukup mengisi pulsa Rp.45 ribu di bulan ke dua hingga ke-12 dari harga normal Rp.70 ribu.

Untuk akses ke social media seperti Facebook, WhatsApp, Line, Twitter dan lainnya, semua nya dapat dilakukan secara gratis.

Semua pengalaman itu akan bertambah asyik lagi karena dapat dilakukan melalui layar 5,5 inci milik Advan i6 yang sudah Full HD Fullview dengan rasio 18:9. Tampilan saat menonton YouTube akan penuh dan tidak ada lagi bingkai hitam.

Rasio layar 18:9 menjadikan layar lebih tinggi dan luas. Serta tidak ada tombol fisik. Asrtinya, Advan i6 mudah dan nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Keasyikan menonton, main games maupun bersocial media akan bertambah karena tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Advan i6 ini sudah didukung dengan baterai 3.300 mAH.

“Bundling i6 Unlimited ini menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat saat ini. Pasalnya, streaming video di YouTube sudah menjadi trend, khusus nya para pengguna smartphone. Namun, tak jarang dari mereka yang mengeluh kehabisan kuota dan baterai ketika streaming. Serta gambar yang terpotong,” jelas Tjandra.

Untuk mengantisipasi antusiasme masyarakat terhadap paket bundling ini, Advan pun akan mulai membuka penjualan di Tokopedia pada 28 Agustus mendatang. Harga yang ditawarkan pun sama, Rp. 1.349.000. (Icha)

 

Trafik Data Saat Opening Asian Games 2018 Melonjak, Dipakai Apa Saja?

0

Telko.id – Suksesnya opening Asian Games 2018 membuat Indonesia bangga. Kebanggaan ini juga mengharu biru bagi Telkomsel sebagai official partner untuk jaringan selama perhelatan bergengsi ini.

Bagaimana tidak, operator ini mencatat ada 50 ribu pengunjung di GBK saat opening ceremony Asian Games berlangsung.

Dalam catatan Telkomsel ada kenaikan data payload yang signifikan sebesar 8 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa di Gelora Bung Karno dan area sekitarnya. Sedangkan di dalam stadion utama tempat acara berlangsung terjadi kenaikan sebesar 95 kali lipat. Kenaikan payload data yang signifikan ini didukung dengan teknologi jaringan terbaru Telkomsel yang ada di GBK, sehingga pengunjung dapat melakukan browsing dan akses media sosial dengan lancar.

“Lonjakan payload atau layanan data ini terjadi karena lancarnya jaringan Telkomsel di GBK, sehingga banyak yang memanfaatkan layanan kami. Dengan kecepatan data rata-rata 4 Mbps, pelanggan dapat dengan lancar meengunggah momen-momen seru selama opening ceremony Asian Games di media sosial ataupun melakukan chating dan browsing, jelas Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data selama opening ceremony Asian Games berasal dari aktivitas media sosial yang mencapai kenaikan hingga 400% dibanding hari-hari biasa. Aktivitas media sosial ini di dominasi oleh penggunaan aplikasi Facebook  31%, Youtube 29%, WhatsApp 21%, sisanya adalah Instagram dan sosial media lainnya.  Sementara itu untuk layanan voice atau telpon juga mengalami kenaikan sebesar 3.4 Kali lipat.

Jaringan komunikasi Telkomsel menjadi sangat lancar dan sukses melayani lebih dari 50 ribu pengunjung di GBK saat opening ceremony Asian Games berlangsung, berkat teknologi baru yang diterapkan seperti Lampsite dan TDD Massive MIMO. Melalui teknologi ini pengunjung yang ada di dalam maupun diluar stadion utama GBK dapat memanfaatkan internet 4.5G LTE Telkomsel dengan lancar, sekalipun banyak orang yang memakai jaringan diwaktu bersamaan.

Teknologi 4.5G ini memungkinkan Pengunjung yang menggunakan jaringan tersebut akan dapat menikmati internet dengan kecepatan mencapai 150 Mbps.

“Kami bersyukyur jaringan Telkomsel aman dan lancar selama opening Asian Games berlangsung. Tentunya Telkomsel juga telah menyiapkan jaringan terbaiknya tidak hanya di GBK saja, tetapi di semua venue Asian Games berlangsung. Kami sadar selama Asian Games 2018 kebutuhan layanan kounikasi pelanggan sangat tinggi, khususnya untuk generasi milenial yang ingin eksis dan mengunggah momen seru di Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, ataupun media sosial lainnya” ungkap Ririn. (Icha)

 

 

 

ACMIC W10PRO, Power Bank Premium Dengan Banyak Keunggulan

0

Telko.id – ACMIC, local brand untuk produk power bank premium, hari ini meluncurkan ACMIC W10PRO. Power Bank premium berkapasitas 10.000 mAh ini hadir dengan banyak keunggulan. Yang pasti sudah menggunakan teknologi wireless charging dan triple fast charging system. Teknologi ini memungkinkan pengisian baterai dilakukan tanpa kabel.

Teknologi wireless charging yang dibenamkan ke dalam ACMIC W10PRO bisa menghantarkan daya hingga 5W dan aman digunakan untuk melakukan pengisian baterai pada perangkat yang support wireless charging seperti Samsung Galaxy S8, Galaxy S9, Galaxy Note 8, iPhone 8, dan iPhone X.

“ACMIC W10PRO hadir untuk memberikan lebih banyak pilihan dalam melakukan pengisian baterai. Bisa melalui USB Fast Charging, USB Type-C, dan juga wireless charging. Dan yang paling penting, W10PRO diproduksi menggunakan standar keamanan internasional dan mengantongi sertifikasi CE, FCC dan RoHS. Sehingga aman digunakan kapan dan dimanapun, termasuk saat digunakan dalam kabin pesawat,” jelas Heri Hertanto, CEO PT Satu Pro Global Niaga selaku distributor tunggal ACMIC di Indonesia.

Selain itu, ACMIC W10PRO juga membawa serta teknologi Triple Fast Charging System, yang meliputi 2,4A Fast Charge, Qualcomm Quick Charge 3.0 dan support USB PD (Power Delivery) yang menjadi standar universal untuk fast charging dengan kemampuan mengalirkan daya hingga maksimum 5A.

Ketiga teknologi ini akan membuat ACMIC W10PRO dapat melakukan pengisian daya ke hampir semua perangkat, mulai dari smartphone hingga  perangkat digital lainnya yang mendukung USB Type-C seperti Nintendo Switch, Apple iPad Pro, ataupun MacBook Pro generasi terbaru. Dengan kecepatan 4 kali lebih baik dari Power Bank Standar.

“Dengan semua teknologi yang dibenamkan di dalamnya, ACMIC W10PRO diharapkan dapat  menjadi power bank yang dapat diandalkan para pengguna gadget,” ungkap Heri.

ACMIC W10PRO akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia dengan harga Rp 549.000. Powerbank terbaru dari ACMIC ini akan mulai dijual secara Flash Sale pada 27 Agustus hingga 2 September 2018, dengan penawaran spesial berupa potongan harga 50% menjadi Rp 274.500.

“Di Tokopedia, sama halnya dengan kategori produk lain, kategori produk elektronik salah satunya gadget mengalami pertumbuhan yang sangat positif. Melihat animo pengguna begitu tinggi, Tokopedia selalu berkomitmen memberikan banyak pilihan produk demi memenuhi kebutuhan pengguna,” jelas Category Lead HP/Gadgets category, Willy Pawitra.

Tak heran, saat ini di Tokopedia sudah ada lebih dari 100 juta jenis produk yang siap dibeli dengan harga terbaik dan transparan, salah satunya berkaitan dengan kebutuhan elektronik yang eksklusif, seperti ACMIC W10PRO.

Dari segi fitur, selain Triple Fast Charging System untuk daya keluarnya, ACMIC W10PRO juga dilengkapi Dual Fast Charging System untuk daya masuknya, yaitu Qualcomm Quick Charge 3.0 & USB PD. USB PD sendiri akan menjadi standar global untuk teknologi fast charging di masa depan.

Sementara untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap perangkat, ACMIC W10PRO juga dilengkapi 9 perlindungan pintar meliputi Smart Temperature Protection, Smart Over-Charge Protection, Smart Over-Discharge Protection, Smart Short-Circuit Protection, Smart Input Over-Voltage Protection, Smart Output Over-Voltage Protection, Smart Recovery Protection, Smart Output Over-Current Protection dan Smart PTC Cell Protection. Semua perlindungan pintar itu ditanamkan demi mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan saat melakukan pengisian baterai.

Sebagai informasi, untuk semakin meyakinkan konsumen akan kualitas produknya, ACMIC juga memberikan garansi 18 Bulan Rusak Ganti Baru Tanpa Batas untuk para konsumen.(Icha)

 

 

Begini Cara Agar Akun Instagram Tak Mudah ‘Dibajak’

Telko.id – Pernah merasakan akun Instagram Anda di hack orang atau di bajak? Efek dari pembajakan ini banyak ragamnya. Ada yang tidak bisa mengakses akun miliknya, nama akun berubah, ada juga yang hambar profil, e-mail dan nomor telepon berubah. Bahkan ada juga yang foto-foto koleksi di Instragram pun ikut raib.

Medio 14 Agustus lalu, Instagram sempat menerbitkan pernyataan berkenaan dengan isu tentang akses ke Instagram. Di dalam nya, Instagram mengakui bahwa saat ini ada beberapa orang kesulitan mengakses akun Instagram mereka dan sedang menyelidiki masalah tersebut.

Instagram pun membagikan panduan untuk membantu menjaga keamanan akun Anda:

  • Jika Anda menerima email dari kami yang memberi tahu Anda tentang perubahan alamat email Anda, dan Anda tidak memulai perubahan ini – silakan klik tautan bertanda ‘kembalikan perubahan ini di email, dan kemudian ubah kata sandi Anda.
  • Kami sarankan Anda memilih kata sandi yang kuat. Gunakan kombinasi setidaknya enam angka, huruf dan tanda baca (seperti! Dan &). Ini harus berbeda dari kata sandi lain yang Anda gunakan di tempat lain di internet.
  • Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di halaman ini untuk memulihkan akun Anda. Harap gunakan alamat email baru yang aman untuk memulihkan akun Anda.
  • Terakhir, cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan dan aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan. Otentikasi dua faktor kami saat ini memungkinkan orang untuk mengamankan akun mereka melalui teks, dan kami sedang mengerjakan fungsi dua faktor tambahan dengan lebih banyak untuk segera berbagi.

Kaspersky Lab, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang keamanan siber global pun menjelaskan bahwa yang paling umum dilakukan dalam ‘pembajakan’ akun Instagram adalah dengan cara phishing.

“Setidaknya, dalam setahun ini saja, produk Kaspersky Lab telah mencegah sekitar 68.000 upaya untuk mengunjungi halaman phishing yang menyalahgunakan merek Instagram. Menariknya, pada akhir Juli, beberapa minggu sebelum kejadian peretasan, kami menyaksikan lonjakan vektor serangan ini: pada 31 Juli, jumlah serangan phishing meroket dari sekitar 150 per hari menjadi hampir 600 per hari,” kata Nadezhda Demidova, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

Dalam banyak contoh, pengguna Instagram sendiri adalah kerentanan yang dicari peretas: mereka memberikan kredensial dengan memasukannya ke situs web phishing, aplikasi yang tidak bersertifikat, dan replika laman otentik.

“Karena popularitasnya, Instagram selalu menarik banyak penipuan – jumlah orang yang menggunakan platform tersebut sekarang lebih dari satu miliar. Setelah pelaku meretas ke akun pengguna, mereka dapat mengakses data pribadi pengguna dan korespondensi mereka. Dan profil pengguna dapat diubah menjadi sumber konten jahat, phishing, dan spam,” kata Nadezhda menambahkan.

Agar tetap aman, Nadezhda memberikan beberapa saran:

  • Jangan klik tautan yang mencurigakan
  • Periksa alamat laman di mana Anda akan berencana memasukkan informasi pribadi Anda
  • Gunakan aplikasi jejaring sosial resmi yang dipasang dari sumber tepercaya
  • Jangan bagikan informasi login akun Anda dengan aplikasi pihak ketiga

(Icha)

PM Korea Selatan Sambangi Telkomsel 5G Experience Center

0

Telko.id – Perdana Menteri Korea Selatan selain datang untuk mendukung atlit-atlit nya ke Asian Games 2018, menyempatkan diri juga mengunjungi Telkomsel 5G Experience Center yang merupakan ajang ‘pamer’ pengalaman teknologi 5G yang menjadi bagian dari ajang Asian games 2018.

Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Korea Selatan, Lee Nak-Yon melakukan tur di Telkomsel 5G Experience Center dan merasakan langsung pengalaman teknologi 5G Telkomsel melalui beberapa wahana mulai dari Cycling Everywhere hingga Future Driving didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara dan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

“Melanjutkan euforia kesuksesan pembukaan Asian Games 2018, Telkomsel  merasa terhormat menerima kunjungan Perdana Menteri Korea Selatan ke Telkomsel 5G Experience Center. Hal ini sebagai sebuah bentuk pengakuan internasional atas kesanggupan bangsa Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018,” ungkap Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Telkomsel akan terus berupaya tanpa henti untuk membangun Indonesia dengan berinvestasi menghadirkan teknologi 5G demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bangsa sejalan dengan upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0. “Melalui teknologi 5G, Telkomsel akan menghadirkan berbagai revolusi industri yang akan memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang seperti, remote surgery dalam bidang medis, autonomous car dalam bidang transportasi, serta robotic manufacturing dalam bidang manufaktur,” tambah Ririek.

Di Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel hadirkan showcase teknologi 5G melalui Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere, dan Autonomous Electric Vehicle yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam memberikan pengalaman 5G di Asian Games 2018 tersebut, Telkomsel membangun BTS 5G Indoor dan Outdoor dengan menggunakan spektrum 28Ghz yang mampu menghasilkan speed hingga 16Gbps, low latency hingga 1ms, kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dan melesat dari generasi sebelumnya.

Telkomsel 5G Experience Center akan dibuka untuk publik selama perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018, mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. (Icha)

 

Belajar Efektif Di Era Digital

0

Telko.id – Saat ini, banyak orang tua siswa yang tidak bisa lagi mengikuti materi pembelajaran anak, dalam upayanya untuk memberikan bimbingan tambahan saat anak berada di rumah. Terutama untuk kelas 4 ke atas. “Sudah sulit, kita sebagai orang tua, sudah tidak bisa mengajari lagi. Dulu kayanya lebih mudah dibandingkan sekarang,” ujar ibu Sigit, orang tua dari Sandi yang kini duduk dikelas 6 SD di Al-Fajar, Bekasi.

Padahal, Ibu Sigit seperti juga orang tua lainnya, ingin anak nya dapat berprestasi di sekolah dan memperoleh nilai yang baik. Untuk itu, Ibu Sigit pun mendaftarkan anak nya di sebuah lembaga bimbingan belajar yang dekat rumahnya. Harapannya, tentu anak nya menjadi lebih berprestasi.

Namun, biaya bimbingan belajar ternyata tidak murah. Untuk satu semester saja, yang paling ringan mulai dari Rp. 2 juta. Itu untuk kelas regular. Untuk kelas dengan siswa yang terbatas, sekitar 6 orang saja ada yang mencapai Rp.28 juta. Bahkan untuk kelas yang lebih tinggi lagi, misalnya untuk masuk ke perguruan tinggi ada yang menawarkan sampai Rp. 40 jutaan, disertai dengan keharusan untuk menginap, sambil diiming-iming bergaransi bisa masuk Perguruan Tinggi Nasional atau PTN.

Dengan biaya bimbingan yang tinggi itu, tentu tidak semua orang tua mampu membiayai anak nya untuk masuk ke bimbingan belajar. Belum lagi, sudah bayar mahal, ternyata hasilnya tidak memuaskan.

Ikut bimbingan belajar merupakan salah satu solusi meningkatkan pencapaian nilai. Namun,  sebelumnya orang tua juga harus memahami bahwa karakter anak itu berbeda-beda dalam menyerap pelajaran. Sehingga, untuk belajar dengan menyenangkan, tentu juga harus menggunakan metode yang tepat juga.

Ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan bagi para orang tua maupun siswa untuk memilih solusi pendidikan berbasis teknologi ini agar dapat memberikan dampak yang positif bagi putra-putrinya. Terutama untuk dapat meningkatkan nilai siswa di sekolah

“Yang pertama perlu diperhatikan adalah memahami bahwa siswa atau anak-anak ini memiliki karakter masing-masing dalam belajar. Sehingga proses belajar jadi lebih menyenangkan dan materi pembelajaran jadi lebih mudah untuk dipahami, ” ujar Fernando Uffie, pemerhati edutech di Indonesia.

Uffie menjelaskan bahwa secara general, karakter siswa ini terbagi tiga bagian. Pertama adalah Auditory. Di mana anak lebih suka atau lebih mudah paham jika materi belajar disampaikan lewat audio. Kedua, Visual. Di mana, siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran dengan melihat gambar atau video. Ketiga adalah kinesthetic. Siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran sambil menyentuh dan bergerak.

Selain itu, yang perlu juga diperhatikan adalah apakah solusi tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang ada di Indonesia atau belum? Kesesuain solusi belajar digital dengan kurikulum penting agar apa yang dipelajari oleh anak in line dengan pelajaran yang ada di sekolahnya. Apalagi, target untuk menggunakan solusi belajar digital ini adalah sebagai alternatif pendamping untuk lebih memahami materi pelajaran di sekolah dan diakhirnya nanti dapat memperoleh nilai yang lebih baik dari sebelumnya.

Satu lagi variable penting dalam memilih solusi belajar digital adalah kelengkapan dari materinya. Di mana, supaya tidak merepotkan setiap tahun nya, pilih solusi yang sudah menyiapkan semua level, mulai dari kelas satu sekolah dasar hingga kelas tiga SMA atau K12.

Nanti kalau kurikulum berubah bagaimana? Percuma dong? Tidak juga. Karena ini adalah solusi berbasis teknologi dan cloud, maka materi pelajaran dapat dengan mudah disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Tak kalah pentingnya adalah bagaimana solusi belajar digital mampu melibatkan orang tua siswa, guru, maupun pihak sekolah dalam proses pembelajaran anak, tanpa menegasikan fungsi masing-masing. Bagi guru dan sekolah, solusi ini adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sementara bagi orang tua siswa, solusi belajar digital memungkinkan mereka untuk memantau perkembangan belajar anak, kapan dan dimanapun.