spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1294

Bikin Ngakak, 7 Helm ‘Nyeleneh’ dengan Bentuk Super Ajaib

Telko.id, Jakarta – Helm dan pengendara motor bagaikan sepasang kekasih yang tak bisa dipisahkan. Kemanapun pergi, helm akan selalu setia menemani sang pengendara. Itu sebabnya, terkadang orang akan mempercantik helm kesayangannya dengan berbagai corak dan bentuk yang kadang-kadang bentuknya nyeleneh dan ajaib.

Kendaraan roda dua atau sepeda motor telah menjadi alat transportasi favorit di Indonesia. Itu sebabnya, kita sering melihat orang sering mendandani motornya dengan beragam aksesoris.

Tapi rupanya tak hanya motor, helm mereka pun didandani dengan corak warna yang ‘ngejreng’ dan bentuk-bentuk yang unik. Tujuannya cuma satu, yakni ingin tampil beda dibandingkan helm kebanyakan.

Kreatifitas orang Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Begitupun saat mereka mendandani helm-nya dengan rupa dan warna yang terlihat unik, dan kadang nampak nyeleneh.

Bicara soal nyeleneh, beberapa orang malah memodifikasi helm mereka jadi terlihat super aneh, yang membuat orang yang melihatnya garuk-garuk kepala, karena saking anehnya.

{Baca juga: 4 Perangkat Aneh yang Mejeng di MWC 2019}

Kami memiliki beberapa koleksi foto yang memperlihat “keanehan” dari helm buatan para bikers Indonesia. Mau tahu helm aneh yang seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Awas meledak..!! Tenang… sudah ada label SNI nya jadi aman broh..

 

2. Bikers juga ikut program penghijauan, “helm tumbuhan” ini jadi bukti

 

3. Pengendara ini kelihatan lebih alim dan varokah….. semoga aman sentosa di jalan ya brai…

 

4. Eiit.. ini bukan Power Ranger lhoo… btw, cuma di Indonesia, motor bisa naik helm tuh…

5. Predator narik ojol? Sepertinya sih begitu… helm abang ojek online ini kayanya terinsipirasi film predator

 

6. Gak ada helm, timbangan pun jadi… duh.. jangan ditiru ya.. bahaya biarpun udah ada label SNI nya gitu..

 

7. Gak cuma sepatu, helm juga bisa kegedean… jadi repot sendiri kan makenya..

{Baca juga: Asli, 10 Foto Ini Tunjukkan Belanja Online tak Selalu Berakhir Bahagia}

Nah, bagaimana menurut kamu, orang Indonesia memang super kreatif bukan. Saking kreatifnya, sampai-sampai mereka bikin bikin helm yang bentuknya ajaib dan super nyeleneh. So, apakah kamu juga mau bikin helm dengan bentuk yan ajaib? [HBS]

Facebook Gugat Empat Perusahaan China, Ini Alasannya

Telko.id, Jakarta – Diketahui Facebook gugat perusahaan China. Gugatan ini sudah didaftarkan di Pengadilan Federal Amerika Serikat. Gugatan yang dilakukan bersama Instagram ini ditujukan kepada empat perusahaan China dan tiga orang yang berasal dari China yang mempromosikan penjualan akun palsu, likes, dan pengikut (followers).

Dilansir Reuters, pengumuman itu disampaikan dalam unggahan blog yang ditulis oleh Vice President and Deputy General Counsel, Litigation Facebook, Paul Grewal.

Di dalam gugatannya, Facebook dan Instagram menekankan pelanggaran hak intelektual AS karena pihak-pihak tersebut menyalahgunakan hak dagang dan merek perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Bahkan menurutnya, tak hanya Facebook dan Instagram saja yang menjadi korban, tapi juga Amazon, Apple, Google, LinkedIn dan Twitter pun tak luput dari objek operasi mereka.

{Baca juga: Setelah Facebook, Giliran Twitter Dituntut BlackBerry}

“Dengan mengajukan gugatan tersebut, kami ingin menekankan bahwa tindakan tidak bertanggung jawab ini tidak akan ditoleransi. Kami akan bertindak sekuat mungkin untuk menjaga integritas platform kami,” jelas Grewal.

Secara rinci, gugatan hukum ini meminta pengadilan untuk mencegah pihak-pihak tergugat dalam menciptakan dan mempromosikan penjualan akun palsu, likes, dan followers di Facebook dan Instagram.

Gugatan juga meminta pengadilan membatasi dan mengurangi pencantuman merek di situs pihak tergugat, dan menghentikan pihak-pihak tergugat untuk menggunakan domain Facebook dalam melancarkan operasinya (cyber squating).

{Baca juga: Facebook dan Google Sepakat Perangi Berita Hoax}

“Aktivitas yang tidak otentik tidak memiliki tempat di platform kami. Makanya, kami akan mendedikasikan sumber daya kami secara signifikan untuk menghentikan aktivitas ini, termasuk melumpuhkan jutaan akun palsu setiap hari.

Gugatan kali ini merupakan bagian dari upaya kami untuk melindungi pengguna Facebook dan Instagram,” imbuh dia. [BA/HBS]

Sumber: Reuters

Waduh, Si Jago Merah Hanguskan Showroom Tesla

Telko.id, Jakarta – Sebuah showroom Tesla terbakar pada Sabtu (02/03). Kejadian ini diungkapkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan West Sussex, Inggris.

Mereka menyatakan, situasi di showroom Tesla tersebut telah diamankan setelah enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Menurut BBC, dilansir Telko.id pada Senin (04/03/2019), kebakaran terjadi di area bengkel showroom. Berdasarkan gambar yang dirilis pasca kejadian, tampak asap hitam yang mengepul dari atas gedung.

{Baca juga: Tesla Garap Cryptocurrency? Elon Musk: Saya Cuma Bercanda}

“Insiden itu di bawah kendali, dan sedang dipadamkan,” ujar petugas pemadam kebakaran, dua jam setelah kebakaran terjadi.

“Kerusakan akibat kebakaran sekitar 25 persen pada bangunan, dan 25 persen kerusakan lainnya yang disebabkan oleh panas dan asap,” lanjut dia.

Kebakaran itu sendiri terjadi sehari setelah perusahaan mobil listrik buatan Elon Musk ini mengumumkan akan menutup showroom dan beralih ke penjualan online. Sampai saat ini, Tesla memiliki 18 showroom di Inggris dan Irlandia, termasuk showroom yang mengalami kebakaran di West Sussex.

Beberapa waktu lalu, sekitar 150 karyawan diberhentikan oleh Tesla. Mereka berasal dari sebuah tim yang terdiri atas 230 orang pada Januari 2019 lalu.

{Baca juga: Gelombang Kedua, Tesla PHK 150 Karyawan}

Para karyawan terkena PHK lantaran perusahaan minim permintaan mobil model terbaru yang berharga cukup mahal. Mau tak mau, perusahaan harus melakukan efisiensi.

Karyawan yang terkena PHK bermarkas di Las Vegas dan memiliki tugas mengirim mobil kepada pembeli di Amerika Serikat dan Kanada. Aksi tersebut diyakini memicu kekhawatiran investor bahwa permintaan Model 3S di AS berkurang. (BA/FHP)

Media Diajak “Study Tour” ke Markas Huawei, Ada Apa?

Telko.id, Jakarta – Huawei mengeluarkan surat undangan terbuka kepada media Amerika Serikat (AS) untuk mengunjungi markas Huawei, dan bertemu dengan para karyawannya. Langkah itu dilakukan setelah beragam tudingan dari pemerintah AS dan sekutu-sekutunya soal aksi mata-mata Huawei.

Huawei menyebarkan surat undangan terbuka itu di satu halaman penuh di The Wall Street Journal pada Kamis (28/02) dengan judul “Jangan percaya semua yang Anda dengar”.

Dalam surat terbuka tersebut, terdapat juga tanda tangan dari Direktur Huawei, Chaterine Chen yang juga menjelaskan soal tudingan AS dan sekutu tentang perangkat 5G Huawei yang dijadikan alat spionase.

{Baca juga: Bela Huawei, Begini Kata Pentolan Partai Komunis China}

“Saya menulis surat ini dengan harapan kita bisa saling memahami dengan lebih baik,” ujarnya seperti dilansir dari Mashable, Senin (04/03/2019).

“Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah AS telah mengembangkan beberapa kesalahpahaman tentang kami,” lanjutnya.

Kisruh antara Huawei dengan pemerintah AS berawal ketika Presiden Donald Trump mendesak negara-negara sekutu AS untuk menghindari kekuatan China. Ia mengklaim, hal itu dilakukan demi melindungi kepentingan keamanan nasional.

Sejumlah pejabat Huawei kemudian menangkis tudingan itu dengan membeberkan aksi penyadapan oleh pemerintah AS yang diekspos oleh mantan anggota Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden.

{Baca juga: CFO Huawei Akhirnya Bebas Bersyarat}

Kisruh tudingan spionase kian meruncing setelah CFO Huawei, Meng Wanzhou ditangkap pada Sabtu (1/12/2018) lalu di Kanada atas permintaan pemerintah AS. Pemerintahan Trump meminta perempuan berusia 46 tahun tersebut diekstradisi untuk menghadapi tuntutan di AS.

Penangkapan Meng disebut oleh analis Jefferies, Edison Lee, akan membuat rencana 5G di China sedikit terhambat. Larangan ekspor terhadap Huawei bisa membawa dampak negatif terhadap  rilis layanan 5G atau setidaknya mengurangi volumenya. (BA/FHP)

Lika-liku Perjalanan Grab Menjadi Decacorn Pertama di Asia Tenggara

0

Telko.id – Siapa menyangka, jika aplikasi transportasi berbasis internet bisa berjaya seperti sekarang ini. Sudah banyak masyarakat yang bergantung setiap kegiatan kesehariannya. Apakah pergi bekerja, ke kantor, ke sekolah maupun kegiatan lainnya. Termasuk juga kegiatan lainnya, antar jemput dokumen atau barang, bahkan untuk makan pun bergantung pada aplikasi transportasi. Salah satunya adalah Grab.

Grab, sendiri baru dinobatkan menjadi decacorn belum lama ini. Dan, menjadikannya transportasi online di Asia Tenggara pertama yang menyandang status ini. Status ini pun diraih hanya dalam jangka waktu tujuh tahun saja.

Laporan Grab yang sudah berstatus decacorn ini tertuang dalam riset Google Temasek bertajuk e-Conomy Sea 2018 yang resmi dipublikasikan 19 November 2018.

Dari riset ini, Grab dilaporkan berhasil mengumpulkan lebih dari USD6 miliar dan membukukan valuasi sebesar USD11 miliar, yang menjadikannya sebagai decacorn pertama dan satu-satunya dari Asia Tenggara.

Lalu, siapa dibalik kesuksesan Grab ini? Sepak terjang apa saja yang dilakukan sehingga mampu mencapai posisi ini?

2011

Anthony Tan ialah sosok pendiri transportasi online asal Malaysia ini, beliau lulusan MBA Harvard Business School. Sebelumnya, pria ini bekerja sebagai kepala marketing di perusahaan ayahnya, Tan Heng Chew sang konglomerat Malaysia yang memiliki Tan Chong & Sons Motor Company yang merupakan distributor tunggal mobil Nissan di Malaysia.

Ide pembuatan transportasi online inipun muncul ketika sedang kuliah di Harvard Business School, Amerika Serikat yang mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan taksi di Malaysia.

Seperti dilansir dari Bloomberg. “Apa yang salah dengan sistem taksi?”, kata Anthony, mengenang perkataan temannya tentang masalah transportasi umum di negarannya tiga tahun lalu. Temannya menegaskan, “Kakek buyut mu adalah seorang supir taksi, kakekmu memlulai industri otomotif Jepang di Malaysia, ayo lakukan sesuatu tentang ini.”

Berbekal konsep ride sharing milik Garrett Camp, Anthony memutuskan menjadikan masalah tersebut sebagai proyeknya saat kuliah di Harvard Business School.

Ketika ia mempresentasikan proyek tersebut kepada para profesor pengajarnya, mulanya mereka menilai proyek itu sulit untuk diimplementasikan, meskipun ada bukti keberhasilan dari layanan ride hailing lain di Amerika Serikat (AS) seperti Uber.

Tapi ternyata, proyek tersebut akhirnya memenangkan posisi kedua dalam Business Plan Contest di Hardvard Business School. Kemudian juga terpilih sebagai finalis pada penghargaan Minimum Viable Product Funding Hardvard.

2012

Hingga akhirnya Anthony bersama rekannya sesama lulusan Hardvard, Tan Hooi Ling, meluncurkan aplikasi My Teksi di Malaysia, atau yang dikenal sebagai GrabTaxi di beberapa negara lain pada 2012. Bersaing dengan Uber yang sudah duluan hadir.

Tan bertugas membuat perencanaan bisnis untuk mempromosikan aplikasi tersebut, sementara Anthony menjadi CEO perusahaan. GrabTaxi diluncurkan dengan dana awal sebesar US$ 25 ribu dari Hardvard Business School dan modal pribadi Anthony.

2013

Pada Juni 2013, My Teksi ini sudah mampu mendapatkan booking setiap 8 menit atau 10 ribu booking setiap harinya. Pada bulan Agustus, My Teksi ekspansi ke Filipina dengan brand GrabTaxi. Brand ini juga akan dipakai setiap ekspansi di luar Malaysia.

Pada bulan Oktober 2013, langkah ekspansi ini berlanjut ke Singapur dan Thailand.

2014

Pada bulan Februari GrabTaxi masuk ke Ho  Chi Minh, Vietnam. Kembali pada bulan April, GrabCar memperoleh pendanaan seri A dari Vertex Ventures sebesar US$10M.

Lalu, pada bulan Mei, GrabTaxi berubah nama menjadi GrabCar. Di Malaysia dan Singapura duluan mengubah brand. Pada bulan yang sama, GrabCar memperoleh pendanaan seri B yang dikepalai oleh GGV Capital sebesar US$15M.

Baru pada bulan Juni, GrabCar ini masuk ke Indonesia. Sebulan berikutnya, Juli mulai aktif di Cebu, Filipina.

Masuk bulan ke 10, Oktober, GrabTaxi memperoleh kembali pendaan seri C dari Tiger Global, Vertexs Ventures, GGC dan Qunar, perusahaan travel besar dari Cina. Pada bulan yang bersamaan juga Grac Taxi meluncurkan versi beta di Davao City, Filipina dan Pattaya, Thailand.

Dengan banyak nya pendanaan yang masuk, Grab bertambah agresif dan pada bulan November meluncurkan GrabBike, on demand taksi motor di Ho Chi Minh, Vietnam sebagai service tambahan.

Menutup tahun yang agresif ini, Grab pun mendapatkan pendanaan lagi seri D dari Softbank sebesar US$250 M. Sebuah pendanaan terbesar di Asia Tenggara untuk startup. Total, hanya dalam 12 bulan saja, Grab memperoleh pendanaan sebesar US$340M.

Pada Desember tahun ini juga, Grab dinobatkan menjadi Billion Dolar Startup Club oleh Wall Street Journal. Sekaligus membuatnya menjadi satu dari unicorn yang waktu itu jumlah nya masih sedikit di Asia Tenggara.

2015

Pada bulan Februari, GrabTaxi masuk ke kota Lloillo, sebagai kota ke empat di Filipina.

Lanjut pada bulan Maret, GrabCar meluncurkan GrabCar+ yang menawarkan kepastian kualitas layanan mulai dari mitra pengemudi, tarif, kemudahan proses pemesanan, jalur perjalanan hingga kenyamanan ekstra saat berkendara. Kendaraan pun premium, bisa midsize sedan atau SUV seperti Camry maupun Fortuner bahkan bisa Mini Cooper juga. Layanan ini pertama kali diperkenalkan di Filipina.

Pada bulan Maret, GrabTaxi masuk juga ke Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Dua bulan kemudian, GrabBike masuk ke Jakarta sebagai kompetitor aplikasi yang sama dari lokal yakni Gojek.

2016

Pada bulan Januari 2016, GrabTaxi diganti nama menjadi “Grab” yang mencakup semua produk perusahaan di bawah satu atap yakni GrabCar (mobil pribadi), GrabBike (taksi motor), GrabHitch (carpooling) dan GrabExpress (pengiriman).

Pada tahun ini juga Grab mandapatkan dana US$ 750 juta di pendanaan seri F dari Softbank, Didi Chuxing dan produsen otomotif Jepang Honda. Pendanaan ini didapatkan pada September 2016.

Lalu, pada Oktober Grab meluncurkan logo baru yang dirancang ulang. Sekaligus juga meluncurkan layanan baru yakni “GrabChat” yang diharapkan dapat memudahkan komunikasi sederhana antara pengendara dan pengemudi. GrabChat bahkan dapat menerjemahkan pesan jika bahasa yang digunakan pengemudi dan penumpang berbeda.

Pada bulan November, Grab meluncurkan GrabPay, yang memberikan opsi pembayaran tanpa uang tunai baru yang memungkinkan pengisian ulang melalui berbagai sumber pendanaan lokal yang tersedia luas untuk solusi pembayaran mobile dalam aplikasi GrabPay.

Pada akhir tahun, Desember 2016, Grab layanan yang inovatif yakni memperkenalkan “GrabShare” yang menawarkan layanan berbagi taksi dan mobil.

2017

Pendanaan Grab berlanjut pada seri G senilai US$ 2,5 miliar. Kerja sama pendanaan didapatkan pada Agustus 2017 dari Softbank, Didi Chuxing dan Toyota.

2018
Pada Maret 2018 Grab memperoleh pendanaan sekitar US$ 3 miliar dari Toyota, Microsoft, Booking Holdings dan Yamaha Motors. Namun, beberapa media seperti TechCrunch telah melaporkan Grab meningkatkan target pendanaan jadi US$ 5 miliar.

Pada bulan Maret ini juga, Grab mengakuisisi Uber, di mana berdasarkan kesepakatan tersebut, Uber tetap akan memiliki 27,5 persen saham di Grab dan CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan dewan direksi Grab. Saat diakuisisi tersebut, nilai Uber sebesar US$6 M.

Pada bulan April, GrabPay menjalin kemitraan dengan Visionet International (PT VI), perusahaan platform pembayaran dan keuangan lokal di Indonesia dengan merek OVO.

Pada bulan oktober, kembali Grab memperoleh pendanaan dari Booking Holdings atau sering kenal juga dengan Priceline sebesar $200 million.

TechCrunch melaporkan perusahaan ini terakhir kali bernilai US$ 11 miliar, ketika Toyota menginvestasikan US$ 1 miliar di Seri H ini pada Juli 2017. Namun belum jelas berapa peningkatan valuasi Grab ketika putaran seri H tersebut selesai.

Pada bulan November, Hyundai Motor Company (“Hyundai”) dan Kia Motors Corporation (“Kia”) akan memberikan investasi tambahan sebesartambahan US$250M ke Grab dan membangun kemitraan untuk mengujicobakan program EV di seluruh Asia Tenggara.

Pada akhir 2018 ini, Grab yang sudah berstatus decacorn. Hal ini tertuang dalam riset Google Temasek bertajuk e-Conomy Sea 2018 yang resmi dipublikasikan 19 November 2018. Artinya, valuasi dari Grab sudah berada di atas US$10 miliar atau setara Rp 140 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

2019

Menutup tahun 2018 dengan mencatatkan pendapatan sekitar US$ 1 miliar. Sama seperti perusahaan lain, Grab juga memiliki target agar pendapatan tersebut naik di tahun 2019 ini.

Menurut Co-founder Grab Tan Hooi Ling, pada 2019 Grab menargetkan pendapatan perusahaan naik dua kali lipat dari tahun ini. Dengan kata lain, perusahaan ingin menaikkan pendapatan menjadi US$ 2 miliar.

“Kami sudah mencatatkan pendapatan US$ 1 miliar di 2018 dan akan menggandakannya di tahun depan,” tuturnya saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Kendati demikian, Ling tidak merinci lebih lanjut layanan Grab mana yang akan menjadi andalan di tahun depan agar target tersebut dapat terpenuhi. Namun, dia memastikan seluruh layanan Grab hingga sekarang masih terus bertumbuh. (RIZ/Icha)

8 Kejadian Kocak Naik Ojek Online, Nomor 3 Asli Bikin Tepuk Jidat

Telko.id, Jakarta – Ojek online atau yang lebih popular disebut Ojol, telah menjadi pilihan transportasi favorit warga Indonesia. Tak hanya praktis, ojol juga menawarkan harga yang gak bikin kantong bolong alias murah meriah. Selain karena faktor tadi, ojek online juga banyak menarik perhatian karena cerita-cerita unik dan kejadian kocak yang kerap terjadi antara driver dan pelanggannya.

Sudah banyak cerita unik tentang kisah driver Ojol yang sering kita baca di berita atau di social media. Mulai dari kisah yang membahagiakan, hingga kisah pahit menjadi seorang ojek online.

Mungkin kalau Anda masih ingat, beberapa kisah unik yang sempat viral seperti misalnya kisah percintaan ojek online dengan pelanggannya yang berakhir di pelaminan.

Kemudian ada juga cerita driver ojol yang sering mengirim pesan gombal, atau kisah pahit ojek online yang sering di-cancel pelanggannya. Dan masih banyak lagi kisah unik lainnya.

Kelakuan nyeleneh para ojek online saat sedang mengantar penumpangnya ini mungkin juga pernah dialami sobat Telset. Terkadang, karena saking nyelenehnya kelakuan mereka, membuat kita yang melihatnya tepuk jidat dibuatnya.

Nah, biar lebih seru, berikut ini adalah foto-foto yang memperlihatkan tingkah aneh para ojek online yang sudah tim Telset rangkum dari berbagai sumber. Jangan ketawa dulu, yuk dilihat foto-foto kelakuan nyeleneh para ‘babang Ojol’ berikut ini:

 

1. Waduuh… abang Ojol bablas masuk Tol… salah jalan tuh bang…

 

2. Kalo spion nya ditutupi HP gitu, trus gimana lihat spionnya mbak…

 

3. Kesel gak sih.. ketemu abang ojol yang kelakuannya minus gini… jorok taaoo..

 

4. Emaak… saya gak kebagian tempat dududk nih…. jangan suruh saya berdiri ya bang…

 

5. Duuh baang.. ribet amat motornya sih.. jadi susah kan tuh naiknya saya…

 

 

6. Lagi marahan yaa.. kok duduknya “balik belakang” mbak..

 

7. Gagal fokus… ini penumpangnya cowok atau cewek ya…?

8. Bang Curutnya keluar tuh… anjayy.. piaraannya lupa dikandangin ya bang…

 

Makin Canggih, Microsoft Excel Bisa Olah Data dari Gambar

Telko.id, Jakarta – Microsoft menggunakan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk aplikasi Microsoft Excel. Lewat teknologi itu, Excel mampu memasukkan dan olah data dengan memindai gambar atau foto.

Menurut Ubergizmo, seperti dilansir pada Senin (04/03/2019), fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat langsung mengolah data dari sebuah gambar dan foto.

Misalnya, saat pengguna memiliki salinan kertas berisi data-data. Maka data tersebut bisa dimasukkan ke Microsoft Excel dan diolah langsung tanpa harus memasukkan ulang data itu satu per satu.

{Baca juga: Pria ini Habiskan 9 Jam Untuk Menghitung Jumlah Baris Microsoft Excel}

Cara untuk menggunakannya tidaklah sulit. Pengguna harus membuka Microsoft Excel di smartphone atau tablet mereka. Kemudian, tekan tombol “Insert data from picture” untuk melakukan perhitungan.

Tapi sebelumnya, Anda harus menyesuaikan posisi kamera dengan data, sampai semuanya masuk dalam frame berwarna merah. Jika sudah, tekan tombol bulat untuk mengambilnya.

Mesin AI yang ada di Excel nanti akan memproses gambar dan memasukkan data-data ke tabel dalam aplikasi secara otomatis. Tidak hanya mengimpor data, mesin AI juga memungkinkan pengguna memperbaiki masalah yang ditemukan selama proses konversi tersebut.

Setelah proses konversi selesai, Excel akan menampilkan data yang ditabulasi dengan rapi ke dalam spreadsheet. Terlihat menarik dan berguna, tapi sayangnya Microsoft tidak menyebutkan apakah fitur ini bersifat Beta, dan tersedia sebagian dari Office Insiders atau tidak.

Namun tampaknya, fitur tersebut akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Dan, siap dirilis ke semua pengguna Microsoft Office Insiders dan Microsoft Office 365.

{Baca juga: Riset: Teknologi AI akan Semakin Banyak Digunakan di 2019}

Teknologi AI diprediksi semakin menjadi primadona di tahun 2019 ini. Menurut Hendra Lesmana, selaku Country General Menager Dimension Data Indonesia, ada beberapa tren yang akan menentukan lanskap teknologi bisnis di tahun depan, salah satunya dalah penggunaan AI.

Menurutnya, sejak tahun 2018 penggunaan teknologi ini sudah diperkenalkan, sehingga tahun depan akan semakin banyak dirasakan. Ia mengatakan, AI akan memberi perusahaan kemampuan untuk menggabungkan skenario, meningkatkan pemahaman dan membuat keputusan prediktif secara real-time tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan.

“Ini adalah perubahan pola pikir yang berfokus pada costumer,” tuturnya. (NM/FHP)

Aneh Bin Ajaib! 7 Barang Ini Nyatanya Bisa Dibeli di Toko Online

Telko.id, Jakarta – Teknologi yang terus berkembang tak dimungkiri turut berimbas pula pada gaya hidup manusia. Termasuk soal belanja. Jika bertahun-tahun yang lalu pasar – entah itu pasar tradisional, supermarket atau yang lainnya, masih menjadi tujuan utama sebagian orang. Kini aktivitas belanja mulai berpindah. Ke toko juga, ke pasar juga, tetapi yang letaknya entah dimana, alias toko online.

Keuntungannya apa? Bukan sekedar tidak mengharuskan kita keluar dari rumah dan bermacet-macetan di jalan, belanja online juga menghemat waktu. Bahkan, adalakanya juga lebih murah.

{Baca juga: Asli, 10 Foto Ini Tunjukkan Belanja Online tak Selalu Berakhir Bahagia}

Lengkapkah? Jangan ditanya. Hampir semua barang bisa kita temukan dan beli secara online. Mulai dari yang biasa-biasa saja hingga yang luar biasa. Bahkan, adakalanya juga tak biasa, hingga cenderung aneh bin ajaib. Nah, ke-10 barang ini adalah contohnya, yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita, bisa dijual di toko online.

1. Tank

Anda yang berpikir bahwa tank hanya bia dinaiki jika menjadi tentara sepertinya harus berpikir ulang. Betapa tidak, sebuah perusahaan yang berbasis di Republik Ceko tak hanya menjual truk, Jeep ataupun motor, tetapi juga Tank. Dipanggil Mortar Investments, perusahaan ini memungkinkan Anda membeli tank dan semua kendaraan lapis baja lainnya, lengkap dengan lisensi dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Ceko. Tertarik memenuhi garasi dengan salah satunya?

2. Kepala Tikus

Mendapati kepala rusa atau banteng sebagai hiasan – umumnya di rumah, adalah hal yang biasa bagi sebagian orang. Tapi mungkin tidak dengan kepala tikus. Tidak tanggung-tanggung, toko online ini bakal menjual kepala tikus mati yang nantinya bisa dijadikan sebagai hiasan kepala. Yes, ini penjepit rambut.

3. Tengkorak Manusia

Tidak ada yang aneh dengan mengoleksi tengkorak. Beberapa artis seperti Cinta Laura atau Indro Warkop bahkan diketahui menjadi salah satu penyuka ornamen ini. Bedanya, jika yang mereka koleksi itu tengkoraknya semata hiasan, entah dalam bentuk cincin, kalung atau yang lainnya, tengkorak yang dijual di toko online ini asli tengkorak sungguhan, milik manusia.

4. Jiwa

Kasak-kusuk soal jual beli organ seperti sudah menjadi cerita lama di dunia maya. Dan buat satu atau sebagian orang lainnya, ini sudah pasti mengerikan. Tapi, ada yang jauh lebih mengerikan lagi nih, jika tidak bisa dibilang konyol, yakni menjual jiwa. Tak tanggung-tanggung, di eBay bahkan pernah ada beberapa kali orang yang melakukannya. Tanpa diketahui yang mau dijual adalah jiwanya atau jiwa orang lain.

{Baca juga: Ramai Uninstall Bukalapak, Ini 7 Cara Aman Belanja Online}

5. Hak penamaan anak

Berapa Anda mengharga nama anak Anda? Rp50.000? Rp1.000.000? atau… Rp 1 miliar? Beberapa tahun lalu, seorang wanita di Arkansas, Amerika Serikat memutuskan untuk menghargai nama anaknya di kisaran itu. Ia pun mencoba beberapa kali mendaftarkan hak penamaan anaknya di eBay dengan harga Rp 150 juta. Tapi sayang, pihak eBay keburu campur tangan dan menghentikan niat konyolnya itu.

5. Detektor UFO

Adakah dari Anda yang percaya bahwa suatu saat nanti Alien akan datang ke bumi dan mengendalikan segalanya? Jika ya, alat pendeteksi UFO yang satu ini mungkin akan sangat berguna. Anda bukan saja bisa menjadi orang pertama yang mengetahui kedatangan Alien, tetapi juga membangun barikade untuk kelak bisa menghadapinya.

7. Urin Srigala

4.  

Air kencing, atau yang juga dikenal sebagai urine dan air seni memang tak dimungkiri memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai pupuk, sebagai indikator kesehatan bagi seseorang, bahkan obat jerawat. Tapi tidak satu pun informasi menunjukkan apa manfaat urine serigala. Meski begitu, ada saja yang menjualnya.

“Pojok Pintar Sisternet” Wahana Buat Perempuan Indonesia Melek Teknologi

Telko.id – Era digital membuka kesempatan luas bagi siapa saja untuk meningkatkan kemampuan dengan memberdayakan potensi diri. Termasuk juga perempuan Indonesia. Itu sebabnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan XL Axiata menginisiasi wahana belajar “Pojok Pintar Sisternet”.

Wahana ini dirancang sebagai  ‘rumah singgah’ bagi perempuan untuk belajar, berbagi, dan memperluas wawasan mengenai berbagai isu pemberdayaan perempuan dan peluang sosial ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti, dari total jumlah pengguna internet di Indonesia, ternyata hanya 48% saja yang melek terhadap teknologi. Padahal, teknologi harusnya dapat dimanfaatkan perempuan untuk lebih berdaya dan mengembangkan potensi diri.

“Mulai dari mengonsumsi informasi yang berkualitas hingga dimanfaatkan untuk menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi. Saya mengapresiasi ekosistem telekomunikasi yang bisa mengambil peran dalam memberdayakan perempuan dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan bermanfaat,” ujarnya saat meresmikan wahana edukasi ini di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Niken juga menambahkan bahwa, menurut survei Google, 53% perempuan di Indonesia tidak menemukan informasi yang dibutuhkan.

Apa saja yang banyak dicari atau dibutuhkan oleh perempuan? Niken menyebutkan bahwa perempuan berdasarkan survei tersebut membutuhkan informasi seputar Fashion, Beauty dan kesehatan. Itu, tiga hal yang berada di urutan teratas.

Dengan adanya ‘Pojok Pintar Sisternet’ diharapkan para perempuan pun dapat saling berbagi dan lebih meningkatkan lagi kompetensi diri sesuai dengan era digital ini.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan era digital membuka kesempatan luas bagi siapa saja untuk meningkatkan kemampuan dengan memberdayakan potensi diri.

“Termasuk bagi semua perempuan Indonesia. Apalagi  dengan keberadaan jaringan data yang semakin meluas hingga ke pelosok-pelosok daerah, tidak ada alasan lagi bagi perempuan pedesaan untuk tidak menjadi setara secara akses ke sumber-sumber edukasi dan memperbesar peluang ekonomi,” ungkapnya.

Menurut Yessie, wahana belajar digital menjadi wujud nyata ekosistem komunikasi dan informatika dalam mengakselerasi kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat dengan teknologi digital.

Nantinya, ‘Pojok Pintar Sisternet’ setiap bulannya akan ada kelas “Sister Berbicara” dengan beragam materi yang diajarkan seperti digital parenting, kewirausahaan, literasi digital, dan fotografi jurnalistik.

Setiap materi akan dibawakan oleh seorang ahli di bidang terkait yang akan memandu peserta untuk mengetahui lebih dalam setiap tema, termasuk bagaimana memanfaatkan sarana digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait dengan materi yang telah dipelajari.

Sisternet sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh XL Axiata sebagai dukungan kepada kaum perempuan Indonesia untuk bisa memanfaatkan sarana teknologi guna meningkatkan kualitas hidup diri, keluarga, dan lingkungan sekelilingnya.

Saat ini, member dari Sisternet yang sudah mencapai 14 ribu anggota itu menyediakan beragam materi belajar yang bisa diakses secara digital dan tatap muka. Secara aktif Sisternet juga menyambangi kaum perempuan di pelosok daerah untuk membantu membuka wawasan perempuan di sana agar mampu menikmati dan memanfaatkan keberadaan sarana digital seperti masyarakat di kota-kota besar.

Lokasi ‘Pojok Pintar Sisternet’, saat ini berada di kantor Kementerian Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat. (Icha)

Apple akan Rilis 7 iPad Baru, Termasuk iPad mini 5

0

Telko.id, Jakarta – Apple akan mengadakan acara khusus pada tanggal 25 Maret 2019 mendatang. Acara ini kabarnya akan menjadi ajang pengumuman AirPod 2019 atau generasi kedua, sejumlah layanan berlangganan berita, streaming video dan game, serta beberapa iPad baru termasuk iPad mini 5.

Namun menurut Apple Insider, dilansir Telko.id pada Senin (04/03/2019), rumor yang beredar menyebut bahwa Apple akan memanfaatkan acara ini untuk mengumumkan banyak tablet baru, yang dua di antaranya telah menerima sertifikat dari Bureau of Indian Standards (BIS).

Kedua perangkat ini memiliki nomor model A2124 dan A2133. Keduanya juga muncul dari daftar yang terdiri dari tujuh perangkat penerima sertifikat pada bulan Januari lalu oleh Eurasian Economy Commission (EEC).

{Baca juga: iPad Mini 5 dan iPad Versi Murah Rilis Awal 2019?}

Perangkat penerima sertifikat EEC mengusung nomor model A2123, A2124, A2126, A2153, A2154, A2133, dan A2152. Mengingat iPad umumnya tersedia dalam versi dukungan hanya WiFi serta WiFi dan seluler, nomor model tersebut mengindikasikan bahwa Apple mempersiapkan tiga tablet baru yang akan diperkenalkannya pada bulan Maret ini.

Dari ketiga model tersebut, salah satunya diyakini sebagai iPad mini generasi terbaru. Sayangnya, baik dokumen di EEC maupun BIS tidak menyediakan informasi terkait dengan spesifikasi yang dimiliki tablet baru Apple tersebut.

Meski demikian, BIS mengungkapkan bahwa iPad baru akan dirakit oleh perusahaan bernama Hong Fu Jin Precision Industry, yang merupakan anak perusahaan Foxconn. Sebagai informasi, Foxconn merupakan perusahaan perakit mitra utama Apple.

{Baca juga: Waduh! Alat Pembobol iPhone Dijual Murah di eBay}

Sebelumnya, Apple diperkirakan akan memperbesar ukuran layar iPad generasi terbaru dari 9,7 inci menjadi 10,5 inci. Hal ini diungkapkan oleh analis TF Internasional, Ming-Chi Kuo.

Selain layar berukuran lebih besar, iPad generasi terbaru diperkirakan tidak lagi berbekal Touch ID dan akan digantikan oleh Face ID, serta akan hadir dengan bezel berukuran lebih tipis, dan berbekal port USB-C. Unit baru ini juga diperkirakan akan mendukung Apple Pencil, fitur yang ditemukan pada iPad generasi keenam.

Kuo juga menyebut, iPad mini 5 tidak akan hadir dengan desain baru, dan hanya akan mengusung update terkait chipset jika dibandingkan dengan iPad mini 4. Sebagai informasi, iPad mini 4 didukung chipset Apple A8 SoC, yang digunakan oleh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus keluaran tahun 2016 lalu. (BA/FHP)