spot_img
Latest Phone

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...

Garmin fēnix 8 Pro Resmi Hadirkan Teknologi MicroLED dan inReach

Telko.id - Garmin resmi meluncurkan seri fēnix 8 Pro,...

Garmin Dorong Gaya Hidup Aktif di Hari Olahraga Nasional 2025

Telko.id - Garmin mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya...

Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI Soal Integrasi ChatGPT di iPhone

Telko.id - Elon Musk melalui perusahaan xAI dan xAI...
Beranda blog Halaman 116

Riset Garmin: Aktivitas Fisik dan Kualitas Tidur Mempengaruhi Kebahagiaan

0

Telko.id – Garmin bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Oxford, hari ini mengumumkan temuan awal dari sebuah studi besar yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan dan kesejahteraan.

Studi ini menggunakan data dari smartwatch dan smartphone untuk memberikan wawasan yang dapat membantu merumuskan kebijakan publik dan pengembangan produk.

Garmin, sebagai penyedia eksklusif smartwatch dalam penelitian ini, memiliki peran penting dengan memanfaatkan data sensor berkualitas tinggi dari lini produk Garmin.

Studi percontohan ini mengungkapkan beberapa temuan yang signifikan secara statistik. Meskipun hasil awal ini masih perlu diverifikasi melalui studi global yang lebih luas, temuan tersebut menunjukkan hubungan yang erat antara kualitas tidur, aktivitas fisik, dan kebahagiaan.

Baca juga : Garmin Berikan Solusi Lengkap untuk Pegolf Pemula dan Profesional

Beberapa temuan utamanya antara lain, aktivitas fisik harian dan tidur cukup, yang diukur menggunakan perangkat Garmin, terbukti memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan kebahagiaan dan penurunan tingkat stres.

Lalu, stabilitas emosional berbeda berdasarkan usia, dengan orang dewasa yang lebih tua menunjukkan stabilitas yang lebih baik, sementara yang lebih muda cenderung lebih fluktuatif.

Dalam studi ini menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi, yang mengindikasikan bahwa para peserta mendapatkan manfaat dari pemantauan emosi mereka sepanjang hari.

Bahkan, responden merasa paling bahagia ketika terlibat dalam kegiatan sosial dan budaya, makan, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

“Sebagai mitra di lebih dari 1.000 studi penelitian dan uji klinis, tim Garmin Health memiliki posisi unik untuk menyediakan smartwatch dengan performa baterai yang luar biasa, sensor berkualitas tinggi, serta integrasi API atau SDK yang dinamis untuk pemantauan dan pelaporan,” kata ,” ujar Susan Lyman, Garmin Vice President of Consumer Sales and Marketing.

Ia pun sangat bangga dapat bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Harvard dan Universitas Oxford dalam terobosan ini, untuk lebih memahami hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan.

Setelah mendapat persetujuan dari Institutional Review Board (IRB), studi percontohan ini diluncurkan oleh para peneliti Harvard Kennedy School of Government dan Harvard T.H. Chan School of Public Health – bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kesejahteraan di University of Oxford, University of Warwick, University of Saskatchewan, Avicenna, dan Garmin – di Lugano Happiness Forum di Swiss pada tanggal 18 Juni 2024.

Kini, setelah berhasil menyelesaikan tahap uji coba awal, Studi Kesehatan dan Kebahagiaan diperluas dengan melibatkan lebih dari 10.000 peserta dari seluruh dunia.

Survei dikirim ke smartphone responden tiga kali sehari, meminta mereka untuk mengidentifikasi tingkat kebahagiaan dan aktivitas mereka saat ini sebelum survei dilakukan.

Laporan tersebut kemudian direferensikan dengan data dari smartphone dan smartwatch Garmin untuk memberikan representasi kualitatif dan kuantitatif tentang bagaimana kebahagiaan dipengaruhi oleh berbagai variabel seperti aktivitas fisik, tidur, sosialisasi, dan stres.

“Studi Health and Happiness sangat senang dapat bekerja sama dengan Garmin sebagai kolaborator smartwatch eksklusif kami,” kata ,” kata Micah Kaats, Principal Investigator, Harvard University.

Menurut Micah, kombinasi unik antara teknologi canggih yang dapat dikenakan, basis pengguna yang sadar akan kesehatan, dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas hidup melalui data menjadikan Garmin sebagai mitra yang ideal untuk penelitian yang inovatif ini.

”Dengan memanfaatkan kemampuan Garmin, kami bertujuan untuk mengatasi tantangan perekrutan dan retensi yang selama ini menghambat penelitian serupa dan mengungkap wawasan baru tentang pendorong kesehatan mental dan kesejahteraan,” kata Micah menambahkan.

Studi Health and Happiness saat ini sedang menerima pendaftaran.

Garmin Health, penyedia solusi kesehatan digital terkemuka yang memanfaatkan data sensor dan wawasan dari ekosistem produk Garmin, memberikan hasil khusus untuk kesehatan perusahaan, kesehatan populasi, dan program pemantauan pasien.

Dengan menggunakan API dan SDK Garmin Health, pihak ketiga dapat mengintegrasikan data dari smartwatch secara real-time dan historis ke dalam aplikasi mereka sesuai dengan kebijakan privasi khusus mereka.

Sebagai bagian dari perusahaan global yang mendesain, memproduksi, dan mengirimkan produk ke seluruh dunia, Garmin Health memberdayakan perusahaan untuk bekerja sama dengan satu penyedia terpercaya. (Icha)

ASUS Gaming V16, Laptop Gaming Powerful untuk Semua

0

Telko.id – ASUS hari ini mengumumkan ketersediaan ASUS Gaming V16, salah satu seri laptop gaming dari lini produk terbaru yang hadir untuk semua kalangan gamers.

ASUS Gaming V16 merupakan laptop gaming entry-level yang telah dibekali prosesor Intel CoreTM 5 terbaru, serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4050 yang dapat memberikan pengalaman gaming terbaik di kelasnya. 


“ASUS Gaming V16 merupakan jawaban kami atas permintaan para gamers di Indonesia yang menginginkan laptop gaming powerful dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Jimmy menambahkan bahwa meski merupakan laptop gaming entry-level, ASUS Gaming telah dibekali berbagai fitur unggulan yang membuatnya pilihan tepat bagi para gamers. 


Baca juga : ASUS ROG Flow Z13, Tablet Gaming Paling Powerful di Dunia

Selain dibekali hardware terbaik di kelasnya, ASUS Gaming V16 juga hadir dengan layar WUXGA 16- inci dengan rasio 16:10 dan refresh rate 144Hz untuk menghadirkan pengalaman gaming lebih baik.

Sementara untuk audio, ASUS Gaming V16 dibekali dengan teknologi audio dari Dirac serta fitur ASUS Audio Booster yang membuat sesi gaming menjadi lebih imersif. 


ASUS Gaming V16 juga merupakan laptop gaming yang telah mengantongi sertifikasi US Military Grade Durability (MIL-STD-810H), dibekali baterai berkapasitas 63Wh, dan hadir dengan paket gratis langganan PC Game Pass selama tiga bulan.

Desain Futuristik dengan Performa Powerful

ASUS Gaming V16 menggabungkan desain futuristik dengan performa tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi para gamers.

Laptop gaming ini dilengkapi dengan backlit keyboard berwarna Turbo Blue yang futuristik, tombol WASD dan panah transparan dengan aksen neon, serta detail samping bertekstur twill yang unik.

Elemen desain ini memberikan sentuhan modern yang menarik, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermain game.

Laptop gaming ASUS ini juga hadir sebagai pendamping andal untuk gaming di mana saja. Ditenagai oleh prosesor Intel CoreTM 5 dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4050, perangkat ini mampu menangani sesi gaming dengan lancar.

Sistem pendingin canggih dengan dua kipas dan heat pipe memastikan performa tetap optimal dalam berbagai kondisi, memungkinkan gamers untuk dapat bermain dalam jangka waktu yang panjang.

Didukung RAM 16GB DDR5 5600MHz yang masih bisa di-upgrade, ASUS Gaming V16 dipastikan dapat menjalankan berbagai game terkini dengan baik.

Fitur Lengkap untuk Pengalaman Gaming Terbaik

Laptop gaming ini juga menghadirkan pengalaman gaming terbaik di kelasnya melalui layar IPS 144 Hz beresolusi WUXGA (1920×1200 pixel), memastikan gameplay dengan latensi rendah, tanpa stuttering atau tearing.

Rasio layar ke bodi yang mencapai 89% meningkatkan imersi dalam permainan dan video tanpa mengorbankan portabilitas. Sementara itu, teknologi audio dari Dirac dan Audio Booster menghadirkan suara yang kaya, memberikan pengalaman multimedia yang lebih mendalam bagi para gamers.

Selain visual dan audio yang unggul, perangkat ini juga menawarkan kenyamanan penggunaan dengan touchpad ergonomis 40% lebih besar, keyboard ASUS ErgoSense untuk pengetikan yang lebih nyaman dan presisi, serta port yang sangat lengkap.

Untuk keperluan konferensi video, laptop gaming ini dilengkapi teknologi AI noise-canceling, 3D Noise Reduction (3DNR), dan penutup kamera magnetik untuk menjaga privasi para gamers.

Laptop Gaming ASUS ini juga ramah lingkungan dengan kemasan 100% dapat didaur ulang dan efisiensi daya 30% lebih baik dari standar ENERGY STAR.

Ketahanan laptop ini telah teruji dengan standar militer AS MIL-STD-810H, menjadikannya perangkat yang tangguh untuk bekerja, bepergian, atau menikmati hiburan dengan percaya diri.

Sudah Tersedia di Indonesia

ASUS Gaming V16 kini sudah tersedia di seluruh Indonesia dengan harga mulai dari Rp13.299.000. ASUS juga akan berkolaborasi dengan salah satu game ternama dan akan menghadirkan rangkaian program menarik untuk para gamers dalam waktu dekat. (Icha)

Telkomsel Hadirkan Lebih dari 200 BTS 5G di Surabaya, Kecepatan Tembus 480 Mbps

0

Telko.id – Menyambut Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025 di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, sampai dengan Nusa Tenggara, Telkomsel menghadirkan berbagai inisiatif untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Mulai dari memastikan kesiapan jaringan melalui teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memetakan 155 titik keramaian, memperluas cakupan 5G di Surabaya, menghadirkan beragam paket dan promo digital, mendirikan Posko Siaga RAFI, hingga menyelenggarakan program CSR #SambungkanSenyuman sebagai bentuk kepedulian sosial.

Sebagai bagian dari perluasan jaringan 5G (Hyper 5G) di Surabaya, Telkomsel telah menambah hingga 50 BTS 5G baru, sehingga mencapai total lebih dari 90 BTS 5G selama periode RAFI.

Pelanggan kini dapat menikmati koneksi internet 5G stabil dan berkecepatan tinggi di Bandar Udara Internasional Juanda, kawasan Central Business District, sejumlah pusat perbelanjaan, kawasan residensial, hingga lingkungan kampus.

Baca juga : Drive Test Jaringan 5G Telkomsel, Persiapan Mudik dan Lebaran

Pasca Idulfitri, Telkomsel akan melanjutkan akselerasi penggelaran Hyper 5G ini hingga mencapai total lebih dari 200 BTS 5G, dan ke depan akan terus memperluas cakupannya secara bertahap di Surabaya.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah mengakselerasi ekspansi jaringan Hyper 5G di Bali, memastikan kehadiran konektivitas internet berkecepatan tinggi dengan total sebanyak 236 BTS 5G di Denpasar dan Badung untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan pariwisata lokal.

Dengan penambahan ini, Telkomsel kini mengoperasikan lebih dari 2.250 BTS 5G di 56 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Telkomsel akan terus melakukan ekspansi Hyper 5G secara bertahap, terarah, dan terukur, dengan tetap mempertimbangkan kesiapan ekosistem 5G, guna mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

“Di momen Ramadan dan Idulfitri 2025, Telkomsel telah memastikan kesiapan jaringan untuk menjadikan Ramadan terbaik serta semakin bermakna bagi semua orang, setiap rumah, dan pelaku bisnis. Upaya ini di antaranya mencakup pemanfaatan AI dalam memetakan titik keramaian, penyediaan berbagai promo produk, hingga program CSR,” kata Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel.

Menurut Indra, Telkomsel juga telah memperluas cakupan Hyper 5G yang contiguous tanpa terputus di Surabaya, yang ekosistem perangkat dan kebutuhan 5G-nya semakin matang.

”Untuk mengakselerasi transformasi digital dan kemajuan Indonesia, Telkomsel akan terus melanjutkan ekspansi 5G di Surabaya maupun wilayah-wilayah strategis lain di Indonesia, seperti Makassar, Medan, Batam, dan kota-kota besar lainnya,” sahut Indra menambahkan.

Berdasarkan data hingga Maret 2025, penetrasi handset 5G di Surabaya telah mencapai lebih dari 25% dengan konsumsi data 5G sebanyak rata-rata 22 GB per pengguna setiap bulan.

Berkat perluasan jaringan Hyper 5G di wilayah ini, kecepatan unduh dapat mencapai hingga 481 Mbps, sementara kecepatan unggahnya dapat menembus 87 Mbps – empat kali lebih cepat dibandingkan rata-rata 4G.

Dari sisi produk, Telkomsel juga menawarkan sejumlah paket dan penawaran menarik untuk memaksimalkan pengalaman konektivitas Hyper 5G di Surabaya.

Seperti 5G Telkomsel Prabayar: Paket Super Seru 5G dengan Dobel Kuota 5G mulai dari Rp75 ribu dengan kuota hingga 900 GB. Selain itu, pelanggan baru juga bisa melakukan pembelian add-on paket spesial 5G dengan kuota 6 GB hanya dengan Rp10 ribu saja.

Lalu ada 5G Telkomsel Halo: Bonus Kuota 5G hingga 20 GB bagi pelanggan baru melalui GraPARI tertentu (mulai Rp100 ribu/bulan), serta Extra Benefit yang mencakup layanan digital premium tanpa biaya tambahan. Pelanggan juga dapat menambah Ekstra Kuota 5G hingga 200 GB mulai dari Rp60 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel.

Selain itu juga ada 5G Device Bundling: Promo RAFI Halo+ iPhone dan Device bold 150k bayar 8 bulan dapat 12 bulan untuk pembelian device iPhone dan Samsung melalui sejumlah mitra online commerce (periode 26 Februari – 13 April), Bonus Kuota 5G hingga 20 GB bagi pelanggan baru melalui GraPARI tertentu, dan Bonus Dobel Kuota BundlingMAX 5G hingga 660 GB bagi pelanggan prabayar. Terdapat juga diskon spesial dengan penukaran Telkomsel Poin. (Icha)

Telkomsel Gelar Ilmupedia Tryout UTBK 2025 di 30 Kota, Diikuti 16.000 Siswa

0

Telko.id – Menjelang UTBK-SNBT 2025 yang akan berlangsung pada 23 April – 3 Mei 2025, Telkomsel melalui Ilmupedia kembali menggelar Tryout UTBK 2025 sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung akses pendidikan berkualitas bagi pelajar di seluruh Indonesia.

Berkolaborasi dengan Kuncie, kegiatan ini sukses diselenggarakan pada 1 Februari hingga 14 Maret 2025 dengan partisipasi lebih dari 16.000 siswa SMA dari 30 kota di seluruh Indonesia.

Ilmupedia Tryout UTBK 2025 diselenggarakan dalam format hybrid, baik secara online melalui platform ilmupedia.co.id, maupun offline di berbagai lokasi terpilih.

Platform ini dirancang untuk memberikan pengalaman latihan soal yang menyerupai ujian sesungguhnya, mulai dari Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), hingga UTBK resmi.

Baca juga : Telkomsel Bagikan THR Lebaran Miliaran Rupiah Lewat Program Digosok Hepi

Sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan Telkomsel Jaga Cita, program ini juga mempertegas komitmen Telkomsel dalam menghadirkan pendidikan yang adaptif, inklusif, dan merata di Indonesia.

Delapan peserta dengan skor tertinggi di tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan pendidikan senilai ratusan juta rupiah, dengan syarat minimal passing grade 600 dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tahun ini, Ilmupedia menghadirkan berbagai inovasi terbaru melalui Platform Ilmupedia Tryout untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan persiapan UTBK bagi para siswa.

Ragam keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para siswa, di antaranya:

  • Simulasi UTBK Seperti Aslinya

Peserta dapat mengerjakan tryout selama 196 menit dengan 155 soal dari 7 subtes yang dirancang menyerupai UTBK-SNBT sesungguhnya. 

  • Penilaian Berbasis Item Response Theory (IRT)

Skor hasil tryout dihitung menggunakan sistem IRT, metode yang juga digunakan dalam UTBK resmi, sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat dan mencerminkan kemampuan peserta secara objektif.

  • Fitur Pembahasan Soal Lengkap

Tidak hanya menyediakan kunci jawaban, platform ini juga memberikan pembahasan mendalam agar peserta dapat memahami konsep dari setiap soal dengan lebih baik.

  • Fitur Prediksi Peluang Lolos Kampus

Berdasarkan skor yang didapatkan, peserta dapat memperkirakan peluang mereka lolos ke PTN pilihan, membantu dalam strategi pemilihan jurusan.

  • Akses Tryout Unlimited

Peserta dapat mengakses dan mengulang simulasi UTBK kapan saja selama masa aktif paket, memberikan fleksibilitas dalam berlatih dan meningkatkan kesiapan mereka.

“Ilmupedia Tryout UTBK 2025 bukan hanya sekadar latihan ujian, tetapi juga bagian dari upaya Telkomsel dalam memberdayakan generasi muda dengan solusi digital yang inovatif,” kata Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel.

Adhi menambahkan bahwa melalui fitur tambahan Ilmupedia Tryout, para siswa tidak hanya dapat melakukan latihan soal untuk UTBK, melainkan juga latihan soal ketika ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

“Hal ini menjadi salah satu bukti nyata dari Telkomsel  dalam melakukan pemerataan mutu pendidikan yang menjadi titik penting dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk Indonesia Emas 2045,” u ujar Adhi menambahkan.

CEO Kuncie, Kemas M. Fadhli, menambahkan, “Dengan hadirnya Platform Ilmupedia Tryout, kami ingin memastikan bahwa para peserta memiliki akses latihan soal berkualitas yang bisa meningkatkan pemahaman mereka. Kami optimistis bahwa platform ini dapat membantu lebih banyak siswa meraih peluang terbaik untuk lolos ke PTN impian mereka.”

Kedepannya, dengan semangat untuk buka semua peluang dan inovasi teknologi, Telkomsel terus berkomitmen dalam memberikan solusi digital terbaik bagi pendidikan di Indonesia.

Terlaksananya Ilmupedia Tryout UTBK 2025 dan hadirnya platform Ilmupedia Tryout menjadi bukti nyata bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang yang lebih luas bagi generasi muda dalam mengejar impian mereka. (Icha)

Telkomsel Bagikan THR Lebaran Miliaran Rupiah Lewat Program Digosok Hepi

0

Telko.id – Telkomsel mengumumkan 10 pelanggan Telkomsel PraBayar sebagai pemenang Grand PrizeTHR Lebaran program Digosok Hepi dengan total hadiah senilai Rp1 miliar di Telkomsel Smart Office Jakarta pada 20 Maret 2025.

Pengumuman pemenang melalui undian tersebut sekaligus menjadi puncak acara dari program yang telah berlangsung sejak 9 Desember 2024 hingga 15 Maret 2025, dan telah diikuti lebih dari 12 juta pelanggan. 

Sejak program dimulai, Telkomsel juga telah membagikan hadiah mingguan dengan total hadiah mencapai Rp 2,55 miliar kepada lebih dari 21.000 pelanggan secara rutin.

Nominal uang tunai yang dibagikan setiap minggu bervariasi, yaitu Rp500.000, Rp250.000, atau Rp100.000 untuk masing-masing pemenang.

Baca juga : Prestige SkyEase, Apresiasi Telkomsel Bagi Pelanggan di Bandara

Di akhir periode, seluruh peserta program, termasuk para pemenang  hadiah mingguan, kembali diundi untuk memenangkan hadiah utama Grand Prize total 10 miliar.

“Program Digosok Hepi merupakan bentuk apresiasi Telkomsel kepada pelanggan setianya, kami ucapkan selamat kepada seluruh pemenang yang mendapat rezeki uang THR Lebaran serta pengalaman bermakna melalui program ini,” kata Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel.

Menurut Adhi, melalui penyediaan berbagai bentuk voucher, baik voucher fisik maupun e-voucher yang digunakan sebagai syarat partisipasi program Digosok Hepi, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan berbagai solusi yang membantu pelanggan memperoleh pengalaman broadband terdepan dengan cara yang mudah, cepat, dan terjangkau.

Program Digosok Hepi yang digelar menjelang dan selama Ramadan 2025 merupakan program loyalitas untuk pelanggan Telkomsel PraBayar yang mengajak mereka melakukan keseruan berupa menggosok serta menukarkan kode voucher internet atau e-voucher menjadi kuota internet.

Setelah pengumuman hasil undian diunggah di telkomsel.com/promo/digosokhepi, pemenang akan dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data.

Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Untuk memastikan integritas dan transparansi, proses pengundian turut disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial, dan Notaris. (Icha)

OPPO Find N5 Lolos TKDN dan Membuka Pendaftaran Minat

0

Telko.id – OPPO Indonesia akan segera mengguncang pasar smartphone foldable Indonesia dengan inovasi terbarunya dalam perangkat Find N5.

Smartphone foldable flagship OPPO terbaru dengan kode produk CPH2671 telah resmi mendapatkan nilai TKDN sebesar 46,44% serta sudah terdaftar di Postel dan di situs P3DN milik Kementerian Perindustrian.

Hal ini menegaskan kesiapan perangkat Find N5 untuk segera dipasarkan dan dinikmati oleh konsumen di tanah air.

Mengikuti jejak kesuksesan pendahulunya, OPPO Find N3, yang berhasil menetapkan standar baru dalam dunia foldable dengan ketahanan engsel, baterai terbesar di kelasnya, hingga kualitas kamera level pro yang mumpuni, kini OPPO Find N5 hadir dengan inovasi yang lebih segar.

Baca juga : Tanpa Khawatir Jatuh atau Basah, OPPO A5 Pro Pas Jadi Partner Andalan!

Dengan mengusung desain yang jauh lebih ramping dan fitur-fitur canggih, Find N5 akan memberikan pengalaman produktivitas dan hiburan yang tak tertandingi.

OPPO juga telah membuka pendaftaran minat melalui situs resminya (https://www.oppo.co.id/roi-oppofindn5). Konsumen yang berminat dapat mendaftarkan data diri seperti nama, nomor telepon, dan alamat email, serta memilih fitur unggulan yang paling mereka butuhkan di smartphone foldable.

Pendaftaran ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mendapatkan penawaran dan informasi eksklusif seputar pembelian OPPO Find N5 saat resmi hadir di Indonesia.

Sebelumnya, OPPO Find N5 telah meluncur secara global pada 20 Februari lalu di Singapura dengan mengusung slogan “Slim. Yet Powerful”.

Peluncuran global ini menandai hadirnya smartphone foldable dengan ketipisan luar biasa yang setara dengan 1 pensil atau 2 kartu ATM yang ditumpuk.

Tidak hanya itu, smartphone foldable flagship ini juga menawarkan berbagai terobosan terbaru pada desain, layar, dan baterai untuk memberikan pengalaman baru dalam produktivitas maupun hiburan.

Inovasi-inovasi tersebut semakin menegaskan posisi Find N5 sebagai perangkat yang mendefinisikan ulang standar smartphone foldable di kancah global.

Dengan segudang inovasi dan teknologi terdepan, Find N5 siap membawa pengalaman baru bagi para pengguna di tanah air. (Icha)

Jenius Perkenalkan Inovasi ‘Cash Cow’ dan ‘Bayar & Nabung’. Ini Keuntungannya!

0

Telko.id – Jenius, solusi life finance dari SMBC Indonesia, kembali meluncurkan dua inovasi terbarunya, yaitu Cash Cow dan Bayar & Nabung bersamaan dengan program #JagainRamadan bareng Jenius.

Melalui peluncuran ini, Jenius ingin menjawab kebutuhan masyarakat digital savvy yang semakin dinamis, cerdas, dan terintegrasi antara kebutuhan transaksi harian dan menumbuhkan dana tabungan.

Tren Perilaku Keuangan Masyarakat Digital Savvy
Dalam beberapa tahun terakhir, perilaku keuangan masyarakat Indonesia mengalami perubahan.

Didorong oleh adopsi teknologi serta perubahan gaya hidup yang semakin praktis dan serba digital, pertumbuhan transaksi digital juga meningkat pesat. Selain itu, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menabung dan perencanaan keuangan.

Baca juga : Usai Jadi SMBC Indonesia, Jenius Janjikan Pengalaman Unthinkable

“Melalui proses kokreasi dengan digital savvy, Jenius menemukan bahwa menabung belum menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat tertentu. Ditambah lagi, biasanya bunga tabungan yang optimal hanya diberikan secara terbatas. Untuk itu, Jenius menghadirkan inovasi terbaru, yaitu Cash Cow dan kapabilitas Bayar & Nabung,” kata Febri Rusli, Digital Banking Product & Innovation Head SMBC Indonesia.

Lebih lanjut, Febri menyampaikan bahwa inovasi ini turut memperkuat fitur tabungan yang sudah ada di Jenius sebelumnya. “Dengan inovasi ini, Jenius mendorong masyarakat digital savvy untuk membangun kebiasaan menabung, sekaligus mengakselerasi keuangan mereka dengan bunga tabungan yang lebih optimal,” tambahnya.

Jenius Hadirkan Produk “Cash Cow”
Cash Cow merupakan sebuah tabungan dengan bunga kompetitif sebesar 6% p.a. yang saat ini dapat diisi melalui cashback yang didapatkan dari promo merchant favorit, dan juga kapabilitas Bayar & Nabung.

Selain itu, Cash Cow juga memungkinkan Teman Jenius untuk melacak dan mengelola dana di dalam Cash Cow secara otomatis dan transparan. Sebagai program spesial, Jenius menawarkan bunga tabungan Cash Cow 9% p.a. yang berlaku mulai 19 Maret hingga 31 Agustus 2025.

Cara Mengisi Tabungan di Cash Cow
Untuk mengumpulkan tabungan di Cash Cow, pengguna bisa memanfaatkan program cashback saat melakukan transaksi di beragam merchant favorit, serta program cashback fitur di aplikasi Jenius.

Antara lain melalui transaksi top up e-Wallet atau cashback biaya bulanan s-Card. Kini, PT Bank SMBC Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan merupakan peserta penjaminan LPS.

Jenius menghadirkan cara baru bagi pengguna untuk semakin mengoptimalkan tabungan di Cash Cow melalui kapabilitas Bayar & Nabung.

Kapabilitas “Bayar & Nabung” Untuk Mengisi Tabungan Cash Cow
Bayar & Nabung adalah sebuah kapabilitas baru yang memungkinkan pengguna untuk langsung menyisihkan sesuai nominal transaksi ke Cash Cow setiap kali menggunakan QRIS atau membayar tagihan dengan sumber dana dari Saldo Aktif, dengan batas maksimal Rp250.000 per transaksi.

Misalnya, saat pengguna melakukan pembayaran tagihan atau pembelian barang, mereka dapat menyisihkan sejumlah uang yang langsung masuk ke dalam Cash Cow.

Ini memudahkan pengguna untuk menabung secara konsisten dengan penawaran bunga yang optimal tanpa minimum setoran atau tenor.

#JagainRamadan bareng Jenius


Untuk membuat Ramadan lebih bermakna, Jenius meluncurkan program #JagainRamadan bareng Jenius. Program ini mengajak pengguna untuk lebih bijak mengelola keuangan selama Ramadan melalui berbagai fitur, program, dan inovasi baru Jenius.

“Semua nya akan memudahkan pengguna menyeimbangkan pengeluaran dan menabung, sehingga tetap bisa menikmati Ramadan sambil mencapai tujuan finansial,” tambah Febri.

Mulai dari tawaran promo menarik untuk buka puasa di Sushi Tei hingga Katsukita; belanja kebutuhan Ramadan dan persiapan Idulfitri di AEON Supermarket dan GrandLucky Superstore hingga beli tiket untuk mudik dan liburan di Tiket.com, Traveloka, hingga AVIATOUR.

Pengguna Jenius bisa menikmati cashback atau potongan harga hingga 50% berdasarkan level Green Club.

Khusus pada momen Ramadan ini, Jenius berkolaborasi dengan Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa melalui program ‘Ekstra Donasi’. Setiap donasi yang diberikan oleh pengguna Jenius minimal Rp150.000, Jenius akan menambahkan ekstra donasi sebesar Rp25.000.

Program ini berlaku selama periode 5 Maret-30 April 2025, khusus untuk metode pembayaran menggunakan Jenius Pay pada website Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa dan aplikasi Rumah Zakat ataupun melalui menu Bayar Tagihan di aplikasi Jenius.

“Dengan menghadirkan inovasi terbaru seperti Cash Cow dan Bayar & Nabung, Jenius berharap dapat membantu pengguna Jenius untuk tetap konsisten menabung dari setiap transaksi pembayaran, bahkan saat memenuhi kebutuhan Ramadan,” ungkap Febri.

Ia pun menambahkan bahwa program ini dapat menjaga keseimbangan antara berbagi kebaikan dan merencanakan keuangan yang lebih bijak selama bulan suci. (Icha)

Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif, Ini Targetnya!

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Telkom Solution, terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia.

Kehadirannya, menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen perusahaan swasta (private sector), BUMN dan pemerintahan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Venusiana menjelaskan, saat ini, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).

“Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital mereka,” ujar Venusiana.

Baca juga : Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market enterprise business di Indonesia masih terbuka lebar.

Reni mengurai, di segmen market perusahaan swasta, termasuk di dalamnya terdapat 136 grup usaha swasta atau konglomerasi bisnis yang memiliki jaringan lebih dari 4.800 entitas perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution juga akan mendorong digitalisasi di seluruh BUMN Group yang tersebar di 12 klaster BUMN dan juga mendukung akselerasi digitalisasi pemerintahan di 48 kementerian, 120 lembaga pemerintahan dan 553 pemerintahan daerah,” jelas Reni saat buka puasa bersama awak media di Jakarta.

Menyambung penjelasan Reni, OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno menyampaikan, ada tiga solusi unggulan yang siap dihadirkan untuk potensial market di segmen enterprise business Telkom Solution.

“Ketiga solusi unggulan yang Telkom Solution hadirkan antara lain: Connectivity+ (Advanced Connectivity), Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI),” jelas Tanto.

Tanto melanjutkan, Connectivity+ adalah layanan konektivitas end-to-end yang mencakup SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk mendukung operasional bisnis yang lebih efisien. Kedua layanan Cyber Security.

Menurut Tanto, Telkom bersama beberapa global giant tech company siap menghadirkan layanan keamanan digital operasional pelanggan dengan pengamanan digital multi-layered untuk melindungi data dan operasional bisnis pelanggan.

Dan yang terakhir adalah layanan Artificial Intelligence (AI) berbasis use case yang dapat memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan.

Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz,” ujar Reni.

Sedangkan untuk market enterprise business seperti pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advance, menurut Reni akan menggunakan brand Telkom Solution. (Icha)

Kunjungan Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center Telkom di Cikarang

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menerima kunjungan dari Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang milik NeutraDC, anak usaha Telkom yang bergerak di industri data center pada Kamis (6/3).

Kunjungan bertujuan untuk melihat langsung ekosistem data center yang menjadi bagian dari strategi nasional dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Kunjungan dilakukan oleh Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini beserta anggota Komisi VI DPR RI lainnya dan disambut langsung oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, serta CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F.

Dalam kesempatan ini, rombongan Komisi VI DPR RI meninjau infrastruktur HDC Cikarang yang memiliki standar keamanan dan keandalan tinggi, serta didukung oleh teknologi terkini.

Baca juga : Dukung FWA Jelang Idulfitri, TelkomGroup Naikkan Kapasitas Jaringan Jadi 58,4 Tbps

Sebagai salah satu data center terbesar di Indonesia, HDC Cikarang berperan penting dalam mendukung kebutuhan digitalisasi berbagai sektor industri di Indonesia.

Saat melakukan kunjungan, Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini mengapresiasi langkah strategis Telkom dalam memperkuat ekosistem data center di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pusat data yang dimiliki Telkom tidak hanya digunakan oleh pelanggan di Indonesia, tetapi juga oleh konsumen dari luar negeri.

Menurutnya, hal ini merupakan terobosan luar biasa yang perlu ditingkatkan, terutama di era digital saat ini, di mana seluruh data itu penting. Ia juga menegaskan bahwa Komisi VI DPR RI memberikan perhatian khusus untuk mendukung Telkom dalam memperluas cakupan layanan dan kapasitas penyimpanan data.

Dalam pengelolaan infrastruktur data center, TelkomGroup berkomitmen terhadap dekarbonisasi dengan mengutamakan penggunaan energi hijau.

Pembangunan Hyperscale Data Center (HDC) dirancang untuk memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy) yang ramah lingkungan guna mendukung operasional yang lebih berkelanjutan.

Komisi VI DPR RI turut menyoroti perihal aspek keberlanjutan dan dampaknya terhadap lingkungan. Anggia menambahkan, Telkom telah mulai menerapkannya, seperti penggunaan solar panel, serta telah memiliki perhitungan dampaknya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa TelkomGroup siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah untuk semakin memperkuat infrastruktur data center.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas data center TelkomGroup dengan membuka peluang kolaborasi bersama berbagai mitra strategis, baik di tingkat nasional maupun global,” ujar Ririek.

Langkah ini, lanjut nya,  tidak hanya bertujuan untuk mendukung transformasi digital melalui layanan data center yang andal dan berdaya saing, tetapi juga tetap berfokus pada keberlanjutan dengan mengadopsi teknologi ramah lingkungan serta penggunaan energi terbarukan.

Kunjungan Komisi VI DPR RI ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Telkom dan para pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem data center yang semakin kompetitif dan berdaya saing.

Sebagai bagian dari strategi utama Five Bold Moves, Telkom senantiasa menghadirkan solusi dan infrastruktur digital guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. (Icha)

Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

0

Telko.id – TelkomGroup melalui Telkom Solution, ditahun ini akan semakin gencar menggarap segmen business to business dalam semua lini bisnis di Indonesia.

Hal ini dilakukan karena sebagai katalisator transformasi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menunjukkan perannya dalam menghadirkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia.

Melalui ekosistem digital yang terintegrasi, Telkom berupaya mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis.

Direktur utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Baca juga : Prestige SkyEase, Apresiasi Telkomsel Bagi Pelanggan di Bandara

“Kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan mencapai delapan kali lipat,” jelas Ririek pada acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta (7/3).

Telkom turut memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional melalui percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.

Telkom memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi bagi pasar Business-to-Business (B2B).

Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.

Selaras, Direktur Enterprise and Business Service Telkom FM Venusiana menegaskan bahwa Telkom Solution hadir untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Menurut Venusiana, perannya adalah sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.

“Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif, Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu Connectivity++, Cyber Security, serta Artificial Intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.

Bisnis B2B Telkom akan berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain pada segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur.

Lebih lanjut, Venusiana menjelaskan bahwa Telkom Solution memiliki positioning yang berbeda dengan Indibiz. Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi.

Sementara Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.

Dengan kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. (Icha)