spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 116

Beli Tiket Disney Cruise, Kini Bisa Lewat Traveloka

Telko.id – Traveloka resmi akan menjadi salah satu distributor tiket perjalanan bersama Disney Cruise Line di Indonesia, usai peluncurannya di Singapura pada 26 Juni 2024.

Para pengguna Traveloka berkesempatan untuk menikmati pesona Disney Adventure di atas laut dengan perpaduan keajaiban yang unik. Disney Adventure dijadwalkan akan memulai pelayaran pada akhir 2025 dengan pelabuhan awal pelabuhan utama di Singapura.

Pelayaran ini akan menghadirkan berbagai pilihan kuliner bertema Disney hingga aktivitas mendebarkan di atas kapal yang menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta dari seluruh kalangan usia.

“Peluncuran perdana armada Disney Cruise Line di Asia menghadirkan kesempatan baru nan menarik bagi para traveler untuk merasakan dunia penuh petualangan. Penjualan tiket perdana diperkirakan akan dimulai pada kuartal empat (Q4) 2024 di Traveloka,” kata Caesar Indra, President of Traveloka.

Baca juga : Traveloka Gandeng Cebu Pacific, Dorong Pariwisata di Filipina

Traveloka tidak hanya akan menyediakan tiket Disney Adventure tetapi juga beragam paket lainnya, termasuk Fly-Cruise, liburan di Singapura bersama Disney Adventure, dan lainnya, untuk memenuhi permintaan berbagai segmen dan kebutuhan pelanggan.

Disney Adventure akan menjadi suatu perjalanan sekaligus tujuan petualangan tanpa batas yang menghidupkan nilai-nilai utama dari dongeng Disney. Di atas kapal pesiar, para tamu akan menelusuri perjalanan ke tujuh area bertema unik, masing-masing dipenuhi dengan lusinan karakter ikonis Disney untuk pengalaman wisata luar biasa dan tak terlupakan, tanpa pernah meninggalkan kapal.

Disney Imagination Garden, akan menjadi pusat atraksi dari Disney Adventure, menawarkan paduan pertunjukan di ruang terbuka dengan lembah yang mempesona serta taman menawan untuk sebuah pengalaman yang emosional. Terinspirasi dari 100 tahun petualangan Disney yang heroik dan menyentuh, para tamu akan menemukan pintu gerbang menuju perjalanan yang tak terlupakan. 


Di Disney Discovery Reef, keluarga dapat berbelanja dan kulineran di area peristirahatan yang dinamis dan dirancang sedemikian rupa untuk membangkitkan semangat karakter dan kisah bawah laut ikonis dari Walt Disney Animation Studios serta Pixar Animation Studios.

Terinspirasi dari dunia “Big Hero 6” yang eklektik dari Walt Disney Animation Studios, 
San Fransokyo Street akan menjadi area hiburan keluarga yang penuh semangat dengan suasana semarak pasar jalanan, dilengkapi berbagai jenis permainan serta aktivitas interaktif, toko, bioskop, dan masih banyak lagi.

Di Wayfinder Bay, para tamu akan terpesona oleh “cakrawala di mana langit bertemu laut”, sebuah oasis terbuka di bawah sinar matahari di mana para tamu dapat bersantai dan hiburan eksklusif menanti. Tepi kolam renang yang mewah namun santai ini akan menampilkan keindahan khas Kepulauan Pasifik yang terinspirasi dari film Disney Animation, “Moana”.

Town Square akan menjadi ajang perayaan karakter-karakter bangsawan Disney. Sebuah negeri ajaib yang ditujukan bagi mereka yang berharap pada bintang agar impian mereka menjadi kenyataan. Toko-toko, lounge, kafe dan restoran, serta tempat hiburan bertemakan putri kerajaan Disney dapat di temukan di hutan fantastis ini 


Di Marvel Landing, para hero superakan bersatu di sebuah tempat yang dirancang untuk para bagi para tamu dari segala usia. Area ini akan menawarkan petualangan ala Avengers, dengan atraksi dan pengalaman baru yang menampilkan representasi imajinatif dari para karakter hero favorit para tamu.

Toy Story Place akan menginspirasi para tamu untuk menjelajah, berkreasi, berinteraksitukar cerita, bersenang-senang di taman bermain yang unik serta interaktif dengan tempat makan bertema dan area bermain air, di mana dunia “Toy Story” dari Pixar menjadi hidup dengan cara-cara yang menarik dan kreatif. (Icha)

Yuk Liburan yang Unthinkable Dengan Ragam Kemudahan dari Jenius

Telko.id – Masuk liburan sekolah membuat minat masyarakat Indonesia untuk berpergian juga meningkat, baik ke luar negeri atau menjelajahi Indonesia, apalagi ada banyak kemudahan dari Jenius membuat liburan pun unthinkable.

Tren liburan ini didukung oleh data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat peningkatan sebesar 30,63% untuk penerbangan domestik pada bulan April 2024 dibandingkan Maret 2024. Sementara itu, penerbangan internasional pun meningkat 11,45% dari bulan sebelumnya.

Tak sekadar mengunjungi tempat wisata, tujuan liburan para traveler semakin beragam dan personal. Mulai dari mencoba kuliner khas lokal, menyaksikan penampilan artis idola, mengunjungi tempat ibadah, hingga mengenal budaya daerah, dan masih banyak lagi.

Memahami tren perjalanan yang semakin dinamis, Jenius sebagai solusi life finance dari Bank BTPN, hadir untuk memudahkan para traveler mengelola keadaan finansial agar dapat memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.

Baca juga : Jenius Serukan ‘Think Unthinkable’, Apa Itu?

Setiap perjalanan, baik itu solo trip ataupun jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman, pastinya memiliki konsekuensi finansial, mulai dari persiapan, pada saat perjalanan berlangsung, sampai ketika kembali dari perjalanan.

“Untuk menghadapi hal ini, Jenius memberikan kemudahan yang unthinkable bagi Teman Jenius untuk mempersiapkan dan menikmati perjalanan mereka secara nyaman, termasuk dalam mengatur keuangan tanpa harus khawatir pada situasi tak terduga,” kata Febri Rusli, Digital Banking Product & Innovation Head Bank BTPN.

Kebutuhan pada saat traveling pun bisa lebih mudah teratasi dengan memanfaatkan Kartu Kredit Jenius. Kemudahan transaksi dengan Kartu Kredit Jenius tidak hanya memberikan Teman Jenius akses yang lancar dan aman saat traveling ke luar negeri, tetapi juga memungkinkan para penggunanya untuk mengumpulkan Yay Points yang bisa ditukarkan secara real-time.

Hingga kini Jenius terus memperluas opsi penukaran Yay Points dengan menggandeng beberapa mitra strategis terbaru, yaitu AirAsia MOVE, Citilink, dan MAPCLUB.

Kolaborasi terbaru ini memungkinkan Teman Jenius untuk menukarkan Yay Points mereka dan mendapatkan produk-produk unggulan dari ketiga mitra tersebut.

Saat ini, tersedia tiga pilihan kategori Yay Points di Jenius, yaitu Travel (GarudaMiles, KrisFlyer Miles, Traveloka Points, AirAsia points, LinkMiles), e-Wallet (GoPay, Ovo Cash),dan Eat & Shop (MAPCLUB Points).

Yay Points yang dikumpulkan oleh teman Jenius dapat ditukar menjadi LinkMiles untuk kemudian ditukarkan menjadi tiket pesawat ke destinasi favorit dan penawaran menarik dari mitra Citilink.

“Kerja sama yang dilakukan antara Citilink dengan Jenius diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan setia Citilink untuk menemani perjalanan liburan mereka. Apalagi dengan tidak adanya batasan untuk penukaran Yay Points menjadi LinkMiles, pelanggan dapat mempersiapkan liburan mereka dengan lebih mudah dan efisien,” ujar Haza Ibnu Rasyad, Head of Corporate Secretary & CSR Division Citilink.

Sementara itu, teman Jenius juga dapat menukarkan Yay Points menjadi AirAsia points, poin loyalitas program AirAsia rewards di aplikasi AirAsia MOVE.

“Kolaborasi ini akan memberikan keuntungan, fleksibilitas, serta nilai yang lebih besar bagi para teman Jenius dan anggota AirAsia. Terutama, dengan perluasan fungsi AirAsia points yang kini dapat ditukarkan untuk pemesanan tiket AirAsia dan 700 maskapai global lainnya, 900.000 pilihan hotel di seluruh dunia, serta berbagai produk dan layanan perjalanan yang terdapat di dalam aplikasi AirAsia MOVE,” ujar Arifin Prasetyo, Country Head AirAsia rewards Indonesia.

Adapun penukaran Yay Points ke MAPCLUB Points bisa langsung digunakan konsumen untuk bertransaksi online melalui aplikasi MAPCLUB atau toko-toko offline MAP.

“Dengan kolaborasi bersama Jenius, kami berharap dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen untuk mengumpulkan poin, melakukan penukaran poin lebih fleksibel, dan menikmati lebih banyak manfaat lainnya,” ujar Marcella Dewi, Direktur MAPCLUB Digital Asia.

Jelajahi Dunia, Temukan Pengalaman Unthinkable Bersama Jenius

Guna memastikan perjalanan lancar dan menyenangkan, baik di dalam maupun luar negeri, Jenius juga menghadirkan solusi finansial yang dirancang secara khusus dan lebih personal untuk para traveler.

Salah satunya kategori Transaksi, di mana Kartu Debit Jenius Visa dapat dipakai bertransaksi mata uang Rupiah dan sembilan mata uang asing lainnya, mulai dari euro (EUR), poundsterling Inggris (GBP), dolar Singapura (SGD), dolar Amerika Serikat (USD), dolar Australia (AUD), dolar Hong Kong (HKD), baht Thailand (THB), yen Jepang (JPY), hingga yuan Tiongkok (CNY).

Semuanya tersedia 24 jam, 7 hari seminggu tanpa libur langsung dari aplikasi Jenius. Dengan demikian, teman Jenius dengan mudah menukarkan mata uang pada saat traveling ke luar negeri.

Teman Jenius juga bisa memanfaatkan fitur Flexi Cash, sebuah layanan dana siaga fleksibel dengan limit hingga Rp200 juta yang dapat dicairkan sesuai kebutuhan. Hadirnya Flexi Cash dapat memberikan kemudahan bagi para traveler dalam mengatasi kebutuhan keuangan yang mendesak di tengah perjalanan.

“Melalui fitur-fitur yang Jenius hadirkan, teman Jenius bisa mengatur alokasi dana traveling dengan cerdas, melakukan pemesanan tiket dan akomodasi secara seamless, transaksi makan dan belanja yang fleksibel, hingga pilihan tabungan yang personalized,” kata Febri.

Jenius memastikan teman Jenius bisa fokus menikmati dan menciptakan momen unthinkable selama perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. Ke depan, Jenius akan terus menghadirkan inovasi yang solutif dan relevan dengan kebutuhan para digital savvy. (Icha)

Peretas PDNS 2 Berikan Kunci Dekripsi Gratis, Aneh?

Telko.id – Perestas Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang dilakukan oleh kelompok hacker Brain Cipher berjanji, besok (03/07) akan memberikan kunci Dekripsi ke pemerintah secara gratis.

Seperti dikutip dari @stealthmole_int yang menyebutkan bahwa “geng ransomware Brain Cipher mengumumkan mereka akan merilis kunci dekripsi secara gratis pada hari Rabu ini”. Mereka pun menekankan perlunya pendanaan dan spesialis keamanan siber.

Mereka pun mohon maaf kepada Indonesia atas gangguan ini. Permintaan pengakuan publik atas keputusan mereka.

Akan kah, benar kunci dekripsi tersebut akan diberikan?

Seperti kita ketahui, hampir dua minggu Brain Cipher mengunci data dari PDNS 2 yang membuat layanan publik pemerintahan terganggu. Ketika berhasil menembus server pusat data, hacker meminta tebusan sebesar USD 8 juta atau setara dengan Rp 131 miliar.

Baca juga : Peretas PDNS Minta Tebusan Rp 131 miliar, Ini Sikap Pemerintah!

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pemulihan layanan publik terdampak serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.  Menurut Menko Polhukam, Presiden mengarahkan layanan publik kembali normal pada Juli 2024.

Proses pemulihan layanan tersebut salah satunya menggunakan backup server dari Cold Site Batam yang kemudian diaktifkan pada fasilitas PDNS 1 dan Data Center Temporary milik penyedia.

Mengenai backup Menko Polhukam menekankan sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan. “Ini mandatori, tidak opsional lagi. Sehingga kalau secara operasional PDNS berjalan, ada gangguan, masih ada backup yaitu di DRC atau Cold Site yang ada di Batam dan bisa auto gate interactive service,” tandas Hadi Tjahjanto.

Dengan pengaturan backup, setiap tenant atau kementerian Lembaga Pemerintah Daerah akan memiliki backup data dan layanan sebagai Upaya untuk menjaga keberlangsungan layanan jika ada insiden serupa di masa mendatang.

Pemerintah akan menyiapkan pengaturan terkait penempatan data dan cadangannya secara berlapis sesuai dengan tingkat klasifikasi data mulai dari data strategis, data terbatas, hingga data terbuka. 

“Jadi nanti ada data-data yang sifatnya umum atau terbuka seperti statistik dan sebagainya akan disimpan di cloud, sehingga tidak penuh data yang ada di PDN,” ungkapnya.

Disamping itu, BSSN akan terus meningkatkan keamanan siber dengan cara menyambungkan komando kendali BSSN serta mengaktifkan Computer Security Insident Response Team (CSIRT) yang akan terus memantau upaya pengelolaan PDN dan backup data. 

“Tentunya, kita juga diperintah Bapak Presiden untuk meninjau kembali Peraturan/Instruksi Presiden terkait dengan operasional siber termasuk BSSN dan jajarannya, sehingga nantinya komando kendali itu mudah apabila terjadi permasalahan,” tutur Menko Polhukam.

Menko Hadi Tjahjanto mengimbau kepada setiap tenant agar senantiasa mengingatkan penggunaan akun secara hati-hati dan segera mengeluarkan surat edaran.

“Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa user yang selalu menggunakan password-nya dan akhirnya terjadi permasalahan yang sangat serius ini. Oleh sebab itu, penegakan hukum oleh BSSN dan oleh aparat nantinya bisa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya. (Icha)



Oppo A3 Pro 5G Bakal Hadirkan Teknologi AI Generatif

Telko.id – Oppo A3 Pro 5G akan mengghadirkan teknologi AI Generatif canggih, ini kali pertama diberikan bagi pengguna A series. Berbagai fitur AI seperti AI LinkBoost dan AI Eraser hadir untuk memberikan pengalaman hiburan yang lebih lancar dan menyenangkan sepanjang hari.

Ubah Setiap Momen Jadi Sempurna dengan AI Eraser

Untuk pertama kalinya, Oppo memperkenalkan AI Eraser di lini A Series. Dengan kemampuan AI generatif Oppo, AI Eraser dapat mengidentifikasi dan menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan dari gambar, lalu mengisi celah tersebut secara alami sehingga tidak terlihat jejak pengeditan.

Fitur canggih ini memungkinkan pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto hanya dengan mengelilingi objek tersebut. AI Eraser menghasilkan hasil penghapusan yang mulus, memastikan foto terlihat sempurna.

Teknologi ini secara cerdas dapat mengenali objek dan orang dalam foto melalui model skala besar yang dikembangkan oleh Oppo, yang kemudian mengisi area yang dihapus dengan latar belakang yang alami.

Baca juga : Oppo A3 Pro 5G Gandeng Mobile Legends, Berbekal Ketangguhan Kelas Militer!

Konektivitas Selalu Stabil dan Lancar dengan AI LinkBoost

AI LinkBoost dari OPPO menggunakan model AI tingkat sistem untuk memastikan konektivitas yang stabil di mana pun pengguna berada. Pengguna dapat menikmati konektivitas yang mulus saat bermain game atau streaming video, bahkan di area dengan sinyal yang lemah atau ditengah jaringan yang sibuk.

Teknologi ini menggabungkan mesin transmisi data yang dikembangkan oleh OPPO, antena 360 derajat, daya antena yang ditingkatkan, dan pemilihan jaringan cerdas untuk mengatasi sinyal lemah dan hambatan jaringan, sehingga dapat memberikan pengalaman konektivitas yang stabil dalam kondisi jaringan yang kompleks.

  • Tetap Lancar di Berbagai Zona Web: Di lingkungan dengan sinyal Wi-Fi yang buruk seperti di mall dan kantor, AI LinkBoost dapat meningkatkan kecepatan beralih antara jaringan Wi-Fi dan seluler sebesar 20%.
  • Taklukan Sinyal Lemah: Dengan AI LinkBoost, OPPO A3 Pro 5G dapat berbagi konten lebih cepat dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi saat membagikan foto dalam kondisi jaringan yang lemah seperti di konser atau festival musik.
  • Tetap Terhubung Selama Perjalanan: Update peta yang lebih cepat saat navigasi di jalanan padat atau kawasan perkotaan yang sibuk untuk posisi yang akurat. Baik saat menggunakan aplikasi navigasi atau Google Maps, pengguna tidak perlu khawatir tersesat karena OPPO A3 Pro 5G selalu siap membantu dengan cepat.

AI Portrait Retouching 7.0

Fitur retouching yang sudah ditingkatkan ini dilengkapi dengan panel retouching yang dapat disesuaikan dengan 8 tingkat dan 100 level, serta 10 tombol untuk pilihan tekstur kulit, pipi, ukuran mata, hidung, dagu, dan lainnya. Pengguna dapat menggeser melakukan penyesuaian detail wajah secara presisi real-time, menghasilkan efek kecantikan yang lebih alami untuk selfie, portrait, dan video.

Dengan semua keunggulan ini, OPPO A3 Pro 5G siap menjadi smartphone favorit di kelasnya. Perangkat ini resmi hadir di Indonesia dengan harga Rp3.999.000 dan sudah dapat dipesan secara daring mulai tanggal 28 Juni hingga 4 Juli 2024 eksklusif di Tokopedia dan TikTok Shop.

Konsumen dapat menikmati keuntungan tambahan hingga Rp470.000 selama periode pemesanan, berupa cashback sebesar Rp400.000, bonus Gadget Proteksi, serta kopi gratis di gerai Finders Cafe dengan memberikan review lengkap beserta foto/video dan komen. (Icha)

Samsung Luncurkan Bespoke AI Washer & Dryer Baru, Ini Kelebihannya!

Telko.id – Samsung Electronics Co, Ltd mengumumkan peluncuran Bespoke AI Washer & Dryer, yang menghadirkan mesin cuci dan pengering Samsung yang paling ramah lingkungan, efisien, dan cerdas.

Dilengkapi dengan kapasitas yang besar dan desain yang hemat ruang, Bespoke AI Washer and Dryer memiliki performa yang mumpuni dan dapat diandalkan, serta hemat energi, sumber daya, dan biaya.

Memperluas kehadiran produk Bespoke dari Samsung dari dapur hingga ke seluruh bagian rumah, mesin cuci dan pengering terbaru ini dirancang dengan desain yang indah dan pengalaman penggunaan yang luar biasa.

Hemat Energi, Air, dan Deterjen Setiap Kali Mencuci

Mencuci jadi makin efisien dan hemat dengan Bespoke AI™ Washer & Dryer

Baca juga : Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Mesin cuci bukaan depan Bespoke terbaru dari Samsung ini menghadirkan tingkat kenyamanan dan efisiensi yang akan membantu konsumen untuk lebih menghemat energi, air, dan deterjen melalui keberlanjutan yang ditenagai oleh AI.

Bespoke AI Washer terbaru ini dibekali teknologi AI Ecobubble, yang dapat mengubah deterjen menjadi gelembung-gelembung yang dapat dengan cepat terserap ke dalam cucian.

Dengan menggunakan teknologi Ecobubble, mesin cuci mengurangi penggunaan energi hingga 70%, untuk menghasilkan tingkat kebersihan yang sama pada setiap pakaian, bahkan ketika menggunakan air dingin.

Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan pembersihan kotoran sebesar 24% dan memberikan perawatan kain yang lebih baik sebesar 45,5% sehingga setiap cucian menjadi lebih bersih dan terawat dibanding sebelumnya.

Pengguna juga dapat mengurangi penggunaan energi dengan AI Wash Cycle, sebuah fitur pintar yang mencuci pakaian secara menyeluruh dan lembut dengan penggunaan air dan deterjen yang lebih sedikit.

Dengan mendeteksi berat dan kelembutan kain di setiap muatan dan menganalisis tingkat kekeruhan air, AI Wash Cycle secara aktif memonitor kadar kotoran pada cucian yang sedang diproses.

Dengan mengoptimalkan jumlah air dan deterjen yang tepat menggunakan Auto Dispense dan terus menyesuaikan waktu perendaman, pembilasan, dan pemutaran, fitur ini dengan cepat dan efisien selalu memberikan hasil cucian terbaik.

Fitur Auto Dispense menggunakan jumlah deterjen dan pelembut yang tepat untuk setiap cucian, sehingga Anda tidak perlu lagi menebak-nebak saat mencuci. Mesin ini dapat menyimpan cukup deterjen untuk satu bulan pencucian, sehingga Anda tidak perlu mengisi tangki deterjen setiap kali selesai mencuci.

Ketika mengeringkan pakaian, Bespoke AI Dryer juga menyediakan berbagai pilihan hemat energi. Teknologi heat pump pada Bespoke AI Dryer memberikan pilihan pengeringan pakaian yang lebih hemat energi, hemat biaya, dan cara yang lembut.

Dengan energy rating A+++, Bespoke AI Dryer menggunakan teknologi Digital Inverter Compressor yang ramah lingkungan untuk mengeringkan cucian secepat dan seefisien mungkin.

Teknologi AI Dry, khususnya, akan terus memantau suhu dan kelembapan sambil menyesuaikan pengaturan untuk memastikan cucian dikeringkan secara optimal dan tidak ada energi yang terbuang. Dengan menggunakan udara hangat yang didaur ulang, pengering ini juga dapat mengurangi biaya operasional dan jejak karbon secara keseluruhan.

Terakhir, seperti halnya semua perangkat Bespoke, kedua bagian dari mesin cuci bukaan depan Bespoke ini sudah terintegrasi dengan SmartThings, sehingga pengguna dapat mengatur penggunaan energi mereka di rumah dengan menggunakan SmartThings Energy.

Layanan ini memudahkan pengguna untuk memonitor dan mengelola penggunaan energi mereka serta merekomendasikan cara-cara yang lebih efisien, sehingga siapa pun dapat mempraktikkan keberlanjutan setiap hari melalui rutinitas mencuci pakaian mereka.

Selain itu, fitur SmartThings Clothing Care menyediakan layanan pengelolaan pakaian yang optimal dan disesuaikan dengan gaya hidup pengguna.

Berdasarkan bahan pakaian, pola penggunaan dan musim yang sedang berlangsung, SmartThings Clothing Care akan merekomendasikan siklus pencucian dan pengeringan terbaik untuk pakaian, serta membantu pengguna untuk menjadwalkan pencucian, memesan deterjen, dan sebagainya.

Didesain Sesuai Gaya Hidup Anda

Teknologi SpaceMax menciptakan lebih banyak ruang di dalam, Anda jadi bisa mencuci lebih banyak, termasuk barang berukuran besar seperti selimut

Ruang mencuci seharusnya bisa terlihat lebih stylish sekaligus fungsional. Dengan mempertimbangkan hal ini, Bespoke AI Washer and Dryer dirancang sesuai dengan visi Bespoke untuk menciptakan seluruh pengalaman pengguna yang mempertimbangkan aspek penggunaan dan ruang untuk produk.

Teknologi SpaceMax, khususnya, akan menciptakan lebih banyak ruang di dalam mesin untuk mengoptimalkan desain mekanis, menggabungkan drum yang lebih besar tanpa perlu menambah dimensi eksternal.

Konsumen dapat menggunakan mesin cuci berkapasitas 11kg, yang merupakan kapasitas terbesar dalam kategori 600mm. Terlebih lagi, mesin cuci bukaan depan Bespoke yang baru ini memiliki desain depan yang modern dan flat, yang menyatu dengan tema desain interior apa pun.

Dilengkapi dengan pintu tempered-glass bundar yang memberikan gaya dan ketangguhan, desain Bespoke AI Washer and Dryer yang simpel namun clean ini adalah pilihan yang sempurna untuk rumah modern apa pun.

Produk-produk yang dirancang dengan Bespoke Flat Design juga menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam hal penempatan.

Baik ditumpuk secara vertikal atau ditempatkan secara berdampingan, keduanya dapat disesuaikan dengan rumah apapun. Selain itu, mesin cuci dan pengering ini tersedia dalam pilihan warna Silver, Black, dan Morning Blue, yang membuatnya eye-catchy di ruang cuci mana pun.

Kualitas yang Dapat Dipercaya, dari Tahun ke Tahun

Membeli mesin cuci atau pengering adalah investasi besar, dan Samsung ingin memastikan bahwa mesin tersebut dapat bertahan lama.

Tidak seperti motor tradisional, Digital Inverter Motor yang canggih pada Bespoke AI Washer and Dryers menggunakan magnet yang kuat untuk kinerja yang lebih tenang dan lebih bertenaga – semuanya menggunakan lebih sedikit energi.

Menghadirkan keunggulan dalam hal daya tahan, mesin ini menggunakan komponen berkualitas tinggi, dan meniadakan penggunaan sikat yang cepat rusak.

Dengan demikian, Samsung memberikan garansi 20 tahun untuk Digital Inverter Motor pada mesin yang dijual di Eropa dan dibuat di AS, yang menandai komitmen Samsung dalam membuat produk yang berkelanjutan.

Nikmati pengalaman mencuci pintar dan bonus jutaan rupiah

Untuk melengkapi kecanggihan dan performa yang mumpuni sekaligus tetap hemat energi, Samsung memberikan penawaran menarik senilai hingga Rp31jutaan, berupa potongan harga sebesar Rp16juta dan bonus produk, bagi Anda yang ingin mendapatkan produk terbaru Bespoke AI™ Washer and Dryer ini.

Bespoke AI Washer & Dryer tersedia dengan harga Rp39,297,000. Selama periode promosi hingga 31 July 2024, Anda bisa membeli produk ini dengan harga Rp22,999,000.

Dapatkan juga bonus gratis satu unit Samsung Galaxy S24 senilai Rp13.999.000, Washer & Dryer Package Stacking Kit senilai Rp999.000, dan 12 paket deterjen Attack. Anda juga bisa mendapatkan cicilan bank 0%, free delivery, gratis pemasangan, dan bahkan trade-in melalui program SmartExchange. (Icha)

Paramadina Gelar Wokshop untuk Anak Muda di Komplek Marinir

Telko.id – Mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina gelar workshop untuk anak muda di komplek Marinir RW 06 Depok agar mudah cari kerja di era digital.

Dengan mengusung tajuk “Penguatan SDM: Peningkatan Kapasitas Anak Muda Wilayah Komplek Marinir RW 06 dalam Mencari Pekerjaan,” Workshop Sehari ini diharapkan menjadi salah satu panduan kecil bagi generasi muda untuk memperoleh keterampilan dan kemampuan yang memadai guna bersaing dan meraih peluang kerja di era digital.

Keterampilan dan kemampuan di era digital saat ini masih menjadi tantangan. Dalam hal mencari pekerjaan, mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina telah melakukan pemetaan sosial yang menunjukkan adanya kebutuhan untuk melakukan penguatan SDM dan peningkatan kapasitas anak muda, khususnya di wilayah Komplek Marinir RW 06, dalam mencari pekerjaan.

Workshop Sehari ini telah diselenggarakan di Aula Posyandu Komplek Marinir RW 06, yang berlokasi di Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Sebanyak 20 peserta yang merupakan warga Komplek Marinir RW 06 mengikuti kegiatan pelatihan ini dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Baca juga : Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Para peserta merupakan remaja produktif berusia 18 hingga 28 tahun, yang terdiri dari fresh graduate yang baru lulus kuliah, lulusan SMA dan SMK, atau angkatan terakhir yang duduk di bangku SMA, serta mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.

Pada sesi pertama, peserta dibekali dengan pengetahuan terkait tips dan trik membuat CV yang ATS friendly, yaitu format CV yang dapat disortir melalui software atau aplikasi Applicant Tracking System (ATS). ATS adalah software yang digunakan perusahaan untuk membantu proses penyaringan atau seleksi calon karyawan. 

Setelah itu, peserta dibekali dengan praktik pembuatan CV yang ATS friendly. Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan sesi tentang cara melakukan proses wawancara dengan percaya diri agar lolos ke tahap berikutnya.

Pelatihan ini tidak hanya mencakup cara membuat CV yang ATS friendly dan melakukan wawancara dengan lebih percaya diri, tetapi juga melatih peserta dalam mengakses platform digital pencarian pekerjaan seperti LinkedIn, JobStreet, dan platform relevan lainnya. 

Keterampilan desain dengan Canva serta penggunaan asisten kecerdasan buatan (AI) seperti ChatGPT dari OpenAI, Copilot AI dari Microsoft, dan Gemini AI dari Google menjadi fokus utama dalam Workshop ini.

ChatGPT telah diintegrasikan dengan produk iOS 18 untuk iPhone, iPad, dan Mac. Asisten AI Siri dalam sistem operasi perangkat ini telah terhubung dengan ChatGPT, meningkatkan kemampuannya secara signifikan. Selain itu, ChatGPT juga telah diperbarui ke versi yang lebih canggih, yakni ChatGPT-4.

Canva, sebagai aplikasi desain gratis, kini banyak digunakan untuk membuat desain dengan mudah. Peserta juga mempelajari cara membuat desain dalam berbagai format dan resolusi yang diperlukan untuk berbagai desain. 

Bersamaan dengan acara Workshop Sehari Penguatan SDM Peningkatan Kapasitas Anak Muda di Komplek Marinir RW 06 dalam Mencari Pekerjaan, Mahasiswa Magister Komunikasi Korporat juga bekerja sama dengan Kelompok PKK dan Posyandu Setempat untuk meluncurkan Pos Pelayanan Kesehatan Remaja (POS MAJA).

POS MAJA diresmikan secara langsung oleh Ibu Mulyati, Sekretaris Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Depok, serta oleh Ketua Lingkungan RW 06 Komplek Marinir Rangkapan Jaya Baru (RJB) Pancoran Mas Depok.

Workshop Penguatan SDM Peningkatan Kapasitas Anak Muda terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, terutama Ketua Lingkungan RW 06 Komplek Marinir RJB, Karang Taruna RW 06, Kelompok PKK RW 06, Posyandu RW 06, DKM Masjid Al Ihya dan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Acara ini juga didukung oleh Datascrip/Canon dan Hankook.

Jelia salah satu peserta Workhsop mengungkapkan bahwa ia cukup banyak terbantu khususnya pada materi mengenai CV dan interview. 

“Karena kan sekarang saya sedang proses membuat CV jadi memang saya butuh masukan apa saja. Itu sangat relate dengan saya buat CV ATS. Banyak ilmu yang sangat berkesan yang saya dapatkan dan interview sangat membantu juga karena diberikan informasi bagaimana cara menjawab pertanyaan jebakan. Nggak sia-sia saya datang ke sini,” ujar Jelia. 

Dalam kesempatan yang sama Lilis Nabila peserta lainnya mengatakan bahwa ia sempat bingung dan ragu ikut Workshop karena sebelumnya ia juga sudah bikin CV dan melamar tapi ia merasa bisa mendapatkan evaluasi. 

“Ternyata ada yang bisa ditambahin dari CV yang aku buat. Aku paling suka tips interview. Interview itu biasanya bahasa Indonesia dan gimana nanti bahasa Inggris dari materi Workshop kita bisa dapat masukan. Kalau buat materi selanjutnya sepert kayak psikotes bisa diadakan,” ungkapnya.  

Ageng Wuri Rezeki Afandiah selaku Ketua Pelaksana sekaligus Mahasiswa Magister Komunikasi Korporat Universitas Paramadina menyampaikan bahwa sebelum menggelar Workshop Penguatan SDM Peningkatan Kapasitas Anak Muda di Komplek Marinir RW 06 dalam mencari pekerjaan pihaknya dengan 12 mahasiswa dalam tim telah melakukan pemetaan sosial untuk mendapatkan gambaran masalah sosial yang dihadapi masyarakat setempat. 

“Dengan pemetaan sosial kami berharap dapat memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Komplek Marinir RW 06 sehingga program yang disusun dapat lebih tepat sasaran dan bermanfaat,” ujarnya. 

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat CV yang ATS Friendly sehingga dapat dipanggil interview dan memenuhi syarat dari pencari kerja atau HRD perusahaan. Tips dan trik dalam melamar pekerjaan menggunakan platform kerja juga dibutuhkan karena pemahaman penggunaan pencari kerja digital menjadi penting.

Selain itu juga memberikan strategi sukses dalam dunia kerja yang menjadi krusial juga ada pada cara komunikasi yang efektif terutama saat proses interview, bagaimana membranding diri, memperkenalkan diri dan menggunakan komunikasi bahasa yang lancar. (Icha)

Sinergi Kementerian Kominfo dan ASIOTI Dorong Inovasi IoT di Indonesia

0

Telko.id  — Kementerian Kominfo melalui Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) mengumumkan kolaborasi strategis untuk mendorong pengembangan teknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Kolaborasi ini ditandai oleh penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo dengan Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia.

Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem IoT yang kuat, inovatif, dan berkelanjutan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi di Indonesia. Direktorat Standardisasi SDPPI Kominfo sendiri memiliki beberapa rencana spesifik dalam pengembangan teknologi IoT.

“Kami fokus pada pengembangan inovasi teknologi dan solusi IoT yang dapat diterapkan di berbagai sektor. Selain itu, kami juga menyusun standar teknis yang sesuai dengan kebutuhan nasional serta kompatibel dengan standar internasional untuk memastikan interoperabilitas dan keamanan,” ujar Mulyadi, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo.

Baca juga : Smartfren dan Alita Kolaborasi, Perkuat Portfolio IoT untuk Transformasi Digital

Direktorat Standardisasi akan melibatkan sektor swasta dan akademisi melalui berbagai inisiatif seperti seminar, workshop, dan hackathon. “Kami juga mendorong partisipasi sektor swasta dalam proyek-proyek pilot yang dapat menjadi model penerapan teknologi IoT di berbagai sektor. Melalui kolaborasi ini kami berharap industri lokal IoT dapat semakin berperan dalam pengembangan infrastruktur digital di Indonesia,” tambah Mulyadi.

ASIOTI diharapkan dapat memberikan dukungan dalam riset pasar dan penyusunan white paper mengenai perkembangan IoT di Indonesia. Dukungan ini meliputi penyediaan data industri yang komprehensif, kontribusi dalam penulisan dan review white paper, serta partisipasi dalam diskusi dan seminar yang diadakan selama proses penyusunan.

“Kami sangat menghargai kolaborasi ini dan berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penyusunan riset pasar dan white paper  yang akan menjadi acuan penting bagi pengambil kebijakan dan pelaku industri IoT di Indonesia,” kata Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI).

AIOT Smart Solutions Initiative 2024

Direktorat Standardisasi PPI melihat AIOT Smart Solutions Initiative 2024 sebagai langkah strategis untuk melanjutkan dan mengembangkan capaian dari kegiatan IOT Makers Creation dan Indonesia Smart Solution Summit yang telah berlangsung sejak 2018 bersama dengan ASIOTI.

“Inisiatif ini akan memperluas fokus pada solusi yang mengintegrasikan IoT dengan kecerdasan buatan (AIoT) untuk menciptakan solusi yang lebih efisien,” ungkap Bapak Mulyadi.

Target dari inisiatif ini meliputi peningkatan jumlah startup dan perusahaan yang mengadopsi teknologi AIOT, pengembangan standar teknis baru untuk teknologi AIOT, serta peningkatan kesadaran dan pengetahuan tentang manfaat dan penerapan AIOT di masyarakat.

“Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi pendorong dalam mengembangkan ekosistem teknologi yang lebih matang dan terintegrasi di Indonesia, dengan terciptanya solusi-solusi cerdas yang dapat meningkatkan efisiensi operasional di sektor-sektor penting seperti transportasi, kesehatan, dan industri manufaktur,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, “AIOT Smart Solutions Initiative 2024 merupakan langkah strategis untuk melanjutkan dan mengembangkan capaian dari kegiatan IOT Makers Creation dan Indonesia Smart Solution Summit. inisiatif ini dapat mendorong inovasi dan meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan akademisi.”

ASIOTI optimis bahwa AIOT Smart Solutions Initiative 2024 akan membawa dampak positif yang signifikan bagi ekosistem teknologi di Indonesia.

“Penandatangan PKS ini sekaligus menjadi kick-off AIOT Smart Solutions Initiative 2024 sebagai salah satu program kolaborasi jangka panjang multi-stakeholder untuk menjadikan solusi pintar sebagai pendukung utama dalam keseharian masyarakat Indonesia di era digital ini, tutup Teguh Prasetya. (Icha)

Telkom Hadirkan Pijar Sekolah di SMA Negeri 40 Jakarta, Ini Manfaatnya!

0

Telko.id – Telkom Indonesia menghadirkan platform digital yang membantu proses belajar mengajar lewat Pijar Sekolah yang merupakan platform pendidikan daring di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital.

Platform ini akan membuat pengelolaan sekolah dan penyampaian materi pembelajaran lebih efisien, agar siswa dapat menerima pendidikan optimal yang berujung pada penguatan reputasi sekolah.

Di dalam platform pendidikannya, Pijar Sekolah menyediakan berbagai konten pembelajaran yang variatif. Misalnya melalui konten video pembelajaran interaktif, siswa bisa mendapat pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran berkat visualisasi yang jelas dan menarik.

Pijar Sekolah juga menyediakan bank soal yang komprehensif untuk membantu guru dalam menyusun materi ujian yang berkualitas, sekaligus mempermudah guru mengoreksi hasil ujian dengan lebih efisien.

Baca juga : Dukung Ekonomi Lokal, Telkom Rekonstruksi Jembatan Gantung di Desa Cimahpar

Dengan menggunakan Pijar Sekolah, pihak sekolah juga dapat mengurangi konsumsi kertas dan bahan-bahan lainnya sehingga dapat secara aktif berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

“Melalui Pijar Sekolah, Telkom berkomitmen untuk mengakselerasi pengetahuan dan keterampilan yang relevan bagi siswa,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Menurut Komang, Pijar Sekolah juga mempermudah guru dalam penyusunan materi dan soal ujian bagi siswa, serta membantu sekolah mengelola proses belajar-mengajar yang efisien di dalam satu platform digital.

“Pijar Sekolah pun mempermudah akses pendidikan yang berkualitas di sekolah sehingga nama baik dan reputasi sekolah ikut meningkat,” ujar Komang menambahkan.

Salah satu sekolah di Indonesia yang sudah merasakan manfaat dari Pijar Sekolah adalah SMA Negeri 40 Jakarta. Berkat pemanfaatan Pijar Sekolah, SMAN 40 semakin mudah membuat bank soal, melakukan penjadwalan ujian, hingga melakukan penilaian ujian dengan cepat dan tepat sehingga menghemat waktu koreksi sekaligus membantu mengevaluasi performansi siswa.

Tak hanya itu, berkat tata kelola nilai yang transparan, para siswa juga bisa dengan mudah mengetahui nilai yang didapat dan mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan saat ujian.

Fitur di dalam Pijar Sekolah juga memungkinkan guru di SMAN 40 untuk melihat kemampuan anak didiknya dalam menjawab semua soal yang diberikan. Guru pun terbantu dalam memprediksi tingkat kesulitan soal yang diberikan sehingga bisa memantau perkembangan setiap siswanya di sekolah.

Selain itu, siswa bisa mendapatkan pembahasan lengkap dari materi yang diujikan guru sehingga siswa bisa menguasai semua materi pelajaran dengan baik. Orang tua siswa pun dapat memantau perkembangan nilai anaknya di platform Pijar Sekolah.

Salah seorang siswa kelas XI 2 SMAN 40, Melantika Yura, mengaku kegiatan belajar mengajar setelah menggunakan Pijar Sekolah menjadi lebih efisien dan transparan. Ketika ujian masih dilakukan menggunakan kertas, nilai yang dihasilkan baru bisa diketahui beberapa hari kemudian.

Dengan Pijar Sekolah, siswa bisa langsung mengetahui besaran nilainya dan dapat mengetahui letak kesalahannya dengan cepat sehingga menjadi pembelajaran untuk ke depannya.

“Pijar Sekolah sangat membantu karena saat hasilnya langsung keluar bisa langsung dikoreksi letak kesalahannya di mana. Siswa juga bisa mengakumulasikan waktu di Pijar Sekolah sehingga kedepannya saat ujian tidak perlu terburu-buru. Selain itu, orang tua juga bisa memiliki akses untuk mengecek nilai ujian kami para siswa secara langsung berkat Pijar Sekolah,” jelas Yura.

Komitmen Pijar Sekolah untuk mempermudah akses pendidikan yang berkualitas di Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2023. Sampai saat ini, pengguna Pijar Sekolah meningkat signifikan hingga lebih dari 1.100 sekolah.

Sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia, Telkom melalui Pijar Sekolah berkomitmen untuk mengakselerasi kedaulatan digital di Indonesia khususnya pada sektor pendidikan. Tidak hanya Pijar Sekolah, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital Telkom lainnya. (Icha)

Dukung Ekonomi Lokal, Telkom Rekonstruksi Jembatan Gantung di Desa Cimahpar

0

Telko.id – Demi menggerakan ekonomi lokal, serta pemerataan pembangunan di Indonesia, Telkom Indonesia pun berinisiatif untuk melakukan rekonstruksi jembatan di Desa Cimahpar, Kabupaten Sukabumi.

Rekonstruksi jembatan juga ditujukan untuk memudahkan warga desa dalam akses menuju area pertanian, sekolah, serta puskesmas.

Jembatan gantung ini merupakan satu-satunya sarana infrastruktur yang menghubungkan Desa Cimahpar dan Desa Bojongsari yang membentang di aliran Sungai Ciletuh dengan panjang 30 meter dan lebar 1,5 meter.

Jembatan yang dibangun sejak tahun 1960 ini menggunakan kayu dan bambu yang berada di lingkungan sekitar. Walaupun sudah beberapa kali diperbaiki, jembatan gantung masih tetap kurang layak untuk digunakan. Aktivitas masyarakat desa yang bergantung pada satu pintu akses tersebut pun seringkali terkendala.

Baca juga : Telkom Bantu Startup untuk Berkontribusi dalam Pengembangan IKN

Pembangunan ulang jembatan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 dengan mengganti konstruksi bangunan jembatan menggunakan rangka besi, lantai besi, serta penerangan yang layak.

Pasca pembangunan kembali, masyarakat langsung merasakan manfaat sebagai sarana penghubung antar desa serta berpotensi menggerakkan ekonomi lokal antara lain sebagai objek wisata.

Masyarakat desa yang mayoritas merupakan petani dan pedagang pun terbantu untuk beraktivitas di pasar maupun ladang yang berada di desa seberang tanpa harus memutar sungai.

”Sebagai Kepala Desa Cimahpar, saya mengimbau masyarakat untuk menjaga dan bertanggung jawab dalam merawat jembatan yang telah diberikan. Saya pun menyampaikan terima kasih kepada PT Telkom Indonesia atas bantuan pembangunan jembatan gantung sebagai penghubung akses utama masyarakat maupun petani.” ujar Kepala Desa Cimahpar, Umaryani.

Rekonstruksi jembatan yang kurang layak guna untuk meningkatkan mobilitas serta perekonomian masyarakat sekitar pun menjadi komitmen Telkom untuk mendukung peran pemerintah dalam pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.

Hal ini juga sejalan dengan Program Revitalisasi Sarana Umum Berkelanjutan yang mengacu pada poin 11 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Di beberapa wilayah di Indonesia saat ini, memiliki kondisi jembatan yang cukup mengkhawatirkan. Telkom berinisiasi untuk mendukung pemerataan pembangunan salah satunya melalui rekonstruksi jembatan, karena lebih dari sekedar akses penghubung, namun jembatan merupakan jendela dunia masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” tutup Senior General Manager Social Responsibility Telkom, Hery Susanto. (Icha)

Ransomware, serangan malware paling berbahaya, Ini Cara Menghindarinya!

0

Telko.id – Indonesia tengah digegerkan oleh serangan ransomware yang menargetkan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) sejak 20 Juni lalu.

Serangan yang menggunakan salah satu perangkat lunak pemerasan (malware) paling berbahaya itu memicu kelumpuhan pada banyak operasional layanan publik hingga berhari-hari.

Ditambah dengan tuntutan uang tebusan sebesar US$8 juta, krisis tersebut mendorong keprihatinan meluas terhadap keamanan data pribadi dan negara.

Saat ini, ransomware semakin menyasar kalangan pemerintahan dan akademisi, menjadi salah satu ancaman keamanan siber paling berbahaya, baik di Indonesia maupun di tingkat global. Pemerintah Indonesia sendiri telah tegas menolak membayar uang tebusan yang diminta, dan memastikan penanganan tuntas pada krisis terkait.

Baca juga : Wamen Nezar Patria: Pemulihan Layanan PDNS 2 Secepatnya!

Apa itu ransomware?


Ransomware adalah varian malware berbahaya yang digunakan oleh peretas untuk mengunci akses ke data korban dan meminta uang tebusan untuk pemulihannya.

“Serangan ransomware di Indonesia tidak hanya menginfeksi komputer, tetapi juga menargetkan perangkat seluler dan Internet of Things (IoT). Ini menunjukkan bahwa seluruh ekosistem digital kita rentan,” kata Dr. Erza Aminanto, Asisten Profesor dan Koordinator Program Magister Keamanan Siber Monash University, Indonesia.

“Bahkan negara-negara maju seperti Inggris, yang memiliki lembaga siber kuat dan barisan akademisi ahli, tidak kebal terhadap serangan ransomware,” ujar Aminanto menambahkan.

“Layaknya virus yang bermutasi, ransomware mengeksploitasi kemajuan teknologi seraya mencari celah kerentanan manusia dalam berkegiatan siber. Oleh karenanya, sangat penting bagi setiap negara, termasuk Indonesia, untuk memperkuat keamanan digital melalui peningkatan kualitas manajemen siber para pemangku kepentingan di bidang pengelolaan data terhadap ancaman-ancaman terkait,” sahut Aminanto.

Contoh lain yang menunjukkan betapa bahayanya ransomware adalah serangan serupa di Inggris pada awal Juni 2024, yang berdampak sangat buruk hingga mengancam ratusan jiwa. Serangan ini melumpuhkan layanan kesehatan di beberapa rumah sakit dan pusat patologi, sehingga menyebabkan layanan donor darah terhenti selama berhari-hari.

 Situasi mendesak ini merupakan taktik yang digunakan para peretas untuk menekan korban agar memenuhi tuntutannya.

Indonesia juga menghadapi ancaman serupa, meskipun rincian dan kronologi awal serangan belum sepenuhnya jelas.

“Krisis ini mempertegas pentingnya membangun sistem keamanan siber yang kuat dan responsif untuk melawan serangan ransomware yang semakin canggih,” kata Aminanto.

Bagaimana cara kerja ransomware?

Dari perspektif keamanan siber, salah satu cara ransomware menyusup adalah melalui pencurian data pribadi via email (phishing email) yang tidak terlihat mencurigakan. Setelah berhasil melakukan phishing, peretas mendapat akses ke jaringan internal dan mengenkripsi data penting, kemudian menguncinya dan mendesak korban untuk membayar uang tebusan.

Besarnya ancaman ransomware dapat dilihat dari tingginya uang tebusan yang diminta dan dampak yang ditimbulkannya, dimana berisiko menghentikan layanan data dan memungkinkan kebocoran informasi yang lebih sensitif pada serangan lebih lanjut.

Selain itu, dalam konteks krisis yang dialami PDNS, dampak besar serangan ransomware mencakup risiko kerugian finansial yang signifikan bagi negara, baik dalam opsi pembayaran uang tebusan atau pemulihan data dan perbaikan sistem.

“Kedua opsi tersebut harus dipertimbangkan secara kritis dan menyeluruh,” kata Aminanto.

“Karena, gangguan pada pusat data nasional bisa berdampak pada berbagai sektor yang bergantung padanya, termasuk layanan publik, layanan kesehatan, dan pendidikan,” ujar nya menambahkan.

Serangan semacam ini juga merusak kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dalam melindungi keamanan data. Lebih buruk lagi, data yang dicuri dapat digunakan untuk serangan lebih lanjut, baik secara langsung oleh peretas atau dijual kepada pihak ketiga.

Bagaimana mencegah serangan ransomware?

Pelajaran apa yang bisa kita petik untuk mengantisipasi serangan ransomware? Ada beberapa strategi dapat diterapkan.

Pertama, semua data penting harus dicadangkan secara teratur, lalu disimpan di lokasi terpisah untuk meminimalkan kehilangan data. Cadangan data tersebut harus dienkripsi dan diuji secara rutin untuk memastikan pemulihannya berfungsi segera setelah dibutuhkan.

Kedua, penting untuk memperkenalkan redundansi sebagai upaya mengurangi risiko kegagalan sistem secara keseluruhan. Redundansi dapat mencakup perangkat keras ganda, penyimpanan awan (cloud), atau server cadangan yang siap beroperasi jika sistem utama gagal.

Ketiga, membangun Pusat Pemulihan Data, atau data recovery center, yang dapat segera beroperasi jika sistem utama mengalami gangguan. Fasilitas ini harus memiliki infrastruktur yang setara atau lebih baik dari sistem utama demi memastikan kelancaran operasionalnya.

Adapun langkah-langkah selanjutnya mencakup upaya peningkatan kepatuhan terhadap aturan dan kode etik, serta penerapan sanksi tegas untuk memastikan semua entitas mengikuti standar keamanan yang ditetapkan.

Selain itu, penting juga untuk menggelar pelatihan berkala tentang ancaman dan metode identifikasi serangan siber kepada para petugas terkait, yang merupakan garda terdepan dalam menangani ransomware melalui phishing atau bentuk-bentuk serangan sejenis lainnya.

“Kita dapat meminimalisir dampak kerusakan yang dipicu oleh serangan ransomware melalui identifikasi aktivitas siber yang cepat dan efektif, yakni dengan menggunakan alat pantau jaringan dan sistem deteksi intrusi,” kata Aminanto.

“Langkah pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak antivirus dan anti-malware yang diperbarui pada semua perangkat endpoint, termasuk komputer, laptop, ponsel pintar, dan perangkat IoT.”

“Terakhir, penting juga untuk mengenkripsi data yang dikirim dan disimpan agar informasi sensitif terlindungi dari risiko akses ilegal. Data yang dienkripsi tidak bisa dibaca oleh peretas meskipun mereka berhasil mencurinya.”

Pentingnya memperkuat pertahanan siber

Menerapkan seluruh langkah keamanan di atas tidaklah mudah, karena juga diperlukan investasi besar dalam infrastruktur, teknologi, dan sumber daya manusia. Di sisi lain, ancaman ransomware terus berkembang, dan para peretas selalu mencari cara baru untuk menembus pertahanan. Oleh karenanya, pendekatan proaktif, adaptif, dan kolaboratif sangatlah penting dilakukan sejak dini.

Upaya tersebut juga perlu didukung oleh kolaborasi sektor swasta dan publik, dimana pemerintah harus bekerja sama dengan perusahaan teknologi dan organisasi non-pemerintah untuk berbagi informasi dan sumber daya dalam menghadapi ancaman siber. Inisiatif yang dilakukan dapat mencakup pembentukan pusat tanggap nasional untuk serangan siber, program pelatihan keamanan siber, dan kampanye layanan masyarakat.

Ransomware sendiri hanyalah salah satu dari sekian banyak potensi serangan terhadap data penting suatu negara. Dalam kasus Indonesia, Dr Aminanto mengatakan pemerintah harus mempersiapkan teknologi dan sumber daya manusia yang lebih mumpuni untuk menghadapi berbagai serangan, mulai dari pelanggaran keamanan siber kecil hingga perang siber besar.

“Dalam konteks ini, pemerintah harus memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) untuk meningkatkan keamanan siber. Kecanggihan AI dan ML dapat digunakan untuk menganalisis pola lalu lintas jaringan, mendeteksi anomali, dan merespons insiden secara otomatis.”

“Teknologi tersebut juga dapat membantu forensik siber mengidentifikasi sumber serangan dan memitigasi risiko lebih lanjut. Kini, seiring semakin luasnya pemanfaatan AI dan ML, peraturan dan kebijakan keamanan siber pun harus terus diperbarui untuk mengatasi ancaman yang terus berkembang.”

“Pemerintah harus memastikan peraturan ini tidak hanya mencakup sektor publik tetapi juga sektor swasta, termasuk usaha kecil dan menengah yang sering menjadi target serangan siber.”

“Serangan ransomware terhadap PDNS merupakan pengingat akan kerentanan infrastruktur digital kita. Namun, dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, dan upaya nyata meningkatkan kesadaran akan ancaman siber, kita dapat memperkuat pertahanan dan mengurangi risiko serangan di masa depan,” jelas Aminanto.

“Inisiatif ini penting tidak hanya untuk keamanan data, tetapi juga untuk memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dan sektor swasta dalam mengelola dan melindungi informasi.”

“Dengan kolaborasi yang kuat, investasi yang tepat, dan komitmen berkelanjutan, kita dapat membangun ekosistem digital yang lebih aman dan tangguh. Ini tugas bersama yang memerlukan partisipasi semua pihak, mulai dari individu, dunia usaha, hingga pemerintah.”

“Hanya melalui upaya-upaya seperti inilah kita dapat mengatasi ancaman ransomware dan memastikan masa depan digital yang aman dan terjamin,” pungkasnya. (Icha)