Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL) memanfaatkan momentum perayaan ulang tahunnya yang ke-19 dengan menandatangani kerja sama dengan Perusahaan Umum Damri. Melalui kerja sama yang juga merupakan upaya XL dalam mengembangkan dan menghadirkan l ayanan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) ini, perusahaan akan menyediakan sistem pemantauan “Passenger Information System,” yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik Damri.
Sistem pemantauan yang dirancang XL ini nantinya akan bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, maupun pengelola manajemen perusahaan Damri itu sendiri.
Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bis sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan. Sementara bagi pengelola Damri, sistem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang beroperasi.
“Di sini, kalau kita menggunakan teknologi ini, semua menang. Penumpang menang, manajemen Perum Damri menang, bis dan pengemudi sendiri juga memang. Penumpang tidak hanya bisa melihat dimana lokasi bis, tetapi juga info kedatangan dan di sisi pembayaran juga jauh lebih simpel,” kata Ongki Setiawan, Senior VP XL dalam acara perayaan ulang tahun XL yang digelar di Grha XL, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (16/10).
Pada tahap awal, aplikasi Passenger Information System ini akan dipasang pada 260 armada bus jalur Bandara Soekarno Hatta yang menuju ke beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Sebagai informasi, saat ini Perum Damri, sebagai perusahaan angkutan pertama di Indonesia telah memiliki setidaknynya 2.500 unit bus yang tersebar di seluruh nusantara.
“Kami berharap sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia,” ungkap Direktur Utama XL, Dian Siswarini.
Dian menambahkan, bahwa transportasi selalu menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis transportasi yang hadir pun semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang pasti semakin tinggi. XL melihat hal ini sebagai potensi untuk mengembangkan solusi berbasis IoT yang bisa dimanfaatkan oleh para penyelenggara jasa angkutan publik, seperti Damri.
Selain menyediakan “Passenger Information System” bagi penumpang Damri, XL juga telah memberikan solusi berbasis IoT lain sebelumnya, seperti listrik pintar “Simply” yang bekerjasama dengan PLN, “PayPoint” yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian maupun penjualan, “YuBox” bagi segmen Transportasi dan Retail Merchant, serta “MCA 3G Access” dan “Aplikasi Sales Management” bagi perusahaan di sektor consumer good.