Vodafone Gelar FTTH 1 Gbps di Irlandia dan Portugal

Telko.id – Vodafone Group telah mulai menggelar program fiber to the Home (FTTH) di Irlandia dan Portugal sebagai bagian dari program perluasan jaringan perusahaan yang menyentuh angka €600 juta.

Irlandia akan menjadi negara pertama di Eropa yang akan menghadirkan solusi end to end fiber melalui infrastruktur listrik secara nasional. Sebagai bagian dari SIRO, yakni usaha patungan di Irlandia dengan ESB, Vodafone Irlandia telah mulai memperluas layanan 1 Gbps serat broadband ke 51 kota-kota kecil di Irlandia pada akhir 2018.

Untuk memenuhi syarat dari skema ini, sebuah kota harus memiliki lebih dari 4000 rumah dan kota pertama yang akan diuntungkan adalah Carrigaline di Country Cork, dimana rumah dan bisnis-bisnis akan mendapatkan kecepatan broadband setara dengan negara industri maju di Asia.

Menurut regulator Irlandia, Comreg, kurang dari 50% dari semua langganan fixed broadband di Irlandia memberikan kecepatan lebih dari 30 Mbps. Sementara SIRO menghasilkan 1 gigabit (1000 megabit) per second. Hal ini sejatinya akan merevolusi pengalaman online dari 500.000 rumah dan bisnis di kota-kota kecil di Irlandia, menurut klaim dari Vodafone.

Dilansir dari Telecoms, Jumat (4/12), di Portugal Vodafone telah mengumumkan ekspansi sebesar €125 juta untuk jaringan FTTH-nya yang akan membawa kecepatan hingga 1 Gbps ke 2,75 juta rumah dan bisnis di seluruh negeri pada akhir 2016.

Sampai saat ini, Vodafone telah terhubung dengan 2,2 juta rumah dan bisnis di Portugal. Vodafone juga membangun jaringan gigabit FTTH baru di Spanyol yang melayani lebih dari dua juta rumah pada perjanjian dengan Orange. Kemudian mereka juga tengah melakukan diskusi dengan perusahaan listrik Italia Enel untuk menciptakan sebuah perusahaan infrastruktur baru guna membangun jaringan FTTH nasional terbuka untuk semua operator di seluruh Italia.

Markus Reinisch, Direktur Vodafone Group Public Policy menyebutkan, “Ekonomi sukses dimasa depan akan mencakup masyarakat gigabit dengan koneksi serat optik ultra cepat yang tersedia di mana-mana dan Vodafone akan memainkan perannya dalam mewujudkan tujuan itu,” ucapnya.

Sementara itu, di Swiss Vodafone dan Swisscom telah sepakat untuk memperpanjang perjanjian strategis mereka selama empat tahun. Perjanjian tersebut menjadikan pelanggan Swisscom dapat manfaat dan koneksi kecepatan tinggi dimana ada jaringan 4G roaming Vodafone. Konsumen dan pelanggan Enterprise Vodafone akan dapat menjelajah ke jaringan Swisscom ketika mengunjungi Swiss. [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0