Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Tecno Spark 20

Saingi Netflix, YouTube Bikin Layanan Streaming Sendiri

Telko.id – Salah satu lini bisnis Google, yakni Youtube, berencana untuk memberikan persaingan serius kepada Netflix dengan meluncurkan layanan streaming mereka sendiri. Hal ini tentynya akan semakin memanaskan persaingan di Industri streaming video.

Dilansir dari BGR, Jumat (4/12), YouTube baru saja meluncurkan layanan berlangganan dengan tarif USD9.99 per bulan yang mereka namai YouTube Red. Tujuan mereka tidak lain untuk bersaing dengan produk serupa di industri ini. Tapi selain menghapus iklan dari semua video YouTube, YouTube Red mungkin akan segera menawarkan pengguna akses ke film dan acara TV.

Menurut Wall Street Journal, YouTube sedang mencari hak streaming untuk serial TV dan film dalam upaya untuk lebih bersaing dengan perusahaan di industri ini seperti Netflix, Amazon, Hulu, dan banyak produk streaming yang lainnya yang membuat pelanggan membayar akses tak terbatas untuk menyaksikan berbagai macam film dan acara TV.

Para eksekutif di YouTube telah bertemu dengan pihak studio Hollywood dan perusahaan produksi lainnya untuk bernegosiasi mengenai lisensi dari konten mereka, meskipun tidak jelas kapan YouTube Red akan mulai me-‘listing’ film dan serial TV mereka. Saat ini, proyek ini baru pada tahap awal, sebagai salah satu studio besar Hollywood mengatakan belum didekati oleh eksekutif Alphabet tersebut.

Sebagai informasi, Top eksekutif yang telah bergabung dengan YouTube dalam beberapa bulan terakhir dan terlibat dalam proyek ini diantaranya mantan kepala program MTV Susanne Daniels, mantan eksekutif konten Netflix Kelly Merryman, dan mantan eksekutif Netflix, Robert Kyncl.

Selanjutnya, YouTube akan memanfaatkan koneksi yang ada di Google Play dengan penyedia konten untuk menegosiasikan kesepakatan baru, dengan mereka yang menyukai streaming film dan serial TV. YouTube dan Google Play berbasis di kantor yang sama di Beverly Hills.

YouTube juga sedang mengejar dua jalan yang berbeda untuk membawa lebih banyak konten, termasuk hak lisensi untuk judul yang ada tetapi juga menciptakan film aslinya sendiri dan sebuah serial seperti yang dilakukan beberapa pesaing mereka dalam bisnis ini, termasuk Netflix, Amazon, dan HBO.

YouTube mengumumkan pada Oktober lalu bahwa pihaknya berencana untuk merilis setidaknya 10 kreasi asli, termasuk film dan serial TV mulai tahun 2016. Judul-judul ini akan tersedia hanya untuk pelanggan YouTube Red.

Youtube lebih suka mengambil lisensi dari judul film yang baru ketimbang film lawas seperti yang cenderung ditampilkan Netflix, Amazon dan Hulu.

Youtube masih belum memutuskan akan mengambil berapa banyak lisensi film dan serial TV, namun mereka menekankan akan lebih mendominasi karya film dan serial tv sendiri di Youtube Red. [ak/if]

Latest

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN

Telko.id - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu...

Oppo Watch X Unik, Ada Fitur Dukung Olahraga Badminton

Telko.id - Oppo resmi meluncurkan jam pintar flagship terbaru...

4 Alasan, Huawei FreeBuds Pro 3 Pas Buat Teman Keseharianmu

Telko.id - Hari ini, Huawei resmi meluncurkan Huawei FreeBuds...

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan...

Rekomendasi

Tecno Spark 20 Pro Series, Seharga Rp.2 jutaan Pas Buat Gen Z

Telko.id - Tecno Spark 20 Pro Series resmi hadir yang merupakan seri lanjutan dari Tecno Spark 20 Series yang telah diluncurkan Januari lalu. Tecno...

Chipset Exynos 2400 di Samsung Buat Galaxy S24 dan S24+ Ngacir!

Telko.id - Samsung Galaxy S24 Series sukses mendapat animo luar biasa dari konsumen di Indonesia berkat pengalaman terbarukan dari Galaxy AI yang tak bisa ditemukan...

Acer Manufacturing Indonesia Terus Lanjutkan Berkarya di Indonesia

Telko.id - Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini