Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id – Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali merilis hasil riset Ramadan Insight 2024 yang dapat dijadikan panduan bagi para pelaku bisnis.

Targetnya agar bisa digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas selama bulan suci Ramadan melalui pemanfaatan ragam solusi layanan digital advertising dan data insight dari Telkomsel Enterprise.

Berdasarkan hasil riset tersebut melalui pemanfatan online survey tsurvey.id dan telco data insight, Telkomsel menemukan beberapa valuable insights.

Seperti pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital dengan tingginya akses internet untuk berbagai aktivitas seperti browsing, gaming, dan chatting selama Ramadan.

Baca juga : Telkomsel Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 15,22% Saat RAFI 2024

Kemudian lebih dari 78% responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran selama bulan suci ini, sementara lebih dari 60% merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran.

“Melalui hasil riset ini, dengan semangat #PastiAdaSolusi, kami di Telkomsel berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama periode Ramadan,” kata Arief Pradetya, Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel.

Ia pun berharap dengan di rilisnya riset Ramadan Insight 2024 ini, para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2024.

Berdasarkan hasil riset yang lebih mendalam, menyoroti peningkatan trafik data selama Ramadan di berbagai komunitas.

Komunitas Gamers, misalnya, mengalami peningkatan trafik data sebesar 20%, terutama selama waktu ngabuburit, dengan memainkan game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox menjadi yang paling diminati.

Segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10%, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadan.

Di sisi lain, Komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26% pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33%, siang hari 21%, dan sebelum berbuka puasa 23%.

Kemudian melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukenali bahwa sebanyak 69% responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang di terima dalam bentuk cash 83% dan transfer bank 12%.

Kemudian 68% responden menyatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mudik, di mana mayoritas responden menyesuaikan jadwal libur dan cuti mereka untuk mudik satu minggu sebelum lebaran, selain itu sebagian besar responden membeli tiket mudik satu bulan sebelum lebaran.

Untuk melaksanakan mudik, mode transportasi kendaraan pribadi mobil dan motor menjadi yang paling banyak di pilih, kemudian di ikuti oleh Kereta Api, Pesawat dan Bus.

Selain donasi dan mudik, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadan, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja.

Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60% responden, diikuti oleh Tokopedia 20% dan Lazada 10%. Kemudahan berbelanja, gratis ongkos kirim, dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi alasan utama konsumen memilih e-commerce.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, sebanyak 78% responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran, di mana mayoritas dari mereka meningkatkan pengeluarannya sebanyak satu sampai dengan tiga kali di atas pengeluaran biasanya, dengan lima prioritas pengeluaran utama seperti sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan hingga tiket mudik.

Selain itu gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadan, di mana pelajar merupakan segmen yang paling membutuhkan gadget baru dengan 56%, kemudian di ikuti oleh pekerja dan wiraswasta.

Mereka cenderung membeli jenis perangkat ini secara teratur dengan persentase pembelian Handphone sebesar 63%, Laptop sebesar 22%, dan 7% dari responden juga membeli TV baru.

Melalui hasil survei ini, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan Hari Raya bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Bagi pelaku bisnis, informasi ini sangat berharga karena memberikan wawasan mendalam tentang pola perilaku dan preferensi pasar. Hasil survei ini juga dapat dimanfaatkan oleh pemangku kebijakan dalam kapasitasnya melakukan interfensi sosial dan memberikan layanan publik yang optimal dan berdampak positif.

Dengan memahami betapa pentingnya momen ini bagi masyarakat, para pelaku bisnis dapat mengarahkan strategi pemasaran mereka secara lebih tepat dan efektif.

Mereka dapat memanfaatkan solusi Telkomsel DigiAds yang menyediakan beragam opsi periklanan digital, memungkinkan mereka untuk menjalankan kampanye mobile marketing atau digital marketing dengan efektif dan efisien, serta mencapai target audiens dengan lebih tepat.

Selain itu, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar dan pelanggan, pelaku bisnis atau Lembaga tertentu bisa memenfaatkan solusi tSurvey.id yang mampu membantu kebutuhan riset, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya.

Hal ini membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan program pemasaran mereka dari awal hingga akhir, dengan berpegang pada pemahaman yang kuat tentang pasar dan pelanggan mereka. Informasi lebih lanjut mengenai detail hasil riset Ramadan Insight 2024 dari Telkomsel Enterprise dapat diakses pada tautan https://tsel.id/RamadanInsight2024. (Icha)

Latest

Samsung Promosi Bespoke AI Laundry Combo lewat Film Inside Out 2

Telko.id – Samsung mempromosikan Bespoke AI Laundry Combo lewat...

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan...

PocoPad Hadir Berbekal Xiaomi HyperOS dan Memori Besar

Telko.id – Xiaomi menambahkan lini baru di sub brandnya...

Indosat dan Google Cloud, Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Seluruh Indonesia

Telko.id -  Indosat Ooredoo Hutchison (“Indosat” atau “IOH”) dan Google Cloud melanjutkan...

Rekomendasi

Iduladha 1445 H, Telkomsel Berbagi Keberkahan Pada 43.000 Masyarakat

Telko.id - Memperingati Iduladha 1445 H, Telkomsel kembali melangsungkan program Corporate Social Responsibility (CSR) 'Sambungkan Senyuman’. Program ini bertujuan menghadirkan kebersamaan yang penuh keberkahan dengan...

Seru! Dunia Games Telkomsel Kini Punya Fitur Live Streaming

Telko.id – Telkomsel meluncurkan platform Dunia Games versi terbaru yang kini dilengkapi dengan fitur Live Streaming. Fitur Live Streaming yang tersedia pada versi website dan...

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional

Telko.id - Telkomsel meraih dua penghargaan di ajang internasional bergengsi, HR Asia Best Companies to Work for in Asia 2024. Penghargaan tersebut adalah HR...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini