Telko.id – Trend data memang terus meningkat. Demikian juga yang terjadi pada Smartfren. Operator ini mencatat selama bulan Ramadhan dan libur lebaran terjadi kenaikan trafik data hingga 176%. Yang paling tinggi adalah pada H-3 dan H+3 hari Raya Idul fitri.
Dari data tersebut, kenaikan tertinggi terjadi di sepanjang jalur mudik Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur. Seperti trend mudik yang biasa terjadi di Indonesia. Di mana, warga Jabodetabek banyak yang pulang kampung. Dan yang tertinggi adalah ke wilayah Jawa Tengah lalu ada yang lanjut ke Jawa Timur.
“Ramadhan tahun ini terjadi perubahan pola kenaikan trafik, jika tahun lalu (2017) kenaikan terjadi ketika hari raya Idul Fitri, maka tahun ini kenaikan justru terjadi sebelum hari raya,” kata Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren.
Munir menambahkan, “Perubahan pola ini kami maknai positif, berarti para pelanggan kami menggunakan layanan kami sebagai teman ketika mereka melakukan perjalanan mudik. Hal itu juga diperkuat dari pencatatan internal kami bahwa sebagian besar pelanggan memanfaatkan jaringan kami untuk streaming dan bermain game selama periode tersebut. Selain itu tingginya traffic data ini juga berarti bahwa Smartfren sukses menemani pemudik sepanjang perjalanan mereka dari kota ke kampung halamannya dan sebaliknya tanpa putus”.
Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra menyatakan bahwa kenaikan traffic ini juga didukung dengan adanya layanan baru yang dihadirkan Smartfren tepat ketika hari raya Ramadhan, yaitu produk kuota internet unlimited serta semakin banyaknya handphone 4G yang dapat menggunakan jaringan Smartfren.
“Dari hasil pencatatan team network Smartfren yang positif, menunjukkan bahwa produk yang kami hadirkan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi para pelanggan selama bulan Ramadhan. Adapun data network juga mencatat bahwa pelanggan Smartfren menggunakan layanan 4G LTE untuk streaming Youtube, video call via WhatsApp, bermain game online, serta mengakses situs e-commerce,” ujar Roberto.
Sebagai informasi, untuk bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun 2018, Smartfren juga melakukan langkah optimasi Jaringan serta mempersiapkan tim tanggap darurat 7 hari menjelang dan juga 7 hari setelah hari raya Idul Fitri, jika terjadi gangguan sinyal baik di sepanjang jalur mudik maupun pusat keramaian. Selain itu, Smartfren juga terus melakukan pemantauan melalui Network Operation Centre yang berada di Jakarta dan Surabaya.
Sebagai bentuk apresiasi dan menjaga kepercayaan para pelanggannya Smartfren berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan menghadirkan kualitas internet yang seamless serta dukungan bermacam produk berkualitas dengan harga terjangkau. (Icha)